Sistem Ekskresi pada Manusia


sistem-ekskresi-manusia
sistem-ekskresi-manusia

Manusia memiliki organ atau alat-alat ekskresi yang berfungsi membuang zat sisa hasil metabolisme. Zat sisa hasil metabolisme merupakan sisa pembongkaran zat makanan, misalnya: karbondioksida (CO2), air (H20), amonia (NH3), urea dan zat warna empedu.

Zat sisa metabolisme tersebut sudah tidak berguna lagi bagi tubuh dan harus dikeluarkan karena bersifat racun dan dapat menimbulkan penyakit.

Organ atau alat-alat ekskresi pada manusia terdiri dari:

1. Paru-paru,

2. Hati,

3. Kulit, dan

4. Ginjal.

PARU-PARU

paru-paru
paru-paru

Paru-paru berada di dalam rongga dada manusia sebelah kanan dan kiri yang dilindungi oleh tulang-tulang rusuk. Paru-paru terdiri dari dua bagian, yaitu paru-paru kanan yang memiliki tiga gelambir dan paru-paru kiri memiliki dua gelambir.

Paru-paru sebenarnya merupakan kumpulan gelembung alveolus yang terbungkus oleh selaput yang disebut selaput pleura.

FUNGSI PARU-PARU
Paru-paru merupakan organ yang sangat vital bagi kehidupan manusia karena tanpa paru-paru manusia tidak dapat hidup. Dalam Sistem Ekskresi, paru-paru berfungsi untuk mengeluarkan KARBONDIOKSIDA (CO2) dan UAP AIR (H2O).

Didalam paru-paru terjadi proses pertukaran antara gas oksigen dan karbondioksida. Setelah membebaskan oksigen, sel-sel darah merah menangkap karbondioksida sebagai hasil metabolisme tubuh yang akan dibawa ke paru-paru. Di paru-paru karbondioksida dan uap air dilepaskan dan dikeluarkan dari paru-paru melalui hidung

KELAINAN-KELAINAN PADA PARU-PARU
Kelainan-kelainan pada paru-paru, diantaranya adalah:

1. Asma atau sesak nafas, yaitu kelainan yang disebabkan oleh penyumbatan saluran pernafasan yang diantaranya disebabkan oleh alergi terhadap rambut, bulu, debu atau tekanan psikologis.

2.Kanker Paru-Paru, yaitu gangguan paru-paru yang disebabkan oleh kebiasaan merokok. Penyebab lain adalah terlalu banyak menghirup debu asbes, kromium, produk petroleum dan radiasi ionisasi. Kelainan ini mempengaruhi pertukaran gas di paru-paru.

3.Emphysema, adalah penyakit pembengkakan paru-paru karena pembuluh darahnya terisi udara.

CARA MENGATASI KELAINAN PADA PARU-PARU
Upaya menghindari dan mengatasi kelainan-kelainan pada paru-paru adalah dengan menjalankan pola hidup sehat, diantaranya:

1. Mengatur pola makan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi secara teratur

2. Berolah raga dengan teratur

3. Istirahat minimal 6 jam per hari

4. Mengindari konsumsi rokok, minum minuman beralkohol dan narkoba

5. Hindari Stress

HATI (HEPAR)

hati
hati

Hati merupakan “kelenjar” terbesar yang terdapat dalam tubuh manusia. Letaknya di dalam rongga perut sebelah kanan. Berwarna merah tua dengan berat mencapai 2 kilogram pada orang dewasa. Hati terbagi menjadi dua lobus, kanan dan kiri.

Zat racun yang masuk ke dalam tubuh akan disaring terlebih dahulu di hati sebelum beredar ke seluruh tubuh. Hati menyerap zat racun seperti obat-obatan dan alkohol dari sistem peredaran darah. Hati mengeluarkan zat racun tersebut bersama dengan getah empedu.

FUNGSI HATI
Hati merupakan organ yang sangat penting, berfungsi untuk:

1. Menghasilkan empedu yang berasal dari perombakan sel darah merah

2. Menetralkan racun yang masuk ke dalam tubuh dan membunuh bibit penyakit

3. Mengubah zat gula menjadi glikogen dan menyimpanya sebagai cadangan gula

4. Membentuk protein tertentu dan merombaknya

5. Tempat untuk mengubah pro vitamin A menjadi vitamin

6. Tempat pembentukan protrombin yang berperan dalam pembekuan darah

Zat warna empedu hasil perombakan sel darah merah yang telah rusak tidak langsung dikeluarkan oleh hati, tetapi dikeluarkan melalui alat pengeluaran lainnya. Misalnya, akan dibawa oleh darah ke ginjal dan dikeluarkan bersama-sama di dalam urin.

KELAINAN-KELAINAN PADA HATI
Gangguan pada hati yang umumnya dijumpai di masyarakat saat ini adalah HEPATITIS atau PENYAKIT KUNING. Disebut demikian karena tubuh penderita menjadi kekuningan, disebabkan zat warna empedu beredar ke seluruh tubuh. Penyakit ini disebabkan oleh serangan virus yang dapat menular melalui makanan, minuman, jarum suntik dan transfusi darah.

Hepatitis adalah peradangan pada sel-sel hati. Penyebab penyakit hepatitis yang utama adalah virus. Virus hepatitis yang sudah ditemukan sudah cukup banyak dan digolongkan menjadi virus hepatitis A, B, C, D, E, G, dan TT.
Beberapa jenis hepatitis yang saat ini harus diwaspadai adalah:
1. Hepatitis A yang disebabkan oleh Virus Hepatitis A (VHA)
2. Hepatitis B yang disebabkan oleh Virus Hepatitis B (VHB)
3. Hepatitis C yang disebabkan oleh Virus Hepatitis C (VHC)

MENGATASI KELAINAN-KELAINAN PADA HATI
Cara mengatasi kelainan-kelainan pada hati diantaranya adalah dengan:

1. Pemberian vaksinasi

2. Makan makanan yang sehat

3. Menghindari penggunaan obat-obatan terlarang

4. Berolahraga dengan teratur

5. Sterilisasi penggunaan jarum suntik

6. Menghindari pergaulan bebas (berganti-ganti pasangan)

KULIT

kulit

Seluruh permukaan tubuh kita terbungkus oleh lapisan tipis yang sering kita sebut kulit. Kulit merupakan benteng pertahanan tubuh kita yang utama karena berada di lapisan anggota tubuh yang paling luar dan berhubungan langsung dengan lingkungan sekitar.

FUNGSI KULIT


Fungsi kulit antara lain sebagai berikut:

– mengeluarkan keringat

– pelindung tubuh

– menyimpan kelebihan lemak

– mengatur suhu tubuh, dan

– tempat pembuatan vitamin D dari pro vitamin D dengan
bantuan sinar matahari yang mengandung ultraviolet

Proses Pembentukan Keringat

Bila suhu tubuh kita meningkat atau suhu udara di lingkungan kita tinggi, pembuluh-pembuluh darah di kulit akan melebar. Hal ini mengakibatkan banyak darah yang mengalir ke daerah tersebut. Karena pangkal kelenjar keringat berhubungan dengan pembuluh darah maka terjadilah penyerapan air, garam dan sedikit urea oleh kelenjar keringat. Kemudian air bersama larutannya keluar melalui pori-pori yang merupakan ujung dari kelenjar keringat. Keringat yang keluar membawa panas tubuh, sehingga sangat penting untuk menjaga agar suhu tubuh tetap normal.

Kelainan pada kulit yang banyak dialami oleh para remaja adalah jerawat. Ada tiga tipe jerawat, yaitu:

1. Komedo

2. Jerawat biasa

3. Cystic Acne (Jerawat Batu/Jerawat Jagung)

Banyak jenis obat dan perawatan yang ditawarkan untuk menghilangkan jerawat. Namun, sesungguhnya alam sudah menyediakan aneka tanaman yang mampu menghilangkan jerawat. Tanaman-tanaman itu antara lain tomat, jeruk nipis, belimbing wuluh, mentimun, dan temulawak.

MENGATASI KELAINAN PADA KULIT

Kulit perlu mendapat perawatan yang tepat agar senantiasa sehat. Berikut 4 langkah perawatan kulit yang sangat mendasar:

1. Makan Makanan Yang Mengandung Nutrisi
Kulit seperti juga organ tubuh lain, terdiri atas sel-sel yang berkembang dan membutuhkan berbagai nutrisi. Nutrisi pada kulit digunakan untuk mengaktifkan sirkulasi darah ke kulit, menjaga kelenturan dan kekencangan kulit serta mencegah oksidasi lemak yang menyebabkan kulit menjadi kering.
2. Minum Air Putih Minimal 8 Gelas Setiap Hari
Air berfungsi sebagai media untuk mengangkut dan membuang zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh dan mencegah kekeringan. Selain 8 gelas air segar setiap hari, asupan cairan yang baik bagi kulit bisa didapatkan dari buah dan sayuran.
3. Berolahraga Dengan Teratur
Olahraga teratur 3 kali seminggu akan membantu kelancaran sirkulasi darah, sehingga asupan nutrisi kulit terpenuhi.
4. Mandi Untuk Membersihkan Badan
Mandi secara teratur menggunakan sabun, bermanfaat menghilangkan lemak dan kotoran pada permukaan kulit. Namun kita perlu berhati-hati dalam memilih sabun, karena detergen yang terkandung di dalamnya cenderung meningkatkan pH kulit sehingga dapat menyebabkan kekeringan pada kulit.

GINJAL
Dunia kedokteran biasa menyebutnya ‘ren’ (renal/kidney). Bentuknya seperti kacang merah, berjumlah sepasang dan terletak di daerah pinggang. Ukurannya kira-kira 11x 6x 3 cm. Beratnya antara 120-170 gram. Struktur ginjal terdiri dari: kulit ginjal (korteks), sumsum ginjal (medula) dan rongga ginjal (pelvis). Pada bagian kulit ginjal terdapat jutaan nefron yang berfungsi sebagai penyaring darah. Setiap nefron tersusun dari Badan Malpighi dan saluran panjang (Tubula) yang bergelung. Badan Malpighi tersusun oleh Simpai Bowman (Kapsula Bowman) yang didalamnya terdapat Glomerolus.

FUNGSI GINJAL
1. Menyaring dan membersihkan darah dari zat-zat sisa metabolisme tubuh

2. Mengeksresikan zat yang jumlahnya berlebihan

3. Reabsorbsi (penyerapan kembali) elektrolit tertentu yang dilakukan oleh bagian tubulus ginjal

4. Menjaga keseimbanganan asam basa dalam tubuh manusia

5. Menghasilkan zat hormon yang berperan membentuk dan mematangkan sel-sel darah merah (SDM) di sumsum tulang

PROSES PEMBENTUKAN URINE
Ginjal berperan dalam proses pembentukan urin yang terjadi melalui serangkaian proses, yaitu: penyaringan, penyerapan kembali dan augmentasi.

1. Penyaringan (filtrasi)

Proses pembentukan urin diawali dengan penyaringan darah yang terjadi di kapiler glomerulus. Sel-sel kapiler glomerulus yang berpori (podosit), tekanan dan permeabilitas yang tinggi pada glomerulus mempermudah proses penyaringan.

Selain penyaringan, di glomelurus juga terjadi penyerapan kembali sel-sel darah, keping darah, dan sebagian besar protein plasma. Bahan-bahan kecil yang terlarut di dalam plasma darah, seperti glukosa, asam amino, natrium, kalium, klorida, bikarbonat dan urea dapat melewati saringan dan menjadi bagian dari endapan.

Hasil penyaringan di glomerulus disebut filtrat glomerolus atau urin primer, mengandung asam amino, glukosa, natrium, kalium, dan garam-garam lainnya

2. Penyerapan kembali (reabsorbsi)

Bahan-bahan yang masih diperlukan di dalam urin pimer akan diserap kembali di tubulus kontortus proksimal, sedangkan di tubulus kontortus distal terjadi penambahan zat-zat sisa dan urea.

Meresapnya zat pada tubulus ini melalui dua cara. Gula dan asam amino meresap melalui peristiwa difusi, sedangkan air melalui peristiwa osmosis. Penyerapan air terjadi pada tubulus proksimal dan tubulus distal.

Substansi yang masih diperlukan seperti glukosa dan asam amino dikembalikan ke darah. Zat amonia, obat-obatan seperti penisilin, kelebihan garam dan bahan lain pada filtrat dikeluarkan bersama urin.

Setelah terjadi reabsorbsi maka tubulus akan menghasilkan urin sekunder, zat-zat yang masih diperlukan tidak akan ditemukan lagi. Sebaliknya, konsentrasi zat-zat sisa metabolisme yang bersifat racun bertambah, misalnya urea.

3. Augmentasi

Augmentasi adalah proses penambahan zat sisa dan urea yang mulai terjadi di tubulus kontortus distal.

Dari tubulus-tububulus ginjal, urin akan menuju rongga ginjal, selanjutnya menuju kantong kemih melalui saluran ginjal. Jika kantong kemih telah penuh terisi urin, dinding kantong kemih akan tertekan sehingga timbul rasa ingin buang air kecil. Urin akan keluar melalui uretra.

Komposisi urin yang dikeluarkan melalui uretra adalah air, garam, urea dan sisa substansi lain, misalnya pigmen empedu yang berfungsi memberi warna dan bau pada urin.

KELAINAN PADA GINJAL
Kelainan-kelainan pada ginjal diantaranya adalah gagal ginjal dan batu ginjal.

1. Gagal Ginjal

Gagal ginjal merupakan kelainan pada ginjal dimana ginjal sudah tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya yaitu menyaring dan membersihkan darah dari zat-zat sisa metabolisme.

Penyebab terjadinya gagal ginjal antara lain disebabkan oleh:

1. Makan makanan berlemak

2. Kolesterol dalam darah yang tinggi

3. Kurang berolahraga

4. Merokok, dan

5. Minum minuman beralkohol.

Mengatasi Gagal Ginjal

Kemajuan ilmu pengetahuan, memungkinkan fungsi ginjal digantikan. Penggantian fungsi tersebut dikenal dengan Renal Replacement Therapy (RRT) atau Terapi Pengganti Ginjal (TPG). Ada dua cara TPG, yakni transplantasi/cangkok ginjal dan dialisis/cuci darah . Dialisis/cuci darah dibedakan menjadi:

1. HD (Hemodialisis), dialisis dengan bantuan mesin

2. PD (Peritoneal Dialisis), dialisis melalui rongga perut

2. Batu Ginjal

Urine banyak mengandung mineral dan berbagai bahan kimiawi. Urin belum tentu dapat melarutkan semua itu. Apabila kita kurang minum atau sering menahan kencing, mineral-mineral tersebut dapat mengendap dan membentuk batu ginjal.

Batu ginjal merupakan kristal yang terlihat seperti batu yang terbentuk di ginjal. Kristal-kristal tersebut akan berkumpul dan saling berlekatan untuk membentuk formasi “batu”. Apabila batu tersebut menyumbat saluran kemih antara ginjal dan kandung kemih, saluran kemih manusia yang mirip selang akan teregang kuat karena menahan air seni yang tidak bisa keluar. Hal itu tentu menimbulkan rasa sakit yang hebat.

Iklan

492 thoughts on “Sistem Ekskresi pada Manusia

  1. Mohon ijin menyunting tulisan Anda, untuk saya share kan ke rekan-rekan kantor saya. Terima kasih atas informasi berharga ini.

  2. Malam Situs Website ini saya mau kasih pertanyaan?bagaimana Agar masuk keinti Struktur Virus lalu menempelkan dalam struktur Genetika Virus tersebut ini untuk menyempurnakan Penelitianku dan penemuanku akan Anti Virus A-12.from Erikson.Terimah kasih atas jawbannya.Gbu.

  3. Aku kalau nyari tugas pasti kesini!!!
    Thanks banget…
    sangat bermanfaat…
    Lebih banyak perbanyak lagi y!!!
    Tetetp semangat dan Semoga jaya terus guru…

  4. ,,wajuuuuuuuuuuh.,.

    hampir za q gk dpat ulangan,.,

    berkat situz ne,pngetahuan gw brtambh untuk ulgan smlm.,.
    nlai nya bgs lho.,.

  5. core boz,,,,aku mau ngopy artikel ini boleh zaw,,,coz mau tak kumpulin buat tugas Biologi bozzz,,,

    Thanks zaw,,,
    Moga tambah cayo n informasinya tambah lengkap lagi,,,

    CAYO,,,,

  6. yupzt…..yupzt….yupzt…

    thank”s ea bos,berkt ne situs gw tmbh dooonkkk..and yg psti nilae ulgan gw bguz phoool,hehehe…..

  7. sy mo nanya… mengapa selain sebagai organ pernapasan, paru-paru juga dianggap sebagai organ eksresi?

  8. Kalau orang jawa mengatakan anyang-anyangen yaitu suatu kondisi dimana seakan-akan kita ingin kencing tapi begitu keluar hanya sedikit sebnatar terasa lagi keluar juga sedikit ini apa ya sebabnya hubungannya dengan syaraf apa ya?
    Thank

  9. kurang lengkap dueh……………kLo bs mSukin jg kelainan2 yg trjadi pda stiap alt ekskresi…………..

    mf bnget ya…….hehehehe cz q btuh bnget infox………….

  10. pembahasannya tentang sistem ekresi udah kernz bgt2222…. tapi sanyangnya kenapa gx da kelainan pada sistem eksresi trus gambarnya lebih cuakep lagi yach…………..
    thanks juga krna aku bisa bljar bnyak dri pmbhasannya

  11. bozz,,aq mo tanya…klo minum air putih(bening) 8 gelas sehari itu kan bnyk manfaatnya…tp kalo air tersebut tiba-tiba bercampur d usus dan menjadi satu dg tinja gimana???apakah itu yg dimaksud gagal ginjal juga?soalnya perut q terasa sakit banget klo mo BAB,pas aq buang air bsar yg kluar campuran tinja dg air tsb.encer bngt..tolong dong pnjelasan & solusinya…please…aq tnggu blzanNa y bozz…

  12. wow bagus lengkap….
    Asyik neh tgs yg lm lom slesai jd slesai dlm wkt yg sesingkat2ny____
    wkwkwkwk….

    Thanks ngebantu bgt ->w<-

  13. TERIMA KASIH ATAS BLOG INFORMASINYA. SEMOGA BERGUNA BAGI DIRI SENDIRI DAN ORANG LAIN. JANGAN PERNAH BERHENTI UNTUK BEREKSPRESI DAN BERKREASI

  14. makasi atas situsnya…. saya nyari ke mana2,, menurut sya ini yang paling bagus (is the best)
    hehehe

  15. kang guru,mkch banget bagi2 ilmux.ntar mlem ak mw presentasi.copy paste yaaaaaaaaaa (iya silahkan,gpp kok neng h h h @: maksa nek)

  16. assalammu’alaikum wr. wb
    Thx yaw, Q ru za bca… ‘n lmyn ngbn2 bgt wt pljrn Biologi q,,,, 0n3 m0r3 Thx yawwwwww

    wassalammu’alaikum wr. wb

  17. pak, boleh dikritik, nggak? Kelainan dari alat ekskresinya itu kurang banyak. Tolong tambahi ya pak…

  18. Thanks.. uda mbantuin nyari rtikel buat tugas biolgi… thx ia…
    buat ank2 spemma nyari disini aj oi lengkap… hehheheheh

  19. Makasih atas informasinya.
    Minta ijin untuk digunakan sebagai bahan belajar, saya siswi SMP kelas 9.
    Terima kasih sebelumnya ^_^

  20. mkaci bgt ya………………………….. dengan adanya ini, bikin tugas jadi lebih gampang……………..

  21. Wawwwwwwwwwwwwwwuuuuu!!!!!!!!
    gUrUnGeblog pokoEe makyosSSSSSSSSSSSSSsssssssss……
    dari gurungeblog ini Gw lebih ngerti tentang tentang pelajaran yang dulunya Gw ak ngerti…
    xLe gie thaks eEa gurungEblog….!!!!!!!

  22. berguna bangedh . . .

    arigatou iia

    cz , ni lagi ada tugas gituw !

    lengkap sie. cuma kurang pengertian ekskresinya.
    pii dah lengkap laa..

  23. hu…..asyik……lengkap bangeeeeeeeeeeeet coy……….gambarnya tu lho kayk kenyatan…………

    eh thanks ya??????????????????berkat data ne…aku bisa dapat nilai baik…………othe………..othe…………

  24. hUa!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    tHx bgD !!!!!!
    akHR.a gUa bZ sLzain tgZ makaLaH gua !!!!!!!!!!
    tHx beUd zHa >>>
    =D
    mUaZcHHH!!!! phephe

  25. maju terus bwt pndidikan indonesia.
    jngn mw klah ma ngra laen. . .

    eits…yg pntng,hpus dlu budaya korupsi . .
    malu ma umur tw. . . . . . . . . . . . . .

  26. mas bleh naxk..?pengertian augmentasi dengan sekresi sm g….?soalx di buku saya proses pembentukan urin pada ginjal melalui proses filtrasi, reabsorbsi, dan sekresi…..saya bingung, krna da tgs yg hrus sya krjakan….mhon bantuannya…kirim lewat email saya y mas…..mkasih….

    email: “alonso.fernando41@yahoo.co.id”

  27. nah…..yG kyAk ginI yG Q sUka,,,
    Jd g Sah sUlit2 waT cari TuGas,,,,
    makasiiiih ya,,,,
    tp tolong dilEngKapi ya….

  28. mengapa pada telapak tangan dan telapak kaki tidak ditumbuhi bulu, sedangkan pada badian tubuh lainnya ditumbuhi bulu. . . ? ?

  29. aqu uly,klaz 2sma..
    aqu masih blum trlalu ngrti sist.ekskresi yg anda jlaskan dsni..
    krna mash bnyk yg blum anda jlas kan dsni.
    aqu mau tanya
    1.”apa yg dmiliki oleh hati sehingga dpat mengubah NH3 dan NH4OH jdi tidak beracun?”
    2.”enzim apa saja yang ada di hati?”
    3.”NH3 dan NH4OH diubah jadi apa saja?”

    tlong jawab ya..
    thanks..

  30. makasih banget buat informasinya…

    jadi kebantu banget buat bikin makalah buat UP di skul…

    makasih y!

  31. sya blh copast bwt tgas kan? mkasih.. btw klo bsa artikel ni dtmbahin dgn lapisan” kulit (epidermis, dermis, hipodermis)

    thanks.. 😉

  32. wah, lumayan nih bisa belajar online di rumah (cz guruku ngasih materi ribet banget, jadi males buka buku XD)

    thx banget nih gurungeblog sekalian tak follow aja deh =)

  33. Thx 4 God,,
    karena tlh mngirimkan org2 pnter biologi,,jd’a gmpng
    tnggl copy paste doang!! heheheheh!!Thx y!!^-^

  34. thankz infox. . . za biza tahu dech zekarang bagaimana proses terjadinya keringat walaupun tidak terlalu dimengerti. .
    tp thankz buangetttt

  35. terima kasih atas materinya…
    smoga bisa membantu saia dlm mengerjakan soal ulangan besok….amin..^_^V

  36. Mau tanya nih (:
    Cely lg mengerjakan LKS Biologi dari sekolah,
    disini ada pertanyaan, bagaimana cara mencegah serta mengobati penyakit Hepatitis A, B, dan C?
    Mohon Jawabannya, Terimakasih !

  37. Maaf tanya lagi, tp ada yg tertinggal.
    Cely mau tanya mengenai penyakit Albuminuria, Haematuria, dan Nefritis.
    Mohon Informasinya ya 😀

  38. w rsa krng lngkp kl bsa da gnguan alat ekskresi klit ma hti n jlasin ni no hp w 085210066872 kl w kslitan dlm pljrn biologi bsa bntu kn mlalui hp?

  39. kk.. makasih yahh… dengan materi ini.. aq bisa paham dan dapat me presentasikan alat ekskresi pada maunsia dengan singkta tapi banyka makna nya,
    aq bisabagikan ilmu aku sama teman2 aku yg di smp..
    makasih yahh kk..
    moga bsa lebih baik lg..
    GBU all

  40. Pas dapat tugas IPA, saya download artikel ini, alhamd bisa tepat waktu dan ditiru teman-teman

  41. wauw.. tqz so much guru nge blog… ~.~ di bku w cuma 2 ja alat ekskresi pada manusia; n w dsuruh cari 3 lg.. pas buka guru nge blog.. selesei deh tugas gue.. tqz yawh GN…. ~.~

  42. saya mau bertanya donk…
    perubahan apakah yg terjadi pada kaca setelah kamu menghembuskan nafasmu kepermukaan kaca..??

  43. makasihh yya sudah membuat saya lumayan mengerti ,, tetapi kurang jelas infonya .. makasihhhhh …….

  44. sYa mHon izin untuk Copy ni ea??
    Cz dengan ni,,tugas BioLogiQ jd rampunkk..
    q mOhon……….??????????????

    sBeLum na…

    mater suwun,,
    terima kasih,,
    thank you,,
    syukRon,,

  45. trima ksih ea..aTs informasi’y..
    utk sLnjut’y boat yg lbih kreativ ea..
    okech…………………………

  46. thnk’s yc
    atas sgla info.a tntang ekskreasi pada manusia
    krena tnpa adha info itu qh thao ba.ak hal
    thnk’s
    cmua.a n itu brguna bgi kmi……………

  47. boleh ya, menyunting tulisan ini,..
    dan saya mau nanya, kalau hepatitis TT seperti apa yah? dan penyebabnya karena apa,..???
    terimakasih sebelumnya,…

  48. Terimakasih ya atas informasinya……
    Ini penting sekali untuk kepentingan saya disekolah……

  49. ahaha……..thank untuk semua guru yang telah mengajaari q tentang pengetahuan alam n termasuknya adalah guru ipa dan q sekarang tlah mencintai pelajaran ipa…….terima kasih guru atas jasa mu yang kau berikan kepada murid-murid dn juga termasuk saya…

  50. kasian yah yang sakit batu ginjal ternyata sakit banget. jadi kasian ma ayah aku. ya allah semoga dia bisa sembuh dari sakit batu ginjalnya

  51. Wah materinya sangat lengkap dan mengasyikkan ! Terimakasih banyak ya atas informasinya ! selain itu saya memohon ijin untuk digunakan dalam keperluan tugas sekolah.

  52. Blognya sudah bagus tapi dalam artikelnya masih kurang,saya sarankan setidaknya anda bisa menambahkan bagian dari setiap organ ekskresi dan juga fungsinya sehingga yang membuka blog anda jadi paham dengan sajian yang anda tulis

  53. terima kasih sekali.. blog ini membantu saya mengerjakan tugas-tugas biologi… isinya padat dan berisi.. sangat bermanfaat untuk para pelajar..!!!

  54. wow…………….
    bgus.
    fantastis.
    kren.

    kren bGt.

    Thank’s y,kRn berkt data2 mu,tgas aDeQu jdi slesai.

    good luck bwT U.

  55. wah.. pas banget
    dengan ini saya bisa belajar dengan mudah…
    makasih yg pak/bu..
    uda di share di blog ini
    tq tq tq :*

  56. makasih,,,coz ini bisa bantu saya buat bhan presentasi,,tpi pda penjelasan GINJAL kok gk ada gmbarnya???pdhal saya butuh itu…

  57. om ijin nyunting sebagian artikel ini buat tgs kul y..semoga bermanfaat untuk saya dan lainnya ..makasih sebelumnya om

  58. di dlm ginjal t’jadi pembentukan urin mlalui serangkaian proses filtrasi,reabsorsi dan augmentasi.Jika hasil leb urin seseorang mengandung glukosa,dpt di duga t’jadi kerusakan pada apa?
    tolong jelaskan,,

  59. ada rincian mekanisme paru – paru ,kulit ,ginjal dan hati g?
    dari mekanisme awal sampaiakhir sesuai fungsi masing – masing . trims

  60. maaf saya mau bertanya mengenai paru paru basah, paru paru basah tuh d sebabkan oleh apa sih ? bgaimana cara mengatasinya ? terimakasih 🙂

  61. ALLHMDULILLH,………………………………..
    akhirna slsai ug tgas na,brkat da sietuz ne,……………………
    TRIMS yea IBU GURU,yg tlah m’bntu dgn m’uat sietuz neeeee,…………..

    TRUZ BRKARIER YA IBU,……………………..

  62. wah.. bermanfaat banget nih..
    kebetulan saya sedang mencari materi ekskresi utk OSN Biologi SMP..
    Terimakasih ya 🙂

  63. makasih benget yahh.. cz ini bisa menambah ilmu pengetahuan saya, dan menambah nilai ulangan saya…:D

  64. thank you buat yg dach masukin kumpulan” makalah sistem ekskresi pda manusia………….
    ni berarti bgt loch………ni kebetulan age nyari buat tugas BIOLOGI……………..
    mkasihhhhhhhhhhhhhhhhh bbbuuuuuuuuuuuuuuuaaaaaaaangeeeeeeeeeeeeeeeetttttttttttttttttttttttttttt

  65. ga apa-apa yah aku catat,
    soalnya ada tugas dan semuanya ada disini.
    makasih yah sekali lagi..
    materinya sangat bermanfaat banget.
    😀

  66. wah .. lengkap banget buat tugas aku . makasih banget yaa .. berati ntar kalo ada tugas lagi buka aja blog ini deh . hihihi .. eh makasih lagi yaa .. 😀

  67. makasih ya artikelnya thanks a lot for this articel….. i hope this articel make for a lot of people…

  68. maaf saya telah menyunting informasi berharga ini karena saya membutuhkan nya untuk bahan persetasi di sekolah
    terimakasih ea

  69. kk gmna pnjlsan selanjut nya tntg penyakit gagal ginjal pada sistem ekskresi…….???????????????????????/

    TOLONG yeah d coment cepat………????????????

  70. .wah. .keren bgt ni blog. .
    .smga nilai ulangan biologiqu sempurna. .. .mksih yg pnya blog. .. .mksih bgt. .:-)

  71. terima kasih atas adanya tentang ekskresi ini ..
    jdie tugas saya cepet selesai dech …
    asikkkk .. 🙂

  72. Thanks bgt untuk gurungeblog ini ,, karna sudah membantu saya mencari sistem ekskresi pada manusia untuk di presentasikan ke sekolah ..

  73. aduch…. yg qw cari gx ada…….
    klu organ ekskresi yg berfungsi untuk mengeeluarkan kelebihan hormon,vitamin dan obat’an apa y???????????????

  74. makasih yah ini sanagt berguna….
    apalagi untuk kami-kami yang masih sekolah…
    saya mau nanya kalau mau cari bank soal itu alamatnya dimana yah…

  75. wha…bermanfaat banget nih….kebetulan saya sedang mencari materi ekskresi unt osm biologi smp…. terimakasi ya

  76. blognya kerennn, saa pun mengambil materi ini krna bgus, cantik, lengkap, ringkas, dan mudah dipahami…..

    saa mengambil materi ini utk tugas biologi saa…
    smoga dinilai bgus ya sama guru saa…

    AMINT… 🙂

  77. terima ksih atas pengetahuannya saya akan memanfaatkn ini sebgai referensi saya..

    thnk bagi yg membuat

  78. Thanks banged lho… Informasi2 yg sangat berguna untuk dijadikan referensi.. Tapi boleh kasih masukan? Proses ekskresinya bsa dijelaskan melalui gambar?

  79. saya mau numpang bertanya, kalau peristiwa pemisihan urine dengan darah pada ginjal, terjadi pada bagian apa yaa ??
    makasih sebelumnya. 🙂

  80. makasih ya, semoga jasamu dibalas sama Tuhan Yang Maha Esa dan kutunggu tulisan yang lainnya….

  81. kebetulan sya cdang materi untuk tgas biologi sya.
    thanx ea,,,,,,,,,,,!!!!!!!
    cmoga kdepan_ny lbich tmbach mju.

  82. terimakasih untuk materi organ ekresinya ,,, dan materi ini hampir sama dengan materi di edukasi.net PUSTEKKOMDIKNAS…

  83. Terimakasih banyak atas bantuan.a yg membantu saya untuk mudah menemui solusi dalam mempelajari ilmu biologi ..

  84. maaf ya saya meng.copy blog ini…
    karena bwat tgas hari senin…..
    atas izinnya saya ucapkan terima kasih, dan moga mkin sukses amiin……..

  85. MOHON IZIN UNTUK MENYUNTING TULISAN ANDA UNTUK DI SHARE KAN KE TEMAN TEMAN SAYA TUK KEPERLUAN DISKUSI DFN PRESENTASIKAN KPD GURU

  86. waaaaaah.situs nyy sngat mmbntu lho. aq jdi bsa lbih tau tntang sistem ekskresi.mkasiiih yaw. n d’lengkapii lgii yaa. good job. 🙂

  87. blog anda saya copas ya,untuk saya jadikan tugas makalah di sekolah.trimakasih sebelum nya ^_^

  88. wahhh…. thanks banget eag buat artikelnya …

    akhirnya bisa ngerjain tugasnya ,,,, jadi bzok bsa slamet dech…

    dari omelan guru…

  89. waaah sangat membantu saya sekali ini Bu untuk ngerjakan tugas sekolah, trimakasih ya
    kalo begini kand saya dapet nilai A+ dcc… hehehe

  90. wow…lengkap bgt ya informasi nya…sangat membantu kami dlam mncari tugas n yg paling utama mmbntu kami dalam mnambah wawasan…tingkatkan yha..gbu

  91. situs ini udh membntu sya bwat lbh mudah belajr. .
    krna buku ipa sya sdang dkumplkn. .
    jdi sya merasa sanqat trbtu oleh sts ini, .
    tanks 🙂

  92. sob ga salah kamu reabsorpsi dan augmentasinya. . .
    perasaan reabsorbsi di lengkung henle dan augmentasi terjadi pembentukan urine sempurna dan terjadi di tubulus kontortus distal?

    mohon pencerahan

  93. pada saat melakukan ekskresi ginjal terasa sakit dan susah untuk berdiri dari toilet,, apakah itu bisa disebut dengan gagal ginjal?? trima ksih,

  94. situs ini, memang membantu. tapi bisa gak kalo mekanisme kerja alat-alat ekskresinya di perjelas? soalnya aku butuh tugas itu.
    thank’s 🙂

  95. saya mau bertanya apakah hanya 4 sistem ekskresi pada manusia,,,bukan kah kolon juga ikut dalam sistem ekskresi pada manusia??
    mohon dibantu untuk menjawabnya
    trimakasih

  96. Saya minta izin ya pak buat copy materi untuk presentasi dan bisa saya pelajari bersama teman-teman..
    Terima Kasih.. 😀

  97. Pak,boleh saya bikin .doc dan izin share di blog serta disebarluaskan

    Terima Kasih Pak
    Credit penuh untuk anda 😀

  98. Sangat bermanfaat sekali informasinya
    Terimakasih ya sudah memudahkan saya untuk mengerjakan tugas sekolah saya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s