//
you're reading...
Umum

Daur Biogeokimia


daur-fosfor

daur-fosfor

Kompetensi

Tujuan artikel ini , agar  anda dapat:
1. Menyebutkan pengertian Daur Biogeokimia
2. Menyebutkan fungsi Daur Biogeokimia
3. Menjelaskan Daur Nitrogen
4. Menjelaskan Daur Karbon dan Oksigen
5. Menjelaskan Daur Air
6. Menjelaskan Daur Belerang
7. Menjelaskan Daur Posfor

Definisi dan Fungsi Daur Biogeokimia
Definisi
Biogeokimia adalah pertukaran atau perubahan yang terus menerus, antara komponen biosfer yang hidup dengan tak hidup.

Dalam suatu ekosistem, materi pada setiap tingkat trofik tidak hilang. Materi berupa unsur-unsur penyusun bahan organik tersebut didaur-ulang. Unsur-unsur tersebut masuk ke dalam komponen biotik melalui udara, tanah, dan air. Daur ulang materi tersebut melibatkan makhluk hidup dan batuan (geofisik) sehingga disebut Daur Biogeokimia.

Fungsi
Fungsi Daur Biogeokimia adalah sebagai siklus materi yang mengembalikan semua unsur-unsur kimia yang sudah terpakai oleh semua yang ada di bumi baik komponen biotik maupun komponen abiotik, sehingga kelangsungan hidup di bumi dapat terjaga.

Macam-macam Daur Biogeokimia

  • Daur Nitrogen
  • Daur Karbon dan Oksigen
  • Daur Air
  • Daur Belerang
  • Daur Posfor

Daur Air

daur-air

daur-air

Air di atmosfer berada dalam bentuk uap air. Uap air berasal dari air di daratan dan laut yang menguap karena panas cahaya matahari. Sebagian besar uap air di atmosfer berasal dari laut karena laut mencapai tigaperempat luas permukaan bumi. Uap air di atmosfer terkondensasi menjadi awan yang turun ke daratan dan laut dalam bentuk hujan. Air hujan di daratan masuk ke dalam tanah membentuk air permukaan tanah dan air tanah.

Tumbuhan darat menyerap air yang ada di dalam tanah. Dalam tubuh tumbuhan air mengalir melalui suatu pembuluh. Kemudian melalui tranpirasi uap air dilepaskan oleh tumbuhan ke atmosfer. Transpirasi oleh tumbuhan mencakup 90% penguapan pada ekosistem darat.

Hewan memperoleh air langsung dari air permukaan serta dari tumbuhan dan hewan yang dimakan, sedangkan manusia menggunakan sekitar seperempat air tanah. Sebagian air keluar dari tubuh hewan dan manusia sebagai urin dan keringat.

Air tanah dan air permukaan sebagian mengalir ke sungai, kemudian ke danau dan ke laut. Siklus ini di sebut Siklus Panjang. Sedangkan siklus yang dimulai dengan proses Transpirasi dan Evapotranspirasi dari air yang terdapat di permukaan bumi, lalu diikuti oleh Presipitasi atau turunnya air ke permukaan bumi disebut Siklus Pendek.

Daur Karbon dan Oksigen

daur-karbon

daur-karbon

Proses timbal balik fotosintesis dan respirasi seluler bertanggung jawab atas perubahan dan pergerakan utama karbon. Naik turunnya CO2 dan O2 atsmosfer secara musiman disebabkan oleh penurunan aktivitas Fotosintetik. Dalam skala global kembalinya CO2 dan O2 ke atmosfer melalui respirasi hampir menyeimbangkan pengeluarannya melalui fotosintesis.

Akan tetapi pembakaran kayu dan bahan bakar fosil menambahkan lebih banyak lagi CO2 ke atmosfir. Sebagai akibatnya jumlah CO2 di atmosfer meningkat. CO2 dan O2 atmosfer juga berpindah masuk ke dalam dan ke luar sistem akuatik, dimana CO2 dan O2 terlibat dalam suatu keseimbangan dinamis dengan bentuk bahan anorganik lainnya.

Daur Nitrogen

daur-nitrogen

daur-nitrogen

Di alam, Nitrogen terdapat dalam bentuk senyawa organik seperti urea, protein, dan asam nukleat atau sebagai senyawa anorganik seperti ammonia, nitrit, dan nitrat.

Tahap pertama
Daur nitrogen adalah transfer nitrogen dari atmosfir ke dalam tanah. Selain air hujan yang membawa sejumlah nitrogen, penambahan nitrogen ke dalam tanah terjadi melalui proses fiksasi nitrogen. Fiksasi nitrogen secara biologis dapat dilakukan oleh bakteri Rhizobium yang bersimbiosis dengan polong-polongan, bakteri Azotobacter dan Clostridium. Selain itu ganggang hijau biru dalam air juga memiliki kemampuan memfiksasi nitrogen.

Tahap kedua
Nitrat yang di hasilkan oleh fiksasi biologis digunakan oleh produsen (tumbuhan) diubah menjadi molekul protein.
Selanjutnya jika tumbuhan atau hewan mati, mahluk pengurai merombaknya menjadi gas amoniak (NH3) dan garam ammonium yang larut dalam air (NH4+). Proses ini disebut dengan amonifikasi. Bakteri Nitrosomonas mengubah amoniak dan senyawa ammonium menjadi nitrat oleh Nitrobacter. Apabila oksigen dalam tanah terbatas, nitrat dengan cepat ditransformasikan menjadi gas nitrogen atau oksida nitrogen oleh proses yang disebut denitrifikasi.

Daur Belerang (Sulfur)

daur-belerang

daur-belerang

Sulfur terdapat dalam bentuk sulfat anorganik. Sulfur direduksi oleh bakteri menjadi sulfida dan kadang-kadang terdapat dalam bentuk sulfur dioksida atau hidrogen sulfida. Hidrogen sulfida ini seringkali mematikan mahluk hidup di perairan dan pada umumnya dihasilkan dari penguraian bahan organik yang mati.
Tumbuhan menyerap sulfur dalam bentuk sulfat (SO4).

Perpindahan sulfat terjadi melalui proses rantai makanan, lalu semua mahluk hidup mati dan akan diuraikan komponen organiknya oleh bakteri. Beberapa jenis bakteri terlibat dalam daur sulfur, antara lain Desulfomaculum dan Desulfibrio yang akan mereduksi sulfat menjadi sulfida dalam bentuk hidrogen sulfida (H2S). Kemudian H2S digunakan bakteri fotoautotrof anaerob seperti Chromatium dan melepaskan sulfur dan oksigen. Sulfur di oksidasi menjadi sulfat oleh bakteri kemolitotrof seperti Thiobacillus.

Daur Posfor
Posfor merupakan elemen penting dalam kehidupan karena semua makhluk hidup membutuhkan posfor dalam bentuk ATP (Adenosin Tri Fosfat), sebagai sumber energi untuk metabolisme sel.

Posfor terdapat di alam dalam bentuk ion fosfat (PO43-). Ion Fosfat terdapat dalam bebatuan. Adanya peristiwa erosi dan pelapukan menyebabkan fosfat terbawa menuju sungai hingga laut membentuk sedimen. Adanya pergerakan dasar bumi menyebabkan sedimen yang mengandung fosfat muncul ke permukaan. Di darat tumbuhan mengambil fosfat yang terlarut dalam air tanah

Herbivora mendapatkan fosfat dari tumbuhan yang dimakannya dan karnivora mendapatkan fosfat dari herbivora yang dimakannya. Seluruh hewan mengeluarkan fosfat melalui urin dan feses.

Bakteri dan jamur mengurai bahan-bahan anorganik di dalam tanah lalu melepaskan pospor kemudian diambil oleh tumbuhan.

Tentang iklan-iklan ini

Diskusi

231 thoughts on “Daur Biogeokimia

  1. WAH BOLEH NIH PAK ARTIKELNYA KEBETULAN ADIK SAYA LAGI NYARI..SAYA COPAS YA PAK

    Posted by omiyan | November 17, 2008, 7:29 am
  2. waaaahh,
    makasih banget buat artikelnya, yaaa :D

    Posted by anak cinta awan | Januari 11, 2009, 5:57 am
  3. kebetulan saya punya tugas buat makalah tentang daur biokimia….makasih buat artikelnya..

    Posted by ina | Januari 24, 2009, 11:40 am
  4. maaf maksud saya tugas biogeokimia…

    Posted by ina | Januari 24, 2009, 11:42 am
  5. makasih udah bagi2 ilmu pak

    Posted by adnin | Februari 5, 2009, 11:41 am
  6. pak ijin ngopy ya, untuk reverensi ngajar. thank

    Posted by yun | Februari 5, 2009, 11:52 pm
  7. pak, sy mau minta izin yaa…

    sy sngat butuh referensi buat nyusun skripsi…

    makasih ya pak..

    Posted by Asep | Februari 27, 2009, 8:17 am
  8. Kereen… Tugas sekolah tuntas..
    Makasih yaaa…

    Posted by Anisa | Maret 17, 2009, 2:50 pm
  9. trims referensinya:)

    Posted by gugus | Maret 23, 2009, 4:02 am
  10. makasih banyak ya….
    tugas presentasi tengah semester gag ada halangan dah………

    Posted by IchigoHaru | Maret 24, 2009, 5:11 am
  11. wahh thx ya..

    situs ini jd referensi presentasiku

    Posted by Tita | Maret 28, 2009, 6:27 am
  12. makasih bgt ya referensinya sebenernya kurang lengkap tapi gpp deh he..he..ahirnya laporan prak. ekologi saya selesai.

    Posted by ery al | April 11, 2009, 1:49 am
  13. Terima kasih banyak!!! Terima kasih banyak!!!
    Saya sedang mencari-cari ini.. Ketemu juga!!!
    *sungkem*

    KEEP WRITING!!!

    Posted by Geatra aharya | April 12, 2009, 11:25 am
  14. trimakasih ilmunya, sangat membantu saya dalam mengajar.

    Posted by Syahroni | April 17, 2009, 7:19 am
  15. makasih banget….
    ih, lengkap! gue jadi tertolong! thank’s yow!;)

    Posted by rizki QQ | April 23, 2009, 8:54 am
  16. Makasih banget ya…..!
    karena informasinya udah bantu saya banget tuk nyelesein tugas kuliah saya…!
    Thanks Banget yah….???!!!

    Posted by Eka | April 30, 2009, 2:45 am
  17. trims ya pak

    Posted by novelia | Mei 6, 2009, 12:14 am
  18. thanks ea,..

    maksi bnyk..
    buad referensi beljar nhe. ntar ge ujian..
    doain lulus yh pak

    Posted by vzha | Mei 9, 2009, 5:36 am
  19. di buku saya thu dsebutkan,,bahwa ktika N di udara terkena petir,,akan menjadi nitrat,,thu gmn pRosesnya??

    makasih

    Posted by satya | Mei 10, 2009, 12:40 am
  20. this good

    Posted by Kemal | Mei 12, 2009, 9:14 am
  21. makasih ya uda di bantuin bkin tugas bio lewat artikel ini..

    Posted by bintang | Mei 13, 2009, 7:05 am
  22. Makasih Paak!!!

    Posted by jackbear | Mei 14, 2009, 2:24 pm
  23. makasi yah ilmunya………………
    q perlu banget nieh………………
    tp??????????
    kx dikit yach?????????????????
    lok bisa tambah lagi dunk infonya…………….
    but,,,,
    thank bgt dech………..
    Semangattttttttttttttttttt

    Posted by ega | Mei 17, 2009, 6:04 am
  24. ada donk pengertian daur materi

    Posted by zahra jihad putri dewani | Mei 19, 2009, 3:09 am
  25. gambar dalam situs ini keren bangetzzz….
    terus , makasih banget atas situs ini soalnya bantu dalam membuat makalah ku jadi lebih ggampang

    Posted by putri | Mei 23, 2009, 4:53 am
  26. SAYA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 LUMAJANG
    TERIMA KASIH ATAS INFONYA SAYA DAPAT MENGERJAKAN TUGAS UNTUK PRESENTASI SAYA

    Posted by VERA | Mei 24, 2009, 10:48 am
  27. Alhamdulillah… Bisa dpelajari buat perSiapan Tes,, trimakasih, :-D

    Posted by Inda | Mei 25, 2009, 3:58 am
  28. makasi atas infonya…klo bisa bahas tentang ekosistem danau dan komponen-komponennya…trims

    Posted by yuna | Juni 2, 2009, 2:51 am
  29. thx..

    tugas ku kelaaaarrr.. :)

    Posted by diF | Juni 2, 2009, 8:00 am
  30. tolongg kirim sepuatar sains ya … makasih….

    tentang: biologi, fisika, kimia..

    Posted by nha | Juni 2, 2009, 12:53 pm
  31. Makasih ya ………..
    tugas sekolah ku dapat ………

    mohon copas infonya ya …..

    Rian

    Posted by Rian | Juni 2, 2009, 1:09 pm
  32. assalamu’alaikum, mkasi y….
    sy jd bs mnyelesaikan tgs kimia lingkungan sy. :-)

    Posted by mekkah | Juni 13, 2009, 1:31 am
  33. Waduh,,, kok daur karbon dan oksigen nya dikit banget penjelsannya????
    kuang jelas gitu pak!!!!

    Posted by Bagus | Juni 20, 2009, 10:38 am
  34. trims atas blog ini.
    tapi saya mw bertanya.apakah sama siklus nitrogen di pupuk (N volatile).tolong penjelasannya.mksh

    Posted by euis | Juni 25, 2009, 3:47 am
  35. mantap….
    berguna bgt nih artikel buat tgas skul saya…
    ijin ngopy ya pak….

    Posted by Marlin | Agustus 2, 2009, 5:07 am
  36. uadughhh materinya membantu banget OM..

    thanks :D

    Posted by made | Agustus 23, 2009, 2:00 am
  37. pak mksh y untuk ilmu nya…,,,
    pak saya mw pnjlsan daur biogekimia yg lbh lgkp lg, boleh kan?

    Posted by rizki | September 22, 2009, 7:40 am
  38. Terima kasih atas infonya ..
    Ini daur ulang materi yang lagi sya cari buat tugas kimia lingkungan dari sekolah ..
    hehe
    mkch bgd …
    n_n

    Posted by Nurulgas | September 23, 2009, 1:07 pm
  39. trimakasih atas bantuannya..,

    Posted by elok | September 27, 2009, 2:21 am
  40. doumo arigatou !
    rie copy yah . . .
    buat tugas makalah biologi . .

    Posted by yurihiko.rie | September 28, 2009, 11:06 am
  41. makasih yah,, udah mw bagi-bagi ilmu

    Posted by lulu | Oktober 2, 2009, 3:44 am
  42. enk nich tinggal ngopy aj. . . he he he

    Posted by bay | Oktober 8, 2009, 8:23 am
  43. good, inovatif, bermanfaat, tp lo blh usul lain kali cba bhs tpik ttg khutanan tau kelautan dan bgmn daur biogeokimia yg tjd di 2 lingkgn itu.

    Posted by rylie | Oktober 9, 2009, 3:23 am
  44. Makasih ya atas ilmunya tapi kalau boleh saya usul tolong kalimatnya agak diperbanyak atau dikembangkan gitu………………………………

    Posted by ela | Oktober 13, 2009, 11:34 am
  45. hatur nuhun pisan…..
    hatur thanks you…

    Posted by padil | Oktober 13, 2009, 1:18 pm
  46. saya murid X SMAN 1 SITUBONDO,sngt brtrimaksih pd bapak atas artikelnya,krn sdh mmbntu dlm pmbuatan tgs dan ulangan.
    .
    klu bs d’tmbh lg artikelnya.
    .good luck.

    Posted by dimas | Oktober 14, 2009, 11:40 am
  47. 1 lg pak,
    tlng krimkan tentang materi2
    “Pendidikan Lingkungan Hidup(PLH)”

    Posted by dimas | Oktober 14, 2009, 11:43 am
  48. Allhamdullilah…………..
    n thx bgt,cz Q dpt ngerjakn tugas.
    dg baek lagi. thx y?……….?

    Posted by maya smanesa | Oktober 18, 2009, 3:07 am
  49. bagus2…tugasx pas bner,,beres dech. Trm ksh bxk…

    Posted by Diansari | Oktober 19, 2009, 11:29 am
  50. makaci atas artikelNYa..tugas mata kuLiah Saya Jadi SAngat terBanTu.

    Posted by ria padang | Oktober 21, 2009, 10:58 am
  51. duh makasih bgt nih…alhamdulilah beres. mudah mudahan dpet nilai maximal. amin

    Posted by Reni Susanti | Oktober 22, 2009, 7:32 am
  52. Thanks a lot buat infonya Pak…
    Klo kayak gini kan g’perlu susahsusah ngebrows satupersatu via google khan. suwun

    Posted by renal | Oktober 26, 2009, 11:10 am
  53. maksii buad ilmu’na . .
    lumayan ngbantuu buad tugas ipa dii skula . :)

    Posted by princess purple | Oktober 27, 2009, 1:03 pm
  54. makasihhhhhhhhhhh

    Posted by muvis | November 1, 2009, 7:53 am
  55. lengkapi lagi dong om ………………………..

    Posted by tektek out | November 1, 2009, 8:43 am
  56. thanks ya dha buat situs kyak gini.jdi kami bisa mendapatkan bahan buat belajar

    Posted by nia | November 3, 2009, 8:08 am
  57. makasi ych……. Tas info Ne.. kbetulan Bsok Q Diskusi Doain ych

    Posted by muhamad hambali | November 5, 2009, 9:12 am
  58. waduuuh. . . . ok buanget dhe to informatin’nya..
    lw kyk gini gx susah payah lagi. .

    thank’s tuk smua, ,

    Posted by angge' | November 11, 2009, 1:26 pm
  59. mkc referensi nya……
    very 987654321 * thank u…
    he…

    Posted by Vechya | November 18, 2009, 1:06 pm
  60. Mas, Om, Pak, saya nyari Siklus Belerang Kok susah yah….
    Gax Ngudeng iki,,,,,,,

    Posted by Bima | November 19, 2009, 2:42 pm
  61. uuuuuuhhh,,,,, makace bangetz yaa ,., ataz info’nya..,.,,

    Posted by regganiez | November 25, 2009, 9:39 am
  62. CIPPPPPP-CIPPPPPPPP-CIEPPPPPPPP,BGuz om artikelnya,paz bgt ma yg q cri!!!!!!!!! Good luck tuk artkel yg laen,,,,,,,(UYR)

    Posted by untari | November 25, 2009, 12:49 pm
  63. KALAU ARTIKEL YANG LENGKAP ‘N JELAS
    3M’S

    Posted by AWEY | November 30, 2009, 4:29 am
  64. Terimakasih banyak ya… artikelnya… bisa jadi tambahan bahan mengajar saya.mohon bantuan textbook aslinya ya pak… mungkin judul buku dan penulisnya… matur suwub sanget

    Posted by Ajan | Desember 7, 2009, 3:32 am
  65. makaciiiiiih bgt dh bntu tgs Q !!!!

    Posted by muma | Desember 13, 2009, 2:06 am
  66. thanks buat datanya,ngebantu buat bahan UAS. mudah2an UAS q sukses. sekali lagi thanks a lot.

    Posted by nurul anisah | Desember 26, 2009, 1:45 pm
  67. bagaimana dengan daur-daur yg ada pada suatu pertanian?
    bagaimana cara mengetahuinya? contohnya pada suatu sawah/ tanaman padi..

    Posted by danu | Desember 31, 2009, 2:42 am
  68. mkcy bgt y, materi ne sgt membantu sy tuk menghadapi semster,.

    Posted by muje | Desember 31, 2009, 10:36 pm
  69. ha… ha… mkash y…

    Posted by dms | Januari 12, 2010, 9:58 am
  70. wah,, makasi bgt tugas jadi ceat selesa,,,, ;) sukses selalu

    Posted by rhosdiana | Januari 22, 2010, 3:46 am
  71. WUH,, KEBETULAN ,COX GE DA TUGAS NEUI…

    Posted by DEVI | Januari 25, 2010, 12:40 pm
  72. WOWWWWWWWWWWW,,,,,,,,,,,,MUANTAP

    Posted by DEVI | Januari 25, 2010, 12:47 pm
  73. ekhemm..
    gk ktmu mlu neh yg gw cri ..
    mlah not foond mulu ..
    about mngidenfikasi jaringan pada organ manusia

    Posted by Sidik | Februari 10, 2010, 3:55 pm
  74. saya berterima kasih sekali buat kakak pemilik situs ini ,karna disini saya bisa dapt infomasi and pengetahuan !! so saya berharap defenasinya lebih lengkepin lagiya kak?? oke! it”s the bess

    Posted by ali usman mardi efendi | Februari 22, 2010, 1:32 pm
  75. saYa berterima kasih kepada Bapak Karena Atas Informasi Bapak tugas-tugas saya dudah selesai…..

    Posted by SaiFuL jAmAL | Maret 4, 2010, 5:31 pm
  76. thank buat ilmunya…………..

    Posted by christy sinurat | Maret 9, 2010, 4:55 am
  77. Makacih ya atas informnya n artikelnya.

    Posted by mevta Dipatra | Maret 9, 2010, 6:21 am
  78. trims ya Mr. saya copy artikelnya…

    Posted by eryk | April 12, 2010, 11:52 am
  79. makasih atas ilmunya, ilmu ini sangat bermanfaat buat saya, dan membantu menyelesaikan tugas sekolah.. Thx

    Posted by Rck Fikri | April 15, 2010, 1:19 am
  80. waHHHH…………….
    kuErEnNnnNnzZzZzZ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    bBuUaAnNgGeEtT,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    MakaLahnya…………..
    Py yaNg Lbih baguS d BuaT ay Ea?????????
    YanG BuAnYk…….
    N
    DetAiL

    Posted by nEn9 | April 23, 2010, 2:39 am
  81. thx ..
    slesaii dagh akhirna tugasku

    Posted by hana koyuki | April 26, 2010, 2:33 am
  82. makasih pak buat info nya…
    tugas saya ni…. =P

    Posted by gora | Mei 1, 2010, 11:22 pm
  83. kok, kok,,, kok,,,
    kok dikit buanget pak pnjlsnnya, kurang pak.
    nambah dunk

    Posted by hatan | Mei 3, 2010, 11:27 am
  84. nuwun, pak. semoga bermanfaat bagi semua

    Posted by dynna | Mei 4, 2010, 11:59 am
  85. hem ,, thanks iah :))

    lumayan buat bantu” tugas ku .. hhehehe

    Posted by pramytha mahardika | Mei 11, 2010, 9:07 am
  86. pendahuluannya,mana???????????????????????????????????

    Posted by mina | Mei 13, 2010, 7:53 am
  87. thanks bgt pak
    ngebantu bgt
    moga nambah pahala bpk y
    hehehe…..3x

    Posted by mhegaa | Mei 15, 2010, 11:27 am
  88. thank bnget ya?
    udh lma nyari akhirnya ktmu jga!!!!!!!!!!!

    Posted by rizkhi | Mei 16, 2010, 12:20 pm
  89. eeemm………… lumayanlah bisa tambah”ilmu pengetahuan,dan jadi ada gunanya buat orang banyak+jadi mudah deh cari tgasnya,,
    HiHIHIHIHI………….

    TANX YAH,,
    LANJUTKAN KANG……….,,

    Posted by @ne | Mei 18, 2010, 2:37 am
  90. thank u thank u thanj u thank u soooo much !!

    Posted by nia edogawa | Mei 20, 2010, 3:18 am
  91. makasi banget yah pak. saya perlu banget ini. saya izin copas yah pak. makasi :D :D :D

    Posted by Rizky SMAN 90 | Mei 20, 2010, 9:18 am
  92. wahh pass sekali yaa….. kebetulan bsk mau ada ujian, bs utk nyontek…. haha…. thx

    Posted by joko | Mei 20, 2010, 11:40 am
  93. bagus bagus bagus…:)

    Posted by nindy | Mei 23, 2010, 1:40 am
  94. makasih bgt artikel’a… :)

    Posted by gita | Mei 23, 2010, 9:46 am
  95. thankS bangetttttttttttttt ya……

    Posted by erisa | Mei 30, 2010, 3:59 am
  96. ini ngbntu bgt coz da tgsx sich!

    Posted by avita qalam | Juni 2, 2010, 8:00 am
  97. makasi dah bantu tugas IPA gw………..^^

    Posted by cingcaripit | Juni 2, 2010, 1:50 pm
  98. keren… lengkap banget… thanks ya… =D

    Posted by yui | Juni 3, 2010, 5:57 am
  99. Makasih ya buat materinya nya, lumayan tambah2an soalnya mau ujian :D
    Arigatou!

    Posted by Unkown Student | Juni 9, 2010, 7:31 am
  100. makasih banyaak ya,sangat membantu ilmunya ^_^

    Posted by auladia | Juni 9, 2010, 12:35 pm
  101. makasih buat infonya
    saya copas yah buat tugas hehe
    nanti di tulis sumber nya
    terimakasih :)

    Posted by chojoh | Juni 10, 2010, 9:57 am
  102. ilmunya membantu banget thanks ya

    Posted by warda | Juli 1, 2010, 6:03 am
  103. terimakasih pak atas tulisannya,, q mnta ya buat tugas

    Posted by al | Juli 19, 2010, 5:58 am
  104. thank’s bget yach dah beri ilmu kebetulan q lgi nyari niech……

    Posted by fitriyani | Agustus 24, 2010, 7:27 am
  105. bagus ……………………………

    Posted by mila | Agustus 29, 2010, 5:07 am
  106. siipp tgas kelar hati senang
    hhhheeeeeeeeee

    Posted by yenny | Agustus 29, 2010, 12:44 pm
  107. terimakasih tuk ilmu yang telah dibagikan….
    kusus untuk saya,, tu sangat membantu….
    jdi gak susah2 lgi nyari tugas yang laen… hehe

    Posted by asih | September 23, 2010, 12:04 pm
  108. Bisa beritahu saya tentang Daur Oksigen lebih banyak lagi??
    Please………..

    Posted by Vita | September 24, 2010, 12:06 pm
  109. thanks ea artikelnya suangaad membantu
    truz di lengkapin aaaa
    ok………

    Posted by aaaaasyifa | September 27, 2010, 1:28 pm
  110. makasih ya ibu/bapak guru hatur nuhun……///!!!!!

    Posted by muhamad ridwan | Oktober 9, 2010, 7:29 am
  111. makasih banget pak…..
    ini tugas yang akan dikumpulkan bsok…
    mta izin copas y pak…

    Posted by ndyandra | Oktober 13, 2010, 8:41 am
  112. aku lagi nyari siklus biogeokimia besi ni…tolong dong….

    Posted by Engelce | Oktober 19, 2010, 7:57 am
  113. Asw……pak m’f y g’ minta izin dlu tk mnta ilmu’ya…smga jadi amal yang tak putus2 bwt bpak dunia dan akhirat..Amiiin..

    Posted by januarita sasni | Oktober 20, 2010, 6:35 am
  114. waahhhh……….

    klo gni enag bnget y,,,,,

    gru q bs tmbh sneng ma aq….. ;)

    Posted by nOvita | Oktober 22, 2010, 3:31 am
  115. matoR sumbah nuwon sanget dumateng seng gadah blog

    Posted by diaN | Oktober 22, 2010, 6:54 am
  116. makasih gan….
    ane jadi gak pusing pusing lagi nyari tugas ipa….
    mantap….

    Posted by aldi | Oktober 25, 2010, 3:52 pm
  117. ikut copy ea

    buat tugas ipa lingkungan…

    Posted by toni | Oktober 27, 2010, 1:16 pm
  118. pak ,,, makasih dah ngebantu belajar biologi….. thanks wat ilmunya….

    Posted by reza lutfi | Oktober 30, 2010, 6:48 am
  119. makasih bnyak,,,,,,,,,,mt terbantu dengan adanya ini

    Posted by ariksa | November 1, 2010, 4:09 am
  120. membantu nih .. makasih ..

    Posted by wulan | November 2, 2010, 7:49 am
  121. makasih banyak yah pak,tugas kuliah saya selesai dengan mudah n.n

    Posted by wima | November 3, 2010, 9:22 am
  122. thx uda bntuin gua wat bhan presentasi,,,,

    Posted by venty | November 3, 2010, 11:41 am
  123. thanks yaa…

    Posted by monica | November 6, 2010, 12:19 am
  124. kasih nama authornya dundz, biar keliatan resmi gitu, gk main2

    Posted by vera | November 9, 2010, 1:14 pm
  125. wah kebetulan donx hari nich q disuruh buat tugas guru itu……….

    Posted by ana | November 12, 2010, 10:31 am
  126. nice article, thanks bro/sis

    Posted by Nurjaya | November 17, 2010, 10:59 pm
  127. tqu ya………
    berkad artikel nya…
    tugas saya jadi lebih mudah..
    tqu

    Posted by chris | November 19, 2010, 12:45 pm
  128. bgs bnget ne wat pngetahuan. …
    hehheh
    spk tau….

    Posted by rian | November 29, 2010, 7:08 am
  129. bener thu mmang bgus….
    buat tgasskull

    Posted by nhieco | November 29, 2010, 7:09 am
  130. makasih buat artikelnya!vtambah donk penjelasannya!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Posted by dana | Desember 3, 2010, 6:20 am
  131. Thank’s ya atas informasinya…….
    Aku copy buat tugas Remidi IPA di sekolahku….
    Thank”s you very much…….

    Posted by HeyNDRa | Desember 19, 2010, 11:48 am
  132. muakasih bangetttt….
    sudah bantu mengerjakan pr, jd g’ pusing2… tinggal copy paste ja… ^_^

    Posted by student | Februari 7, 2011, 3:09 am
  133. Lumayan buat tugas bu erni

    Posted by nofriane | Februari 15, 2011, 2:05 pm
  134. waah akhirnya ketemu juga … makasih ya buat ilmunya …. thnx

    Posted by badri | Februari 19, 2011, 6:25 am
  135. trimakasi artikelnya…

    Posted by ZihYan | Maret 17, 2011, 11:32 am
  136. pak bakasih bayak aku uda copy paste ,,,tp izin sekali lg makasih pak,,

    Posted by seto | April 4, 2011, 7:03 am
  137. wah ! salut ama empunya blog :) info-infonya selalu lengkap !! Saya pengunjung rutin di blog ini loh ! :) sukses selalu yo pak

    Posted by Suci | April 10, 2011, 1:46 pm
  138. terima kasih sangat membantu pengerjaan tugas saya :)

    Posted by adian | April 11, 2011, 10:18 am
  139. Makasih y, atas informasinya.
    makaaaaaasiiiiiiiiih bnyak pak , :)

    Posted by Lusy Yana | April 12, 2011, 7:20 am
  140. bagus itu ad ky gtu …..
    perlu d tngktkn

    ank mwi
    KLASA ……..

    Posted by injiet mosses bandwit | April 12, 2011, 1:24 pm
  141. MWI TERUSSSLAH MAAJUU. . .

    HIDUUP MWI . . . .

    WAKAKAKAKAKKAKAKAKAKAKAKAAAAA
    HEHEHE

    Posted by BEGENX Oi | April 12, 2011, 1:26 pm
  142. bgus ad ky gtu,synk kurg lengkp

    perlu d tingktkn

    by
    ank mwi

    KLASA ….

    Posted by INGGIT nalendrow | April 12, 2011, 1:28 pm
  143. makasih ya, pak atas gambar-gambar daur biogeokimia ini
    sangat mudah dimengerti, dan entah kenapa 6 gambar ini adalah 6 pr yang diberikan oleh guru saya

    Posted by Ryan | April 24, 2011, 9:18 pm
  144. Trima ksh y pak bwat artikelnya, akhirnya saya bsa presentasi degn lancar dan mudah,,,,,,,,!

    Posted by Widi | April 28, 2011, 1:37 pm
  145. Terima kasih banyak artikelnya, sangat membantu tugas saya~
    Izin copas ke buku saya~~

    Posted by rizkinahayati | Mei 2, 2011, 7:15 am
  146. Trima ksh pak. Artikel ini sangat berguna. Buat tugas Bio ni hahahah :D

    Posted by Faza Yudiansyah - Kudus | Mei 3, 2011, 1:18 pm
  147. makasih pak atas info. nya .. saya jadi kebantu :) .. maksihh pak

    Posted by rizki | Mei 5, 2011, 2:47 pm
  148. mksh y pak artikel.y….

    Posted by NURII | Mei 6, 2011, 5:15 am
  149. waahhh.. mksh ya pak artikelnya.. izin copas :)

    Posted by bebe | Mei 10, 2011, 8:45 am
  150. Terima kasih pak
    saya copass pak

    Posted by Imanul Rizky | Mei 10, 2011, 10:10 am
  151. terima kasih buat artikelnya. oiya, izin ngopas ya pak. thanks :D

    Posted by flo | Mei 10, 2011, 3:47 pm
  152. thanks ya artikel nya sangat membantu banget…

    Posted by ayu | Mei 19, 2011, 10:02 am
  153. makasih banget infonya, copas yaa pak, trims :)

    Posted by bacil | Mei 19, 2011, 2:46 pm
  154. thanks bngat ea atas artikelnya!!!!
    akhirnya presentasi q jd lncar

    Posted by adawiyah tussifah hsb | Mei 22, 2011, 4:00 am
  155. wah enak banget nih…hemmm

    Posted by tyasz fatyza | Mei 22, 2011, 4:34 am
  156. kmi dari mamsapur……….mkasih tlah ad situs ni……jd gmpang deh……krjain tgas ny…….\

    Posted by ratihdian | Mei 25, 2011, 3:42 am
  157. Makasih banyak ya buat artikelnya ..
    akhirnya tugas bisa slesei pak… Thanks :D

    Posted by Anung | Mei 25, 2011, 9:48 am
  158. makasih, tugasku selesai sdh,,,,,

    Posted by ambar | Mei 31, 2011, 4:54 am
  159. trimakasih .. sanagt membantu tugas saya dihari ini :)

    Posted by nandaaa | Juni 5, 2011, 5:00 am
  160. makasih, pak…
    buat ilmunya…

    Posted by dian | Juni 6, 2011, 11:18 am
  161. nah, ini yang dicari. Materinya lebih oke daripada lainnya!

    Posted by farah | Juni 10, 2011, 1:38 pm
  162. makasih, tgas sekolah terselesaikan, hehehe

    Posted by anjar | Agustus 12, 2011, 5:09 am
  163. ijin copas gambar

    Posted by scorvgirl | Agustus 30, 2011, 1:06 am
  164. mksh bgt bwt artikel.a . jd q bsa ngrjain tgas,, :)

    Posted by resti | September 15, 2011, 5:40 am
  165. ane punya referensi ini juga lho..

