//
you're reading...
Sistem Ekskresi

Sistem Ekskresi pada Manusia


sistem-ekskresi-manusia

sistem-ekskresi-manusia

Manusia memiliki organ atau alat-alat ekskresi yang berfungsi membuang zat sisa hasil metabolisme. Zat sisa hasil metabolisme merupakan sisa pembongkaran zat makanan, misalnya: karbondioksida (CO2), air (H20), amonia (NH3), urea dan zat warna empedu.

Zat sisa metabolisme tersebut sudah tidak berguna lagi bagi tubuh dan harus dikeluarkan karena bersifat racun dan dapat menimbulkan penyakit.

Organ atau alat-alat ekskresi pada manusia terdiri dari:

1. Paru-paru,

2. Hati,

3. Kulit, dan

4. Ginjal.

PARU-PARU

paru-paru

paru-paru

Paru-paru berada di dalam rongga dada manusia sebelah kanan dan kiri yang dilindungi oleh tulang-tulang rusuk. Paru-paru terdiri dari dua bagian, yaitu paru-paru kanan yang memiliki tiga gelambir dan paru-paru kiri memiliki dua gelambir.

Paru-paru sebenarnya merupakan kumpulan gelembung alveolus yang terbungkus oleh selaput yang disebut selaput pleura.

FUNGSI PARU-PARU
Paru-paru merupakan organ yang sangat vital bagi kehidupan manusia karena tanpa paru-paru manusia tidak dapat hidup. Dalam Sistem Ekskresi, paru-paru berfungsi untuk mengeluarkan KARBONDIOKSIDA (CO2) dan UAP AIR (H2O).

Didalam paru-paru terjadi proses pertukaran antara gas oksigen dan karbondioksida. Setelah membebaskan oksigen, sel-sel darah merah menangkap karbondioksida sebagai hasil metabolisme tubuh yang akan dibawa ke paru-paru. Di paru-paru karbondioksida dan uap air dilepaskan dan dikeluarkan dari paru-paru melalui hidung

KELAINAN-KELAINAN PADA PARU-PARU
Kelainan-kelainan pada paru-paru, diantaranya adalah:

1. Asma atau sesak nafas, yaitu kelainan yang disebabkan oleh penyumbatan saluran pernafasan yang diantaranya disebabkan oleh alergi terhadap rambut, bulu, debu atau tekanan psikologis.

2.Kanker Paru-Paru, yaitu gangguan paru-paru yang disebabkan oleh kebiasaan merokok. Penyebab lain adalah terlalu banyak menghirup debu asbes, kromium, produk petroleum dan radiasi ionisasi. Kelainan ini mempengaruhi pertukaran gas di paru-paru.

3.Emphysema, adalah penyakit pembengkakan paru-paru karena pembuluh darahnya terisi udara.

CARA MENGATASI KELAINAN PADA PARU-PARU
Upaya menghindari dan mengatasi kelainan-kelainan pada paru-paru adalah dengan menjalankan pola hidup sehat, diantaranya:

1. Mengatur pola makan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi secara teratur

2. Berolah raga dengan teratur

3. Istirahat minimal 6 jam per hari

4. Mengindari konsumsi rokok, minum minuman beralkohol dan narkoba

5. Hindari Stress

HATI (HEPAR)

hati

hati

Hati merupakan “kelenjar” terbesar yang terdapat dalam tubuh manusia. Letaknya di dalam rongga perut sebelah kanan. Berwarna merah tua dengan berat mencapai 2 kilogram pada orang dewasa. Hati terbagi menjadi dua lobus, kanan dan kiri.

Zat racun yang masuk ke dalam tubuh akan disaring terlebih dahulu di hati sebelum beredar ke seluruh tubuh. Hati menyerap zat racun seperti obat-obatan dan alkohol dari sistem peredaran darah. Hati mengeluarkan zat racun tersebut bersama dengan getah empedu.

FUNGSI HATI
Hati merupakan organ yang sangat penting, berfungsi untuk:

1. Menghasilkan empedu yang berasal dari perombakan sel darah merah

2. Menetralkan racun yang masuk ke dalam tubuh dan membunuh bibit penyakit

3. Mengubah zat gula menjadi glikogen dan menyimpanya sebagai cadangan gula

4. Membentuk protein tertentu dan merombaknya

5. Tempat untuk mengubah pro vitamin A menjadi vitamin

6. Tempat pembentukan protrombin yang berperan dalam pembekuan darah

Zat warna empedu hasil perombakan sel darah merah yang telah rusak tidak langsung dikeluarkan oleh hati, tetapi dikeluarkan melalui alat pengeluaran lainnya. Misalnya, akan dibawa oleh darah ke ginjal dan dikeluarkan bersama-sama di dalam urin.

KELAINAN-KELAINAN PADA HATI
Gangguan pada hati yang umumnya dijumpai di masyarakat saat ini adalah HEPATITIS atau PENYAKIT KUNING. Disebut demikian karena tubuh penderita menjadi kekuningan, disebabkan zat warna empedu beredar ke seluruh tubuh. Penyakit ini disebabkan oleh serangan virus yang dapat menular melalui makanan, minuman, jarum suntik dan transfusi darah.

Hepatitis adalah peradangan pada sel-sel hati. Penyebab penyakit hepatitis yang utama adalah virus. Virus hepatitis yang sudah ditemukan sudah cukup banyak dan digolongkan menjadi virus hepatitis A, B, C, D, E, G, dan TT.
Beberapa jenis hepatitis yang saat ini harus diwaspadai adalah:
1. Hepatitis A yang disebabkan oleh Virus Hepatitis A (VHA)
2. Hepatitis B yang disebabkan oleh Virus Hepatitis B (VHB)
3. Hepatitis C yang disebabkan oleh Virus Hepatitis C (VHC)

MENGATASI KELAINAN-KELAINAN PADA HATI
Cara mengatasi kelainan-kelainan pada hati diantaranya adalah dengan:

1. Pemberian vaksinasi

2. Makan makanan yang sehat

3. Menghindari penggunaan obat-obatan terlarang

4. Berolahraga dengan teratur

5. Sterilisasi penggunaan jarum suntik

6. Menghindari pergaulan bebas (berganti-ganti pasangan)

KULIT

kulit

Seluruh permukaan tubuh kita terbungkus oleh lapisan tipis yang sering kita sebut kulit. Kulit merupakan benteng pertahanan tubuh kita yang utama karena berada di lapisan anggota tubuh yang paling luar dan berhubungan langsung dengan lingkungan sekitar.

FUNGSI KULIT


Fungsi kulit antara lain sebagai berikut:

- mengeluarkan keringat

- pelindung tubuh

- menyimpan kelebihan lemak

- mengatur suhu tubuh, dan

- tempat pembuatan vitamin D dari pro vitamin D dengan
bantuan sinar matahari yang mengandung ultraviolet

Proses Pembentukan Keringat

Bila suhu tubuh kita meningkat atau suhu udara di lingkungan kita tinggi, pembuluh-pembuluh darah di kulit akan melebar. Hal ini mengakibatkan banyak darah yang mengalir ke daerah tersebut. Karena pangkal kelenjar keringat berhubungan dengan pembuluh darah maka terjadilah penyerapan air, garam dan sedikit urea oleh kelenjar keringat. Kemudian air bersama larutannya keluar melalui pori-pori yang merupakan ujung dari kelenjar keringat. Keringat yang keluar membawa panas tubuh, sehingga sangat penting untuk menjaga agar suhu tubuh tetap normal.

Kelainan pada kulit yang banyak dialami oleh para remaja adalah jerawat. Ada tiga tipe jerawat, yaitu:

1. Komedo

2. Jerawat biasa

3. Cystic Acne (Jerawat Batu/Jerawat Jagung)

Banyak jenis obat dan perawatan yang ditawarkan untuk menghilangkan jerawat. Namun, sesungguhnya alam sudah menyediakan aneka tanaman yang mampu menghilangkan jerawat. Tanaman-tanaman itu antara lain tomat, jeruk nipis, belimbing wuluh, mentimun, dan temulawak.

MENGATASI KELAINAN PADA KULIT

Kulit perlu mendapat perawatan yang tepat agar senantiasa sehat. Berikut 4 langkah perawatan kulit yang sangat mendasar:

1. Makan Makanan Yang Mengandung Nutrisi
Kulit seperti juga organ tubuh lain, terdiri atas sel-sel yang berkembang dan membutuhkan berbagai nutrisi. Nutrisi pada kulit digunakan untuk mengaktifkan sirkulasi darah ke kulit, menjaga kelenturan dan kekencangan kulit serta mencegah oksidasi lemak yang menyebabkan kulit menjadi kering.
2. Minum Air Putih Minimal 8 Gelas Setiap Hari
Air berfungsi sebagai media untuk mengangkut dan membuang zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh dan mencegah kekeringan. Selain 8 gelas air segar setiap hari, asupan cairan yang baik bagi kulit bisa didapatkan dari buah dan sayuran.
3. Berolahraga Dengan Teratur
Olahraga teratur 3 kali seminggu akan membantu kelancaran sirkulasi darah, sehingga asupan nutrisi kulit terpenuhi.
4. Mandi Untuk Membersihkan Badan
Mandi secara teratur menggunakan sabun, bermanfaat menghilangkan lemak dan kotoran pada permukaan kulit. Namun kita perlu berhati-hati dalam memilih sabun, karena detergen yang terkandung di dalamnya cenderung meningkatkan pH kulit sehingga dapat menyebabkan kekeringan pada kulit.

GINJAL
Dunia kedokteran biasa menyebutnya ‘ren’ (renal/kidney). Bentuknya seperti kacang merah, berjumlah sepasang dan terletak di daerah pinggang. Ukurannya kira-kira 11x 6x 3 cm. Beratnya antara 120-170 gram. Struktur ginjal terdiri dari: kulit ginjal (korteks), sumsum ginjal (medula) dan rongga ginjal (pelvis). Pada bagian kulit ginjal terdapat jutaan nefron yang berfungsi sebagai penyaring darah. Setiap nefron tersusun dari Badan Malpighi dan saluran panjang (Tubula) yang bergelung. Badan Malpighi tersusun oleh Simpai Bowman (Kapsula Bowman) yang didalamnya terdapat Glomerolus.

FUNGSI GINJAL
1. Menyaring dan membersihkan darah dari zat-zat sisa metabolisme tubuh

2. Mengeksresikan zat yang jumlahnya berlebihan

3. Reabsorbsi (penyerapan kembali) elektrolit tertentu yang dilakukan oleh bagian tubulus ginjal

4. Menjaga keseimbanganan asam basa dalam tubuh manusia

5. Menghasilkan zat hormon yang berperan membentuk dan mematangkan sel-sel darah merah (SDM) di sumsum tulang

PROSES PEMBENTUKAN URINE
Ginjal berperan dalam proses pembentukan urin yang terjadi melalui serangkaian proses, yaitu: penyaringan, penyerapan kembali dan augmentasi.

1. Penyaringan (filtrasi)

Proses pembentukan urin diawali dengan penyaringan darah yang terjadi di kapiler glomerulus. Sel-sel kapiler glomerulus yang berpori (podosit), tekanan dan permeabilitas yang tinggi pada glomerulus mempermudah proses penyaringan.

Selain penyaringan, di glomelurus juga terjadi penyerapan kembali sel-sel darah, keping darah, dan sebagian besar protein plasma. Bahan-bahan kecil yang terlarut di dalam plasma darah, seperti glukosa, asam amino, natrium, kalium, klorida, bikarbonat dan urea dapat melewati saringan dan menjadi bagian dari endapan.

Hasil penyaringan di glomerulus disebut filtrat glomerolus atau urin primer, mengandung asam amino, glukosa, natrium, kalium, dan garam-garam lainnya

2. Penyerapan kembali (reabsorbsi)

Bahan-bahan yang masih diperlukan di dalam urin pimer akan diserap kembali di tubulus kontortus proksimal, sedangkan di tubulus kontortus distal terjadi penambahan zat-zat sisa dan urea.

Meresapnya zat pada tubulus ini melalui dua cara. Gula dan asam amino meresap melalui peristiwa difusi, sedangkan air melalui peristiwa osmosis. Penyerapan air terjadi pada tubulus proksimal dan tubulus distal.

Substansi yang masih diperlukan seperti glukosa dan asam amino dikembalikan ke darah. Zat amonia, obat-obatan seperti penisilin, kelebihan garam dan bahan lain pada filtrat dikeluarkan bersama urin.

Setelah terjadi reabsorbsi maka tubulus akan menghasilkan urin sekunder, zat-zat yang masih diperlukan tidak akan ditemukan lagi. Sebaliknya, konsentrasi zat-zat sisa metabolisme yang bersifat racun bertambah, misalnya urea.

3. Augmentasi

Augmentasi adalah proses penambahan zat sisa dan urea yang mulai terjadi di tubulus kontortus distal.

Dari tubulus-tububulus ginjal, urin akan menuju rongga ginjal, selanjutnya menuju kantong kemih melalui saluran ginjal. Jika kantong kemih telah penuh terisi urin, dinding kantong kemih akan tertekan sehingga timbul rasa ingin buang air kecil. Urin akan keluar melalui uretra.

Komposisi urin yang dikeluarkan melalui uretra adalah air, garam, urea dan sisa substansi lain, misalnya pigmen empedu yang berfungsi memberi warna dan bau pada urin.

KELAINAN PADA GINJAL
Kelainan-kelainan pada ginjal diantaranya adalah gagal ginjal dan batu ginjal.

1. Gagal Ginjal

Gagal ginjal merupakan kelainan pada ginjal dimana ginjal sudah tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya yaitu menyaring dan membersihkan darah dari zat-zat sisa metabolisme.

Penyebab terjadinya gagal ginjal antara lain disebabkan oleh:

1. Makan makanan berlemak

2. Kolesterol dalam darah yang tinggi

3. Kurang berolahraga

4. Merokok, dan

5. Minum minuman beralkohol.

Mengatasi Gagal Ginjal

Kemajuan ilmu pengetahuan, memungkinkan fungsi ginjal digantikan. Penggantian fungsi tersebut dikenal dengan Renal Replacement Therapy (RRT) atau Terapi Pengganti Ginjal (TPG). Ada dua cara TPG, yakni transplantasi/cangkok ginjal dan dialisis/cuci darah . Dialisis/cuci darah dibedakan menjadi:

1. HD (Hemodialisis), dialisis dengan bantuan mesin

2. PD (Peritoneal Dialisis), dialisis melalui rongga perut

2. Batu Ginjal

Urine banyak mengandung mineral dan berbagai bahan kimiawi. Urin belum tentu dapat melarutkan semua itu. Apabila kita kurang minum atau sering menahan kencing, mineral-mineral tersebut dapat mengendap dan membentuk batu ginjal.

Batu ginjal merupakan kristal yang terlihat seperti batu yang terbentuk di ginjal. Kristal-kristal tersebut akan berkumpul dan saling berlekatan untuk membentuk formasi “batu”. Apabila batu tersebut menyumbat saluran kemih antara ginjal dan kandung kemih, saluran kemih manusia yang mirip selang akan teregang kuat karena menahan air seni yang tidak bisa keluar. Hal itu tentu menimbulkan rasa sakit yang hebat.

Tentang iklan-iklan ini

Diskusi

479 thoughts on “Sistem Ekskresi pada Manusia

  1. Mohon ijin menyunting tulisan Anda, untuk saya share kan ke rekan-rekan kantor saya. Terima kasih atas informasi berharga ini.

    Posted by Yan Ardhianto | Januari 23, 2009, 1:13 pm
  2. silahkan..monggo bos

    Posted by gurungeblog | Januari 24, 2009, 2:20 am
  3. Malam Situs Website ini saya mau kasih pertanyaan?bagaimana Agar masuk keinti Struktur Virus lalu menempelkan dalam struktur Genetika Virus tersebut ini untuk menyempurnakan Penelitianku dan penemuanku akan Anti Virus A-12.from Erikson.Terimah kasih atas jawbannya.Gbu.

    Posted by Erikson | Januari 31, 2009, 11:05 am
  4. oiah oiah,,

    blog Anda saya jadikan referensi buat presentasi..
    boleh ya
    boleh kan
    boleh dong

    hehe..gracias Senor

    Posted by angsukma | Februari 19, 2009, 4:27 pm
  5. Aku kalau nyari tugas pasti kesini!!!
    Thanks banget…
    sangat bermanfaat…
    Lebih banyak perbanyak lagi y!!!
    Tetetp semangat dan Semoga jaya terus guru…

    Posted by Blu3Boy | Februari 23, 2009, 2:54 pm
  6. ,,wajuuuuuuuuuuh.,.

    hampir za q gk dpat ulangan,.,

    berkat situz ne,pngetahuan gw brtambh untuk ulgan smlm.,.
    nlai nya bgs lho.,.

    Posted by febby kurniawan | Februari 25, 2009, 12:05 pm
  7. core boz,,,,aku mau ngopy artikel ini boleh zaw,,,coz mau tak kumpulin buat tugas Biologi bozzz,,,

    Thanks zaw,,,
    Moga tambah cayo n informasinya tambah lengkap lagi,,,

    CAYO,,,,

    Posted by ikacute | Februari 27, 2009, 8:11 am
  8. yupzt…..yupzt….yupzt…

    thank”s ea bos,berkt ne situs gw tmbh dooonkkk..and yg psti nilae ulgan gw bguz phoool,hehehe…..

    Posted by erikenz | Maret 5, 2009, 2:43 am
  9. sy mo nanya… mengapa selain sebagai organ pernapasan, paru-paru juga dianggap sebagai organ eksresi?

    Posted by Becks | Maret 9, 2009, 5:17 am
  10. Kalau orang jawa mengatakan anyang-anyangen yaitu suatu kondisi dimana seakan-akan kita ingin kencing tapi begitu keluar hanya sedikit sebnatar terasa lagi keluar juga sedikit ini apa ya sebabnya hubungannya dengan syaraf apa ya?
    Thank

    Posted by tito | Maret 18, 2009, 11:48 am
  11. kurang lengkap dueh……………kLo bs mSukin jg kelainan2 yg trjadi pda stiap alt ekskresi…………..

    mf bnget ya…….hehehehe cz q btuh bnget infox………….

    Posted by lensa | Maret 22, 2009, 9:36 am
  12. q mau tx dong tentang penyakit kencin batu dan cara penyembuhannya…..

    Posted by dinmat | Maret 30, 2009, 12:56 pm
  13. mohon cpt d blz karna ini pntng bnget………

    Posted by dinmat | Maret 30, 2009, 12:57 pm
  14. pembahasannya tentang sistem ekresi udah kernz bgt2222…. tapi sanyangnya kenapa gx da kelainan pada sistem eksresi trus gambarnya lebih cuakep lagi yach…………..
    thanks juga krna aku bisa bljar bnyak dri pmbhasannya

    Posted by indah | April 13, 2009, 1:58 pm
  15. bozz,,aq mo tanya…klo minum air putih(bening) 8 gelas sehari itu kan bnyk manfaatnya…tp kalo air tersebut tiba-tiba bercampur d usus dan menjadi satu dg tinja gimana???apakah itu yg dimaksud gagal ginjal juga?soalnya perut q terasa sakit banget klo mo BAB,pas aq buang air bsar yg kluar campuran tinja dg air tsb.encer bngt..tolong dong pnjelasan & solusinya…please…aq tnggu blzanNa y bozz…

    Posted by ryan | April 19, 2009, 2:05 am
  16. wow bagus lengkap….
    Asyik neh tgs yg lm lom slesai jd slesai dlm wkt yg sesingkat2ny____
    wkwkwkwk….

    Thanks ngebantu bgt ->w<-

    Posted by emy | April 28, 2009, 5:06 am
  17. TERIMA KASIH ATAS BLOG INFORMASINYA. SEMOGA BERGUNA BAGI DIRI SENDIRI DAN ORANG LAIN. JANGAN PERNAH BERHENTI UNTUK BEREKSPRESI DAN BERKREASI

    Posted by Adrianus | Mei 22, 2009, 4:49 am
  18. makasi atas situsnya…. saya nyari ke mana2,, menurut sya ini yang paling bagus (is the best)
    hehehe

    Posted by faraa | Juni 12, 2009, 7:48 am
  19. kang guru,mkch banget bagi2 ilmux.ntar mlem ak mw presentasi.copy paste yaaaaaaaaaa (iya silahkan,gpp kok neng h h h @: maksa nek)

    Posted by utari | Juni 25, 2009, 3:14 am
  20. assalammu’alaikum wr. wb
    Thx yaw, Q ru za bca… ‘n lmyn ngbn2 bgt wt pljrn Biologi q,,,, 0n3 m0r3 Thx yawwwwww

    wassalammu’alaikum wr. wb

    Posted by Yoichi | Juli 8, 2009, 1:38 pm
  21. minta materinya bwt presentasi y!!!
    thx,, sngat m’bantu skali…

    Posted by antho | Juli 20, 2009, 5:22 am
  22. bos, boleh nggak saya sunting tulisannya buat tugas sekolah.
    Hehehehe.Pls..

    Posted by Bima Pramukya | Juli 20, 2009, 11:46 am
  23. Bos, boleh nggak saya sunting. Buat tugas sekolah. OK?

    Posted by Bima Pramukya | Juli 20, 2009, 11:47 am
  24. thanks y pak….
    mampir ke blog saya jga y pak???

    Posted by Zhys | Juli 21, 2009, 9:58 am
  25. THanks da NgeBantu NgeRjaEn Tugas..
    sELamaT nGerjAen

    Posted by KhaisMA | Juli 22, 2009, 11:43 am
  26. tHanks da ngebAntuin nGerjAen tUgas……!!!!

    sELamaT bErkaRya,, jGan pRnaH bERhnti mMbuAT kArya

    Posted by KhaisMA | Juli 22, 2009, 11:46 am
  27. Terima kasih infonya

    Posted by sukana | Juli 23, 2009, 3:10 am
  28. pak, boleh dikritik, nggak? Kelainan dari alat ekskresinya itu kurang banyak. Tolong tambahi ya pak…

    Posted by imelda nadia | Juli 24, 2009, 4:57 am
  29. KK klo bisa tambah fungsi bagian-bagianya y “

    Posted by amann | Juli 26, 2009, 10:05 am
  30. makasih ya informasinya, lumayan buat tugas. haha :-) sekali lagi makasih

    Posted by iraaa | Juli 29, 2009, 12:52 pm
  31. maturnuwun…
    maju pendidikan Indonesia!!

    Posted by dimitri | Juli 29, 2009, 2:09 pm
  32. saya ingin bertanya…………. apa saja kelainan penyakit pada sistem ekskresi trimakasih

    Posted by lina | Juli 31, 2009, 5:29 am
  33. thnx yua,,
    w ngopy yua,,,
    wat tgz,,,
    yah… yah.. yah…
    cakep deh,,,
    hehehehehehehe

    Posted by Fahrul | Juli 31, 2009, 2:27 pm
  34. thanks banget gila bisa dapet 100 nih gw !!!

    Posted by fahmi smp 49 | Agustus 2, 2009, 3:51 am
  35. Thanks.. uda mbantuin nyari rtikel buat tugas biolgi… thx ia…
    buat ank2 spemma nyari disini aj oi lengkap… hehheheheh

    Posted by MahdiSBY | Agustus 4, 2009, 2:45 pm
  36. Makasih atas informasinya.
    Minta ijin untuk digunakan sebagai bahan belajar, saya siswi SMP kelas 9.
    Terima kasih sebelumnya ^_^

    Posted by Tania | Agustus 5, 2009, 2:24 pm
  37. Sangat membantu pa lagi sok month ulangan bantu nget nii !!!!!

    Posted by arief | Agustus 21, 2009, 6:29 am
  38. good….good….good…..
    beta puazzz….

    Posted by maulana | Agustus 26, 2009, 4:28 am
  39. mkaci bgt ya………………………….. dengan adanya ini, bikin tugas jadi lebih gampang……………..

    Posted by ichsan | Agustus 27, 2009, 1:40 pm
  40. thnx ya berkat ini gw dpt kerjain tugas gw…………….
    i love you fulll

    Posted by noprizal | Agustus 31, 2009, 8:28 am
  41. trims atas informsix smog sukses

    Posted by Daru | September 3, 2009, 7:54 am
  42. Wawwwwwwwwwwwwwwuuuuu!!!!!!!!
    gUrUnGeblog pokoEe makyosSSSSSSSSSSSSSsssssssss……
    dari gurungeblog ini Gw lebih ngerti tentang tentang pelajaran yang dulunya Gw ak ngerti…
    xLe gie thaks eEa gurungEblog….!!!!!!!

    Posted by Ananda | September 6, 2009, 1:16 pm
  43. terimakasih sebelum nya,,jujur saya sangat terbantu dengan web ini,,sekali lagi terimaksih.

    Posted by mardi | September 7, 2009, 2:22 pm
  44. maaf tulisan nya saya jadi’in makalah ya gan?
    boleh ya?

    Posted by ardyan | September 13, 2009, 1:23 pm
  45. Krenz banget bozz!!!
    Makasih untuk blog informasinya bisa nambah ilmu dan untuk referensi.

    Posted by Indryansyah | September 28, 2009, 11:42 am
  46. wah…..
    lngkap,, jd bsa blajar d’kmpter. gg ush bka bku. hheheheh

    Posted by nisa ranggarani | September 29, 2009, 12:39 am
  47. berguna bangedh . . .

    arigatou iia

    cz , ni lagi ada tugas gituw !

    lengkap sie. cuma kurang pengertian ekskresinya.
    pii dah lengkap laa..

    Posted by sasori | Oktober 5, 2009, 7:45 am
  48. baguz gampang bikin tgs

    Posted by rifki gusliawandy | Oktober 5, 2009, 9:10 am
  49. makasiiiiiiiiiihhhh…

    ni helpfull bgt ….

    makasih yuaahhh … ^^

    Posted by pey | Oktober 12, 2009, 2:45 am
  50. Koq gnjal ga ada gmbrnya?? Tp gpp bs nmbah” pel. biologi

    Posted by Pelajar | Oktober 14, 2009, 3:03 pm
  51. aQ minta ijin ya aq mw copy datanya

    Posted by GISCHA | Oktober 16, 2009, 6:36 am
  52. Duch ArtiKeL’a OK BnGt …..
    2 JmPoL dEcH bWat YnK BkIn ….
    loW BsA BkIn yNk BrU aGe Y ….

    Posted by ICHAA | Oktober 19, 2009, 8:31 am
  53. wow ini dah hebat tp tolong perbanyak lg informasinya

    Posted by chandra | Oktober 20, 2009, 8:14 am
  54. Mohon izin untuk di copy. Thanks ya… mudah2an bermanfaat buat saya dan orang banyak.

    Posted by salim | Oktober 23, 2009, 9:10 am
  55. cara donwld video eksresi ada gk ????

    Posted by i komang suwardana | Oktober 27, 2009, 3:10 am
  56. Oy mksh atas penjelasannya….

    Posted by bahar dybont | Oktober 27, 2009, 7:36 am
  57. THANK YOU KARNA q sdh mengerti krna inilah q jd bs ngerjai pr.

    Posted by MARIA | Oktober 28, 2009, 8:06 am
  58. denga ini aku tau yentamg pengrtian ekskresi pada manusia

    Posted by aditya | Oktober 29, 2009, 6:49 am
  59. hu…..asyik……lengkap bangeeeeeeeeeeeet coy……….gambarnya tu lho kayk kenyatan…………

    eh thanks ya??????????????????berkat data ne…aku bisa dapat nilai baik…………othe………..othe…………

    Posted by NISA | November 5, 2009, 10:09 am
  60. pak.. pinjem artikelnya yah.. maksih..

    Posted by agie | November 6, 2009, 7:02 am
  61. so good for me…because can give me more information

    Posted by mala | November 14, 2009, 7:01 am
  62. …hebat hebat….hebat….

    Posted by romy | November 16, 2009, 2:01 am
  63. gambar nya kurang banyak pa

    Posted by hardiansyah | November 16, 2009, 7:54 am
  64. . ndaaasS agqu mumtd qhiie jtaah. . . . . . . . . . !!!!

    Posted by imam | November 17, 2009, 5:51 am
  65. . siiinnauuuuu Leeeeee,,,,,,
    . geend pnteeer. . . . . . .

    Posted by imam | November 17, 2009, 5:53 am
  66. hUa!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    tHx bgD !!!!!!
    akHR.a gUa bZ sLzain tgZ makaLaH gua !!!!!!!!!!
    tHx beUd zHa >>>
    =D
    mUaZcHHH!!!! phephe

    Posted by sUkma | Desember 4, 2009, 12:43 pm
  67. aku mau nanya nich tntang kulit. hubungan kulit kita dengan ilmu fisika itu apa???

    Posted by noena | Desember 15, 2009, 12:15 am
  68. thx, krna ini saya bs bkin makalah

    Posted by calvin | Desember 15, 2009, 7:16 am
  69. thanks yaaaaaa ats info x

    Posted by eka | Desember 27, 2009, 8:51 am
  70. lumayan…
    buat tugas kliping anak_2 kelas 9

    Posted by cos_meng | Desember 31, 2009, 1:17 pm
  71. ijin copy tulisannya ya,,,,,,,,,,,,,

    makasiiiiii sebelumnya,,,,,,,,

    Posted by sophi | Januari 2, 2010, 3:38 pm
  72. @gurungeblog: minta izin bwt posting nya mw ak bwt referensi dan bahan tugas sekolah…
    trimakasih..

    Posted by efan | Januari 5, 2010, 3:42 pm
  73. Mohonn izinnya untuk mengambil data2 ini buat dipresentasikan dikantorrr… :)

    Thankzz

    Posted by Diieethaa | Januari 11, 2010, 5:12 am
  74. pusing mau uas nie..

    Posted by bembenk ceper | Januari 17, 2010, 1:03 pm
  75. blh d’coppy khan???
    thx yach…..

    Posted by irene | Januari 18, 2010, 11:08 am
  76. Thanks ya q akhir bisa nyelesian Pr dalam waktu yang singkat.

    Posted by Fadhil | Februari 2, 2010, 7:43 am
  77. thx ya & maaf aku tlh menyalin hasil yang telah anda buat . thank’s

    Posted by khasea parna | Februari 6, 2010, 11:08 am
  78. aha
    dapat bahan buat nulis karya ilmiah nih bro
    trims ya
    salam kenal

    Posted by Abu Ghalib | Februari 6, 2010, 3:42 pm
  79. huch……..bagus kx!!!
    quw jd lbh ngerti krng….

    Posted by Arias | Februari 7, 2010, 4:18 am
  80. syarat urin yg sehat gimana ka

    Posted by juwita | Februari 10, 2010, 11:21 pm
  81. izin ngambil ya pak, buat bahan makalah saya

    Posted by citra | Februari 13, 2010, 1:50 am
  82. ga da ug laen??????????????

    Posted by ady | Februari 18, 2010, 8:32 am
  83. mksh y atas materix, kalo mau ksh materi juga biologi kelas XI IPA

    Posted by titin amalia | Februari 20, 2010, 2:12 pm
  84. maju terus bwt pndidikan indonesia.
    jngn mw klah ma ngra laen. . .

    eits…yg pntng,hpus dlu budaya korupsi . .
    malu ma umur tw. . . . . . . . . . . . . .

    Posted by lovi | Februari 21, 2010, 4:12 am
  85. thanks yah…………aq udah dptn banyk pngthuan dri ini neh…….

    Posted by Niron | Februari 22, 2010, 12:16 pm
  86. thnx………..

    Posted by elo | Maret 7, 2010, 8:21 am
  87. thanks very much…..

    Posted by yansah | Maret 14, 2010, 1:11 pm
  88. ass…
    saya minta izin buat mengcopy untuk memenuhi tugas saya…

    Posted by luailush | Maret 23, 2010, 2:51 am
  89. mas bleh naxk..?pengertian augmentasi dengan sekresi sm g….?soalx di buku saya proses pembentukan urin pada ginjal melalui proses filtrasi, reabsorbsi, dan sekresi…..saya bingung, krna da tgs yg hrus sya krjakan….mhon bantuannya…kirim lewat email saya y mas…..mkasih….

    email: “alonso.fernando41@yahoo.co.id”

    Posted by Ihdy | Maret 24, 2010, 10:47 am
  90. thanks so much …. ^^
    bantu bnget buat blajar…

    Posted by akbar darwis | Maret 30, 2010, 2:00 pm
  91. thx gan

    Posted by faja | Maret 31, 2010, 4:37 am
  92. mkc 2 smw sngt bermanf’t bg qhue

    Posted by adi smash | April 1, 2010, 4:50 am
  93. nah…..yG kyAk ginI yG Q sUka,,,
    Jd g Sah sUlit2 waT cari TuGas,,,,
    makasiiiih ya,,,,
    tp tolong dilEngKapi ya….

    Posted by eva yuliani | April 1, 2010, 7:36 am
  94. we makashi ya w jadi kaga d omelin guru…….

    Posted by emal | April 5, 2010, 10:19 am
  95. muantap tenan cuy…………….

    Posted by dimas | April 8, 2010, 10:09 am
  96. terims yh…
    dgn bgini sya bsa mengrjakan tgas bio saya lebih mudah ^^

    Posted by Ahmad Kurniawan | April 12, 2010, 2:57 pm
  97. mengapa pada telapak tangan dan telapak kaki tidak ditumbuhi bulu, sedangkan pada badian tubuh lainnya ditumbuhi bulu. . . ? ?

    Posted by ayu sheila | April 13, 2010, 1:25 am
  98. enak banget bikin tugas gampang………. n masih kurang tentang prose2nya gt……….

    Posted by dina dwi januar | April 13, 2010, 9:21 am
  99. aqu uly,klaz 2sma..
    aqu masih blum trlalu ngrti sist.ekskresi yg anda jlaskan dsni..
    krna mash bnyk yg blum anda jlas kan dsni.
    aqu mau tanya
    1.”apa yg dmiliki oleh hati sehingga dpat mengubah NH3 dan NH4OH jdi tidak beracun?”
    2.”enzim apa saja yang ada di hati?”
    3.”NH3 dan NH4OH diubah jadi apa saja?”

    tlong jawab ya..
    thanks..

    Posted by ully | April 13, 2010, 12:33 pm
  100. makasih banget buat informasinya…

    jadi kebantu banget buat bikin makalah buat UP di skul…

    makasih y!

    Posted by cHonnIe | April 14, 2010, 9:12 am
  101. sya blh copast bwt tgas kan? mkasih.. btw klo bsa artikel ni dtmbahin dgn lapisan” kulit (epidermis, dermis, hipodermis)

    thanks.. ;)

    Posted by pink | April 15, 2010, 1:26 pm
  102. Matur tengkyu ya Mbah Guru, artikel ini sudah sangat membantu saya mengerjakan instrumen skripsi…

    Posted by jejakharianku | April 15, 2010, 10:18 pm
  103. makasih atas tulisannya,, berkat anda sy bisa menyelesaikan tgs sy..

    Posted by zulia | April 16, 2010, 3:13 am
  104. wah, lumayan nih bisa belajar online di rumah (cz guruku ngasih materi ribet banget, jadi males buka buku XD)

    thx banget nih gurungeblog sekalian tak follow aja deh =)

    Posted by Edoardus | April 18, 2010, 2:08 pm
  105. Thx 4 God,,
    karena tlh mngirimkan org2 pnter biologi,,jd’a gmpng
    tnggl copy paste doang!! heheheheh!!Thx y!!^-^

    Posted by dwi candra | Mei 2, 2010, 5:47 am
  106. thank’s ia da ngasik informasinya…….
    aq minta’ ijin bwt copy datax….

    Posted by choe2w.adi | Mei 3, 2010, 1:33 pm
  107. thank’s because sistem eksresi ini membantuku for do my text…..!

    Posted by nurul aulia | Mei 18, 2010, 7:05 am
  108. hehehe dgn niy aqw lebih cepet belajar

    Posted by uland | Mei 23, 2010, 6:28 am
  109. thankz infox. . . za biza tahu dech zekarang bagaimana proses terjadinya keringat walaupun tidak terlalu dimengerti. .
    tp thankz buangetttt

    Posted by JALYR | Juni 1, 2010, 1:13 pm
  110. thanks

    Posted by bari | Juni 6, 2010, 5:35 am
  111. thnx bgt…. bnr2 membantu…

    Posted by sai | Juni 6, 2010, 2:55 pm
  112. terima kasih atas materinya…
    smoga bisa membantu saia dlm mengerjakan soal ulangan besok….amin..^_^V

    Posted by ridza | Juni 8, 2010, 11:09 am
  113. Pak kok nama si egi gak dimasukin.Kan tu salah satu jenis kelainan pada tulang.

    Posted by trika | Juni 11, 2010, 2:28 am
  114. makasih yua buat informasinya…………………..

    Posted by gie | Juni 23, 2010, 1:24 am
  115. bagus karna ada situs kya gini saya jdi bisa ngerjain tugas dri guru tentang ekskreasi pda manusia.thaks yyy

    Posted by putri | Juli 13, 2010, 7:21 am
  116. dengan bloeg ini q bisa mengenal alat2 sist ekskresi……….

    Posted by seprian haris IX -1 | Juli 14, 2010, 2:15 am
  117. MakaSih yang Udah Ngebuatinn… siph Dah..>!

    Posted by aditajah | Juli 14, 2010, 7:18 am
  118. i don’t understand

    Posted by celsea | Juli 14, 2010, 12:44 pm
  119. thanks karna nie q bsa kerjain tugas

    Posted by khansha | Juli 15, 2010, 7:54 am
  120. Jazaqumullah terima kasih sekali, materi dari ahi saya pakai untuk ngajar ya

    Posted by rani | Juli 15, 2010, 2:00 pm
  121. sory,…

    gw bru j copy paste ni rubik untuk tugasss

    .hehehehe

    Posted by Zip | Juli 16, 2010, 6:45 am
  122. sory,…

    gw bru j copy paste ni rubik untuk tugasss

    .hehehehe
    .pisss om

    Posted by Zip | Juli 16, 2010, 6:45 am
  123. Mau tanya nih (:
    Cely lg mengerjakan LKS Biologi dari sekolah,
    disini ada pertanyaan, bagaimana cara mencegah serta mengobati penyakit Hepatitis A, B, dan C?
    Mohon Jawabannya, Terimakasih !

    Posted by Cicely | Juli 16, 2010, 10:01 am
  124. Maaf tanya lagi, tp ada yg tertinggal.
    Cely mau tanya mengenai penyakit Albuminuria, Haematuria, dan Nefritis.
    Mohon Informasinya ya :D

    Posted by Cicely | Juli 16, 2010, 10:03 am
  125. Wah bagus ini saya numpang ngunduh ya makasih!….

    Posted by mukti bima satria | Juli 17, 2010, 6:39 am
  126. woooww…

    thanks bgt..
    semua tugas-tugasku selesai
    hahah

    lengkap bgt..

    Posted by astriee | Juli 17, 2010, 7:29 am
  127. thank you !

    Posted by amalia | Juli 18, 2010, 12:43 am
  128. w rsa krng lngkp kl bsa da gnguan alat ekskresi klit ma hti n jlasin ni no hp w 085210066872 kl w kslitan dlm pljrn biologi bsa bntu kn mlalui hp?

    Posted by fika | Juli 18, 2010, 7:20 am
  129. kk.. makasih yahh… dengan materi ini.. aq bisa paham dan dapat me presentasikan alat ekskresi pada maunsia dengan singkta tapi banyka makna nya,
    aq bisabagikan ilmu aku sama teman2 aku yg di smp..
    makasih yahh kk..
    moga bsa lebih baik lg..
    GBU all

    Posted by sabar | Juli 18, 2010, 1:23 pm
  130. Pas saya dapat tugas IPA, saya ambil tugas itu dari tempat ini thanks berat

    Posted by M IKHWAN AP | Juli 19, 2010, 7:59 am
  131. POKOKNYA ASYIK DEH

    Posted by YOFAN DEPUL | Juli 19, 2010, 8:07 am
  132. Pas dapat tugas IPA, saya download artikel ini, alhamd bisa tepat waktu dan ditiru teman-teman

    Posted by M. IKHWAN AP | Juli 19, 2010, 8:09 am
  133. kalau kita mau nyari tugas kesinilah, karna cuma disini jawabannya…………..!!!!!!!!!!!!!!!!

    Posted by Ryan Cuy | Juli 20, 2010, 6:05 am
  134. trms berkat blog ini saya bisa belajar mencari wawasan dan mengerjakan tugas

    Posted by iqbal dima .n | Juli 20, 2010, 9:50 am
  135. hehehehe thanks banget yaaaa tugas aku jadi ketemu semuanya mantapp!!

    Posted by vina fitriani | Juli 20, 2010, 11:41 am
  136. thankss, ,,
    cz ud bntu ngrjain tgas!!

    Posted by Zuyyina Afwa | Juli 20, 2010, 11:56 am
  137. wauw.. tqz so much guru nge blog… ~.~ di bku w cuma 2 ja alat ekskresi pada manusia; n w dsuruh cari 3 lg.. pas buka guru nge blog.. selesei deh tugas gue.. tqz yawh GN…. ~.~

    Posted by agustina napitu | Juli 20, 2010, 12:25 pm
  138. kita harus menjadi manusia yg sehat di negara kita

    Posted by aditya.saputra | Juli 20, 2010, 12:55 pm
  139. sip sip thanks yo udah bantu in saya mengerjakan tugas dengan mudah

    Posted by azka | Juli 20, 2010, 1:39 pm
  140. thx ya,,,bgus nih…ngebantuin ngerjain tugas…

    Posted by marchel | Juli 21, 2010, 12:43 pm
  141. buguru/bapaguru gambar ginjal nya mana………….???

    Posted by muhamad yusup | Juli 22, 2010, 7:53 am
  142. thank’s for is it ….
    so ,
    I can’t be smarter cauze thiz notes

    Posted by anggy | Juli 23, 2010, 6:59 am
  143. makasih ya !!! ..
    bagus .. ..

    Posted by dewi karina | Juli 23, 2010, 1:35 pm
  144. thanks y atas informasi’a

    Posted by feby | Juli 24, 2010, 6:58 am
  145. makasih yah aq jadi lebih mudah loe ngrjain tugas
    thanks bgt yah

    Posted by nuha | Juli 24, 2010, 12:25 pm
  146. sya dapat maengumpulkan tugas melalui situs ini .
    trima kasih ya gbu …

    Posted by try rukmana sari | Juli 25, 2010, 2:43 am
  147. dgn ni ku bs tw ptng”a sistem akskresi

    Posted by Doni | Juli 25, 2010, 5:18 am
  148. akku sangat berterima kasihh
    akku dapat mengerjakan pr qu
    tpi tlg dunk bwt bagan pernapasan manusia

    Posted by DONI | Juli 25, 2010, 6:59 am
  149. Info na brmanfaat bwt tgas biologiku..
    Tp mngkn agk krang lngkp..
    dtingkatkn lg y..^^
    mkcih..

    Posted by Erica | Juli 25, 2010, 1:20 pm
  150. dengan ini aku banyak tahu tentan fungsi ekskresi pada manusia

    Posted by fahnmi | Juli 25, 2010, 1:44 pm
  151. makasih atas infonya………….

    Posted by eny | Juli 26, 2010, 12:03 am
  152. waah krenzz bangetzz gambarnya

    lain xali gua bikin tugas agy yang banyak OK

    makasih ya ^__^

    Posted by m sapto | Juli 26, 2010, 6:47 am
  153. saya mau bertanya donk…
    perubahan apakah yg terjadi pada kaca setelah kamu menghembuskan nafasmu kepermukaan kaca..??

    Posted by widyan | Juli 26, 2010, 11:30 am
  154. Paru2nya kurang… :(
    aq butuh penjelasan yg lbh banyak tentang paru2…plss

    Posted by Clara | Juli 26, 2010, 1:04 pm
  155. thank’s q jdi lbih mudah cari bab ini. . . . . .

    Posted by defa | Juli 27, 2010, 4:04 am
  156. kok kelainan2 pd alat ekskresinya cuman segitu sich ………… kurang………..

    Posted by wiwik | Juli 27, 2010, 8:31 am
  157. makasihh yya sudah membuat saya lumayan mengerti ,, tetapi kurang jelas infonya .. makasihhhhh …….

    Posted by varisthi | Juli 27, 2010, 11:21 am
  158. sYa mHon izin untuk Copy ni ea??
    Cz dengan ni,,tugas BioLogiQ jd rampunkk..
    q mOhon……….??????????????

    sBeLum na…

    mater suwun,,
    terima kasih,,
    thank you,,
    syukRon,,

    Posted by fina | Juli 29, 2010, 12:03 pm
  159. DENGAN WEB INI TUGAS AKU SELESAI SEMUA….. MAKASIH YAAAA….

    Posted by AlL MIFTAHUL KAHER | Juli 31, 2010, 8:00 am
  160. berkat inter ilmu pengetahuan w luas ,,,,, w sngat berterima ksh ,,,,,,

    Posted by mely | Juli 31, 2010, 1:46 pm
  161. trima ksih ea..aTs informasi’y..
    utk sLnjut’y boat yg lbih kreativ ea..
    okech…………………………

    Posted by ms.william | Agustus 1, 2010, 6:37 am
  162. gi mna y cara mnjga kulit yg sehat

    Posted by inah sila | Agustus 1, 2010, 7:58 am
  163. wah thanks banget atas informasi yang lengkap….

    Posted by andy kroenen | Agustus 1, 2010, 11:50 am
  164. wowwww …
    kereeen banget tuh wacananya …..
    mantepp bener ….
    bner-bner paten …
    i like it ‘

    Posted by ghiffary ilham | Agustus 1, 2010, 11:53 am
  165. thnk’s yc
    atas sgla info.a tntang ekskreasi pada manusia
    krena tnpa adha info itu qh thao ba.ak hal
    thnk’s
    cmua.a n itu brguna bgi kmi……………

    Posted by febri | Agustus 1, 2010, 12:04 pm
  166. pusing qqqqqqqqqqqqqqqqqqq….

    Posted by cholis | Agustus 2, 2010, 7:12 am
  167. help me… please…

    Posted by cholis | Agustus 2, 2010, 7:12 am
  168. THANKS”YAAAAAAAAAAAH ATAS SEMUA Y WA JD BSSSSS BELAJARRRR

    Posted by yanti n siska | Agustus 2, 2010, 8:38 am
  169. thanks bgtdz ea,,karna Q dpt menyelesaikand tugas IPA dg mudah n baek…..

    Posted by avnie | Agustus 2, 2010, 11:59 am
  170. wew…. thanks ya brow……

    Posted by tri mustika ratih | Agustus 4, 2010, 6:24 am
  171. kurang lengkap,susah nyari nya

    Posted by icha | Agustus 4, 2010, 12:33 pm
  172. boleh ya, menyunting tulisan ini,..
    dan saya mau nanya, kalau hepatitis TT seperti apa yah? dan penyebabnya karena apa,..???
    terimakasih sebelumnya,…

    Posted by Miftahul Jannah | Agustus 5, 2010, 12:36 pm
  173. wow its amazing

    Posted by pyo | Agustus 6, 2010, 7:29 am
  174. Mantap gan

    Posted by Rahasia | Agustus 6, 2010, 3:09 pm
  175. baguss buangett
    sampai sampai tugas aku aja sudah siap thank you

    Posted by ENDRA | Agustus 7, 2010, 2:26 am
  176. terima kasih ya, tapi kalau boleh di tambah bagian – bagian organnya. biar tambah lengkap

    Posted by [V].R_Q~_J.p | Agustus 8, 2010, 12:46 pm
  177. FAKTOR2 TG MEMPENGARUHI TERJADINYA KERINGAT TDK ADA YA????????????

    Posted by RAY | Agustus 9, 2010, 5:34 am
  178. Terimakasih ya atas informasinya……
    Ini penting sekali untuk kepentingan saya disekolah……

    Posted by Maulia Sari Khairunnisa | Agustus 10, 2010, 8:32 am
  179. trimakasih karna ini saya bisa mengerjakan tugas dari guru saya

    Posted by tio | Agustus 12, 2010, 6:12 am
  180. ahaha……..thank untuk semua guru yang telah mengajaari q tentang pengetahuan alam n termasuknya adalah guru ipa dan q sekarang tlah mencintai pelajaran ipa…….terima kasih guru atas jasa mu yang kau berikan kepada murid-murid dn juga termasuk saya…

    Posted by aditya | Agustus 16, 2010, 6:37 am
  181. mohon izin saya ngopyy hal inii bwt tugas biologii

    bolehh ga ?

    Posted by rizki | Agustus 17, 2010, 10:07 am
  182. kasian yah yang sakit batu ginjal ternyata sakit banget. jadi kasian ma ayah aku. ya allah semoga dia bisa sembuh dari sakit batu ginjalnya

    Posted by nita | Agustus 19, 2010, 8:44 am
  183. blog anda klau bisa da gambar nya yang buanyak yow!!!!!!!!!!
    biar nanti juga menarik ok!!!!!!!!!

    Posted by dytha | Agustus 20, 2010, 4:02 am
  184. perbnyk dng ktrngan tntang nama’ klainan n pnykit pda sstem eksresi pda mnusia

    Posted by nenk erna | Agustus 20, 2010, 5:24 am
  185. thanks… nih blog guna banged… banyak pelajaran… =) nice blog n’ keep active sip deh ni blog pokoke buat pelajar…

    Posted by vincentius | Agustus 20, 2010, 11:29 am
  186. terima kasih atas informasinya

    Posted by fadilatul | Agustus 21, 2010, 5:30 am
  187. MOHON IJIN :tulisan anda saya kutip untuk refrensi anak saya (SMP KELAS 9)
    Terima kasih banyak.

    Posted by sandi | Agustus 23, 2010, 1:50 am
  188. trims..
    sangat membantu…
    tetapi ada yg mau ditanyakan…
    Apa tujuan kita melakukan ekskresi?

    Posted by inggrid | Agustus 24, 2010, 11:02 pm
  189. mohon izin saya ingin menyunting file anda tapi penyebab pd ekresi manusia……

    Posted by ayyu | Agustus 26, 2010, 6:15 am
  190. saya ingin memcri penyabab ekresi

    Posted by ayyu | Agustus 26, 2010, 6:16 am
  191. bagus ya

    Posted by rusdi | Agustus 26, 2010, 7:55 am
  192. ngarti dah gua sekarang tentang ginjal !! MANTAP . .

    Posted by Syifa aulia putri | Agustus 29, 2010, 5:50 am
  193. Wah materinya sangat lengkap dan mengasyikkan ! Terimakasih banyak ya atas informasinya ! selain itu saya memohon ijin untuk digunakan dalam keperluan tugas sekolah.

    Posted by Maulana Fikri | Agustus 29, 2010, 7:28 am
  194. thaaankss yaa aku kalo nyari tugas and kalo bahan ulangan disini … thanks yaaa …

    Posted by auliya_21 | Agustus 29, 2010, 3:16 pm
  195. smuanya, makasih ea??????????????

    Posted by presilya | Agustus 31, 2010, 5:53 am
  196. trims atas artikelx yang bgs bgt, aku lbh muda

    Posted by ruth hyun | Agustus 31, 2010, 12:37 pm
  197. siPpppp

    Posted by farHatul | September 5, 2010, 12:34 am
  198. :)
    :B
    :>

    Posted by farHatul | September 5, 2010, 12:35 am
  199. thanks yah… berkat materi ini aku bisa ngerjain pr dan mengerti

    Posted by fhifhy | September 5, 2010, 3:14 am
  200. IJIN, MENCOPIY BWT NGERJAIN TGS IPA……

    Posted by ANJAR | September 5, 2010, 3:15 am
  201. Blognya sudah bagus tapi dalam artikelnya masih kurang,saya sarankan setidaknya anda bisa menambahkan bagian dari setiap organ ekskresi dan juga fungsinya sehingga yang membuka blog anda jadi paham dengan sajian yang anda tulis

    Posted by Faizal | September 9, 2010, 3:19 am
  202. saya minta artikel ini ya
    buat tugas makasih

    Posted by egi | September 19, 2010, 7:29 am
  203. boleh copy paste ya..buat ngerjain tugazz….

    Posted by ega | September 20, 2010, 2:41 pm
  204. Saya ijin untuk mengambil data di atas ya,untuk keperluan tugas di sekolah. Terima kasih :)

    Posted by Fikri Zikri R.C | September 21, 2010, 2:51 pm
  205. aku ijin copy tulisannya ya wat tugas presentasi besok
    merci

    Posted by nur | September 22, 2010, 12:03 pm
  206. makasih yah………

    Posted by hasriani | September 25, 2010, 7:52 am
  207. aq mw cpi tlisannya ya bwt prsentasi.. makasi..

    Posted by annisa | September 27, 2010, 7:37 am
  208. eh,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,q leh ngopy makalah nie eaw…. pleaze.,.,.,!!!!!!!
    THANK YOU………

    Posted by CAH SPALSA | September 27, 2010, 12:24 pm
  209. good…good

    Posted by nur syahfitri be | September 29, 2010, 12:47 pm
  210. terima kasih sekali.. blog ini membantu saya mengerjakan tugas-tugas biologi… isinya padat dan berisi.. sangat bermanfaat untuk para pelajar..!!!

    Posted by Dina Maharani | September 29, 2010, 1:02 pm
  211. makasih buanyak ya
    alnya kelulusan di biologi penting
    aku khan clon dkter (InsyaAllah)

    Posted by V-ra Yasmin Nasution | September 30, 2010, 12:53 pm
  212. ThanKs eA dah LengKap kOk

    Posted by ADNAN | Oktober 2, 2010, 5:20 am
  213. tolong penjelasan tentang penyakit paru-paru di perjelas

    Posted by kila | Oktober 3, 2010, 4:39 am
  214. wow…………….

    kren bGt>

    Thank’s y,kRn berkt data2 mu,tgas aDeQu jdi slesai.

    Posted by monika | Oktober 5, 2010, 1:21 pm
  215. wow…………….
    bgus.
    fantastis.
    kren.

    kren bGt.

    Thank’s y,kRn berkt data2 mu,tgas aDeQu jdi slesai.

    good luck bwT U.

    Posted by monika | Oktober 5, 2010, 1:23 pm
  216. thanks bro sekarang gk susah ne tuk buat pr sekolah,hehehhehehe……

    Posted by beni wijaya | Oktober 7, 2010, 7:16 am
  217. mohon izin copas utk melengkapi makalah saya ya Pak..
    smoga ilmunya bermanfaat ^^

    terima kasih

    Posted by Udhien | Oktober 7, 2010, 9:22 pm
  218. thank,sangat ngebantu dalam ngerjaoin tugas scooll

    thank banget ya…

    Posted by DENI ISMAIL | Oktober 9, 2010, 2:33 pm
  219. mKacih yAch….brKat blok niH….q biza bUat tuGaz biologi deh…hehe
    mga sukses truz….^^

    Posted by anNisa | Oktober 10, 2010, 1:42 pm
  220. makasihhh banget penjelasannya,,,,semuanya jadi gampang di pelajari… :))

    Posted by venny | Oktober 18, 2010, 1:05 pm
  221. waw ini bagus banget :)

    Posted by Sarah | Oktober 23, 2010, 6:08 am
  222. sistem itu sangat bermanpaat untuk mengetahui

    Posted by elisleo | Oktober 30, 2010, 8:27 am
  223. Tanks iya, berkat situs ini aku bisa menyelesaikan tugas biologi

    makasih banyak..
    hehehehe….:)

    Posted by Riyana | November 7, 2010, 5:23 am
  224. tks infonya

    Posted by gladys | November 14, 2010, 11:21 am
  225. wah.. pas banget
    dengan ini saya bisa belajar dengan mudah…
    makasih yg pak/bu..
    uda di share di blog ini
    tq tq tq :*

    Posted by ghian afrigin | November 14, 2010, 11:43 am
  226. Makasih gara2 ini aku bisa nyelesain tugas membuat makalah

    MAKASIHHH YACHHH

    Posted by AJHE | November 20, 2010, 6:07 am
  227. makasih,,,coz ini bisa bantu saya buat bhan presentasi,,tpi pda penjelasan GINJAL kok gk ada gmbarnya???pdhal saya butuh itu…

    Posted by nyzza | Desember 8, 2010, 1:14 pm
  228. om ijin nyunting sebagian artikel ini buat tgs kul y..semoga bermanfaat untuk saya dan lainnya ..makasih sebelumnya om

    Posted by rafi | Desember 16, 2010, 3:10 am
  229. .woow lengkap banget…….

    Posted by dyana | Desember 17, 2010, 11:29 am
  230. Terima kasih atas keberadaan blog ini. Blog ini membantu saya mengerjakan tugas guru saya ….

    Posted by Kecil | Januari 5, 2011, 12:13 pm
  231. ijin sunting yaaah atur nuhun …….

    bade damel nglenkapi makalah tugas kampus

    Posted by heri | Januari 14, 2011, 12:50 am
  232. di dlm ginjal t’jadi pembentukan urin mlalui serangkaian proses filtrasi,reabsorsi dan augmentasi.Jika hasil leb urin seseorang mengandung glukosa,dpt di duga t’jadi kerusakan pada apa?
    tolong jelaskan,,

    Posted by kiky | Januari 15, 2011, 2:06 am
  233. yang gmbarnya animasi ad ga??
    biar bisa liat langsung pergerakannya..

    Posted by Rhey | Januari 18, 2011, 2:09 pm
  234. thanks ya..

    Posted by ruhiyatbio2008 | Januari 20, 2011, 7:22 am
  235. trimakasih,,^_^
    sekarang wawasan saya mnjadi bertambah dec,,

    Posted by dian | Februari 5, 2011, 5:27 am
  236. minta izin nyunting infonya,,,

    Posted by jouzny | Februari 16, 2011, 2:49 am
  237. makasih atas informasinya………

          

    Posted by fa'ah | Februari 21, 2011, 9:18 am
  238. makasih banyak :)

    Posted by dita | Februari 22, 2011, 2:55 am
  239. ada rincian mekanisme paru – paru ,kulit ,ginjal dan hati g?
    dari mekanisme awal sampaiakhir sesuai fungsi masing – masing . trims

    Posted by intan | Februari 27, 2011, 12:58 pm
  240. Maturnuwun yo lek
    Karyane apik tenan!!!

    Posted by VIU | Maret 7, 2011, 3:54 am
  241. thnks. ud ngbntu……

    Posted by ndin | Maret 10, 2011, 3:06 am
  242. maaf saya mau bertanya mengenai paru paru basah, paru paru basah tuh d sebabkan oleh apa sih ? bgaimana cara mengatasinya ? terimakasih :)

    Posted by Thio | Maret 13, 2011, 11:30 am
  243. makasii banget iah :D
    karena ada ini , penyelesaian tugas aku terbantu :D
    makasii banget

    Posted by laura | Maret 17, 2011, 12:02 pm
  244. ,emm tmks bgt.
    Dg ne aq bsa blajar ttg ekskresi, krn bku q blm d’kembalikn teman.

    Posted by Ariani | Maret 22, 2011, 12:32 am
  245. mantap euyy, berkat tulisan ini sya dpat refrensi lbih bnyak dlam belajar biologi

    Posted by ade tamrin | Maret 23, 2011, 11:27 am
  246. mohon ijin buat ngopi y…, blogny bagus cukup lengkap isinya

    Posted by cita | Maret 25, 2011, 1:12 pm
  247. very good . . . .

    Posted by desva novianti | Maret 28, 2011, 10:07 am
  248. emm mksh ea q jdbisa nambah materi buat ulangan besok
    emm biar gag dapat nilai jeblok lg

    Posted by olif | April 5, 2011, 12:40 pm
  249. thank”s a lot y uat info na ! info ne adl materi sy bsoq ulangan he heheh

    Posted by afri tifana dewi | April 7, 2011, 3:00 pm
  250. .mksh ya tas data-dat nya,,,,, ne mudahin ak buat m akala

    Posted by iza | April 11, 2011, 8:49 am
  251. makasi kak, sngat membatu skali dalam menghadapi lomba OSN biologi

    Posted by tasya | April 11, 2011, 11:00 am
  252. ALLHMDULILLH,………………………………..
    akhirna slsai ug tgas na,brkat da sietuz ne,……………………
    TRIMS yea IBU GURU,yg tlah m’bntu dgn m’uat sietuz neeeee,…………..

    TRUZ BRKARIER YA IBU,……………………..

    Posted by AMEL | April 20, 2011, 9:18 am
  253. thanks nech atas mterinya yang sdh mbntu sy, smoga kdepan lebih baik lagi…

    Posted by andrey ranonto | April 23, 2011, 2:04 am
  254. wah.. bermanfaat banget nih..
    kebetulan saya sedang mencari materi ekskresi utk OSN Biologi SMP..
    Terimakasih ya :)

    Posted by kevin | April 23, 2011, 11:25 pm
  255. mohon izin buat mengcopy, untuk tugas akhir semester..
    terima kasih.

    Posted by dody | Juni 6, 2011, 6:36 am
  256. Thx Pa bwt tulisanxa…!!!

    Posted by Zee | Juni 10, 2011, 12:54 pm
  257. makasih informasinya :)

    Posted by Ashariyah Hafila Fila | Juni 25, 2011, 1:34 am
  258. makasih atas materi ajarnya boleh copy ya mbak…..tuk belajar.Tks

    Posted by mei | Juli 12, 2011, 8:18 am
  259. mkasih buad informasi nyaa

    Posted by Herry EssensyaLs Bie | Juli 13, 2011, 7:59 am
  260. thanks for this information :) i love that (y)

    Posted by caitlin cooper | Juli 13, 2011, 11:46 am
  261. kak, sy mau ijin mengkopi artikel kakak untuk tambahan materi pelajaran , terima kasih sebelumnya

    Posted by Indra | Juli 14, 2011, 1:43 am
  262. terimakasih,, tugas saya sudah selesai…,

    Posted by dewa Kresna | Juli 14, 2011, 9:51 am
  263. makasih nih ya sudah menyelesaikan tugas sekolah saya salam kenal , :)
    :)

    Posted by devo1997 | Juli 16, 2011, 3:30 am
  264. woyyy bantu cari gambar ginjal

    Posted by fazzarmadats | Juli 17, 2011, 6:10 am
  265. penjelasannya kurang rinci,,,
    maaf apa bisa diperinci,,,

    Posted by Aditya | Juli 17, 2011, 11:03 am
  266. thanks buat situs ni . . .
    krna situs ni,,,, gue bsa mlengkapi tugas gue…
    (^_^)….!!!!!

    Posted by Ririn | Juli 18, 2011, 12:50 pm
  267. makasih y wat infony berguna bngetz nich wat ngisi tgas ak izin ngopy y plizzz ok ok :)

    Posted by bunga | Juli 18, 2011, 1:09 pm
  268. makasiiiiih.. jadi kebantuu.. :)

    Posted by itha | Juli 19, 2011, 9:52 am
  269. trimakasih ya ,infonya :) bisa dipake buat bljar

    Posted by ra ra | Juli 19, 2011, 12:50 pm
  270. alhamdullilah ,.
    akhir nya tugas saya terselesaikan ,. :)

    Posted by Intan | Juli 21, 2011, 1:24 pm
  271. makasih banget ya
    aku jadi bisa belajar walau belom ada bukuny :)

    semangat ya nulis nya

    Posted by shabrina | Juli 21, 2011, 1:49 pm
  272. thanks yh info ny..

    Posted by Ringo Renaldi Karsuwadi | Juli 24, 2011, 8:48 am
  273. info ny bgs

    Posted by Ringo Renaldi Karsuwadi | Juli 24, 2011, 9:08 am
  274. saya unduh boleh kan?

    Posted by dianwika | Juli 24, 2011, 11:31 am
  275. makasi udah bantu aku nyelesain tugas

    Posted by Fajri Ilasara | Juli 24, 2011, 12:54 pm
  276. makasih atas informasinya

    Posted by zul fahri aji | Juli 25, 2011, 2:33 am
  277. thx. ngebantu bgt buat tugas bio.

    Posted by Kimicha | Juli 25, 2011, 7:26 am
  278. numpang copy ya bwat blajar……
    boleh kan…

    Posted by ridwan_axshat | Juli 25, 2011, 7:58 am
  279. makasih benget yahh.. cz ini bisa menambah ilmu pengetahuan saya, dan menambah nilai ulangan saya…:D

    Posted by vitha | Juli 25, 2011, 1:19 pm
  280. Terimakasih ya..
    Atas penjelasan tentang sistem kerja ginjalnya :)

    Posted by Siva Eka Putri C | Juli 25, 2011, 1:39 pm
  281. bagus banget….

    Posted by gh | Juli 26, 2011, 2:49 pm
  282. trim’s atas informnasi nya….sngat berguna bagi saya …

    Posted by yanz | Juli 27, 2011, 10:17 am
  283. mantap om ty ya lagi tugas ini tapi kalo bisa bikin banyak lagi :D

    Posted by Hilmi Al-as Ari | Juli 27, 2011, 11:09 am
  284. eMm… mksh yach tas pnjlsnnya
    dgn pnjlsnnyach q bs ngtii…. tntng ekskresi pd mnsiaa,,,

    Posted by selka | Juli 28, 2011, 7:04 am
  285. makasih yea,, jadi tuntas deh tugas ku.. :)

    Posted by nucky | Juli 31, 2011, 6:39 am
  286. iiiih makasih banget karna ini aku bisa ngerjain tugas

    Posted by ayuox | Agustus 2, 2011, 4:09 am
  287. thanks banget tugas bio gue jadi juga^^

    Posted by adindaayuf | Agustus 2, 2011, 4:11 am
  288. thank you buat yg dach masukin kumpulan” makalah sistem ekskresi pda manusia………….
    ni berarti bgt loch………ni kebetulan age nyari buat tugas BIOLOGI……………..
    mkasihhhhhhhhhhhhhhhhh bbbuuuuuuuuuuuuuuuaaaaaaaangeeeeeeeeeeeeeeeetttttttttttttttttttttttttttt

    Posted by arclab community | Agustus 4, 2011, 4:49 am
  289. wah,, tugas saya jdi beres liat ke sini hehehhe… thanks yah??? :)
    google memang kumplit yah???

    Posted by anna deaneries | Agustus 5, 2011, 7:00 am
  290. sangat bagus sekali… smoga, lbih bnyak pengunjungnya… :-)

    Posted by wardhani | Agustus 7, 2011, 10:58 am
  291. ga apa-apa yah aku catat,
    soalnya ada tugas dan semuanya ada disini.
    makasih yah sekali lagi..
    materinya sangat bermanfaat banget. :D

    Posted by HANA | Agustus 7, 2011, 1:17 pm
  292. wah .. lengkap banget buat tugas aku . makasih banget yaa .. berati ntar kalo ada tugas lagi buka aja blog ini deh . hihihi .. eh makasih lagi yaa .. :D

    Posted by nazmirahadita | Agustus 7, 2011, 3:00 pm
  293. mohon ijin untuk menyunting materi diatas.

    Posted by lina | Agustus 8, 2011, 7:30 am
  294. bagus….thx berrmanfaat loe :)

    Posted by wilanda | Agustus 9, 2011, 11:36 am
  295. paling sippp pahammmmm

    Posted by ririn | Agustus 9, 2011, 4:33 pm
  296. syukur alhamdulillah

    akhirna selesai ua tugas na,berkat ada sietus nch………………….

    Posted by merry | Agustus 10, 2011, 8:26 am
  297. situs ini sangat memudahkan dalam belajar biologi

    Posted by patrick airleon | Agustus 11, 2011, 9:04 am
  298. Fungsi hhati sebagai alat ekskresinya nggak ada. kurang lengkap, tapi cukup membantu.

    Posted by Rantique | Agustus 11, 2011, 12:48 pm
  299. makasih atas artikel anda buat ni
    semoga lebih sukses lagi :-)

    Posted by Dewi asiah | Agustus 12, 2011, 2:07 pm
  300. cucok nech watd tugazQ

    ………smangat ne jdix
    heheee

    Posted by Lia_reli | Agustus 13, 2011, 1:38 pm
  301. 1 alhamdunillah tugas ku sdh selesai

    Posted by Samad | Agustus 14, 2011, 3:18 am
  302. Like it! but , tambahin lagi yaa information nya , thanks :) Good luck ! :D

    Posted by Zahrah | Agustus 14, 2011, 12:17 pm
  303. makasih ya artikelnya thanks a lot for this articel….. i hope this articel make for a lot of people…

    Posted by *Mutia*arum*Arsita* | Agustus 21, 2011, 4:27 am
  304. maaf saya telah menyunting informasi berharga ini karena saya membutuhkan nya untuk bahan persetasi di sekolah
    terimakasih ea

    Posted by indri kherawati | Agustus 21, 2011, 12:28 pm
  305. Thx bro ..

    Posted by zha" | Agustus 21, 2011, 12:57 pm
  306. kk gmna pnjlsan selanjut nya tntg penyakit gagal ginjal pada sistem ekskresi…….???????????????????????/

    TOLONG yeah d coment cepat………????????????

    Posted by new hyun | Agustus 25, 2011, 6:23 am
  307. klaw nggak ad situs nhi gw nggak dpt nilai harian
    thanks babget yach

    Posted by wanda luvv luvv | September 5, 2011, 9:59 am
  308. He_emmmm….

    Trimksih ya… Stutusnya tlah mmbntu aQ mngrjakan PR Biologi…

    I Like it.. :-)

    Posted by INesH | September 8, 2011, 10:55 am
  309. SEMUA.Y MASUK PD PELAJARAN SY……
    THANK’S :) :) :) …………….

    Posted by YUSTIKA SHE CWEK IMOUT | September 8, 2011, 11:28 am
  310. tulisanx bagus dan sangat bermamfaat untuk menyelesaikan tugas aQ

    Posted by ana | September 9, 2011, 2:01 am
  311. cara mengatasi penyakit ginjal gmana y?

    Posted by mhd munarif | September 9, 2011, 2:56 am
  312. cara mengatasi penyakit asma apa ya ?

    Posted by muflih pratama | September 9, 2011, 3:00 am
  313. dengan situs ini saya bisa belajar lebih dalam thank atas informasi x

    Posted by khairul tamimi | September 9, 2011, 3:03 am
  314. sip.. siip mantab ;’) eh, guru gue ada yg mampir kesini ngga ye?

    Posted by nataly | September 11, 2011, 9:20 am
  315. w copy ya ,,:D

    Posted by ervan | September 11, 2011, 10:41 am
  316. w copy ya :D

    Posted by ervan | September 11, 2011, 10:42 am
  317. kurang lengkap penjelasannya!

    Posted by whatthehell | September 12, 2011, 7:53 am
  318. besokk saya mau test tentang sistem ekskresi, mudah mudahhan dengan adanya ini saya bisa mengerjakan. thanks ^_^

    Posted by Ferista Yuliana | September 13, 2011, 12:19 pm
  319. .wah. .keren bgt ni blog. .
    .smga nilai ulangan biologiqu sempurna. .. .mksih yg pnya blog. .. .mksih bgt. .:-)

    Posted by zaina fahrudin | September 15, 2011, 1:46 pm
  320. alhamdullillahh,,
    akhirnya slesai jga TUGAS ku,,…

    makasih artikelnya,, semoga tugas ini diterima guru saya,,, :)

    Posted by annisa chaca | September 18, 2011, 11:51 am
  321. makasihh attas arttikell’yy ,, :) senangg bissa bergabungg ,,, :D

    Posted by ttha_lindttha | September 18, 2011, 12:53 pm
  322. thanks
    web ini udah ngebantu bgt……………………..:-)

    Posted by udidah putra | September 20, 2011, 11:40 am
  323. waaaaoooow…

    Posted by Nanang | September 20, 2011, 3:55 pm
  324. Oke lahhh siippppp, mksh dan baguss utk pembelajarann…..

    Posted by sugito gito | September 21, 2011, 12:47 am
  325. thanks ya atas artikel ini smoga yng ngebuat tambah sukses :D

    Posted by Daviid Anugrah | September 21, 2011, 11:57 am
  326. teriimakasiih,
    sanagat berharga sekali bagi saya….

    Posted by tiiara | September 22, 2011, 1:37 pm
  327. ^_^

    Posted by tiiara | September 22, 2011, 1:38 pm
  328. artikelnya bisa ditambahkan penyakit jerawat nggak sebagai alat ekskreesi manusia

    Posted by dinar wahyuni | September 23, 2011, 3:44 am
  329. terima kasih atas artikel nya

    Posted by rhafie | September 25, 2011, 2:36 am
  330. Info nich sngt ber mamfaat

    Posted by Andhyna | September 26, 2011, 8:25 am
  331. terima kasih atas adanya tentang ekskresi ini ..
    jdie tugas saya cepet selesai dech …
    asikkkk .. :)

    Posted by natasya amanda | Oktober 1, 2011, 3:55 am
  332. trms nhi penting bgt buat gw

    Posted by wanda | Oktober 6, 2011, 7:07 am
  333. terimakasih,bermanfaat banget..hehe..

    Posted by dara | Oktober 7, 2011, 12:27 pm
  334. makasih yah,
    karena ada ini kami bisa buat Tugas sekolah dng mudah,..

    Posted by Indra | Oktober 11, 2011, 9:51 am
  335. Yang Lebih Banyak Lagi Ada Nggk..??
    Kira Kira Tambah 6 Lagi Jadinya 10 Aku Butuh Sepuluh..??

    Posted by Yuda Apriandi | Oktober 14, 2011, 7:04 am
  336. thx iia taz info ea ……..

    pr ak slsai dech

    by: ak & shbt ku {zeliana}

    Posted by dhiina cii hithey | Oktober 16, 2011, 7:59 am
  337. smga stuz niie smkng srng dii knjungi oleh orang2 yg mmbth kan ea

    Posted by zeliana | Oktober 16, 2011, 8:02 am
  338. makasih da bagi bagi ilmu

    Posted by shuka shoes | Oktober 17, 2011, 1:48 am
  339. hahahahhahahah

    Posted by mandala | Oktober 18, 2011, 1:29 am
  340. tolong sy minta artikel sytem buffer ekskresinya…..thanks a lot.

    Posted by fauzandesta | Oktober 18, 2011, 3:31 pm
  341. Makasih ya, atas materinya, saya jadi taw tntang sistem ekskresi,

    Posted by Anjas asmara pamungkas | Oktober 20, 2011, 10:46 am
  342. terimakaih ijin copas untuk tugas presentasi saya :)

    Posted by abyan | Oktober 21, 2011, 10:56 am
  343. makasih ya kak? Atas ini :D

    Hampir aja gak siap makalah biogoli nya :p

    Gracias ya? ;)

    Posted by Nayyessz | Oktober 24, 2011, 12:07 pm
  344. makasih banyak,..
    ilmu ini sangat bermanfaat

    Posted by asep | Oktober 27, 2011, 1:13 pm
  345. Thankz,yaAch,..`cz,dgn informasi inich Qu’bizsa mMenuhi syarat” utk mNgquTi ujian..

    Posted by Gita wewengkang | November 11, 2011, 6:55 am
  346. Thanks bgt untuk gurungeblog ini ,, karna sudah membantu saya mencari sistem ekskresi pada manusia untuk di presentasikan ke sekolah ..

    Posted by Riki Reefshermz | November 29, 2011, 8:58 am
  347. wah lebih spesifiknya yah…

    Posted by aji aja apalah | Desember 2, 2011, 9:01 am
  348. sangat bermanfaat banget sobt’

    Posted by jurnal | Desember 6, 2011, 12:42 pm
  349. alhamdulillah saya lebih menambah wawasan

    Posted by Ani Syarofah | Desember 7, 2011, 12:25 pm
  350. makasih banget buat yg buat blog…
    informasinya lengkap dan tepat..
    i like it…
    smoga dibalas oleh allah dengan ilmu yang lebih lebih dan lebih…

    Posted by Puji Siiagenrahasiaduakosongempat Saja | Desember 7, 2011, 5:16 pm
  351. saya sukaaaaaaaaaaaaaaaaa

    Posted by mamaota | Desember 8, 2011, 10:18 am
  352. tq ea .. :)

    Posted by jhon laneas | Desember 9, 2011, 1:38 pm
  353. aduch…. yg qw cari gx ada…….
    klu organ ekskresi yg berfungsi untuk mengeeluarkan kelebihan hormon,vitamin dan obat’an apa y???????????????

    Posted by oktha | Desember 11, 2011, 10:44 pm
  354. alhamdulillah membantu mengajar sy

    Posted by bajraria | Desember 13, 2011, 2:38 am
  355. haduh nyari” ga ada di wikipedia nya eh ada di sini tah alhamdulliillah ada juga dsini !!!

    nI GW romi

    Posted by romi julyana | Desember 14, 2011, 1:57 pm
  356. Apa sih zat zat yang dikeluarkan oleh sperma

    Posted by Andar | Desember 15, 2011, 12:14 pm
  357. Thanks ya buat artikelnya ;D Jadi gk pusing nyari tugasnya. THANKS A LOT!! =DDDD :shake hand:

    Posted by Cici Febriani | Desember 19, 2011, 11:57 am
  358. apa² an nih,tugas aq koq blom slesai²…..

    Posted by DHienDhA | Desember 21, 2011, 7:55 am
  359. :-)

    Posted by DHienDhA | Desember 21, 2011, 7:56 am
  360. :)

    Posted by DHienDhA | Desember 21, 2011, 7:57 am
  361. makasih yah ini sanagt berguna….
    apalagi untuk kami-kami yang masih sekolah…
    saya mau nanya kalau mau cari bank soal itu alamatnya dimana yah…

    Posted by anisa | Januari 11, 2012, 7:16 am
  362. wha…bermanfaat banget nih….kebetulan saya sedang mencari materi ekskresi unt osm biologi smp…. terimakasi ya

    Posted by putri imut | Januari 23, 2012, 7:22 am
  363. terimakasih atas artikel anda buat ni

    Posted by putri imut | Januari 23, 2012, 7:24 am
  364. boleh juga tuhhh

    Posted by satria | Januari 29, 2012, 8:13 am
  365. . , i like with iiii

    Posted by evi | Februari 2, 2012, 6:21 am
  366. ,. Mkzh bngt ea, tp koc gx ktmu” pa ch thu pnyrpn kmbli, qw bngng. Lo pda tw pa gx,
    He he he. .

    Posted by Irawati | Februari 4, 2012, 6:06 am
  367. mau izin copy ya buat tuga sekolah :)
    terima kasih sebelumnya :)

    Posted by echa setya | Februari 7, 2012, 1:30 pm
  368. iih cucog deh.. thnk :D

    Posted by Hafiedz limaempatlimaempat tujuhsatu | Februari 15, 2012, 4:46 am
  369. iih..kang mass thanks yaaaaaaa, cucog but tugas ku, rempong banget chiiin..:P
    Emmmmmmmmmmmmmmmuaaaaach

    Posted by ambone manise | Februari 15, 2012, 4:50 am
  370. makaciihh buaangetzz ats infox.

    Posted by vhyta | Februari 15, 2012, 4:56 am
  371. Thanks ea b0z . . .brkt gw bcA NE nilay ulangn gw mNjdi bgu5 . . .

    Posted by Ana umi muslimah | Februari 16, 2012, 9:20 am
  372. betu betul betul

    Posted by eli | Februari 23, 2012, 4:25 am
  373. Thanks buat infonya …

    Posted by Rengga | Februari 23, 2012, 11:54 pm
  374. blognya kerennn, saa pun mengambil materi ini krna bgus, cantik, lengkap, ringkas, dan mudah dipahami…..

    saa mengambil materi ini utk tugas biologi saa…
    smoga dinilai bgus ya sama guru saa…

    AMINT… :)

    Posted by AYU YULIANTI | Februari 26, 2012, 10:20 am
  375. saya mo nanya,,,
    bagaimana proses pembentukan bilirubin menjadi urobilin?
    q tnggu jwbanny

    Posted by nha fitrianha | Maret 4, 2012, 7:24 am
  376. thankkks ya pak atas blognya

    Posted by Rifki (Qozaf) | Maret 6, 2012, 12:54 am
  377. Sangat membantu banget!! trims guruku tercinta.. Hehe

    Posted by sinu | Maret 6, 2012, 2:25 pm
  378. terima ksih atas pengetahuannya saya akan memanfaatkn ini sebgai referensi saya..

    thnk bagi yg membuat

    Posted by muahammad zulkarnaen | Maret 6, 2012, 6:21 pm
  379. Mantap infox !

    Posted by Alwiansyah | Maret 7, 2012, 10:07 am
  380. thanks ya blog anda sangat bermanfaat dalam menjawab soal2 kesulitan yang saya hadapi.

    Posted by ani | Maret 8, 2012, 3:54 am
  381. Thanks banget. Tulisan bagus skali. boleh copy kan?

    Posted by robert | Maret 8, 2012, 11:35 am
  382. Thanks banged lho… Informasi2 yg sangat berguna untuk dijadikan referensi.. Tapi boleh kasih masukan? Proses ekskresinya bsa dijelaskan melalui gambar?

    Posted by Adriel | Maret 11, 2012, 1:03 pm
  383. untung ada ini.. klo nggak susah deh nyarinya.. thanks ya..

    Posted by Lana Sapoetra | Maret 26, 2012, 5:57 pm
  384. thanks …karena sangat bermanfaat banget untuk nambah pengetahuan.

    Posted by Rita | Maret 28, 2012, 2:47 am
  385. saya mau numpang bertanya, kalau peristiwa pemisihan urine dengan darah pada ginjal, terjadi pada bagian apa yaa ??
    makasih sebelumnya. :)

    Posted by lina | April 1, 2012, 7:26 am
  386. buat ginjal ditambahin fungsi badan malpighi dan saluran nefronnya secara detail :)

    Posted by Itsnn Unyil | April 2, 2012, 5:21 pm
  387. tengs banget bos ;)

    Posted by nelkkans | April 5, 2012, 4:06 am
  388. bos kalau untuk penelitian ca dan p untuk invivo boleh ga dilihat histopatologi hati dan ginjal

    Posted by mineral | April 13, 2012, 11:19 pm
  389. makasih bgtzs ea,.,.
    wwsan sy jdi brtmbah.,.

    Posted by dinda | April 25, 2012, 4:30 am
  390. Thanks for the information.
    We more helped by this site. :)

    Posted by Lorent Tampubolon | Mei 1, 2012, 6:30 am
  391. Like this yo…… :D

    Posted by Samuel Masbro | Mei 1, 2012, 6:33 am
  392. izin Copas buat laman megadgetscience

    Posted by amanahNokia | Mei 27, 2012, 4:54 am
  393. thx gan atas artikelnya
    smoga sukses boss

    Posted by aditya | Juni 4, 2012, 12:28 pm
  394. makasih ya, semoga jasamu dibalas sama Tuhan Yang Maha Esa dan kutunggu tulisan yang lainnya….

    Posted by Enny Sudarwaty | Juni 6, 2012, 3:30 pm
  395. Terimakasih ya atas sietusnya..

    Posted by sastrawan tarigan | Juli 6, 2012, 5:02 am
  396. aku suka dg artikel di atas

    Posted by maulana ta'dib | Juli 9, 2012, 2:09 am
  397. aku suka.makasih ea,,,,,

    Posted by maulana ta'dib | Juli 9, 2012, 2:11 am
  398. kebetulan sya cdang materi untuk tgas biologi sya.
    thanx ea,,,,,,,,,,,!!!!!!!
    cmoga kdepan_ny lbich tmbach mju.

    Posted by yauma N rahayu | Juli 11, 2012, 8:40 am
  399. Saya ikut mengkopy materi ini, makasih banyak ya semoga kariernya semakin sukses

    Posted by Sarkani | Juli 12, 2012, 1:40 pm
  400. terimakasih untuk materi organ ekresinya ,,, dan materi ini hampir sama dengan materi di edukasi.net PUSTEKKOMDIKNAS…

    Posted by intan nirmala | Juli 16, 2012, 4:45 am
  401. Terimakasih banyak atas bantuan.a yg membantu saya untuk mudah menemui solusi dalam mempelajari ilmu biologi ..

    Posted by Dila Nazla | Juli 16, 2012, 7:49 am
  402. Mohon ijin menyunting tulisan Anda.

    Posted by Sahyudin Noor | Juli 17, 2012, 4:11 am
  403. makasih yang punya ini berita,
    tugas sy selesai juga, thanks a lot

    Posted by Muhammad Ady Pratama | Juli 18, 2012, 10:58 am
  404. maaf ya saya meng.copy blog ini…
    karena bwat tgas hari senin…..
    atas izinnya saya ucapkan terima kasih, dan moga mkin sukses amiin……..

    Posted by Riki K. | Juli 20, 2012, 2:58 am
  405. MOHON IZIN UNTUK MENYUNTING TULISAN ANDA UNTUK DI SHARE KAN KE TEMAN TEMAN SAYA TUK KEPERLUAN DISKUSI DFN PRESENTASIKAN KPD GURU

    Posted by Megi Sugiarto | Juli 20, 2012, 2:59 am
  406. terima kasih artikelnya :D

    Posted by dewi islamiah | Juli 20, 2012, 1:15 pm
  407. Akhirnya tugas selesai makasih boss

    Posted by KatonWDK | Juli 24, 2012, 5:08 am
  408. thanks gan,, atas info tetana ekresi ne….

    Posted by enonk | Juli 24, 2012, 2:42 pm
  409. waaaaaah.situs nyy sngat mmbntu lho. aq jdi bsa lbih tau tntang sistem ekskresi.mkasiiih yaw. n d’lengkapii lgii yaa. good job. :)

    Posted by mufti c'lalu d'hati | Juli 26, 2012, 5:15 am
  410. blog anda saya copas ya,untuk saya jadikan tugas makalah di sekolah.trimakasih sebelum nya ^_^

    Posted by putri ambarwati | Juli 27, 2012, 4:08 am
  411. thx kk membantu bgt ini bwt tugas saya..

    Posted by kristiyanto256 | Juli 28, 2012, 8:16 am
  412. mantap gan (y)

    Posted by luthfi | Juli 29, 2012, 10:05 pm
  413. tulisannya gampang dimengerti ^^ semoga bsk presentasi aku lancar ya! makasih gurungeblog ;*

    Posted by arin | Juli 30, 2012, 1:15 pm
  414. wahhh…. thanks banget eag buat artikelnya …

    akhirnya bisa ngerjain tugasnya ,,,, jadi bzok bsa slamet dech…

    dari omelan guru…

    Posted by thyka | Juli 31, 2012, 12:48 pm
  415. makasih gan…

    Posted by nono | Agustus 2, 2012, 6:28 am
  416. wah..untung ajjh…aku bza ngerjainnya nuii..klo gk bza kna hukuman nich……..

    Posted by melly | Agustus 2, 2012, 12:06 pm
  417. saya cari gambar proses pembentukan urin dengan gambarnya lengkap tempat, dan nama-nama prosenya

    Posted by ima | Agustus 3, 2012, 11:08 pm
  418. terimakasih, web ini sangat membantu saya :)

    Posted by darmawan G | Agustus 4, 2012, 4:36 am
  419. zat yng terkandung dalam ekresi kulit apa saja ? :D

    Posted by Bassist SIXROSE5 | Agustus 4, 2012, 9:09 am
  420. iya itu membantu saya untuk mengerjanka kan tugas

    Posted by wahab | Agustus 7, 2012, 6:49 am
  421. Ini keren banget …
    Bisa bantu bikin tugas…:D

    Posted by Adit agil | Agustus 8, 2012, 5:54 am
  422. berkat situz ini aku dpet pujian dari duru biologi aku loh….
    makasih yah….

    Posted by Izza LareneAbahe SingpalingAyu | Agustus 8, 2012, 1:50 pm
  423. makasih ya atas artikel ini bisa mempermudah tugas buat presentase :)

    Posted by akuuuu | Agustus 10, 2012, 4:47 am
  424. Thank’s banget ya artikel.nya….
    kebetulan dapet tugas buat makalah nih…., :D

    Posted by Vian Real Madrid Madridista | Agustus 12, 2012, 11:49 pm
  425. Izin di share ulang yaa

    Posted by Rinda | Agustus 13, 2012, 5:36 am
  426. thanks guru ngeblog aku makin ngerti dech

    Posted by aldin | Agustus 15, 2012, 10:57 am
  427. yaks,gw bisa nylesein tgas biologi gw thanks ea,,,,,,,,,=)

    Posted by galih | Agustus 16, 2012, 8:27 am
  428. trimakasih banyakk
    berkat anda q bisa ngerjain tugass

    Posted by Dimazz Adie | Agustus 16, 2012, 12:58 pm
  429. Makasih, blog ini membantu saya mengerjakan tugas sekolah :-)

    Posted by Dhenisha | Agustus 16, 2012, 1:33 pm
  430. Terima Kasih,,,

    Posted by Nunung Nurhidayah | Agustus 21, 2012, 4:34 am
  431. Guru minta ilmu’a buat makala IPA Biologi :D

    Posted by MY NAME (@JBDinatal) | Agustus 26, 2012, 1:14 pm
  432. wau

    Posted by kukuh | Agustus 27, 2012, 6:51 am
  433. jadi dpet untung banyak , gara2 tugas ini haha :D

    Posted by ia | Agustus 28, 2012, 11:34 am
  434. wok lengkape rek , gak enek seng nandingi pokoke ………………………….

    Posted by wiwid friezcha chyimie | Agustus 29, 2012, 6:29 am
  435. terima kasih artikelnya.. terbantu banget buat bikin tugas ^^

    Posted by tata | Agustus 29, 2012, 11:38 am
  436. ijin copy faste gan….makasih banyak

    Posted by yudi | Agustus 29, 2012, 3:28 pm
  437. ..bos bolleh dii sunting gak ?? buat tuggass ..haha :D

    Posted by melly | Agustus 31, 2012, 12:38 pm
  438. kurang lengkap tentang zat yg dikeluarkaqn oleh hati

    Posted by mr x | September 1, 2012, 2:57 am
  439. bagus banget
    lengkap
    berguna
    jelas.

    Posted by zizah | September 1, 2012, 11:13 pm
  440. waaah sangat membantu saya sekali ini Bu untuk ngerjakan tugas sekolah, trimakasih ya
    kalo begini kand saya dapet nilai A+ dcc… hehehe

    Posted by vulan | September 2, 2012, 11:43 am
  441. thaks ya gan informasinya majuu terus guru ngeblog

    Posted by regin | September 3, 2012, 1:15 pm
  442. makasih banget yah…………artikelnya sangat-sangat membantu saya.

    Posted by Jibril Muhammad | September 6, 2012, 6:09 am
  443. makasih…
    alnya dha bntu akkuh buat cari tugas biologi

    Posted by FierdhaYg ClluCynk KkmOe | September 7, 2012, 5:22 am
  444. thankz bermanfat skali.

    Posted by arief a | September 7, 2012, 9:41 am
  445. terimakasih atas bantuannya…. sangat membantu saya info dalam blog ini… :))

    Posted by meilani | September 7, 2012, 1:40 pm
  446. terima kasih ya :)

    Posted by cristyananda | September 8, 2012, 6:21 am
  447. trimakasih ya bozz gua bisa belazar di sini

    Posted by nikolas | September 9, 2012, 12:36 pm
  448. akhirnya catatan ku lengkap
    ye ye ye
    mksh udah mau bantuin saya

    Posted by Rista Meisi | September 11, 2012, 7:57 am
  449. Siiipp,,

    Posted by Riyya Iyya | September 11, 2012, 8:15 am
  450. wow…lengkap bgt ya informasi nya…sangat membantu kami dlam mncari tugas n yg paling utama mmbntu kami dalam mnambah wawasan…tingkatkan yha..gbu

    Posted by chuchita | September 11, 2012, 12:43 pm
  451. trimksh,,artikel nya,,mudah2 bermanfaat buat kita bersama umum ny dan ank2 didik sy khusus nya Amin,,,

    Posted by jojo, | September 11, 2012, 10:58 pm
  452. Wahhhh…….. hebat nih artikel sampe se komplit gini. hem,,,,,, jd nambah ilmu nih Makasih ya

    Posted by Asep BRAGASS GAROET | September 12, 2012, 9:08 am
  453. artikelnya membantu ekali buat aq ngajar, thank ya….

    Posted by nina sumartini | September 13, 2012, 2:50 am
  454. situs ini udh membntu sya bwat lbh mudah belajr. .
    krna buku ipa sya sdang dkumplkn. .
    jdi sya merasa sanqat trbtu oleh sts ini, .
    tanks :-)

    Posted by Maya ulfah Aprillia | September 13, 2012, 1:49 pm
  455. waw, lumayan lengkap juga ya, tentang pengetahuan dari materi sistem ekskresi pada manusia….

    Posted by teddy | September 14, 2012, 1:50 pm
  456. aku mw print ahhhhhhh,,,,,,,
    heheheheheh!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Posted by emily | September 18, 2012, 4:45 am
  457. terima kasih yaa

    Posted by satrio | September 21, 2012, 12:02 pm
  458. ThanK”s atas bantuanya kini sy dpt nilai bags dikelas saya…….

    Posted by iMmha | September 23, 2012, 10:21 am
  459. aduhhh susah banget nih nyusun artikel .. banyak banget lagi yang harus di kerjakan .. gimana yah ..

    Posted by rian | Oktober 2, 2012, 1:25 pm
  460. thanks uga ea artikel nya

    Posted by pipit | Oktober 6, 2012, 2:49 am
  461. terima kasih ya,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,:D atas pemberian tahunya.untung aku bisaa ujian,,,,,,,,,,,,,,

    Posted by memi | Oktober 8, 2012, 11:00 pm
  462. trim ea gan ,berkat ni anne bisa belajar buat UTS besok
    salam salut

    Posted by addin akamluddin | Oktober 10, 2012, 12:07 pm
  463. MAKASIH

    Posted by Risnandi Ferdina | Oktober 11, 2012, 12:22 pm
  464. mkasih atas materi nyua

    Posted by andri | Oktober 15, 2012, 11:10 am
  465. keren yak
    makasih yak materinya
    GBU :D

    Posted by putra | Januari 9, 2013, 2:10 pm
  466. m4k@s1h b4nyak ea b3st.

    Posted by a9un9pr4sy0 | April 3, 2013, 12:26 pm
  467. sob ga salah kamu reabsorpsi dan augmentasinya. . .
    perasaan reabsorbsi di lengkung henle dan augmentasi terjadi pembentukan urine sempurna dan terjadi di tubulus kontortus distal?

    mohon pencerahan

    Posted by oka | Mei 29, 2013, 1:06 pm
  468. saya mau tanya mas. manfaatdari sistem ekskresi ini tuh apa aja yah. kalo gg salah ada 3.

    Posted by alvian | Juni 16, 2013, 9:28 am
  469. wahh..materinya selain ringkas bahasanya mudah di pahami,,,,,
    gumawo.. : D

    Posted by fiany | Juni 28, 2013, 12:41 pm
  470. pada saat melakukan ekskresi ginjal terasa sakit dan susah untuk berdiri dari toilet,, apakah itu bisa disebut dengan gagal ginjal?? trima ksih,

    Posted by noneng | Juli 19, 2013, 10:00 am
  471. situs ini, memang membantu. tapi bisa gak kalo mekanisme kerja alat-alat ekskresinya di perjelas? soalnya aku butuh tugas itu.
    thank’s :)

    Posted by Eldha Annisa Rafif | Juli 29, 2013, 12:47 pm
  472. izin nyalin buat tugas bos…
    materinya lengkap, tapi gambarnya kurang…

    Posted by Bagas | Agustus 16, 2013, 6:53 am
  473. ow….
    ini sangat membantu …
    sampai kami disuruh mengabarkam angota2 nya ma guru …… ;)

    Posted by muhammad abdi | Agustus 22, 2013, 11:34 pm
  474. Thanks ya.Situs ini sangat membantu tugas langsung selesai tanpa waktu lama

    Posted by dheya prastika henriyana | Agustus 25, 2013, 2:59 pm
  475. Thank’s ….situss in sngaat mmbantuu
    Akhirnyaa tgass syaa selesaii:)

    Posted by Novhy | Agustus 28, 2013, 7:47 am
  476. akhirnya tgas sya bisa slesai makasih ya

    Posted by firanti | September 13, 2013, 7:50 am
  477. Makasih Banyak Ya Infonya ^_^

    Posted by Rhey Pramana | Agustus 6, 2014, 11:20 am
  478. makaasih…….
    akhirnya tugas saya bisa selesai :) :*

    Posted by watipurwasih | Agustus 10, 2014, 12:45 pm

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BLOG ini merupakan bentuk ungkapan TERIMA KASIH, seorang alumni/siswa ( I KETUT DIANA ADHI,S.KOM aka kuncunk, kepada bapak/ibu guru khususnya SMU 1 Melaya, Jembrana, Bali yang telah memberi berbagai ilmu selama saya belajar di sekolah tercinta..Jasa bapak / ibu guru tidak akan saya lupakan
Untuk materi, mohon maaf sebesar besarnya, karena basic saya yang cuma orang IT/ computer science, dan cuma bisa mengumpukan bahan dan materi ajar dan menyajikan dalam sebuah BLOG..
Saya merasa materi yang disajikan banyak kekurangannya, mudah mudahan saran dan kritik pengunjung bisa membuat blog ini berguna bagi pendidikan Indonesia..

Mudah mudahan blog ini bisa menjadi motivasi bagi pendidik untuk lebih bisa memanfatkan media IT demi kemajuan pendidikan Indonesia.

MAJU TERUS PENDIDIKAN INDONESIA

Kunjungi Paket Liburan ke Bali

Statistik

  • 8,122,388 hits
Education Sites Catalog
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 143 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: