Sistem pencernaan makanan pada manusia


sistem-pencernaan
sistem-pencernaan

Sistem pencernaan makanan pada manusia terdiri dari beberapa organ, berturut-turut dimulai dari
1. Rongga Mulut,
2. Esofagus
3. Lambung
4. Usus Halus
5. Usus Besar
6. Rektum
7. Anus.

Rongga Mulut

rongga-mulut
rongga-mulut

Mulut merupakan saluran pertama yang dilalui makanan. Pada rongga mulut, dilengkapi alat pencernaan dan kelenjar pencernaan untuk membantu pencernaan makanan. Pada Mulut terdapat :
a.Gigi
Memiliki fungsi memotong, mengoyak dan menggiling makanan menjadi partikel yang kecil-kecil. Perhatikan gambar disamping.
b..Lidah
Memiliki peran mengatur letak makanan di dalam mulut serta mengecap rasa makanan.
c..Kelenjar Ludah
Ada 3 kelenjar ludah pada rongga mulut. Ketiga kelenjar ludah tersebut menghasilkan ludah setiap harinya sekitar 1 sampai 2,5 liter ludah. Kandungan ludah pada manusia adalah : air, mucus, enzim amilase, zat antibakteri, dll. Fungsi ludah adalah melumasi rongga mulut serta mencerna karbohidrat menjadi disakarida.

Esofagus (Kerongkongan)
Merupakan saluran yang menghubungkan antara rongga mulut dengan lambung. Pada ujung saluran esophagus setelah mulut terdapat daerah yang disebut faring. Pada faring terdapat klep, yaitu epiglotis yang mengatur makanan agar tidak masuk ke trakea (tenggorokan). Fungsi esophagus adalah menyalurkan makanan ke lambung. Agar makanan dapat berjalan sepanjang esophagus, terdapat gerakan peristaltik sehingga makanan dapat berjalan menuju lambung

Lambung

lambung
lambung

Lambung adalah kelanjutan dari esophagus, berbentuk seperti kantung. Lambung dapat menampung makanan 1 liter hingga mencapai 2 liter. Dinding lambung disusun oleh otot-otot polos yang berfungsi menggerus makanan secara mekanik melalui kontraksi otot-otot tersebut. Ada 3 jenis otot polos yang menyusun lambung, yaitu otot memanjang, otot melingkar, dan otot menyerong.
Selain pencernaan mekanik, pada lambung terjadi pencernaan kimiawi dengan bantuan senyawa kimia yang dihasilkan lambung. Senyawa kimiawi yang dihasilkan lambung adalah :

  • Asam HCl ,Mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin. Sebagai disinfektan, serta merangsang pengeluaran hormon sekretin dan kolesistokinin pada usus halus
  • Lipase , Memecah lemak menjadi asam lemak dan gliserol. Namun lipase yang dihasilkan sangat sedikit
  • Renin , Mengendapkan protein pada susu (kasein) dari air susu (ASI). Hanya dimiliki oleh bayi.
  • Mukus , Melindungi dinding lambung dari kerusakan akibat asam HCl.

Hasil penggerusan makanan di lambung secara mekanik dan kimiawi akan menjadikan makanan menjadi bubur yang disebut bubur kim.

Fungsi HCI Lambung :
1. Merangsang keluamya sekretin
2. Mengaktifkan Pepsinogen menjadi Pepsin untuk memecah protein.
3. Desinfektan
4. Merangsang keluarnya hormon Kolesistokinin yang berfungsi merangsang empdu mengeluarkan getahnya.

Usus Halus

usus-halus
usus-halus

Usus halus merupakan kelanjutan dari lambung. Usus halus memiliki panjang sekitar 6-8 meter. Usus halus terbagi menjadi 3 bagian yaitu duodenum (± 25 cm), jejunum (± 2,5 m), serta ileum (± 3,6 m). Pada usus halus hanya terjadi pencernaan secara kimiawi saja, dengan bantuan senyawa kimia yang dihasilkan oleh usus halus serta senyawa kimia dari kelenjar pankreas yang dilepaskan ke usus halus.
Senyawa yang dihasilkan oleh usus halus adalah :

  • Disakaridase Menguraikan disakarida menjadi monosakarida
  • Erepsinogen Erepsin yang belum aktif yang akan diubah menjadi erepsin. Erepsin mengubah pepton menjadi asam amino.
  • Hormon Sekretin Merangsang kelenjar pancreas mengeluarkan senyawa kimia yang dihasilkan ke usus halus
  • Hormon CCK (Kolesistokinin) Merangsang hati untuk mengeluarkan cairan empedu ke dalam usus halus.

Selain itu, senyawa kimia yang dihasilkan kelenjar pankreas adalah :

  • Bikarbonat Menetralkan suasana asam dari makanan yang berasal dari lambung
  • Enterokinase Mengaktifkan erepsinogen menjadi erepsin serta mengaktifkan tripsinogen menjadi tripsin. Tripsin mengubah pepton menjadi asam amino.
  • Amilase Mengubah amilum menjadi disakarida
  • Lipase Mencerna lemak menjadi asam lemak dan gliserol
  • Tripsinogen Tripsin yang belum aktif.
  • Kimotripsin Mengubah peptone menjadi asam amino
  • Nuklease Menguraikan nukleotida menjadi nukleosida dan gugus pospat
  • Hormon Insulin Menurunkan kadar gula dalam darah sampai menjadi kadar normal
  • Hormon Glukagon Menaikkan kadar gula darah sampai menjadi kadar normal

PROSES PENCERNAAN MAKANAN
Pencernaan makanan secara kimiawi pada usus halus terjadi pada suasana basa. Prosesnya sebagai berikut :
a. Makanan yang berasal dari lambung dan bersuasana asam akan dinetralkan oleh bikarbonat dari pancreas.
b. Makanan yang kini berada di usus halus kemudian dicerna sesuai kandungan zatnya. Makanan dari kelompok karbohidrat akan dicerna oleh amylase pancreas menjadi disakarida. Disakarida kemudian diuraikan oleh disakaridase menjadi monosakarida, yaitu glukosa. Glukaosa hasil pencernaan kemudian diserap usus halus, dan diedarkan ke seluruh tubuh oleh peredaran darah.
c. Makanan dari kelompok protein setelah dilambung dicerna menjadi pepton, maka pepton akan diuraikan oleh enzim tripsin, kimotripsin, dan erepsin menjadi asam amino. Asam amino kemudian diserap usus dan diedarkan ke seluruh tubuh oleh peredaran darah.
d. Makanan dari kelompok lemak, pertama-tama akan dilarutkan (diemulsifikasi) oleh cairan empedu yang dihasilkan hati menjadi butiran-butiran lemak (droplet lemak). Droplet lemak kemudian diuraikan oleh enzim lipase menjadi asam lemak dan gliserol. Asam lemak dan gliserol kemudian diserap usus dan diedarkan menuju jantung oleh pembuluh limfe.

Usus Besar (Kolon)

usus-besar
usus-besar

Merupakan usus yang memiliki diameter lebih besar dari usus halus. Memiliki panjang 1,5 meter, dan berbentuk seperti huruf U terbalik. Usus besar dibagi menjadi 3 daerah, yaitu : Kolon asenden, Kolon Transversum, dan Kolon desenden. Fungsi kolon adalah :
a. Menyerap air selama proses pencernaan.
b. Tempat dihasilkannya vitamin K, dan vitamin H (Biotin) sebagai hasil simbiosis dengan bakteri usus, misalnya E.coli.
c. Membentuk massa feses
d. Mendorong sisa makanan hasil pencernaan (feses) keluar dari tubuh. Pengeluaran feses dari tubuh ddefekasi.

Rektum dan Anus
Merupakan lubang tempat pembuangan feses dari tubuh. Sebelum dibuang lewat anus, feses ditampung terlebih dahulu pada bagian rectum. Apabila feses sudah siap dibuang maka otot spinkter rectum mengatur pembukaan dan penutupan anus. Otot spinkter yang menyusun rektum ada 2, yaitu otot polos dan otot lurik.
Gangguan Sistem Pencernaan
• Apendikitis-Radang usus buntu.
• Diare- Feses yang sangat cair akibat peristaltik yang terlalu cepat.
• Kontipasi -Kesukaran dalam proses Defekasi (buang air besar)
• Maldigesti-Terlalu banyak makan atau makan suatu zat yang merangsang lambung.
• Parotitis-Infeksi pada kelenjar parotis disebut juga Gondong
• Tukak Lambung/Maag-“Radang” pada dinding lambung, umumnya diakibatkan infeksi Helicobacter pylori
• Xerostomia-Produksi air liur yang sangat sedikit
Gangguan pada sistem pencernaan makanan dapat disebabkan oleh pola makan yang salah, infeksi bakteri, dan kelainan alat pencernaan. Di antara gangguan-gangguan ini adalah diare, sembelit, tukak lambung, peritonitis, kolik, sampai pada infeksi usus buntu (apendisitis).
Diare
Apabila kim dari perut mengalir ke usus terlalu cepat maka defekasi menjadi lebih sering dengan feses yang mengandung banyak air. Keadaan seperti ini disebut diare. Penyebab diare antara lain ansietas (stres), makanan tertentu, atau organisme perusak yang melukai dinding usus. Diare dalam waktu lama menyebabkan hilangnya air dan garam-garam mineral, sehingga terjadi dehidrasi.
Konstipasi (Sembelit)
Sembelit terjadi jika kim masuk ke usus dengan sangat lambat. Akibatnya, air terlalu banyak diserap usus, maka feses menjadi keras dan kering. Sembelit ini disebabkan karena kurang mengkonsumsi makanan yang berupa tumbuhan berserat dan banyak mengkonsumsi daging.
Tukak Lambung (Ulkus)
Dinding lambung diselubungi mukus yang di dalamnya juga terkandung enzim. Jika pertahanan mukus rusak, enzim pencernaan akan memakan bagian-bagian kecil dari lapisan permukaan lambung. Hasil dari kegiatan ini adalah terjadinya tukak lambung. Tukak lambung menyebabkan berlubangnya dinding lambung sehingga isi lambung jatuh di rongga perut. Sebagian besar tukak lambung ini disebabkan oleh infeksi bakteri jenis tertentu.
Beberapa gangguan lain pada sistem pencernaan antara lain sebagai berikut: Peritonitis; merupakan peradangan pada selaput perut (peritonium).
Gangguan lain adalah salah cerna akibat makan makanan yang merangsang lambung, seperti alkohol dan cabe yang mengakibatkan rasa nyeri yang disebut kolik. Sedangkan produksi HCl yang berlebihan dapat menyebabkan terjadinya gesekan pada dinding lambung dan usus halus, sehingga timbul rasa nyeri yang disebut tukak lambung. Gesekan akan lebih parah kalau lambung dalam keadaan kosong akibat makan tidak teratur yang pada akhirnya akan mengakibatkan pendarahan pada lambung.
Gangguan lain pada lambung adalah gastritis atau peradangan pada lambung. Dapat pula apendiks terinfeksi sehingga terjadi peradangan yang disebut apendisitis.
.

Iklan

251 thoughts on “Sistem pencernaan makanan pada manusia

  1. kalau boleh, saya minta tolong dong.
    tolong hadirkan gambar dan keterangannya faring, kerongkongan, pangkreas dan kantung empedu.
    kalau bisa secepatnya, soalnya tugas ni dikasih mendadak sama guru shandy.

    sebelumnya, makasih.

  2. trims banyak pak..
    situs ini sangat membantu saya dalam melengkapi catatan biologi……
    trimakasih banyak pak..

  3. gi mana ya kalau d tambhkan tentang hubungan makanan dengan kesehatan manusia…truzz d tambah informasi seputar dunia pendidikan ..and g mana law kta mo jadi anggota TOBI

  4. makasih,,
    bermanfaat sekali coz besok aku bakalan pleno..
    mo nanya nih,,
    kenapa mikroorganisme penyebab diare kebanyakan menyerang usus halus??

  5. AsLm.
    Saya Mau Bertanya Pak!
    Kalau SISTEM PENCERNAAN PADA KELELAWAR BAGAIMANA ya PROSESnya?
    PLease…
    Lagi BUTUH Banget untuk BAHAN SKRIPSI.
    Makasih neh Pak!
    WsLm.

  6. mdh2an mjd bhn renungan betapa dahsyat kasih sayang Sang Pencipta, dengan sistem pencernaan yang luar biasa rumit kita bisa makan enak tanpa bingung ngurus di dalamnya sampai buang kotorannya, tahu-tahu pengen pup aja, subhanallah ! tksh ilmunya !

  7. Thanks, amat tertolong walaupun cuma bantuin tugas anak yang duduk di kelas 5 karena dia sibuk mencari dikoran-koran.

  8. saya mau bertanya pak!

    barapa jam makanan berada dilambung, terus di usus halus, di usus besar dan directum.

  9. Semoga bisa menjadi sesuatuu yg sangat berguna bagi anak-anak bangsa, karna aq mersa sangat terbantu dengan adanya ini thanks yach…

  10. eeeeee eek yo……
    yg aq cari cuma 2 yg masuk pantek!!!!
    klo bisa tolong masukin tentang proses pencernaan di lambung…
    oke bro…???
    pantek yo….!!!

  11. Subhanallah cukup lengkap sekali,,,,
    artikel ini akan saya presentasikan dikelas untuk Tugas Biologi Umum,,,, di Institut Sains n Teknologi Alkamal (ISTA) Jakarta

  12. makasih banget ya, ini membantu banget buat saya mengerjakan tugas dari guru saya yang gak ada jawabannya di buku :)))

  13. syukron jazakillah utk materi ini.sangat brmanfaat dan kalau blh kasih srn,hbngan materi dgn Al-quran dan Al-hadits dapat ditelusuri.smg maju pendidikan di Indonesia.

  14. apakah semua keterangan ini sudah secara mendalam,,,?????

    kalau belum secara terperinci,tolong di rincikan secara mendalam.Agar,siswa SMA/SMP/SD dan para pelajar lainnya bisa mampu mengenali sistem pencernaan makanan yang ada pada manusia,,,,

    terima kasih…..!!!

  15. kenapa gak di bahas ensim-ensim yang terdapat dalam mulut dan lambung yach….
    tapi bagus juga materi dan gambrnya lengkap

  16. Kenapa tidak menceritakan dengan lebih detail lagi. Dan kalau bisa jelaskan secara kompleks bagian-bagian dari kerongkongAn dan fungsinya masing-masing.

  17. Terima kasih atas catatannya…menambah pengetahuan mengenai sistem pencernaan manusia.
    Sekalian, saya mau bertanya pak…Sebenarnya, apa fungsi masing-masing sari-sari makanan tersebut bagi tubuh
    dan organ-organ mana saja yang membutuhkannya???
    Terima kasih.

  18. Makasih banget blog ini sangat berguna sekali dalam menyelesaikan tugas makalah……terima kasih ya…..

  19. duch….
    kok tntang usus halusnya tak lngkap sih……..
    kok tak ada pnyakit yg dsbb kn oleh usus halus….
    bngng deh saya buat pr biologi………

  20. Ass …

    Terimakasih yach Pak !!
    Dah bkin mteri Biology tntang sistem Pencernaan mkanan pd manusia nie …
    Nie sngat mmbntu bgie siswa n siswi trmsuk Q …
    Pokokx sip buanget dech Pak …

    Wassalam …

  21. bagaimana pembaharan kalori dalam tubuh kita?
    butuh waktu berapa lama untuk mengubah kalori sebesar sekian kalori menjadi energi?
    mohon bantuannya..tq

  22. Terima kasih Bapak Guru.Dengan Ini pengetahuan Saya tentang Biology bertambah dab Pekerjaan rumah pun terselesaikan.

  23. tx yach,, nich ngebantu aku buat tmbh smngat bljr,, dan jdi tmbh gampang dech buat prx,,
    ::klo bsa saran,, mungkin hasil” yg lain dibuat dlm bentuk power point ajha biar klo presentasi lebih gampang dan mudah dipahami per slides nya,,, yach,, s’kali lagi tx yach,, 🙂 (^^^) 😀 <(")

  24. mau nanyak ni kak,,, jelaskan proses pencernaan zat tepung sehingga dapat di serap oleh usus !,, acem mana tu jawaban’a,, 😦

  25. wah……. ngebantu bgt nich bwt bljr. tapi ada saran dari q, klo bisa sekalian sama penyakit dan penyebab penyakit’a donkzzzzzz…… he…he…he…

  26. koment yg no.1 ini gk pljrn SMP/SMA ini ma SD kls V dw nyari disini bt ngerjain tgs dsrh guru gw 😛

  27. tolong donk jawab pertanyaannya?
    dapatkah setiap sistem organ dalam tubuh kita ini dapat berdiri sendiri?mengapa demikian

  28. Ank saya mengalami kembung yg berlebihan. penangan pertama oleh dr dikasih selang lewat hidung, kmudian keluarlah cairan. setelah itu dilakukan operasi, dimn stlh operasi puasa. namun msh saja keluar cairan hijau dr selang tsb dan ank sy msh kembung lg. anak saya susah kentut jgberak. sebenarnya apa yg terjadi dan apa cairan yg kelusr dr selang

  29. Masa SMA jd terulang setelah membuka pljrn ttg struktur anatomi dr bakteri yg ada pd rongga mulut,,,,,,,
    mkasi atas coment x kwand”
    slmt brjuang

  30. sangat membantu para pelajar khususnya SMP/SMA/MA dlm memperoleh pengetahuan dari sumber belajar lain selain bapak / ibu guru. Selamat Berkarya

  31. alhamdullilah trimaksih pak atas ilmunya…
    sngat brmanfaat untuk sya ,,.smoga trus sperti nie biar sring2 klau sya nyari materi tntang biologi k blognya bpak ja ,,.. ^_^

  32. Subhannallah…………. lengkap sangat ciptaan Allah, tiada yang meremehkan dan mampu menandingi_Nya……….. 🙂
    tugas saya juga terpenuhi,,,,, 🙂 makasih blogers……….

  33. sangat bagus untuk pengetahuan kita yang awam, hanya saja kita tidak diberitahu atau diulas bagaimana cara penangannya / solusi jika sudah terjadi pencernaan yang tidak lancar khususnya pada bagian Tukak lambung karena sekarang saya sedang mengalaminya.
    Mohon mungkin Bapak bisa berbagi solusi kepada kami. Thks.

  34. makasi bnyak bapak buad info nya ..
    kluar rmh ndak bawa buku jd bisa bljr online dsni ^^
    oiya pak , bagus thu ideny , memotivasi pendidik untuk lebih bisa memanfaatkan media IT

  35. Duuchh, ngebantu bnget dewh ..
    Jdi tw tntang alat pncrnaan pda mnusia nd fngssi’a …
    Tnksssssss yyuacchhh … 🙂

  36. Tolong dong Buat aplikasi untuk Microsoft Windows Phone 7.5 Mango biar bisa dilihat dimanapun

  37. Hahaha… Saya cari bahan ini karena kemaren siang, pas lunch, bahas tentang bahan makanan yg bgus buat tubuh, mustinyg ber-protein tinggi. Tapi nanti ginjal bekerja lebih berat… Anyway, i got the answer. Thanks

  38. terimakasih dibutuhkan banget oleh kita yang lagi butuh translatenya dalam bahasa indonesia““`sekali lagi terimakasih

  39. Terimakasih Pak Kuncung atas Blognya saya seorang guru menjadi terharu dengan terima kasih Bapak terhadapBapak/Ibu Guru Bapak ini sangat bermanfaat bagi kami selamat Pak

  40. terimakasih pak guru, adki ssaya lagi ada PR nih tentang pencernaan makanan manusia, karena gak aa buku ya browsing aja, ternyata disini nemu artikelnya dan lengkap pula.

  41. tsaya ingin bertanya kepada bapak
    bagaimanakah hubungan antara jenis makanan yang kita makan dan timbulnya penyakit jantung ?
    thanks

  42. Minta izin, informasi Anda saya pergunakan sebagai Kuliah Tujuh Menit sesudah Shalat Dhuha dengan subtema “Maka Kenikmatan Apa Lagi yang Engkau Dustakan?”. Terima kasih.

  43. terima kasih memberikan banyak pencerahan kepada kami mudah-mudahan blog ini berguna bagi yang lain untuk menambah pengetahuan kita semua terima kasih Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s