//
Kamus Istilah Biologi

Untuk menambah wawasan, saya coba kumpulkan sedikit demi sedikit kamus istilah istilah yang sering kita dengar di pelajaran biologi . Isinya masih jauh dari sempurna.Nantinya, kita akan coba update terus. Sumbangan istilah dari pembaca akan kami coba akomodasi juga..

Aselomata
= hewan yang tidak mempunyai rongga tubuh
Selom
=  rongga tubuh
Diploblastik
=dua lapisan lembaga, lapisan luar dan lapisan dalam
Ektoderm
=lapisan lembaga bagian luar
Endoderm
=lapisan lembaga bagian dalam
Gametosit
=sel bakal menjadi sel gamet atau sel kelamin
Invertebrata
=hewan tidak memiliki tulang belakang
Singami
=peleburan dua gamet yang berbeda jenis, ukurannya sama atau berbeda
Konyugasi
=perkawinan dua individu yang belum dapat dibedakan jenisnya
Mesoderm
=lapisan lembaga bagian tengah
Pseudoselomata
=rongga tubuh bersifat semu
Vektor
=hewan perantara
Vertebrata
=hewan yang memiliki tulang belakang
Hermafrodit
=hewan yang mempunyai dua organ reproduksi dalam satu tubuh, tetapi tidak dapat saling membuahi
Partenogensis
=terbentuknya individu baru tanpa melalui peleburan sel kelamin jantan dan betina
Pseudoselomata
=hewan yang mempunyai rongga tubuh semu
Tripoblastik
=berasal dari tiga lapisan embrional yaitu ektoderm, mesoderm dan endoderm.
Proglotid
=segmen-segmen (ruas)
Skoleks
=kepala
Strobila
=ruas tubuh
Mirasidium
=larva bersilia
Larva onkosfir
=zygot muda

About these ads

Diskusi

93 thoughts on “Kamus Istilah Biologi

  1. Dear Pa Guru
    Anak saya menanyakan apa yang dimaksud dengan DAUN TUNGGAL (folium simplex)
    itu saja pertanyaan
    Terima kasih dan salut buat para Guru

    Posted by Erwin Rinaldo Mohy | November 30, 2008, 2:37 pm
  2. apa sich bioefikasi itu

    Posted by saiful bahri | Desember 31, 2008, 3:05 am
  3. hmmmm……………….kereeeeeeeeeeeeeeeeeennnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn!!!!!!!

    Posted by indri indriyani | Januari 27, 2009, 9:16 am
  4. apa sih artinya paedogenesis…

    Posted by Robi | Maret 17, 2009, 9:33 am
  5. Wah, kbetulan besok ujian biologi
    Sangat membantu

    Posted by darkbabycolor | April 19, 2009, 4:33 am
  6. 1.apakah semua neuron memiliki selubung mielin?
    2.aktivitas spt apa yg melibatkan saraf simpatik dan saraf parasimpatetik?
    3.knp orang yg dipukul tengkuknya mudah pingsan?

    Posted by angelina | Mei 12, 2009, 11:28 am
  7. pa saya mau tanya, apa ada yang namanya radang plasenta ? kalo ada apa penyebabnya ? terus apa cara pencegahan dan pengobatannya ? saya tunggu jawabanya..terima kasih sebelumnya

    Posted by Diky | Agustus 9, 2009, 4:49 am
  8. biasa aja

    Posted by intan | Agustus 17, 2009, 5:14 am
  9. kenapa isi daftar istilahnya tidak lengkap?

    Posted by kartika | September 2, 2009, 2:32 pm
  10. wah keren juga nih! bisa bantu klo ada pr cari istilah kata kata bio

    mengapa manusia harus mengeluarkan zat sisa?

    Posted by rachel | September 6, 2009, 4:11 pm
  11. Yth. Bapak Guru
    begini pak, saya ingin menanyakan tentang antroposentrik, biosentrik, ekosentrik, ecofeminist, animal right dan stewardship, dan sesuatu yang berhubungan dengan istilah itu.
    terimakasih atas jawabannya.

    Posted by siska wulandari | September 7, 2009, 6:32 am
  12. apa artinya ini:
    metavora,higrofit,saprofit

    Posted by izzan | September 9, 2009, 4:36 am
  13. dear pak guru

    saya ingin menanyakan definisi dari :
    Ekologi
    Ekosistem
    Adaptasi
    Lingkungan Hidup
    Komunitas
    Habitat
    Daya Dukung Lingkungan
    Keanekaragaman hayati
    Relung
    Rantai Makanan
    Dampak Lingkungan
    Efek Rumah Kaca
    Daya Lenting
    Pembangunan Berkelanjutan
    Sukresi
    Pencemaran Lingkungan
    Cagar Alam
    Evaporation

    Terima Kasih Buat Jawabannya!!!

    Posted by Rahmat Hidayat | September 11, 2009, 10:02 pm
  14. enaknya alfabetis, trus da search nya.
    GOOD LUCK!!

    Posted by bozterz | September 27, 2009, 3:50 am
  15. mau tanya pak guru

    membran niktitans dan trikomatiks t apa?

    Makasiii

    Posted by ismi | Oktober 2, 2009, 7:23 am
  16. dear pak guru,.
    tolong pak muatin daftar istilah biologi yg sama artinya dengan istilah fisika,.!!

    Posted by pujo | Oktober 4, 2009, 7:33 am
  17. hmm, diperbanyak dong . .

    Posted by ike | Oktober 5, 2009, 1:06 pm
  18. host defence mechanisms tuh apa sih????
    Trus tolong jelasin juga…

    Posted by denis | Oktober 7, 2009, 1:23 pm
  19. saya mau nanya nih…apa nama istilah dari anjing,kucing,gajah,harimau,macan,dalam bahasa biologi?

    Posted by kyky | Oktober 9, 2009, 1:58 pm
  20. apa arti istilah lyceum, dan digunakan untuk apa

    Posted by khamim | Oktober 10, 2009, 7:43 am
  21. ikut sumbang 1 ah… protista: makhluk berukuran mikro, bersel tunggal dan memiliki membran inti sel…smg bermanfaat

    Posted by yusuf arie | Oktober 13, 2009, 1:22 pm
  22. pak bisa nggak kirimin istilah yang lebih banyak khususnya untuk zoologi vertebrata teima kasih

    Posted by MARDI HAMZAH | Oktober 15, 2009, 8:40 am
  23. apa sich yg di maksud listrik statis?

    Posted by indri | Oktober 23, 2009, 8:11 am
  24. pak guru saya mau tanya bahasa latinya cicak,gajah,kambing,buaya,sapi,penyu,kerbau,kuda, orang hutan,singa,jagung,mangga,jeruk,pisang,teratai,mawar,jahe,kunyit,kelapa,bawang putih, apa ya kok susah buangeeeeeeet sih………?

    Posted by ayu | November 10, 2009, 2:32 am
  25. pak saya mau tanya arti saraf dorsal dan saraf ventral cepet pak ya alnya butuh cepet

    Posted by bayu kuncoro | November 13, 2009, 5:47 am
  26. difusi itu apa sich pak ????????????????????
    terus keuntungan dari trakea tersusun dari tulang rawan thu apa ??????????????

    Posted by Dhietha | November 17, 2009, 12:51 pm
  27. apa yang dimaksud dengan membran niktitans?

    Posted by Riqah Nefianti | November 24, 2009, 11:52 am
  28. hifa, askus, spora askus, askogonium, anteridium dan trikogin tlng di jelaskan maksudnya????

    Posted by chacha | Desember 16, 2009, 12:08 pm
  29. good sir, mohon dijelaskan perbedaan sintesis dan sintetase

    Posted by hengki | Desember 21, 2009, 12:55 pm
  30. apa sich yg di maksud listrik statis?

    Posted by yusuf hernandes | Januari 28, 2010, 7:27 pm
  31. thank’s bntuuan’x..
    sn9att membntuu ., wadd presentasi ,..

    Posted by meiga ajjah dweeh | Februari 7, 2010, 5:27 am
  32. kalo mata facet itu apa sih/
    bisa di jelasin gk??

    Posted by lita | Februari 23, 2010, 11:02 am
  33. saya mw tanya pengertian dari :
    tubuh triploblastik , segmentasi tubuh . tubuh simetris radial dan bilateral , papula , regenerasi , tentakel , litoral , sistem ambulakral
    sebelum nya makasih……..

    Posted by tiani dewi | Maret 22, 2010, 8:41 am
  34. wah klau bgini Q bisa dgn cpat mengerjakan tugas ku,,..
    thaknx ya,,…

    Posted by ijaz | Maret 30, 2010, 1:18 pm
  35. dear all,

    saya mau tanya pennjelasan tentang ATP, NADP, NADPH dan siklus kreb

    Posted by dhemas | April 5, 2010, 6:05 am
  36. biosintetis nukleusida???

    Posted by ophay | April 19, 2010, 5:51 pm
  37. pak guru, urgent nih………..
    pengertian dari sigi komunitas apa?????
    truz contoh nya apa?????

    Posted by kiki | April 28, 2010, 9:03 pm
  38. Pak, kenapa spermatophyta dsebut jg embryophyta?

    Posted by Ahmad | Mei 6, 2010, 1:44 am
  39. trima kasih ea pak guru,,, ^_^

    Posted by fikri | Juni 4, 2010, 7:15 am
  40. apa sih arti dari sukresi

    Posted by muhammad afrizal | Juni 5, 2010, 5:15 am
  41. apa sih arti baring tonia,wedelia,thespesia,terminalia

    Posted by gembul | Juli 28, 2010, 1:45 am
  42. saya mau tanya nich,apa sich yg dimaksud dengan komula, radikula, kotiledon dan fungsinya ???

    Posted by restia | Juli 28, 2010, 10:29 am
  43. pak guru q mo nanya deskripsi tumbuhan sbb:
    1. Muznia mikranta
    2. siclerea
    3. Rhodomertus conizoides
    4. Borrerea leavis

    makasih atas jwaban nya pak…..

    Posted by yenita susanti | Juli 29, 2010, 1:38 pm
  44. apa sih artinya nerfosis itu?

    Posted by defina | Agustus 1, 2010, 5:39 am
  45. kamus nya kurang lengkap tu………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!nyari pr jadi gak bisa niccccccccccccch

    Posted by soerya ningsih | Agustus 3, 2010, 1:25 pm
  46. rhoe discolor n hydrilla verticilata ??

    Posted by Brantianus Yakobus Sibarani | Agustus 4, 2010, 12:47 pm
  47. pak apa sih perbedaan bunga berumah satu dengan bunga berumah dua?

    Posted by Afifah Syabania Sanubari | Agustus 7, 2010, 7:34 am
  48. apa sih onani itu??????

    Posted by angga pranata | Agustus 12, 2010, 7:14 am
  49. apa yang dimaksud dengan minyak emersi

    Posted by andriansyah | Agustus 15, 2010, 7:11 am
  50. apa arti ophitalmia ??????
    pleace

    Posted by abi | Agustus 30, 2010, 3:14 pm
  51. Klo bisa tolong kasi tahu tentang fungsi jaringan tumbuhan dan hewan…
    klo bisa sekalian perbedaannya juga
    terima kasih

    Posted by Widiatmika | September 1, 2010, 8:54 am
  52. Apa sih arti istilah aquilegla vulgaris dan grevillea preissea,,?? tlong criin y bosss

    Posted by Weri andra | Oktober 2, 2010, 2:01 pm
  53. 1.Apa nama lain cacing pita pada sapi,babi,manusia….
    2.Apa nama virus yang menyebab kan demam berdarah…

    tolong dijawab ya?
    terimakasih sebelum nya?

    Posted by yayan. | Oktober 9, 2010, 3:38 pm
  54. kenapa tidak ada istilah dengan huruf W

    Posted by puguh | Oktober 20, 2010, 2:57 am
  55. dear pak guru, aku mau tanya definisi dari istilah “trakeid pernafasan pada manusia” mohon penjelasan pak guru.
    terima kasih………………

    Posted by dalh | November 15, 2010, 3:51 pm
  56. duh kbetulan.. lg ngrjain tugs biologi nie.. tolong dbntu y..?? mw tnya dund.. apa sie sbener ny fasia..?? mhon dbwt yg jelas yach.. pak guru.. pak guru baik dech….

    Posted by rions aj deh | November 22, 2010, 4:12 pm
  57. Pak aku mau nanya tentang jaringan, sel dan organ bisa dijelasin ngga pak
    TERIMA KASIH

    Posted by RYAN | Desember 1, 2010, 12:00 pm
  58. maaf pak guru, klo kita mw nyari arti kata dr pnamaan tumbuhan itu gmn za? ex: carica papaya, papaya diambil dr kandungan enzim papain pd getah daun pepaya. dsb. mhn bantuannya, trimakasih

    Posted by ana | Januari 13, 2011, 3:34 am
  59. maaf, sebelumnya

    kok gk lengkap yah glosariumnya,,,

    ingin yang lengkap,,,kira-kira almatnya apa yah…yang ada kamus biologi terlengkap online ?

    Posted by salma muqita | Januari 18, 2011, 7:27 am
  60. apa yang di maksud dengan efek muskarinik pada pembuluh darah, efek pada jantung iskenik, efek pada respirasi sel. Sifat kholeretik, anti inflamasi….
    kemudian zat apa yang dapat mempengaruh i hal-hal tersebut di atas…??

    terimakasih..

    Posted by priska | Februari 11, 2011, 1:58 am
  61. Minta Tolong
    Istilah Biologi Di Bawan Ini Apa Ya:
    Gerontologi Adalah…
    Hingeana—-//—-…
    Histologi–//—-…
    kinekologi-//—-…
    Klimatologi//—-…
    Mikologo—//—-…
    Morfologi–//—-…
    Ontogeni—//—-…
    Paleontologi/—-…
    Patologi—//—-…
    Mohon Ada Balasannya
    Mor

    Posted by syaiful | Maret 7, 2011, 7:53 am
  62. pak, kasih yang labih banyak khususnya tentang molusca ya.. terima kasih

    Posted by lazuardy | April 10, 2011, 11:29 am
  63. pak saya mau nanya apa sih arti dari otolit dan juga fungsinya buat apa…………….?

    Posted by saya mw nanya nih | Juni 8, 2011, 10:26 am
  64. Excuse me sir
    I want to some question
    What The Meaning
    1. Adolences
    2. Axilllary bud
    3. Chromosome
    4. Circulatory

    Posted by Khoiru | Juni 25, 2011, 11:23 pm
  65. krennnnn

    d prbnyk lgiiii yhhhhhh..,
    .’4-:::
    mksihhhhhh

    Posted by yunus kucther taw | Juli 15, 2011, 2:08 pm
  66. apasih!!!!!istilah biologi berasal dari kata???tlng di bls yach

    Posted by cilla | Juli 18, 2011, 8:37 am
  67. Bagus bnget untuk belajar?

    Posted by muhammad marzuki | Oktober 1, 2011, 12:10 pm
  68. arti dari pericardialis ada gak brow,,,

    Posted by erdi kurniadi | Oktober 4, 2011, 12:46 am
  69. apa sich yang disebut metagenesis?

    Posted by sarah | Oktober 4, 2011, 1:46 pm
  70. tolong donk, beri penjelasan tntang class hydrolea…?
    pliiiiiiiiis

    Posted by Ahmad Yhoga Pragiswa | Oktober 7, 2011, 8:00 am
  71. apa apa ja ya istilah-istilah biologi dalam zoologi

    Posted by yantie | Oktober 31, 2011, 1:27 pm
  72. istilahnya tambahi lagi….

    Posted by abdullooh | November 8, 2011, 6:09 am
  73. kenapa sehabis makan jika berjalan lambung terasa sakit????

    Posted by nurdin | November 21, 2011, 7:52 am
  74. pak , saya mau bertanya apa kan arti dari ornitologi , pteridologi , icthyologi , mikrobiologi .
    itu saja pak pertanyaan saya terima kasih .

    Posted by fitriana nurul falah | Januari 23, 2012, 2:02 pm
  75. tambah kan lah lagi donk,,,,,biar lebih mantap…..!

    Posted by fuadalhaysi | Januari 24, 2012, 12:30 pm
  76. tlong dounk lebih byk gi…

    Posted by faris | Januari 25, 2012, 7:23 am
  77. pak aku mw tanya tentang gangguan pada sistem pencernaan?????????????

    Posted by edi | Januari 27, 2012, 6:40 am
  78. apa sih heterotof itu ??? dan xerefit,higrofit adalah pengelompokan tumbuhan berdasarkan apa ???

    Posted by tharynosasi | Januari 30, 2012, 9:01 am
  79. Tlng dnx cri’in zzuathu. .

    Posted by Irawati | Februari 4, 2012, 6:11 am
  80. mau tanyak boleh yaa ? :(
    apa sich arti ‘EMILIHANTROGISME’ itu ?

    Posted by lisa anggraini | Februari 18, 2012, 6:31 am
  81. apa definisi dari :
    - parazoa
    - eumetazoa
    - simetri radial
    - simetri bilateral
    - anterior
    - ventral
    - postersor

    Posted by ina saranghae yesung | Maret 8, 2012, 1:09 am
  82. Terima kasih atas info.y, ni sngat membnt bgi saya.

    Posted by Liza | Maret 13, 2012, 2:12 pm
  83. Fungsi fungsi sel tumbuhan

    Posted by Octya | Maret 17, 2012, 3:43 am
  84. pak, apa itu bahan kimia derivatif dan siklodiena??

    Posted by fransisco | Maret 29, 2012, 12:59 am
  85. terimakasih pak blog ini membantu sangat

    Posted by yasricollection | Maret 30, 2012, 3:24 am
  86. Apa Kamus ini bisa di download

    Posted by Moh.Ali ridho | April 22, 2012, 4:31 am
  87. pak, mau tanya
    nama lainnya syaraf motorik itu apa ya?
    eferen apa aferen?

    Posted by santika purwita | Juni 28, 2012, 12:22 pm
  88. pak guru,averhoa carambola itu nama ilmiah dari apa si?mksii

    Posted by ayu alfiyah | Agustus 15, 2012, 6:12 am
  89. mau tanya pak, arti “gysera” itu apa yaah?

    Posted by ruika ananda | Agustus 29, 2012, 5:35 am
  90. Terima kasih atas semuanya:)

    Posted by Muhammad Syahrul Ramadhon | September 11, 2012, 4:27 am
  91. saya mau nanya apa pengertian dari jaringan evitel,jaringan tulang,jaringan saraf,jaringan otot,jaringan dalam,jaringan spons,jaringan palisade,jaringanxlem,jaringan floem,jaringan meristem,jaringansklerenkima,jaringan kolenkima

    Posted by cindy claudya | November 20, 2012, 3:11 pm
  92. apa sih yang dimaksud dengan segmen dan soliter??
    bingung niihh,
    di bantu ya Pak :)

    Posted by Niya | April 24, 2013, 12:32 pm
  93. Artinya SELOMATA Pada Pertumbuhan Hewan Apa Ya????

    Posted by Jeremy Lucker | April 10, 2014, 1:33 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BLOG ini merupakan bentuk ungkapan TERIMA KASIH, seorang alumni/siswa ( I KETUT DIANA ADHI,S.KOM aka kuncunk, kepada bapak/ibu guru khususnya SMU 1 Melaya, Jembrana, Bali yang telah memberi berbagai ilmu selama saya belajar di sekolah tercinta..Jasa bapak / ibu guru tidak akan saya lupakan
Untuk materi, mohon maaf sebesar besarnya, karena basic saya yang cuma orang IT/ computer science, dan cuma bisa mengumpukan bahan dan materi ajar dan menyajikan dalam sebuah BLOG..
Saya merasa materi yang disajikan banyak kekurangannya, mudah mudahan saran dan kritik pengunjung bisa membuat blog ini berguna bagi pendidikan Indonesia..

Mudah mudahan blog ini bisa menjadi motivasi bagi pendidik untuk lebih bisa memanfatkan media IT demi kemajuan pendidikan Indonesia.

MAJU TERUS PENDIDIKAN INDONESIA

Kunjungi Paket Liburan ke Bali

Statistik

  • 7,663,339 hits
Education Sites Catalog
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 136 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: