Sistem Pernapasan Hewan


Burung
Burung mempunyai saluran pernapasan yang terdir atas lubang hidung, trakea, bronkus dan paru-apru. Pada bagian bawah trakea terdapat alat suara disebut siring. Burung mempunyai alat bantu pernapasan yang disebut pundi-pundi udara yang berhubungan dengan paru-paru. Fungsi pundi-pundi udara antara lain untuk membantu pernapasan dan membantu membesarkan rongga siring sehingga dapat memperkeras suara. Proses pernapasan pada burung terjadi sebagai berikut. Jika otot tulang rusuk berkontaksi, tulang rusuk bergerak ke arah depan dan tulang dada bergerak ke bawah. Rongga dada menjadi besar dan tekanannya menurun. Hal ini menyebabkan udara masuk ke dalam paru-paru dan selanjutnya masuk ke dalam pundi-pundi udara. Pada waktu otot tulang rusuk mengendur, tulang rusak bergerak ke arah belakang dan tulang dada bergerak ke arah atas. Rongga dada mengecil dan tekanannya menjadi besar, mengakibatkan udara keluar dari paru-paru. Demikian juga udara dari pundi-pundi udara keluar melalui paru-apru. Pengambilan oksigen oleh paru-paru terjadi pada waktu inspirasi dan ekspirasi. Pertukaran gas hanya terjadi di dalam paru-paru.

Reptil
Reptil bernapas dengan paru-paru. Pengambilan oksigen dan pengeluaran karbondioksida terjadi di dalam paru-paru. Keluar masuknya udara dari dan keluar paru-paru karena adanya gerakan-gerakan dari tulang rusuk. Saluran pernapasan terdiri dari lubang hidung, trakea, bronkus dan paru-paru.

Katak
Katak dalam daur hidupnya mengalami metamorfosis atau perubahan bentuk. Pada waktu muda berupa berudu dan setelah dewasa hidup di darat. Mula-nula berudu bernapas dengan insang luar yang terdapat di bagian belakang kepala. Insang tersebut selalu bergetar yang mengakibatkan air di sekitar insang selalu berganti. Oksigen yang terlarut dalam air berdifusi di dalam pembuluh kapiler darah yang terdapat dalam insang.
Setelah beberapa waktu insang luar ini akan berubah menjadi insang dalam dengan cara terbentuknya lipatan kulit dari arah depan ke belakang sehingga menutupi insang luar. Katak dewasa hidup di darat, pernapasannya dengan paru-paru. Selain dengan paru-paru, oksigen dapat berdifusi dalam rongga mulut yaitu melalui selaput rongga mulut dan juga melalui kulit.

Ikan
Ikan mas bernapas dengan insang yang terdapat pada sisi kiri dan kanan kepala. Masing-masing mempunyai empat buah insang yang ditutup oleh tutup insang (operkulum). Proses pernapasan pada ikan adalah dengan cara membuka dan menutup mulut secara bergantian dengan membuka dan menutup tutup insang. Pada waktu mulut membuka, air masuk ke dalam rongga mulut sedangkan tutup insang menutup. Oksigen yang terlarut dalam air masuk berdifusi ke dalam pembuluh kapiler darah yang terdapat dalam insang. Dan pada waktu menutup, tutup insang membuka dan air dari rongga mulut keluar melalui insang. Bersamaan dengan keluarnya air melalui insang, karbondioksida dikeluarkan. Pertukaran oksigen dan karbondioksida terjadi pada lembaran insang.
Serangga mempunyai sitem pernapasan yang disebut sistem trakea. Oksigen yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh untuk oksidasi tidak diedarkan oleh darah tetapi diedarkan oleh trakea yang bercabang-cabang ke seluruh tubuh. Cabang kecil trakea yang menembus jaringan tubuh disebut trakeolus. Masuknya udara untuk pernapasan tidak melalui mulut melainkan melalui stigma (spirakel).
Proses pernapasan pada serangga terjadi sebagai berikut. Dengan adanya kontraksi otot-otot tubuh, maka tubuh serangga menjadi mengembang dan mengempis secara teratur. Pada waktu tubuh serangga mengembang, udara masuk melalui stigma, selanjutnya masuk ke dalam trakea, kemudian ke dalam trakeolus dan akhirnya masuk ke dalam sel-sel tubuh. Oksigen berdifusi ke dalam sel-sel tubuh. Karbondioksida hasil pernapasan dikeluarkan melalui sistem trakea juga yang akhirnya dikeluarkan melalui stigma pada waktu tubuh serangga mengempis.

Cacing tanah
Cacing tanah tidak mempunyai alat pernapasan khusus. Kulitnya banyak mengandung kelenjar lendir, sehingga kulit tubuhnya menjadi basah dan lembab. Oksigen yang diperlukan oleh tubuhnya masuk melalui seluruh permukaan tubuh secara difusi. Pengeluaran karbon dioksida juga melalu permukaan tubuh.

Protozoa
Protozoa tidak mempunyai alat pernapasan khusus untuk memperoleh oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida. Oksigen masuk ke dalam sel malalui selaput plasma secara difusi. Demikian juga karbon dioksida dari dalam sel deikeluarkan melalui selaput plasma.

Iklan

116 thoughts on “Sistem Pernapasan Hewan

  1. makasih pak atas isi blognya..alhamdulillah bisa membantu sya menyelesaikan tugas sekolah..
    bpk kenal ga dgn PAK RUDY HILKYA (pengajar SMAN2 PALANGKARAYA..)
    beliau pemenang lomba e-learning thn kemaren..bpk dgn beliau punya hobby yg sama..sma2 suka nge blog..

  2. aq mw tx ttg sistem pernapasan pada katak. klo dalam sistem pernapasan manusia, udara yang masuk akan disaring oleh bulu hidung, kalo pada ikan udara akan disaring oleh gerigi insang, klo pd katak???????????????????????

  3. mkaasiH iaa aTass penjeLasann.a !.
    dnggan adaa.a pnjLasaan inii saiaa bisaa mnyeLesaiiakan tugaas
    skaLii Laggi mkaasii iaa penjeLassan.a !. 🙂

  4. udah cukup bagus blognya cuman masih banyak lagi deh yang belum ditulis disini –
    porifera . gak ada tuh –

    MAKASIH –

  5. bagus, web ini dapat untuk referensi. Blih, bagaimana cara mendownload video interaktifnya.
    terimakssih, Anda benar-benar murid yang baik! Sungguh bangga para guru SMU tempat Anda belajar dulu. Sukses.

  6. makasii bget atazz info.a…. tapii agak kurang lengkap…… bisa kirim ke email saia ga,..,,??? saia ad tugazz drii skola….. gimn….?? kalo bisa kirim ke email saia ya…. thanks banyak2…… :-))

  7. Q mau tanya..
    kenapa gerak tutup insang yang lebih pelan ketika suhu air dingin ?
    tolong di jawab segera ya…

  8. pa bsa engga qlo ikan lengkap dengan fungsi dan struktur organnya

    makasih juga pak sudah bantuin mencarikan tugas saya

  9. Trima kasih untuk blognya Pak…. sangat membantu sekali sewaktu saya mencari bahan untuk anak saya………….
    Thank u…….

  10. Tuhan mempunyai banyak cara yang diberikan pada ciptaannya supaya bisa menyesuaikan diri di dunia ini… : )
    Thx yaa buat infonya : )

  11. pak,tlong d jlazkan tentang gut dan lungs pada katak itu berfungsi sebagai pha????………………………………………

  12. Saya senang dengan pnjelsan di atas,,dngan pnjlasan trsbut saya bisa mndapat nilai yg mmbuat saya puas,,Sekali lagi Trima kasih 🙂

  13. Mudah2an dgn membaca ini aq mnjadi tahu ternyata sistem pernpasan pda hewan tidak semua sma,,

  14. alat pernapasan buaya apa sih dan alat pernapasan lainnya terus organ pernapasan dan ciri ciri tolong dijawab

  15. dimanakah alat pernafasan mamalia aku tidak bisa mengerjakan tugas tanpa alat pernafasan mamalia……
    . besok besok kalau mau masukin agi yang lengkaap yaaaaaaaa…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s