//
you're reading...
Klasifikasi

Mengenal Protozoa


ciri-protozoa

ciri-protozoa

Kompetensi
1. Mendeskripsikan ciri-ciri Protozoa berdasarkan pengamatan
2. Mengklasifikasikan Protozoa berdasarkan ciri-ciri morfologi alat gerak
3. Menjelaskan cara-cara perkembang biakan Protozoa
4. Mengidentifikasi Protozoa yang menguntungkan dan merugikan bagi manusia

Protozoa adalah mikroorganisme menyerupai hewan yang merupakan salah satu filum dari Kingdom Protista. Seluruh kegiatan hidupnya dilakukan oleh sel itu sendiri dengan menggunakan organel-organel antara lain membran plasma, sitoplasma, dan mitokondria.
Ciri-ciri umum :
1. Organisme uniseluler (bersel tunggal)
2. Eukariotik (memiliki membran nukleus)
3. Hidup soliter (sendiri) atau berkoloni (kelompok)
4. Umumnya tidak dapat membuat makanan sendiri  (heterotrof)
5. Hidup bebas, saprofit atau parasit
6. Dapat membentuk sista untuk bertahan hidup
7. Alat gerak berupa pseudopodia, silia, atau flagela

Klasifikasi
Protozoa memiliki 4 kelas yang dibedakan berdasarkan alat geraknya.

klasifikasi-protozoa

klasifikasi-protozoa

Rhizopoda
Bergerak dengan kaki semu (pseudopodia)yang merupakan penjuluran protoplasma sel.    Hidup di air tawar, air laut, tempat-tempat basah, dan sebagian ada yang hidup dalam tubuh hewan atau manusia.Jenis yang paling mudah diamati adalah Amoeba.
Ektoamoeba adalah jenis Amoeba yang hidup di luar tubuh organisme lain (hidup bebas), contohnya Ameoba proteus, Foraminifera, Arcella, Radiolaria.
Entamoeba adalah jenis Amoeba yang hidup di dalam tubuh organisme, contohnya Entamoeba histolityca, Entamoeba coli.

Flagellata (Mastigophora)

flagellata

flagellata

Bergerak dengan flagel (bulu cambuk)     yang digunakan juga sebagai alat indera
dan alat bantu untuk menangkap makanan.
Dibedakan menjadi 2 (dua), yaitu :
Fitoflagellata
Flagellata autotrofik (berkloroplas), dapat  berfotosintesis. Contohnya : Euglena viridis,  Noctiluca milliaris, Volvox globator.Zooflagellata
Flagellata heterotrofik (Tidak berkloroplas).Contohnya : Trypanosoma gambiens, Leishmania

Ciliata (Ciliophora)

cillliata

cillliata

Anggota Ciliata ditandai dengan adanya silia (bulu getar) pada suatu fase hidupnya, yang digunakan sebagai alat gerak dan mencari makanan. Ukuran silia lebih pendek dari flagel
Memiliki 2 inti sel (nukleus), yaitu makronukleus (inti besar) yang mengendalikan fungsi hidup sehari-hari dengan cara mensisntesis RNA, juga penting untuk reproduksi aseksual, dan mikronukleus (inti kecil) yang dipertukarkan pada saat konjugasi untuk proses reproduksi seksual.
Ditemukan vakuola kontraktil yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuhnya. Banyak ditemukan hidup di laut maupun di air tawar.
Contoh : Paramaecium caudatum, Stentor, Didinium, Vorticella, Balantidium coli.

Apicomplexa (Sporozoa)
Tidak memiliki alat gerak khusus, menghasilkan spora (sporozoid) sebagai cara perkembang biakannya. Sporozoid memiliki organel-organel kompleks pada salah satu ujung (apex) selnya yang dikhususkan untuk menembus sel dan jaringan inang.
Hidupnya parasit pada manusia dan hewan.
Contoh : Plasmodium falciparum, Plasmodium malariae,Plasmodium vivax. Gregarina.

Perkembangbiakan.

pembelahan-mitosis

pembelahan-mitosis

Sebagian besar Protozoa berkembang biak secara aseksual (vegetatif) dengan cara :
1. pembelahan mitosis (biner), yaitu pembelahan yang diawali dengan pembelahan inti dan diikuti pembelahan sitoplasma, kemudian menghasilkan 2 sel baru.Pembelahan biner terjadi pada Amoeba. Paramaecium, Euglena. Paramaecium membelah secara membujur/ memanjang setelah terlebih dahulu melakukan konjugasi.Euglena membelah secara membujur /memanjang (longitudinal).
2. Spora, Perkembangbiakan aseksual pada kelas Sporozoa (Apicomplexa) dengan membentuk spora melalui proses sporulasi di dalam tubuh nyamuk Anopheles. Spora yang dihasilkan disebut sporozoid.

Seksual (Generatif)
Perkembangbiakan secara seksual pada Protozoa dengan cara :
1. Konjugasi, Peleburan inti sel pada organisme yang belum jelas alat kelaminnya.
Pada Paramaecium mikronukleus yang  sudah dipertukarkan akan melebur dengan makronukleus, proses ini disebut singami.
2. Peleburan gamet Sporozoa (Apicomplexa) telah dapat menghasilkan gamet jantan dan gamet betina. Peleburan gamet ini berlangsung di dalam tubuh nyamuk.

Tentang iklan-iklan ini

Diskusi

71 thoughts on “Mengenal Protozoa

  1. Hewan Protozoa pada umumnya mampu melakukan reproduksi secara sexual dan asexual, sehingga kemampuan untuk melestarikan diri sangat besar, begitu juga pertumbuhan dan perkembangannya, hal ini akan menyebabkan jumlah populasinya akan blooming (berlimpah). Bagaimana tanggapan saudara terhadap pernyataan di atas?

    Posted by Asep Ary | November 27, 2008, 10:31 pm
  2. terimaksih atas infonya. Gbu

    Posted by Natalia Nurjana | November 30, 2008, 1:46 pm
  3. Tuhan telah melengkapi fungsi tubuh utk perkembangbiakan makluk hidup,
    mudah2an blognya berkembang terus

    Posted by Abuthoriq | Desember 9, 2008, 8:26 pm
  4. terimakasih guru, materi ini saya pergunakan untuk bahan pelajaran anak saya. sukses selalu Pak.

    Posted by jamil Azhari | Desember 26, 2008, 8:53 am
  5. Terimakasih pak Guru… artikel ini saya pergunakan buat Tugas Presentasi tentang protozoa kelas 10 … ThX atas artikelnya….

    Posted by Bagas | Desember 28, 2008, 3:59 am
  6. blog yang bagus :)b tingkatkan ^^

    Posted by michi | April 18, 2009, 1:05 pm
  7. Bapak Acep Ary,
    Kekhawatiran Anda mengenai blooming Protozoa, menjadi bahan yang menarik untuk diteliti, namun tidak perlu terlalu dicemaskan. Karena alam semesta ini sudah ada sistem yang mengatur, yaitu Yang Maha Kuasa. Semoga ahli2 biologi ada yang mengamati dan memberikan report tentang hal ini. Sukses untuk Anda dan tetap berkarya.

    Posted by nadine | Mei 14, 2009, 3:58 am
  8. Saya sudah lulus SMA lama dan tidak kuliah jurusan biologi,tapi saya sangat suka dengan materi klasifikasi hewan.
    Terimakasih artikelnya.

    Posted by Tongki | Juli 25, 2009, 9:02 am
  9. gOOD…………..

    Posted by NhIE2NK | Agustus 31, 2009, 5:05 am
  10. Tulisan ini bagus, perlu dikembangkan penambahan gambar spesies-spesies protozoa berdasarkan klasifikasinya baik yang patogen maupun yang apatogen.

    Posted by budi | September 2, 2009, 3:17 am
  11. Tebar komen

    Posted by fachrizal | September 4, 2009, 1:48 pm
  12. mkziiiiihh byk guru….
    nie bwt tgzzz Q di FK….

    sukses slalu y…
    Tuhan mmberkati…

    Posted by christin | September 10, 2009, 10:42 am
  13. guru …
    bagi alamat web yang ngupas tentang protozoa dong..

    Posted by dandelion_head | September 27, 2009, 1:16 am
  14. ciiiep….
    tgaz qw berez……
    thanx bwad cmua.a

    Posted by cwantiek | Oktober 3, 2009, 5:43 am
  15. waw……!!!!!!this it amazing!trima kasih…berkat anda saya jadi mengerti…..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Posted by erica prasetya putri | Oktober 23, 2009, 12:41 pm
  16. ehmmmm………….makasih atas pelajaran mengenai protozoa,saya jadi bisa mencari untuk tugas saya dan untuk menambah ilmu pengetahuan……………
    thank’s you……….

    Posted by citra | Oktober 25, 2009, 5:03 am
  17. makasih atas bantuannya

    Posted by yulia | Oktober 26, 2009, 6:14 am
  18. wahhhh thebgs iiaa ,,,,,,pelaharannya menarik

    Posted by rere | November 12, 2009, 10:05 am
  19. KATA KATA BAPAK AKAN SLALU AKU KENANG …………….
    MAKASIH ZZZZZZZZZZZZ…………..

    Posted by nurul inayah | November 16, 2009, 6:20 am
  20. thank’ssssssss

    Posted by sanny | November 22, 2009, 11:46 am
  21. makacuih atas smuanya tapi sebaiknya ada yang membahas bagian reproduksi lebih detil lagi

    Posted by ira tiamsyah | November 25, 2009, 12:28 pm
  22. - Berasal dari kata protos = pertama, dan zoon= hewan  hewan yang pertama.
    – Uniseluler
    – Hidup di mana-mana (air tawar, air laut, tempat lembab, parasit pada tumbuhan, hewan, manusia) atau bisa disebut kosmopolit
    – Reproduksi – aseksual / vegetatif – membelah diri
    seksual / generatif – konjugasi
    – Memiliki bermacam-macam alat gerak seperti pseudopodia, silia, flagel, sporozoa
    – Ukuran antara 100 – 300 mikron
    – eukariotik
    – karena eukariotik maka tidak punya dinding sel
    – dapat membentuk heterosista untuk bertahan hidup

    (cuma mau menambahkan) hehe.

    blognya bagus. ada tentang protista mirip fungi tidak seperti myxomycotina dan Oomycotina? kok saya cari tidak ketemu ya. buat bahan presentasi nih. terimakasih :)

    Posted by Rahma Padhila | November 27, 2009, 4:37 am
  23. makasih yah untuk infonya..
    saya sangat terbantu dengan adanya blog ini…

    Posted by septi | Desember 7, 2009, 3:22 am
  24. apa ja alat2 yg d gunakan u/ sistem transportasi pda protozoa? dan bgaimanakah sistem transportasi tsb berlangsung?

    Posted by 3_m@ | Desember 7, 2009, 12:58 pm
  25. tempat hidupnya ciliata koq g ad ????????????????

    Posted by rita | Maret 2, 2010, 1:44 am
  26. bangeeeeeeeet…..bangeeeeeeet de thanksnya

    Posted by MARLINAH | Maret 9, 2010, 4:00 am
  27. bangeeeeeeeeeeeet-bangeeeeeeeeeeeeet thanks tas infonya.

    Posted by MARLINAH | Maret 9, 2010, 4:01 am
  28. tHanKzzZ For iNfox………….

    Posted by fazza | Maret 16, 2010, 4:15 am
  29. ada dua prinsip dalam memahami klasifikasi yang tidak terpahami oleh penulis buku sekolah menengah bahkan oleh pakar penyususn kurikulum. yaitu bahwa alternatif klasifikasi organisme mempunyai alasan/dasa, yang kedua adalah bahwa klasifikasi bersifat dinamis. Hal ini lah yang menyebabkan klasifikasi yang ada dalam buku-buku sekolah menengah salah. termasuk yang anda uraikan di atas.

    Posted by edi junaedi | Maret 20, 2010, 3:42 am
  30. SALUT ….

    Posted by David Kurniawan | Maret 31, 2010, 6:47 am
  31. thx u atas pelajaran mengenai protozoanya…sangat membantu..
    tapi masih sedikit kurang lengkap..!!

    Posted by raisa | April 11, 2010, 9:36 am
  32. presentasi di kantor jadi lancar..tnx ya..

    Posted by valen | April 29, 2010, 7:27 am
  33. Mohon info alat indera pada protozoa. terima kasih

    Posted by agust | Mei 8, 2010, 3:00 pm
  34. trima kasih untuk ilmunya…
    alhamdulillah sangat membantu tgas saya…

    Posted by novita putri | Mei 10, 2010, 12:48 pm
  35. artikel ini sangat membantu saya dalam mengarjakan tugas. Terimakasih banyak y…..
    tapi saya masih mempunyai sedikit permasalahn di artikel diatas: diatas bahwa salah satu ciri umum dari protozoa adalah “tidak dapat membuat makanan sendiri”.
    pertanyaan saya jika protozoa tidak dapat membuat makanan sendiri maka protozoa dapat makanan dari mana? apa yang membuat protozoa tetap hidup?

    Posted by aprilia | Juni 20, 2010, 5:54 am
  36. Bukan Keberhasilan Yang akan Menjemput Kita, Tetapi Kitalah Yang harus menjemput Keberhasilan……. makasih atas iLmunya….

    Posted by kilianus | Juni 29, 2010, 11:39 am
  37. makasih :D

    Posted by Ekaa Agusstin | Juli 24, 2010, 12:47 pm
  38. reproduksi protozoa bwt bingung, aseksual atau seksual atau keduanya??

    Posted by HE | Oktober 6, 2010, 12:58 pm
  39. bagusssssssssss…………..

    sring2 bwat kek gni
    jd nggak cpek crik2b lgi..!!

    Posted by ela | Oktober 20, 2010, 12:56 pm
  40. thanks bget ya guru,
    do’ain,bsuk presentsi sya lncar… amien…

    Posted by anggraini | November 12, 2010, 12:49 pm
  41. terimakasis atas situs nya saya dapat tau tentang protozoa.

    Posted by indra | November 17, 2010, 9:29 am
  42. cukup bagus isi blognya. Bisa digunakan utk referensi bahan ajar.
    Sukses slalu

    Posted by Samsuria Tomia | November 30, 2010, 11:34 pm
  43. saya mau nanya. . .
    protozoa apa yang di temukan di air sumur? ? ?
    protozoa apa yang di temukan di air hujan? ? ?
    Saya sangat butuh jawabannya. . .
    tolong di jawab, ya. . .
    Makasih. . .

    Posted by Rahayu | Desember 7, 2010, 12:53 pm
  44. indonesia

    Posted by afif | Desember 31, 2010, 2:37 am
  45. sangat amat membantu dalam menyelesaikan soal dari bank soal..

    Posted by rena | April 11, 2011, 9:27 am
  46. asal gune base indon???x paham

    Posted by ava | Mei 11, 2011, 2:29 pm
  47. tambah dung teori na…hihhhihih..masih kurang gan

    Posted by athayah | Juli 19, 2011, 8:53 am
  48. sangat bgus peneranganna
    tintkan lgi

    Posted by devvvi | September 9, 2011, 10:31 am
  49. wahh ini menambah ilmu pengetahuan saya……
    thank s…..

    sukses selalu…. GBU :D

    Posted by Tips dan trik komputer | September 14, 2011, 2:17 pm
  50. protaza berkembangbiak degan cara?

    Posted by asyifa | September 22, 2011, 10:30 am
  51. cara perkembangbiakan protozoa dengan cara bagaimana sih ?

    Posted by rafli | Oktober 14, 2011, 9:28 am
  52. makasih yaaa berguna banget ilmunya

    Posted by kesa AL | Oktober 21, 2011, 2:14 am
  53. thanks,,, ats bntuanx,,,yach…..!!!!!!!!

    Posted by JR.POETRA Scorpion | Oktober 21, 2011, 6:54 am
  54. makasih ya infonya . . . . bisa untuk presentasi nih !
    mampir ke blogku juga y :
    adil81999.blogspot.com

    Posted by ahmad adil | Oktober 22, 2011, 2:39 am
  55. protozoa yang bikin infeksi pada unggulata, yang kaya gmna c???

    Posted by Azizah (@Zieezieezah) | Oktober 27, 2011, 4:38 am
  56. membantu dalam mengerjakan soal biologi yang umumnya sukar di hafalkan menjadi mudah dihafalkan
    good article

    Posted by RIFKI | November 3, 2011, 12:41 pm
  57. prozoa yang terdapat pada air kolam ,air coberan dan air selokan

    Posted by nur inayah | November 8, 2011, 7:52 am
  58. makasiiiiiiiiiiiiiih

    Posted by nur inayah | November 8, 2011, 7:53 am
  59. thanks for your information….

    Posted by ******* | November 16, 2011, 11:58 am
  60. makasih atas bantuannya:)

    Posted by meissa | November 16, 2011, 2:48 pm
  61. ahhhhhhhhhh
    gak ngerti
    yang SMP ada ga???????

    Posted by khara Kinoshita | Desember 7, 2011, 12:47 pm
  62. tolong dong kasitau bakteri yang ada di Air sumur, Air kolam, sama air sawah.

    Posted by yanuar lurisa aldio | Desember 8, 2011, 11:09 am
  63. trima kasih atas informasi nya…………GBU….

    Posted by Yosua Wesly Andespa | Januari 24, 2012, 9:39 pm
  64. HMMMMM,,,,,,,,makasih ea atas informasi nya>>>>>>>>>>>>^^^^^^^^^^^^~~~~~~~____

    Posted by Yosua Wesly Andespa | Januari 24, 2012, 9:51 pm
  65. thnks for this blogs

    Posted by ilya zafran | Januari 25, 2012, 3:43 am
  66. Thanks yaah atas infonya… :)

    Posted by Ayu Mas Darmayanti | Januari 25, 2012, 4:33 am
  67. thanks tuk infonya,guru……………….

    Posted by putri | Maret 14, 2012, 11:32 am
  68. hmmp,
    akhirnya tgazq bisa selez jga…..
    thanks yach atas infonya,m0ga brmanfaat tuk kta xmuach….

    always number o0ne….

    Posted by har0ld | Maret 14, 2012, 11:36 am
  69. saya sekarang jurusan biologi di perguruan tinggi usm banda aceh,saya sangat senang dengan biologi,tapi saya belum menguasai biologi,sungguh sayang

    Posted by Yuliana Fernando | September 28, 2012, 1:52 pm
  70. Thanks yaa buat informasinya ;-)

    Posted by Ardi | November 1, 2012, 8:31 am
  71. mkcie wt info.a ……….

    Posted by iicha putery siemajuentac ttapcapcuez | November 13, 2012, 9:20 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BLOG ini merupakan bentuk ungkapan TERIMA KASIH, seorang alumni/siswa ( I KETUT DIANA ADHI,S.KOM aka kuncunk, kepada bapak/ibu guru khususnya SMU 1 Melaya, Jembrana, Bali yang telah memberi berbagai ilmu selama saya belajar di sekolah tercinta..Jasa bapak / ibu guru tidak akan saya lupakan
Untuk materi, mohon maaf sebesar besarnya, karena basic saya yang cuma orang IT/ computer science, dan cuma bisa mengumpukan bahan dan materi ajar dan menyajikan dalam sebuah BLOG..
Saya merasa materi yang disajikan banyak kekurangannya, mudah mudahan saran dan kritik pengunjung bisa membuat blog ini berguna bagi pendidikan Indonesia..

Mudah mudahan blog ini bisa menjadi motivasi bagi pendidik untuk lebih bisa memanfatkan media IT demi kemajuan pendidikan Indonesia.

MAJU TERUS PENDIDIKAN INDONESIA

Kunjungi Paket Liburan ke Bali

Statistik

  • 7,867,479 hits
Education Sites Catalog
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 138 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: