Mengenal Seluk Beluk Phylum Porifera


porifera
porifera

Porifera dalam bahasa latin , porus artinya pori, sedangkan fer artinya membawa.Porifera adalah hewan multiseluler atau metazoa yang paling sederhana.Karena hewan ini memiliki ciri yaitu tubuhnya berpori seperti busa tau spons sehinggaporifera disebut juga sebagai hewan spons.

Ciri Tubuh
Ciri tubuh Porifera meliputi ukuran, bentuk, struktur dan fungsi tubuh.

Ukuran dan bentuk
Ukuran porifera sangat beragam.Beberapa jenis porifera ada yang berukuran sebesar butiran beras,
sedangkan jenis yang lainnya bisa memiliki tinggi dan diameter hingga 2 meter.
Tubuh porifera pada umumnya asimetris atau tidak beraturan meskipun ada yang simetris radial.
Bentuknya ada yang seperti tabung, vas bunga, mangkuk, atau bercabang seperti tumbuhan.
Tubuhnya memiliki lubang-lubang kecil atau pori(ostium).Warna tubuh bervariasi, ada yang berwarna pucat,
dan ada yang berwarna cerah, seperti merah, jingga, kuning bahkan ungu.

Struktur dan fungsi tubuh

struktur tubuh-porifera
struktur tubuh-porifera

Tubuh porifera belum membentuk jaringan dan organ sehingga porifera dikelompokkan dalam protozoa.
Permukaan luar tubuhnya tersusun dari sel-sel berbentuk pipih dan berdiding tebal yang disebut pinakosit.
Pinakosit berfungsi sebagai pelindung.Diantara pinakosit terdapat pori-pori yang membentuk saluran air yang bermuara di spongosol atau rongga tubuh.Spongosol dilapisi oleh sel “berleher” yang memiliki flagelum, yang disebut koanosit.Flagelum yang bergerak pada koanosit berfungsi untuk membentuk aliran air saru arah sehingga air yang mengandung makanan dan oksigen masuk melalui pori ke spongosol.Di spongosol makanan ditelan secara fagositosis dan oksigen diserap secara difusi oleh koanosit.Sisa pembuangan dikeluarkan melalui lubang yang disebut oskulum.
Zat makanan dan oksigen selalin digunakan oleh koanosit, sebagian juga ditransfer secara difusi ke sel-sel yang selalu bergerak seperti amoeba, yaitu amoebosit (sel amoeboid).Fungsinya pun sama yaitu mengedarkan makan dan oksigen keseluruh sel-sel tubuh lainnya.

Cara hidup dan Habitat
Porifera hidup secara heterotof.Makananya adalah bakteri dan plankton.Makanan yang masuk kedalam tubuhnya berbentuk cairan.Pencernaan dilakukan secara intraseluler di dalam koanosit dan amoebosit.Habitat porifera umumnya di laut, mulai dari tepi pantai hingga laut dengan kedalaman 5 km.Sekitar 150 jenis porifera hidup di ait tawar, misalnya Haliciona dari kelas Demospongia.Porifera yang telah dewasa tidak dapat berpindah tempat (sesil), hidupnya menempel pada batu atau benda lainya di dasar laut.Karena porifera yang bercirikan tidak dapat berpindah tempat, kadang porifera dianggap sebagai tumbuhan.

Reproduksi
Porifera melakukan reproduksi secara aseksual maupun seksual.Reproduksi secara aseksual terjadi dengan pembentukan tunas dan gemmule.Gemmule disebut juga tunas internal.Gemmule dihasilkan hanya menjelang musim dingin di dalam tubuh porifera yang hidup di air tawar.Porifera dapat membentuk individu baru dengan regenerasi.Reproduksi seksual dilakukan dengan pembentukan gamet (antara sperma dan ovum).Ovum dan sperma dihasilkan oleh koanosit.Sebagian besar Porifera menghasilkan ovum dan juga sperma pada individu yang sama sehingga porifera bersifat Hemafrodit.

Klasifikasi porifera
Berdasarkan bahan penyusun rangkanya, porifera diklasifikasikan menjadi tiga kelas, yaitu Hexactinellida atau Hyalospongiae, Demospongiae, dan Calcarea (Calcisspongiae).

Hexactinellida (Hyalospongiae)
Hexactinellida (dalam bahasa yunani, hexa = enam) atau Hyalospongiae (dalam bahasa yunani, hyalo = kaca/transparan, spongia = spons) memiliki spikula yang tersusun dari silika.Ujung spikula berjumlah enam seperti bintang.Tubuhnya kebanyakan berwarna pucat dengan bentuk vas bunga atau mangkuk.Tinggi tubuhnya rata-rata 10-30 cm dengan saluran tipe sikonoid.Hewan ini hidup soliter di laut pada kedalaman 200 – 1.000 m.Contoh Hexactinellida adalah Euplectella.

Demospongiae

Niphates digitalis

Demospongiae ( dalam bahasa yunani, demo = tebal, spongia = spons) memiliki rangka yang tersusun dari serabut spongin.
Tubuhnya berwarna cerah karena mengandung pigmen yang terdapat pada amoebosit.Fungsi warna diduga untuk melindungi tubuhnya dari sinar matahari.Bentuk tubuhnya tidak beraturan dan bercabang.Tinggi dan diameternya ada yang mencapai lebih dari 1 meter.Seluruh Demospongiae memiliki saluran air tipe Leukonoid.Habitat Demospongiae umumnya di laut dalam maupun dangkal, meskipun ada yang di air tawar.Demospongiae adalah satu-satunya kelompok porifera yang anggotanya ada yang hidup di air tawar.Demospongiae merupakan kelas terbesar yang mencakup 90% dari seluruh jenis porifera.
Contoh Demospongiae adalah spongia, hippospongia dan Niphates digitalis.

Calcarea (Calcisspongiae)
Calcarea (dalam latin, calcare = kapur) atau Calcispongiae (dalam latin, calci = kapur, spongia = spons) memiliki rangka yang tersusun dari kalsium karbonat.Tubuhnya kebanyakan berwarna pucat dengan bentuk seperti vas bunga, dompet, kendi, atau silinder.Tinggi tubuh kurang dari 10 cm.Struktur tubuh ada yang memiliki saluran air askonoid, sikonoid, atau leukonoid.
Calcarea hidup di laut dangkal, contohnya sycon, Clathrina, dan Leucettusa lancifer.
Berikut bentuk tipe saluran air dari porifera : askonoid, sikonoid, dan leukonoid

Peran Porifera dalam Kehidupan Manusia
Beberapa jenis porifera seperti spongia dan hippospongia dapat digunakan sebagai spons mandi dan alat gosok.Namun, spons mandi yang banyak digunakan umumnya adalah spons buatan, bukan berasal dari kerangka porifera.Zat kimia yang dikeluarkannya memiliki potensi obat penyakit kanker dan penyakit lainnya.

Iklan

134 thoughts on “Mengenal Seluk Beluk Phylum Porifera

  1. terimakasih, tulisan anda bagus dan memberi bayak pengetahuan luas dan sangat membantu menyelesaikan tugas anak saya, dan mudah – mudahan sangat bermanfaat bagi kita semua.

  2. makasih ya pak, saya bisa dapat bahan presentasi untuk pelajaran sekolah.
    pak.ada yg mw saya tanyakan.
    apa yang terjadi dengan ekosistem laut apabila porifera punah?
    apakah sama atau beda porifera dgn terumbu karang?

  3. Makasih ya pak,,
    Ini sangat berguna untuk tugas sekolah saya,,
    Saya minta ijin untuk copy..
    Sekali lagi, terima kasih..

  4. wah ini sama yak dibuku aku
    aku nyari peran nya
    disitu kan ada kata” zat kimia
    nah zat kimia disitu apa ych
    aku bingung
    dibuku aku gak ada
    alnya buku aku sama yak artikel ini

  5. makaciii yaaa…
    lagi dapet tugas ne tentang porifera
    sistem ekskresinya mana???
    mau dunkzz
    alnya itu yang jadi tugas utama tu
    mau yaaaaa
    pliiiizzzz

  6. wah singkat banget tapi penjelasannya coba di jelasin mekanisme mendapatkan makanan pada porifera

  7. terima kasih banyak pak, saya izin copy ya pak..
    saya jadikan literatur untuk tugas biodiversitas hewan.
    jazakallahu khairan.

  8. wah… kalo boleh tolong diperbanyak gambar-gambar tentang porifera yah,,, cos tiap artikel yg aq dapat gbrnya cuman ini’2 doank!!! mkch,,,

  9. thanks atas tulisan anda….sy yakin akan banyak org yg akan membacanya!!!
    n banyak manfaat yg mereka peroleh dr tulisan anda khususnya saya

  10. huuuuffffffff…………….

    berkat ada tulisan ini tugas-tugas akhirnya bisa diselesaikan juga…..

    terima kasih…..

  11. Makasi pak.. Lengkap sekali dan sangat tepat dengan apa yang saya butuhkan..
    terima kasih bnyk pak..
    saya dari surabaya dan dari SMA swasta..
    Tuhan memberkati..

  12. makash y pak ats penjelasan tentang porifera.
    itu sngt membantu saya mengerjakan tugas saya.
    saya jg izin copy.
    Trimakasih banyak.

  13. Terima KAsih pak / IBu Guru karena telah mempostingkan filum porifera. Karena dengan begini Tugas saya pun dapat mendapatkan hasil yang maksimal Saya Ucapkan THank YOu So Much…

    Pak/IBu Guru… mohon minta izin mw Copy + Paste hasil postingan bapak/ibu guru mohon minta maaf, karena jika tidak saya akan dipersalahkan oleh teman2 ama guru bidang studi saya. Mohon Dimaklumi ya….

    TRIMS

  14. makash buat penjelasan2 tentang ilmu biolgi krna skrg saya bs mnyelesaikan tugas,tp kok gak bsa telusuri gambar?????????????

  15. Saya senag karena informasi ini cukup berguna baqi murid saya dan saya sendiri. Bisa nggak beri contoh gambar masing-masing kelas

  16. klasifikasinya saya kurang puas
    rasanya kurang lengkap
    tapi saya berterimakasih karna informasi ini sangat penting buat saya

  17. peranan porifera dalam kehidupan kurang lengkap, bermutu, atau berkualitas
    tolong di jelaskan dan dilengkapi

  18. mkasi buanget………………
    ne bantu saya nylesai.in tuagas skula…………….
    ehmmm, klo tmbah lengkap lgi mlah lebih bgussss……..
    sekali lagi makasih………………..

  19. thank’s udah bantuin saya dalam kerja tgzz,,,,but krng lengkap ada yang bahas jenisnya secara terperinci

  20. thank’s udah membantu saya unt ngerjain tugas tapi alat gerak porifera kok g’ ada se……. tolong dilengkapi lagi ???

  21. makasih ya pak,,,,
    ini sangat membantu untuk tugas di sekolah aku , dan juga untuk teman_teman ku . sekali lagi saya ucapkan terimakasih.

  22. wah terima kasih atas ilmunya..
    sangat membantu saya untuk mengerjakan tugas dan juga memperluas pengetahuan..

  23. ya ampun ngebantu tugas saya banget dalam mengerjakan tugas biologi..
    mudah-mudahan makin maju dan makin banyak yang bisa kita ambil dari sini..
    sekali lagi thanks banget yaaaa…..

  24. Aku sering ngeliat ada semacam bunga terompet, tapi banyak, kecil2 pula… didasar laut kedalaman 3 meter,… itu spons bukan seh????

  25. as. terimakasih bnyak atas tulisan anda, saya sangat mersa terbntu dlam menyelesaikan tgas kul saya,
    terimakasih , , ,

  26. saya mempunyai tugas tentang demospongiae tapi tidak ada penjelasan yang konkrit dan lengkap,mengenai demospongiae. jadi pusinggggggggg……………….

  27. makasih sangat membantu.. tp gak dijelasin y kan gak punya sistem saraf, nah terus gimana dia bisa hidup? sarafnya pake apa?

  28. trima kasih banyak,,bagi ibu or bapak yang telah memberi informasi ini. karena dengan ini kami bisa mengetahui tentang fylum porifera..

  29. thx for your blog

    now i can learn from your blog to problem of biology as porrifera, coelenterata,plathyhelminthes and nematoda

  30. saya mau mengucapkn terima kasih banyak, karna artikel ini sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas biologi πŸ™‚

  31. terima kasih pak sudah membatu saya untuk menjawab soal yg dari tadi tdk ketemu temu akhirnya ketemu

  32. terimakasih banyak ya pak… saya jadi bisa menyelesaikan tugas presentasi saya…
    saya izin copy juga pak..

  33. Web anda benar-benar sangat membantu kami khususnya para pelajar yang ingin belajar secara online. Terima kasih pak telah berbagi pengetahuan

  34. sistem porivera berdasarkan air dlam betuk tubuh porivera dibagi atas tiga tipea
    1 asconohid
    2. syconoid
    3. leuconoid

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s