Ciri-Ciri Makhluk Hidup


bernafas

Mengapa batu disebut makhluk tak hidup, sedangkan pohon disebut makhluk hidup? Ingatkah kamu bahwa hanya makhluk hidup yang mempunyai ciri-ciri hidup. Ciri-ciri hidup tersebut adalah bernapas, bergerak, makan, mengeluarkan zat sisa, tumbuh, berkembangbiak, peka terhadap rangsang dan beradaptasi.

Bernapas
Ciri utama makhluk dikatakan hidup yaitu bernapas. Ketika bernapas makhluk hidup menghirup oksigen (O2) dan menghembuskan karbon dioksida (CO2). Oksigen diperlukan untuk proses oksidasi zat makanan yang menghasilkan energi dan karbon dioksida. Energi berguna untuk menjalankan kegiatan hidup.

Reaksi oksidasinya sebagai berikut :
Zat makanan + oksigen —> energi + uap air + karbon dioksida.

Bergerak
Ada dua macam gerak yaitu gerak aktif dan gerak pasif. Gerak aktif adalah gerak berpindah tempat misalnya dengan kaki, sayap dan sirip. Gerak pasif misalnya ditunjukkan oleh tumbuhan. Tumbuhan tidak dapat berpindah tempat, tetapi menggerakkan sebagaian tubuhnya.

Contohnya gerak daun menguncup, gerak batang menghadap cahaya, gerak akar mendekati sumber air serta gerak mekarnya bunga.

Peka terhadap Rangsang
mimosa_pudica Makhluk hidup peka terhadap perubahan yang terjadi disekitarnya. Alat pengenal lingkungan pada manusia dan hewan berupa indra. Indra peka terhadap rangsang. Rangsang dapat berupa cahaya, bunyi, bau, rasa atau sentuhan. Dengan adanya indra yang peka terhadap rangsang-rangsang tersebut, manusia dan hewan mempunyai kemampuan melihat, mendengar, mencium, mengecap rasa dan menyentuh/meraba.

Tumbuhan tidak mempunyai alat indra, tetapi peka terhadap rangsang. Misalnya tumbuhan putri malu menguncupkan daunnya jika disentuh dan pertumbuhan batang kearah cahaya matahari.
Makan

makan

Makanan diperlukan oleh makhluk hidup sebagai sumber energi, untuk pertumbuhan dan mengganti sel-sel yang rusak. Tumbuhan hijau memperoleh makanan dengan memproduksi sendiri. Tumbuhan hijau sebagai produsen mengolah zat-zat anorganik menjadi zat organic melalui proses fotosintesis.
Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan oleh tumbuhan hijau dengan bantuan cahaya.

Tumbuhan tak berhijau daun, hewan dan manusia tidak dapat membuat makanan sendiri. Mereka memanfaatkan makanan dari hasil fotosintesis tumbuhan hijau dan sumber lain dari hewan dan alam.

Mengeluarkan Zat Sisa

bernafas
bernafas

Dalam proses penyerapan makanan, terbentuklah zat sisa yang merupakan zat yang tidak terserap oleh tubuh. Zat-zat itu disebut zat sisa oksidasi biologis, misalnya air dan karbon dioksida.Berdasarkan aktivitas tubuh dan hasilnya, pengeluaran zat-zat sisa dibedakan atas : Ekskresi, Respirasi, Defekasi.
Ekskresi, merupakan pengeluaran zat-zat sisa yang dilakukan oleh kulit dan ginjal. Kulit akan mengeluarkan zat sisa yang dinamakan keringat karena adanya kelenjar keringat di bawah kulit. Ginjal akan menyaring darah dan mengeluarkan zat sisa yang disebut urine.
Respirasi, merupakan pengeluaran CO2 sebagai zat sisa proses respirasi yang dikeluarkan melalui hidung.
Defekasi, merupakan pengeluaran zat sisa pencernaan makanan yang berupa tinja (feses) melalui anus.

Tumbuh
Makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan meliputi perubahan ukuran tubuh, yaitu luas, tinggi dan berat. Perkembangan adalah perubahan menjadi dewasa.

Berkembang Biak
Makhluk hidup berkembang biak untuk menghasilkan keturunan. Cara perkembangbiakan makhluk hidup berbeda-beda. Hewan berkembang biak antara lain dengan melahirkan, bertelur, bertelur-melahirkan, bertunas, fragmentasi atau membelah diri. Tumbuhan berkembang biak secara alami dan buatan.
Perkembangbiakan alami pada tumbuhan yaitu dengan biji (kawin) dan dengan tidak kawin, misalnya membelah diri, spora, tunas, umbi, geragih dan akar tinggal. Perkembangbikan tumbuhan secara buatan, misalnya stek, cangkok, runduk dan kultur jaringan.

Beradaptasi
Makhluk hidup mampu beradaptasi dengan lingkungan. Macam-macam adaptasi makhluk hidup adalah adaptasi morfologi, adaptasi tingkah laku, dan adaptasi fisiologi.
Adaptasi morfologi adalah penyesuaian terhadap lingkungan yang berhubungan dengan bentuk tubuh atau alat tubuh. Contoh pada katak dan itik terdapat selapu renang pada kakinya untuk berenang.
Adaptasi tingkah laku adalah penyesuaian terhadap lingkungan dalam bentuk tingkah laku. Contoh : hewan bermigrasi ke lain tempat yang banyak sumber makanan.
Adaptasi fisiologi adalah penyesuaian terhadap lingkungan dalam bentuk tingkah laku. Contoh : berkeringat saat cuaca panas.

Dari ciri-ciri tersebut diatas ada perbedaan ciri hidup yang dimiliki antara hewan/manusia dengan tumbuhan, anatara lain :

Hewan/Manusia
1.Bergerak : Melakukan gerak pindah tempat.
2.Cara memperoleh makanan: Tidak dapat membuat makanan sendiri (heterotrof) . Bahan yg dimakan berupa zat organik.
3.Pertumbuhan: Hanya sampai batas usia tertentu

Tumbuhan
1.Bergerak :Tidak dapat berpindah tempat sendiri.
2.Cara memperoleh makanan: Dapat membuat makanan sendiri (autotrof), Bahan yang diperlukan untuk membuat makanan berupa zat anorganik
3.Pertumbuhan : .Tumbuh terus menerus sampai mati.

Iklan

165 thoughts on “Ciri-Ciri Makhluk Hidup

  1. wow..
    artikel nya sangat membantu untuk siswa kelas 9 SMP seperti saya..
    ditambah ringkasannya yang singkat..
    membuat saya tidak malas belajar

  2. wah, kebetulan saya sedang cari artikel untuk tugas anak saya nih tentang ciri-ciri makhluk hidup khususnya tumbuhan hijau…. terimaksih ya…

  3. makasi yah…..
    kalo ga da ne artikel, saya ga tau besok masi idup ato enggak
    makasi,
    makasi,
    makasi,
    makasi,
    makasi,
    makasi,

  4. saya ucapkan terima kasih ya, dengan membaca artikel ini bisa memperkaya pengetahuan….poko’e sip dech semoga mandapat imbalan dari Allah amin…selamat berkarya oke!

  5. thanks ea atas ilmu nya,gua bisa tau tentang ciri ciri makhluk hidup tugas dri guru q jga jdi slesai thanks ea,LUPH U FULL HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAAHAHHAHAHAHAHHHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA
    HIDUP MBAH SURIP

  6. Ini apa apaan? Tidak semua makhluk hidup dapat Ekskresi! Monera? Protista? dan Juga tidak peka pada rangsangnya! Itu semua hanya tentang TUMBUH-TUMBUHAN, HEWAN dan FUNGI!

  7. eehh,, pngen nanya dong,
    kalau ciri fisiologis selain bergerak, nutrisi, respirasi,reproduksi, tumbuh dan berkembang, adaptasi, eksresi, iritabilitas sama regulasi apa lagi…?????????????????????

    pliiisss, ksih tau donnng.,…
    tugas dari guru niiii

  8. subhanallah,,,,,
    mksih ea….. Artikelnya bgus, bantu rin bgt bwt tgs kuliah cr materi biologi klz 9…
    thanx god….

  9. hmmmpp !!!
    assiiikkk …
    akku bisa ngerjain smua tugas eanx guru-guru kasiih ke akku ….
    trima kasih …..

  10. iiaaa … bneeerr tuuhh kattaaa soniaa ….

    betul betul betull ……..

    makasssssssiiiihhhhhh …………..

  11. alhamdulillah ..
    dngan ada’a artikel ini, sya bisa memahami dan bisa mengumpulkan tugas buat besok ..
    thank’s iia

  12. makasih banyak atas informasi nya ya …….
    klo g ada ne pasti pengetahuan ku g kan bertambah
    thanks………..

  13. arti bernapas dari artikel ini SALAH!
    ciri itu berarti semua yang terdapat pada makhluk hidup, tapi contoh dengan tumbuhan ia tidak menghirup O2 dan mengeluarkan CO2 tetapi sebaliknya..
    dan bagaimana dengan ragi? ia jamur (makhluk hidup) tapi selalu bekerja dalam ruang hampa udara sehingga iya tidak dapat dikatakan bernapas.
    jadi ciri makhluk hidup iyalah “respirasi” sebagai pengganti ciri makhluk hidup “bernapas” yang berarti suatu proses pengolahan zat yang terdapat di sekitarnya (saat irob / non-irob) untuk diolah menjadi energi..
    terima kasih:D mohon di rekap!

  14. wah thanks banget ya, bagus nih.. singkat padat dan jelas. lumayan buat bantuin tugas2 gua.. thanks yaa, keep posting gan!

  15. saya anak SMP kelas 7 sedang belajar ini, ingin tau lebih banyak makanya saya cari disini. Arigato gozaimase……..

  16. hMmmm…
    g0od _ g0od _ go0d

    bisa nambah bahan untuk penGumpuLan Tugas aku.
    thank’s ya…
    d tambahin Lgi ya…:)

  17. makasi………..tanpa makan q tak bisa hidup………..
    tugas q juga cepat kelar……….makan makan makan makan,,,,,,,,,,,,,,,,

  18. Thank’s bnget yah,,,???
    Akhrnya, dgn ad’x ini saya bsa dngn mdah mncri tgas Biologi, aplagi sya sdh klas 9 SMP, jdi hrus sllu brsha agr tdk kewalahan untk UNAS. 🙂

  19. thanks banget, ngebantu banget untuk membuat tugas presentasi IPA kelas 7

    ringkas banget.. makin irit waktu untuk mengerjakan tugas, makin banyak waktu main 😀 hehe

  20. waw…………untung ada ,,,ihhh lebih gampang mencari di internet dari pada dibuku lebih pusing…makasih ya udah bantu mencari 🙂

  21. waw…………lebih gampang mencari di internet ya dari pada dibuku pusinggggg………thanks ya…..udan bantu nyari 🙂

  22. wahhh….. makasih bngt yah . untung ada artikel ini kebetulan aku lg nyari tentang ciri-ciri makhluk hidup..

  23. Thanks and sudah saya share ke siswa2 di MIN, Mapel Sains ttg ciri-ciri makhluk hidup… Salam sukses…

  24. saya adalah anak smp 30 negeri medan . kecamatan asam kumbang
    saya ada tugas mencari foto ciri makluk hidup hari kamis di kumpul
    bantu saya donk plizzzz
    terima kasih semua

  25. yaaaaaaaaaaaaaaaaaaa ALLAH
    arigato…………….
    xie xie
    thank you
    khamza hanida
    terima kasih
    ni sngt brgn bngt but tgs q

  26. Tugas Biologi dari guru jadi uda selesai nich karena ada blog ini thankssss banget yaaaaa…….. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s