Jaringan Pada Tumbuhan


Seperti pada hewan, tubuh tumbuhan pun terdiri dari sel-sel. Sel-sel tersebut akan berkumpul membentuk jaringan, jaringan akan berkumpul membentuk organ dan seterusnya sampai membentuk satu tubuh tumbuhan. Di sini akan dibahas macam-macam jaringan dan organ yang membentuk tubuh tumbuhan.
Jaringan tumbuhan dapat dibagi 2 macam :

1. Jaringan meristem
2. Jaringan dewasa

JARINGAN MERISTEM

jaringan-meristem
jaringan-meristem

Jaringan meristem adalah jaringan yang terus menerus membelah.
Jaringan meristem dapat dibagi 2 macam
1. Jaringan Meristem Primer
Jaringan meristem yang merupakan perkembangan lebih lanjut dari pertumbuhan embrio.
Contoh: ujung batang, ujung akar. Meristem yang terdapat di ujung batang dan ujung akar disebut meristem apikal. Kegiatan jaringan meristem primer menimbulkan batang dan akar bertambang panjang.
Pertumbuhan jaringan meristem primer disebut pertumbuhan primer.
2. Jaringan Meristem Sekunder
Jaringan meristem sekunder adalah jaringan meristem yang berasal dari jaringan dewasa yaitu kambium dan kambium gabus. Pertumbuhan jaringan meristem sekunder disebut pertumbuhan sekunder. Kegiatan jaringan meristem menimbulkan pertambahan besar tubuh tumbuhan. Contoh jaringan meristem skunder yaitu kambium.
Kambium adalah lapisan sel-sel tumbuhan yang aktif membelah dan terdapat diantara xilem dan floem.
Aktivitas kambium  menyebabkan pertumbuhan skunder, sehingga batang tumbuhan menjadi besar . Ini terjadi pada tumbuhan dikotil dan Gymnospermae(tumbuhan berbiji terbuka ).
Pertumbuhan kambium kearah luar akan membentuk kulit batang, sedangkan kearah dalam akan membentuk kayu.Pada masa pertumbuhan, pertumbuhan kambium kearah dalam lebih aktif dibandingkan pertumbuhan kambium kearah luar, sehingga menyebabkan kulit batang lebih tipis dibandingkan kayu.
Berdasarkan letaknya jaringan meristem dibedakan menjadi tiga yaitu meristem apikal, meristem interkalar dan meristem lateral.
Meristem apikal adalah meristem yang terdapat pada ujung akar dan pada ujung batang. Meristem apikal selalu  menghasilkan sel-sel untuk tumbuh memanjang.Pertumbuhan memanjang akibat aktivitas meristem apikal disebut pertumbuhan primer. Jaringan yang terbentuk dari meristem apikal disebut jaringan primer.
Meristem interkalar atau meristem antara adalah meristem yang terletak diantara jaringan meristem primer dan jaringan dewasa. Contoh tumbuhan yang memiliki meristem interkalar adalah batang rumput-rumputan (Graminae). Pertumbuhan sel  meristem  interkalar menyebabkan pemanjangan batang lebih cepat, sebelum tumbuhnya bunga.
Meristem lateral atau meristem samping adalah meristem yang menyebabkan pertumbuhan skunder. Pertumbuhan skunder adalah proses pertumbuhan yang menyebabkan bertambah besarnya  akar dan batang tumbuhan. Meristem lateral disebut juga sebagai kambium. Kambium terbentuk dari dalam jaringan meristem yang telah ada pada akar dan batang dan membentuk jaringan skunder pada bidang yang sejajar dengan akar dan batang.

JARINGAN DEWASA
Jaringan dewasa adalah jaringan yang sudah berhenti membelah.
Jaringan dewasa dapat dibagi menjadi beberapa macam :
1 Jaringan Epidermis

jaringan-epidermis
jaringan-epidermis

Jaringan yang letaknya paling luar, menutupi permukaan tubuh tumbuhan. Bentuk jaringan epidermis bermacam-macam. Pada tumbuhan yang sudah mengalami pertumbuhan sekunder, akar dan batangnya sudah tidak lagi memiliki jaringan epidermis. Fungsi jaringan epidermis untuk melindungi jaringan di sebelah dalamnya.
2. Jaringan Parenkim

jaringan-perenkim
jaringan-perenkim

Nama lainnya adalah jaringan dasar. Jaringan parenkim dijumpai pada kulit batang, kulit akar, daging, daun, daging buah dan endosperm. Bentuk sel parenkim bermacam-macam. Sel parenkim yang mengandung klorofil disebut klorenkim, yang mengandung rongga-rongga udara disebut aerenkim. Penyimpanan cadangan makanan dan air oleh tubuh tumbuhan dilakukan oleh jaringan parenkim.
Berdasarkan fungsinya jaringan parenkim dibedakan menjadi beberapa macam antara lain:
1. Parenkim asimilasi (klorenkim).
2. Parenkim penimbun.
3. Parenkim air
4. Parenkim penyimpan udara (aerenkim).
1. Parenkim asimilasi (klorenkim) adalah sel parenkim yang mengandung klorofil dan berfungsi untuk fotosintesis.
2. Parenkim penimbun adalah sel parenkim ini dapat menyimpan cadangan makanan yang berbeda sebagai larutan di dalam vakuola, bentuk partikel padat, atau cairan di dalam sitoplasma.
3. Parenkim air adalah sel parenkim yang mampu menyimpan air. Umumnya terdapat pada tumbuhan yang hidup didaerah kering (xerofit), tumbuhan epifit, dan tumbuhan sukulen.
4. Parenkim udara (aerenkim) adalah jaringan parenkim yang mampu menyimpan udara karena mempunyai ruang antar sel yang besar. Aerenkim banyak terdapat pada batang dan daun tumbuhan hidrofit.

3. Jaringan Penguat/Penyokong

Nama lainnya stereon. Fungsinya untuk menguatkan bagian tubuh tumbuhan. Terdiri dari kolenkim dan sklerenkim.
a. Kolenkim
Sebagian besar dinding sel jaringan kolenkim terdiri dari senyawa selulosa merupakan jaringan penguat pada organ tubuh muda atau bagian tubuh tumbuhan yang lunak.
b. Sklerenkim
Selain mengandung selulosa dinding sel, jaringan sklerenkim mengandung senyawa lignin, sehingga sel-selnya menjadi kuat dan keras. Sklerenkim terdiri dari dua macam yaitu serabut/serat dan sklereid atau sel batu. Batok kelapa adalah contoh yang baik dari bagian tubuh tumbuhan yang mengandung serabut dan sklereid.
4. Jaringan Pengangkut

jaringan-pengangkut

Jaringan pengangkut bertugas mengangkut zat-zat yang dibutuhkan oleh tumbuhan. Ada 2 macam jaringan; yakni xilem atau pembuluh kayu dan floem atau pembuluh lapis/pembuluh kulit kayu.
Xilem bertugas mengangkut air dan garam-garam mineral terlarut dari akar ke seluruh bagian tubuh tumbuhan. Xilem ada 2 macam: trakea dan trakeid.
Floem bertugas mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tubuh tumbuhan.
5. Jaringan Gabus

jaringan-gabus
jaringan-gabus

Fungsi jaringan gabus adalah untuk melindungi jaringan lain agar tidak kehilangan banyak air, mengingat sel-sel gabus yang bersifat kedap air. Pada Dikotil, jaringan gabus dibentuk oleh kambium gabus atau felogen, pembentukan jaringan gabus ke arah dalam berupa sel-sel hidup yang disebut feloderm, ke arah luar berupa sel-sel mati yang disebut felem.

187 thoughts on “Jaringan Pada Tumbuhan

  1. asw..
    nanya donk pak… rongga udara pada aerenkim itu isinya Oksigen atau CO2?
    Kapan dy brisi O2 dan kapan brisi CO2??

    makasih ya pak…

  2. asalamualaikum….
    makasih bgt yaps coz dengan adanya artikel ini aku kebantu bgt buat ngelesaikan tugasku
    makasih…

  3. assalamualaikum.alhamdulillah, saya sangat bersyukur bisa belajar dari materi2 ini semua.terima kasih banyak ya?salam kenal untuk sahabat2 seindonesia

  4. assalamualaikum
    makasih pak…………………..dengan artikel ini aku bisa menyalesaikan tugas………………………

  5. Assalamualaikum…
    makasih ya, pak aku jadi (lumyan) ngerti dikit dan bisa nyelesein tugasku… tapi mau nanya nih, jenis jaringan yang terdiri atas bebrapa sel dengan bentuk berbeda-beda itu apa ya?? tolong bahas soal jaringan pd hewan juga dong… tenx

  6. matur thank you ya mas, biologi emang sulit buat pelajar seperti saya. Bermanfaat banget.

    helmysuperstudent.blogspot.com

  7. saya sbg slh stu siswa sma negri menyarankan pnjlasan yg ad di edukasi ini
    sebaiknya klasifikasi tentang jringn ini prlu d perjlas lg, mngingt materi yg d ajrkan d sma sngt byk lg…
    tenks

  8. assalamualikum
    terima kasih atas materinya,, yang singkat padat dan jelas,,, saya yakin sangat berguna untuk kami,,,

  9. kalau jaringan gabus berasal dari kambium gabus saya sudah tahu, tapi kambium gabus berasal dari mana ya ? karena penyusun jaringannya hanya disebutkan epidermis korteks endodermis Utk batang hanya tumbuhan tertentu, stele. kalau dari meristem meristem yang mana ?

  10. muakasihhhhhhhhhh buanyak ya pak udah bantu gua dalam penyelesaian tugas
    sehingga gua bisa lebuh mengerti apa yang di jelaskan oleh dosen gua selama ini

  11. asssslkm,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    trimakasih atas penjLsan aNda,,,,sNgat bRmanfaat se_x bwt saya,,,,,,,,,,,
    waslkm,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  12. pak,,, ksh saran gmana cra memahami bio…
    soalnya saya susah utk mnjwab soal2 olympiade biologi..
    dijwab ya pak…
    😀

  13. PAK,, SAYA LIAT DIBUKU KLO PD MONOKOTIL,,PEMBULUH ANGKUT NYA BERBENTUK BINTANG DAN DIKOTIL MEMBENTUK LINGKARAN..
    TP YG SYA ANALISIS,,MALAH SEBALIKNYA PAK..
    ATAU ITU BKAN BERDASARKAN BENTUK PEMBULUH ANGKUTNYA??

  14. trimakasih atas artikel artikelnya yang sangat membatu untuk pembelajaran biologi di sekolahan tempat saya mengajar. materi yang disajikan kalo bisa makin dipertajam akan semakin baik

  15. selamat siang pak…
    saya ingin bertanya nech pak guru..
    pertanyaannya:
    1. adakah hubungan antara bentuk asimilasi N dan asimilasi lainnya pada tanaman
    2. adakah hubungan antara asimilasi N dan Fiksasi N pada tanaman..

    makasih ya pak , maaf ngerepotin. diharapkan besok kalo bisa udah ada jawabannya, coz tugas na besok dikumpulnya pak…
    sekali lagi, makasih pak guru..

  16. pak guru disekolah saya galak banget apalagi pelajaran biologi, wow sampe gak bisa ngapa2in gimana sih cara ngatasinnya?

  17. trmksii! 🙂
    ada post yg lebih dikhususkan ga’?
    semisal jaringan pada akar, jaringan pada batang, jaringan pada daun dibahas secara khusus dan lebiih dalam.

  18. makasih atas infonya…ku mw tanya jaringan dilaptasi pada tumbuhan hibiscus rosa sinensis itu pa ya???? makasih atas bantuannya…

  19. terimakasih atas penyedia inormasi ini , saya yang tidak mudeng-mengerti dengan jaringan tumbuhan , sekarang sudah diperjelas . dan sangat mudeng 😀 . SEMOGA dapat menyediakan informasi lebih rinci dan lengkap , saya punya request , saya nggak mudeng tentang kesinambungan metabolisme , jadi abis dicerna , trus kmana > dibuku saya tidak jelas .. mohon infonya .. thanks

  20. ASSSKUM
    KENAPA SIH PELAJARAN BIOLOGI SUSAH BANGET,MANA TUGASNYA RIBET,BANYAK LAGI, WAAAAH………KENYANG….KENYANG….KENYANG….
    BUAT JURUSAN IPA CING SABAR…..

  21. asyik….
    enak bangetz loch belajar biologi sambil browsing kayak ginich…
    apa lagi kalau ada soal-soalnya juga….
    bisa bantu masuk k PTN yang qt inginkan

  22. berikan selengkapnya materi jaringan yakni macam jaringan dan jaringan penyusun organ tumbuhan.
    terimakasih mungkin ini yang bisa saya komentari berupa aspek yang kami teliti smoga dapat diterima . ass wr wb

  23. makasich ea buat artikelnya dan sebelumnya maaf artikelnya saya save untuk ngerjain tugas saya…thanks before

  24. Teng pery mach ser or mem… tpi, ap prbdaan antara kambium dengan kambium gabus yaa?? tlng d’jwb ser or mem… xie-xie….

  25. tq y pak guru. sya jd lbh phm mengetahui mengenai jaringan pda tumbhn serta mambantu sya dlm melengkpi cttn sya…

  26. hmhmhmhm…………..bagus namun lw bisa sih lebih di detailkn,,,
    soalnya fungsi2 nya msih bingung nihhhh

  27. 8| syuuuuuuukkkkuuuuuuuuuuuuurrrrrrrrrrrrrrrrrrr……………………….
    selesaiiiiiiiiiii………………………………………

  28. makasih banyak atas informasinya, ini sangat sangat bermanfaat buat saya
    pak saya mau bertanya tolong lagsung dijawab ya
    pada tumbuhan yang telah mengalami pertumbuhan sekunder, akar dan batangnya sudah tidak ada lagi epidermis, lalu bagaimana cara dia melindungi jaringan di bawahnya, ???
    makasih sebelumnya!

  29. Hay Joni2 oh hay joni2
    lihatlah kami joni2
    “Stooooooppppp,,,lebaran bukan untuk pamer , tapi untuk seru2an bareng AXIS yang Paling hemat “

  30. Blog ini sangat bermanfaat karena saya sendiri juga suka mapel biologi…..semoga waktu ke depan blog ini menjadi lebih baik

  31. Alhamdulillah, waktu saya nyari di buku saya tentang macam-macam parenkim menurut fungsinya tidak ada, lalu saya tanya mbah Google dan akhirnya sampai disini dan menemukan yang saya cari.
    terima kasih ya

  32. alhamdulilah……dengan adanya informasi sesoerti ini saya dapat mengerjakan tugas dari ibu guru……

  33. bagaimana dengan tumbuhan mangga yang dipotong tidak bisa tumbuh lagi sedangkan tanaman mawar jika dipotong bisa tumbuh lagi,mohon jawabannya segera. trim’s

  34. makasih atas info ini,,,
    tp saya masih bingung aktivitas apa yang menyebabkan pertumbuhan cabang akar pada tumbuhan dikotil.
    mohon jawabanya
    trimss

  35. thank banget buat org yg udah ngebuat blog ini krn blog ini sangat membantu para siswa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s