//
you're reading...
Struktur Tumbuhan

Jaringan Pada Tumbuhan


Seperti pada hewan, tubuh tumbuhan pun terdiri dari sel-sel. Sel-sel tersebut akan berkumpul membentuk jaringan, jaringan akan berkumpul membentuk organ dan seterusnya sampai membentuk satu tubuh tumbuhan. Di sini akan dibahas macam-macam jaringan dan organ yang membentuk tubuh tumbuhan.
Jaringan tumbuhan dapat dibagi 2 macam :

1. Jaringan meristem
2. Jaringan dewasa

JARINGAN MERISTEM

jaringan-meristem

jaringan-meristem

Jaringan meristem adalah jaringan yang terus menerus membelah.
Jaringan meristem dapat dibagi 2 macam
1. Jaringan Meristem Primer
Jaringan meristem yang merupakan perkembangan lebih lanjut dari pertumbuhan embrio.
Contoh: ujung batang, ujung akar. Meristem yang terdapat di ujung batang dan ujung akar disebut meristem apikal. Kegiatan jaringan meristem primer menimbulkan batang dan akar bertambang panjang.
Pertumbuhan jaringan meristem primer disebut pertumbuhan primer.
2. Jaringan Meristem Sekunder
Jaringan meristem sekunder adalah jaringan meristem yang berasal dari jaringan dewasa yaitu kambium dan kambium gabus. Pertumbuhan jaringan meristem sekunder disebut pertumbuhan sekunder. Kegiatan jaringan meristem menimbulkan pertambahan besar tubuh tumbuhan. Contoh jaringan meristem skunder yaitu kambium.
Kambium adalah lapisan sel-sel tumbuhan yang aktif membelah dan terdapat diantara xilem dan floem.
Aktivitas kambium  menyebabkan pertumbuhan skunder, sehingga batang tumbuhan menjadi besar . Ini terjadi pada tumbuhan dikotil dan Gymnospermae(tumbuhan berbiji terbuka ).
Pertumbuhan kambium kearah luar akan membentuk kulit batang, sedangkan kearah dalam akan membentuk kayu.Pada masa pertumbuhan, pertumbuhan kambium kearah dalam lebih aktif dibandingkan pertumbuhan kambium kearah luar, sehingga menyebabkan kulit batang lebih tipis dibandingkan kayu.
Berdasarkan letaknya jaringan meristem dibedakan menjadi tiga yaitu meristem apikal, meristem interkalar dan meristem lateral.
Meristem apikal adalah meristem yang terdapat pada ujung akar dan pada ujung batang. Meristem apikal selalu  menghasilkan sel-sel untuk tumbuh memanjang.Pertumbuhan memanjang akibat aktivitas meristem apikal disebut pertumbuhan primer. Jaringan yang terbentuk dari meristem apikal disebut jaringan primer.
Meristem interkalar atau meristem antara adalah meristem yang terletak diantara jaringan meristem primer dan jaringan dewasa. Contoh tumbuhan yang memiliki meristem interkalar adalah batang rumput-rumputan (Graminae). Pertumbuhan sel  meristem  interkalar menyebabkan pemanjangan batang lebih cepat, sebelum tumbuhnya bunga.
Meristem lateral atau meristem samping adalah meristem yang menyebabkan pertumbuhan skunder. Pertumbuhan skunder adalah proses pertumbuhan yang menyebabkan bertambah besarnya  akar dan batang tumbuhan. Meristem lateral disebut juga sebagai kambium. Kambium terbentuk dari dalam jaringan meristem yang telah ada pada akar dan batang dan membentuk jaringan skunder pada bidang yang sejajar dengan akar dan batang.

JARINGAN DEWASA
Jaringan dewasa adalah jaringan yang sudah berhenti membelah.
Jaringan dewasa dapat dibagi menjadi beberapa macam :
1 Jaringan Epidermis

jaringan-epidermis

jaringan-epidermis

Jaringan yang letaknya paling luar, menutupi permukaan tubuh tumbuhan. Bentuk jaringan epidermis bermacam-macam. Pada tumbuhan yang sudah mengalami pertumbuhan sekunder, akar dan batangnya sudah tidak lagi memiliki jaringan epidermis. Fungsi jaringan epidermis untuk melindungi jaringan di sebelah dalamnya.
2. Jaringan Parenkim

jaringan-perenkim

jaringan-perenkim

Nama lainnya adalah jaringan dasar. Jaringan parenkim dijumpai pada kulit batang, kulit akar, daging, daun, daging buah dan endosperm. Bentuk sel parenkim bermacam-macam. Sel parenkim yang mengandung klorofil disebut klorenkim, yang mengandung rongga-rongga udara disebut aerenkim. Penyimpanan cadangan makanan dan air oleh tubuh tumbuhan dilakukan oleh jaringan parenkim.
Berdasarkan fungsinya jaringan parenkim dibedakan menjadi beberapa macam antara lain:
1. Parenkim asimilasi (klorenkim).
2. Parenkim penimbun.
3. Parenkim air
4. Parenkim penyimpan udara (aerenkim).
1. Parenkim asimilasi (klorenkim) adalah sel parenkim yang mengandung klorofil dan berfungsi untuk fotosintesis.
2. Parenkim penimbun adalah sel parenkim ini dapat menyimpan cadangan makanan yang berbeda sebagai larutan di dalam vakuola, bentuk partikel padat, atau cairan di dalam sitoplasma.
3. Parenkim air adalah sel parenkim yang mampu menyimpan air. Umumnya terdapat pada tumbuhan yang hidup didaerah kering (xerofit), tumbuhan epifit, dan tumbuhan sukulen.
4. Parenkim udara (aerenkim) adalah jaringan parenkim yang mampu menyimpan udara karena mempunyai ruang antar sel yang besar. Aerenkim banyak terdapat pada batang dan daun tumbuhan hidrofit.

3. Jaringan Penguat/Penyokong

Nama lainnya stereon. Fungsinya untuk menguatkan bagian tubuh tumbuhan. Terdiri dari kolenkim dan sklerenkim.
a. Kolenkim
Sebagian besar dinding sel jaringan kolenkim terdiri dari senyawa selulosa merupakan jaringan penguat pada organ tubuh muda atau bagian tubuh tumbuhan yang lunak.
b. Sklerenkim
Selain mengandung selulosa dinding sel, jaringan sklerenkim mengandung senyawa lignin, sehingga sel-selnya menjadi kuat dan keras. Sklerenkim terdiri dari dua macam yaitu serabut/serat dan sklereid atau sel batu. Batok kelapa adalah contoh yang baik dari bagian tubuh tumbuhan yang mengandung serabut dan sklereid.
4. Jaringan Pengangkut

jaringan-pengangkut

Jaringan pengangkut bertugas mengangkut zat-zat yang dibutuhkan oleh tumbuhan. Ada 2 macam jaringan; yakni xilem atau pembuluh kayu dan floem atau pembuluh lapis/pembuluh kulit kayu.
Xilem bertugas mengangkut air dan garam-garam mineral terlarut dari akar ke seluruh bagian tubuh tumbuhan. Xilem ada 2 macam: trakea dan trakeid.
Floem bertugas mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tubuh tumbuhan.
5. Jaringan Gabus

jaringan-gabus

jaringan-gabus

Fungsi jaringan gabus adalah untuk melindungi jaringan lain agar tidak kehilangan banyak air, mengingat sel-sel gabus yang bersifat kedap air. Pada Dikotil, jaringan gabus dibentuk oleh kambium gabus atau felogen, pembentukan jaringan gabus ke arah dalam berupa sel-sel hidup yang disebut feloderm, ke arah luar berupa sel-sel mati yang disebut felem.

About these ads

Diskusi

183 thoughts on “Jaringan Pada Tumbuhan

  1. :)) Terima kasih Pak, sudah mau berkunjung…..

    Bapak, seorang Guru biologi ya?

    Posted by http://dadangpintar.blogspot.com/ | November 20, 2008, 7:47 am
  2. asw..
    nanya donk pak… rongga udara pada aerenkim itu isinya Oksigen atau CO2?
    Kapan dy brisi O2 dan kapan brisi CO2??

    makasih ya pak…

    Posted by Lila Tri Lestari | November 29, 2008, 1:27 pm
  3. aduh… nga ngerti T_________T

    Posted by delvinaa | Desember 1, 2008, 8:04 am
  4. Keyyenz nih, ngebantu banget buat nyusun laporan. ThankQ sir!!!

    Posted by Mivt | Desember 7, 2008, 8:44 am
  5. asalamualaikum….
    makasih bgt yaps coz dengan adanya artikel ini aku kebantu bgt buat ngelesaikan tugasku
    makasih…

    Posted by neneng nurmawati | Januari 7, 2009, 2:09 am
  6. Maaf pak bu kalau bisa informasinya di tambah y biar lebih lengkap. . !!!! terima kasih

    Posted by INTAN | Januari 16, 2009, 2:08 pm
  7. membantu skali… sayang gambar cuma dikitt!

    Posted by thyaa | Januari 22, 2009, 1:10 pm
  8. assalamualaikum.alhamdulillah, saya sangat bersyukur bisa belajar dari materi2 ini semua.terima kasih banyak ya?salam kenal untuk sahabat2 seindonesia

    Posted by anie(aceh) | Februari 8, 2009, 4:50 pm
  9. pak ato ibu, bisa ga kasi taw contoh2 tanaman gymnospermae ama angiospermae??

    mohon bantuannya ya….

    Posted by nana | Maret 10, 2009, 12:14 pm
  10. Assalam Wr.Wb,,
    Terima kasih atas pembelajarannya saya jadi lebih mengerti tentang jaringan tumbuhan..,

    Posted by citra | Maret 24, 2009, 10:58 am
  11. bisa kasi tau nggak rangkuman jaringan pd daun ???

    Posted by tito | April 17, 2009, 8:59 am
  12. assalamualaikum
    makasih pak…………………..dengan artikel ini aku bisa menyalesaikan tugas………………………

    Posted by fika | April 26, 2009, 12:52 pm
  13. Assalamualaikum…
    makasih ya, pak aku jadi (lumyan) ngerti dikit dan bisa nyelesein tugasku… tapi mau nanya nih, jenis jaringan yang terdiri atas bebrapa sel dengan bentuk berbeda-beda itu apa ya?? tolong bahas soal jaringan pd hewan juga dong… tenx

    Posted by naia | Mei 30, 2009, 1:55 pm
  14. bisa nga’ dijelasin tentang sistam transportasi pada tumbuhan? thanks be4.

    Posted by zulfikar ali shabdi | Juni 4, 2009, 4:24 pm
  15. matur thank you ya mas, biologi emang sulit buat pelajar seperti saya. Bermanfaat banget.

    helmysuperstudent.blogspot.com

    Posted by helmy satria | Juli 24, 2009, 11:35 am
  16. Assalamualaykum…
    maksih banyak atas penjelasannya,,,
    wassalam…

    Posted by murni | Juli 26, 2009, 2:17 pm
  17. thnx vo info..
    it really help ^_*

    Posted by febby | Juli 29, 2009, 12:14 pm
  18. thanks atas infonya..tugasku jadi selesai dengan cepat..^^

    Posted by mellaichi | Agustus 9, 2009, 2:02 pm
  19. thank you banget nih penjelasannya
    sangat amat membantu
    hehehe

    Posted by chizuuu | Agustus 10, 2009, 3:29 pm
  20. saya sbg slh stu siswa sma negri menyarankan pnjlasan yg ad di edukasi ini
    sebaiknya klasifikasi tentang jringn ini prlu d perjlas lg, mngingt materi yg d ajrkan d sma sngt byk lg…
    tenks

    Posted by putri | Agustus 25, 2009, 4:46 am
  21. terima kasih banget yach. ^-^

    Posted by mega | Agustus 25, 2009, 10:14 pm
  22. bu/pak bisa lebih lengkap tentang petunjuk gambar dan penjelasannya. thanks

    Posted by bayu | Agustus 26, 2009, 3:24 am
  23. makasih ya, atas adanya blog ini, aku jadi bisa ngerjain tugas-tugas ku

    Posted by wahyu wanti sari | Agustus 28, 2009, 3:04 am
  24. wah, untung aja ada blog ini. aku jadi bisa ngerjain tugas ku,,,hmmm….lega deh

    Posted by wahyu wanti sari | Agustus 28, 2009, 3:06 am
  25. floem terdiri atas apa saja???

    Posted by lely | Agustus 28, 2009, 12:52 pm
  26. Tengkyu ya . . Penjelasannya gampang banget untuk dimengerTi . . ^^
    谢谢你

    Posted by ShvirisT | Agustus 29, 2009, 4:03 am
  27. blog ny bagus cuma penjelasan ny kurang merinci.
    tp udah bgus bget kug…

    Posted by dela | Agustus 29, 2009, 4:28 am
  28. pak…kugh gag dkzeh conth2 nya tieH….synk bgt pak…Pdhal Que bTh contoh nya pak…???!!!!!!!

    Posted by Viefy | Agustus 30, 2009, 2:32 pm
  29. o. . . my god

    pusink banget nic ternyata bilogi . . .

    Posted by susi | September 1, 2009, 7:55 am
  30. terimakasih ya pak.. saya sangat terbantu mngrjakan tgs dengan artikel inii…

    Posted by Rindang | September 3, 2009, 3:42 pm
  31. assalamualikum
    terima kasih atas materinya,, yang singkat padat dan jelas,,, saya yakin sangat berguna untuk kami,,,

    Posted by fatimah kautsar | September 9, 2009, 10:24 pm
  32. kalau jaringan gabus berasal dari kambium gabus saya sudah tahu, tapi kambium gabus berasal dari mana ya ? karena penyusun jaringannya hanya disebutkan epidermis korteks endodermis Utk batang hanya tumbuhan tertentu, stele. kalau dari meristem meristem yang mana ?

    Posted by tito | September 10, 2009, 4:13 am
  33. muakasihhhhhhhhhh buanyak ya pak udah bantu gua dalam penyelesaian tugas
    sehingga gua bisa lebuh mengerti apa yang di jelaskan oleh dosen gua selama ini

    Posted by meisha | September 10, 2009, 10:48 am
  34. wahu,,,,,,,,,,,,,, Koai……………………..

    Posted by Chiara | September 16, 2009, 9:07 am
  35. pak kalo proses jaringan yg terus menerus membelah gmana ??

    Posted by jojo | September 30, 2009, 12:09 pm
  36. cuma pengen numpang taxk fungsi sklereid dan serabut pada skerenkim i2 apaan sich????

    mohon dijawab
    Thankz

    Posted by angela lestari | Oktober 2, 2009, 12:32 pm
  37. kalo buat yg lengkap donk….agar tidak terkecewakan …..

    Posted by mohammad naser | Oktober 6, 2009, 12:13 pm
  38. mksh ya atas pnjLsanya…..pNjlsan aNda sanGt mEmbntu saya

    Posted by adin | Oktober 8, 2009, 7:52 am
  39. asssslkm,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    trimakasih atas penjLsan aNda,,,,sNgat bRmanfaat se_x bwt saya,,,,,,,,,,,
    waslkm,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    Posted by solik | Oktober 8, 2009, 12:43 pm
  40. assalamuallaikum.

    Terimakasih,sangat membantu..

    wassalamuallaikum.

    Posted by riki riyandi | Oktober 11, 2009, 2:29 am
  41. Asalamualaikum terimakasih atas penjelasan nya saya menjadi lebih mengerti&mengenal!!!!!!!!!!!!

    Posted by wiyan | Oktober 14, 2009, 2:25 pm
  42. bpk mmg top abis da

    Posted by icha | Oktober 15, 2009, 11:09 am
  43. thanks atas pljrn yg sdh bpk ksh.itu sgt brmnfat

    Posted by m4y@ | Oktober 15, 2009, 11:11 am
  44. Mksih info yang bgust nihh’,

    PRqu bsa trSLsaikann

    Posted by Iksank bangsawan siswa sman 4 watampone | Oktober 20, 2009, 2:16 pm
  45. susah ya pak pelajaran biologi.gimana si caranya biar mudah di mengerti?

    Posted by achin | Oktober 25, 2009, 2:31 pm
  46. Makch y. . .brKAt arTIkel nE Q BSa lbiH Grti. . .:) . .

    Posted by Riko anTonio.Z.S | November 19, 2009, 1:29 am
  47. pak,,, ksh saran gmana cra memahami bio…
    soalnya saya susah utk mnjwab soal2 olympiade biologi..
    dijwab ya pak… :-D

    Posted by mitra... | November 19, 2009, 9:58 am
  48. PAK,, SAYA LIAT DIBUKU KLO PD MONOKOTIL,,PEMBULUH ANGKUT NYA BERBENTUK BINTANG DAN DIKOTIL MEMBENTUK LINGKARAN..
    TP YG SYA ANALISIS,,MALAH SEBALIKNYA PAK..
    ATAU ITU BKAN BERDASARKAN BENTUK PEMBULUH ANGKUTNYA??

    Posted by mitra... | November 19, 2009, 10:01 am
  49. g lengkap pak!!!!!

    Posted by yudi | November 20, 2009, 1:49 pm
  50. thank ya….
    mga2situs ni makin Up-date

    Posted by siltri | November 21, 2009, 12:23 pm
  51. pak fungsi sarenkim ap ya,,,

    Posted by rahcman | November 22, 2009, 12:29 pm
  52. trimakasih atas artikel artikelnya yang sangat membatu untuk pembelajaran biologi di sekolahan tempat saya mengajar. materi yang disajikan kalo bisa makin dipertajam akan semakin baik

    Posted by Syaifudin | November 23, 2009, 4:18 am
  53. terima kasih atas tulisan ini, karena bisa membantu belajar bagi saya. Saat ini baru belajar dari teknologi ke pendidikan sains.

    Posted by edy susilo | November 29, 2009, 3:23 pm
  54. thanks blogx ya p.guru

    Posted by husayyinul fawaid | Desember 6, 2009, 7:52 am
  55. Makasih Pak..!!!!!!!

    Posted by lukman | Desember 11, 2009, 2:38 am
  56. selamat siang pak…
    saya ingin bertanya nech pak guru..
    pertanyaannya:
    1. adakah hubungan antara bentuk asimilasi N dan asimilasi lainnya pada tanaman
    2. adakah hubungan antara asimilasi N dan Fiksasi N pada tanaman..

    makasih ya pak , maaf ngerepotin. diharapkan besok kalo bisa udah ada jawabannya, coz tugas na besok dikumpulnya pak…
    sekali lagi, makasih pak guru..

    Posted by titi saftiyah | Desember 21, 2009, 8:06 am
  57. pak guru disekolah saya galak banget apalagi pelajaran biologi, wow sampe gak bisa ngapa2in gimana sih cara ngatasinnya?

    Posted by Glen | Desember 29, 2009, 1:36 am
  58. terima kasih, saya jadi tau tentangt jaringan pada tumbuhan………..?

    Posted by Rio | Januari 10, 2010, 8:47 am
  59. waaa.. bagus-bagus makasih ya.. ini bantu aku buat bikin laporan biologi… thanks..thanks berat..

    Posted by diana | Januari 11, 2010, 10:32 am
  60. makasih y pak berkat bapak q bisa mengerjakan soal2 ini dngn mdh?

    Posted by lina | Januari 26, 2010, 1:32 am
  61. Makasih

    Posted by rena | Januari 31, 2010, 5:29 am
  62. biologi itu memusingkan
    aphh jak jaringan yg terdapat pada akar?
    & fungsi’a??????

    Posted by yuli | Februari 9, 2010, 9:50 am
  63. trmksii! :)
    ada post yg lebih dikhususkan ga’?
    semisal jaringan pada akar, jaringan pada batang, jaringan pada daun dibahas secara khusus dan lebiih dalam.

    Posted by miss moscovitz | Februari 28, 2010, 7:26 am
  64. terima kasih atas bantuan nya thank’s very much

    Posted by ada aja dechh | Maret 26, 2010, 8:02 am
  65. makasih atas infonya…ku mw tanya jaringan dilaptasi pada tumbuhan hibiscus rosa sinensis itu pa ya???? makasih atas bantuannya…

    Posted by ika | April 16, 2010, 5:44 am
  66. makaciiih,, berkat bapak/ ibu tugasqw dahh slesaiii,,…

    Posted by cici | April 25, 2010, 1:38 pm
  67. dulu peljaran favorite saya adalah Biologi asyik bgt deh masuk biologi,,,,,

    Posted by jabon | April 29, 2010, 8:39 am
  68. terimakasih atas penyedia inormasi ini , saya yang tidak mudeng-mengerti dengan jaringan tumbuhan , sekarang sudah diperjelas . dan sangat mudeng :D . SEMOGA dapat menyediakan informasi lebih rinci dan lengkap , saya punya request , saya nggak mudeng tentang kesinambungan metabolisme , jadi abis dicerna , trus kmana > dibuku saya tidak jelas .. mohon infonya .. thanks

    Posted by rifki hakim | Juli 25, 2010, 10:59 am
  69. gimana sih kuncinya belajar biologi

    Posted by deddy | Juli 28, 2010, 9:26 am
  70. ASSSKUM
    KENAPA SIH PELAJARAN BIOLOGI SUSAH BANGET,MANA TUGASNYA RIBET,BANYAK LAGI, WAAAAH………KENYANG….KENYANG….KENYANG….
    BUAT JURUSAN IPA CING SABAR…..

    Posted by BILA | Juli 30, 2010, 7:44 am
  71. pak ,,,
    bagaimana caranya pelajaran biologi biar banyak di minati para siswa/i di indonesia?

    Posted by rina sari | Agustus 3, 2010, 4:42 am
  72. asyik….
    enak bangetz loch belajar biologi sambil browsing kayak ginich…
    apa lagi kalau ada soal-soalnya juga….
    bisa bantu masuk k PTN yang qt inginkan

    Posted by fawa al-ashfihani | Agustus 14, 2010, 4:52 am
  73. terimakasih atas materi itu pak..
    tugas saya jadi terselesaikan

    Posted by MT | Agustus 15, 2010, 2:56 am
  74. ssiipss…
    berkat situs ini PR aqu jadi lancar…
    dan cepet selesai…
    thank’s e!a…

    Posted by →ayick← | Agustus 15, 2010, 9:49 am
  75. berikan selengkapnya materi jaringan yakni macam jaringan dan jaringan penyusun organ tumbuhan.
    terimakasih mungkin ini yang bisa saya komentari berupa aspek yang kami teliti smoga dapat diterima . ass wr wb

    Posted by huzairil | Agustus 20, 2010, 7:11 am
  76. ok lahhhhhhh………..bagus banget nih

    Posted by sii icha | Agustus 20, 2010, 10:34 am
  77. duCHH…biologi

    Posted by ya ayu | Agustus 21, 2010, 2:09 pm
  78. mantap ni…jelas banget..

    Posted by ICHELLE"14" | Agustus 25, 2010, 8:48 am
  79. makasich ea buat artikelnya dan sebelumnya maaf artikelnya saya save untuk ngerjain tugas saya…thanks before

    Posted by sindy rustianti putri | September 11, 2010, 10:39 am
  80. makasih banyak!!!!
    uda sangat menolong.,..
    mkasih pakkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

    Posted by someone | September 12, 2010, 4:24 pm
  81. pak gmna biar mudah mempelajari biologi?

    Posted by fab3r 2905 | September 15, 2010, 1:58 am
  82. thanx banget y info nya.,atas info nya akk jadi bisa ngerjain tugas deh..=D

    Posted by Renovita | September 16, 2010, 8:29 am
  83. makacie yaaach pak atas pengetahuannya….
    saya ingin seperti bapak…
    makacie pak…

    Posted by ajenk | September 18, 2010, 1:56 pm
  84. terima kasih ya pak…
    berkat bLok ini saya dapat Lebih banyak Lagi iLmu…

    ^_^

    Posted by Nada Nabilah | September 18, 2010, 5:25 pm
  85. istilah’a pada susah ea tp dah jelas koq penjelasan’a

    Posted by rahma | September 26, 2010, 7:03 am
  86. thaankss bngeets , ndahh bntoe . gie sya mteri nnie sngat berarti banget,,,,

    Posted by dian | Oktober 18, 2010, 8:10 am
  87. Teng pery mach ser or mem… tpi, ap prbdaan antara kambium dengan kambium gabus yaa?? tlng d’jwb ser or mem… xie-xie….

    Posted by Pizan | Oktober 22, 2010, 11:57 am
  88. enak yaaah….. blazar Biologi.

    Posted by nona | Oktober 25, 2010, 4:57 am
  89. gambar2 jaringan nya harus lebih lengkap lagi…supa saya bisa tau..

    Posted by lutfi | November 1, 2010, 6:58 am
  90. lmayan bantu lah,,,,,,,,,,

    Posted by liza anggraeni | November 8, 2010, 12:05 pm
  91. tugasku selesai juga.

    Posted by Yudha dX'estrada | November 26, 2010, 11:16 am
  92. Thx infonya,,Bapak;D

    Posted by Happy Fibi | Desember 1, 2010, 1:10 pm
  93. assalamu’alaikum…. trimakash pak atas pembelajarannya………

    Posted by najwa | Desember 19, 2010, 9:26 am
  94. keren..

    Posted by shhiinn | Januari 7, 2011, 2:57 am
  95. kalau bisa gambarnya ditambah ya,,
    terima kasih,,

    Posted by hikari ayumu | Januari 27, 2011, 8:29 am
  96. MAKASIH BANYAK ANE TER BANTU KARENA BLOG NI ^_^

    Posted by hilmAN | Januari 30, 2011, 11:27 am
  97. Very good ..

    I do Apreciate..

    I like it ..

    Posted by ClaudyA iMeLyA GoMez.. | Januari 31, 2011, 6:24 am
  98. Is Very good ..
    I do Apreciate..
    I like it ..

    Posted by ClaudyA iMeLyA GoMez.. | Januari 31, 2011, 6:26 am
  99. Yes, I Doo ..
    I very like it ..

    Posted by ChArissA AMeLyA GoMez.. | Januari 31, 2011, 6:30 am
  100. tq y pak guru. sya jd lbh phm mengetahui mengenai jaringan pda tumbhn serta mambantu sya dlm melengkpi cttn sya…

    Posted by nurul | Februari 7, 2011, 9:54 am
  101. Tq pak, telah membantu pelajaran Biologi ku.

    Posted by Aura Meilani Rizqia | Februari 7, 2011, 10:38 am
  102. pak Ada Lagi Gk tentang Jaringan Pada Tumbuhan………….?

    Posted by muhamad.ilham | Februari 8, 2011, 12:23 pm
  103. BELAJAR

    Posted by ADI | Februari 13, 2011, 8:42 am
  104. aQ mau tanya……………..
    bagaimana cara
    untuk bernafas

    Posted by afif | Februari 22, 2011, 3:24 am
  105. fung kulit pohon :D

    Posted by thania | Februari 24, 2011, 12:58 pm
  106. askum bagus bgt saya sampe’ sneng but gmbarx kurang bnyk soalx gmbarx pling bagus

    Posted by niken | Maret 10, 2011, 1:02 pm
  107. hmhmhmhm…………..bagus namun lw bisa sih lebih di detailkn,,,
    soalnya fungsi2 nya msih bingung nihhhh

    Posted by mena zahara | Maret 16, 2011, 11:30 am
  108. kok nggak lengkap cuy komentar ajahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh?

    Posted by intan | Maret 17, 2011, 12:59 am
  109. mksh banget mas….. materi ini sangat mmbantu saya..dlm mngjr…… n anak2 cpt ngrti……

    Posted by hamim | Maret 20, 2011, 2:15 pm
  110. Sedikiit koreksi, Xylem membawa zat-zatnya ke daun bukan ke seluruh tubuh,tolong dibenarkan..

    Posted by Andika | April 20, 2011, 9:45 am
  111. Makasih, bisa buat bantu nyelesaikan tugas istriku. Wslm………….

    Posted by muhammad fauzan | Mei 4, 2011, 4:19 am
  112. WAW KRANG BNYK DECH!!!
    CKCKCK.. .. ..

    Posted by Ratika Akza AR | Mei 13, 2011, 1:43 pm
  113. masih perlu dikaji ulang mengenai jaringan pengangkutnya, thank’s Bos !!

    Posted by Arifin Kapota | Mei 25, 2011, 11:49 am
  114. alhamdulillahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh…………………….. <(")

    Posted by achmadrifandi | Juli 27, 2011, 1:08 pm
  115. 8| syuuuuuuukkkkuuuuuuuuuuuuurrrrrrrrrrrrrrrrrrr……………………….
    selesaiiiiiiiiiii………………………………………

    Posted by achmadkurniawan | Juli 27, 2011, 1:10 pm
  116. makasih banyak atas informasinya, ini sangat sangat bermanfaat buat saya
    pak saya mau bertanya tolong lagsung dijawab ya
    pada tumbuhan yang telah mengalami pertumbuhan sekunder, akar dan batangnya sudah tidak ada lagi epidermis, lalu bagaimana cara dia melindungi jaringan di bawahnya, ???
    makasih sebelumnya!

    Posted by Ardo Ramdhani | Agustus 14, 2011, 1:45 am
  117. Hay Joni2 oh hay joni2
    lihatlah kami joni2
    “Stooooooppppp,,,lebaran bukan untuk pamer , tapi untuk seru2an bareng AXIS yang Paling hemat “

    Posted by Joni | Agustus 24, 2011, 9:06 am
  118. Terimakasih…^^

    Posted by Lina | Agustus 28, 2011, 7:55 am
  119. tambah lengkap lg dong pa………..

    Posted by kintan | September 7, 2011, 1:33 pm
  120. ♥♥♥

    Posted by begenk | September 8, 2011, 4:37 pm
  121. GLORY GLORY MANCHESTER UNITED !!!

    Posted by Alva.syn.appelL™ | September 8, 2011, 4:38 pm
  122. mengap jaringan meristemnya tidak ada keterangannya??
    cuma ada huruf abjadnya saja……
    jdi gk ngrty……..,,,,,,

    Posted by nhana | September 13, 2011, 9:36 am
  123. kurang lengkap pak bisa nga’ di tambah lagi

    Posted by ifka ikbal | September 20, 2011, 11:39 am
  124. thanks … ngebantu bgt ..

    Posted by petty | September 20, 2011, 4:51 pm
  125. Makash pak / bu….. Anda telah membagikan ilm anda…. Ilm Kam jd lbh brtmbh….

    Posted by Diah | September 21, 2011, 8:51 pm
  126. sangan membantu :)

    Posted by isna | September 25, 2011, 12:15 pm
  127. apa sih fungsi jaringan sklerenkim…………………………………

    Posted by fahrul | September 25, 2011, 2:25 pm
  128. thanks ya info nya

    Posted by apriyantina | September 30, 2011, 4:49 am
  129. Blog ini sangat bermanfaat karena saya sendiri juga suka mapel biologi…..semoga waktu ke depan blog ini menjadi lebih baik

    Posted by danang | Oktober 1, 2011, 8:30 am
  130. pak numpang nanya dong,apa sich ciri-ciri utama pada jaringan dewasa???????

    Posted by efy nurhasanah | Oktober 1, 2011, 11:33 am
  131. terimakash infonya

    Posted by toriq29 | Oktober 4, 2011, 2:07 pm
  132. makasih ya
    atas sdkit pngatahuan.a :D

    Posted by nur cahyati | Oktober 12, 2011, 11:31 am
  133. Alhamdulillah, waktu saya nyari di buku saya tentang macam-macam parenkim menurut fungsinya tidak ada, lalu saya tanya mbah Google dan akhirnya sampai disini dan menemukan yang saya cari.
    terima kasih ya

    Posted by Rizka Noor Miftakhul Ulum | Oktober 16, 2011, 9:54 pm
  134. terima kasih,,
    ini sangat bermanfaat sekali (✿◠‿◠)

    Posted by Nami | Oktober 20, 2011, 8:04 am
  135. alhamdulilah……dengan adanya informasi sesoerti ini saya dapat mengerjakan tugas dari ibu guru……

    Posted by Chairunnisa Ramadhanti | Oktober 23, 2011, 9:52 am
  136. betul banget tuh….informasinya menarik banget….

    Posted by Fitriana Rifki Nur Azizah | Oktober 23, 2011, 9:55 am
  137. makasih ya,pak.kerjaan saya jadicepat selesai

    Posted by mifta hartati | Oktober 31, 2011, 10:47 pm
  138. pusing saya…

    Posted by grace | November 7, 2011, 7:01 am
  139. pusing saya…
    oh, iya bolehkah saya bertanya !!
    macam-macam akar di dunia apa saja yah ???

    Posted by grace | November 7, 2011, 7:04 am
  140. Thanks,, this is so usefully.

    Posted by devi ayu safitri | November 16, 2011, 2:06 pm
  141. Postingan ini sangat bermanfaat untuk saya. Mudah2an blog ini mendapatkan pengunjung yang sangat banyak…..
    Amiiinn

    Posted by Prof. Dr. A. Syarief Hidayat, ST. MT | November 24, 2011, 1:26 pm
  142. bgs bgt ea bisa da jawaban yg ai tx dsini. shg tgs oe bs cpt tsele saikan

    Posted by jaya waruwu | Desember 29, 2011, 6:22 am
  143. bagus pak….
    sangat membantu

    Posted by livia | Januari 11, 2012, 6:22 am
  144. alhamdulillah,ea… :)

    Posted by wicy | Januari 13, 2012, 9:54 am
  145. alhamdulillah,ea

    Posted by wicy | Januari 13, 2012, 10:00 am
  146. terima kasih ya…..

    Posted by shelnis cuyy | Januari 24, 2012, 8:03 am
  147. pak tlong bahas dengan perbedaan sel pada tmubuhan dan hewan.tlong pak,mksih blumnya.

    Posted by asa bouk | Januari 25, 2012, 8:55 am
  148. makasih ya udah buat anak2 INDONESIA mengetahui apa saja jaringan pada tumbuhan :))

    Posted by adelita lamria ester | Februari 8, 2012, 9:06 am
  149. thanx om atas situsnye..
    aye makasih banget ya…. :)
    jadi terbatu nih… :) :)

    Posted by mamat | Februari 22, 2012, 11:38 am
  150. makasih ya pa …
    sangat membantu saya untuk mengerjakan tugas :)

    Posted by elisa | Maret 15, 2012, 10:28 am
  151. mmmmmmmm…….
    makasi yaaaa dah bantu
    qta dengan adanya jaringan pda
    tmbhan ini qta bsaa ngrtilah dkit2

    Posted by susi | Maret 19, 2012, 9:36 am
  152. terima kasih.. :) ini sangat membantu sy buat resume :)

    Posted by muslimah sari | Maret 22, 2012, 1:50 am
  153. makasih ya buat infonya, lbih bnyak lgi infonya di bkin ya…………………… :-)

    Posted by mida | April 10, 2012, 2:24 pm
  154. makasih ya , dengan adanya ini sangat membantu proses bljr saya :)

    Posted by Brandal Cilacap | April 12, 2012, 12:24 pm
  155. bagus rangkumannya

    Posted by alfi jauharotus | April 24, 2012, 8:10 am
  156. ehee….keren infonya yah..

    Posted by Dimas Rizky | April 25, 2012, 8:04 am
  157. mkasih y….
    materi ini sangat membantu saya

    Posted by winna shafira | April 25, 2012, 10:11 am
  158. :)

    Posted by winna shafira | April 25, 2012, 10:13 am
  159. Mkasih Ych Atas Materix Krn sdah Mmbantu dLam MnyeLeaikn Tgas Sya….

    Posted by wati | Mei 4, 2012, 4:22 am
  160. susah ya pak pelajaran biologi.gimana si caranya biar mudah di mengerti?

    Posted by Bunnnaaaa | Mei 11, 2012, 8:26 am
  161. GA NGERTI GUE

    Posted by farah | Mei 14, 2012, 11:00 am
  162. bagaimana dengan tumbuhan mangga yang dipotong tidak bisa tumbuh lagi sedangkan tanaman mawar jika dipotong bisa tumbuh lagi,mohon jawabannya segera. trim’s

    Posted by ecy | Juli 29, 2012, 6:34 am
  163. sama dong gue juga nggangerty nih

    Posted by whivy | Agustus 28, 2012, 11:49 am
  164. emang……….,,,hahahaha

    Posted by whivy | Agustus 28, 2012, 11:52 am
  165. waw ringkas bgt materinya.jd lbh mudah d cerna.

    Dessy SISWA SMAN 83 JAKUT KELAZ 11 IPA 1

    Posted by Dessy | Agustus 29, 2012, 2:03 pm
  166. informasinya berguna bangeet !!

    Posted by kimeunji | September 7, 2012, 8:52 am
  167. makasih atas info ini,,,
    tp saya masih bingung aktivitas apa yang menyebabkan pertumbuhan cabang akar pada tumbuhan dikotil.
    mohon jawabanya
    trimss

    Posted by moniqha | September 10, 2012, 3:08 pm
  168. Makasih,, jadi pr kuu, dapat terselesaikan…

    Posted by chainitaa | September 16, 2012, 5:05 am
  169. thanks you sir… :)

    Posted by adinda wahyuni | September 16, 2012, 7:08 am
  170. artikelnya bagus,,tapi sedikit kurang lengkap

    Posted by Emir Siswanto | September 23, 2012, 8:20 am
  171. thanks for information

    Posted by febby reza | September 23, 2012, 1:38 pm
  172. bagusss materix….. ngebantu buat tugas sekolah…

    Posted by akbar alitu | September 24, 2012, 12:10 pm
  173. makasih ya pak. Sangat membantuu :D

    Posted by Ika Mustika | September 25, 2012, 11:00 am
  174. ni bisa buat mkalah bilogi tugas guru nie

    Posted by nanda wartayana | Oktober 3, 2012, 1:26 pm
  175. thank banget buat org yg udah ngebuat blog ini krn blog ini sangat membantu para siswa

    Posted by ono (santri pesantren al-ikhlas ujung bone | Oktober 5, 2012, 11:54 am
  176. mksh untk artikelnya,,

    Posted by Ashar Al-Kahfi | Oktober 11, 2012, 12:01 pm
  177. wow…meski ada yang kurang..tapi membantu banget…

    Posted by joe | Oktober 14, 2012, 12:26 pm
  178. alhamdulillah saya bisa membuat tugas dengan baik berkat adanya blog ini

    Posted by Darmawan Abinugroho | November 17, 2012, 12:30 pm
  179. mmm kog cman sdkit ??? :)

    Posted by awin | Desember 13, 2012, 8:54 am
  180. MATUR NUWON PAK.

    Posted by JOKO | Januari 12, 2013, 1:48 am
  181. makasih banyak ya sir, sangat membantu banget ntuk tugas anfistumb aku..

    Posted by desi | September 14, 2013, 6:04 am
  182. terima kasih atas artikelnya berkat blog ini saya dapat mengerjakan tugas

    Posted by Adrian | September 15, 2013, 5:57 am
  183. ada berapa pak jaringan pda tumbuhan…….

    Posted by rohmat | Januari 24, 2014, 6:02 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BLOG ini merupakan bentuk ungkapan TERIMA KASIH, seorang alumni/siswa ( I KETUT DIANA ADHI,S.KOM aka kuncunk, kepada bapak/ibu guru khususnya SMU 1 Melaya, Jembrana, Bali yang telah memberi berbagai ilmu selama saya belajar di sekolah tercinta..Jasa bapak / ibu guru tidak akan saya lupakan
Untuk materi, mohon maaf sebesar besarnya, karena basic saya yang cuma orang IT/ computer science, dan cuma bisa mengumpukan bahan dan materi ajar dan menyajikan dalam sebuah BLOG..
Saya merasa materi yang disajikan banyak kekurangannya, mudah mudahan saran dan kritik pengunjung bisa membuat blog ini berguna bagi pendidikan Indonesia..

Mudah mudahan blog ini bisa menjadi motivasi bagi pendidik untuk lebih bisa memanfatkan media IT demi kemajuan pendidikan Indonesia.

MAJU TERUS PENDIDIKAN INDONESIA

Kunjungi Paket Liburan ke Bali

Statistik

  • 7,745,180 hits
Education Sites Catalog
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 136 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: