Sistem Transportasi/Peredaran Darah pada Manusia


Sistem transportasi manusia
Sistem transportasi manusia

Transportasi ialah proses pengedaran berbagai zat yang diperlukan ke seluruh tubuh dan pengambilan zat-zat yang tidak diperlukan untuk dikeluarkan dari tubuh.
Alat transportasi pada manusia terutama adalah darah. Di dalam tubuh darah beredar dengan bantuan alat peredaran darah yaitu jantung dan pembuluh darah.
Selain peredaran darah, pada manusia terdapat juga peredaran limfe (getah bening) dan yang diedarkan melalui pembuluh limfe.
Pada hewan alat transpornya adalah cairan tubuh, dan pada hewan tingkat tinggi alat transportasinya adalah darah dan bagian-bagiannya. Alat peredaran darah adalah jantung dan pembuluh darah.

1. Darah
Bagian-bagian darah

Sel-sel darah (bagian yg padat)

  • Eritrosit (sel darah merah)
  • Leukosit (sel darah putih)
  • Trombosit (keping darah)
sel-darah
sel-darah

Plasma Darah (bagian yg cair)

  • Serum
  • Fibrinogen

Fungsi Darah
Darah mempunyai fungsi sebagai berikut :
1. Mengedarkan sari makanan ke seluruh tubuh yang dilakukan oleh plasma darah
2. Mengangkut sisa oksidasi dari sel tubuh untuk dikeluarkan dari tubuh yang dilakukan oleh plasma darah, karbon dioksida dikeluarkan melalui paru-paru, urea dikeluarkan melalui ginjal
3. Mengedarkan hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar buntu (endokrin) yang dilakukan oleh plasma darah.
4. Mengangkut oksigen ke seluruh tubuh yang dilakukan oleh sel-sel darah merah
5. Membunuh kuman yang masuk ke dalam tubuh yang dilakukan oleh sel darah putih
6. Menutup luka yang dilakuakn oleh keping-keping darah
7. Menjaga kestabilan suhu tubuh.

2. Jantung

jantung-manusia
jantung-manusia

Jantung manusia dan hewan mamalia terbagi menjadi 4 ruangan yaitu: bilik kanan, bilik kiri, serambi kanan, serambi kiri. Pada dasarnya sistem transportasi pada manusia dan hewan adalah sama.

3. Pembuluh Darah
Ada 3 macam pembuluh darah yaitu: arteri, vena, dan kapiler (yang merupakan pembuluh darah halus)

Pembuluh Nadi

  • Tempat Agak ke dalam
  • Dinding Pembuluh Tebal, kuat, dan elastis
  • Aliran darah Berasal dari jantung
  • Denyut terasa
  • Katup Hanya disatu tempat dekat jantung
  • Bila ada luka Darah memancar keluar

Pembuluh Vena

  1. Dinding Pembuluh Tipis, tidak elastis
  2. Dekat dengan permukaan tubuh (tipis kebiru-biruan)
  3. Aliran darah Menuju jantung
  4. Denyut tidak terasa
  5. Katup Disepanjang pembuluh
  6. Bila ada luka Darah Tidak memancar

1. Sistem peredaran darah tertutup dan peredaran darah ganda

Dalam keadaan normal darah ada didalam pembuluh darah, ujung arteri bersambung dengan kapiler darah dan kapiler darah bertemu dengan vena terkecil (venula) sehingga darah tetap mengalir dalam pembuluh darah walaupun terjadi pertukaran zat, hal ini disebut sistem peredaran darah tertutup.

Peredaran darah ganda pada manusia, terdiri peredaran darah kecil (jantung –paru-paru – kembali ke jantung) dan peredaran darah besar (jantung – seluruh tubuh dan kembali ke jantung). Peredaran ini melewati jantung sebanyak 2 kali.

5. Getah Bening
Disamping darah sebagai alat transpor, juga terdapat cairan getah bening. Terbentuknya cairan ini karena darah keluar melalui dinding kapiler dan melalui ruang antarsel kemudian masuk ke pembuluh halus yang dinamakan pembuluh getah bening (limfe)

Penyakit pada Sistem Transportasi
1. Anemia
• Anemia sel sabit merupakan penyakit menurun tak bisa diobati
• Anemia perniosa, rendahnya jumlah eritrosit karena makan kurang vit B12
2. Talasemia
Sel darah merah abnormal,umur lebih pendek,diasesi dengan transfusi darah
3. Hemofili
Darah sulit/tidak bisa membeku
4. varises
Pelebaran pembuluh vena
5. Atherosklerosis
Penyumbatan pembuluh darah oleh lemak
6. Arteriosklerosis
Penyumpatan pembuluh darah oleh zat kapur
7. leukopeni
jumlah sel darah putih kurang dari normal

Iklan

353 thoughts on “Sistem Transportasi/Peredaran Darah pada Manusia

  1. sistem peredaran darah yang terbuka sama tertutup harusnya lebih lengkap.
    kaya arteri polmonais, vena cava superior, vena cava inferior, dll.. +gambar+penjelasan,
    itu yang rumitnya.. bagian itu di buku pelajaran saya kurang jelas gituh..hehe..

  2. Thanks for giving me a new thing, but just out of couriousity, making about unicellular will get better. Because it seldom published.

  3. thanK you nieh yang dah bikin ni tugas………

    membantu banget nih bwat ngerjain tugas….. untung ada blog ini, abis akuw ga punya buku bwat ngerjain nieh tugas….

    thank tou bangettttttt

  4. Bagus…Top…lahhhh! tapi tolong lengkapi lagi dong ! Example mekanisme pembekuan darah, etc…..biar lebih afdhal gitchuuuuuuuuuuuuuuuuu

  5. wah…bagus sekali tentang penjelasan peredaran darah. aku jadi bisa lebih baik dalam belajar ipa jadi aku bisa mendapatkan peringkat 1 lagi dech…

  6. bagus nih klo bisa bantu tugas skul.kirim dong skema peredaran darah besar & kecil pada mns dewasa & anak. tq.successsssss

    ss

  7. ih bagus banget artikelnya
    artikelnya menambah wawasan hehehehehehehhehehehehehehhehehe
    tambahin artikelnya supaya lebih lenkap

  8. makasih buuuuuuuuuuuuuuuuuuuuanget :). ni bnr2 bntu aku dlm ngrjain tgs. Tp kalo bisa dilengkapin lage soalnya msh da yg krg…
    thnk’s a lot…..

  9. semunya sudah mantap,tapi tolong donkvena dalam tubuh lebih lengkap keteranganya secara satur persatu,ok thanx.gbu

  10. thankzzz bwangtzz atz info’a yaw…
    tp ak blm ngrti bwngtzz nich tntg arteri pulmomalis trz tntng arteri” laen’a
    trimzzz taz info’a

  11. Trim’s Bli Adhie Kunxcunx, sangat bermanfaat untuk anak2ku,
    Tambah terus materinya untuk ibadah
    Merdeka!! Merdeka dari kebodohan…Merdeka dari kemiskinan !

  12. Bagus bgt. di skul aq masuk materi darah. buat skema peredaran darah kecil n besar yg jelas donk…….!!!!!
    Thx ya.

  13. Ass.Wr.Wb
    Makasih artikel nya yaa.. ngomong2, bisa dijelasin lebih detail mengenai urutan2 peredaran darah besar ?
    Termakasih banyaaak 😀

  14. dah ngbntu tgz qYu ,,,,
    V deket sran ne, bwt jg donk sistem skeletonnya,
    biar sistem organnya lbih kongkrit hehe..
    big thx

  15. ini sangat buruk!! orang yang membuat pasti tdk tahu bhs indonesia! saya minta urutan proses peredaran darah manusia..!! dikasihnya malah info ttg darah! GIMANA SIH! gak becus!

  16. terima kasih atas orang yang telah membuat informasi ini sekarang saya paham tentang peredaran darah manusia dan tugas saya sepertinya akan selesai
    untuk uasbn gituloh 🙂

  17. Assalamualaikum…
    thanx bgt tas pengetahuan yg gamblang ni…
    mudah dipaham n sgt bantu bljr…
    moga ilmux manfaat……
    amiin……

  18. Ziiippp….materinya lengkap…tapi tambah materinya lagi ya…biar aku bisa tambah pengetahuan lagi…

  19. Mas mohon untuk lebih dilengkapkan lagiii,, lebih detail,, agar bisa digunakan segala usia,, tinggal memilah bagiannya sendiri-sendiri

  20. waw….artikelnya mantap bozzzz…
    bissa bantu buatt bikinn tugasss,,,
    makasii iaa bagii eann udda buadd nii artikell,,,,

  21. makasih atas artikel nya ya… jadi terbantu tapi masih ada kekurngan… mungkin harus lebih lengkap penjelasannya… terima kasih

  22. trima kasih ya karna saya sudh mengerti pa tu sistem tranportasi………….
    dan pa yang dimaksud dgn adaptasi………

  23. Ass.Wr.Wb…………
    quE mw tNYa nuICH????????????? qu ad tgS driii sCUL,,ap sich orGn yNG Dpt mengNTRkn / yang dapt mersAkn saat drah meNGlir????????????????????????

  24. aduh bagus banget nih artikel ku suka apalagi artikelnya tentang darah itu pelajaran biologi yg ku suka
    vi saran aku ada gambar peredaran darah besar dan kecilnya dong

  25. trimakasih banyak atas blog ini….
    smoga untuk kedepannya lebih diperjelas lagi dalam pengembangan materi….

  26. manusiakan mempunyai golngan dara A , B , AB, dan O,
    yg mw saya tanyakan tu apakah hewan juga di golongkan seperti itu …..
    makasi………..

  27. trimaksih wat info.a
    tp yg td aku cari kg ada………
    tp tak uph lahhhhh
    bisa mendambah wawasan jg.
    hehehe

  28. wachh,, klo boleh ditmbhin lgi dechh soalx dha yg nggak lengkap tuch,, truzz gambarx lebih jelas aja yachhh,,
    aku juga pux saran:: gmbr tentang sistem peredaran darah/ transportasix yachh???? 🙂

  29. makasih yaa .. akkku jdi tau tentang sistem peredaran darah yg lg dpelajari d kelas akku .. tpi ko ga ada penjelasan tentang penyakit”.a ..

  30. makaci banyak buat iformasinya…………..banyak banget manfaatnya,dan saya disa mempelaarinya dengan mudah…………………………

  31. nice post, tapi maaf sebelumnya.. konsepnya belum terlalu dapet.. menurut saya sih…

    so untuk materi lainnya, usahakan lebih penekanan konsep.. makasih! nice..

  32. wah artikelnya sangat berbobot dan sangat membantu dunia pendidikan semoga pendidikan di republik kita semakin maju..

  33. wah mantap banget artikelnya bos dan sangat membantu dunia pendidikan di negeri kita ini.. semoga agan semakin bertambah ilmunya dan semoga artikel – artikel yang akan datang semakin mantap

  34. waaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaah ,, mksi bgeeeeeeeeeeeet .. brkat ini w bsa dpt nlai dri gru ipa w …..

  35. hhhhhhhmmmmmmmmmmmm bisa gak ditambahin perbedaan antara sistem peredaraan ikan a manusia soalya kmari masuk ujian heheheheheh,,,,,

  36. lumayan tapi informasinya lebih di tmbah lagi y??????????? biar tambah ziiiiiiiiiiiip

  37. Saya rasa cukup bagus, tp klw melihat tema di atas sistem peredaran darah, sebaiknya dibuat alur skemanya yg lbih lengkap, tdk hnya jantung-Slruh tubuh-jantung lg tentu ada nama organ & pembuluh darah yg berperan trmks

  38. thank’s bngetz yah udh bikinin nie blog ngebntuin aku bngetz utk UN IPA bsokkk

  39. terima kasih …….semoga tetap berkarya biar terus bermanfaat dan dibalas Tuhan Yang Maha Kuasa

  40. wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh bikin gue berprestasi dan dapat kerjakan tugas

  41. gini saya punya soal gini bantuin ya ini soalnya:

    Darah terdiri dari:
    1. Plasma darah:
    a. ……
    b. ……
    c. ……
    d. …..

    bantuinya

  42. atas berkat bntuan krja ny syaucap kan trima ksih
    tpi lengkapin lgi yyy agar gx susah mncari wawasan yang luas ok
    slam simpat

  43. terima kasih atas hasil yang di tamiplkan pada situs ini, semoga bermanfaat bagi yang baca.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s