//
you're reading...
Struktur Tumbuhan

Organ Tumbuhan


anatomi-akar

Organ tumbuhan biji yang penting ada 3, yakni: akar, batang, daun.
Sedang bagian lain dari ketiga organ tersebut adalah modifikasinya, contoh: umbi modifikasi akar, bunga modifikasi dari ranting dan daun.

AKAR

Asal akar adalah dari akar lembaga (radix), pada Dikotil, akar lembaga terus tumbuh sehingga membentuk akar tunggang, pada Monokotil, akar lembaga mati, kemudian pada pangkal batang akan tumbuh akar-akar yang memiliki ukuran hampir sama sehingga membentuk akar serabut.

Akar monokotil dan dikotil ujungnya dilindungi oleh tudung akar atau kaliptra, yang fungsinya melindungi ujung akar sewaktu menembus tanah, sel-sel kaliptra ada yang mengandung butir-butir amylum, dinamakan kolumela.

1. Fungsi Akar
a. Untuk menambatkan tubuh tumbuhan pada tanah
b. Dapat berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan
c. Menyerap air dam garam-garam mineral terlarut

2. Anatomi Akar


Pada akar muda bila dilakukan potongan melintang akan terlihat bagian-bagian dari luar ke dalam.
a. Epidermis
b. Korteks
c. Endodermis
d. Silinder Pusat/Stele

a. Epidermis
Susunan sel-selnya rapat dan setebal satu lapis sel, dinding selnya mudah dilewati air. Bulu akar merupakan modifikasi dari sel epidermis akar, bertugas menyerap air dan garam-garam mineral terlarut, bulu akar memperluas permukaan akar.

b. Korteks
Letaknya langsung di bawah epidermis, sel-selnya tidak tersusun rapat sehingga banyak memiliki ruang antar sel. Sebagian besar dibangun oleh jaringan parenkim.

c. Endodermis
Merupakan lapisan pemisah antara korteks dengan silinder pusat. Sel-sel endodermis dapat mengalami penebalan zat gabus pada dindingnya dan membentuk seperti titik-titik, dinamakan titik Caspary. Pada pertumbuhan selanjutnya penebalan zat gabus sampai pada dinding sel yang menghadap silinder pusat, bila diamati di bawah mikroskop akan tampak seperti hutuf U, disebut sel U, sehingga air tak dapat menuju ke silinder pusat. Tetapi tidak semua sel-sel endodermis mengalami penebalan, sehingga memungkinkan air dapat masuk ke silinder pusat. Sel-sel tersebut dinamakan sel penerus/sel peresap.

d.Silinder Pusat/Stele
Silinder pusat/stele merupakan bagian terdalam dari akar.
Terdiri dari berbagai macam jaringan :
- Persikel/Perikambium
Merupakan lapisan terluar dari stele. Akar cabang terbentuk dari pertumbuhan persikel ke arah luar.
- Berkas Pembuluh Angkut/Vasis
Terdiri atas xilem dan floem yang tersusun bergantian menurut arah jari jari. Pada dikotil di antara xilem dan floem terdapat jaringan kambium.
- Empulur
Letaknya paling dalam atau di antara berkas pembuluh angkut terdiri dari jaringan parenkim.

BATANG
Terdapat perbedaan antara batang dikotil dan monokotil dalam susunan anatominya.

Jaringan Batang

Jaringan Batang

1. Batang Dikotil
Pada batang dikotil terdapat lapisan-lapisan dari luar ke dalam :
a. Epidermis
Terdiri atas selaput sel yang tersusun rapat, tidak mempunyai ruang antar sel. Fungsi epidermis untuk melindungi jaringan di bawahnya. Pada batang yang mengalami pertumbuhan sekunder, lapisan epidermis digantikan oleh lapisan gabus yang dibentuk dari kambium gabus.
b. Korteks
Korteks batang disebut juga kulit pertama, terdiri dari beberapa lapis sel, yang dekat dengan lapisan epidermis tersusun atas jaringan kolenkim, makin ke dalam tersusun atas jaringan parenkim.
c. Endodermis
Endodermis batang disebut juga kulit dalam, tersusun atas selapis sel, merupakan lapisan pemisah antara korteks dengan stele. Endodermis tumbuhan Anguiospermae mengandung zat tepung, tetapi tidak terdapat pada endodermis tumbuhan Gymnospermae.
d. Stele/ Silinder Pusat
Merupakan lapisan terdalam dari batang. Lapis terluar dari stele disebut perisikel atau perikambium. lkatan pembuluh pada stele disebut tipe kolateral yang artinya xilem dan floem. Letak saling bersisian, xilem di sebelah dalam dan floem sebelah luar.
Antara xilem dan floem terdapat kambium intravasikuler, pada perkembangan selanjutnya jaringan parenkim yang terdapat di antara berkas pembuluh angkut juga berubah menjadi kambium, yang disebut kambium intervasikuler. Keduanya dapat mengadakan pertumbuhan sekunder yang mengakibatkan bertambah besarnya diameter batang.
Pada tumbuhan Dikotil, berkayu keras dan hidupnya menahun, pertumbuhan menebal sekunder tidak berlangsung terus-menerus, tetapi hanya pada saat air dan zat hara tersedia cukup, sedang pada musim kering tidak terjadi pertumbuhan sehingga pertumbuhan menebalnya pada batang tampak berlapis-lapis, setiap lapis menunjukkan aktivitas pertumbuhan selama satu tahun, lapis-lapis lingkaran tersebut dinamakan Lingkaran Tahun.

2. Batang Monokotil
Pada batang Monokotil, epidermis terdiri dari satu lapis sel, batas antara korteks dan stele umumnya tidak jelas. Pada stele monokotil terdapat ikatan pembuluh yang menyebar dan bertipe kolateral tertutup yang
artinya di antara xilem dan floem tidak ditemukan kambium. Tidak adanya kambium pada Monokotil menyebabkan batang Monokotil tidak dapat tumbuh membesar, dengan perkataan lain tidak terjadi pertumbuhan menebal sekunder. Meskipun demikian, ada Monokotil yang dapat mengadakan pertumbuhan menebal sekunder, misalnya pada pohon Hanjuang (Cordyline sp) dan pohon Nenas seberang (Agave sp).

DAUN

anatomi-daun

anatomi-daun

Daun merupakan modifikasi dari batang, merupakan bagian tubuh tumbuhan yang paling banyak mengandung klorofil sehingga kegiatan fotosintesis paling banyak berlangsung di daun.
Anatomi daun dapat dibagi menjadi 3 bagian :
1. Epidermis
Epidermis merupakan lapisan terluar daun, ada epidermis atas dan epidermis bawah, untuk mencegah penguapan yang terlalu besar, lapisan epidermis dilapisi oleh lapisan kutikula. Pada epidermis terdapatstoma/mulut daun, stoma berguna untuk tempat berlangsungnya pertukaran gas dari dan ke luar tubuh tumbuhan.
2. Parenkim/Mesofil
Parenkim daun terdiri dari 2 lapisan sel, yakni palisade (jaringan pagar) dan spons (jaringan bunga karang), keduanya mengandung kloroplast. Jaringan pagar sel-selnya rapat sedang jaringan bunga karang sel-selnya agak renggang, sehingga masih terdapat ruang-ruang antar sel. Kegiatan fotosintesis lebih aktif pada jaringan pagar karena kloroplastnya lebih banyak daripada jaringan bunga karang.
3. Jaringan Pembuluh
Jaringan pembuluh daun merupakan lanjutan dari jaringan batang, terdapat di dalam tulang daun dan urat-urat daun.

About these ads

Diskusi

120 thoughts on “Organ Tumbuhan

  1. Promosikan artikel anda di infogue.

    Posted by senopatiarthur | Desember 18, 2008, 4:15 am
  2. bguslah….

    bsa tmbah2 koleksi artikelQ…
    tp sranQ tlg donk lbh dijelasin lagi,

    qw kurang jelas ni…

    n bleh tw donk gmn cranya tumbuhan dikotil bereproduksi,
    please jlsin yach…

    Posted by maia | Februari 13, 2009, 4:46 pm
  3. mas kunchunx bisa dong kerja sama dgn mahasiswa pend biologi yang sdg penelitian ttg pengembangan dalam pembelajaran.

    Posted by ernawati | Februari 22, 2009, 10:35 pm
  4. sip! thanks…

    Posted by Lina dzakiyyah | Februari 28, 2009, 6:35 pm
  5. makci banget . .

    Posted by heryako | April 24, 2009, 2:24 am
  6. tengkyuhh . saya ikut ambil yaa

    Posted by luvii | Mei 13, 2009, 10:41 am
  7. saya ingin bertanya tentang batang..
    bagaimana sebenarnya proses pembentuka batang tersebut,,???
    dan bagaimana terbentuknya lingkaran tahun pada batang??
    terima kasih atas perhatiannya
    semoga cepat di balas..

    Posted by lensi | Mei 13, 2009, 12:28 pm
  8. makasih buat artikelnya .

    Posted by fozy | Juni 5, 2009, 10:22 pm
  9. kurang komplet………………………

    kompletke mneh……………………….

    ben lweh ctho……………………………

    Posted by rey_n@to | Juni 8, 2009, 11:40 am
  10. thanks, a lot……..

    Posted by murni | Juli 26, 2009, 2:12 pm
  11. thx
    sangat membantu…

    Posted by Just-afya | Juli 30, 2009, 8:22 am
  12. Thanks so much….
    Berkat bantuannya… aq ud g bingung am pel. Biologi….

    Posted by beta | Agustus 1, 2009, 11:10 am
  13. assalamualaikum
    saya ingin bertanya, apakah bisa kita menghitung lingkaran tahun dengan cara tanpa memmotong tumbuhan tersebut……..?

    Posted by putri ahil | September 4, 2009, 4:40 am
  14. bagus deah….

    jadi bisa belajar dan tau manfaatnya….
    tapi kalo bisa blog-nya di buat lebih menarik lagi biar remaja mau baca blog dan gak terkesan kaku…

    Posted by jaung | September 7, 2009, 5:25 am
  15. makaci buannngggggetttt

    Posted by stenly | September 13, 2009, 8:07 am
  16. gmn sich membedakan,tumbuhan tersebut………..
    mono tw diko kalau kt liat dari daun yang sudah ,,,,,,,
    kt liat secara micro,,,,,,,,,,,,?

    tolong ya bro dijawab,,,,,,,,,,,,,,,,,!

    Posted by isake | September 17, 2009, 3:49 am
  17. MERCII ,
    SANGATT MEMBANTU …

    Posted by ^^ | September 24, 2009, 8:35 am
  18. hem…

    CobA stRukTur_a pkE b.Indo SadJ0

    THanx…..

    Posted by indri | September 30, 2009, 3:36 am
  19. thx ya…………….
    atas !nfo’a

    Posted by nanda | September 30, 2009, 4:08 am
  20. sebenarnya articelnya udah bagus,tapi alangkah baiknya kalau di lengkapi lagi….thanks,,,,,,,,

    Posted by siti nurjanah | Oktober 4, 2009, 8:15 am
  21. m’ach buangetttzzz atz artikelNy
    q jg ikut ambil artikel ne,,,

    tp lbh bgus ag,klo ad bunga cm buahNy….

    Posted by dika | Oktober 9, 2009, 12:49 pm
  22. waw mantabb

    Posted by raka aja | Oktober 12, 2009, 2:21 am
  23. makasih tas infonya,moga sukses yaw

    Posted by silyraingo | Oktober 12, 2009, 9:13 am
  24. knp gmbr pnampang batang n smua” g bsa d trnsit k b indo
    huh

    Posted by putri | Oktober 12, 2009, 1:17 pm
  25. menurut saya sih cukup bagus walau sedikit ……..

    Posted by fitria | Oktober 13, 2009, 7:46 am
  26. kenapa Y guru Biologi kalau gi nerangin tuh selalu pake hujan + lagi guru kalau ngomong suka pake speaker tersembunyi ???
    Gurunya itu ngebosenin banget juga kalau ngajar tuh semangat banget meskipun anak2nya udah pada ngantuk dan bosen ma pelajaranyya ………

    Posted by Phamella Xiezhy Boem | Oktober 26, 2009, 6:14 am
  27. guru Ipa Biologi tuh ngebosenin banget kalu ngomong kayak lagi ceramah gak pernah ada koma dalam hidupnya ,,,

    Posted by Febby Syahab | Oktober 26, 2009, 6:20 am
  28. penampang melintang akar dikotilnya mana???

    Posted by ari | Oktober 29, 2009, 7:53 am
  29. gimana cara ngebedain antara batang dikotil dan monokotil
    makasih…….

    Posted by ila | Oktober 29, 2009, 11:27 am
  30. bagus…

    Posted by ita | November 2, 2009, 11:48 am
  31. saya mau tanya akar bergerak ke arah mana ?

    Posted by jupriyadi | November 3, 2009, 5:25 am
  32. Thanks bgt,
    artikel y b4ntu saya dlm pemahaman ttg anat0mi.

    Posted by Jack ferdinand hutagaol | November 6, 2009, 7:57 am
  33. awstaga betulmi it gambarx?????
    trus apakah yg dimaksud dgn anatomi???

    Posted by astari karnedy | November 9, 2009, 6:17 am
  34. lebih lengkap lebih baek …??????????!!!!!!!!!!!!!!
    lengkapin lage ya…

    Posted by roni | November 9, 2009, 9:11 am
  35. hyyyyyyyyy…
    ku mau tax???? boleh ng????? aku mau tax tentang anatomi daun, akar, dan batan????
    dilihat dr mn gambar it????? yg ad di GOOGLE????
    trus aku serius nich!!!!! tugasku klipingku… ud hampir diperiksa, tolong bantuin dong!!!
    aku mau tax lg klu pengertian dr anatomi apaan yach?????? tolong pertanyaanku dijwb yach!!!!!

    Posted by dhita nakh narzis | November 9, 2009, 1:25 pm
  36. trus ku mau tax lg???? boleh ng????
    aku mau tax perbedaan dikotil dan monokotil seperti apasich???
    trus apa bedax anatomi akar, daun, dan batang???
    pertanyaanku di jwb yach!!!!! plizzzzzzzzzz
    butuh nich jawabannya…

    Posted by dhita nakh narzis | November 9, 2009, 1:28 pm
  37. aduh aku lagi binggung di suruh sama guruku gmrkan akar batang daun bunga buah biji beserta fungsinya

    Posted by alfridarizkipratiwi | November 22, 2009, 8:04 am
  38. disini ada gambar sayatan melintang daun ga?

    Posted by imah | November 27, 2009, 8:50 am
  39. TNX BGT BUAT YG NGEBUAT PENJELASAN INI N BUAT YG MASANG DI INTERNET.SOALNNYA Q LG BTH BGT.1X LG,TNX XAAAAAAAAAAAAAAA……..

    Posted by lusiana | Desember 1, 2009, 2:19 pm
  40. gimana cie cara belajar biologi yang enak n cpet nyambung??????
    biar gak bosen ..

    Posted by cindy | Desember 5, 2009, 1:53 am
  41. THANKS, TULISAN ANDA SANGAT BERGUNA……………..

    Posted by ahmad royyan | Desember 5, 2009, 12:52 pm
  42. thanks buat informasi,ya…
    moga bisa bermanfaat…
    klaw boleh tau bikin halm seperti ini gimana yach…???

    Posted by vina | Desember 9, 2009, 7:27 am
  43. sangat membantu tapi perlu dilengkapi lagi yagh……………………..

    Posted by ririn | Desember 13, 2009, 9:29 am
  44. utamanya buat anatomi biji dan buah….nya……….;):)

    Posted by ririn | Desember 13, 2009, 9:30 am
  45. b e r m a n f a a t b g t!…………………..thanks

    Posted by bi | Desember 14, 2009, 9:04 am
  46. mas kalau nerangkan ke murid cara terjadinya lingkar tahun gmn?mengajarkan biologi kan harus menarik ya, tapi kerena keterbatasan alat laboratorium.gmn membuat pelajaran tentang stuktur tumbuhan ini jadi lebih menarik?

    Posted by irma | Februari 4, 2010, 1:17 am
  47. kok g da stuktur jaringan tumbuhan

    Posted by Muhammad Bahrurrozi Romadhoni Rozy | Februari 17, 2010, 3:01 am
  48. tenk.. n bgus nget

    Posted by dilah | Maret 2, 2010, 4:58 am
  49. apa makna dari batang

    Posted by yuli | Maret 21, 2010, 2:41 am
  50. semoga sukses,….

    Posted by vivin | Maret 21, 2010, 11:28 am
  51. wah bagus banget untuk pelajar

    Posted by hariyanto | April 10, 2010, 4:44 am
  52. bner2 ngebantu dech artikelx d saat aq mw ujian praktk, g ush bka2 bku las 2 tgl browsing aj,,,,.
    thx zach,,,

    Posted by novika | April 11, 2010, 4:52 am
  53. bagus penjelasannya :))

    Posted by fadly | April 20, 2010, 12:21 pm
  54. bagus sekali penjelasannyaa …

    Posted by fadly | April 20, 2010, 12:21 pm
  55. mengapa tumbuhan tidak memiliki sistem organ tetapi dia dapat hidup (dapat mencukupi gasnya) ??

    Posted by tata | April 27, 2010, 2:21 am
  56. Siiiiiiiiiip……!
    Nambah ilmu lagi nich,,,,.
    Thaks ya.?!

    Posted by Jimmy | April 27, 2010, 5:54 am
  57. thanx….
    insyaAllah bermanfaat bagi kita semua, amin..

    Posted by pres bio | Mei 7, 2010, 9:37 am
  58. bunga dan lainnya mana????
    n’ mkAsih ya…..

    Posted by shinta | Mei 17, 2010, 7:03 am
  59. bolehkah kita guru biologi melakukanan MGMP Biologi secara online.
    Kami di daerah. materi gambar kalau dapat ditampilkan pada power point. terutama struktur jaringan tumbuhan mono dan dikoti

    Posted by martinus kiwan | Juli 8, 2010, 11:47 am
  60. mksh bnyk sangat membantu>.

    Posted by bening | Juli 20, 2010, 10:08 pm
  61. sangat membantu tugas saya ;D

    Posted by si kuman | Agustus 18, 2010, 10:54 am
  62. bgus deh da ky gnian qu jdi gmpang bljrny …….0i 0i 0i

    hahahaha,,,,,,,,,

    Posted by inggit n begeng | Agustus 22, 2010, 7:18 am
  63. oi oi oi oi
    orang indonesiaaaaaaaa

    Posted by inggit n begeng | Agustus 22, 2010, 7:20 am
  64. Ikut ngunduh ya mas,..

    Posted by teguhsasmitosdp1 | Agustus 22, 2010, 4:24 pm
  65. thankzzz a lott…….
    sangat membantu untuk pe,er sy :). . .
    nambahintyuzzz eah ;)

    Posted by indah cullen | Agustus 25, 2010, 1:22 pm
  66. akhirnys prq terselesaikan.,.,.,.
    ^^

    Posted by angga | Agustus 31, 2010, 3:00 pm
  67. mampir nich..
    salam…

    Posted by Jabon | September 1, 2010, 7:48 am
  68. saya ingin bertanya apa perbedaan organ bunga pada tumbuhan manokotil dan dikotil??

    Posted by rizky | September 12, 2010, 11:06 am
  69. alhamdulillah ilmunya dapet.
    tapi kayakx kurg komplit dch..
    klo bisa lebh dilengkapi lagi isix.

    Posted by atin | September 15, 2010, 3:57 am
  70. bagus banget…………………………….

    Posted by rifai | September 20, 2010, 9:44 am
  71. kurang lengkap

    Posted by akbar | September 23, 2010, 1:58 am
  72. makasi infonya pak..
    ni btuth banget buat referensi..

    Posted by udhin records | September 25, 2010, 5:06 am
  73. mengapa sich letak floem pada batang dan akar tumbuhan dikotil selalu berada di sisi luar xilem??

    Posted by chrisrina eka | Oktober 10, 2010, 7:41 am
  74. TLG di pRJZ DONX laU BSA di buaT MKlh
    thanx get……..

    Posted by citra | November 10, 2010, 2:49 am
  75. bagus sekarang ada guru yang minat memberi pengetahuan kepada kita……terima kasih bu/pak guru…….

    BY:irsyad…..

    Posted by irsayd | November 20, 2010, 5:12 am
  76. tumbuk moh

    Posted by YORI | Januari 20, 2011, 1:09 pm
  77. semuanya lawan aku

    Posted by YORI | Januari 20, 2011, 1:12 pm
  78. punya Animasi daun sama root????

    Posted by ikhsan p | Januari 31, 2011, 1:50 pm
  79. kurang lengkap kurang jelas

    Posted by suherdianto | Maret 8, 2011, 6:43 am
  80. yah ampu sungguh sulit

    Posted by sinta cutz girlzz | April 13, 2011, 12:18 pm
  81. struktur organ tumbuhan nya…

    Posted by mida | April 19, 2011, 3:01 am
  82. mksihh iya ….
    sangat ngebantu

    Posted by Anita | April 24, 2011, 12:25 am
  83. kok krng y???
    gmn siech??>
    tlg dong>>>:
    colx q da tgs tau!!

    Posted by Ratika Akza AR | Mei 13, 2011, 1:24 pm
  84. terima kasih sangat membantu =)

    Posted by trianfajri | Juli 24, 2011, 2:24 am
  85. makasii…

    Posted by RimaElf | Juli 24, 2011, 5:07 am
  86. mantaphhhhhhh

    Posted by Masni Veronika Situmorang | Agustus 9, 2011, 3:02 am
  87. thanx bnget,,

    Posted by arie | Agustus 16, 2011, 5:31 am
  88. terima kasih, saya sarankan untuk membahas soal-soal olimpiade SMA :) karena baiasanya soal2 olimp SMA itu soal S1
    tengkyu yaaaa

    Posted by uqim | Agustus 29, 2011, 1:56 am
  89. coba aja..kalo disini di buat perbedaan organ tumbuhan melalui tabel…
    pasti lebih komplit deh…

    Posted by Bara Setiawan | September 7, 2011, 11:09 am
  90. waw thx 4 info ttg tumbuhanx tugas zkul q jd trbantu :)

    Posted by Dwi bliberslover | September 10, 2011, 1:18 pm
  91. Thanx kk, God bless you

    Posted by ferdy | September 11, 2011, 12:34 pm
  92. .makasih infonya, bantu aku banget buat ngerjain tugas :) .,

    Posted by mitha | September 11, 2011, 12:41 pm
  93. bagaimana cara download halamn ini

    Posted by wahyu | September 12, 2011, 3:18 pm
  94. bgz zhie,,
    Tp klo bza d’lengkapi lgi,,

    And bwt agak menarik,,
    Spya yg baca ngk bosan,,,,

    Posted by venna | September 14, 2011, 11:31 am
  95. saya sangat merasa terbantu denga apa yang telah dijelaskan. tetapi, kalau bisa lebih dibanyakan lagi gambarnya yang mnjlaskan tentang struktur dari organ pada tumbuhan. terima kasih

    Posted by olien | Oktober 1, 2011, 2:14 am
  96. sangat membantu
    thanks ^^

    Posted by Fitria Malafeni | Oktober 1, 2011, 4:27 pm
  97. terimakasih :)

    Posted by Rieke | Oktober 3, 2011, 2:04 pm
  98. oke oke

    Posted by Aditya Pratama Nusantara | Oktober 6, 2011, 12:43 am
  99. Tolong dong gambar untuk penampang melintang daun monokotil :D danke :)

    Posted by Hendrayovi | Oktober 6, 2011, 1:24 am
  100. lebih lengkap lagi donk mz.. kira kira dimana lagi ea bisa dapetin eferensi biologi???

    Posted by satria | Oktober 13, 2011, 2:43 pm
  101. makasih buat ini,
    ak lagi ad tugas presentasi, alhamdulillah sesuatu banget ad yang membantu! :)

    Posted by M. Alif Taryafi (@alif_taryafi) | Oktober 17, 2011, 6:59 am
  102. o…gitu toh!!!! he…he…

    Posted by naomi rawatina dongoran | Oktober 19, 2011, 8:56 am
  103. butiran air didalam daun kalo dilihat dari mikroskop keterangannya apa ? tolong bantu

    Posted by dinar | November 25, 2011, 12:44 pm
  104. gimana se kambium memodifikasi diri,,,???

    Posted by Liana | Desember 27, 2011, 2:57 am
  105. Q ska bngt artkel e,,, tp alang kh baik e lw penjlasan nya ada bunga n buah.

    Posted by Budiyanto | Desember 29, 2011, 4:14 am
  106. penyusunnya apa ajha………………
    misal nya korteks thu penyusunnya apa ajha……..?????????????

    Posted by dewi | Januari 11, 2012, 7:25 am
  107. Mkcih buanget,,,
    thankz a lot
    by nike cah muaniez

    Posted by Nike | Januari 16, 2012, 1:05 pm
  108. bagus banget
    soalnya bisa nambah pengetahuan

    Posted by jalumsugem | Januari 18, 2012, 9:05 am
  109. Aku suka banget halaman ini karna tugas ku bisa terselesai kan

    Posted by Shania ellens novita | Januari 23, 2012, 11:38 am
  110. gambarnya ada apa nggk ? ku cmn nyari gambarnya ajah kok skaLian di smpingnya pngrtiannya ….

    Posted by eka feby | Januari 30, 2012, 9:01 am
  111. Thank ya atas info nya semoga bermanfaat bagi yg lainnya\

    Posted by aldi firmansyah | Februari 17, 2012, 2:54 pm
  112. Postinggannya bagus-bagus ! cukup membantu buatku yang baru belajar ngeblog, trims

    Posted by ojak | Februari 22, 2012, 4:47 am
  113. izin copy ya mas…

    Posted by ErwinKundya | Februari 29, 2012, 1:03 am
  114. Nice Info,, :D

    Posted by Nokias34 | Maret 5, 2012, 1:25 pm
  115. matur nuwun sanget…..

    Posted by ufiq | April 16, 2012, 2:59 pm
  116. alangkah baiknya memberi keterangan pada gambar tu menggunakan bahasa indonesia

    Posted by muhamad eqy kurniawan | Mei 2, 2012, 4:00 am
  117. organ pokok tumbuhan biji apa yh??

    Posted by khoiriah | Mei 27, 2012, 1:32 pm
  118. monocontil, dicontil, kalo konthiL dan penthiL ada gag ,..?

    Posted by mulyono | September 5, 2012, 12:41 am
  119. kegunaan daun bagi tumbuhan itu apa ya?. . . . . . .

    Posted by CLASSIC | September 5, 2012, 12:49 pm
  120. Mas Kalau Struktur Morfologi Tumbuhan Tuh Apa Aja Mass …

    Posted by MTs.N Model | April 18, 2013, 11:17 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BLOG ini merupakan bentuk ungkapan TERIMA KASIH, seorang alumni/siswa ( I KETUT DIANA ADHI,S.KOM aka kuncunk, kepada bapak/ibu guru khususnya SMU 1 Melaya, Jembrana, Bali yang telah memberi berbagai ilmu selama saya belajar di sekolah tercinta..Jasa bapak / ibu guru tidak akan saya lupakan
Untuk materi, mohon maaf sebesar besarnya, karena basic saya yang cuma orang IT/ computer science, dan cuma bisa mengumpukan bahan dan materi ajar dan menyajikan dalam sebuah BLOG..
Saya merasa materi yang disajikan banyak kekurangannya, mudah mudahan saran dan kritik pengunjung bisa membuat blog ini berguna bagi pendidikan Indonesia..

Mudah mudahan blog ini bisa menjadi motivasi bagi pendidik untuk lebih bisa memanfatkan media IT demi kemajuan pendidikan Indonesia.

MAJU TERUS PENDIDIKAN INDONESIA

Kunjungi Paket Liburan ke Bali

Statistik

  • 7,662,650 hits
Education Sites Catalog
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 136 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: