Bakteri – Ciri ciri, Struktur, Perkembangbiakan, Bentuk dan Manfaatnya


bakteri
bakteri

Bakteri merupakan organisme yang paling banyak jumlahnya dan lebih tersebar luas dibandingkan mahluk hidup yang lain .
Bakteri memiliki ratusan ribu spesies yang hidup di darat hingga lautan dan pada tempat-tempat yang ekstrim.
Bakteri ada yang menguntungkan tetapi ada pula yang merugikan. Bakteri memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan mahluk hidup yang lain. Bakteri adalah organisme uniselluler dan prokariot serta umumnya tidak memiliki klorofil dan berukuran renik (mikroskopis).

Ciri-ciri Bakteri
Bakteri memiliki ciri-ciri yang membedakannnya dengan mahluk hidup lain yaitu :
1. Organisme multiselluler
2. Prokariot (tidak memiliki membran inti sel )
3. Umumnya tidak memiliki klorofil
4. Memiliki ukuran tubuh yang bervariasi antara 0,12 s/d ratusan mikron umumnya memiliki ukuran rata-rata 1 s/d 5 mikron.
5. Memiliki bentuk tubuh yang beraneka ragam
6. Hidup bebas atau parasit
7. Yang hidup di lingkungan ekstrim seperti pada mata air panas,kawah atau gambut dinding selnya tidak mengandung peptidoglikan
8. Yang hidupnya kosmopolit diberbagai lingkungan dinding selnya mengandung peptidoglikan

Struktur Bakteri

Struktur bakteri terbagi menjadi dua yaitu:
1. Struktur dasar (dimiliki oleh hampir semua jenis bakteri)
Meliputi: dinding sel, membran plasma, sitoplasma, ribosom, DNA, dan granula penyimpanan
2. Struktur tambahan (dimiliki oleh jenis bakteri tertentu)
Meliputi kapsul, flagelum, pilus, fimbria, klorosom, Vakuola gas dan endospora.

Struktur dasar sel bakteri

struktur-bakteri1
struktur-bakteri1

Struktur dasar bakteri :
1. Dinding sel tersusun dari peptidoglikan yaitu gabungan protein dan polisakarida (ketebalan peptidoglikan membagi bakteri menjadi bakteri gram positif bila peptidoglikannya tebal dan bakteri gram negatif bila peptidoglikannya tipis).

2. Membran plasma adalah membran yang menyelubungi sitoplasma tersusun atas lapisan fosfolipid dan protein.

3. Sitoplasma adalah cairan sel.

4. Ribosom adalah organel yang tersebar dalam sitoplasma, tersusun atas protein dan RNA.

5. Granula penyimpanan, karena bakteri menyimpan cadangan makanan yang dibutuhkan.

granula
granula

Struktur tambahan bakteri :

1. Kapsul atau lapisan lendir adalah lapisan di luar dinding sel pada jenis bakteri tertentu, bila
lapisannya tebal disebut kapsul dan bila lapisannya tipis disebut lapisan lendir. Kapsul dan lapisan lendir tersusun atas polisakarida dan air.

2. Flagelum atau bulu cambuk adalah struktur berbentuk batang atau spiral yang menonjol dari dinding sel.

3. Pilus dan fimbria adalah struktur berbentuk seperti rambut halus yang menonjol dari dinding sel, pilus mirip dengan flagelum tetapi lebih pendek, kaku dan berdiameter lebih kecil dan tersusun dari protein dan hanya terdapat pada bakteri gram negatif. Fimbria adalah struktur sejenis pilus tetapi lebih pendek daripada pilus.

4. Klorosom adalah struktur yang berada tepat dibawah membran plasma dan mengandung pigmen klorofil dan pigmen lainnya untuk proses fotosintesis. Klorosom hanya terdapat pada bakteri yang melakukan fotosintesis.

5. Vakuola gas terdapat pada bakteri yang hidup di air dan berfotosintesis.

6. Endospora adalah bentuk istirahat (laten) dari beberapa jenis bakteri gram positif dan terbentuk didalam sel bakteri jika kondisi tidak menguntungkan bagi kehidupan bakteri. Endospora mengandung sedikit sitoplasma, materi genetik, dan ribosom. Dinding endospora yang tebal tersusun atas protein dan menyebabkan endospora tahan terhadap kekeringan, radiasi cahaya, suhu tinggi dan zat kimia. Jika kondisi lingkungan menguntungkan endospora akan tumbuh menjadi sel bakteri baru.

Bentuk Bakteri

Bentuk dasar bakteri terdiri atas bentuk bulat (kokus), batang (basil),dan spiral (spirilia) serta terdapat bentuk antara kokus dan basil yang disebut kokobasil.

Berbagai macam bentuk bakteri :

1. Bakteri Kokus :

kokus
kokus

a. Monokokus
yaitu berupa sel bakteri kokus tunggal
b. Diplokokus
yaitu dua sel bakteri kokus berdempetan
c. Tetrakokus yaitu empat sel bakteri kokus berdempetan berbentuk segi empat.
d. Sarkina yaitu delapan sel bakteri kokus berdempetan membentuk kubus
e. Streptokokus yaitu lebih dari empat sel bakteri kokus berdempetan membentuk rantai.
f. Stapilokokus yaitu lebih dari empat sel bakteri kokus berdempetan seperti buah anggur

2. Bakteri Basil :

basil
basil

a. Monobasil
yaitu berupa sel bakteri basil tunggal

b. Diplobasil yaitu berupa dua sel bakteri
basil berdempetan

c. Streptobasil yaitu beberapa sel bakteri basil berdempetan membentuk rantai

3. Bakteri Spirilia :

spirilia
spirilia

a. Spiral yaitu bentuk sel bergelombang

b. Spiroseta yaitu bentuk sel seperti sekrup

c. Vibrio yaitu bentuk sel seperti tanda baca koma

Alat Gerak Bakteri

Alat gerak pada bakteri berupa flagellum atau bulu cambuk adalah struktur berbentuk batang atau spiral yang menonjol dari dinding sel. Flagellum memungkinkan bakteri bergerak menuju kondisi lingkungan yang menguntungkan dan menghindar dari lingkungan yang merugikan bagi kehidupannya.
Flagellum memiliki jumlah yang berbeda-beda pada bakteri dan letak yang berbeda-beda pula yaitu

1. Monotrik : bila hanya berjumlah satu
2. Lofotrik : bila banyak flagellum disatu sisi
3. Amfitrik : bila banyak flagellum dikedua ujung
4. Peritrik : bila tersebar diseluruh permukaan sel bakteri

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Bakteri

Pertumbuhan pada bakteri mempunyai arti perbanyakan sel dan peningkatan ukuran populasi.
Faktor–faktor yang mempengaruhi pertumbuhan bakteri atau kondisi untuk pertumbuhan optimum adalah :

1. Suhu
2. Derajat keasaman atau pH
3. Konsentrasi garam
4. Sumber nutrisi
5. Zat-zat sisa metabolisme
6. Zat kimia

Hal tersebut diatas bervariasi menurut spesies bakterinya.

Cara Perkembangbiakan bakteri:
Bakteri umumnya melakukan reproduksi atau berkembang biak secara aseksual (vegetatif = tak kawin) dengan membelah diri. Pembelahan sel pada bakteri adalah pembelahan biner yaitu setiap sel membelah menjadi dua.

Reproduksi bakteri secara seksual yaitu dengan pertukaran materi genetik dengan bakteri lainnya.
Pertukaran materi genetik disebut rekombinasi genetik atau rekombinasi DNA.

Rekombinasi genetik dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu:

1. Transformasi adalah pemindahan sedikit materi genetik, bahkan satu gen saja dari satu sel bakteri ke sel bakteri yang lainnya.

transformasi
transformasi

2. Transduksi adalah pemindahan materi genetik satu sel bakteri ke sel bakteri lainnnya dengan perantaraan organisme yang lain yaitu bakteriofage (virus bakteri).

transduksi
transduksi

3. Konjugasi adalah pemindahan materi genetik berupa plasmid secara langsung melalui kontak sel dengan membentuk struktur seperti jembatan diantara dua sel bakteri yang berdekatan. Umumnya terjadi pada bakteri gram negatif.

konjugasi
konjugasi

Peranan Bakteri

Dalam kehidupan manusia bakteri mempunyai peranan yang menguntungkan maupun yang merugikan.
Bakteri yang menguntungkan adalah sebagai berikut :
1. Pembusukan (penguraian sisa-sisa mahluk hidup contohnya Escherichia colie).
2. Pembuatan makanan dan minuman hasil fermentasi contohnya Acetobacter pada pembuatan asam cuka, Lactobacillus bulgaricus pada pembuatan yoghurt, Acetobacter xylinum pada pembuatan nata de coco dan Lactobacillus casei pada pembuatan keju yoghurt.
3. Berperan dalam siklus nitrogen sebagai bakteri pengikat nitrogen yaitu Rhizobium leguminosarum yang hidup bersimbiosis dengan akar tanaman kacang-kacangan dan Azotobacter chlorococcum.
4. Penyubur tanah contohnya Nitrosococcus dan Nitrosomonas yang berperan dalam proses nitrifikasi menghasilkan ion nitrat yang dibutuhkan tanaman.
5. Penghasil antibiotik contohnya adalah Bacillus polymyxa (penghasil antibiotik polimiksin B untuk pengobatan infeksi bakteri gram negatif, Bacillus subtilis penghasil antibioti untuk pengobatan infeksi bakteri gram positif,Streptomyces griseus penghasil antibiotik streptomisin untuk pengobatan bakteri gram negatif termasuk bakteri penyebab TBC dan Streptomyces rimosus penghasil antibiotik terasiklin untuk berbagai bakteri.
6. Pembuatan zat kimia misalnya aseton dan butanol oleh Clostridium acetobutylicum
7. Berperan dalam proses pembusukan sampah dan kotoran hewan sehinggga menghasilkan energi alternatif metana berupa biogas. Contohnya methanobacterium
8. Penelitian rekayasa genetika dalam berbagai bidang.sebagai contoh dalam bidang kedokteran dihasilkan obat-obatan dan produk kimia bermanfaat yang disintesis oleh bakteri, misalnya enzim, vitamin dan hormon.

Bakteri yang merugikan sebagai berikut :

1. Pembusukan makanan contohnya Clostridium botulinum
2. Penyebab penyakit pada manusia contohnya Mycobacterium tuberculosis ( penyebab penyakit TBC ), Vibrio cholerae ( penyebab kolera atau muntaber ), Clostridium tetani (penyebab penyakit tetanus ) dan Mycobacterium leprae (penyebab penyakit lepra )
3. Penyebab penyakit pada hewan contohnya Bacilluc antrachis (penyebab penyakit antraks pada sapi )
4. Penyebab penyakit pada tanaman budidaya contohnya Pseudomonas solanacearum (penyebab penyakit pada tanaman tomat, lombok, terung dan tembakau) serta Agrobacterium tumafaciens (penyebab tumor pada tumbuhan)

Iklan

282 thoughts on “Bakteri – Ciri ciri, Struktur, Perkembangbiakan, Bentuk dan Manfaatnya

  1. Promosikan artikel anda di infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema,Musikgue,game onlineuntuk para netter Indonesia. Salam!
    kesehatan.infogue.com/bakteri_ciri_ciri_struktur_perkembangbiakan_bentuk_dan_manfaatnya

  2. aku mau tanya…
    kira2 bakteri apa yang ada di lumpur lapindo?
    dan bagaimana cara mndapatkan ekstraksi sampel supaya dapat memelihara bakteri ato mikrobiologi dari lumpur tersebut…
    tolong saya

  3. Maaf..

    Saya mau tanya.Kalau bakteri
    yg hidup pd pH kurang dr 4 i2 apa ya?

    Soalnya aku lg neliti bakteri yg ada ada pada pH kurang dr 4.
    Jd bentuk bakterinya i2 basil,tqus rantainya itu 2,warna nya abu2..

    Kira2 i2 bakteri apa ya?
    Mohon jwban dan penjelasannya ya…

    Trims..

  4. mo nanya nikh…. metabolit sekunder bakteri yang bermanfaat namanya apa dan golongan apa ( apa ada yg termasuk poliketida) serta dari species apa….tx yaa u infonya.

  5. . Aku cuma mau nanya,sebenarnya apa bakteri dan monera itu sama.tolong jelaskan dan apa saja contoh pengelompokan bakteri atas dasar gram positif? ?

  6. maaf??? bisa tolong ditambahkan siklus hidup bakteri???

    virus kan ada siklus hidupnya, kenpa bakteri tidak dijelaskan??
    saya sudah mencari di seluruh web dan blog yang ada namun sejauh yang saya cari belum da yang menjelaskan …

  7. Sungguh agung ciptaanNYA,bakteri sekecil itu dg sel2 membentuknya,sungguh luar biasa untuk dipelajari…SUNGGUH TUHAN MAHA AGUNG

  8. duh…………………………………………..
    bgus skaleeeeeeeeeeeeeeee……………………….
    hhe………….
    menambah ilmu q nieeeeeeeeeeeeeee………………..
    google mank pling top markotopppppppppppppp……….
    wkwkwkwkwkwkwkwkwkwk……………………………
    thx,yachhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh………………

  9. wadauw,google.
    skg gw jd tw ttg bakteri..
    loe mank hbat..
    hhe..
    gggggggggggggggggggoooooooooooooooooooooooooooodddddddddddddddddddddddddddddd…………………

  10. hado
    akko mau cariie tugas tentang BAKTERI eunx
    SADDAP buagedt tugasnya

    iuuuuuuuuuuuu …………… ahhhhhhhhhhhhhh ……………. geboyyyyyyyyyyyyyy mank

  11. hahahahaha…………….
    akhirx tgs seles jg……….

    buat anak2 smk jangan online trus
    khususnya dhany,hendrik,erens,marcopolo,brian,reno……………………
    nanti lutut kering lg……………

  12. wah penjelasantentang bakteri ini sangat bagus! tapi kalau penjelasannya lebih lengkap dan terperici itu lebih wah lagi.

  13. wowww….
    lengkap bangett..
    thankss yahh..
    tgass akuu jdi selesai dehhh berat bantuan kaliann…
    thankss guyss…
    pengetahuann kuu jdi tambahh banyakk…:))

  14. teknik pewarnaan bakteri gram dalam praktek perlu adanya penyiapan umur kultur yang tepat dan waktu perwarnaan perludiperhatikan supaya pewarnan gram berhasil

  15. buagus bangueth !!!!!!!!!!!!!!!!!!!! ilmu ini berguna banget bagi anak pelajar saperti saya ! n bisa ta,bah pengetahuan tentang ilmu baru ! sring-sering aja mostingin ilmu2 kayak beginian pasti kan bisa bermanfaat bagi orang lain ! skali lagi makasih yaaw ! cayo !!!!!

  16. hmm. . . gua mau tanya,,.. .
    bakteri pngikat nitrogen yg hidup bersimbiosis dengan polong polongan??
    di jwb yua ..

  17. aku mau nanya,,kalau bakteri itu termasuk ke dalam hewan apa tumbuhan??soalnya aku dapat tugas dari sekolah,,

  18. hmmmmmmmm……….
    txta blajar biologi nie asyik jja yupzzz…..

    tq ataz infox ttg bakteri yach,,,
    cx tanpa ada info ene,because nie bntu aq bnget lho………’

  19. Gmn cara membuat hasil mutan dari penggabungan bakteri sehingga menghasilkan bakteri baru atau antibiotik yang mampu membunuh virus,,.,.

    N,,
    Anti bodi tubuh itu terdiri apa saja dan gmn cara bwt duplikat anti bodi ?????? {thanks}

  20. terima kasih infonya..

    bermanfaat sekali..

    tolong dibahas juga tentang bakteri e coli ya,
    mulai struktur sampai reproduksinya..

    terima kasih =D

  21. infonya beneran sangat keren!!!!! >< inilah yang aku perluin,
    wess satu blog ini aja, udah mewakilin semuanya,,
    ^^ terimakasih sebanyak sebanyaknya,,,
    moga anda mendapat pahala sebagai amal jariyah ^^
    iri saya,, -_-
    cccckcckkk

  22. bermanfaat banget…
    aku mhon doanya ya….. smoga nnti stelah kenaikan kelas XI, aku dapat masuk ke jurusan IPA amin…………..
    please aku mohon doa n dukungannya ya… πŸ™‚

  23. wah……infonya penting banget nih…bisa nambah pengetahuan tentang kesehatan kita….kedepan dilengkapi yah….

  24. terimakasih banyak kaerena adanya penjelasan adri atas saya mendapat nilai 95 di sekolah SMA N 21 MEDAN TERIMASIH BANYAK SEKALI LAGI

  25. makasiihh..
    tpi msh ada bakteri lain yang belum saya dapat perananx…

    kalau bakteri clostridium pasteurianum apa perananx??

    maaf mrepotkan,,
    πŸ™‚

  26. HM…….. lumayan bisa jg di ambil dari situs ne bwat plajaran yang baek……………
    πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ™‚

  27. blog seperti ini sangat membantu mecerdaskan anak negeri ini……… dan terima kasih untuk pengelola…..semoga apa yg telah anda perbuat mendapat pahala dari Allah…….amien…

  28. kak tlong donk sebutin masing2 tipe dari bentuk bakteri baik yg kokus, basil n spiral nya, sperti mono, dipolo, tetra itu tipe2 nya apa saja ?
    mkasihh sbelum nya ^^

  29. wahhhhhhh ΒΏ bgus nih buat tugaz biologi………mΓ ksiH ye???? salam buat pacar qu”mala” dan seluruH warga ngroto,gubug,grobogan,semarang,jawa tengahh

  30. makasih atas info mengenai bakteri dan macam” cara bereproduksi…

    bermanfaat banget deh pokoknya.. terima kasih … πŸ™‚

  31. saia mau tanya apa interaksi mikroba dengan manusia khususnya di dalam ilmu kedokteran contohnya pada __-ibu hamil,dll

  32. terima kasih banyak atas infonya.
    doakan saya agar besok jum’at presentasi saya berjalan dengan lancar. πŸ™‚

  33. mhn bantuan penjelasan mengenai karakteristik dari bakteri fotosintesis dan kalo gak salah dapat memproduksi porfirin jg ya…….bs di jelaskan pula proses terbentuknya atau dihasilkannya porfirin oleh bakteri fotosintersis…..^_^

  34. aku mau tnyak niiii,,,
    mengapa bakteri berada dimna mana…? dan cara mencegah bakteri itu bagaimana..?

  35. MakasiH udah share. .
    Oya, gambAr jenis bAkteri berdasarkan letak dan jumlah flagelnya ad jg g y d stu..?

  36. terima kasih banget, mau tanya ni apakah bactero antracis itu bisa d gunakan dalm persenjataan perang sbagai senjata bioogis?

  37. pekenalkan nama saya yance warisman kampus wiyata husada samarinda, saya ingin tau mengapa bakteri itu ada pembagian nya terimakasih

  38. Saya ingin tau penjelasan/pengertian dari bakteri Nitrosocystis Saya menunggu jawabannya ya Thanks a lot

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s