//
you're reading...
Sistem Pencernaan

Sistem Pencernaan Pada Hewan


Struktur alat pencernaan berbeda-beda dalam berbagai jenis hewan, tergantung pada tinggi rendahnya tingkat organisasi sel hewan tersebut serta jenis makanannya. pada hewan invertebrata alat pencernaan makanan umumnya masih sederhana, dilakukan secara fagositosis dan secara intrasel, sedangkan pada hewan-hewan vertebrata sudah memiliki alat pencernaan yang sempurna yang dilakukan secara ekstrasel.
1. Sistem Pencernaan Pada Hewan Invertebrata
Sistem pencernaan pada hewan invertebrata umumnya dilakukan secara intrasel, seperti pada protozoa, porifera, dan Coelenterata.
Pencernaan dilakukan dalam alat khusus berupa vakuola makanan, sel koanosit dan rongga gastrovaskuler. Selanjutnya, pada cacing parasit seperti pada cacing pita, alat pencernaannya belum sempurna dan tidak memiliki mulut dan anus. pencernaan dilakukan dengan cara absorbs langsung melalui kulit.
a. Sistem Pencernaan Makanan Pada Cacing Tanah

	sofware penjualan

cacing

yang dikeluarkan oleh getah pencernaan secara ekstrasel. Makanan cacing tanah berupa daun-daunan serta sampah organik yang sudah lapuk. Cacing tanah dapat mencerna senyawa organik tersebut menjadi molekul yang sederhana yang dapat diserap oleh tubuhnya. Sisa pencernaan makanan dikeluarkan melalui anus.
b. Sistem Pencernaan Pada Serangga
Sebagaimana pada cacing tanah, serangga memiliki sistem pencernaan makanan yang sudah sempurna, mulai dari mulut, kerongkongan, lambung, usus sampai anus.Pencernaan pada serangga dilakukan secara ekstrasel.
2. Sistem Pencernaan Pada Hewan vertebrata
Organ pencernaan pada hewan vertebrata meliputi saluran pencernaan (tractus digestivus) dan kelenjar pencernaan (glandula digestoria
a. Sistem Pencernaan Pada Ikan
Saluran pencernaan pada ikan dimulai dari rongga mulut (cavum oris). Di dalam rongga mulut terdapat gigi-gigi kecil yang berbentuk kerucut pada geraham bawah dan lidah pada dasar mulut yang tidak dapat digerakan serta banyak menghasilkan lendir, tetapi tidak menghasilkan ludah (enzim). Dari rongga mulut makanan masuk ke esophagus melalui faring yang terdapat di daerah sekitar insang.
Esofagus berbentuk kerucut, pendek, terdapat di belakang insang, dan bila tidak dilalui makanan lumennya menyempit. Dari kerongkongan makanan di dorong masuk ke lambung, lambung pada umum-nya membesar, tidak jelas batasnya dengan usus. Pada beberapa jenis ikan, terdapat tonjolan buntu untuk memperluas bidang penyerapan makanan.
Dari lambung, makanan masuk ke usus yang berupa pipa panjang berkelok-kelok dan sama besarnya. Usus bermuara pada anus.
Kelenjar pencernaan pada ikan, meliputi hati dan pankreas. Hati merupakan kelenjar yang berukuran besal, berwarna merah kecoklatan, terletak di bagian depan rongga badan dan mengelilingi usus, bentuknya tidak tegas, terbagi atas lobus kanan dan lobus kiri, serta bagian yang menuju ke arah punggung. Fungsi hati menghasilkan empedu yang disimpan dalam kantung empedu untuk membanfu proses pencernaan lemak. Kantung empedu berbentuk bulat, berwarna kehijauary terletak di sebelah kanan hati, dan salurannya bermuara pada lambung. Kantung empedu berfungsi untuk menyimpan empedu dan disalurkan ke usus bila diperlukan. Pankreas merupakan organ yang berukuran mikroskopik sehingga sukar dikenali, fungsi pankreas, antara lain menghasilkan enzim – enzim pencernaan dan hormon insulin.
b. Sistem Pencernaan Pada Amfibi
Sistem pencernaan makanan pada amfibi, hampir sama dengan ikan, meliputi saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. salah satu binatang
amphibi adalah katak. Makanan katak berupa hewan-hewan kecil (serangga). Secara berturut-turut saluran pencernaan pada katak meliputi:
1. rongga mulut: terdapat gigi berbentuk kerucut untuk memegang mangsa dan lidah untuk menangkap mangsa,
2. esofagus; berupa saluran pendek,
3. ventrikulus (lambung), berbentuk kantung yang bila terisi makanan
menjadi lebar. Lambung katak dapat dibedakan menjadi 2, yaitu tempat masuknya esofagus dan lubang keluar menuju usus,
4. intestinum (usus): dapat dibedakan atas usus halus dan usus tebal. Usus halus meliputi: duodenum. jejenum, dan ileum, tetapi belum jelas batas-batasnya.
5. Usus tebal berakhir pada rektum dan menuju kloata, dan
6. kloaka: merupakan muara bersama antara saluran pencernaan makanan, saluran reproduksi, dan urine.
Kelenjar pencernaan pada amfibi, terdiri atas hati dan pankreas. Hati berwarna merah kecoklatan, terdiri atas lobus kanan yang terbagi lagi menjadi dua lobulus. Hati berfungsi mengeluarkan empedu yang disimpan dalam kantung empedu yang berwarna kehijauan. pankreas berwarna
Kekuningan, melekat diantara lambung dan usus dua belas jari (duadenum). pankreas berfungsi menghasilkan enzim dan hormon yang bermuara pada duodenum.
c. Sistem Pencernaan Pada Reptil
Sebagaimana pada ikan dan amfibi, sistem pencernaan makanan pada reptil meliputi saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. Reptil umumnya karnivora (pemakan daging). Secara berturut-turut saluran pencernaan pada reptil meliputi:
1) rongga mulut: bagian rongga mulut disokong oleh rahang atas dan bawah, masing-masing memiliki deretan gigi yang berbentuk kerucut, gigi
menempel pada gusi dan sedikit melengkung ke arah rongga mulut. Pada rongga mulut juga terdapat lidah yang melekat pada tulang lidah dengan ujung bercabang dua,
2) esofagus (kerongkongan),
3) ventrikulus(lambung),
4) intestinum: terdiri atas usus halus dan usus tebal yang bermuara pada anus.
Kelenjar pencernaan pada reptil meliputi hati, kantung empedu, dan pankreas. Hati pada reptilia memiliki dua lobus (gelambirf dan berwarna
kemerahan. Kantung empedu terletak pada tepi sebelah kanan hati.
Pankreas berada di antara lambung dan duodenum, berbentuk pipih kekuning-kuningan.
d. Sistem Pencernaan Pada Burung
Organ pencernaan pada burung terbagi atas saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. Makanan burung bervariasi berupa biji-bijian, hewan kecil, dan buah-buahan.
Saluran pencernaan pada burung terdiri atas:
1) paruh: merupakan modifikasi dari gigi,
2) rongga mulut: terdiri atas rahang atas yang merupakan penghubung antara rongga mulut dan tanduk,
3) faring: berupa saluran pendek, esofagus: pada burung terdapat pelebaran pada bagian ini disebut tembolok, berperan sebagai tempat penyimpanan makanan yang dapat diisi dengan cepat,
4) lambung terdiri atas:
– Proventrikulus (lambung kelenjar): banyak menghasilkan enzim pencernaan, dinding ototnya tipis.
– Ventrikulus (lambung pengunyah/empedal): ototnya berdinding tebal. Pada burung pemakan biji-bijian terdapat kerikil dan pasir yang tertelan bersama makanan vang berguna untuk membantu pencernaan dan disebut sebagai ” hen’s teeth”,
6) intestinum: terdiri atas usus halus dan usus tebal yang bermuara pada kloaka.
Usus halus pada burung terdiri dari duodenum, jejunum dan ileum.
Kelenjar pencernaan burung meliputi: hati, kantung empedu, dan pankreas. Pada burung merpati tidak terdapat kantung empedu.
e. Sistem Pencernaan pada Hewan Mamah Biak (Ruminansia)
Hewan-hewan herbivora (pemakan rumput) seperti domba, sapi, kerbau disebut sebagai hewan memamah biak (ruminansia). Sistem pencernaan makanan pada hewan ini lebih panjang dan kompleks. Makanan hewan ini banyak mengandung selulosa yang sulit dicerna oleh hewan pada umumnya sehingga sistem pencernaannya berbeda dengan sistem pencernaan hewan lain.
Perbedaan sistem pencernaan makanan pada hewan ruminansia, tampak pada struktur gigi, yaitu terdapat geraham belakang (molar) yang besar, berfungsi untuk mengunyah rerumputan yang sulit dicerna. Di samping itu, pada hewan ruminansia terdapat modifikasi lambung yang dibedakan menjadi 4 bagian, yaitu: rumen (perut besar), retikulum (perut jala), omasum (perut kitab), dan abomasum (perut masam).
Dengan ukuran yang bervariasi sesuai dengan umur dan makanan alamiahnya. Kapasitas rumen 80%, retlkulum 5%, omasum 7-8%, dan abomasums 7-8’/o.Pembagian ini terlihat dari bentuk gentingan pada saat otot spingter berkontraksi. Abomasum merupakan lambung yang sesungguhnya pada hewan ruminansia.
Hewan herbivora, seperti kuda, kelinci, dan marmut tidak mempunyai struktur lambung seperti halnya pada sapi untuk fermentasi selulosa. Proses fermentasi atau pembusukan yang dilakukan oleh bakteri terjadi pada sekum yang banvak mengandung bakteri. proses fermentasi pada sekum tidak seefektif fermentasi yang terjadi dilambung. Akibatnya,
kotoran kuda, kelinci, dan marmut lebih kasar karena pencernaan selulosa hanya terjadi satu kali, yaitu pada sekum. Sedangkan pada sapi, proses pencernaan terjadi dua kali, yaitu pada lambung dan sekum keduanya dilakukan oleh bakteri dan protozoa tertentu.
Adanya bakteri selulotik pada lambung hewan memamah biak merupakan bentuk simbiosis mutualisme yang dapat menghasilkan vitamin B serta asam amino. Di samping itu, bakteri ini dapat ,menghasilkan gas metan (CH4), sehingga dapat dipakai dalam pembuatan biogas sebagai sumber energi altematif.

Sistem pencernaan makanan pada cacing tanah sudah sempurna. Cacing tanah memiliki alat-alat pencernaan mulai dari mulut, kerongkongan, lambung, usus, dan anus. Proses pencernaan dibantu oleh enzim – enzim

Tentang iklan-iklan ini

Diskusi

95 thoughts on “Sistem Pencernaan Pada Hewan

  1. ingat biologi kelas 1 sma dulu.

    semalam sebelum ujian saya begadang mengingat-ingat materi diatas :mrgreen:

    salam hangat pak guru :)

    Posted by arifrahmanlubis | Desember 4, 2008, 1:34 am
  2. trims banyak ya…………….berkat situs ini saya sangat terbantu untuk melengkapi catatan biologi….

    Posted by anisah pratiwi | Desember 28, 2008, 3:19 am
  3. ,,q smlm ssah bnget cri mteri ne.,.

    huuuuuuuu,..
    akhrnya ktmu jg.,.

    da ciap ne untk ulgan…..

    Posted by ebby | Januari 29, 2009, 11:41 am
  4. Sip.
    Bagus.
    Ratu jadi bisa melengkapi catatan bio.
    Makasih ya

    Posted by Ratu | Februari 1, 2009, 5:57 pm
  5. q cri ttg pankreas kuda tox ko g ada yah…

    ada yg tauk g yah

    Posted by conik | Februari 4, 2009, 12:22 pm
  6. tengs bgt yc,,

    jd lengkp dee tugaz bio na…

    Posted by v.MooNdReaMer | Februari 5, 2009, 4:35 pm
  7. nabule ssahnya kta cari ini mteri, setang ini……….
    nabule 1 mlm kta bgadang pwa………
    klo nsy dapt dia z cekik lhernya…….

    Posted by rizal smansa | Februari 13, 2009, 9:45 am
  8. waaah, yang kaya gini ni yang harus dibuka di dunia internet, bermanfaat, bikin pinter n nyelesein tugas dari guru
    hehehe….

    Posted by vanadium | Februari 25, 2009, 4:13 pm
  9. apa perbedaan proses pencernaan pada hewan ruminansia dengan hewan karnivora?
    tolong, jelaskan…

    Posted by nana | Februari 26, 2009, 12:06 pm
  10. kalau sistem pencernaan pada foripera bagaimana?

    Posted by syifa | Maret 2, 2009, 10:58 am
  11. mksih ats pejlasan_a

    Posted by agil.libra@yahoo.com | Maret 16, 2009, 2:25 pm
  12. bagaimana klasifikasi tentang burung pemakan biji-bijian……………..???????? dan Anatominya

    Posted by nano | Maret 16, 2009, 2:28 pm
  13. makasih bnget y….
    akhirnya dpet jga,,,,
    materinya…..dah
    bisa ngerjain tugas ne….^_^

    Posted by suka | Maret 21, 2009, 1:58 am
  14. kok gambar2nya kurang lengkap??
    saya lagi mencari gambar2…

    Posted by nishky | Maret 30, 2009, 1:53 am
  15. wah..
    terima kasih banyak atas infonya..
    saya sangat terbantu dengan ini..
    salam kenal saja dari saya..
    salam dari Nafi Abdul Hakim

    Posted by Nafi | April 25, 2009, 11:09 am
  16. makasih yah..
    artikel begini bisa bermanfaat banged untuk kalangan pelajar..
    tugas biologi saya jadi selesai deh..

    trimaksih guruku…

    Posted by dhiel35 | Mei 7, 2009, 2:34 am
  17. thanks infonya

    Posted by askar | Mei 19, 2009, 3:45 pm
  18. good….

    Posted by abhe | Mei 19, 2009, 3:47 pm
  19. lok nyari materi biologi kls 1 SMP dimana ya?

    Posted by ucup | Mei 27, 2009, 5:32 am
  20. terimaksih banyak pak Guru, Tulisan2 Mu sgt berguna bg kmi….smg jasa2 pak Guru mndpat limpahan berkah dri ALLAH SWT.Amien…

    Posted by Sapto | September 2, 2009, 2:07 pm
  21. lh……….. menjijikan

    Posted by nida.nisrina | Oktober 18, 2009, 6:51 am
  22. makasih bnxk…….y pak guru tulisan ini berguna bgt kuk.

    Posted by NURIANA | November 3, 2009, 3:58 am
  23. oy ! pa Z cih yg termasuk kategori hewan pemamah biak ………..

    Posted by agil | November 8, 2009, 1:40 am
  24. sungguh membantu saya dalam mencari tugas terima kasih ya

    Posted by ryan adinata | November 12, 2009, 11:37 am
  25. semangat..

    Posted by vivin | November 22, 2009, 12:11 pm
  26. semoga nilai ulangan nanti pd bagus semua and salam ama semua anak smpn 212 jakarta semoga paling top

    Posted by teguh prasetyo smpn 212 | November 23, 2009, 8:36 am
  27. makasih ya udah nyari kemana mana gak taunya ketemu disini.
    ini merupakan tugas biologi yang harus di kumpulin nih,tanks ya……

    Posted by muh.nursamsu | Desember 4, 2009, 11:00 am
  28. thanks banget bantuannya

    Posted by ena | Desember 9, 2009, 12:23 pm
  29. Ada tugas mata kuliah Entomologi mbwt makalah tntng ordo Hemiptera khususnya serangga “kepik hijau” saya kesulitan pada anatomi serangga tersebut sistem percernaan,sistem pernafasan,sistem saraf dsb mohon bantuannya ya!

    Posted by kartika juliana | Desember 11, 2009, 12:24 pm
  30. suksma nggih…terima kasih.
    karena ini saya bisa menyelesaikan tugas dgn cepat, dan gak berbelit-belit…

    Posted by maya apsari | Januari 7, 2010, 12:12 pm
  31. sistem pencernaan intrasel n ekstrasel nya kurang lenkap…tambah lgi dunk….

    Posted by nindy | Januari 8, 2010, 12:52 pm
  32. waduh jdi ingt materi klaz 1 sma… ustadz mizz u… biologi miss u..

    Posted by rheezu | Januari 11, 2010, 7:30 am
  33. trimakasih kepada pembuat situs ini saya menjadi terbantu membuat tugas………..!!!!!!!!!!

    Posted by putu rudiartana | Januari 13, 2010, 12:18 pm
  34. waah …thanks bgt yoo…udah kelar nih tugas bioku…

    Posted by elen | Januari 24, 2010, 3:15 am
  35. apa aja sih pencernaan pada planaria dan amoeba…
    ku’ gag da…

    mksh atas infonya!!!!!!!!!!!!!!

    Posted by titis meriyana pratiwi | Januari 30, 2010, 12:47 pm
  36. em btw gmn ama proses pencernaan pada anak sapi? kan kit tahu kalo sapi adalah salah satu hewn pemamah bik n lambungnya tuch luar biasa besar baget nc gimana pada anknya ia kan blm bisa makan cuma bisa minum susu apa g kelaparan?

    Posted by loriska | Januari 31, 2010, 3:31 am
  37. kalo pncernaan herbivora sm ruminansia sama ato beda ??

    Posted by ucull_ucill | Januari 31, 2010, 8:53 am
  38. udda taug.udda taug sekarang .
    maksih bwd materi.a :)

    Posted by ucull_ucill | Januari 31, 2010, 8:55 am
  39. sip!!! q jd bsa ngrjain tugas dgn cpat…………. tpi kok g da gmbar nya sieh…!!!

    Posted by siti nurdianti muhajir | Februari 4, 2010, 5:07 am
  40. makasih…saya suka blog ini karena dapat tugas dari guru bio…………:-D

    Posted by dyah ria | Februari 5, 2010, 12:36 pm
  41. lengkap…
    thanks ya atas informasix yg ini….
    bagus banget untuk lengkapi tugas :)

    Posted by umi | Februari 21, 2010, 5:56 am
  42. jangan lupa belajar supaya pandai

    Posted by aris kurniawan | Maret 13, 2010, 1:57 am
  43. yang lebih lengkap dong…, supaya klu cari literatur tidak terlalu sulit n cepat
    oy bisa tidak munculkan tentang tranpirasi tentang terbuka dan tertutupnya stomata yang lengkap y……..

    Posted by syifa | Maret 16, 2010, 9:15 am
  44. Jadi ingat waktu sekolah dulu….waktu aku ujian praktik aku kebagian menghapal sambil menunjukan sistem pencernaan pada hewan ruminansia. dan alhamdulillah aku lulus n skarang aku sudah jadi orang yg berguna bagi masyarakat….

    Posted by Odent | April 6, 2010, 2:45 am
  45. ooommmmm….

    makasih…

    Posted by john | April 7, 2010, 2:10 am
  46. minta penjelasan mengenai sistem pencernaan burung merpati(Columba livia)yang lbih lngkap bleh y???

    Posted by nur hayati | Mei 11, 2010, 7:51 am
  47. yang plifera pak , , ,
    maksh y pa k , , ,

    Posted by nurul | Juni 17, 2010, 4:21 am
  48. gy mna cy bkan’a brung mlh cacing

    Posted by Rachel | Agustus 2, 2010, 9:18 am
  49. apakah sama dengan proses pencernaan makanan pd manusia..?

    Posted by risma | Agustus 28, 2010, 3:19 pm
  50. thank’s,,,,,ya,,,,blogx dah bntuin,,Q ngrjain tgs,,

    Posted by niluh sri | Agustus 29, 2010, 3:50 am
  51. Terimakasih pak guru, berkat situs itu membantu sy dalam mata kuliah biologi Fakultas Pertanian di kampus sy.

    Posted by stefanus dimas | Oktober 26, 2010, 11:57 am
  52. wah guruku payah , ngasih tugas susah bgt

    Posted by aimjong | November 1, 2010, 12:06 pm
  53. TOLONG CARIIN HEWAN KARNIVORA & TOLONG JELASKAN DONG YA SAYANG

    Posted by bagus | November 13, 2010, 12:31 pm
  54. makasih…..

    Posted by risma | Desember 14, 2010, 11:55 am
  55. tq ya, berkat situs nich. pengetahuanku smkin brtmbh….

    Posted by nurul | Desember 23, 2010, 1:01 pm
  56. TQ, TUGAS MATEMATIKA SAYA JADI GA SIAP JADINYA.,

    HEHHEEH..

    Posted by swt | Januari 19, 2011, 12:08 pm
  57. akuu masih kekurangan materi,,,
    materi pencernaan serangganya terlalu singkat..
    aku juga butuh materi ttg pencernaan amoeba

    Posted by selva | Januari 30, 2011, 2:27 pm
  58. Keren dan kereeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeen!!!!!!!!!!!!!!!!!! :D :P

    Posted by Amalia | Februari 6, 2011, 4:02 am
  59. THis is nice post! Can be used as a reference.

    Posted by Bambang Pamungkas | Februari 25, 2011, 6:23 am
  60. trimakasih sekali infonya nie……….

    Posted by puspa | Maret 7, 2011, 12:15 pm
  61. makasih pak,saya jdi terbantu utk menjawab soal ujian Mid Smester thn ini!!!

    Posted by lasma | Maret 9, 2011, 3:18 am
  62. Thank you pak,,,,,,,,saya sangat terbantu dgn situs ini.

    Posted by lasma | Maret 9, 2011, 3:19 am
  63. bagaimana proses penyerapan pada katak???

    Posted by devichom astika | April 11, 2011, 7:11 am
  64. Akhirx ktemu jga dgn m4terix. . . ! Thank you. . !

    Posted by gursil | Juni 7, 2011, 6:38 am
  65. makasih ya
    dah buat artikel ini..:)
    bermanfaat banget..

    Posted by nurul azmi | September 17, 2011, 2:11 am
  66. mkch.,.,.,

    Posted by WArdAny cyNk.,,., | Desember 6, 2011, 3:34 am
  67. biology is lovE

    Posted by wardany Mylovelyi | Desember 6, 2011, 3:35 am
  68. Thank`s Pa Guru atas materinya, dan mudah2an sehat selalu dan di beri rizki yg barokah…. ^_^
    salam.

    Posted by hamzahfauzi | Desember 6, 2011, 8:47 am
  69. saya mau tau apakah kuda memiliki empedu…..dan kalau ada atau tidak ada empedunya….saya perlu artikel yang menjelaskan alasannya ada atau tidaknya empedu pada kuda

    Posted by Herman TumpOo | Desember 13, 2011, 4:09 am
  70. ….syukur nieh bner2 trtolong, ngbantu bget bwt tgas.. :) thaks

    Posted by Sgtriezratna | Januari 17, 2012, 9:46 pm
  71. berguna banget. . .
    matur tengkyu deeeeeh :)

    Posted by Anggie Mouri | Januari 18, 2012, 2:55 pm
  72. Apa fungsi dari ketiga bagian lambung pada hewan ruminansia?.

    Posted by Hendro tonapa | Januari 19, 2012, 1:10 pm
  73. Aku sangat bersyukur dgn layanan edukasi ini karena sangat membantu saya untuk mengerjakan tugas” saya…….

    FOR MY TEACHER,
    I wont to say:
    you are the best.,

    Posted by Hendro Tonapa@TORAJA | Januari 19, 2012, 1:18 pm
  74. Aku sangat bersyukur dgn layanan edukasi ini karena sangat membantu saya untuk mengerjakan tugas” saya…….

    Makasih aja de….

    Posted by Hendro Tonapa@TORAJA | Januari 19, 2012, 1:21 pm
  75. thank’s yea. . . . akhir ny diri ku bis4 bu4t PR jg4,dgn in!. . . . . Alhamdullillah

    Posted by fikha | Januari 23, 2012, 10:48 pm
  76. hmm….artikel ini sngat bermanffat buat saya,,’,krn sya dapt mengrjkn tugs dgn mudah,,mmaksi yya

    Posted by jeenmarly naftallya | Januari 29, 2012, 11:15 am
  77. Terimakasih atas pembahasannya,, sehingga memudahkan saya dalam mengajar d’sekolah.

    Posted by mega | Februari 8, 2012, 10:05 am
  78. berkat artikel ini saya bisa mengerjakan tugas biologi saya,thanks yah

    Posted by Dessy | Februari 23, 2012, 4:54 am
  79. ,, uh mkch,,,???

    Udh nydia’in in,,
    lo’ gn q tnang ngdpin ujian bso’,,
    cz dah dpet bhan cmua,,,

    Posted by Wedya nitha | Maret 7, 2012, 3:06 pm
  80. bagus……………..bagus……….bagus,..,………?

    Posted by gading bimo L | Maret 12, 2012, 4:06 am
  81. bagus sekali<3 <d

    Posted by gading bimo L | Maret 12, 2012, 4:10 am
  82. trimakasih atas situs ni s’hingga, aq dpat mnyelesaikan tugas biologi q…………..

    Posted by donypt | Maret 19, 2012, 4:16 am
  83. makasih tas situs tntang pencernaan vertebrata,s’ aq dpat terbantu nyelesain biologi q,,,,,,,,

    Posted by dony putra | Maret 19, 2012, 4:18 am
  84. WAhhh…

    ternyata hewan ruminansia ini sama kayak manusia ya , kalo dipahami sistem pencernannya >>

    hmm , yhanks banget ya >

    jadi terbantu , dapat ilmu sedikit

    Posted by srI Itaaa_tarigan (Leonaldy S) | Mei 23, 2012, 4:38 am
  85. terimah ksih akhirnya tugasku bisa tercpai jga berkt pedoman bilogi ini, dan semga ilmun pak guru semakin bertmbah dan panjang umur serta diberikn keberkhan oleh Allah SWT. Aamiin

    Posted by sukri wandi | Juni 13, 2012, 5:01 am
  86. Makasih banyak ya admin :))

    Posted by Tari Rezky Ayunda | Agustus 9, 2012, 1:27 pm
  87. Bagus banget

    Posted by johari | September 24, 2012, 12:59 pm
  88. aku butuh analisis relasi sistem pencernaan makanan

    Posted by agus riyadi | November 5, 2012, 3:56 pm
  89. kembali ke alam yuk!

    Posted by biowarda | November 5, 2012, 3:59 pm
  90. aku butuh analisis relasi sistem pencernaan

    Posted by agus riyadi | November 5, 2012, 4:01 pm
  91. ijin copas y. makasih

    Posted by memey | November 8, 2012, 3:15 pm
  92. thanks.. sangat membantu :)

    Posted by diana | Desember 21, 2012, 1:06 pm
  93. Gan mau nanya.. Apa fungsi lidah hewan ruminansia ?

    Posted by Dadan | Januari 9, 2013, 2:25 am
  94. alhmdlah nemu yg komplit…

    Posted by cuzna | Januari 15, 2013, 12:21 pm
  95. makasih ya….. berkat ini saya dapat mengetahui praktek IPA disini :)

    Posted by danang | Maret 31, 2013, 12:28 pm

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BLOG ini merupakan bentuk ungkapan TERIMA KASIH, seorang alumni/siswa ( I KETUT DIANA ADHI,S.KOM aka kuncunk, kepada bapak/ibu guru khususnya SMU 1 Melaya, Jembrana, Bali yang telah memberi berbagai ilmu selama saya belajar di sekolah tercinta..Jasa bapak / ibu guru tidak akan saya lupakan
Untuk materi, mohon maaf sebesar besarnya, karena basic saya yang cuma orang IT/ computer science, dan cuma bisa mengumpukan bahan dan materi ajar dan menyajikan dalam sebuah BLOG..
Saya merasa materi yang disajikan banyak kekurangannya, mudah mudahan saran dan kritik pengunjung bisa membuat blog ini berguna bagi pendidikan Indonesia..

Mudah mudahan blog ini bisa menjadi motivasi bagi pendidik untuk lebih bisa memanfatkan media IT demi kemajuan pendidikan Indonesia.

MAJU TERUS PENDIDIKAN INDONESIA

Kunjungi Paket Liburan ke Bali

Statistik

  • 7,991,052 hits
Education Sites Catalog
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 141 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: