Daur Biogeokimia


daur-fosfor
daur-fosfor

Kompetensi

Tujuan artikel ini , agarΒ  anda dapat:
1. Menyebutkan pengertian Daur Biogeokimia
2. Menyebutkan fungsi Daur Biogeokimia
3. Menjelaskan Daur Nitrogen
4. Menjelaskan Daur Karbon dan Oksigen
5. Menjelaskan Daur Air
6. Menjelaskan Daur Belerang
7. Menjelaskan Daur Posfor

Definisi dan Fungsi Daur Biogeokimia
Definisi
Biogeokimia adalah pertukaran atau perubahan yang terus menerus, antara komponen biosfer yang hidup dengan tak hidup.

Dalam suatu ekosistem, materi pada setiap tingkat trofik tidak hilang. Materi berupa unsur-unsur penyusun bahan organik tersebut didaur-ulang. Unsur-unsur tersebut masuk ke dalam komponen biotik melalui udara, tanah, dan air. Daur ulang materi tersebut melibatkan makhluk hidup dan batuan (geofisik) sehingga disebut Daur Biogeokimia.

Fungsi
Fungsi Daur Biogeokimia adalah sebagai siklus materi yang mengembalikan semua unsur-unsur kimia yang sudah terpakai oleh semua yang ada di bumi baik komponen biotik maupun komponen abiotik, sehingga kelangsungan hidup di bumi dapat terjaga.

Macam-macam Daur Biogeokimia

  • Daur Nitrogen
  • Daur Karbon dan Oksigen
  • Daur Air
  • Daur Belerang
  • Daur Posfor

Daur Air

daur-air
daur-air

Air di atmosfer berada dalam bentuk uap air. Uap air berasal dari air di daratan dan laut yang menguap karena panas cahaya matahari. Sebagian besar uap air di atmosfer berasal dari laut karena laut mencapai tigaperempat luas permukaan bumi. Uap air di atmosfer terkondensasi menjadi awan yang turun ke daratan dan laut dalam bentuk hujan. Air hujan di daratan masuk ke dalam tanah membentuk air permukaan tanah dan air tanah.

Tumbuhan darat menyerap air yang ada di dalam tanah. Dalam tubuh tumbuhan air mengalir melalui suatu pembuluh. Kemudian melalui tranpirasi uap air dilepaskan oleh tumbuhan ke atmosfer. Transpirasi oleh tumbuhan mencakup 90% penguapan pada ekosistem darat.

Hewan memperoleh air langsung dari air permukaan serta dari tumbuhan dan hewan yang dimakan, sedangkan manusia menggunakan sekitar seperempat air tanah. Sebagian air keluar dari tubuh hewan dan manusia sebagai urin dan keringat.

Air tanah dan air permukaan sebagian mengalir ke sungai, kemudian ke danau dan ke laut. Siklus ini di sebut Siklus Panjang. Sedangkan siklus yang dimulai dengan proses Transpirasi dan Evapotranspirasi dari air yang terdapat di permukaan bumi, lalu diikuti oleh Presipitasi atau turunnya air ke permukaan bumi disebut Siklus Pendek.

Daur Karbon dan Oksigen

daur-karbon
daur-karbon

Proses timbal balik fotosintesis dan respirasi seluler bertanggung jawab atas perubahan dan pergerakan utama karbon. Naik turunnya CO2 dan O2 atsmosfer secara musiman disebabkan oleh penurunan aktivitas Fotosintetik. Dalam skala global kembalinya CO2 dan O2 ke atmosfer melalui respirasi hampir menyeimbangkan pengeluarannya melalui fotosintesis.

Akan tetapi pembakaran kayu dan bahan bakar fosil menambahkan lebih banyak lagi CO2 ke atmosfir. Sebagai akibatnya jumlah CO2 di atmosfer meningkat. CO2 dan O2 atmosfer juga berpindah masuk ke dalam dan ke luar sistem akuatik, dimana CO2 dan O2 terlibat dalam suatu keseimbangan dinamis dengan bentuk bahan anorganik lainnya.

Daur Nitrogen

daur-nitrogen
daur-nitrogen

Di alam, Nitrogen terdapat dalam bentuk senyawa organik seperti urea, protein, dan asam nukleat atau sebagai senyawa anorganik seperti ammonia, nitrit, dan nitrat.

Tahap pertama
Daur nitrogen adalah transfer nitrogen dari atmosfir ke dalam tanah. Selain air hujan yang membawa sejumlah nitrogen, penambahan nitrogen ke dalam tanah terjadi melalui proses fiksasi nitrogen. Fiksasi nitrogen secara biologis dapat dilakukan oleh bakteri Rhizobium yang bersimbiosis dengan polong-polongan, bakteri Azotobacter dan Clostridium. Selain itu ganggang hijau biru dalam air juga memiliki kemampuan memfiksasi nitrogen.

Tahap kedua
Nitrat yang di hasilkan oleh fiksasi biologis digunakan oleh produsen (tumbuhan) diubah menjadi molekul protein.
Selanjutnya jika tumbuhan atau hewan mati, mahluk pengurai merombaknya menjadi gas amoniak (NH3) dan garam ammonium yang larut dalam air (NH4+). Proses ini disebut dengan amonifikasi. Bakteri Nitrosomonas mengubah amoniak dan senyawa ammonium menjadi nitrat oleh Nitrobacter. Apabila oksigen dalam tanah terbatas, nitrat dengan cepat ditransformasikan menjadi gas nitrogen atau oksida nitrogen oleh proses yang disebut denitrifikasi.

Daur Belerang (Sulfur)

daur-belerang
daur-belerang

Sulfur terdapat dalam bentuk sulfat anorganik. Sulfur direduksi oleh bakteri menjadi sulfida dan kadang-kadang terdapat dalam bentuk sulfur dioksida atau hidrogen sulfida. Hidrogen sulfida ini seringkali mematikan mahluk hidup di perairan dan pada umumnya dihasilkan dari penguraian bahan organik yang mati.
Tumbuhan menyerap sulfur dalam bentuk sulfat (SO4).

Perpindahan sulfat terjadi melalui proses rantai makanan, lalu semua mahluk hidup mati dan akan diuraikan komponen organiknya oleh bakteri. Beberapa jenis bakteri terlibat dalam daur sulfur, antara lain Desulfomaculum dan Desulfibrio yang akan mereduksi sulfat menjadi sulfida dalam bentuk hidrogen sulfida (H2S). Kemudian H2S digunakan bakteri fotoautotrof anaerob seperti Chromatium dan melepaskan sulfur dan oksigen. Sulfur di oksidasi menjadi sulfat oleh bakteri kemolitotrof seperti Thiobacillus.

Daur Posfor
Posfor merupakan elemen penting dalam kehidupan karena semua makhluk hidup membutuhkan posfor dalam bentuk ATP (Adenosin Tri Fosfat), sebagai sumber energi untuk metabolisme sel.

Posfor terdapat di alam dalam bentuk ion fosfat (PO43-). Ion Fosfat terdapat dalam bebatuan. Adanya peristiwa erosi dan pelapukan menyebabkan fosfat terbawa menuju sungai hingga laut membentuk sedimen. Adanya pergerakan dasar bumi menyebabkan sedimen yang mengandung fosfat muncul ke permukaan. Di darat tumbuhan mengambil fosfat yang terlarut dalam air tanah

Herbivora mendapatkan fosfat dari tumbuhan yang dimakannya dan karnivora mendapatkan fosfat dari herbivora yang dimakannya. Seluruh hewan mengeluarkan fosfat melalui urin dan feses.

Bakteri dan jamur mengurai bahan-bahan anorganik di dalam tanah lalu melepaskan pospor kemudian diambil oleh tumbuhan.

Iklan

233 thoughts on “Daur Biogeokimia

  1. makasih bgt ya referensinya sebenernya kurang lengkap tapi gpp deh he..he..ahirnya laporan prak. ekologi saya selesai.

  2. Terima kasih banyak!!! Terima kasih banyak!!!
    Saya sedang mencari-cari ini.. Ketemu juga!!!
    *sungkem*

    KEEP WRITING!!!

  3. Makasih banget ya…..!
    karena informasinya udah bantu saya banget tuk nyelesein tugas kuliah saya…!
    Thanks Banget yah….???!!!

  4. di buku saya thu dsebutkan,,bahwa ktika N di udara terkena petir,,akan menjadi nitrat,,thu gmn pRosesnya??

    makasih

  5. makasi yah ilmunya………………
    q perlu banget nieh………………
    tp??????????
    kx dikit yach?????????????????
    lok bisa tambah lagi dunk infonya…………….
    but,,,,
    thank bgt dech………..
    Semangattttttttttttttttttt

  6. gambar dalam situs ini keren bangetzzz….
    terus , makasih banget atas situs ini soalnya bantu dalam membuat makalah ku jadi lebih ggampang

  7. SAYA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 LUMAJANG
    TERIMA KASIH ATAS INFONYA SAYA DAPAT MENGERJAKAN TUGAS UNTUK PRESENTASI SAYA

  8. Terima kasih atas infonya ..
    Ini daur ulang materi yang lagi sya cari buat tugas kimia lingkungan dari sekolah ..
    hehe
    mkch bgd …
    n_n

  9. good, inovatif, bermanfaat, tp lo blh usul lain kali cba bhs tpik ttg khutanan tau kelautan dan bgmn daur biogeokimia yg tjd di 2 lingkgn itu.

  10. Makasih ya atas ilmunya tapi kalau boleh saya usul tolong kalimatnya agak diperbanyak atau dikembangkan gitu………………………………

  11. saya murid X SMAN 1 SITUBONDO,sngt brtrimaksih pd bapak atas artikelnya,krn sdh mmbntu dlm pmbuatan tgs dan ulangan.
    .
    klu bs d’tmbh lg artikelnya.
    .good luck.

  12. CIPPPPPP-CIPPPPPPPP-CIEPPPPPPPP,BGuz om artikelnya,paz bgt ma yg q cri!!!!!!!!! Good luck tuk artkel yg laen,,,,,,,(UYR)

  13. Terimakasih banyak ya… artikelnya… bisa jadi tambahan bahan mengajar saya.mohon bantuan textbook aslinya ya pak… mungkin judul buku dan penulisnya… matur suwub sanget

  14. bagaimana dengan daur-daur yg ada pada suatu pertanian?
    bagaimana cara mengetahuinya? contohnya pada suatu sawah/ tanaman padi..

  15. saya berterima kasih sekali buat kakak pemilik situs ini ,karna disini saya bisa dapt infomasi and pengetahuan !! so saya berharap defenasinya lebih lengkepin lagiya kak?? oke! it”s the bess

  16. saYa berterima kasih kepada Bapak Karena Atas Informasi Bapak tugas-tugas saya dudah selesai…..

  17. makasih atas ilmunya, ilmu ini sangat bermanfaat buat saya, dan membantu menyelesaikan tugas sekolah.. Thx

  18. waHHHH…………….
    kuErEnNnnNnzZzZzZ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    bBuUaAnNgGeEtT,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    MakaLahnya…………..
    Py yaNg Lbih baguS d BuaT ay Ea?????????
    YanG BuAnYk…….
    N
    DetAiL

  19. eeemm………… lumayanlah bisa tambah”ilmu pengetahuan,dan jadi ada gunanya buat orang banyak+jadi mudah deh cari tgasnya,,
    HiHIHIHIHI………….

    TANX YAH,,
    LANJUTKAN KANG……….,,

  20. makasi banget yah pak. saya perlu banget ini. saya izin copas yah pak. makasi πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

  21. terimakasih tuk ilmu yang telah dibagikan….
    kusus untuk saya,, tu sangat membantu….
    jdi gak susah2 lgi nyari tugas yang laen… hehe

  22. Asw……pak m’f y g’ minta izin dlu tk mnta ilmu’ya…smga jadi amal yang tak putus2 bwt bpak dunia dan akhirat..Amiiin..

  23. wah ! salut ama empunya blog πŸ™‚ info-infonya selalu lengkap !! Saya pengunjung rutin di blog ini loh ! πŸ™‚ sukses selalu yo pak

  24. makasih ya, pak atas gambar-gambar daur biogeokimia ini
    sangat mudah dimengerti, dan entah kenapa 6 gambar ini adalah 6 pr yang diberikan oleh guru saya

  25. Terima kasih banyak artikelnya, sangat membantu tugas saya~
    Izin copas ke buku saya~~

  26. Trima ksh pak. Artikel ini sangat berguna. Buat tugas Bio ni hahahah πŸ˜€

  27. abdi bde ukeun ngiring ngopie na,,,
    hatyr nuhun sa t acan na,,,,
    abdie ukeun bahan kangge Persentasi enjing hatur nhun

  28. Nice buat artikel ini terima kasih sudah berbagi pak! Keep writing πŸ™‚ post ini sangat membantu buat tugas presentasi saya. Kalo bisa diperjelas lagi pak supaya nambah pinter makasih.

  29. thanks each Pak berkat Bapak makalah quuuh dah finish
    Semoga makin exis…………………………………………….

  30. daur air bukan termasuk daur biogeokimia karena dalam daur air tidak ada tahap didalamnya yang menunjukkan proses kimia (perubahan kimia)

  31. wahhhhh…. pas banget nihh, q d beri tugas oleh guru’a “ttg bio” malah d cni adh..
    terima kasih eahh pk artikellll

  32. Terima kasih banyak untuk ilmu yang sangat bermanfaat ini yaa.
    Semoga bisa menjadi amal untuk penulisnya karena telah berbagi ilmu. Aamiin.
    Sekali lagi terima kasih, karena dengan blog ini tugas biologi saya Alhamdulillah sudah selesai πŸ™‚

  33. Puji Tuhan,.. πŸ˜€
    Akhirnya dapat juga tentang daur oksigen dan air
    yg lumayan lengkap penyampaiannya.
    Jadi, lumayan mudah deh buat persentasinya minggu depan πŸ˜€ πŸ™‚
    #Terimakasih #Gurungeblog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s