Indera Peraba (Kulit )


Kulit merupakan indra peraba yang mempunyai reseptor khusus untuk sentuhan, panas, dingin, sakit, dan tekanan.

1. Susunan Kulit

struktur-kulit
struktur-kulit

Kulit terdiri dari lapisan luar yang disebut epidermis dan lapisan dalam atau lapisan dermis. Pada epidermis tidak terdapat pembuluh darah dan sel saraf. Epidermis tersusun atas empat lapis sel. Dari bagian dalam ke bagian luar, pertama adalah stratum germinativum berfungsi membentuk lapisan di sebelah atasnya. Kedua, yaitu di sebelah luar lapisan germinativum terdapat stratum granulosum yang berisi sedikit keratin yang menyebabkan kulit menjadi keras dan kering. Selain itu sel-sel dari lapisan granulosum umumnya menghasilkan pigmen hitam (melanin). Kandungan melanin menentukan derajat warna kulit, kehitaman, atau kecoklatan. Lapisan ketiga merupakan lapisan yang transparan disebut stratum lusidum dan lapisan keempat (lapisan terluar) adalah lapisan tanduk disebut stratum korneum.
Penyusun utama dari bagian dermis adalah jaringan penyokong yang terdiri dari serat yang berwarna putih dan serat yang berwarna kuning. Serat kuning bersifat elastis/lentur, sehingga kulit dapat mengembang.
Stratum germinativum mengadakan pertumbuhan ke daerah dermis membentuk kelenjar keringat dan akar rambut. Akar rambut berhubungan dengan pembuluh darah yang membawakan makanan dan oksigen, selain itu juga berhubungan dengan serabut saraf. Pada setiap pangkal akar rambut melekat otot penggerak rambut. Pada waktu dingin atau merasa takut, otot rambut mengerut dan rambut menjadi tegak. Di sebelah dalam dermis terdapat timbunan lemak yang berfungsi sebagai bantalan untuk melindungi bagian dalam tubuh dari kerusakan mekanik.

2. Fungsi Kulit
Kulit berfungsi sebagai alat pelindung bagian dalam, misalnya otot dan tulang; sebagai alat peraba dengan dilengkapi bermacam reseptor yang peka terhadap berbagai rangsangan; sebagai alat ekskresi; serta pengatur suhu tubuh.
Sehubungan dengan fungsinya sebagai alat peraba, kulit dilengkapi dengan reseptor reseptor khusus. Reseptor untuk rasa sakit ujungnya menjorok masuk ke daerah epidermis. Reseptor untuk tekanan, ujungnya berada di dermis yang jauh dari epidermis. Reseptor untuk rangsang sentuhan dan panas, ujung reseptornya terletak di dekat epidermis.

Iklan

39 thoughts on “Indera Peraba (Kulit )

  1. saya seorang mahasiswa disalah satu universitas dan mengumpulkan data – data tentang kulit. bisakah anda jelaskan sedikit tentang hubungan keringat, pori – pori dan kulit? sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas jawaban anda.

  2. saya seorang santri di bali. saya sedang mengerjakan tugas tentang penyakit2 yang terjadi pada kulit. bidakah anda sebutkan penyakit2 yang terjadi padakulit dan apa penyebabnya? sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas jawaban anda.

  3. APa se penyebab kulit kerontang kayak tanah keringg???
    di tunggu loh jawabanya,,
    Muakacuiiihhhhhh yaaa yg mw jawab..

  4. WAdooohhh,,, mbak-2 , kulit saya kering kerontang setelah pakai lotion,, tyus apa langkah yang harus saya lakukan ???? mohon bantuannya? ditunggu yaaa bagi yang bisa ngasih saran dan solusi ke aqyu.

  5. aQ ad tgas neE,,,
    d sruh mnjelaskan struktur2 dari kulit…
    Tp kok tak cri ndag ad…
    Tlong donk,, bntu’in aQ…

  6. Ah,
    sayang, nggak 3D. Lagi ada tugas cari gambar buat struktur kulit, HARUS 3 DIMENSI?! CRAP!

    Tapi, makasih ya… 🙂

  7. saya berterimakasih atas penjelasan yang terpapar di situs ini. dengan adany penjelasan ini, saya menjadi semakin mengerti hal yang sebelumnya saya belum engerti.

  8. ass….sya ingin bertanya mengapa kulit manusia ada yang berwarna putih dan ada yang berwarna hitam….???

    terima ksih seblumnya…!!!

  9. kalau bisa buat yg lengkap lagi lah,,,,,,,,,,,,,,
    gak enak setengah2………………

    ilmunya ugak setengh2……….

    makasih,,,,,,,

  10. mau tanya nihh.,
    klo proses terjadinya rangsangan sakit/panas/dingin tu urutannya dri mana aja ea??
    pake bhsa latin tapi..
    makasihh sebelumnya.,
    q cari2 g ketemuu ne..

  11. EHHMMM………..
    akku bingung, pusing 7 keliling 🙂

    cari tugas tugas tntang struktur kuit.. dpt makalah dri barbagai situs malah memutarkan kpala,, hemmm… kok gak ada situs yang menetapkan kalo itu benner… :-/

    kalo tau situsnya, tolong kasih tau,,,, hehe… tapi yng g gj lho ya.

  12. aq mau nanya,,,
    apakah ada sel saraf pada leher,,,,?
    kalau ada,,, tlng sebutkan,
    Terimakasih,,
    🙂

  13. saya seorang siswa SMA kelas XI, ingin menanyakan apasajakah penyusun organ kulit ?
    terima kasih sebelumnya, saya mengaharapkan jawabannya 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s