Kultur jaringan


kultur-jaringan

Kultur jaringan/Kultur In Vitro/Tissue Culture adalah suatu teknik untuk mengisolasi, sel, protoplasma, jaringan, dan organ dan menumbuhkan bagian tersebut pada nutrisi yang mengandung zat pengatur tumbuh tanaman pada kondisi aseptik,sehingga bagian-bagian tersebut dapat memperbanyak diri dan beregenerasi menjadi tanaman sempurna kembali.

Teori Dasar Kultur Jaringan
a. Sel dari suatu organisme multiseluler di mana pun letaknya, sebenarnya sama dengan sel zigot karena berasal dari satu sel tersebut (Setiap sel berasal dari satu sel).

b. Teori Totipotensi Sel (Total Genetic Potential), artinya setiap sel memiliki potensi genetik seperti zigot yaitu mampu memperbanyak diri dan berediferensiasi menjadi tanaman lengkap.

Aplikasi Teknik Kultur Jaringan dalam Bidang Agronomi
a. Perbanyakan vegetatif secara cepat (Micropropagation).
b. Membersihkan bahan tanaman/bibit dari virus
c. Membantu program pemuliaan tanaman (Kultur Haploid, Embryo Rescue, Seleksi In Vitro, Variasi Somaklonal, Fusiprotoplas, Transformasi Gen /Rekayasa Genetika Tanaman dll).
d. Produksi metabolit sekunder.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Regenerasi

1. Bentuk Regenerasi dalam Kultur In Vitro : pucuk aksilar, pucuk adventif, embrio somatik, pembentukan protocorm like bodies, dll

2. Eksplan ,adalah bagian tanaman yang dipergunakan sebagai bahan awal untuk perbanyakan tanaman. Faktor eksplan yang penting adalah genotipe/varietas, umur eksplan, letak pada cabang, dan seks (jantan/betina). Bagian tanaman yang dapat digunakan sebagi eksplan adalah pucuk muda, batang muda, daun muda, kotiledon, hipokotil, endosperm, ovari muda, anther, embrio, dll.

3. Media Tumbuh, Di dalam media tumbuh mengandung komposisi garam anorganik, zat pengatur tumbuh, dan bentuk fisik media. Terdapat 13 komposisi media dalam kultur jaringan, antara lain: Murashige dan Skoog (MS), Woody Plant Medium (WPM), Knop, Knudson-C, Anderson dll. Media yang sering digunakan secara luas adalah MS.

Komposisi media Murashige dan Skoog (MS)
Bahan Kimia Konsentrasi Media (mg/l)

1. NH4NO3 1650
2. KNO3 1900
3. CaCL2.2H20 440
4. MgSO4.7H20 370
5. KH2PO4 170
6. FeSO4.7H20 27
7. NaEDTA 37,3
8. MnSO4.4H20 22,3
9. ZnSO4.7H2O 8,6
10. H3BO3 6,2
11. KI 0,83
12. Na2MoO4.2H20 0,25
13. CuSO4.5H20 0,025
14. CoCl2.6H20 0,025
15. Myoinositol 100
16. Niasin 0,5
17. Piridoksin-HCL 0,5
18. Tiamin -HCL 0,1
19. Glisin 2
20. Sukrosa 30.000

4. Zat Pengatur Tumbuh Tanaman
Faktor yang perlu diperhatikan dalam penggunaan ZPT adalah konsentrasi, urutan penggunaan dan periode masa induksi dalam kultur tertentu. Jenis yang sering digunakan adalah golongan Auksin seperti Indole Aceti Acid(IAA), Napthalene Acetic Acid (NAA), 2,4-D, CPA dan Indole Acetic Acid (IBA). Golongan Sitokinin seperti Kinetin, Benziladenin (BA), 2I-P, Zeatin, Thidiazuron, dan PBA. Golongan Gibberelin seperti GA3. Golongan zat penghambat tumbuh seperti Ancymidol, Paclobutrazol, TIBA, dan CCC.

5. Lingkungan Tumbuh
Lingkungan tumbuh yang dapat mempengruhi regenerasi tanaman meliputi temperatur, panjang penyinaran, intensitas penyinaran, kualitas sinar, dan ukuran wadah kultur.

73 thoughts on “Kultur jaringan

  1. Wah, kalau baca artikel kultur jaringan..jadi ingat kuliah dulu yang sangat ribet kalau kita ingin menghasil sebuah kultur dari jaringan tumbuhan maupun hewan..zat-zat atau enzim-enzim yang dibutuhkan itu memang harganya selangiiit..oiya pak saya sdh buat blog heheeh ya ..tapi masih sedikit isinya hehee…Salam Guru!

  2. hehehe… artikel-artikelnyah banyak bantu..

    tapi kalu kultur jaringan masi gag ngerti….
    hehe…

  3. salam kenal…

    mohon konfirmasi lebih dalam… kalau kita mau mengupayakan lab . kultur jaringan .. sarana dan prasarana apa saja yang dibutuhkan… terima kasih…..

  4. aduh pengen banget deh tau tentang kultur jaringan yang lebih mendalam
    salam kenal yaaaaaaaaaaa buat semuanya??????????????…………

  5. terima kasih bu guru atas petunjuknya …. saya awam banget dengan bioteknologi, tapi teknologi praktisnya bener2 membantu masyarakat banyak …

    angkat topi untuk ke mau-an nya mengangkat topik ini … apalagi in details dan teknologi praktisnya …

    hopely can see more details ..ataupun link ke website yang berguna

    nuwun

  6. wah,,,,,,,,banyak jg ya bhan kimia yg di gunakan……

    dan menarik jg klo bisa buat kultur jaringan……

    salam sukses……..

  7. a very good details explanation ..but to theoritical to deploy beyond lab. a simple practical explanation may help comunity … like orchid comunity, forestry, florist …etc. BTW …a very helpfull explanataion. two thumbs up !!!

  8. waaaawwwwww,,,,,,,,,

    numpang baca y,,,,,,,,

    btw,,bs g krmin aq ttng urutan metode kultur jaringan…n manfaat kultur jaringan pada tumbuhann…..???

  9. makasih ya..paling senang dgn yg namanya bioteknologi, via tissue culture,
    jd teringat dlu zaman kuliah meramu media MS dengan tambahan hormon yng dihasilkan oleh tanaman seperti air kelapa muda, lidah buaya, dan pisang.
    dari dlu pengen jadi researcer, tp blm kesampaian,
    klw ada info lowongan tentang kultur jaringan mohon konfirm ke email ya..
    makasi banyak

  10. saya salut pada pengelola yang mau berbagiilmu kepada orang lain. semoga kultur jaringan dapat mensejahterakan rakyat dan bagsa Indonesia. maju terus…sukses selalu
    salam saya
    edhi sandra

  11. salam, saya suka dengan ulasan dan gaya penulisan anda, edukatif dan sangat menambah kasanah dunia pendidikan, semoga saya bisa mencontoh anda dalam memberikan pemikiran dan saran bagi sesama, semoga sukses selalu.

  12. Terima kasih atas artikel Kultur Jaringan ini. dengan artikel ini kami merasa terbantu sekali dalam menyelesaikan tugas-tugas kuliah yang sedang kami lakukan untuk meningkatkan pengetahuan kami.

  13. terima kasih buat artikelnya, saya jadi semakin tertarik dengan kultur jaringan, dan berminat untuk mempelajari lebih dalam tentang kultur jaringan ini.

  14. thanks for infonya πŸ˜€ bisa gak posting tentang soal-soal olimpiade biologi smp tingkat kota atau tingkat provinsi? lagi prepare buat olimpiade bulan depan nih, hehe. Makasih banyak πŸ˜€

  15. Menarik membaca tentang kultur jaringan, jadi pengen belajar lagi,,menyenagkan kayaknya..tapi yah untuk saat ini baca dulu,,
    numpang baca njih…terima kasih..

  16. Your blog is very complete info and relevant .. happy to visit in your blog
    I wait for a visit back to my blog

    Thanks info. success always

  17. saya tertarik mkasih,,,!,dan ingin belajar kultur jaringan,,, tmpatnya dimana,,plus finansialnya berapa ?

  18. Hi sekedar sharing, bagi anda yang minat untuk tau Biotechnology, ini lagi diadakan seminar tentang biotechnology di Jakarta.

    Tanggal : 27 Mei 2012
    Jam : 3 siang
    Tempat : Hotel Ciputra Jakarta level 6.
    Seminarnya diadakan dengan tujuan untuk mengerti lebih dalam studi belajar Bioteknology dan juga diadakan oleh salah satu sekolah reputasi tinggi. MDIS

    Mari kita ikut yukk barengan πŸ™‚

  19. saya mau nanya… kalo kuktur jaringan biasanya kalo bisa tumbuh sampe pucuk berapa hari ya??? dan juga kekurangan ni kultur apa yah???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s