    Posted by aripaiehsa | September 19, 2011, 4:10 pm
  166. untuk yang nyari bahan kuliah datang aja di blog ane

    Posted by ehsa | September 19, 2011, 4:11 pm
  167. waaahhhh kereeennn,,,
    makasi info2 nya,,,,
    tugas saia rampung,,,,
    trimakasiiiiiiii yah

    Posted by Dhevy | September 22, 2011, 12:57 pm
  168. Terimakasih Ya pak Atas Bantuan nya sehingga memper mudah saya untuk menyelesaikan tugas saya

    Posted by Dadan | September 27, 2011, 1:38 pm
  169. mohon siklus karbon dan oksigen lebih diperjelas kembali…

    Posted by bella | Oktober 4, 2011, 7:48 am
  170. sangat membantu, thanks

    Posted by Aisah Harahap | Oktober 7, 2011, 3:42 pm
  171. pak di copas g pp yaaa…..!!!

    Posted by MARNI THEA | Oktober 11, 2011, 6:30 am
  172. Makasih,,, buat artikelnya,,,dngan artikel ini saya dapat menyelesaikan tugas

    Posted by proeksti | Oktober 13, 2011, 2:05 pm
  173. terima kasih atas materi yang ada di Blog Anda,
    sehingga dapat membantu kami.. :)

    Posted by Ist | Oktober 21, 2011, 2:19 pm
  174. like, it *_^

    Posted by rizki hidayati | Oktober 22, 2011, 4:29 pm
  175. tq ya pak ^^

    Posted by Lutfan Mulki Ashidiki | Oktober 25, 2011, 12:31 pm
  176. abdi bde ukeun ngiring ngopie na,,,
    hatyr nuhun sa t acan na,,,,
    abdie ukeun bahan kangge Persentasi enjing hatur nhun

    Posted by SatriO XTM CW | Oktober 26, 2011, 2:13 pm
  177. makasih udh menambah wawasan

    Posted by bautinja | Oktober 29, 2011, 11:56 am
  178. terimakasih atas ilmunya.. semoga ilmunya bermanfaat untuk saya..

    Posted by shofi princess willy | November 6, 2011, 3:01 pm
  179. trimakasih banyak… ini sngat brmnfaat bwt tugas skolah sya… hehehe izin ngpy ya….!!!

    Posted by yudha | November 9, 2011, 12:34 pm
  180. mat0r seMbah nuw0n sangkeng kuL0 sak katah-katahipun…. ;-)

    Posted by a60ng | November 11, 2011, 7:04 am
  181. Kurang lengkap tentang semua materi tentang proses terjadinya mcm2 daur. .

    Posted by desi natalia | November 21, 2011, 3:11 am
  182. Alhamdulillah iaa,,
    tugasquu kelar juga :)

    Posted by cupy | November 21, 2011, 8:01 am
  183. ada sumbernya g?
    kalau ada boleh minta link sumbernya!!

    Posted by boedie | November 21, 2011, 8:19 am
  184. pak saya copas ya, saya dapet tugas
    makasih :)

    Posted by Rika Kartika | November 23, 2011, 12:03 pm
  185. terimakasih pak, saya lagi nyari meteri ini, izin copas…..hehehehe

    buat ulangan…..

    Posted by nugraha99 | November 25, 2011, 10:56 am
  186. maaf,saya minta ijin bwt ngopy materi ini untuk membuat makalah.
    trima kch ataz ijin dr anda

    Posted by mukti herdiana | November 27, 2011, 12:27 pm
  187. syukran ya pak tugas anak saya selesai

    Posted by hasnawat | Januari 6, 2012, 1:31 pm
  188. makasih artiklenya, saya lagi butuh bngt :)

    Posted by diva herliananda putri | Januari 7, 2012, 6:04 am
  189. Thank’s Artikelnya

    Posted by Arry A Ripa'i | Januari 16, 2012, 1:51 pm
  190. ada yg lin

    Posted by naj | Januari 25, 2012, 6:22 am
  191. Nice buat artikel ini terima kasih sudah berbagi pak! Keep writing :) post ini sangat membantu buat tugas presentasi saya. Kalo bisa diperjelas lagi pak supaya nambah pinter makasih.

    Posted by Imath Rz | Februari 25, 2012, 12:37 am
  192. saya ambil y

    Posted by JJ | Februari 27, 2012, 3:56 am
  193. Wah pas BangET pak, Sy lg carI tgAS TENTANG daur BioGeoKimia.
    Mkasih y Pak . . .

    Posted by rahmat | April 6, 2012, 9:21 am
  194. makasih buat artikelnya, sangat mmbantu. Daur biogeokimiaa masuk SKL UNAS 2012. hehe. membantu sekali.

    Posted by angsa | April 10, 2012, 4:13 pm
  195. makasih atas artikelnya…..
    sangat bermanfaat, jadi bisa nambah pengetahuan :D

    Posted by defiw | April 17, 2012, 9:18 am
  196. Wah . . , terima kasih . . , informasix lengkap sekali @indahZe :D

    Posted by IndahZe | April 17, 2012, 11:49 am
  197. materinya lengkap banget… salut dheg sama yang bikin…

    Posted by Nannha Safrianhi | April 18, 2012, 5:14 am
  198. makasihh banget atas artikelnya…. sekali lagi makasih yaaaa…. :-D

    Posted by jusfhyana | April 28, 2012, 1:17 pm
  199. Thx buat artikelnya… pleas visit my blogsite…

    Posted by Raflen Gerungan | April 30, 2012, 5:05 am
  200. Lumayan membantu tp nanti tolong bantu siklus calsium ya … :)

    Posted by Alifah | Mei 5, 2012, 12:13 pm
  201. mtur thanks buat yang bkin artkel ini.,.,mmbntu bnget.,.

    Posted by ikhsan | Mei 8, 2012, 12:18 am
  202. makasih y blog nya

    Posted by smada pekalongan | Mei 8, 2012, 7:40 am
  203. aku juga mau terima kasih kpd yang mmbuat ini………………………….

    Posted by tyan | Mei 13, 2012, 3:10 am
  204. pak mksih y selesai jgak tugas biologi nya

    Posted by rukiana audy putri | Mei 13, 2012, 7:31 am
  205. Semoga mengandung manfaat untuk kita semua

    Posted by Siti Hafsah | Mei 15, 2012, 10:51 am
  206. Makasih ya pak infonya,,,
    Bermanfaat banget nih. …

    Posted by Nashya | Mei 15, 2012, 12:37 pm
  207. thanks each Pak berkat Bapak makalah quuuh dah finish
    Semoga makin exis…………………………………………….

    Posted by Pretty andhy artha marboen | Mei 18, 2012, 1:58 pm
  208. pak guru contoh gambar yang lainnya ada ga..??

    Posted by orang batak | Mei 20, 2012, 2:07 pm
  209. makasih, buat tugas biologi nih,,

    Posted by eci | Juni 3, 2012, 5:21 am
  210. Pas lagi cari, ketemu yang cocok.
    saya ijin copas ya

    Posted by Linda | Juni 3, 2012, 7:00 am
  211. thanks

    Posted by Kevin | Juni 6, 2012, 10:41 am
  212. terima kasih atas artikelnya, untuk mencari bahan-bahan ulangan semester

    Posted by lili puspita wulandari | Juni 12, 2012, 9:04 am
  213. thankyou sir :)
    my assigment has done ..

    Posted by jacinta | Agustus 26, 2012, 9:32 am
  214. informasi yang bapak tulis sangat membantu saya dsalam mengerjakan tugas sekolah saya.

    Posted by Eva nur aprianti | September 7, 2012, 9:51 am
  215. sangat membantu…………..

    Posted by Lilis Aryyani | September 21, 2012, 7:04 am
  216. terimakasih byk pak, tgas sekolah saya selesai :)

    Posted by herlina .w. | Oktober 29, 2012, 12:26 pm
  217. daur air bukan termasuk daur biogeokimia karena dalam daur air tidak ada tahap didalamnya yang menunjukkan proses kimia (perubahan kimia)

    Posted by viki | November 6, 2012, 11:26 am
  218. wahhhhh…. pas banget nihh, q d beri tugas oleh guru’a “ttg bio” malah d cni adh..
    terima kasih eahh pk artikellll

    Posted by wahyu | November 6, 2012, 1:34 pm
  219. gua cari – cari yang kelihataan apaa tuuuuuuuuuuu

    Posted by tesa | November 12, 2012, 4:22 am
  220. mksih ea ………berkat ini tugas q bisa selesai dengan segera…thank’s ea…………..

    Posted by aschyta | November 12, 2012, 4:38 am
  221. wah, sip sip saya jg g nyari ni…..:D

    Posted by asychoerudin | November 20, 2012, 4:52 am
  222. terimakasih ya, berkat adanya artikel ini saya bisa menyalin dan bisa mengerjakan tugas PLH saya ,,,

    Posted by Muhamad Solihin | November 20, 2012, 1:13 pm
  223. makasih buat makalah artikel nya,tugas jadi ga keteteran :)

    Posted by Rafatia | Desember 3, 2012, 11:33 am
  224. terimakasih atas artikel nya,ini sangat membantu saya untuk belajar.

    Posted by Hery Hilmi (@heryhilmi) | Januari 7, 2013, 8:28 am
  225. keren + lengkap bgt nih
    makasih ya
    tugasnya jd cepat selesai :D

    Posted by ☆ Sylvia Chandra ☆ (@helenasylviac) | Januari 12, 2013, 5:44 am
  226. maksihh buat blognya(Y)

    Posted by ALFI | Januari 15, 2013, 1:15 pm
  227. makasih bwat artikel nya
    lagi perlu bwat bahan LUN besok
    thanks ^-^

    Posted by vezya rabma pirnanda | Maret 8, 2013, 5:28 am
  228. terimakasih untuk ilmu nya..bermanfaat sekali :))

    Posted by Natasa Talina | Mei 10, 2013, 8:27 am
  229. Terima kasih banyak untuk ilmu yang sangat bermanfaat ini yaa.
    Semoga bisa menjadi amal untuk penulisnya karena telah berbagi ilmu. Aamiin.
    Sekali lagi terima kasih, karena dengan blog ini tugas biologi saya Alhamdulillah sudah selesai :)

    Posted by Mia Rahmawati | Mei 21, 2013, 4:13 pm
  230. Puji Tuhan,.. :D
    Akhirnya dapat juga tentang daur oksigen dan air
    yg lumayan lengkap penyampaiannya.
    Jadi, lumayan mudah deh buat persentasinya minggu depan :D :)
    #Terimakasih #Gurungeblog

    Posted by A. Petrus F. N. | Maret 1, 2014, 12:17 pm

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BLOG ini merupakan bentuk ungkapan TERIMA KASIH, seorang alumni/siswa ( I KETUT DIANA ADHI,S.KOM aka kuncunk, kepada bapak/ibu guru khususnya SMU 1 Melaya, Jembrana, Bali yang telah memberi berbagai ilmu selama saya belajar di sekolah tercinta..Jasa bapak / ibu guru tidak akan saya lupakan
Untuk materi, mohon maaf sebesar besarnya, karena basic saya yang cuma orang IT/ computer science, dan cuma bisa mengumpukan bahan dan materi ajar dan menyajikan dalam sebuah BLOG..
Saya merasa materi yang disajikan banyak kekurangannya, mudah mudahan saran dan kritik pengunjung bisa membuat blog ini berguna bagi pendidikan Indonesia..

Mudah mudahan blog ini bisa menjadi motivasi bagi pendidik untuk lebih bisa memanfatkan media IT demi kemajuan pendidikan Indonesia.

MAJU TERUS PENDIDIKAN INDONESIA

Kunjungi Paket Liburan ke Bali

Statistik

  • 7,959,991 hits
Education Sites Catalog
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 140 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: