//
you're reading...
Sistem Koordinasi dan Indera

Indera Peraba (Kulit )


Kulit merupakan indra peraba yang mempunyai reseptor khusus untuk sentuhan, panas, dingin, sakit, dan tekanan.

1. Susunan Kulit

struktur-kulit

struktur-kulit

Kulit terdiri dari lapisan luar yang disebut epidermis dan lapisan dalam atau lapisan dermis. Pada epidermis tidak terdapat pembuluh darah dan sel saraf. Epidermis tersusun atas empat lapis sel. Dari bagian dalam ke bagian luar, pertama adalah stratum germinativum berfungsi membentuk lapisan di sebelah atasnya. Kedua, yaitu di sebelah luar lapisan germinativum terdapat stratum granulosum yang berisi sedikit keratin yang menyebabkan kulit menjadi keras dan kering. Selain itu sel-sel dari lapisan granulosum umumnya menghasilkan pigmen hitam (melanin). Kandungan melanin menentukan derajat warna kulit, kehitaman, atau kecoklatan. Lapisan ketiga merupakan lapisan yang transparan disebut stratum lusidum dan lapisan keempat (lapisan terluar) adalah lapisan tanduk disebut stratum korneum.
Penyusun utama dari bagian dermis adalah jaringan penyokong yang terdiri dari serat yang berwarna putih dan serat yang berwarna kuning. Serat kuning bersifat elastis/lentur, sehingga kulit dapat mengembang.
Stratum germinativum mengadakan pertumbuhan ke daerah dermis membentuk kelenjar keringat dan akar rambut. Akar rambut berhubungan dengan pembuluh darah yang membawakan makanan dan oksigen, selain itu juga berhubungan dengan serabut saraf. Pada setiap pangkal akar rambut melekat otot penggerak rambut. Pada waktu dingin atau merasa takut, otot rambut mengerut dan rambut menjadi tegak. Di sebelah dalam dermis terdapat timbunan lemak yang berfungsi sebagai bantalan untuk melindungi bagian dalam tubuh dari kerusakan mekanik.

2. Fungsi Kulit
Kulit berfungsi sebagai alat pelindung bagian dalam, misalnya otot dan tulang; sebagai alat peraba dengan dilengkapi bermacam reseptor yang peka terhadap berbagai rangsangan; sebagai alat ekskresi; serta pengatur suhu tubuh.
Sehubungan dengan fungsinya sebagai alat peraba, kulit dilengkapi dengan reseptor reseptor khusus. Reseptor untuk rasa sakit ujungnya menjorok masuk ke daerah epidermis. Reseptor untuk tekanan, ujungnya berada di dermis yang jauh dari epidermis. Reseptor untuk rangsang sentuhan dan panas, ujung reseptornya terletak di dekat epidermis.

About these ads

Diskusi

39 thoughts on “Indera Peraba (Kulit )

  1. saya seorang mahasiswa disalah satu universitas dan mengumpulkan data – data tentang kulit. bisakah anda jelaskan sedikit tentang hubungan keringat, pori – pori dan kulit? sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas jawaban anda.

    Posted by ami | Februari 18, 2009, 2:09 pm
  2. saya seorang santri di bali. saya sedang mengerjakan tugas tentang penyakit2 yang terjadi pada kulit. bidakah anda sebutkan penyakit2 yang terjadi padakulit dan apa penyebabnya? sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas jawaban anda.

    Posted by fikri | Februari 22, 2009, 6:03 am
  3. APa se penyebab kulit kerontang kayak tanah keringg???
    di tunggu loh jawabanya,,
    Muakacuiiihhhhhh yaaa yg mw jawab..

    Posted by FIE | Maret 18, 2009, 2:35 am
  4. WAdooohhh,,, mbak-2 , kulit saya kering kerontang setelah pakai lotion,, tyus apa langkah yang harus saya lakukan ???? mohon bantuannya? ditunggu yaaa bagi yang bisa ngasih saran dan solusi ke aqyu.

    Posted by Alfie | Maret 19, 2009, 12:50 am
  5. aQ ad tgas neE,,,
    d sruh mnjelaskan struktur2 dari kulit…
    Tp kok tak cri ndag ad…
    Tlong donk,, bntu’in aQ…

    Posted by pupudh | April 30, 2009, 9:17 am
  6. Makasi iah kaak.. dd minta dok.nya..!! Smg kk diberi kelancaran dlm hidup! hehehe… Thx!

    Posted by yotsu | Mei 25, 2009, 1:23 pm
  7. thanks…. tp minta yg penjelasannya lbh jls lg…

    Posted by murni | Juli 26, 2009, 7:04 am
  8. Ah,
    sayang, nggak 3D. Lagi ada tugas cari gambar buat struktur kulit, HARUS 3 DIMENSI?! CRAP!

    Tapi, makasih ya… :)

    Posted by Nadh | Agustus 9, 2009, 1:23 pm
  9. sya ingin tnya, saraf peraba apa yg trdpt pda kulit??
    thx, sblumnya

    Posted by rahman | Oktober 1, 2009, 11:09 am
  10. bagaimana sistem integrumen kulit dan jelaskan anatomi fsiologi dari kulit???????????????
    thx sbLum nA^_^

    Posted by riski amelia | Oktober 10, 2009, 10:19 am
  11. saya berterimakasih atas penjelasan yang terpapar di situs ini. dengan adany penjelasan ini, saya menjadi semakin mengerti hal yang sebelumnya saya belum engerti.

    Posted by kadek | Oktober 20, 2009, 1:40 pm
  12. thankx infonya..saya copas di blog saya ya…

    Posted by ahmad alfikri | November 12, 2009, 10:36 pm
  13. trim’s

    Posted by rina | November 16, 2009, 2:03 pm
  14. aku mw nanya nih? apa hubngan kulit dengan ilmu fisika?? thnx ya..

    Posted by noena | Desember 15, 2009, 12:22 am
  15. ass….sya ingin bertanya mengapa kulit manusia ada yang berwarna putih dan ada yang berwarna hitam….???

    terima ksih seblumnya…!!!

    Posted by Rezki nur hakiki | Februari 19, 2010, 2:29 am
  16. kalau bisa buat yg lengkap lagi lah,,,,,,,,,,,,,,
    gak enak setengah2………………

    ilmunya ugak setengh2……….

    makasih,,,,,,,

    Posted by fikra bayu | Maret 8, 2010, 5:32 am
  17. mau tanya nihh.,
    klo proses terjadinya rangsangan sakit/panas/dingin tu urutannya dri mana aja ea??
    pake bhsa latin tapi..
    makasihh sebelumnya.,
    q cari2 g ketemuu ne..

    Posted by caecilia dian tamara | Maret 25, 2010, 12:54 pm
  18. tolong cariin hubungan saraf ke kulit
    ni tugas aq
    tolong cariin ya

    Posted by presly | April 18, 2010, 1:12 pm
  19. tulisannya udah bagus tapi masih kurang tentang saraf-saraf pada kulit sebagai indra…..!!!!!!

    Posted by noni | April 24, 2010, 3:14 am
  20. makasih ya…buk…

    Posted by rini | Mei 26, 2010, 5:51 pm
  21. gimana sih perawatan kulit tuh?// misalnya jerawat……? Tolong informasinya…

    Posted by ralo | September 3, 2010, 7:13 am
  22. hemmm , lgkp bgt .. pa lgi klo 4 dimensi kyk.a kren deh … :D

    Posted by noni | Oktober 15, 2010, 1:10 pm
  23. :* , :) , ;) , :( , :P , :D

    Posted by noni | Oktober 15, 2010, 1:45 pm
  24. EHHMMM………..
    akku bingung, pusing 7 keliling :-)

    cari tugas tugas tntang struktur kuit.. dpt makalah dri barbagai situs malah memutarkan kpala,, hemmm… kok gak ada situs yang menetapkan kalo itu benner… :-/

    kalo tau situsnya, tolong kasih tau,,,, hehe… tapi yng g gj lho ya.

    Posted by ADE | November 14, 2010, 4:36 am
  25. aq mau nanya,,,
    apakah ada sel saraf pada leher,,,,?
    kalau ada,,, tlng sebutkan,
    Terimakasih,, :)

    Posted by jessica | April 9, 2011, 3:06 am
  26. saya lagi nyari mekanisme pada kulit tolong diperjelas

    Posted by fetty | Mei 2, 2011, 12:35 pm
  27. saya sakit coli blh tau itu kenapa

    Posted by yanta 1dt | September 27, 2011, 11:26 am
  28. saya seorang siswa SMA kelas XI, ingin menanyakan apasajakah penyusun organ kulit ?
    terima kasih sebelumnya, saya mengaharapkan jawabannya :)

    Posted by Emyliah Aruan | Oktober 16, 2011, 2:05 pm
  29. Makasih, yah Onni!

    Posted by Inthy RisangSaniscara | Oktober 19, 2011, 12:11 am
  30. makasih yah kak!

    Posted by IntHy RisangSaniscara | Oktober 19, 2011, 12:14 am
  31. maaf mau nanya, kalo mekanisme (cara kerja) kuli gimana yah?
    saya ga ngerti….
    makasiih

    Posted by zakzakie | Oktober 23, 2011, 12:35 pm
  32. saya muri kelas enam

    Posted by inur | November 19, 2011, 6:54 am
  33. keterangan gambarnya bisa pake’ b.indonesia aja nggak?????

    Posted by amira | November 21, 2011, 1:07 am
  34. mantap :)

    Posted by rial fikri | Maret 7, 2012, 10:16 pm
  35. saya murid SMP 5 SKH.
    jwban ini telah membantu saya

    Posted by rial | Maret 7, 2012, 10:17 pm
  36. zat apa saja yg di ekskresikan melalui kulit?

    Posted by polwan intan wardha | April 10, 2012, 12:47 pm
  37. Q sering cukur bulu kaki tu,kira2 da efek pa sih sama kulit?

    Posted by Anselmiakartini | Oktober 9, 2012, 3:26 pm
  38. WOW!!!!!!!!

    Posted by Halo | November 22, 2012, 12:13 pm
  39. Thanks , yaah . :-)

    Posted by Nellyc Nheeyaa Pentury | Maret 1, 2014, 1:24 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BLOG ini merupakan bentuk ungkapan TERIMA KASIH, seorang alumni/siswa ( I KETUT DIANA ADHI,S.KOM aka kuncunk, kepada bapak/ibu guru khususnya SMU 1 Melaya, Jembrana, Bali yang telah memberi berbagai ilmu selama saya belajar di sekolah tercinta..Jasa bapak / ibu guru tidak akan saya lupakan
Untuk materi, mohon maaf sebesar besarnya, karena basic saya yang cuma orang IT/ computer science, dan cuma bisa mengumpukan bahan dan materi ajar dan menyajikan dalam sebuah BLOG..
Saya merasa materi yang disajikan banyak kekurangannya, mudah mudahan saran dan kritik pengunjung bisa membuat blog ini berguna bagi pendidikan Indonesia..

Mudah mudahan blog ini bisa menjadi motivasi bagi pendidik untuk lebih bisa memanfatkan media IT demi kemajuan pendidikan Indonesia.

MAJU TERUS PENDIDIKAN INDONESIA

Kunjungi Paket Liburan ke Bali

Statistik

  • 7,661,951 hits
Education Sites Catalog
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 136 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: