Phylum Mollusca


mollusca
mollusca

Mollusca (dalam bahasa latin, molluscus = lunak) merupakan hewan yang bertubuh lunak.Tubuhnya lunak dilindungi oleh cangkang, meskipun ada juga yang tidak bercangkang.Hewan ini tergolong triploblastik selomata.

Ciri tubuh
Ciri tubuh Mollusca meliputi ukuran, bentuk, struktur, dan fungsi tubuh.

Ukuran dan bentuk tubuh
Ukuran dan bentuk mollusca sangat bervariasi.Misalnya siput yang panjangnya hanya beberapa milimeter dengan bentuk bulat telur.Namun ada yang dengan bentuk torpedo bersayap yang panjangnya lebih dari 18 m seperti cum-cumi raksasa.

Struktur dan fungsi tubuh
Tubuh mollusca terdiri dari tiga bagian utama :
Kaki merupakan penjulur bagian ventral tubuhnya yang berotot.Kaki berfungsi untuk bergerak merayap atau menggali.Pada beberapa molluska kakinya ada yang termodifikasi menjadi tentakel yang berfungsi untuk menangkap mangsa.
Massa viseral adalah bagian tubuh mollusca yang lunak.Massa viseral merupakan kumpulansebagaian besar organ tubuh seperti pencernaan, ekskresi, dan reproduksi.
Mantel membentuk rongga mantel yang berisi cairan.Cairan tersebut merupakan lubang insang, lubang ekskresi, dan anus.Selain itu, mantel dapat mensekresikan bahan penyusun cangkang pada mollusca bercangkang.

Sistem saraf mollusca terdiri dari cincin saraf yang nengelilingi esofagus dengan serabut saraf yang melebar.Sistem pencernaan mollusca lengkap terdiri dari mulut, esofagus, lambung, usus, dan anus.Ada pula yang memiliki rahang dan lidah pada mollusca tertentu.Lidah bergigi yang melengkung kebelakang disebut radula.Radula berfungsi untuk melumat makanan.Mollusca yang hidup di air bernapas dengan insang.Sedangkan yang hidup di darat tidak memiliki insang.Pertukaran udara mollusca dilakukan di rongga mantel berpembuluh darah yang berfungsi sebagai paru-paru.Organ ekskresinya berupa seoasang nefridia yang berperan sebagai ginjal.

Cara hidup dan habitat
Mollusca hidup secar heterotrof dengan memakan ganggang, udang, ikan ataupun sisa-sisa organisme.Habitatnya di air tawar, di laut dan didarat.Beberapa juga ada yang hidup sebagai parasit.

Reproduksi
Mollusca bereproduksi secara seksual dan masing-masing organ seksual saling terpisah pada individu lain.Fertilisasi dilakukan secara internal dan eksternal untuk menghasilkan telur.Telur berkembang menjadi larva dan berkembang lagi menjadi individu dewasa.

Klasifikasi
Mollusca merupakan filum terbesar dari kingdom animalia.Molluska dibedakan menurut tipe kaki, posisi kaki, dan tipe cangkang, yaitu Gastropoda, Pelecypoda, dan Cephalopoda.

Gastropoda

gastropoda
gastropoda

Gastropoda (dalam bahasa latin, gaster = perut, podos = kaki) adalah kelompok hewan yang menggunakan perut sebagai alat gerak atau kakinya.Misalnya, siput air (Lymnaea sp.), remis (Corbicula javanica), dan bekicot (Achatia fulica).Hewan ini memiliki ciri khas berkaki lebar dan pipih pada bagian ventrel tubuhnya.Gastropoda bergerak lambat menggunakan kakinya.

Gastropoda darat terdiri dari sepasang tentakel panjang dan sepasang tentakel pendek.Pada ujung tentakel panjang terdapat mata yang berfungsi untuk mengetahui gelap dan terang.Sedangkan pada tentakel pendek berfungsi sebagai alat peraba dan pembau.Gastropoda akuatik bernapas dengan insang, sedangkan Gastropoda darat bernapas menggunakan rongga mantel.

Pelecypoda

Pelecypoda diidentefikasikan sebagai kerang (Anadara sp.), tiram mutiara (Pinctada margaritifera dan Pinctada mertinsis), kerang raksasa (Tridacna sp.), dan kerang hijau (Mytilus viridis).

pelecypoda

Pelecypoda memiliki ciri khas, yaitu kaki berbentuk pipih seperti kapak.Kaki Pelecypoda dapat dijulurkan dan digunakan untuk melekat atau menggali pasir dan lumpur.Pelecypoda ada yang hidup menetap dan membenamkan diri di dasar perairan.Pelecypoda mampu melekat pada bebatuan, cangkang hewan lain, atau perahu karena mensekresikan zat perekat.
Pelecypoda memiliki dua buah cangkang pipih yang setangkup sehingga disebut juga Bivalvia.Kedua cangkang pada bagian tengah dorsal dihubungkan oleh jaringan ikat (ligamen) yang berfungsi seperti engsel untuk membuka dan menutup cangkang dengan cara mengencangkan dan mengendurkan otot.Cangkang tersusun dari lapisan periostrakum, prismatik, dan nakreas.Pada tiram mutiara, jika di antara mantel dan cangkangnya masuk benda asing seperti pasir, lama-kelamaan akan terbentuk mutiara.Mutiara terbentuk karena benda asing tersebut terbungkus oleh hasil sekresi palisan cangkang nakreas.Pelecypoda tidak memiliki kepala.Mulutnya terdapat pada rongga mantel, dilengkapi dengan labial palpus.
Pelecypoda tidak memiliki rahang atau radula.Maka makanannya berupa hewan kecil seperti protozoa, diatom, dan sejenis lainnya.Insang Pelecypoda berbentuk lembaran sehingga hewan ini disebut juga Lamellibranchiata (dalam bahasa latin, lamella = lembaran, branchia = insang).Lembaran insang dalam rongga mantel menyaring makanan dari air yang masuk kedalam rongga mantel melalui sifon (corong).Sistem saraf Pelecypoda terdiri dari tiga pasang ganglion yang saling berhubungan.Tiga ganglion tersebut adalah ganglion anterior, ganglion pedal, dan ganglion posterior.Reproduksi Pelecypoda terjadi secara seksual.Organ seksual terpisah pada masing-masing individu.Fertilisasi terjadi secara internal maupun eksternal.Pembuahan menghasilkan zigot yang kemudian akan menjadi larva.

Cephalopoda
cephalopoda Cephalopoda (dalam bahasa latin, chepalo = kepala, podos = kaki) merupakan Mollusca yang memiliki kaki di kepala.Anggota Cephalopoda misalnya sotong (Sepia officinalis), cumi-cumi (loligo sp.), dan gurita (Octopus sp.)Hidup Cephalopoda seluruhnya di laut dengan merayap atau berenang di dasar laut.Makananya berupa kepiting atau invertebrata lainnya.Sebagai hewan pemangsa, hampir semua Cephalopoda bergerak cepat dengan berenang.Kebanyakan Cephalopoda memiliki organ pertahanan berupa kantong tinta.Kantong tinta berisikan cairan seperti tinta berwarna coklat atau hitam yang terletak di ventral tubuhnya.Tinta ini akan di keluarkan jika hewan ini merasa terancam dengan cara menyemburkannya.Cephalopoda memiliki kaki berupa tentakel yang berfungsi untuk menangkap mangsanya.Cephalopoda memiliki sistem saraf yang berpusat di kepalanya menyerupai otak.Untuk reproduksi hewan ini berlangsung secara seksual.Cephalopoda memiliki organ reproduksi berumah dua (dioseus).Pembuahan berlangsung secra internal dan menghasilkan telur.

Peran mollusca bagi manusia
Umumnya mollusca menguntungkan bagi manusia, namun ada pula yang merugikan.Peran mollusca yang menguntungkan adalah sebagai berikut :
-Sumber makanan berprotein tinggi, misalnya tiram batu (Aemaea sp.), kerang (Anadara sp.), kerang hijau (Mytilus viridis), Tridacna sp., sotong (Sepia sp.)
cumi-cumi (Loligo sp.), remis (Corbicula javanica), dan bekicot (Achatina fulica).
-Perhiasan, misalnya tiram mutiara (Pinctada margaritifera).
-Hiasan dan kancing, misalnya dari cangkang tiram batu, Nautilus, dan tiram mutiara.
-Bahan baku teraso, misalnya cangkang Tridacna sp.

Mollusca yang merugikan bagi manusia, misalnya bekicot dan keong sawah yang merupakan hama dari tanaman.
Siput air adalah perantara cacing Fasciola hepatica.

186 thoughts on “Phylum Mollusca

  1. Assmlkm…
    bgus bgt blogx pak,,,
    owya,, bs minta d send k email
    saya pak ,, artike lengkap tentang
    filum protozoa ?
    sbelumnya trima kasih..

  2. sbelumnya saya berterima kasih ya pak atas ilmunya………..
    tapi disini yang saya ingin pertanyakan ……….
    knapa jenis-jenis mollusca yang laen gak dipublikasikan………
    itu aza pak….
    makasih banyak ya pak…………

  3. duh makasih atas ilmunya

    tambah lg dung ilmu tntng molluscanya
    penasaran pengen tau lbh dalam tntang mollusca,
    tambah foram jg gpp hehehe

  4. pak toloong tampilin jenis – jenis gastrophoda yang lengkap beserta klasifikasinya ya pak makasih………..

  5. muakacih bgt,informasi nie manfaat bgt bwt pra pelajar yg lagi di beri tugas oleh gurunya,khususnya bwt q cndiri!!!!

  6. allouw,, sir.. boleh minta penjelasan tentang klasifikasi, habitat, dan biologi dari Anadara sp????????????????????????
    makasih, sir….

  7. knp cih biologi tu hrs komplek,,,,,,,,ya wlau skrng Q kuliahx skng d’prodi p.biologi Q pngen gi mn cih blajarx biar cpet bisa………

  8. terima kasih ya Om.. tugas kulh jadi kelar berkat blog anda !
    sekali lagi, trma kasih.. kamsiak… arigatogozaimaz.. thnk’s…matur nuwun sanget

  9. Bagus sekali penjelasannya pa… mau nanya boleh ngga Pa….? apa nama hewan jenis mollusca yang tanpa cangkang itu…. makasih ya.

  10. Makacih banyak yach atas materinya, karena berkat itu saya dan teman-teman nak GEOLOGI bs krjakan tgs PALEONTOLOGI
    AnyWay Thanks FOr Info Yach………….

  11. Makasii iah..
    Krn aku dengan mudah mencari dan menjawab tugasku.
    Hmmb..
    kLo bLh tau, bagi dong web ttg ilmu biologi..
    SkLi lagii makasii iiah..
    πŸ˜€

  12. assalamu’alaikum….Boleh ty ttng molusca yang termasuk dalam golongan planktonik…wat nambah2 pengetahuan…..makasih…!!!mohon sekalian diberi sampel spesiesnya..

  13. ngak nyangka setipa ngunjungi blog njenengan ,aku merasa terbantu gara-gara isi blognya lemngkap banget 2 jepol dech ❀ ❀ ❀

  14. Makasih pak ilmunya, sangat berguna sekali untuk tugas kamu.
    Semoga terus berkembang dan menjadi lebih baik.

  15. maaf sebelumnya.
    menurut buku saya Mollusca terbagi atas 5 kelas yaitu Amphineura, Gastropoda, Pelecypoda, Scaphopoda, dan Cephalopoda.
    mohon balasannya. terima kasih.

  16. makassih banget !!
    semua tugas biologi saya selesaai degh !
    thank’s πŸ™‚

  17. mkasih y pak….
    lo kyk gni truzz sya bza dpet juara klazz
    hehehehe…,,
    mnta tlong pak ..
    klo bza send k email sya soalx sya prlu
    tentang hewan mollusca ini

  18. pak nggak bisa tentang peranan nemathelminthes bagi manusia??
    kalo bisa tolong di catatin ya pak??

  19. bisa dijelaskan gak pak tentang parameter yang bisa di tolerir jenis gastropoda dan polycypoda. dan gman proses mereka bisa dikatakan sebagai bioindikator perairan

  20. terimakasih ya pak …..
    saya bisa ngerjain tugas saya dengan baik …. πŸ™‚
    mudah mudahan tambah bermanfaat ya ilmunya … πŸ™‚

  21. thanks for all karna tugas ini saya bisa menyelesaikan tugas diskusi saya dengan maksimal dan dapat berjalan dgn lancar thnkzzzz

  22. allhamdulillah akhrnya dwie siap jga pakkk. maksiih bnget ya pakkk…. trma kasih sebesar” nya pak… doa’in ya pak moga saya sukses pakk… doa’in jga cita” saya jd bidan tercapaii … amin ya pakkk…..

  23. Thank’s yach pak
    jadi kebantu dech ngerjain tugas’a
    yang di suruh guru saya
    Biologi emang paling mantap

  24. alhamdulilahirabbalalamiim,
    thx bgt ya pak,
    kalo gak ada bpak mah mungkin nilai saya 0 ni pak . Hehe πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s