//
you're reading...
Sistem Koordinasi dan Indera

Indera Pendengar (Telinga)


telinga manusia

telinga manusia

Telinga mempunyai reseptor khusus untuk mengenali getaran bunyi dan untuk keseimbangan. Ada tiga bagian utama dari telinga manusia, yaitu bagian telinga luar, telinga tengah, dan telinga dalam.

Telinga luar berfungsi menangkap getaran bunyi, dan telinga tengah meneruskan getaran dari telinga luar ke telinga dalam. Reseptor yang ada pada telinga dalam akan menerima rarigsang bunyi dan mengirimkannya berupa impuls ke otak untuk diolah.

1. Susunan Telinga
Telinga tersusun atas tiga bagian yaitu telinga luar, telinga tengah, dan telinga dalam.

a. Telinga luar

telinga_luar

telinga_luar

Telinga luar terdiri dari daun telinga, saluran luar, dan membran timpani (gendang telinga). Daun telinga manusia mempunyai bentuk yang khas, tetapi bentuk ini kurang mendukung fungsinya sebagai penangkap dan pengumpul getaran suara. Bentuk daun telinga yang sangat sesuai dengan fungsinya adalah daun telinga pada anjing dan kucing, yaitu tegak dan membentuk saluran menuju gendang telinga. Saluran luar yang dekat dengan lubang telinga dilengkapi dengan rambut-rambut halus yang menjaga agar benda asing tidak masuk, dan kelenjar lilin yang menjaga agar permukaan saluran luar dan gendang telinga tidak kering.

b. Telinga tengah
Bagian ini merupakan rongga yang berisi udara untuk menjaga tekanan udara agar seimbang. Di dalamnya terdapat saluran Eustachio yang menghubungkan telinga tengah dengan faring. Rongga telinga tengah berhubungan dengan telinga luar melalui membran timpani. Hubungan telinga tengah dengan bagian telinga dalam melalui jendela oval dan jendela bundar yang keduanya dilapisi dengan membran yang transparan.
Selain itu terdapat pula tiga tulang pendengaran yang tersusun seperti rantai yang menghubungkan gendang telinga dengan jendela oval. Ketiga tulang tersebut adalah tulang martil (maleus) menempel pada gendang telinga dan tulang landasan (inkus). Kedua tulang ini terikat erat oleh ligamentum sehingga mereka bergerak sebagai satu tulang. Tulang yang ketiga adalah tulang sanggurdi (stapes) yang berhubungan dengan jendela oval. Antara tulang landasan dan tulang sanggurdi terdapat sendi yang memungkinkan gerakan bebas.

telinga-tengah

telinga-tengah

Fungsi rangkaian tulang dengar adalah untuk mengirimkan getaran suara dari gendang telinga (membran timpani) menyeberangi rongga telinga tengah ke jendela oval.

c. Telinga dalam
Bagian ini mempunyai susunan yang rumit, terdiri dari labirin tulang dan labirin membran.
Ada 5 bagian utama dari labirin membran, yaitu sebagai berikut.
1. Tiga saluran setengah lingkaran
2. Ampula
3. Utrikulus
4. Sakulus
5. Koklea atau rumah siput
Sakulus berhubungan dengan utrikulus melalui saluran sempit. Tiga saluran setengah lingkaran, ampula, utrikulus dan sakulus merupakan organ keseimbangan, dan keempatnya terdapat di dalam rongga vestibulum dari labirin tulang.

telinga-dalam

telinga-dalam

Koklea mengandung organ Korti untuk pendengaran. Koklea terdiri dari tiga saluran yang sejajar, yaitu: saluran vestibulum yang berhubungan dengan jendela oval, saluran tengah dan saluran timpani yang berhubungan dengan jendela bundar, dan saluran (kanal) yang dipisahkan satu dengan lainnya oleh membran. Di antara saluran vestibulum dengan saluran tengah terdapat membran Reissner, sedangkan di antara saluran tengah dengan saluran timpani terdapat membran basiler. Dalam saluran tengah terdapat suatu tonjolan yang dikenal sebagai membran tektorial yang paralel dengan membran basiler dan ada di sepanjang koklea. Sel sensori untuk mendengar tersebar di permukaan membran basiler dan ujungnya berhadapan dengan membran tektorial. Dasar dari sel pendengar terletak pada membran basiler dan berhubungan dengan serabut saraf yang bergabung membentuk saraf pendengar. Bagian yang peka terhadap rangsang bunyi ini disebut organ Korti.

Cara kerja indra pendengaran

Gelombang bunyi yang masuk ke dalam telinga luar menggetarkan gendang telinga. Getaran ini akan diteruskan oleh ketiga tulang dengar ke jendela oval. Getaran Struktur koklea pada jendela oval diteruskan ke cairan limfa yang ada di dalam saluran vestibulum. Getaran cairan tadi akan menggerakkan membran Reissmer dan menggetarkan cairan
limfa dalam saluran tengah. Perpindahan getaran cairan limfa di dalam saluran tengah menggerakkan membran basher yang dengan sendirinya akan menggetarkan cairan dalam saluran timpani. Perpindahan ini menyebabkan melebarnya membran pada jendela bundar. Getaran dengan frekuensi tertentu akan menggetarkan selaput-selaput
basiler, yang akan menggerakkan sel-sel rambut ke atas dan ke bawah. Ketika rambut-rambut sel menyentuh membran tektorial, terjadilah rangsangan (impuls). Getaran membran tektorial dan membran basiler akan menekan sel sensori pada organ Korti dan kemudian menghasilkan impuls yang akan dikirim ke pusat pendengar di dalam otak melalui saraf pendengaran.

2. Susunan dan Cara Kerja Alat Keseimbangan

Bagian dari alat vestibulum atau alat keseimbangan berupa tiga saluran setengah lingkaran yang dilengkapi dengan organ ampula (kristal) dan organ keseimbangan yang ada di dalam utrikulus clan sakulus.
Ujung dari setup saluran setengah lingkaran membesar dan disebut ampula yang berisi reseptor, sedangkan pangkalnya berhubungan dengan utrikulus yang menuju ke sakulus. Utrikulus maupun sakulus berisi reseptor keseimbangan. Alat keseimbangan yang ada di dalam ampula terdiri dari kelompok sel saraf sensori yang mempunyai rambut dalam tudung gelatin yang berbentuk kubah. Alat ini disebut kupula. Saluran semisirkular (saluran setengah lingkaran) peka terhadap gerakan kepala.
Alat keseimbangan di dalam utrikulus dan sakulus terdiri dari sekelompok sel saraf yang ujungnya berupa rambut bebas yang melekat pada otolith, yaitu butiran natrium karbonat. Posisi kepala mengakibatkan desakan otolith pada rambut yang menimbulkan impuls yang akan dikirim ke otak.

About these ads

Diskusi

33 thoughts on “Indera Pendengar (Telinga)

  1. ijin copy untuk tugas sekolah ya… trims

    Posted by risma | September 2, 2009, 8:43 am
  2. Terima kasih banget, semua materi biologi komplet… penyajiannya menarik…Sangat membantu sekali siswa/i mempelajari biologi, and… terutama guru-guru biologinya….pasti mereka menjadi lebih pintar….!

    Posted by rini novriyanti | Oktober 17, 2009, 9:38 am
  3. mkasih iia ..
    smwa tugas biologi slese …..
    makkasihhh ….

    Posted by rizma aulia | November 9, 2009, 10:11 am
  4. Makasih ya… ijin copy buat tugas sekolah ya….

    Posted by 10yasa01 | November 17, 2009, 12:53 pm
  5. kata-kata nya mudah di mengerti di banding di buku…
    izin copy ya…

    Posted by frans | November 30, 2009, 11:49 am
  6. mengapa di telinga sering terjadi pengeluaran cairan…dan saya baru tebentur sedikit saja sudah terjadi hal itu?

    Posted by linda | Desember 11, 2009, 4:10 am
  7. ijin cpoy buat tugas skolah ya mas!!! trims.

    Posted by rhh | Januari 18, 2010, 9:50 pm
  8. izin copy untuk sumber bacaan ya…

    Posted by piet | Februari 16, 2010, 4:22 pm
  9. Bagus skl materine bs membantu guru, tHanx

    Posted by hery tw | Februari 16, 2010, 9:51 pm
  10. thanks infonya

    Posted by dek_bgoes | Mei 7, 2010, 3:55 am
  11. Wah hebat ada penjelasannya lengkap lagi!!!
    Thanks ya.

    Posted by Cindy Tambunan | September 14, 2010, 12:37 am
  12. aq jga.. ijinj copy buat tugas sekolah…..
    yg punya nie wordpress baek dech…..

    Posted by bella | Oktober 5, 2010, 7:15 am
  13. trims atas artikelnya

    Posted by RUSLI | Februari 9, 2011, 12:16 pm
  14. it’s so very muchs,,,

    Posted by elika immanuel santana | April 7, 2011, 6:45 am
  15. makasiih,,, buat materi presentasi…

    Posted by maria magdalena | April 13, 2011, 2:11 am
  16. Guru lagi OL. aku baca blog ini. makasih lagi yah kak.

    Posted by IntHy RisangSaniscara | Oktober 19, 2011, 12:19 am
  17. copy buat tugas …terima kasih

    Posted by muhammad hilmi | Oktober 23, 2011, 3:36 pm
  18. akhirnya ketemu juga, bantu buat ujian

    Posted by Sisil | November 10, 2011, 8:03 am
  19. bagus :D

    Posted by amira | November 21, 2011, 1:10 am
  20. jenis daun telinga dong, presentasi nih !

    Posted by vira ayu | Desember 1, 2011, 11:20 pm
  21. Makasih bnyak atas smua yg telah diberikan,akhirnya tugas q selesai juga, keren y,,,,boleh tau g,supaya pinter kyak anda gimana ya,,,hee

    Posted by Putra ipa | Maret 18, 2012, 2:13 pm
  22. Makasih atas smuanya,akhirnya selesai juga

    Posted by Putra ipa | Maret 18, 2012, 2:14 pm
  23. Ada buku yang mengatakan fungsi gendang telinga menangkap getaran suara, buku lain mengatakan memperkeras getaran suara, Jadi yang betul mana ya ? Patris

    Posted by patris | Maret 28, 2012, 9:35 pm
  24. ijin copy buat bahan khotbah ya…buat ilustrasi aja..makasih….sangat bermanfaat artikelnya…

    Posted by pendidikankristengo | April 16, 2012, 9:30 am
  25. ijin copy ya buat ilustrasi khotbah,…sangat bagus artikelnya…GBu

    Posted by pendidikankristengo | April 16, 2012, 9:31 am
  26. terima kasih bwt materinya… izin copy materinya bwt tugas skolah ^^

    Posted by oelfahoelfah | Mei 15, 2012, 12:17 pm
  27. materi yang di jasajikan masih kurang,
    karena tidak ad penyebab mengapa telinga kita menjadi berdengung, pada saat kita pergi dari dataran tinggi kedataran rendah,,

    Posted by virna | Mei 23, 2012, 8:56 am
  28. makasih, semoga dicatat sebagai amal ibadah.Amin

    Posted by Enny Sudarwaty | Juni 6, 2012, 3:51 pm
  29. mmmatur sekelangkong…

    Posted by trimaryunianna | Oktober 3, 2012, 6:12 am
  30. IJIN COPAS YA ^_^ buat tugas sekolah .
    terima kasih sebelumnya. :)

    Posted by Rina Setiana Dewi | Oktober 3, 2012, 9:22 am
  31. bagus….:) thx akhirnya tugas slese uga

    Posted by siapa ajah | April 14, 2013, 3:32 pm
  32. Assalamu ‘alaikum
    Izin copy

    Posted by Muslim | Juni 17, 2013, 8:29 am
  33. saya punya kendala nh,,da binayang sejinis nyamuk masuk ke telinga saya,.kira kira bahaya gk?

    Posted by ASEP | Juli 5, 2013, 2:01 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BLOG ini merupakan bentuk ungkapan TERIMA KASIH, seorang alumni/siswa ( I KETUT DIANA ADHI,S.KOM aka kuncunk, kepada bapak/ibu guru khususnya SMU 1 Melaya, Jembrana, Bali yang telah memberi berbagai ilmu selama saya belajar di sekolah tercinta..Jasa bapak / ibu guru tidak akan saya lupakan
Untuk materi, mohon maaf sebesar besarnya, karena basic saya yang cuma orang IT/ computer science, dan cuma bisa mengumpukan bahan dan materi ajar dan menyajikan dalam sebuah BLOG..
Saya merasa materi yang disajikan banyak kekurangannya, mudah mudahan saran dan kritik pengunjung bisa membuat blog ini berguna bagi pendidikan Indonesia..

Mudah mudahan blog ini bisa menjadi motivasi bagi pendidik untuk lebih bisa memanfatkan media IT demi kemajuan pendidikan Indonesia.

MAJU TERUS PENDIDIKAN INDONESIA

Kunjungi Paket Liburan ke Bali

Statistik

  • 7,662,913 hits
Education Sites Catalog
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 136 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: