//
you're reading...
Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan makanan pada manusia


sistem-pencernaan

sistem-pencernaan

Sistem pencernaan makanan pada manusia terdiri dari beberapa organ, berturut-turut dimulai dari
1. Rongga Mulut,
2. Esofagus
3. Lambung
4. Usus Halus
5. Usus Besar
6. Rektum
7. Anus.

Rongga Mulut

rongga-mulut

rongga-mulut

Mulut merupakan saluran pertama yang dilalui makanan. Pada rongga mulut, dilengkapi alat pencernaan dan kelenjar pencernaan untuk membantu pencernaan makanan. Pada Mulut terdapat :
a.Gigi
Memiliki fungsi memotong, mengoyak dan menggiling makanan menjadi partikel yang kecil-kecil. Perhatikan gambar disamping.
b..Lidah
Memiliki peran mengatur letak makanan di dalam mulut serta mengecap rasa makanan.
c..Kelenjar Ludah
Ada 3 kelenjar ludah pada rongga mulut. Ketiga kelenjar ludah tersebut menghasilkan ludah setiap harinya sekitar 1 sampai 2,5 liter ludah. Kandungan ludah pada manusia adalah : air, mucus, enzim amilase, zat antibakteri, dll. Fungsi ludah adalah melumasi rongga mulut serta mencerna karbohidrat menjadi disakarida.

Esofagus (Kerongkongan)
Merupakan saluran yang menghubungkan antara rongga mulut dengan lambung. Pada ujung saluran esophagus setelah mulut terdapat daerah yang disebut faring. Pada faring terdapat klep, yaitu epiglotis yang mengatur makanan agar tidak masuk ke trakea (tenggorokan). Fungsi esophagus adalah menyalurkan makanan ke lambung. Agar makanan dapat berjalan sepanjang esophagus, terdapat gerakan peristaltik sehingga makanan dapat berjalan menuju lambung

Lambung

lambung

lambung

Lambung adalah kelanjutan dari esophagus, berbentuk seperti kantung. Lambung dapat menampung makanan 1 liter hingga mencapai 2 liter. Dinding lambung disusun oleh otot-otot polos yang berfungsi menggerus makanan secara mekanik melalui kontraksi otot-otot tersebut. Ada 3 jenis otot polos yang menyusun lambung, yaitu otot memanjang, otot melingkar, dan otot menyerong.
Selain pencernaan mekanik, pada lambung terjadi pencernaan kimiawi dengan bantuan senyawa kimia yang dihasilkan lambung. Senyawa kimiawi yang dihasilkan lambung adalah :

  • Asam HCl ,Mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin. Sebagai disinfektan, serta merangsang pengeluaran hormon sekretin dan kolesistokinin pada usus halus
  • Lipase , Memecah lemak menjadi asam lemak dan gliserol. Namun lipase yang dihasilkan sangat sedikit
  • Renin , Mengendapkan protein pada susu (kasein) dari air susu (ASI). Hanya dimiliki oleh bayi.
  • Mukus , Melindungi dinding lambung dari kerusakan akibat asam HCl.

Hasil penggerusan makanan di lambung secara mekanik dan kimiawi akan menjadikan makanan menjadi bubur yang disebut bubur kim.

Fungsi HCI Lambung :
1. Merangsang keluamya sekretin
2. Mengaktifkan Pepsinogen menjadi Pepsin untuk memecah protein.
3. Desinfektan
4. Merangsang keluarnya hormon Kolesistokinin yang berfungsi merangsang empdu mengeluarkan getahnya.

Usus Halus

usus-halus

usus-halus

Usus halus merupakan kelanjutan dari lambung. Usus halus memiliki panjang sekitar 6-8 meter. Usus halus terbagi menjadi 3 bagian yaitu duodenum (± 25 cm), jejunum (± 2,5 m), serta ileum (± 3,6 m). Pada usus halus hanya terjadi pencernaan secara kimiawi saja, dengan bantuan senyawa kimia yang dihasilkan oleh usus halus serta senyawa kimia dari kelenjar pankreas yang dilepaskan ke usus halus.
Senyawa yang dihasilkan oleh usus halus adalah :

  • Disakaridase Menguraikan disakarida menjadi monosakarida
  • Erepsinogen Erepsin yang belum aktif yang akan diubah menjadi erepsin. Erepsin mengubah pepton menjadi asam amino.
  • Hormon Sekretin Merangsang kelenjar pancreas mengeluarkan senyawa kimia yang dihasilkan ke usus halus
  • Hormon CCK (Kolesistokinin) Merangsang hati untuk mengeluarkan cairan empedu ke dalam usus halus.

Selain itu, senyawa kimia yang dihasilkan kelenjar pankreas adalah :

  • Bikarbonat Menetralkan suasana asam dari makanan yang berasal dari lambung
  • Enterokinase Mengaktifkan erepsinogen menjadi erepsin serta mengaktifkan tripsinogen menjadi tripsin. Tripsin mengubah pepton menjadi asam amino.
  • Amilase Mengubah amilum menjadi disakarida
  • Lipase Mencerna lemak menjadi asam lemak dan gliserol
  • Tripsinogen Tripsin yang belum aktif.
  • Kimotripsin Mengubah peptone menjadi asam amino
  • Nuklease Menguraikan nukleotida menjadi nukleosida dan gugus pospat
  • Hormon Insulin Menurunkan kadar gula dalam darah sampai menjadi kadar normal
  • Hormon Glukagon Menaikkan kadar gula darah sampai menjadi kadar normal

PROSES PENCERNAAN MAKANAN
Pencernaan makanan secara kimiawi pada usus halus terjadi pada suasana basa. Prosesnya sebagai berikut :
a. Makanan yang berasal dari lambung dan bersuasana asam akan dinetralkan oleh bikarbonat dari pancreas.
b. Makanan yang kini berada di usus halus kemudian dicerna sesuai kandungan zatnya. Makanan dari kelompok karbohidrat akan dicerna oleh amylase pancreas menjadi disakarida. Disakarida kemudian diuraikan oleh disakaridase menjadi monosakarida, yaitu glukosa. Glukaosa hasil pencernaan kemudian diserap usus halus, dan diedarkan ke seluruh tubuh oleh peredaran darah.
c. Makanan dari kelompok protein setelah dilambung dicerna menjadi pepton, maka pepton akan diuraikan oleh enzim tripsin, kimotripsin, dan erepsin menjadi asam amino. Asam amino kemudian diserap usus dan diedarkan ke seluruh tubuh oleh peredaran darah.
d. Makanan dari kelompok lemak, pertama-tama akan dilarutkan (diemulsifikasi) oleh cairan empedu yang dihasilkan hati menjadi butiran-butiran lemak (droplet lemak). Droplet lemak kemudian diuraikan oleh enzim lipase menjadi asam lemak dan gliserol. Asam lemak dan gliserol kemudian diserap usus dan diedarkan menuju jantung oleh pembuluh limfe.

Usus Besar (Kolon)

usus-besar

usus-besar

Merupakan usus yang memiliki diameter lebih besar dari usus halus. Memiliki panjang 1,5 meter, dan berbentuk seperti huruf U terbalik. Usus besar dibagi menjadi 3 daerah, yaitu : Kolon asenden, Kolon Transversum, dan Kolon desenden. Fungsi kolon adalah :
a. Menyerap air selama proses pencernaan.
b. Tempat dihasilkannya vitamin K, dan vitamin H (Biotin) sebagai hasil simbiosis dengan bakteri usus, misalnya E.coli.
c. Membentuk massa feses
d. Mendorong sisa makanan hasil pencernaan (feses) keluar dari tubuh. Pengeluaran feses dari tubuh ddefekasi.

Rektum dan Anus
Merupakan lubang tempat pembuangan feses dari tubuh. Sebelum dibuang lewat anus, feses ditampung terlebih dahulu pada bagian rectum. Apabila feses sudah siap dibuang maka otot spinkter rectum mengatur pembukaan dan penutupan anus. Otot spinkter yang menyusun rektum ada 2, yaitu otot polos dan otot lurik.
Gangguan Sistem Pencernaan
• Apendikitis-Radang usus buntu.
• Diare- Feses yang sangat cair akibat peristaltik yang terlalu cepat.
• Kontipasi -Kesukaran dalam proses Defekasi (buang air besar)
• Maldigesti-Terlalu banyak makan atau makan suatu zat yang merangsang lambung.
• Parotitis-Infeksi pada kelenjar parotis disebut juga Gondong
• Tukak Lambung/Maag-“Radang” pada dinding lambung, umumnya diakibatkan infeksi Helicobacter pylori
• Xerostomia-Produksi air liur yang sangat sedikit
Gangguan pada sistem pencernaan makanan dapat disebabkan oleh pola makan yang salah, infeksi bakteri, dan kelainan alat pencernaan. Di antara gangguan-gangguan ini adalah diare, sembelit, tukak lambung, peritonitis, kolik, sampai pada infeksi usus buntu (apendisitis).
Diare
Apabila kim dari perut mengalir ke usus terlalu cepat maka defekasi menjadi lebih sering dengan feses yang mengandung banyak air. Keadaan seperti ini disebut diare. Penyebab diare antara lain ansietas (stres), makanan tertentu, atau organisme perusak yang melukai dinding usus. Diare dalam waktu lama menyebabkan hilangnya air dan garam-garam mineral, sehingga terjadi dehidrasi.
Konstipasi (Sembelit)
Sembelit terjadi jika kim masuk ke usus dengan sangat lambat. Akibatnya, air terlalu banyak diserap usus, maka feses menjadi keras dan kering. Sembelit ini disebabkan karena kurang mengkonsumsi makanan yang berupa tumbuhan berserat dan banyak mengkonsumsi daging.
Tukak Lambung (Ulkus)
Dinding lambung diselubungi mukus yang di dalamnya juga terkandung enzim. Jika pertahanan mukus rusak, enzim pencernaan akan memakan bagian-bagian kecil dari lapisan permukaan lambung. Hasil dari kegiatan ini adalah terjadinya tukak lambung. Tukak lambung menyebabkan berlubangnya dinding lambung sehingga isi lambung jatuh di rongga perut. Sebagian besar tukak lambung ini disebabkan oleh infeksi bakteri jenis tertentu.
Beberapa gangguan lain pada sistem pencernaan antara lain sebagai berikut: Peritonitis; merupakan peradangan pada selaput perut (peritonium).
Gangguan lain adalah salah cerna akibat makan makanan yang merangsang lambung, seperti alkohol dan cabe yang mengakibatkan rasa nyeri yang disebut kolik. Sedangkan produksi HCl yang berlebihan dapat menyebabkan terjadinya gesekan pada dinding lambung dan usus halus, sehingga timbul rasa nyeri yang disebut tukak lambung. Gesekan akan lebih parah kalau lambung dalam keadaan kosong akibat makan tidak teratur yang pada akhirnya akan mengakibatkan pendarahan pada lambung.
Gangguan lain pada lambung adalah gastritis atau peradangan pada lambung. Dapat pula apendiks terinfeksi sehingga terjadi peradangan yang disebut apendisitis.
.

Tentang iklan-iklan ini

Diskusi

238 thoughts on “Sistem pencernaan makanan pada manusia

  1. Waah jadi inget masa-masa smp/sma nih pak…hee..hee…bagus pak.

    Posted by sono | November 23, 2008, 1:50 pm
  2. kalau boleh, saya minta tolong dong.
    tolong hadirkan gambar dan keterangannya faring, kerongkongan, pangkreas dan kantung empedu.
    kalau bisa secepatnya, soalnya tugas ni dikasih mendadak sama guru shandy.

    sebelumnya, makasih.

    Posted by shandy | Desember 6, 2008, 10:58 am
  3. ngebantu neh.. katrol ahh.. :)

    Posted by maswa2n | Desember 18, 2008, 6:24 am
  4. bagusss, ngebantuu tugass saya…

    Posted by dwi | Desember 19, 2008, 8:17 am
  5. trims banyak pak..
    situs ini sangat membantu saya dalam melengkapi catatan biologi……
    trimakasih banyak pak..

    Posted by anisah pratiwi | Desember 28, 2008, 3:38 am
  6. sip deh

    Posted by anjastyle | Januari 7, 2009, 2:03 pm
  7. thanks buat materi’a…

    tapi,, bagian kelenjar ludah’a kurang lengkap…

    Posted by hekmatyar | Januari 29, 2009, 6:36 am
  8. gi mana ya kalau d tambhkan tentang hubungan makanan dengan kesehatan manusia…truzz d tambah informasi seputar dunia pendidikan ..and g mana law kta mo jadi anggota TOBI

    Posted by sman 4 curup | Januari 31, 2009, 6:29 am
  9. makasih,,
    bermanfaat sekali coz besok aku bakalan pleno..
    mo nanya nih,,
    kenapa mikroorganisme penyebab diare kebanyakan menyerang usus halus??

    Posted by rona | Februari 15, 2009, 11:35 am
  10. Syukron mas..
    sip!!

    Posted by Falaky | Februari 16, 2009, 2:22 am
  11. tolong kirimkan bagaimana prosesnya please cz tugasx bsok dkumplin

    Posted by ada | Februari 19, 2009, 12:44 pm
  12. makasi banyak ya ak jadi lbh ngerti
    bravo pendidikan

    Posted by ester | April 19, 2009, 9:11 am
  13. AsLm.
    Saya Mau Bertanya Pak!
    Kalau SISTEM PENCERNAAN PADA KELELAWAR BAGAIMANA ya PROSESnya?
    PLease…
    Lagi BUTUH Banget untuk BAHAN SKRIPSI.
    Makasih neh Pak!
    WsLm.

    Posted by Ridho | April 20, 2009, 3:11 am
  14. mdh2an mjd bhn renungan betapa dahsyat kasih sayang Sang Pencipta, dengan sistem pencernaan yang luar biasa rumit kita bisa makan enak tanpa bingung ngurus di dalamnya sampai buang kotorannya, tahu-tahu pengen pup aja, subhanallah ! tksh ilmunya !

    Posted by euis sufi | Mei 12, 2009, 11:18 am
  15. pak,, ngga bisa lebih lengkap??
    oH iya.. datang ke blog saya yahhh

    Posted by sriwimaja | Mei 15, 2009, 10:48 am
  16. makacih pak…..banyak membantu saya nyelesaiin tugaz

    Posted by heni_ | Juni 19, 2009, 9:26 am
  17. MakaCi byk!
    SitUs ni bsa ngbntU Gw ngerjain tgs anatoMi!
    N ngapal buat uAs!
    Tq bgt. . .

    Posted by Katrin | Juli 1, 2009, 12:36 pm
  18. Bagus

    Posted by Rasydan | Agustus 13, 2009, 8:14 am
  19. wah jdy!! tmbah pnter nih!!

    Posted by vilda | Agustus 25, 2009, 12:35 pm
  20. tq…cuy…
    so w bz lanjtn tgz from guru….
    mnrt w di sni lngkp oey…!!
    capcus cin…

    Posted by Baby | September 6, 2009, 5:57 am
  21. Thanks, amat tertolong walaupun cuma bantuin tugas anak yang duduk di kelas 5 karena dia sibuk mencari dikoran-koran.

    Posted by Samsuryani | September 28, 2009, 7:23 am
  22. mak nyuss…. very usefull

    Posted by yiyin | Oktober 1, 2009, 1:55 pm
  23. Wah ngebantu banget qta2 yg du2k d’ banku SMP karna klo ada tugas tentang sistem pencernaan bsa buka aza sitesx hehehehehe……….. ;)

    Posted by rusmin | Oktober 3, 2009, 11:49 am
  24. wihhh…bagusss..
    thank’s ya…tugas cy jd selesai..

    Posted by raka | Oktober 9, 2009, 12:19 pm
  25. wahhhhhh jd lbh paham nih pak,,,,,
    tp klu bsa lebh lengkap lg ya pak……..

    Posted by rana endah widyanti | Oktober 11, 2009, 5:02 am
  26. mantap. sangat lengkap informasinya bisa buat adik saya.

    Posted by kursus bahasa inggris | Oktober 15, 2009, 11:43 pm
  27. makasih yach…!

    Posted by rahma | Oktober 18, 2009, 12:07 pm
  28. hatur nuhun nyak……….
    thank’s a lot………..
    matur nuwun sanget nggih………….

    wassalam

    Posted by kefayboriuz sakti | Oktober 20, 2009, 12:53 pm
  29. saya mau bertanya????
    alat pencernaan pada manusia apa aja yach???

    lagi butuh nich!!!!
    ada pr

    Posted by shelvi | Oktober 21, 2009, 7:48 am
  30. saya mau bertanya pak!

    barapa jam makanan berada dilambung, terus di usus halus, di usus besar dan directum.

    Posted by sukma yanti | Oktober 24, 2009, 2:43 pm
  31. Semoga bisa menjadi sesuatuu yg sangat berguna bagi anak-anak bangsa, karna aq mersa sangat terbantu dengan adanya ini thanks yach…

    Posted by Alif ekacahya wahyudi | Oktober 25, 2009, 2:31 am
  32. hI,,,SEURM BUUUUUUUUANG

    Posted by syila | Oktober 26, 2009, 1:08 pm
  33. teknologi dah sngt canggih.coba aja da macam2 tentang biologi,kimia,& fisika pasti anak2 smp/sma rajin belajar!!!! he…he…he…

    Posted by siti apiyah | Oktober 28, 2009, 6:07 am
  34. krang lngkap nie

    Posted by ADit | November 5, 2009, 7:29 am
  35. mksih

    Posted by ADit | November 5, 2009, 7:34 am
  36. aPakaH yanG dImaKcuD dEngAn

    “ANUS”
    jeLasKan DenGan SinGkAT……….

    Posted by all ridwan agung | November 11, 2009, 11:48 am
  37. TRIMS
    YA
    MATERINYA……..

    Posted by MAWADAH | November 12, 2009, 4:58 am
  38. kerenzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz

    Posted by DILLA | November 18, 2009, 12:26 pm
  39. eeeeee eek yo……
    yg aq cari cuma 2 yg masuk pantek!!!!
    klo bisa tolong masukin tentang proses pencernaan di lambung…
    oke bro…???
    pantek yo….!!!

    Posted by pelajar teladadan | November 18, 2009, 12:48 pm
  40. Subhanallah cukup lengkap sekali,,,,
    artikel ini akan saya presentasikan dikelas untuk Tugas Biologi Umum,,,, di Institut Sains n Teknologi Alkamal (ISTA) Jakarta

    Posted by Ana Astria | November 20, 2009, 6:24 am
  41. IWAAW….IWAAAAWWWW…. THANKS YA… SANGADH MEMBANTU… ^_^

    Posted by ZURI DAN YUYUN | November 21, 2009, 4:42 am
  42. Wuah.pas bgt ma peljrnq hri ini!!!
    Hwehehe

    Posted by Ecca | November 24, 2009, 2:48 am
  43. wah makasih ya buat laporan biokimiaku….
    thanks,…

    Posted by dhinik prasati | Desember 6, 2009, 12:05 am
  44. bgus2 … dah bntu tugas sekolah q hehe… tp tetep d kmbangin truz y…

    Posted by prisya | Desember 7, 2009, 9:57 am
  45. kalau boleh saya minta ket. dari kelenjar pencernaan yang besar pada manusia??????,,,,,

    Posted by fitry namaQ | Desember 15, 2009, 9:04 am
  46. Terimakasih banget atas infonya. Benar benar membantu buat anak SMA

    Posted by Ummul fadilah | Januari 5, 2010, 1:38 pm
  47. makasih ya info nya……… lo basic nya IT kok bisa sich lo ngasih bahan biologi????????????????

    Posted by zurnidas | Januari 10, 2010, 9:18 am
  48. makasih banget ya, ini membantu banget buat saya mengerjakan tugas dari guru saya yang gak ada jawabannya di buku :)))

    Posted by dita sulung | Januari 10, 2010, 2:32 pm
  49. Makasih banyak ya,,
    materi yg diberikan lengkap skli,,
    sangat membantu dalam mengerjakan PR,,

    Posted by Ayu Fajriyah | Januari 11, 2010, 11:49 am
  50. mayan bwat ngerjain pr^^

    Posted by adi | Januari 12, 2010, 10:10 am
  51. bagus…
    tugas bakal selesae dech….

    Posted by wulandari | Januari 15, 2010, 10:54 am
  52. syukron jazakillah utk materi ini.sangat brmanfaat dan kalau blh kasih srn,hbngan materi dgn Al-quran dan Al-hadits dapat ditelusuri.smg maju pendidikan di Indonesia.

    Posted by wida | Januari 16, 2010, 7:55 am
  53. wOOww Thanx wdaah bnTUiin aQ nxelesain tgas..,,,,,,

    Posted by Hendrik JIe | Januari 16, 2010, 5:06 pm
  54. tinggal

    Posted by wajib | Januari 18, 2010, 5:12 am
  55. materinya bagus

    Posted by nora | Januari 19, 2010, 4:13 am
  56. Untung ada internet…..
    tegas2ku smuax cpt selesai

    Posted by Ridwan Hamid | Januari 19, 2010, 1:34 pm
  57. Untung ada internet…..
    tugas2ku smuax cpt selesai

    Posted by Ridwan Hamid | Januari 19, 2010, 1:34 pm
  58. mmmhhh ….
    dah bagus sich ……….
    but, mulut n bagian2nya kurang lengkapch

    tapi, mauliatelah ………..!

    Posted by N_darti | Januari 23, 2010, 10:30 am
  59. Biagus mas, cukup membantu

    Posted by sudiarto | Januari 25, 2010, 1:26 am
  60. apakah semua keterangan ini sudah secara mendalam,,,?????

    kalau belum secara terperinci,tolong di rincikan secara mendalam.Agar,siswa SMA/SMP/SD dan para pelajar lainnya bisa mampu mengenali sistem pencernaan makanan yang ada pada manusia,,,,

    terima kasih…..!!!

    Posted by Alvian | Januari 25, 2010, 1:50 am
  61. kenapa gak di bahas ensim-ensim yang terdapat dalam mulut dan lambung yach….
    tapi bagus juga materi dan gambrnya lengkap

    Posted by rina arianty | Februari 8, 2010, 1:53 am
  62. pak nie bgs bgt……tgs Q lumayan bisa kbntu hehehehehe

    Posted by cha | Februari 15, 2010, 5:58 am
  63. terima kacih…. dah nerbItin artikel nie… bermanfaat banget…

    Posted by alif Fingka J | Februari 19, 2010, 5:05 am
  64. wah… sangat bergunabanget buwat belaja adek aq… makasi

    Posted by tetembak | Maret 4, 2010, 7:02 am
  65. Kenapa tidak menceritakan dengan lebih detail lagi. Dan kalau bisa jelaskan secara kompleks bagian-bagian dari kerongkongAn dan fungsinya masing-masing.

    Posted by Zuhdan | Maret 11, 2010, 2:43 am
  66. terimakasih atas pemberitahuannya ya (TTD alfian akrama)

    Posted by Alfian akrama | Maret 23, 2010, 11:44 am
  67. makasih ya…atas ilmunya,saya jadi lancar dech ngerjain tugas…..

    Posted by emiliana | Maret 27, 2010, 3:11 am
  68. Mkasih lo Pak atas Data2 nya dg itu saya dapat mneyelesaikan tugas saya, sX lagi Makasih…..!!!!

    Posted by Alief A M | Maret 30, 2010, 9:07 pm
  69. dah. . .

    Posted by qwerty | April 13, 2010, 4:41 am
  70. sanGat MeMbaNtu WakTu semInAr
    hehehe

    Posted by bee | April 15, 2010, 4:05 am
  71. wah.. thanks baged ya..
    dengan adanya gambar plus ket. nya ngebantu g baged dari tugas IPA g.. HhE~

    Posted by Petricia | April 27, 2010, 8:05 am
  72. bgmn ya proses pencernaan pada penyakit ulkus peptikum

    Posted by indra puspita sari | April 28, 2010, 8:05 am
  73. bagaimana ya proses pencernaan pada penyakit ulkus peptikum???????

    Posted by indra puspita sari | April 28, 2010, 8:07 am
  74. terimakasih atas informasi anda ini akan saya gunakan untuk belajar dan membelajarkan

    Posted by pratiwi | Mei 11, 2010, 6:20 am
  75. makasih informzinya………….. oz lg buth bgt info tntg sistem pencrnaan buat tgas kul……..

    Posted by eka | Mei 14, 2010, 3:34 am
  76. Terima kasih atas catatannya…menambah pengetahuan mengenai sistem pencernaan manusia.
    Sekalian, saya mau bertanya pak…Sebenarnya, apa fungsi masing-masing sari-sari makanan tersebut bagi tubuh
    dan organ-organ mana saja yang membutuhkannya???
    Terima kasih.

    Posted by khoerotun nisa' | Juni 19, 2010, 12:03 pm
  77. Makasih banget blog ini sangat berguna sekali dalam menyelesaikan tugas makalah……terima kasih ya…..

    Posted by irfan hermawan | Juni 23, 2010, 8:15 am
  78. makasih, pasti berguna bgt buat pembelajaran….

    Posted by anda | Juni 24, 2010, 2:41 am
  79. thangk”s ya atas infoX, yg lebih lengkap lg y!

    Posted by adit kdi | Juni 27, 2010, 5:39 am
  80. makasih.. jd bisa selesaiin tugas..

    Posted by Anindya | Agustus 2, 2010, 6:32 am
  81. Thanks,, bs ngerjain tgs deh,,

    Posted by Cut Aisya | Agustus 2, 2010, 6:35 am
  82. Makasih..! jd bs ngerjain tgs…

    Posted by Anindya Izza | Agustus 2, 2010, 6:36 am
  83. tq bgt

    Posted by rian | Agustus 12, 2010, 10:43 pm
  84. ih bagus buat aq jadi semakin tau

    Posted by lusiana rahayu | Agustus 13, 2010, 9:56 am
  85. asalamualaikum,,,,
    trima kasih pak udah ngebantu kita2 yg lgi duduk di bangku SMA…..??????????

    Posted by yulfa | Agustus 17, 2010, 2:32 pm
  86. boleh minta dikirimin ke email saya ga..? tapi bisa lebih ringkas secara urutannya proses pencernaan makanannya.. please….

    Posted by risma | Agustus 27, 2010, 1:41 pm
  87. heheheheheheheh wew wkwkwkwkwkwkwkwkwk hahahahahahahaha ww

    Posted by q131 | Agustus 28, 2010, 9:39 am
  88. duch….
    kok tntang usus halusnya tak lngkap sih……..
    kok tak ada pnyakit yg dsbb kn oleh usus halus….
    bngng deh saya buat pr biologi………

    Posted by samsuarni ningsih | September 25, 2010, 5:56 am
  89. mampus dah q hrs nyatat sebanyak ni….

    Posted by fransesilia arta uly | September 26, 2010, 1:23 pm
  90. makasih ya!!!!

    Posted by Sabriantoro pratama | Oktober 6, 2010, 9:09 am
  91. duh ,, jdi tmbah pintar nh

    Posted by farah lisda | Oktober 12, 2010, 7:55 am
  92. Thank you

    Posted by Orang | Oktober 14, 2010, 11:21 am
  93. it’s very ok.it’s very good ilove byology 100%

    Posted by donny gumelar | Oktober 19, 2010, 9:40 am
  94. thanks i’m find it helpful

    Posted by maya | Oktober 19, 2010, 2:33 pm
  95. aku mumet tentang pencernakan manusia

    Posted by anisa | Oktober 24, 2010, 4:07 am
  96. Ass …

    Terimakasih yach Pak !!
    Dah bkin mteri Biology tntang sistem Pencernaan mkanan pd manusia nie …
    Nie sngat mmbntu bgie siswa n siswi trmsuk Q …
    Pokokx sip buanget dech Pak …

    Wassalam …

    Posted by Rasti | Oktober 28, 2010, 6:13 am
  97. Selaen tooo…da la gak gangguan pada sistem pencernaan manusia……

    Posted by Chry wahyuni | November 1, 2010, 6:46 am
  98. banyak in lagi ya biar km senagat belajar biologi nya dan fisika

    Posted by giovani | November 4, 2010, 12:07 pm
  99. MAkasih atas informasinya,,,,,,,,,,,
    thankyou………..

    Posted by safida | November 12, 2010, 10:35 am
  100. wahhh….
    mudah banget ngapalnya
    hheeee :D

    Posted by ketchi | November 23, 2010, 6:45 am
  101. Lumayanlah untuk pr..

    Posted by JN | November 25, 2010, 11:20 am
  102. mo tanya neh…
    makanan setelah dicerna di gaster, setelah itu lanjut ke mana??

    Posted by Irene Carolin | November 26, 2010, 2:44 pm
  103. bagaimana pembaharan kalori dalam tubuh kita?
    butuh waktu berapa lama untuk mengubah kalori sebesar sekian kalori menjadi energi?
    mohon bantuannya..tq

    Posted by rina suciati | Desember 29, 2010, 9:46 am
  104. waoo… ini benar2 bagus,,, trimakasih pak,,,

    Posted by donny | Desember 29, 2010, 11:44 am
  105. sangat membantu sekali

    Posted by loko muki | Januari 11, 2011, 10:09 am
  106. makasihhh yach atas informasinya !!!!

    Posted by lina herlina | Januari 12, 2011, 1:13 am
  107. mKsIH yE pAk…. MeMbNtU tGz bIoLoGiQ nhE….. SkLi lg mKcEh….

    Posted by Sarwiati | Januari 14, 2011, 2:46 am
  108. pak..
    proses pncrnaan yg dibantu oleh bakteri proses’a yang mana?

    Posted by desy | Januari 14, 2011, 12:35 pm
  109. bisa ngebantu ney…..

    Posted by yahya | Januari 14, 2011, 2:36 pm
  110. siap juga catatan biologi saya, thanks alot sir .

    Posted by fesky madony | Januari 20, 2011, 4:18 pm
  111. Terima kasih Bapak Guru.Dengan Ini pengetahuan Saya tentang Biology bertambah dab Pekerjaan rumah pun terselesaikan.

    Posted by Muhammad Fikri | Januari 24, 2011, 2:25 pm
  112. thanks

    Posted by niar | Januari 27, 2011, 2:16 pm
  113. trimakasih yach,,, berkat situs ini tugas biologi zyx menjadu ringan…..

    Posted by Muhaymynk | Februari 3, 2011, 3:29 am
  114. yang mengubah pepton jadi asam amino tu yang bener tripsin ato erepsin?

    Posted by ratih | Februari 3, 2011, 6:57 am
  115. kRennnnn,..
    miNta tolong gaMbarx di peRjeLas agar bagian2 pd gambarx terlihat jelas,.

    makasi,..
    salam hangat aNjas,..

    Posted by Anjasmara Susanto | Maret 14, 2011, 5:14 am
  116. tx yach,, nich ngebantu aku buat tmbh smngat bljr,, dan jdi tmbh gampang dech buat prx,,
    ::klo bsa saran,, mungkin hasil” yg lain dibuat dlm bentuk power point ajha biar klo presentasi lebih gampang dan mudah dipahami per slides nya,,, yach,, s’kali lagi tx yach,, :) (^^^) :D <(")

    Posted by virgiani | Maret 30, 2011, 10:46 pm
  117. artikelnya bagus pak, terima kasih..

    Posted by lyph | Mei 7, 2011, 12:04 pm
  118. mau nanyak ni kak,,, jelaskan proses pencernaan zat tepung sehingga dapat di serap oleh usus !,, acem mana tu jawaban’a,, :(

    Posted by ajiz | Mei 31, 2011, 1:28 pm
  119. sangat membantu sekali

    Posted by aden | Juni 6, 2011, 7:38 am
  120. makasii yaa….

    Posted by Dini Ramadhani | Juli 18, 2011, 2:04 pm
  121. wuach ,, nie pnjelasan krend nd ngbntu bngdh ,, thankz iia ..

    Posted by okin | Agustus 3, 2011, 1:34 pm
  122. wah……. ngebantu bgt nich bwt bljr. tapi ada saran dari q, klo bisa sekalian sama penyakit dan penyebab penyakit’a donkzzzzzz…… he…he…he…

    Posted by maureen | Agustus 4, 2011, 1:44 pm
  123. wah maksih ya berguna bgt !

    Posted by intan | Agustus 14, 2011, 9:37 am
  124. izin copas ya :D buat belajar makasih banyak ya :)

    Posted by intan | Agustus 14, 2011, 9:42 am
  125. waaah…. gambar ini membuat aku menjadi pandai

    Posted by ayudhia virga hapsari | Agustus 18, 2011, 5:08 am
  126. koment yg no.1 ini gk pljrn SMP/SMA ini ma SD kls V dw nyari disini bt ngerjain tgs dsrh guru gw :P

    Posted by kharisma Meta Cuantiexks PluesMuaniesz | Agustus 28, 2011, 12:59 am
  127. PIP ;) ting

    Posted by Elsa Anxsa | September 13, 2011, 12:35 pm
  128. memang susah sekali yah :P

    Posted by nedi | September 14, 2011, 1:34 am
  129. makasih ya…
    tugas ga bakal selesai kalo ga ada ini..

    THANKS BANGET YAWWW….

    Posted by dini tavita | September 20, 2011, 8:01 am
  130. enak ni situs bisa bikin smart

    Posted by kevin | September 20, 2011, 12:53 pm
  131. pusinkkkkk bnyk bngt ?????????????????

    Posted by anggun | September 26, 2011, 12:04 pm
  132. thank ya

    Posted by Aldi Nax Barzie | September 27, 2011, 6:53 am
  133. waah….. gambar ny xreenz ;-)

    Posted by rama | September 27, 2011, 11:44 am
  134. trimakasih telah terbantu

    Posted by eskirimbi | Oktober 1, 2011, 3:49 am
  135. good ..
    sekarang aku ikut olimpiade biologi se kota madiun thankkz yhaa .. :)

    Posted by della thahtta albyrha kinantha | Oktober 2, 2011, 12:16 pm
  136. pak ekstrasel ma intrasel mna????
    ma kimia ma mekanik

    Posted by paskalis | Oktober 3, 2011, 12:14 pm
  137. bales sukma yanti; kira2 2 jamman

    Posted by pak kuncono | Oktober 3, 2011, 12:16 pm
  138. sssssssssssiiiiiiiiiiiiiiiiipppppppppppppp ,,,,,,,,,,,mmannttapppp

    Posted by rama pamungas | Oktober 4, 2011, 12:12 pm
  139. waaaah……aku jadi pandai

    Posted by anto ghani | Oktober 6, 2011, 6:49 am
  140. mf.. bisakah anda sertakan refrensinya..

    Posted by ihsan | Oktober 6, 2011, 1:05 pm
  141. bagus skali isinya, mudah difahami.. izin nyebarin yaa

    Posted by Uut Indits | Oktober 16, 2011, 9:36 am
  142. ini minta bg ilmu moga lbh mencerdaskan anak bangsa…………trim’s

    Posted by mas sun | Oktober 18, 2011, 1:49 pm
  143. yee tugas q selsai dengan ini

    Posted by Riski Ragna Loverzz | Oktober 20, 2011, 7:43 am
  144. ini yang aku cari……semoga bermanfaat bagi siapapun yang membacanya…. terimakasih yaaaa……

    Posted by zaini | Oktober 21, 2011, 11:28 am
  145. baguiss yaa ..

    Posted by bima | Oktober 23, 2011, 4:58 am
  146. tolong donk jawab pertanyaannya?
    dapatkah setiap sistem organ dalam tubuh kita ini dapat berdiri sendiri?mengapa demikian

    Posted by hidayatus sholeha | Oktober 28, 2011, 5:26 am
  147. thank’s artikelnya membantu saya…

    Posted by alvyanto | November 2, 2011, 11:43 am
  148. thank’s….lup[a bawa buku jdix tinggal buka inie…..penjelasanx lebih mudah di mengerti

    Posted by GHEA imout... | November 7, 2011, 1:38 am
  149. thank’s…this’s very help me..

    Posted by GHEA imout... | November 7, 2011, 1:39 am
  150. Ank saya mengalami kembung yg berlebihan. penangan pertama oleh dr dikasih selang lewat hidung, kmudian keluarlah cairan. setelah itu dilakukan operasi, dimn stlh operasi puasa. namun msh saja keluar cairan hijau dr selang tsb dan ank sy msh kembung lg. anak saya susah kentut jgberak. sebenarnya apa yg terjadi dan apa cairan yg kelusr dr selang

    Posted by imam asrofi | November 7, 2011, 10:35 pm
  151. Masa SMA jd terulang setelah membuka pljrn ttg struktur anatomi dr bakteri yg ada pd rongga mulut,,,,,,,
    mkasi atas coment x kwand”
    slmt brjuang

    Posted by Sukirman Khairi | November 12, 2011, 3:37 pm
  152. matur nuwun…sangat membantu tuk belajar anak

    Posted by yana | November 20, 2011, 12:02 pm
  153. Thanks atas pembritahuan y

    Posted by Martiasari | November 25, 2011, 9:49 am
  154. wa…..ni ku ada PR tlng di kommentari dong bri solusinya dong? ‘(

    Posted by zda alaika abada | November 26, 2011, 7:26 am
  155. mksih y mtrinya….. n q mo psan tlong buatin makalah evolusi buat tgs q…. y pak…

    Posted by estri julian | November 30, 2011, 4:04 am
  156. izin copas ya:-) buat tugas skolah

    Posted by nisha annisa | November 30, 2011, 9:24 am
  157. sangat membantu para pelajar khususnya SMP/SMA/MA dlm memperoleh pengetahuan dari sumber belajar lain selain bapak / ibu guru. Selamat Berkarya

    Posted by Nardi | Desember 4, 2011, 2:54 pm
  158. tanks ya smua..
    buat yg bersangkutan…
    ini sagat membantu saya…

    Posted by T. Mujiburrahmand' | Desember 21, 2011, 2:26 am
  159. salam dr saya dari jambi buat para coment

    Posted by fajar silitonga | Desember 28, 2011, 12:17 pm
  160. makalah nie buat ayu j ngerti, pluz bisa buat bantu ngerjain tugas…. :)

    Posted by ayu novia | Januari 11, 2012, 12:53 pm
  161. ehemmm seneng jga nyri tugas ni bersma pcar hehehe,

    Posted by couzin mericy fizy_sa | Januari 12, 2012, 1:25 pm
  162. alhamdullilah trimaksih pak atas ilmunya…
    sngat brmanfaat untuk sya ,,.smoga trus sperti nie biar sring2 klau sya nyari materi tntang biologi k blognya bpak ja ,,.. ^_^

    Posted by adi nugraha | Januari 14, 2012, 4:55 am
  163. thanks very much..

    Posted by muhammad farid | Januari 18, 2012, 2:34 am
  164. trims pak,berkat situs ini saya dapat menuntaskan raport saya pak

    Posted by william | Januari 18, 2012, 9:26 am
  165. alhamdulillah,, tugas adek ku selesai juga
    makasih yaa !! :)

    Posted by Anggie Mouri | Januari 18, 2012, 2:53 pm
  166. terima kasih banyak….

    Posted by qhirezhy rezhia lia | Januari 19, 2012, 12:32 pm
  167. wahh
    ngebantu beud nehh
    jadi selesai neh tugas
    thx yaa :)

    Posted by dhiezynt | Januari 20, 2012, 5:51 am
  168. Waa,,,, good nie artikelnya bagi anak Skolahh

    Posted by Dwii handayani | Januari 22, 2012, 9:02 am
  169. stus in sNgat mmbntu sya dlam bljar biologi,,,

    sya bsa mmprluas pngethuan mlalui stus in,,

    Posted by mHiLa Latief | Januari 23, 2012, 2:45 am
  170. izin COPAS yah . :)

    Posted by uchye | Januari 24, 2012, 11:39 am
  171. alhamdulillah mmpermdh sy dlm bljr biologi……………klw bsa gmbrny d prlngkap lg bsrta bgian”y

    Posted by bucu04 halLas | Januari 25, 2012, 4:30 am
  172. jdi inget waktu d jampang eung …
    suruhh bikin kya gini yg gedde ..ma bu sri…(smp n 2 jampangtengah)

    Posted by ary maulana | Januari 26, 2012, 3:28 pm
  173. Subhannallah…………. lengkap sangat ciptaan Allah, tiada yang meremehkan dan mampu menandingi_Nya……….. :)
    tugas saya juga terpenuhi,,,,, :) makasih blogers……….

    Posted by risris | Januari 27, 2012, 3:58 am
  174. sangat bagus untuk pengetahuan kita yang awam, hanya saja kita tidak diberitahu atau diulas bagaimana cara penangannya / solusi jika sudah terjadi pencernaan yang tidak lancar khususnya pada bagian Tukak lambung karena sekarang saya sedang mengalaminya.
    Mohon mungkin Bapak bisa berbagi solusi kepada kami. Thks.

    Posted by Andre Prajitno | Januari 28, 2012, 10:42 am
  175. harusnya prosesnya langsung aja nih… :)

    Posted by chintya gendhis jawa | Januari 29, 2012, 5:32 am
  176. makasih ya informasinya,
    sangat lengkap :)

    Posted by Selviana Sisvilla Pratama | Januari 30, 2012, 8:21 am
  177. bagus sekali…

    Posted by chefy kharisma | Februari 1, 2012, 11:45 pm
  178. bagus sekali uraiannya

    Posted by chefy kharisma | Februari 1, 2012, 11:46 pm
  179. terima kasih atas banttuann ini saya dapat belajar dengan baik,simpeldan mengerti

    Posted by aldi fauzi | Februari 8, 2012, 6:35 am
  180. thx ya atas informasinya :D

    Posted by rachel | Februari 24, 2012, 1:15 pm
  181. bagus banget..
    thx ya informasinya :)

    Posted by rike | Februari 24, 2012, 1:37 pm
  182. thx..

    Posted by madona | Februari 24, 2012, 1:38 pm
  183. cucho’………….. . . . . ..

    Posted by Basman | Februari 27, 2012, 1:15 am
  184. makasi bnyak bapak buad info nya ..
    kluar rmh ndak bawa buku jd bisa bljr online dsni ^^
    oiya pak , bagus thu ideny , memotivasi pendidik untuk lebih bisa memanfaatkan media IT

    Posted by mrhmnka | Maret 2, 2012, 10:43 am
  185. Duuchh, ngebantu bnget dewh ..
    Jdi tw tntang alat pncrnaan pda mnusia nd fngssi’a …
    Tnksssssss yyuacchhh … :)

    Posted by mellaniia | Maret 6, 2012, 2:03 pm
  186. wah bisa nambah ilmu nih

    Posted by aldi. | Maret 7, 2012, 12:40 pm
  187. Thank’s ya atas materiNya :-D
    SemuaNya sangat membantu :-)

    〔°-°〕

    Posted by Antoni Sinaga | Maret 12, 2012, 3:12 pm
  188. wah berkat blog ini 1/8 tugas saya selesai ^_^ hihi..

    Posted by tomy | Maret 16, 2012, 11:13 am
  189. Terima kasih,,, artikelnya sangat berguna. :)

    Posted by Iwak Pithik | Maret 16, 2012, 4:30 pm
  190. bermanfaat bgt. ^_^

    Posted by clara | Maret 18, 2012, 1:38 am
  191. wahhhh jdi bsa mnambah ilmu

    Posted by eva wiji lestari | Maret 28, 2012, 12:14 pm
  192. trimaksih banyak eaaa…..
    akhirnya tugas aku rampung niee….

    Posted by Nurma Novi | Maret 29, 2012, 11:32 am
  193. ini penjelasan.a okey

    Posted by shelina amelia | April 2, 2012, 11:12 am
  194. thanks atas infonya

    Posted by nhaeny rusly | April 14, 2012, 1:23 pm
  195. mas ko ga ada gambarnya

    Posted by isma | Mei 2, 2012, 11:56 am
  196. Tolong dong Buat aplikasi untuk Microsoft Windows Phone 7.5 Mango biar bisa dilihat dimanapun

    Posted by amanahNokia | Mei 27, 2012, 5:19 am
  197. terimakasih buat materinya….
    jdi bisa ngerjain anatomi…

    Posted by Intan Purnamasari | Juni 5, 2012, 2:09 am
  198. izin copas y…thanksss sangt membantu saia

    Posted by otriyhaa | Juni 9, 2012, 6:55 pm
  199. Hahaha… Saya cari bahan ini karena kemaren siang, pas lunch, bahas tentang bahan makanan yg bgus buat tubuh, mustinyg ber-protein tinggi. Tapi nanti ginjal bekerja lebih berat… Anyway, i got the answer. Thanks

    Posted by Ewin tan | Juli 7, 2012, 12:03 pm
  200. waow,, hanya minta ijin untuk kopas,, bisa ga??

    Posted by tahirkz | Agustus 2, 2012, 2:10 am
  201. terimakasih atas materinya ya……..
    jd qw bsa ngrjain pr nya…..

    Posted by dwi | Agustus 11, 2012, 1:06 pm
  202. :-) :D ;-)

    Posted by Tarakannita Rahayu Nurrida Wijaya | Agustus 31, 2012, 11:05 am
  203. Trim’…ya pak, akan kusebarkan keanak-anaku!!

    Posted by Tedy Jarot | Agustus 31, 2012, 3:59 pm
  204. apayach arti pepton dan kasein..:)

    Posted by bhila | September 3, 2012, 12:49 pm
  205. :D

    Posted by bhila | September 3, 2012, 12:50 pm
  206. keep up the good work, mas. tugas saya akhirnya selesai juga. Sebelumnya Terima kasih.

    Posted by Kelvin | September 7, 2012, 12:13 pm
  207. mksh banyk gan,berkat blog ini pekerjaan aq selesai ^_^

    Posted by Irfansyah | September 16, 2012, 11:33 am
  208. yang lebih lengkap dong
    PLEASE !!!!!

    Posted by a | September 24, 2012, 2:22 pm
  209. thengkyuuuu,,,^^
    ini sangat membantu saya

    Posted by Jeally Monez | September 27, 2012, 2:14 pm
  210. Treamz all sir., U’ve made finishing my job.. ^-^

    Posted by Zaffa | September 29, 2012, 4:20 am
  211. kak,kalau pencernaan pada usus halus yg tidak memerlukan hormon dibagian mana ya? ( illeum,jejenum,atau duodenum????)

    Posted by Dharman | September 29, 2012, 8:46 am
  212. I like it :) ini sangat bagus

    Posted by friesa | Oktober 5, 2012, 10:20 am
  213. mksih infonya
    tapi knpa gk lengkap???

    Posted by shilla | Oktober 9, 2012, 10:28 am
  214. Keren situsnya

    Posted by nina | Oktober 9, 2012, 12:33 pm
  215. trims pak, blog ini membantu saya untuk menyelesaikan tugas saya. sekali lagi trims…

    Posted by rizal hidayat | Oktober 11, 2012, 11:18 am
  216. ada pr nih ipa biolagi

    Posted by dendi | Oktober 11, 2012, 2:03 pm
  217. hahahah saya cari bahan ini ama temen temen susah bgt

    Posted by desii handayani | Oktober 18, 2012, 3:09 am
  218. jawabannya sangat membantu……………………………………..>>>>>>>>>>>>>>>>><<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<

    Posted by inayah | Oktober 22, 2012, 10:07 am
  219. thanks atas ilmunya,,>>>>>><<<<<<<<<<

    Posted by luthfiyah | November 5, 2012, 11:20 am
  220. Hmmzzz,,,mksih ya pak

    Posted by Mirha | November 6, 2012, 11:55 am
  221. Smua nya lengkap ;)

    Posted by Reka mardiana.r | November 8, 2012, 12:16 pm
  222. terimakasih dibutuhkan banget oleh kita yang lagi butuh translatenya dalam bahasa indonesia““`sekali lagi terimakasih

    Posted by kak fian dan harlan | November 13, 2012, 1:23 pm
  223. tuh kan bener kalo lambung terdiri dari otot polos.
    trus knapa jawaban ulangan saya disalahin ya? :'(

    Posted by Sandra | November 20, 2012, 9:52 am
  224. saya sangat mmbutuhkan catatetan ini . makasih ya ..
    :)

    Posted by rosadevintha | Desember 10, 2012, 11:58 am
  225. thanks atas materix,smga simulasi s sukses dgn materi ini

    Posted by arjun | Desember 13, 2012, 1:17 am
  226. makasi ni elmunya….
    izin donlot ya pa guru.

    Posted by dh41rahmani | Januari 6, 2013, 4:51 pm
  227. terima kasih materinya

    Posted by novelya | Januari 28, 2013, 4:06 am
  228. makasih bgt ya pak berkat bapak tgs sya selesai dah…!

    Posted by akbar | Februari 15, 2013, 11:36 am
  229. Terimakasih Pak Kuncung atas Blognya saya seorang guru menjadi terharu dengan terima kasih Bapak terhadapBapak/Ibu Guru Bapak ini sangat bermanfaat bagi kami selamat Pak

    Posted by I Komang Sudiarta | Maret 18, 2013, 12:46 pm
  230. Hmmm,,, bagus pak,,, buat sy tmbah ilmux neh,,, thank’s

    Posted by Aisah laili | Mei 31, 2013, 3:05 am
  231. WADUH TERIMAKASIH SAYA LG SAKIT TIPOSS,,,JADI TAU LETAK SAKITNYA DIMANA

    Posted by HALIM | Juni 28, 2013, 9:33 am
  232. siip untuk tambahan referensi…………

    Posted by p slamet winadi | Agustus 27, 2013, 2:28 am
  233. wah sangat bermanfaat nih lumayan untuk tugas proyek IPA ;)

    Posted by Rachel Anne | Agustus 27, 2013, 7:16 am
  234. thx yaa,, bantu bgt..!!

    Posted by shintya | November 30, 2013, 2:50 am
  235. tsaya ingin bertanya kepada bapak
    bagaimanakah hubungan antara jenis makanan yang kita makan dan timbulnya penyakit jantung ?
    thanks

    Posted by nurul haida tarigan | Februari 4, 2014, 1:12 pm
  236. siip bangett………….. :)

    Posted by khiki retnoo dorkky | Februari 5, 2014, 7:15 am
  237. sangat membantu. ijin copy sebagian pak

    Posted by wiryo | Maret 21, 2014, 11:13 am

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BLOG ini merupakan bentuk ungkapan TERIMA KASIH, seorang alumni/siswa ( I KETUT DIANA ADHI,S.KOM aka kuncunk, kepada bapak/ibu guru khususnya SMU 1 Melaya, Jembrana, Bali yang telah memberi berbagai ilmu selama saya belajar di sekolah tercinta..Jasa bapak / ibu guru tidak akan saya lupakan
Untuk materi, mohon maaf sebesar besarnya, karena basic saya yang cuma orang IT/ computer science, dan cuma bisa mengumpukan bahan dan materi ajar dan menyajikan dalam sebuah BLOG..
Saya merasa materi yang disajikan banyak kekurangannya, mudah mudahan saran dan kritik pengunjung bisa membuat blog ini berguna bagi pendidikan Indonesia..

Mudah mudahan blog ini bisa menjadi motivasi bagi pendidik untuk lebih bisa memanfatkan media IT demi kemajuan pendidikan Indonesia.

MAJU TERUS PENDIDIKAN INDONESIA

Kunjungi Paket Liburan ke Bali

Statistik

  • 7,959,718 hits
Education Sites Catalog
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 140 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: