//
you're reading...
Evolusi

Evolusi Makhluk Hidup


darwinEvolusi ialah proses perubahan yang berlangsung sedikit demi sedikit dan memakan waktu yang lama.

Dikenal 2 macam evolusi:

1. Evolusi progresif :
evolusi meonju pada kemungkinan dapat bertahan hidup (survive).

2. Evolusi regresif (retrogreslf) :
evolusi menuju pada kemungkinan menjadi punah.

Teori evolusi merupakan perpaduan antara ide (gagasan) den fakta (kenyataan). Yang dianggap sebagai pencetus ide evolusi ialah Charles Darwin (1809-1892) yang menerbitkan buku mengenai asal mula spesies pada tahun 1859, dengan judul “On the ofiginof species by means of natural selection” atau “The preservation of favored races in the struggle for life”.

Alfred Wallace (1823-1913) secara terpisah mengembangkan pemikirannya dan menghasilkan konsepsi yang sama dengan pendapat Charles Darwin.

Joseph Hooker, teman Charles Darwin menggabungkan tulisan Alfred Wallace den Charles Darwin. Judul kedua tulisan tersebut menjadi “On the tendency of species to from vafieties and on the perpetuation of vafieties and species by natural means of selection”.

Yang dianggap mengilhami Charles Darwin dengan gagasan evolusinya adalah

1. Jean Baptiste Lamarck (ahli biologi Perancis, 1744-1829).
Yang idenya mengenai evolusi dituangkan dalam bukunya “Philosophic
Zoologique”.

Inti isi buku tersebut :

1.1. Alam sekitar/lingkungan (environment) mempunyai pengaruh pada
ciri-ciri/sifat-sifat yang diwariskan.
1.2. Ciri-ciri/sifat-sifat yang didapat (auquired characters) akan
diwariskan kepada keturunannya.
1.3. Organ yang digunakan akan berkembang, sedan” yang tidak
digunakan akan mengalami kemunduran.

2. Sir Charles Lyell (ahli geologi Inggris, 1797-1875).
Yang menerbitkan buku mengenai prinsip-prinsip geologi “Principles
of Geology” (1830) menyatakan bahwa batuan, pulau-pulau dan
benua selalu mengalami perubahan.

3. Thomas Robert Mathus (ahli ekonomi den kependudukan Inggris).

Pro dan kontra tentang berbagai pendapat tentang masalah evolusi

1. Lamarck vs Weismann :
Weismann (biologiawan Jerman 1834-1912) menentang pendapat Lamarck mengenai diturunkannya sifat-sifat yang diperoleh.

Percobaannya : Dia mengawinkan 2 ekor tikus yang dipotong ekornya ternyata keturunannya tetap berekor panjang. Keadaan ini tetap berlangsung meskipun dilakukan sampai 20 generasi.
2. Lamarck vs Darwin :
Mereka berbeda pendapat mengenai “munculnya” jerapah berleher panjang.

Menurut Lamarck : semula jerapah berleher pendek karena makanan yang berupa daun makin berkurang maka dari generasi ke generasi leher jerapah semakin panjang untuk menjangkau daun yang semakin tinggi letaknya.

Menurut Darwin : dalam populasi jerapah ada yang berleher panjang dan berleher pendek. Dalam kompetisi mendapatkan makanan jerapah berleher panjang tetap bertahan hidup jerapah berleher pendek lenyap secara perlahan-lahan.

3. Spesiasi atau terjadinya spesies baru:
Ada pendapat spesies baru bisa terjadi dari spesies yang sudah ada karena interaksi antara faktor luar dan faktor dalam. Mekanismenya dapat dijelaskan dengan rumus :

F = G + L,

F = fenotip,
G = genotip,
L = lingkungan

maka bila F1 Þ F2 Þ F3 Þ F4 Þ F5 Þ ………….. F12, dimana F12 mungkin sudah jauh berbeda dengan F1 sehingga F12 dapat dinyatakan sebagai spesies baru

Untuk dapat memahami masalah evolusi, perlu dipahami pengertian-pengertian berikut :

A. Pengertian Spesies
Populasi-populasi yang masih mungkin mengadakan pertukaran gen dikatakan termasuk dalam satu spesies.
Variasi atau perbedaan morfologi fisiologi ataupun kelakuan tidak menjadi alasan dipisahkannya dua populasi menjadi dua spesies yang berbeda.

B. lsolasi Reproduksi
Barier (hambatan) geografik dapat memungkinkan terjadinya pemisahan dua populasi (allopatric) keadaan ini memungkinkan terjadinya isolasi reproduksi meskipun kedua populasi tersebut berada dalam satu lingkungan kembali (sympatrik).

C. Macam-macam Isolasi Intrinsik
1. Mekanisme yang mencegah/menghalangi terjadinya perkawinan:
1.1. Isolasi ekogeografi
1.2. Isolasi habitat
1.3. Isolasi iklim/musim
1.4. Isolasi perilaku
1.5. Isolasi mekanik

2. Mekanisme yang mencegah terjadinya hibrida:
2.1. Isolasi gamet
2.2. Isolasi perkembangan
2.3. Ketidakmampuan hidup suatu hibrida

3. Mekanisme yang mencegah kelangsungan hibrida:
3.1. Kemandulan betina
3.2. Eliminasi hibrida yang bersifat selektif

D. Spesiasi Sebagai Akibat Adanya Poliploid
Contoh : pada tanaman bunga Oenothera lamarckiana yang mempunyai
14 kromosom, karena adanya peristiwa gagal berpisah (non-
disjungtion) terjadi keturunan dengan 28 kromosom yang
kemudian diberi nama Oenothera gigas.

Kedua Oenothera tersebut dibedakan spesiesnya oleh karena
pada persilangan antara keduanya akan menghasilkan
keturunan yang triploid dan kemudian ternyata steril.

E. Radiasi Adaptif
Contoh klasik radiasi adaptif adalah variasi dari burung finch di kepulauan Gallapagos, perbedaannya pada besar dan bentuk paruh, kebiasaan makan dan pada kelakuan yang lain.

F. Divergensi, Kepunaban, Konvergensi
Peristiwa radiasi adaptif merupakan peristiwa dimana dari satu spesies timbul dua atau beberapa spesies.

Kalau dibuat garis keturunannya maka terlihat adanya garis-garis yang menyebar (divergen) oleh sebab itu peristiwa ini disebut divergensi.
Banyak sebab-sebab kepunahan, antara lain karena perubahan alam sekitar yang begitu cepat yang tidak dapat diikuti dengan adaptasi/
re-adaptasi makhluk hidup tersebut, juga sebab-sebab biologik, seperti adanya peristiwa kompetisi antara organisme yang mempunyai kebutuhan sama.

Konvergensi adalah peristiwa dimana dua makhluk atau lebih menghuni tempat hidup yang sama, tetapi makhluk tersebut memiliki asal-usul yang berbeda, hubungan yang jauh tetapi kemudian karena berada dalam tempat yang sama mempunyai organ-organ yang fungsinya serupa.

Petunjuk – Petunjuk Adanya Evolusi

1. Anatomi Perbandingan
Dari studi anatomi perbandingan dapat diketabui bahwa alat-alat fungsional pada pelbagai binatang dapat dibedakan menjadi 2, yaitu:

a. Homologi
alat tubuh yang mempunyai bentuk yang berbeda dan fungsinya berbeda namun kalau diteliti mempunyai bentuk dasar sama.

b. Analogi
alat-alat tubuh yang mempunyai bentuk dasar yang berbeda namun karena perkembangan evolusi yang konvergen alat-alat tersebut mempunyai fungsi yang sama.

2. Embriolog Perbandingan
Embrio hewan bersel banyak mengalarni kesamaan perkembangan embrio, berawal dari zygot Þ blastula Þ gastrula, kemudian mengalami diferensiasi sehingga terbentuk bermacam-macam alat tubuh.

Ernest Haeckel, mengatakan tentang adanya peristiwa ulangan ontogeni yang serupa dengan peristiwa filogeninya, dia sebut teori rekapitulasi.

Cotoh: adanya rekapitulasi adalah perkembangan terjadinya jantung pada mamalia yang dimulai dengan perkembangan yang menyerupai ikan, selanjutnya menyerupai embrio amfibi, selanjutnya menyerupai perkembangan embrio reptil.

3. Perbandingan Fisiologi
Telah diketahui ada kemiripan dalam faal antara pelbagai makhluk mulai dari mikroorganisme sampai manusia, misalnya :
• kemiripan dalam kegiatan pernafasan.
• pembentukan ATP dan penggunaannya dalam pelbagai proses kehidupan adalah serupa pada hampir semua organisme.

4. Petunjuk-petunjuk Secara Biokimia
Digunakan uji presipitin yang pada dasarnya adanya reaksi antara antigen-antibodi.
Banyaknya endapan yang terjadi sebagai akibat reaksi tersebut digunakan untuk menentukan jauh-dekatnya hubungan antara organisme yang satu dengan yang lainnya.
5. Petunjuk-petunjuk Peristiwa Domestikasi
Menguhah tanaman dan hewan liar menjadi tanaman dan hewan yang dapat dikuasai dan bermanfaat sesuai dengan keinginan manusia adalah akibat dari peristiwa domestikasi.
Contoh: penyilangan burung-burung merpati, sehingga dijumpai adanya 150 variasi burung, yang di antaranya begitu berbeda hingga dapat dianggap sebagai spesies berbeda.

6. Petunjuk-petunjuk dari alat tubuh yang tersisa
Alat-alat yang tersisa dianggap sebagai bukti adanya proses evolusi, alat-alat ini sudah tidak berguna namun ternyata masih dijumpai.
Contoh : Pada manusia :
• selaput mata pada sudut mata sebelah dalam
• tulang ekor
• gigi taring yang runcing

7. Petunjuk-petunjuk Paleontologi
Telah diketabui bahwa fosil dapat digunakan sebagai petunjuk adanya evolusi.
Contoh : Urutan fosil kuda:
dari Eohippus (kuda zaman Eosin) Þ Mesohippus Þ
Merychippus Þ Pliohippus Þ Equas (kuda zaman sekarang).

A. Pendapat Teilhard de Chardin mengenai proses evolusi
Proses evolusi dibedakan menjadi 3 tahap, yaitu:

1. Tahap Geosfer:
Tahap ini adalah tahap pra-hidup, tahap perubahan yang terutama
menyangkut perubahan tata surya.

2. fahap Biosfer:
Kalau ada tahap geosfer yang menjadi masalah adalah adanya
“loncatan” dari materi tak hidup menjadi “materi” hidup, maka pada
tahap biosfer yang dimasalahkan adalah “loncatan” munculnya
manusia.

3. Tahap Nesosfer:
Menurut Teilhard, yang penting pada makhluk, hidup dalam hal ini
manusia adalah terjadinya evolusi mengenai kesadaran batinnya yang
semakin mantap.

B. Penetapan Umur Fosil
Penetapan umur fosil dapat dilakukan 2 cara:
• Cara tidak langsung : yaitu dilakukan dengan mengukur umur lapisan
bumi tempat fosil ditemukan.
• Cara langsung : yaitu dengan mengukur umur fosil itu sendiri.

Beberapa contoh penetapan umur fosil :
1. Berdasarkan peristiwa laju erosi
2. Berdasarkan peristiwa laju sedimentasi
3. Kandungan garam
4. Penentuan umur dengan zat radioaktif

C. Evolusi Manusia
Fosil subhuman tertua adalah Australophitecus, wujudnya lebih menyerupai kera daripada manusia, kemudian muncul manusia kera dari Jawa, Pitecanthropus erectus yang hidup pada ± 500.000 tahun yang lalu, sudah lebih menyerupai manusia daripada kera, volume otaknya ± 1000 cc, sedang pada gorilla ± 600 cc dan pada manusia modern ± 1500 cc, subhuman yang lain adalah Homo neanderthalensis, makhluk ini hidup pada pertengahan akhir Pleistocene, ± 500.000 sampai 50.000 tahun yang lalu, orang beranggapan bahwa makhluk ini manusia primitif yang pertama. Secara tepat takdapat diketahui kapan manusia modern ini muncul, tetapi mungkin yang tertua adalah tengkorak Swanscombe yang umurnya 300.000 tahun dan mungkin sekali lebih tua lagi, yaitu sekitar 500.000 tahun yang lalu makhluk ini pun diduga berasal dari Pithecarthropus. Maunusia modern yang mengganti kan Homo neanderthalensis adalah manusia Cro-maguon yang hidup sekitar 50.000 – 20.000 tahun yang lalu.

Tentang iklan-iklan ini

Diskusi

50 thoughts on “Evolusi Makhluk Hidup

  1. Tulisan yang menarik Pak, bagaimana pendapat Anda mengenai pendapat Harun Yahya mengenai evolusi yang banyak dipublikasikan akhir akhir ini? Bahkan videonya ada, sebagai referensi harunyahya.com . Tris,

    Posted by bayupancoro | Januari 5, 2009, 4:25 am
  2. PERNAH TAHU TENTANG TEORI BIPEDALITAS? TEORI TERSEBUT SANGAT BERTENTANGAN DENGAN TEORI EVOLUSI, BAGAIMANA PENDAPAT ANDA?

    Posted by tetragammadion | Januari 15, 2009, 1:55 pm
  3. Teori Evolusi sekarang mulai ditinggalkan karena tidak terbukti dengan benar, secara akal sehat dan logika khususnya saya selaku muslim dengan jelas dan gamblang bahwa manusia diciptakan pada saat pertama kali telah dengan sempurna….mungkin benar yang ditemukan oleh pencipta teori evolusi itu adalah fosil tapi bukan manusia melainkan binatang…..

    saya sependapat dengan bayupancoro bahwa teori penciptaan lebih realistis dalam kebenarannya

    salam kopi pagi sahabatku

    Posted by omiyan | Januari 16, 2009, 2:32 am
  4. UWH….GTU Y,AQ COPY EA…

    Posted by hanlea | Januari 17, 2009, 7:24 am
  5. *lihat komentar diatas*

    Kalau mau menjatuhkan/meruntuhkan sebuah Teori Ilmiah, maka gunakan juga TEORI ILMIAH dan jangan gunakan teori lain yang tidak ilmiah. Apa teori penciptaan itu sesuai dengan keilmuan atau sesuai dengan keimanan ? :)

    Terkecuali alat uji di dunia ilmiah sekarang sudah berganti jadi iman. :lol:

    Posted by goldfriend | Januari 18, 2009, 1:54 pm
  6. saia setuju dengan omiyan.
    kenapa? pertama karena saia oreang Islam, di Al-quran–juga mungkin di kitab suci agama lain– diceritakan kalo manusia pertama adalah nabi Adam! jadi kenapa harus susah” nyari bukti masa lalu. toh itu sia” lagipula di beberapa negara teori Darwinisme mulai kehilangan “penggemar”

    Posted by Treante | Januari 26, 2009, 8:37 am
  7. aduh pak..
    jangan bawa2 agama..
    kalo bawa2 agama, SEMUA teori di dunia ini pun ga akan ada yang nyambung toh..O_o
    kita bicara REALITAS…
    agama hanya kepercayaan di tiap individu masing2…=p

    Posted by WhiteAddict | Januari 29, 2009, 5:02 pm
  8. mungkin yang dimaksud adalah kera yang mirip manusia. Bolehlah namanya juga teori. Manusia tetap manusia lho

    Posted by oktaf | Februari 7, 2009, 5:50 am
  9. INTERUPSI !,,,

    saya kaga setuju,,pokoknya CHARLES DARWIN ADLAH ORANG TOLOL YANG CARI SENSASI
    ,,,,NIH HIPOTESIS ANAK SMU !

    “darwin babingepetkuadrat cuih cuih bilang,kalo manusia keturunan kera,yang mana kera ntu udah berevolusi selama beratus bahkan ribuan tahun karena seleksi alam sehingga dapat berjalan tegak di atas kedua kakinya,,,”

    itu aj udah cukup buat nyangkal teori kakek jidat jenong tukang onani !!,kenapa??nih,:

    1. kalo emg manusia itu evolusi kera,berarti semua kera berevolusi jadi manusia,TAPI kenapa masi ada kera
    di zaman sekarang?? apa itu berarti kera tersebut MEMILIH untuk tidak berevolusi???

    2. dan kalo emang pernyataan itu salah(maksudnya, manusia itu evo dari kera),baca lagi nih,
    KERA ke MANUSIA butuh ribuan tahun,,,,,untuk berevolusi.
    tapi kenapa selama udah lebih dari 2000 tahun MANUSIA ga berubah berubah lagi ke bentuk lain ?? kenapa HAH kenapa HAH?? jawab DARWIN,,bisanya entot monyet doang..,apa itu berarti evolusi sudah berhenti ??,,kalo iya,,coba paparkan kenapa evolusi itu berhenti ??,,kalo elo bilang “karena sudah mencapai kesempurnaan”,,gue tanya lagi,,tau darimana kalo bentuk manusia yg sekarang adalah bentuk yang sempurna dari kera???

    DARWIN TOLOL GOBLOK KUADRAT !!!!,,,tuh interupsi dari gue,,trus,,kalo ada yg ngerasa salah satu penganut darwin,,SINI KETEMU GUE !!,,

    pelajar SMU JAKARTA SELATAN

    Posted by anak_smu_kritis | Maret 22, 2009, 3:27 pm
  10. Assalamu’alaikum….
    punten ngiring ngomen,,, hanya ingin mengkritisi sajah,,, mugia aya mangpaatna.
    coba teori ini dikemas dengan merujuk pada beberapa penelitian terakhir karya Harun Yahya dengan bukunya yang sangat fenomenal “Keruntuhan Teori Evolusi”. Supaya ada titik balik dan perbandingan sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman pada sebagian pihak.
    haturnuhun,,,
    Wassalam.

    acep-bihbuls…

    Posted by cep angga | April 20, 2009, 8:19 am
  11. saya cuma ingin memberi sedikit komentar saja….
    sejauh yang saya tahu tentang evolusi, tidak dikatakan bahwa kera merupakan nenek moyang manusia. Tapi dikatakan bahwa kera, manusia dan semua makhluk hidup memiliki 1 nenek moyang yang menjalani perubahan yang berbeda masing-masing sehingga membentuk spesies yang berbeda-beda yang ada sekarang.
    Proses evolusi sampai sekarang masih terjadi, hanya saja karena suatu perubahan itu sendiri berlangsung lama, maka bukan hal yang aneh kalau kita tidak mengetahui bagaimana terjadinya proses evolusi. karna itu evolusi merupakan sebuah ilmu yang tidak akan bisa dibuktikan karna kita (manusia) tidak memiliki waktu hidup yang cukup panjang untuk mengamati jalannya proses evolusi, tetapi keberadaan evolusi sebagai ilmu (bukan lagi suatu teori) diakui dengan adanya bukti-bukti seperti adanya fosil, kesamaan morfologi pada taksa-taksa di klasifikasi, studi embriologi, dan lainnya.

    regards

    Posted by mr lonely | Mei 23, 2009, 3:37 pm
  12. Model neo-Darwinis, yang dapat kita anggap sebagai teori evolusi yang “paling diakui” saat ini, menyatakan bahwa kehidupan telah mengalami perubahan atau berevolusi melalui dua mekanisme alamiah: “seleksi alam” dan “mutasi”. Dasar teori ini sebagai berikut: seleksi alam dan mutasi adalah dua mekanisme yang saling melengkapi. Modifikasi evolusioner berasal dari mutasi secara acak yang terjadi pada struktur genetis makhluk hidup. Sifat-sifat yang ditimbulkan oleh mutasi kemudian diseleksi melalui mekanisme seleksi alam dan dengan demikian makhluk hidup berevolusi.

    Akan tetapi jika teori ini kita teliti lebih jauh, ternyata mekanisme evolusi semacam ini tidak ada sama sekali, sebab tidak ada kontribusi dari seleksi alam maupun mutasi kepada pernyataan bahwa beragam spesies telah berevolusi dan berubah dari satu spesies menjadi spesies yang lain.

    Seleksi Alam

    Sebagai suatu proses alamiah, seleksi alam telah dikenal ahli biologi sebelum Darwin, yang mendefinisikannya sebagai “mekanisme yang menjaga agar spesies tidak berubah tanpa menjadi rusak”. Darwin adalah orang pertama yang mengemukakan bahwa proses ini memiliki kekuatan evolusi. Ia kemudian membangun seluruh teorinya berlandaskan pernyataan tersebut. Seleksi alam sebagai dasar teori Darwin ditunjukkan oleh judul yang ia berikan pada bukunya: The Origin of Species, by means of Natural Selection….
    Akan tetapi, sejak masa Darwin, tidak pernah dikemukakan sebuah bukti pun yang menunjukkan bahwa seleksi alam telah menyebabkan makhluk hidup berevolusi. Colin Patterson, seorang ahli paleontologi senior pada Museum of Natural History di Inggris, yang juga seorang evolusionis terkemuka, menegaskan bahwa seleksi alam tidak pernah ditemukan memiliki kekuatan yang menyebabkan sesuatu berevolusi:
    Tidak seorang pun pernah menghasilkan suatu spesies melalui mekanisme seleksi alam, bahkan sekadar untuk mendekatinya. Kebanyakan perdebatan dalam neo-Darwinisme sekarang ini adalah seputar pertanyaan ini
    darwin mengatakan bahwa manusia dan kera (primata) berasal dri stu nenek moyang tetapi munsia berevolusi
    hal ini mustahil akan terdapat btuk peralihan yg pling arwin gunakan yaitu fosil fosil dari bentuk manusia lama menjadi modern (homo sapiens) harusnya terdapat fosil peralihan hal inilah yg membuat darwin sendiri bngung mengapa tidak terdapat byak fosil makluk hidup dlm peralihanny dan ktakan ketika manusia berevolusi bgaimana dngan kera tersebut apakah berevolui juga khan dlm seleksi alam terdapt kekuatan evolusi n dpt d simpulkan bila hnya manusia yg berevolusi maka kita dhulu sma dngn kera hal ini mustahil ….wassalam

    Posted by Bondan | Agustus 8, 2009, 2:00 pm
  13. menurut saya teori evolusi itu benar, mana mungkin allah langsung membuat manusia langsung jadi “cling” tiba2 ada.

    saya pernah mendengar bahwa allah mengambil berbagai macam tanah dari berbagai blahan dunia u/ menciptakan manusia dan memerintahkan malaikat untuk mengambilnya(manusia /kera melakukan migrasi), dan tanah yang buruk allah buang, dan yang baik diambil u/ bahan manusia, lalu allah menghujan-hujaninya dengan air ribuan tahun dan memanasinya denagan matahari ribuan tahun. ada hikmah dibalik itu.

    kemudian jadilah adam di surga yang mungkin masih dalam keadaan ruh, sementara di bumi proses evolusi berjalan berawal dari sel, berkembang, kemudian kera, dan setelah itu menjadi sempurna. kemudian terjadilah adam mendurhakai allah, ada rencana allah dibalik itu smua. yaitu meniupkan ruh adam ke bumi dalam ruh makhluk yang telah berkembang/berevolusi dengan sangat sempurna. bukti bahwa adam turun ke bumi dalam keadaan bugil, setelah memakai baju dan perhiasan. adalah rangkaian evolusi.

    karena proses evolusi telah selesai dengan sempurna!!!!

    Posted by azwin nag skul | Agustus 24, 2009, 2:46 am
  14. tidak bijak, dan betapa sombong serta angkuhnya manusia tidak mengakui manusia adalh bagian dari rangkaian evolusi, maka dari itu manusia menguras sumberdaya alam, membunuhi binatang, menebang pohon, dll. tidak sadar bahwa manusia bagian dari evolusi. tanpa keterkaitan alam proses evolusi akan berhenti.

    tanpa ada evolusi, manusia di belahan eropa tidak berkulit putih, irian tidak berkulit hitam, kulit menyesuaikan kadar sinar matahari selama ribuan tahun.

    tanpa ada evolusi, manusia di eropa dan di asia tidak memiliki tinggi yang berbeda karena pengaruhperbedaan grafitasi di kutub dan katulistiwa.

    Posted by azwin nag skul | Agustus 24, 2009, 2:56 am
  15. nimbrung aja nih, berdasarkan bukti2 yang dijabarkan oleh Harun Yahya (menurut saya itu sangat ilmiah) bahwa evolusi itu hanya angan2 Darwin, bukti2 menunjukkan bahwa evolusi tidak pernah terjadi..
    yang terjadi adalah kepunahan……….

    mahluk hidup ada sudah dalam bentuknya masing2, tidak berasal dari bentuk mahluk hidup yang lain…

    adapun kemiripan bukannlah bukti bahwa mahluk hidup itu berevolusi….

    Posted by tongki | September 25, 2009, 6:34 am
  16. Saya heran kenapa di Indonesia berkembang pemahaman bahwa manusia berasal dari kera dan itupun katanya juga merupakan teori evolusinya Darwin. Padahal dalam bukunya “The Origin of Species” Darwin tidak pernah menyatakan demikian. Mungkin ada yang perlu dibenahi dalam pengajaran sains di negara kita supaya siswa-siswa kita tidak mengumpat-umpat Darwin dengan teorinya tanpa tahu apa sebenarnya pendapat Darwin. Mohon bagi para guru untuk mencari pengetahuan lebih supaya tidak menjerumuskan siswanya dalam kebodohan yang terbungkus kepintaran.

    Posted by ratna (S2 Biologi UGM) | Oktober 23, 2009, 3:07 am
  17. i like it.. thanks for this blog… very very to help..

    Posted by muhsinin | November 17, 2009, 1:28 pm
  18. bapak2, ibu2, kakak dan adik2 sekalian, sebenarnya sudah baca bukunya darwin belum sich?! komentarnya kok lucu2. bahkan ada yg maki2 darwin hehehe…padahal blm baca bukunya..ya itulah kita tersesatkan oleh informasi sesat yang mengatakan manusia berasal dari kera. entah dari siapa info itu berasal. padahal kalo kita pahami buku darwin “the origin of species” tdk pernah darwin mengatakan manusia berasal dari kera. saran saya untuk “pelajar SMU JAKARTA SELATAN” belajar dulu evolusi dari sumber yang paham evolusi darwin baru komentar..okey?! semoga di negeri ini muncul pelajar yg pinter dan bisa jd orang hebat di indonesia ..MERDEKA!!

    Posted by joni | Desember 23, 2009, 5:14 am
  19. Saya menanggapi Ibu Ratna tentang menyuru gurunya mencari pengetahuan yang lebih itu maksudnya apa ??? Dan anda menganggap para guru menjerumuskan murid ??? Selama saya sekolah di SMAN 21 Surabaya, saya merasa tidak ada masalah dengan pembelajarannya !!! Kita selalu dituntut open mind dengan segala macam teori-teori yang berhubungan dengan sains, agar menambah khasanah keilmuan kita sendiri !!! Kalau masalah teori darwin, alangkah baiknya jangan dibuat polemik sampai ada salah satu pihak disalahkan !!! Lebih baik teori yang tidak pernah bisa dijelaskan secara ilmiah ini, hanya menjadi sejarah perkembangan pemikiran manusia saja !!! Tidak usah dibwat panjang lebar !!!! Di Jepang materi ini ditiadakan !!! Mohon maaf jika kurang berkenen.

    Posted by dithya(Siswa SMA) | Desember 31, 2009, 2:06 pm
  20. orang-orang munaf memang pinternya menghujat,,,,orang pinter dihujat orang bodoh …..maju terus ilmuwan

    Posted by one | Januari 2, 2010, 2:40 am
  21. Maap, ngikut ngomong .
    Perlu d tkan kan,
    1. Teori apa pun, jika d hubungkan dengan religi, ga akan pernah nyambung .
    Jd tolong gunakan logika ilmiah ktika membicrakan haL ilmiah . Kalau toh d hubungkan, untuk apa ada biologi ? Kalau sakit pun, tak perlu obat tak apa, biar lebih cepat b’tmu Tuhan . Jd tolong gunakan logika .
    2. Kata guru Bio SMA saya, beliau menekankan bahwa Darwin sama tidak mengatakan bahwa KERA adaLah nenek moyang MANUSIA .
    Jd mohon cari data yang valid t’lebih dahulu sblum b’kata hal ilmiah, kcuali mitos” alam .

    Posted by Siswa_sma_'07-'10 | Januari 6, 2010, 4:31 pm
  22. udah ga usah pada percaya…
    lha wong daftar pustakanya aja ga ada…
    mana bisa valid tulisannya

    Posted by Autohide | Februari 6, 2010, 2:47 pm
  23. Assalamu’alaikum
    punten ya akang2 skalian, sya jg mw sdikit brkomentar…

    apa yg dijelasin si darwin tuh emang ckup ilmiah, tp evident yg dia punya gk bsa mnguatkan pndapatnya…Al Qur’an yg notabene firman Allah SWT jlas2 mnuliskan klo mnusia prtama adalah nabi Adam as…bkn prubahan dri kera atau smacamnya…dan untuk hal yg terpenting : science without religion is blind…jd kta gk bsa memisahkan antara sains dgn agama…cba si Darwin memplajari Al Qur’an atau kitab suci agama lain (injil, wedha dll), sya yakin teori yg kacau ini akan lbih rasional lg…klo emg manusia itu hsil evolusi kera, brarti akang2 termasuk sya dan si Darwin jg trunan makhluk berbulu yg doyan makan psang dan garuk pantat ama kepala (baca: kera dan sjenisnya)…emg akang2 mw disamain sma monyet?klo sya mah gk lah, mkasih deh…teori ini sngat absurd dan tdak rasional sma skali…sya lbih stuju sma bapak Harun Yahya ktimbang si Darwin…

    that’s all, mkasih ia akang2…

    wassalamu’alaikum ^^

    Posted by teguh-high-school-boy | Februari 26, 2010, 2:34 pm
  24. klw menurut Q evolusi itu emang gak ada… teori yang dikemukakan oleh darwin itu hanya khayalan BELAKA SI darwin… seleksi alam gak menghasilkan spesies baru tapi hanya menyeleksi makhluk tersebut. contoh yang dikemukakan oleh darwin sendiri itu misalnya ada 2 jenis burung yang masing-masing memiliki paruh yang tebal dan tipis, ketika musim kemarau datang, biji-bijian yang tersedia hanya biji2an yang besar, kemudian burung yang memiliki paruh yang tipis tidak mampu menghancurkan biji2an tsb sehingga yang mampu bertahan hidup adalah burung yang memiliki paruh yang tebal. Lagipula SUNGGUH GAK MASUK AKAL… semua makhluk hidup memiliki nenek moyang yang sama.. BELUM ADA BUKTI FOSIL YANG DITEMUKAN DALAM BENTUK PERALIHAN MISALNYA SAJA PERALIHAN ANTARA PISCES DENGAN AMFIBI,TRZ.. kLW EMANK MANUSIA DAN KERA MEMILIKI NENEK MOYANG YANG SAMA, GIMANA BENTUK ATW RUPA NENEK MOYANGNYA???????? DAN BAGAIMANA PROSESNYA PERUBAHAN ITU…..????????

    Posted by ichie | Mei 21, 2010, 1:43 am
  25. evolusi mmng membingungkan,
    krn tk ada bukti langsung yg bisa disaksikan semuanya dlm bentuk fosil dr masa lalu.
    tp saya percaya dg evolusi
    evolusi membuat semua yg ada di alam ini dpt dipelajari dan diamati, evolusi jg membuat alam ini tak pernah akan habis dipelajari oleh manusia (ilmu tuhan tak ada batasnya) krn akan selalu ada hal hal baru di alam ini

    Posted by edin rait | Juli 27, 2010, 9:50 am
  26. haha, emg lo org tau drmn kalo evolusi itu ga ada?
    jangan sok sok tau dah, kalo emg ga ad bukti kongkrit.
    ckck. prihatin dah gw, anak *SMU Jaksel* di atas, bisa ngomong ento* dsb. ckck
    kalo ga ada bukti kalo ga ada evolusi, ga usah ngomong mas. :)
    oia, gw rasa lu itu anak IPA bego ya?? baca lagi sono buku bio lu, baru komen ksini. ==”

    Posted by XYZ | November 4, 2010, 6:55 pm
  27. dah lah, pengetahuan jangan di campur adukan dengan iman..
    kalo kaya gitu mah gak bakal ketemu titik terangnya dan gak da habis2nya..
    contohnya gimana semua ini berasal..
    klo pake ilmu pengetahuan gak pasti jawabannya, klo pake iman gak bisa dibuktikan dengan teori yang rasional..
    klo masalah evolusi itu walau saya gak tau pasti tapi saya rada setuju ma darwin karna gak mungkin manusia ada gt aja, pasti semuanya ada prosesnya dari awal sampai akhir..
    klo secara lengkapnya butuh pemahaman yang mendalam gak cuma asal terima atau asal gak terima..
    thankss

    Posted by adtya dian | Januari 5, 2011, 9:15 am
  28. terima kasih pak.,berkat blok anda ini tugas saya jadi terselesaikan.,.

    Posted by ika novita khasanah | Januari 11, 2011, 1:19 pm
  29. Saya anti darwin… alasannya… tonton saja video harun yahya.. “keruntuhan Teori Evolusi”
    Darwin hidup di masa dunia pengetahuan hanya secara tebak-tebakan.. darwin tidak pernah membuat penelitian sebagaimana penelitian Harun Yahya..

    Posted by zaki | Januari 19, 2011, 7:15 pm
  30. Menurut saya’ ini hanyalah keslapahaman guru menyampaikan kpd siswax terhada teorix darwin’dalam pemahaman meraka juga munkin nda mengerti dengan bahasa buku “The origin of Species” dan munkin yang merka pahami karena pemberian sampel yang hampir mendekati kesempurnaan manusia itu yang salah dalam pemahamannya’ karena org hutang memiliki 90 struktur selnya sama dengan manusia… dan bhasa penganut ilmu turunannya darwin pula manusia itu seperti binatang karena dia mudah d’ suruh dan sembanrang qt perintah kaya binatang’ dalam buku ‘filsafat birokrasi dan agama’!!!!

    Posted by DheWa | Maret 9, 2011, 1:28 pm
  31. terimakasih bnyak infonya ya. kebetulan saya lagi butuh materi ini. :)

    Posted by Jasa Desain Grafis | Mei 18, 2011, 10:28 am
  32. se7 dgn teori darwin,liat aj peradaban manusia di daerah trpencil sperti papua,bandingkan dngan manusia dijakarta. Manusia yg ada di papua (maaf)lbih mirip kera,namun perlahan kini menjadi lebih sempurna,dan kehidupan sosial disana juga mulai menjadi lebih manusiawi,mulai berkurangnya perang antar suku dimana mereka sudah lebih menghargai manusia lainya. Dan mnurut pndapat saya,tingkat ksempurnaan manusia sudah lewat,dan kembali kepada tingkat kebinatanganya dimana keegoisanya semakin berar,dan seperti binatang mengeksplorasi alam tanpa memperbaikinya…untuk lbih jelasnya tonton film ‘IDIOCRAZY’

    Posted by situngkir | Juni 8, 2011, 12:14 pm
  33. Teori dasar Evolusi menyatakan bahwa mahluk yang mula-mula berkembang dari benda mati, kemudian seraya waktu berlalu mahluk awal ini berkembang menjadi berbagai mahluk yang ada di ata buni sekarang ini. Tetapi yang menjadi persoalan teori dasar evolusi ini tidak dapat dibuktikan secara ilmiah, karena tidak pernah ada satu pun ahli-ahli kimia di dunia ini yang berhasil melakukan eksperimen untuk mencoba menghasilkan bahan dasar mahluk hidup (asam Amino) dari benda mati. dari sini sudah cukup bukti yang mendasar bahwa EVOLUSI itu tidak pernah ada.
    Jika ada perubahan-perubahan dalam mahluk hidup, itu bukan bukti bahwa evolusi itu ada , tetapi itu hanya MUTASI genetika dari mahluk itu sendiri. mutasi genetika ini tidak pernah menghasilkan mahluk yang satu menjadi mahluk yang lain, tetapi hanya menghasilkan beberapa varietas dari mahluk-mahluk yang sejenis. Misalnya banyak ras manusia itu bukanlah bukti adanya evolusi, melainkan bukti adanya variasi genetika dalam diri manusia. dan manusia itu tidak akan menjadi mahluk yang lain wujudnya, melainkan hanya tetapi menjadi manusia hanya rasnya menjadi berbeda-beda. sekali lagi itu bukan Evolusi tetapi hanya mutasi

    Posted by Tom | Juli 21, 2011, 5:23 am
  34. tolong jangan hubungkan ilmu biologi dengan ilmu agama .
    karena ilmu biologi itu masih perlu penelitian dengan terus menerus,jika ilmu agama sudah jadi kehendak yang diatas .

    Posted by \ | Juli 24, 2011, 1:25 pm
  35. sewbenar nya mengapa harus trjadio evolusi . dan betul nya pernah dengar dn lupa apa sih kegunaan evolusi tu ? sebetul nya tolong jawab dan krim ke email saya

    Posted by rizky sugeng | Desember 25, 2011, 9:55 am
  36. saya baru tau klo ada org yang menganggap orang adalah hewan..
    padahal menurut Tuhan ,,kita adalah ciptaan yg paling sempurna///
    apakah monyet bisa ngomong bahasa manusia??
    tidak kan??
    monyet tdk bisa membuat atau bahkan mengubah sesuatu sekalipun…betul ga??

    klo blm percaya ,,bsk kita tanya sm yg punya DUNIA INI//

    Posted by barzilai | Januari 2, 2012, 12:20 pm
  37. bagus..bagus…bagusssss

    Posted by ska79 | Januari 5, 2012, 12:17 pm
  38. evolusi …seuaatu yang selalu diperdebatkan… saya tak akan jawab ..tetapi memberikan suatu kasus…pada teori darwin tentang asal usul jerapah …jerapah leher pendek mati dan musnah karena tidak mampu menyesuaikan dengan lingkungannya …burung finch yg migrasi dari daratan Amerika selatan ( pemakan biji ) ke galapagos tidak mati karena ia mampu menyesuaikan diri. Mengapa jerapah leher pendek kok tidak seperti burung finch yg mampu menyesuaikan diri ..dan langsung punah begitu aja ….. oke kutunggu pemikiran para evolusioner …

    Posted by agus s | Januari 10, 2012, 6:35 am
  39. Jadi anggapan bahwa adanya manusia purba itu salah dong? Jadi manusia purba hanya kera sempurna yang menyerupai manusia purba? Jadi sebenarnya tidak ada manusia purba?

    Posted by Elvan Arydoni Budi S (@elvansusilo) | Februari 28, 2012, 12:36 pm
  40. kalo virus itu masuk mana yaaaa, apa mahluk ini juga alami evolusi

    Posted by ugm | Mei 2, 2012, 1:45 pm
  41. saya sangat berterimakasih kepada bapak CHARLES DARWIN, atas penjelasan tentang sejarah terbentuknya makhluk hidup. tapi Pak alangkah baiknya kalau dilintasi dengan gambaran yang dapat menunjukkan pernyataan tersebut.

    penasaran juga yaaa…. Apa yang menjadi sifst-sifat dasarn makhluk hidup

    Posted by Harita Sesuaikan | September 8, 2012, 5:26 am
  42. bagaiman evolusi itu bisa terjadi?

    Posted by wenny | September 15, 2012, 1:10 pm
  43. memang manusia itu termasuk dalam kategori satu family dengan kera, tapi bukan berarti manusia itu berasal dari kera,,, karena manusia dan kera itu sudah memiliki bentuk dan struktur jaringan yang berbeda hanya 40% dari kemiripan itu. tapi harus kita ketahui bahwa musia termasuk juga dalam kategori hewan, bukan termasuk dalam tumbuhan karena manusia dan hewan memiliki kesamaan yaitu tiap saat tidak selalu tumbuh sebagaimana mestinya tumbuhan yang hidupnya selalu tumbuhpada seluruh organ jaringannya

    Posted by ervina | September 21, 2012, 8:41 am
  44. thanks…………….

    Posted by agus riyadi | Desember 9, 2012, 11:03 pm
  45. saya baru saja selesai mengajar materi evolusi kpd siswa di bimbel, saya menyampaikan sebisa mungkin agar tidak ada kekeliruan dalam benak siswa saya tentunya, saya termasuk org yg menerima teori evolusi meskipun dlm beberapa hal masing banyak kebingungan yg muncul, menurut sy dalam ajaran agama apapun tidak dibenarkan untuk memvonis sesuatu apalagi sampai menghina dan menghujat sebab bukankah itu berarti kita sendiri telah melakukan dosa yang nyata, sebagai manusia memang sudah seharusnya kita mengkaji berbagai hal yang ada di dunia ini tanpa harus melupakan kewajiban sebagai khalifah di bumi ini..saya kira ini hanya soal bagaimana kita bisa mengambil manfaat dari semuanya toh menurut saya teori evolsi tidak mengandung unsur yang merugikan orang lain, terima atau tidak itu terserah anda yang jelas jangan sampai menghujat orang lain!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Posted by reski amalia | Desember 23, 2012, 11:40 am
  46. 1) kenapa sih cuma teori darwin yang diperdebatkan sampai sekarang? teori klasifikasi makhluk hidup oleh carolus linnaeus yang membuat kita se-ordo dengan kera kok ga diperdebatkan? saya masih kurang paham.

    2) menurut sumber buku yang saya baca, burung finch berasal dari satu jenis nenek moyang yang sama dan terisolasi geografi. dan terseleksi oleh alam. karena makanan yang berbeda-beda jadi paruhnya juga berbeda. yang saya tanyakan, kenapa kenapa dari satu jenis nenek moyang bisa berubah menjadi bermacam-macam burung finch yang berbeda paruhnya dan bisa pula diturunkan sifatnya itu kepada generasinya. misalnya, nenek moyang burung finch terisolasi di daerah yang hanya terdapat biji-bijian, kemudian paruh burung tersebut tersesuaikan dengan jenis makanannya yaitu biji. kemudian apakan burung finch tsb menghasilkan keturunan yang sama dengan induknya? kalo iya pasti sama dong teorinya kaya teori lammarck, kalo engga, kenapa kasus ini disebut contoh evolusi? saya sungguh tidak mengerti

    mohon maaf atas kritikan saya. saya harap om gurungeblog berkenan untuk menjelaskan lebih lanjut. Merci
    regards
    Khairunnisa Zayn

    Posted by khairunnisaZayn | Januari 7, 2013, 11:34 am
  47. salah…manusia dan kera tdk satu famili , fam kera pongidae , fam manusia hominidae … kera dan manusia sama di tingkat ordo yaitu sama” primata..itu berarti kita memang berkerabat dg kera ( berkerabat lho..bukan ‘berasal ) , tp kerabat jauuuuh…dan jalur evolusi kera dg manusia sdh terpisah sejak jutaan th yll…

    Posted by tri | Januari 7, 2013, 3:35 pm
  48. sy bkn penganut darwin tp pernah bc ttg teori darwin , sy setuju dg bu ratna…dlm bukunya ttg on the origin…darwin samasekali tdk pernah mengatakan atau mengemukakan teori bahwa manusia berasal dari kera kok…gak tau knp pemahaman awam/umum menjadi spt itu ..

    Posted by tri | Januari 7, 2013, 3:48 pm
  49. Darwin telah mencabut hipotesisnya mengenai manusia berasal dari kera sebelum ia meninggal.
    Hingga saat ini, yang terbaru adalah teori neo-abiogenesis, belum bisa menjelaskan mengapa makhluk hidup beraneka ragam. Padahal dahulu mereka satu, langit dan bumi menjadi satu, kemudian Kami pisahkan. (teori big bang dalam Al`Quran)
    Jadi, hargai para ilmuan yang sudah berjuang meneukan teori-teori tersebut, walaupun mereka buka Islam, tetapi seberapa benar bukti mereka, jika salah, akan disanggah Islam juga.
    Kita juga perlu berpikir untuk mentafsirkan Al-Quran, jangan menelan ayat-ayatnya dengan mentah saja.

    Posted by Maha Divantara | Juli 1, 2013, 12:54 am
  50. Tanggapan untuk Khairunisa Zayn

    Evolusi secara genetik, misalnya berubahnya perintah gen bentuk paruh karena adaptasi dapat dikatakan sebagai contoh evolusi.
    Sedangkan yang terjadi pada teori darwin, seperti contoh tikus yang dipotong ekornya, ketika induknya kawin, belum terjadi perubahan gen, jadi perintah gennya tetap ekor panjang untuk anaknya.
    Contoh lain evolusi genetik yang tidak bisa balik atau irreversible adalah mutasi, seperti mutasi oleh radioaktif (cacat), dan kemungkinan induknya akan melahirkan bayi yang cacat juga sesuai perintah gennya.

    Posted by Maha Divantara | Juli 1, 2013, 1:02 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BLOG ini merupakan bentuk ungkapan TERIMA KASIH, seorang alumni/siswa ( I KETUT DIANA ADHI,S.KOM aka kuncunk, kepada bapak/ibu guru khususnya SMU 1 Melaya, Jembrana, Bali yang telah memberi berbagai ilmu selama saya belajar di sekolah tercinta..Jasa bapak / ibu guru tidak akan saya lupakan
Untuk materi, mohon maaf sebesar besarnya, karena basic saya yang cuma orang IT/ computer science, dan cuma bisa mengumpukan bahan dan materi ajar dan menyajikan dalam sebuah BLOG..
Saya merasa materi yang disajikan banyak kekurangannya, mudah mudahan saran dan kritik pengunjung bisa membuat blog ini berguna bagi pendidikan Indonesia..

Mudah mudahan blog ini bisa menjadi motivasi bagi pendidik untuk lebih bisa memanfatkan media IT demi kemajuan pendidikan Indonesia.

MAJU TERUS PENDIDIKAN INDONESIA

Kunjungi Paket Liburan ke Bali

Statistik

  • 7,866,472 hits
Education Sites Catalog
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 138 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: