Mengenal Seluk Beluk Phylum Annelida


worm_lumbricus
worm_lumbricus

Annelida (dalam bahasa latin, annulus = cincin) atau cacing gelang adalah kelompok cacing dengan tubuh bersegmen.
Berbeda dengan Platyhelminthes dan Nemathelminthes, Annelida merupakan hewan tripoblastik yang sudah memiliki rongga tubuh sejati (hewan selomata).Namun Annelida merupakan hewan yang struktur tubuhnya paling sederhana.

Ciri tubuh
Ciri tubuh annelida meliputi ukuran, bentuk, struktur, dan fungsi tubuh.

Ukuran dan bentuk tubuh
Annelida memiliki panjang tubuh sekitar 1 mm hingga 3 m.Contoh annelida yang panjangnya 3 m adalah cacing tanah Australia.Bentuk tubuhnya simetris bilateral dan bersegmen menyerupai cincin.

Struktur dan fungsi tubuh
Annelida memiliki segmen di bagian luar dan dalam tubuhnya.Antara satu segmen dengan segmen lainya terdapat sekat yang disebut septa.Pembuluh darah, sistem ekskresi, dan sistem saraf di antara satu segmen dengan segmen lainnya saling berhubungan menembus septa.
Rongga tubuh Annelida berisi cairan yang berperan dalam pergerakkan annelida dan sekaligus melibatkan kontraksi otot.
Ototnya terdiri dari otot melingkar (sirkuler) dan otot memanjang (longitudinal).
Sistem pencernaan annelida sudah lengkap, terdiri dari mulut, faring, esofagus (kerongkongan), usus, dan anus.Cacing ini sudah memiliki pembuluh darah sehingga memiliki sistem peredaran darah tertutup.Darahnya mengandung hemoglobin, sehingga berwarna merah.Pembuluh darah yang melingkari esofagus berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh.
Sistem saraf annelida adalah sistem saraf tangga tali.Ganglia otak terletak di depan faring pada anterior.Ekskresi dilakukan oleh organ ekskresi yang terdiri dari nefridia, nefrostom, dan nefrotor.Nefridia ( tunggal – nefridium ) merupaka organ ekskresi yang terdiri dari saluran.Nefrostom merupakan corong bersilia dalam tubuh.Nefrotor merupaka npori permukaan tubuh tempat kotoran keluar.Terdapat sepasang organ ekskresi tiap segmen tubuhnya.

Cara hidup dan habitat
Sebagian besar annelida hidup dengan bebas dan ada sebagian yang parasit dengan menempel pada vertebrata, termasuk manusia.Habitat annelida umumnya berada di dasar laut dan perairan tawar, dan juga ada yang segaian hidup di tanah atau tempat-tempat lembap.Annelida hidup diberbagai tempat dengan membuat liang sendiri.

Reproduksi
Annelida umumnya bereproduksi secara seksual dengan pembantukan gamet.Namun ada juga yang bereproduksi secara fregmentasi, yang kemudian beregenerasi.Organ seksual annelida ada yang menjadi satu dengan individu (hermafrodit) dan ada yang terpisah pada individu lain (gonokoris).

Klasifikasi
Annelida dibagi menjadi tiga kelas, yaitu Polychaeta (cacing berambut banyak), Oligochaeta (cacing berambut sedikit), dan Hirudinea.

Polychaeta

polychaeta
polychaeta

Polychaeta (dalam bahasa yunani, poly = banyak, chaetae = rambut kaku) merupakan annelida berambut banyak.Tubuh Polychaeta dibedakan menjadi daerah kepala (prostomium) dengan mata, antena, dan sensor palpus.
Polychaeta memiliki sepasang struktur seperti dayung yang disebut parapodia (tunggal = parapodium) pada setiap segmen tubuhnya.Fungsi parapodia adalah sebagai alat gerak dan mengandung pembuluh darah halus sehingga dapat berfungsi juga seperti insang untuk bernapas.Setiap parapodium memiliki rambut kaku yang disebut seta yang tersusun dari kitin.
Contoh Polychaeta yang sesil adalah cacing kipas (Sabellastarte indica) yang berwarna cerah.Sedangkan yang bergerak bebas adalah Nereis virens, Marphysa sanguinea, Eunice viridis(cacing palolo), dan Lysidice oele(cacing wawo).

Oligochaeta

cacing-tanah
cacing-tanah

Oligochaeta (dalam bahasa yunani, oligo = sedikit, chaetae = rambut kaku) yang merupakan annelida berambut sedikit.Oligochaeta tidak memiliki parapodia, namun memiliki seta pada tubuhnya yang bersegmen.Contoh Oligochaeta yang paling terkenal adalah cacing tanah.Jenis cacing tanah antara lain adalah cacing tanah Amerika (Lumbricus terrestris), cacing tanah Asia (Pheretima), cacing merah (Tubifex), dan cacing tanah raksasa Australia (Digaster longmani).Cacing ini memakan oarganisme hidup yang ada di dalam tanah dengan cara menggali tanah.Kemampuannya yang dapat menggali bermanfaat dalam menggemburkan tanah.Manfaat lain dari cacing ini adalah digunakan untuk bahan kosmetik, obat, dan campuran makan berprotein tinggi bagi hewan ternak.

Hirudinea
Hirudinea merupakan kelas annelida yang jenisnya sedikit.Hewan ini tidak memiliki arapodium maupun seta pada segmen tubuhnya.Panjang Hirudinea bervariasi dari 1 – 30 cm.Tubuhnya pipih dengan ujung anterior dan posterior yang meruncing.
Pada anterior dan posterior terdapat alat pengisap yang digunakan untuk menempel dan bergerak.Sebagian besar Hirudinea adalah hewan ektoparasit pada permukaan tubuh inangnya.Inangnya adalah vertebrata dan termasuk manusia.Hirudinea parasit hidup denga mengisap darah inangnya, sedangkan Hirudinea bebas hidup dengan memangsa invertebrata kecil seperti siput.Contoh Hirudinea parasit adalah Haemadipsa (pacet) dan hirudo (lintah).
Saat merobek atau membuat lubang, lintah mengeluarkan zat anestetik (penghilang sakit), sehingga korbannya tidak akan menyadari adanya gigitan.Setelah ada lubang, lintah akan mengeluarkan zat anti pembekuan darah yaitu hirudin.Dengan zat tersebut lintah dapat mengisap darah sebanyak mungkin.

96 thoughts on “Mengenal Seluk Beluk Phylum Annelida

  1. wah…wah…wahh..membantu banget..apalagi kalo gie byk tugas n d suruh presentasi ma guru biologi tersayang…hohoho…makasih..^^

  2. Maaf… kalau mengutip dari buku atau sumber lainnya, alangkah baiknya jika dicantumkan sumbernya. Thanks…

  3. pak /bu,jika cacing tanah banyak mengandung protein tinggi,asam amino yang cukup.ini bukanya baik untuk bahan makan tambahan untuk anak balita,seperti di buatkan vitamin atau makanan tambahan dari sumber utamanya cacaing tanah,karena dapat merangsang pertumbuhan anak secara optimal,dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat, tapi tolong dipikirkan juga dalam pemakaian setiap hari apa bagus untuk lambung,bukanya bagi penderita tukak lambung ini sangat tidak di perbolehkan n membuat semakin parah pada penderita tukak lambung.
    Pak/bu nama saya siska ayu anggraini ,saya lulusan SMU TAHUN INI TAPI SAYA TIDAK PUNYA BIAYA UNTUK MELANJUTKAN K UNIVERSITAS,SAYA INGIN KULIA DI KEDOKTERAN UMUM DAN SAYA INGIN MENJADI ILMUAN, SAYA MLAI SMP INGIN MENGIKUTI KARYA ILMIAH TAPI SEKOLAH SAYA TIDAK PUNYA BIAYA.SAYA INGIN KULIA D KEDOKTERAN UMUM SAMBIL NIKAH DENGAN ANAK YANG YANG BERNMA anggi bawono danur wendo yang rumahnya ada di banyuwangi,jalio blok AA/4.DIA JUGA SAMA ANAK NEGRI YANG PANDAI DI BIDANG TEKNIK ELEKTRO, N OTOMOTIF TAPI DIA TIDAK PUNYA PEKERJAAN TETAP ALIAS TERLANTAR SEPERTI SAYA N TIDAK ASDA YANG MEMBANTU.SAYA SELALU MENAGIS PADA ALLAH AGAR KEKASIH SAYA ADA YANG NGEBANTU,SAYA INGIN DIA MENJADI SEORANG MANAGER.HOBY SAYA EXPERIMENT DENGAN PERALATAN SEADANYA,N SPORT.

  4. Assalamualaikum, tolong di sebutkan kelas dan spesies yang parasit pada manusia yang termasuk phylum annelida
    Terima kasih

  5. makasih ya atas data2-a.Saya jd g` repot nyari bahan buat tugas kliping biologi.
    yg kayak gini nih mesti di banyakin.Selain berguna jg m`buat org senang…
    wahed kaman,…jazakumullahh khairan…..

  6. .mkacii iia,
    .qu jd teu lbihh dalem tentang phikum annelida..
    .mbantu qu jua tiih wad ngrjaend tgazs bio..

  7. gila lengkap guru ngeblog memang paling bagus buat pelajaran biologi
    [
    [

    [x;x,
    [
    [
    [ [[[ [ [ [ [[ [ [ [[ [ [ [ [ [ [[

  8. maksih banyak ya , dgn blog ini dapat membantu saya mengerjakan tugas tentang filum annelida . dan saya bisa jadi tau banyak tentang annelida ..
    ^^,

  9. pa/ bu kokon, parapodia, nefridium, dan larva tracofor itu apa siyh???? terus apa fungsi klitelium pada cacing tanah, bagaimana daur hidup nya dan bagaimana cara memutuskan daur hidupnya???? toLong d jawab ya!!!

  10. bner bget tuch sgat bntu siswa knyak kmi nich…….yg blum bnyak pglaman gtu.buat kk yg uda bkin media stus nich bner2 kreatip buagetsssssssss so mju trus’y klw bsa tlong lbih dtil lgi;yo….he he he thaks dr siswa smansamapin alias gal!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!””’……….heeeeeeeee

  11. wah terima kasih artikelnya. SANGAT membantu! ^^
    saya ijin copy ya buat presentasi… semoga anda mendapat balasan dari yg di atas.. :))))))

  12. gak ada skema daur hidup cacing tanah nya yhc … 😦 pdhl aku di srh sma guru buat mncri skema daur hidup cacing tanah ( lumbricus terrestris)…

  13. wah ini lengkap banget nihh, ngebantu banget buat tugas . . kira-kira kalo ada sumbernya tolong dicantumin dong hehehe
    makasih

  14. Sekarang Annelida memiliki 2 kelas.
    Polychaeta dan Clitellata (Hirudinoidea, Oligochaeta)
    Hirudinoidea dan Oligochaeta turun menjadi subkelas

  15. sudah bagus materinya tapi tolong ditambahkan gambar daur hidup polychaeta, oligochaeta, dan hirudinea

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s