Organ Tumbuhan


anatomi-akar

Organ tumbuhan biji yang penting ada 3, yakni: akar, batang, daun.
Sedang bagian lain dari ketiga organ tersebut adalah modifikasinya, contoh: umbi modifikasi akar, bunga modifikasi dari ranting dan daun.

AKAR

Asal akar adalah dari akar lembaga (radix), pada Dikotil, akar lembaga terus tumbuh sehingga membentuk akar tunggang, pada Monokotil, akar lembaga mati, kemudian pada pangkal batang akan tumbuh akar-akar yang memiliki ukuran hampir sama sehingga membentuk akar serabut.

Akar monokotil dan dikotil ujungnya dilindungi oleh tudung akar atau kaliptra, yang fungsinya melindungi ujung akar sewaktu menembus tanah, sel-sel kaliptra ada yang mengandung butir-butir amylum, dinamakan kolumela.

1. Fungsi Akar
a. Untuk menambatkan tubuh tumbuhan pada tanah
b. Dapat berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan
c. Menyerap air dam garam-garam mineral terlarut

2. Anatomi Akar


Pada akar muda bila dilakukan potongan melintang akan terlihat bagian-bagian dari luar ke dalam.
a. Epidermis
b. Korteks
c. Endodermis
d. Silinder Pusat/Stele

a. Epidermis
Susunan sel-selnya rapat dan setebal satu lapis sel, dinding selnya mudah dilewati air. Bulu akar merupakan modifikasi dari sel epidermis akar, bertugas menyerap air dan garam-garam mineral terlarut, bulu akar memperluas permukaan akar.

b. Korteks
Letaknya langsung di bawah epidermis, sel-selnya tidak tersusun rapat sehingga banyak memiliki ruang antar sel. Sebagian besar dibangun oleh jaringan parenkim.

c. Endodermis
Merupakan lapisan pemisah antara korteks dengan silinder pusat. Sel-sel endodermis dapat mengalami penebalan zat gabus pada dindingnya dan membentuk seperti titik-titik, dinamakan titik Caspary. Pada pertumbuhan selanjutnya penebalan zat gabus sampai pada dinding sel yang menghadap silinder pusat, bila diamati di bawah mikroskop akan tampak seperti hutuf U, disebut sel U, sehingga air tak dapat menuju ke silinder pusat. Tetapi tidak semua sel-sel endodermis mengalami penebalan, sehingga memungkinkan air dapat masuk ke silinder pusat. Sel-sel tersebut dinamakan sel penerus/sel peresap.

d.Silinder Pusat/Stele
Silinder pusat/stele merupakan bagian terdalam dari akar.
Terdiri dari berbagai macam jaringan :
– Persikel/Perikambium
Merupakan lapisan terluar dari stele. Akar cabang terbentuk dari pertumbuhan persikel ke arah luar.
– Berkas Pembuluh Angkut/Vasis
Terdiri atas xilem dan floem yang tersusun bergantian menurut arah jari jari. Pada dikotil di antara xilem dan floem terdapat jaringan kambium.
– Empulur
Letaknya paling dalam atau di antara berkas pembuluh angkut terdiri dari jaringan parenkim.

BATANG
Terdapat perbedaan antara batang dikotil dan monokotil dalam susunan anatominya.

Jaringan Batang
Jaringan Batang

1. Batang Dikotil
Pada batang dikotil terdapat lapisan-lapisan dari luar ke dalam :
a. Epidermis
Terdiri atas selaput sel yang tersusun rapat, tidak mempunyai ruang antar sel. Fungsi epidermis untuk melindungi jaringan di bawahnya. Pada batang yang mengalami pertumbuhan sekunder, lapisan epidermis digantikan oleh lapisan gabus yang dibentuk dari kambium gabus.
b. Korteks
Korteks batang disebut juga kulit pertama, terdiri dari beberapa lapis sel, yang dekat dengan lapisan epidermis tersusun atas jaringan kolenkim, makin ke dalam tersusun atas jaringan parenkim.
c. Endodermis
Endodermis batang disebut juga kulit dalam, tersusun atas selapis sel, merupakan lapisan pemisah antara korteks dengan stele. Endodermis tumbuhan Anguiospermae mengandung zat tepung, tetapi tidak terdapat pada endodermis tumbuhan Gymnospermae.
d. Stele/ Silinder Pusat
Merupakan lapisan terdalam dari batang. Lapis terluar dari stele disebut perisikel atau perikambium. lkatan pembuluh pada stele disebut tipe kolateral yang artinya xilem dan floem. Letak saling bersisian, xilem di sebelah dalam dan floem sebelah luar.
Antara xilem dan floem terdapat kambium intravasikuler, pada perkembangan selanjutnya jaringan parenkim yang terdapat di antara berkas pembuluh angkut juga berubah menjadi kambium, yang disebut kambium intervasikuler. Keduanya dapat mengadakan pertumbuhan sekunder yang mengakibatkan bertambah besarnya diameter batang.
Pada tumbuhan Dikotil, berkayu keras dan hidupnya menahun, pertumbuhan menebal sekunder tidak berlangsung terus-menerus, tetapi hanya pada saat air dan zat hara tersedia cukup, sedang pada musim kering tidak terjadi pertumbuhan sehingga pertumbuhan menebalnya pada batang tampak berlapis-lapis, setiap lapis menunjukkan aktivitas pertumbuhan selama satu tahun, lapis-lapis lingkaran tersebut dinamakan Lingkaran Tahun.

2. Batang Monokotil
Pada batang Monokotil, epidermis terdiri dari satu lapis sel, batas antara korteks dan stele umumnya tidak jelas. Pada stele monokotil terdapat ikatan pembuluh yang menyebar dan bertipe kolateral tertutup yang
artinya di antara xilem dan floem tidak ditemukan kambium. Tidak adanya kambium pada Monokotil menyebabkan batang Monokotil tidak dapat tumbuh membesar, dengan perkataan lain tidak terjadi pertumbuhan menebal sekunder. Meskipun demikian, ada Monokotil yang dapat mengadakan pertumbuhan menebal sekunder, misalnya pada pohon Hanjuang (Cordyline sp) dan pohon Nenas seberang (Agave sp).

DAUN

anatomi-daun
anatomi-daun

Daun merupakan modifikasi dari batang, merupakan bagian tubuh tumbuhan yang paling banyak mengandung klorofil sehingga kegiatan fotosintesis paling banyak berlangsung di daun.
Anatomi daun dapat dibagi menjadi 3 bagian :
1. Epidermis
Epidermis merupakan lapisan terluar daun, ada epidermis atas dan epidermis bawah, untuk mencegah penguapan yang terlalu besar, lapisan epidermis dilapisi oleh lapisan kutikula. Pada epidermis terdapatstoma/mulut daun, stoma berguna untuk tempat berlangsungnya pertukaran gas dari dan ke luar tubuh tumbuhan.
2. Parenkim/Mesofil
Parenkim daun terdiri dari 2 lapisan sel, yakni palisade (jaringan pagar) dan spons (jaringan bunga karang), keduanya mengandung kloroplast. Jaringan pagar sel-selnya rapat sedang jaringan bunga karang sel-selnya agak renggang, sehingga masih terdapat ruang-ruang antar sel. Kegiatan fotosintesis lebih aktif pada jaringan pagar karena kloroplastnya lebih banyak daripada jaringan bunga karang.
3. Jaringan Pembuluh
Jaringan pembuluh daun merupakan lanjutan dari jaringan batang, terdapat di dalam tulang daun dan urat-urat daun.

Iklan

122 thoughts on “Organ Tumbuhan

  1. bguslah….

    bsa tmbah2 koleksi artikelQ…
    tp sranQ tlg donk lbh dijelasin lagi,

    qw kurang jelas ni…

    n bleh tw donk gmn cranya tumbuhan dikotil bereproduksi,
    please jlsin yach…

  2. mas kunchunx bisa dong kerja sama dgn mahasiswa pend biologi yang sdg penelitian ttg pengembangan dalam pembelajaran.

  3. saya ingin bertanya tentang batang..
    bagaimana sebenarnya proses pembentuka batang tersebut,,???
    dan bagaimana terbentuknya lingkaran tahun pada batang??
    terima kasih atas perhatiannya
    semoga cepat di balas..

  4. kurang komplet………………………

    kompletke mneh……………………….

    ben lweh ctho……………………………

  5. assalamualaikum
    saya ingin bertanya, apakah bisa kita menghitung lingkaran tahun dengan cara tanpa memmotong tumbuhan tersebut……..?

  6. bagus deah….

    jadi bisa belajar dan tau manfaatnya….
    tapi kalo bisa blog-nya di buat lebih menarik lagi biar remaja mau baca blog dan gak terkesan kaku…

  7. gmn sich membedakan,tumbuhan tersebut………..
    mono tw diko kalau kt liat dari daun yang sudah ,,,,,,,
    kt liat secara micro,,,,,,,,,,,,?

    tolong ya bro dijawab,,,,,,,,,,,,,,,,,!

  8. kenapa Y guru Biologi kalau gi nerangin tuh selalu pake hujan + lagi guru kalau ngomong suka pake speaker tersembunyi ???
    Gurunya itu ngebosenin banget juga kalau ngajar tuh semangat banget meskipun anak2nya udah pada ngantuk dan bosen ma pelajaranyya ………

  9. guru Ipa Biologi tuh ngebosenin banget kalu ngomong kayak lagi ceramah gak pernah ada koma dalam hidupnya ,,,

  10. hyyyyyyyyy…
    ku mau tax???? boleh ng????? aku mau tax tentang anatomi daun, akar, dan batan????
    dilihat dr mn gambar it????? yg ad di GOOGLE????
    trus aku serius nich!!!!! tugasku klipingku… ud hampir diperiksa, tolong bantuin dong!!!
    aku mau tax lg klu pengertian dr anatomi apaan yach?????? tolong pertanyaanku dijwb yach!!!!!

  11. trus ku mau tax lg???? boleh ng????
    aku mau tax perbedaan dikotil dan monokotil seperti apasich???
    trus apa bedax anatomi akar, daun, dan batang???
    pertanyaanku di jwb yach!!!!! plizzzzzzzzzz
    butuh nich jawabannya…

  12. mas kalau nerangkan ke murid cara terjadinya lingkar tahun gmn?mengajarkan biologi kan harus menarik ya, tapi kerena keterbatasan alat laboratorium.gmn membuat pelajaran tentang stuktur tumbuhan ini jadi lebih menarik?

  13. bner2 ngebantu dech artikelx d saat aq mw ujian praktk, g ush bka2 bku las 2 tgl browsing aj,,,,.
    thx zach,,,

  14. bolehkah kita guru biologi melakukanan MGMP Biologi secara online.
    Kami di daerah. materi gambar kalau dapat ditampilkan pada power point. terutama struktur jaringan tumbuhan mono dan dikoti

  15. bagus sekarang ada guru yang minat memberi pengetahuan kepada kita……terima kasih bu/pak guru…….

    BY:irsyad…..

  16. terima kasih, saya sarankan untuk membahas soal-soal olimpiade SMA 🙂 karena baiasanya soal2 olimp SMA itu soal S1
    tengkyu yaaaa

  17. saya sangat merasa terbantu denga apa yang telah dijelaskan. tetapi, kalau bisa lebih dibanyakan lagi gambarnya yang mnjlaskan tentang struktur dari organ pada tumbuhan. terima kasih

  18. makasih buat ini,
    ak lagi ad tugas presentasi, alhamdulillah sesuatu banget ad yang membantu! 🙂

  19. alangkah baiknya memberi keterangan pada gambar tu menggunakan bahasa indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s