Sistem Koordinasi dan Alat Indera Manusia.


Sistem Saraf
Sistem saraf merupakan sistem koordinasi (pengaturan tubuh) berupa penghantaran impul saraf ke susunan saraf pusat, pemrosesan impul saraf dan perintah untuk memberi tanggapan rangsangan.
Unit terkecil pelaksanaan kerja sistem saraf adalah sel saraf atau neuron

Cara Kerja Sitem Saraf
Pada sistem saraf ada bagian-bagian yang disebut :
a. Reseptor : alat untuk menerima rangsang biasanya berupa alat indra
b. Efektor : alat untuk menanggapi rangsang berupa otot dan kelenjar
c. Sel Saraf Sensoris : serabut saraf yang membawa rangsang ke otak
d. Sel saraf Motorik : serabut saraf yang membawa rangsang dari otak
e. Sel Saraf Konektor : sel saraf motorik atau sel saraf satu dengan sel saraf lain.

Skema terjadinya gerak sadar
Rangsang -reseptor – sel saraf sensorik – otak-sel saraf motorik-efektor- tanggapan

-Sistem Hormon
Hormon merupakan salah satu sistem koordinasi di dalam tubuh dengan menggunakan cairan yang diedarkan oleh pembuluh darah. Dengan menggunakan hormon rangsang lebih lambat diberi tanggapan. Satu kelebihan koordinasi menggunakan hormon yaitu dengan sedikit saja hormon mampu mempengaruhi organ-organ yang menjadi sasarnnya.
-Hipofisa (Pituitary)
Kelenjar ini merupakan kelenjar yang paling banyak menghasilkan jenis-jenis hormon.
Letaknya di otak
Macam hormon yang dihasilkan :
1) Somatotropin: berfungsi mempercepat pertumbuhan
2) Prolaktin : berfungsi mengantar kegiatan kelenjar susu
3) Tireotropin: mempengaruhi aktivitas kelenjar tiroid
4) Adnecorticotropin : mempengaruhi aktivitas kelenjar anak ginjal bagian kortek
5) Gonadotropin: mempengaruhi aktivitas ovarium atau testis
6) Vasopresin: mengatur penyempitan pembuluh darah
7) Oksitosin : mengatur kontraksi otot uterus pada saat melahirkan.
– Kelenjar gondok (kelenjar tiroid)
Hormon yang dihasilkan yaitu tiroksin dan berfungsi mengatur pertumbuhan dan metabolisme. Letak kelenjar di sekitar jakun.
– Kelenjar anak gondok (kelenjar paratiroid)
Terletak di dekat kelenjar gondok. Hormon yang dihasilkan yaitu parathormon dengan fungsi mempertahankan kadar kalsium dan fosfor dalam darah.
– Kelenjar anak ginjal (kelenjar adrenal)
Terletak menempel pada bagian atas ginjal. Bagian kulit menghasilkan kortison yang berfungsi mengatur metabolisme dan mengatur keseimbangan air dan garam.

Sedang bagian sumsum (medulla) menghasilan adrenalin (epinefrin) yang berfungsi mempengaruhi denyut jantung, mengatur otot-otot kandung kencing juga mengatur kadar gula darah dengan cara mengubah glikogen menjadi glukosa.

– Kelenjar Pankreas
Kelenjar pankreas bagian pulau-pulau Langerhans menghasilkan hormon insulin. Fungsi hormon ini mengatur kadar gula darah dengan cara mengubah glukosa menjadi glikogen.

– Kelenjar kelamin
Pada laki-laki
Terletak dibagian testis. Hormon yang dihasilkan yang terpenting yaitu testosteron yang berfungsi mempertahankan proses pembentukan sperma dan menumbuhkan cirri-ciri kelainan sekunder
Pada wanita
Terletak pada ovarium. Hormon yang dihasilkan :
1) Estrogen, untuk mempertahankan pembentukan ovum dan cirri-ciri kelainan sekunder
2) Progesteron, mengatur pembentukan plasenta dan produksi air susu.

Indera Manusia

Indera berperan sebagai reseptor, yaitu bagian tubuh yang berfungsi sebagai penerima rangsangan. Ada lima macam indera yaitu :
• Mata, sebagai penerima rangsang cahaya (fotoreseptor)
• Telinga, sebagai penerima rangsang getaran bunyi (fonoreseptor) dan tempat beradanya indera keseimbangan 9statoreseptor)
• Hidung, sebagai penerima rangsang bau berupa gas (kemoreseptor)
• Lidah, sebagai penerima rangsang zat yang terlarut (kemoreseptor)
• Kulit, sebagai penerima rangsang sentuhan (tangoreseptor)

Tiap indera akan berfungsi dengan sempurna apabila :
1. Indera tersebut secara anatomi tidak ada kelainan
2. Bagian untuk penerima rangsang bekerja dengan baik
3. Saraf-saraf yang membawa rangsang dari dan ke otak bekerja dengan baik
4. Pusat pengolahan rangsang di otak bekerja dengan baik.

Mata
– Letak mata didalam rongga mata yang dilapisi/beralaskan lapisan lemak
– Mata merupakan penglihatan untuk menerima rangsang cahaya
– Bagian mata yang peka terhadap cahaya adalah bagian bintik kuning yang terdapat pada lapisan retina.
– Kita dapat melihat benda setelah rangsang cahaya diterima retina tepat pada bintik kuning, kemudian rangsangan diteruskan oleh urat saraf otak ke pusat penglihatan di otak

Telinga
– Telinga adalah tempat beradanya indera pendengaran yang memiliki saraf pendengaran
– Telinga terbagi menjadi tiga bagian yaitu telinga luar, telinga tengah dan telinga dalam.
– Pada bagian rumah siput tersebut terdapat ujung saraf yang berhubungan dengan pusat pendengaran
– Didalam telinga juga terdapat alat keseimbangan yang terletak pada tiga saluran setengah lingkaran.

Kulit
– kulit berfungsi sebagai indera perasa dan peraba
– kulit peka terhadap rangsang yang berupa panas, dingin, tekanan, sentuhan dan sakit/nyeri

Lidah
– Lidah berfungsi sebagai indera pengecap
– Indera pengecap tersebut terletak pada bagian permukaan atas terbagi menjadi beberapa daerah yang peka terhadap rasa yang berbeda-beda (manis, pahit, asin dan masam)
– Permukaan lidah juga dapat merasakan panas, dingin, kasar, halus dan nyeri.

-Hidung
– Hidung berfungsi sebagai indera pembau
– Ujung-ujung saraf pembau terletak pada selaput lender rongga hidung bagian atas, kerang hidung atas dan permukaan atas kerang hidung yang tengah.
– Pada ujungs araf pembau terdapat selaput lender yang berfungsi sebagai pelembab
– Bau yang busuk pada rongga hidung waktu kita menarik napas ditangkap oleh ujung saraf kemudian dibawa ke pusat pembau di otak sehingga kita dapat menerima rangsang bau.

Kelainan dan Penyakit Indera

➔ Miopi atau rabun jauh
Yaitu kelainan pada mata dimana bayangan yang dibentuk oleh lensa jatuh didepan retina. Kelainan ini terjadi karena lensa mata terlalu cembung atau garis tengash mata panjang. Kelainan ini dapat ditolong dengan menggunakan lensa negatif
➔ Hypermetropi atau rabun dekat
Yaitu kelainan mata dimana bayangan yang dibentuk oleh lensa jatuh dibelakang retina. Kelainan ini terjadi karena lensa mata terlalu pipih atau garis tengah mata pendek. Kelainan ini dapat ditolong dengan menggunakan lensa positif.

➔ Presbiopi
Yaitu kelainan pada mata karena tidak elastisnya lensa mata untuk berakomodasi. Penderita kelainan ini biasanya menggunakan lensa ganda yaitu lensa positif dan lensa negative.
➔ Rabun Senja
Kelainan pada mata karena defisiensi vitamin A. Akibatnya penderita kesulitan melihat benda saat terjadi perubahan dari terang ke gelap atau saat senja
➔ Katarak
Yaitu mengaburnya lensa mata, yang dapat disebabkan oleh kekurangan vitamin B atau juga factor usia.

Iklan

152 thoughts on “Sistem Koordinasi dan Alat Indera Manusia.

  1. Mantap dah krn menambah pengetahuan pembaca…but q mo nanya soal klainan pd mata..untuk miopi & hypermetropi merupakan klainan bawaan y? Klo iya brarti gak ada alternatif pengobatan lain selain operasi (sayatan untuk hilangkn lapisan yg menebal di sekitar retina )…mohon pnjelasan…apakah ada alternatif pncegahan agar mines / plus ny bisa brkurang atau tidak brtambah?
    Terima kasih sebelumnya… Oya salam manis jg tuk smua pengunjung blog.

  2. menurut saya sih tidak, kelainan mata ini tidak diturunkan, tetapi dapat disebabkan karena kebiasaan yang salah.

  3. Terima kasih atas power point nya, semoga kebaikan anda mendapat balasan yang berlipat dari Tuhan, aamiin. Mohon ijin untuk menggunakannya dalam pembelajaran bersama anak didik saya, terima kasih.

  4. tolong donk…

    sedikit lebih lengkap masalh pembahsan fisiologi sistem saraf pusatnya?

    alna butuuh banget langkah cepat menguasai fisiologi about sistem saraf pusat n perifer.
    tapi thanks uda memberi sedikit banyak about that..

    thanks u a lot of

  5. Terima kasih artikelnya,
    mohon artikel yang berkaitan dengan syaraf/kelainan jiwa,
    Thanks.

  6. Oke, yg pertama Thanks buad yg nyusun laporan ini…
    karna loe udah ngebantu banget tegas gue….
    Yg ke dua, Menrut gue… lengkap baget deh sama apa yg gue cari….

  7. Data yg kamu masukan sdh bgus tp ada yg blm lengkap
    yaitu tentang kelainan dan penyakit yg menyerang alat indra
    kenapa hanya mata yg di masukan… sedangkan yg lainya
    masih banyak…… sorry…

  8. Tq iiah …
    sya jd gampang ngerjain tugas dr skola neech …
    ^^~
    skaliy lg Tq bgt iiah ….
    thanks for your information .. ^^

    hehehe … so bhs inggris gw … ^^~

  9. wah…seru bangetz belajar biologi,apalagi cita2 gue jd ilmuwan. jangan males2 bwt belajar biologi lho yach!!!!!!!!!!!!!situs ini dapat memebantu kt utk menemukan wawasan baru tentg dunia biologi

  10. ko jenis kelainan alat indera yg dijelaskan hax u/ indera mata aja pdhal msh bxk alat indera yang lain bukan……… sory………

  11. salam sukses buat pak guru, semangat-semangat. terus memberi pencerahan buat anak bangsa yang sedang terpuruk dalam kelamnya nafsu angkara.

  12. CCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCC
    UUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPP
    UUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU
    !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  13. Thank buad artikel niech…………… Coz, Qu banyag thugaz thentang bhab nech, so…………bizha chepad ngebandtuind nyelesaikan thugaz Qu……………………………….

  14. aneh!!!!!!!!
    gje!!!!!!
    ms ak tny a jwb na z………!!!!!!!!!???????
    kurang lengkap jg bagian indera na karena hrs ada penjelasan yg bgs!!!!!!!!
    >.<

  15. thx buat artikelnya.. tp kurang lengkap tuu,,khususnya materi mengenai cara kerja sistem saraf.. and sebaiknya materi yang ada dilengkapi dengan gambar..

  16. whhaa,kreen!!! Cuman lebih keren lg klau!!!!? Di lengkapi denghan pertanyaan nya;,,supaya kita membacanya tdk bosan…

  17. lebih banyak lagi donk……………….info kelainanny………………………………………………? tak tungu………………………………………………………………..sekarang (GPL) GAK pake lama

  18. Selamat, semoga tulisan semacam ini dpat lebih meningkatkan rasa cinta anak didik kita terhadap pelajaran biologi, dan terutama lebih meningkatkan kompetensinya, sukses ! ( Dari guru IPA SMPN 1 Omben Sampang Jawa Timur ).

  19. please jawab donk. pasangan indra yang tepat dengan letak reseptor
    setahu ku penglihatan tuh ama rentina, pengecap ama lidah (papila) sekarang pertanyaan ku kalo pendengaran, penciuman, ma peraba apa dan apakah peryataan ku tadi benar? please bales. thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s