//
you're reading...
Klasifikasi

Bakteri – Ciri ciri, Struktur, Perkembangbiakan, Bentuk dan Manfaatnya


bakteri

bakteri

Bakteri merupakan organisme yang paling banyak jumlahnya dan lebih tersebar luas dibandingkan mahluk hidup yang lain .
Bakteri memiliki ratusan ribu spesies yang hidup di darat hingga lautan dan pada tempat-tempat yang ekstrim.
Bakteri ada yang menguntungkan tetapi ada pula yang merugikan. Bakteri memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan mahluk hidup yang lain. Bakteri adalah organisme uniselluler dan prokariot serta umumnya tidak memiliki klorofil dan berukuran renik (mikroskopis).

Ciri-ciri Bakteri
Bakteri memiliki ciri-ciri yang membedakannnya dengan mahluk hidup lain yaitu :
1. Organisme multiselluler
2. Prokariot (tidak memiliki membran inti sel )
3. Umumnya tidak memiliki klorofil
4. Memiliki ukuran tubuh yang bervariasi antara 0,12 s/d ratusan mikron umumnya memiliki ukuran rata-rata 1 s/d 5 mikron.
5. Memiliki bentuk tubuh yang beraneka ragam
6. Hidup bebas atau parasit
7. Yang hidup di lingkungan ekstrim seperti pada mata air panas,kawah atau gambut dinding selnya tidak mengandung peptidoglikan
8. Yang hidupnya kosmopolit diberbagai lingkungan dinding selnya mengandung peptidoglikan

Struktur Bakteri

Struktur bakteri terbagi menjadi dua yaitu:
1. Struktur dasar (dimiliki oleh hampir semua jenis bakteri)
Meliputi: dinding sel, membran plasma, sitoplasma, ribosom, DNA, dan granula penyimpanan
2. Struktur tambahan (dimiliki oleh jenis bakteri tertentu)
Meliputi kapsul, flagelum, pilus, fimbria, klorosom, Vakuola gas dan endospora.

Struktur dasar sel bakteri

struktur-bakteri1

struktur-bakteri1

Struktur dasar bakteri :
1. Dinding sel tersusun dari peptidoglikan yaitu gabungan protein dan polisakarida (ketebalan peptidoglikan membagi bakteri menjadi bakteri gram positif bila peptidoglikannya tebal dan bakteri gram negatif bila peptidoglikannya tipis).

2. Membran plasma adalah membran yang menyelubungi sitoplasma tersusun atas lapisan fosfolipid dan protein.

3. Sitoplasma adalah cairan sel.

4. Ribosom adalah organel yang tersebar dalam sitoplasma, tersusun atas protein dan RNA.

5. Granula penyimpanan, karena bakteri menyimpan cadangan makanan yang dibutuhkan.

granula

granula

Struktur tambahan bakteri :

1. Kapsul atau lapisan lendir adalah lapisan di luar dinding sel pada jenis bakteri tertentu, bila
lapisannya tebal disebut kapsul dan bila lapisannya tipis disebut lapisan lendir. Kapsul dan lapisan lendir tersusun atas polisakarida dan air.

2. Flagelum atau bulu cambuk adalah struktur berbentuk batang atau spiral yang menonjol dari dinding sel.

3. Pilus dan fimbria adalah struktur berbentuk seperti rambut halus yang menonjol dari dinding sel, pilus mirip dengan flagelum tetapi lebih pendek, kaku dan berdiameter lebih kecil dan tersusun dari protein dan hanya terdapat pada bakteri gram negatif. Fimbria adalah struktur sejenis pilus tetapi lebih pendek daripada pilus.

4. Klorosom adalah struktur yang berada tepat dibawah membran plasma dan mengandung pigmen klorofil dan pigmen lainnya untuk proses fotosintesis. Klorosom hanya terdapat pada bakteri yang melakukan fotosintesis.

5. Vakuola gas terdapat pada bakteri yang hidup di air dan berfotosintesis.

6. Endospora adalah bentuk istirahat (laten) dari beberapa jenis bakteri gram positif dan terbentuk didalam sel bakteri jika kondisi tidak menguntungkan bagi kehidupan bakteri. Endospora mengandung sedikit sitoplasma, materi genetik, dan ribosom. Dinding endospora yang tebal tersusun atas protein dan menyebabkan endospora tahan terhadap kekeringan, radiasi cahaya, suhu tinggi dan zat kimia. Jika kondisi lingkungan menguntungkan endospora akan tumbuh menjadi sel bakteri baru.

Bentuk Bakteri

Bentuk dasar bakteri terdiri atas bentuk bulat (kokus), batang (basil),dan spiral (spirilia) serta terdapat bentuk antara kokus dan basil yang disebut kokobasil.

Berbagai macam bentuk bakteri :

1. Bakteri Kokus :

kokus

kokus

a. Monokokus
yaitu berupa sel bakteri kokus tunggal
b. Diplokokus
yaitu dua sel bakteri kokus berdempetan
c. Tetrakokus yaitu empat sel bakteri kokus berdempetan berbentuk segi empat.
d. Sarkina yaitu delapan sel bakteri kokus berdempetan membentuk kubus
e. Streptokokus yaitu lebih dari empat sel bakteri kokus berdempetan membentuk rantai.
f. Stapilokokus yaitu lebih dari empat sel bakteri kokus berdempetan seperti buah anggur

2. Bakteri Basil :

basil

basil

a. Monobasil
yaitu berupa sel bakteri basil tunggal

b. Diplobasil yaitu berupa dua sel bakteri
basil berdempetan

c. Streptobasil yaitu beberapa sel bakteri basil berdempetan membentuk rantai

3. Bakteri Spirilia :

spirilia

spirilia

a. Spiral yaitu bentuk sel bergelombang

b. Spiroseta yaitu bentuk sel seperti sekrup

c. Vibrio yaitu bentuk sel seperti tanda baca koma

Alat Gerak Bakteri

Alat gerak pada bakteri berupa flagellum atau bulu cambuk adalah struktur berbentuk batang atau spiral yang menonjol dari dinding sel. Flagellum memungkinkan bakteri bergerak menuju kondisi lingkungan yang menguntungkan dan menghindar dari lingkungan yang merugikan bagi kehidupannya.
Flagellum memiliki jumlah yang berbeda-beda pada bakteri dan letak yang berbeda-beda pula yaitu

1. Monotrik : bila hanya berjumlah satu
2. Lofotrik : bila banyak flagellum disatu sisi
3. Amfitrik : bila banyak flagellum dikedua ujung
4. Peritrik : bila tersebar diseluruh permukaan sel bakteri

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Bakteri

Pertumbuhan pada bakteri mempunyai arti perbanyakan sel dan peningkatan ukuran populasi.
Faktor–faktor yang mempengaruhi pertumbuhan bakteri atau kondisi untuk pertumbuhan optimum adalah :

1. Suhu
2. Derajat keasaman atau pH
3. Konsentrasi garam
4. Sumber nutrisi
5. Zat-zat sisa metabolisme
6. Zat kimia

Hal tersebut diatas bervariasi menurut spesies bakterinya.

Cara Perkembangbiakan bakteri:
Bakteri umumnya melakukan reproduksi atau berkembang biak secara aseksual (vegetatif = tak kawin) dengan membelah diri. Pembelahan sel pada bakteri adalah pembelahan biner yaitu setiap sel membelah menjadi dua.

Reproduksi bakteri secara seksual yaitu dengan pertukaran materi genetik dengan bakteri lainnya.
Pertukaran materi genetik disebut rekombinasi genetik atau rekombinasi DNA.

Rekombinasi genetik dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu:

1. Transformasi adalah pemindahan sedikit materi genetik, bahkan satu gen saja dari satu sel bakteri ke sel bakteri yang lainnya.

transformasi

transformasi

2. Transduksi adalah pemindahan materi genetik satu sel bakteri ke sel bakteri lainnnya dengan perantaraan organisme yang lain yaitu bakteriofage (virus bakteri).

transduksi

transduksi

3. Konjugasi adalah pemindahan materi genetik berupa plasmid secara langsung melalui kontak sel dengan membentuk struktur seperti jembatan diantara dua sel bakteri yang berdekatan. Umumnya terjadi pada bakteri gram negatif.

konjugasi

konjugasi

Peranan Bakteri

Dalam kehidupan manusia bakteri mempunyai peranan yang menguntungkan maupun yang merugikan.
Bakteri yang menguntungkan adalah sebagai berikut :
1. Pembusukan (penguraian sisa-sisa mahluk hidup contohnya Escherichia colie).
2. Pembuatan makanan dan minuman hasil fermentasi contohnya Acetobacter pada pembuatan asam cuka, Lactobacillus bulgaricus pada pembuatan yoghurt, Acetobacter xylinum pada pembuatan nata de coco dan Lactobacillus casei pada pembuatan keju yoghurt.
3. Berperan dalam siklus nitrogen sebagai bakteri pengikat nitrogen yaitu Rhizobium leguminosarum yang hidup bersimbiosis dengan akar tanaman kacang-kacangan dan Azotobacter chlorococcum.
4. Penyubur tanah contohnya Nitrosococcus dan Nitrosomonas yang berperan dalam proses nitrifikasi menghasilkan ion nitrat yang dibutuhkan tanaman.
5. Penghasil antibiotik contohnya adalah Bacillus polymyxa (penghasil antibiotik polimiksin B untuk pengobatan infeksi bakteri gram negatif, Bacillus subtilis penghasil antibioti untuk pengobatan infeksi bakteri gram positif,Streptomyces griseus penghasil antibiotik streptomisin untuk pengobatan bakteri gram negatif termasuk bakteri penyebab TBC dan Streptomyces rimosus penghasil antibiotik terasiklin untuk berbagai bakteri.
6. Pembuatan zat kimia misalnya aseton dan butanol oleh Clostridium acetobutylicum
7. Berperan dalam proses pembusukan sampah dan kotoran hewan sehinggga menghasilkan energi alternatif metana berupa biogas. Contohnya methanobacterium
8. Penelitian rekayasa genetika dalam berbagai bidang.sebagai contoh dalam bidang kedokteran dihasilkan obat-obatan dan produk kimia bermanfaat yang disintesis oleh bakteri, misalnya enzim, vitamin dan hormon.

Bakteri yang merugikan sebagai berikut :

1. Pembusukan makanan contohnya Clostridium botulinum
2. Penyebab penyakit pada manusia contohnya Mycobacterium tuberculosis ( penyebab penyakit TBC ), Vibrio cholerae ( penyebab kolera atau muntaber ), Clostridium tetani (penyebab penyakit tetanus ) dan Mycobacterium leprae (penyebab penyakit lepra )
3. Penyebab penyakit pada hewan contohnya Bacilluc antrachis (penyebab penyakit antraks pada sapi )
4. Penyebab penyakit pada tanaman budidaya contohnya Pseudomonas solanacearum (penyebab penyakit pada tanaman tomat, lombok, terung dan tembakau) serta Agrobacterium tumafaciens (penyebab tumor pada tumbuhan)

About these ads

Diskusi

265 thoughts on “Bakteri – Ciri ciri, Struktur, Perkembangbiakan, Bentuk dan Manfaatnya

  1. Promosikan artikel anda di infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema,Musikgue,game onlineuntuk para netter Indonesia. Salam!
    kesehatan.infogue.com/bakteri_ciri_ciri_struktur_perkembangbiakan_bentuk_dan_manfaatnya

    Posted by asuna17 | November 19, 2008, 4:12 am
  2. trims atas cd biologinya,saya tunggu ,oke

    Posted by helmi | November 27, 2008, 7:36 am
  3. NUMPANG LWT, MO NYARI TGS

    Posted by IAN FEKON 07 | Januari 18, 2009, 6:20 am
  4. aku mau tanya…
    kira2 bakteri apa yang ada di lumpur lapindo?
    dan bagaimana cara mndapatkan ekstraksi sampel supaya dapat memelihara bakteri ato mikrobiologi dari lumpur tersebut…
    tolong saya

    Posted by shinta | Februari 11, 2009, 7:06 pm
  5. menambahkan…
    zat apa saja yang saya perlukan

    apakah ada usulan yang lain tentang tugas saya?

    Posted by shinta | Februari 11, 2009, 7:08 pm
  6. thx bwt info-a,tp klo bs sertakan jg ciri2 morfologi n fisìologi pd stiap bakteri. . .succes

    Posted by jonì | Maret 18, 2009, 10:16 am
  7. TriMs bWt inFo y…..

    Posted by Redo | Maret 29, 2009, 12:26 am
  8. bakteri itu multisel atau unisel??

    Posted by Sita | April 13, 2009, 2:15 pm
  9. Maaf..

    Saya mau tanya.Kalau bakteri
    yg hidup pd pH kurang dr 4 i2 apa ya?

    Soalnya aku lg neliti bakteri yg ada ada pada pH kurang dr 4.
    Jd bentuk bakterinya i2 basil,tqus rantainya itu 2,warna nya abu2..

    Kira2 i2 bakteri apa ya?
    Mohon jwban dan penjelasannya ya…

    Trims..

    Posted by Tri zulistiana | April 16, 2009, 2:44 pm
  10. terlalu umum

    Posted by abu | Mei 12, 2009, 4:12 pm
  11. makacihyach

    Posted by ha'is | Juni 11, 2009, 2:56 am
  12. numpang tanya kira-kira lapindo mengandung bakteri apa ?

    Posted by boy | Juni 24, 2009, 3:46 am
  13. apa itu bakteri kokobasil? terima kasih

    Posted by nani | Juli 2, 2009, 4:10 am
  14. thnks ya……….!!!!!!!!
    semua pr aku jadi bisa ciap….,,,,,,,,

    Posted by intan | Agustus 6, 2009, 9:37 am
  15. haha mkaseh

    Posted by devh_ea imoutzZ | Agustus 24, 2009, 6:36 am
  16. trima kasih

    Posted by irfan | Agustus 30, 2009, 2:04 pm
  17. wah makasih banget infonya

    Posted by Werstant | September 3, 2009, 6:30 am
  18. mo nanya nikh…. metabolit sekunder bakteri yang bermanfaat namanya apa dan golongan apa ( apa ada yg termasuk poliketida) serta dari species apa….tx yaa u infonya.

    Posted by ningrum | September 7, 2009, 12:35 pm
  19. Thankz y atazz inform..

    Posted by Livia | September 9, 2009, 12:17 pm
  20. apa aja sih pembagian bakteri?

    Posted by floris wardani | September 10, 2009, 3:01 am
  21. . Aku cuma mau nanya,sebenarnya apa bakteri dan monera itu sama.tolong jelaskan dan apa saja contoh pengelompokan bakteri atas dasar gram positif? ?

    Posted by Lhyna | September 13, 2009, 3:14 am
  22. makasih soalnya saya lagi butuh buat tugas

    Posted by leksonowahyu | September 16, 2009, 6:53 am
  23. wah makasih banget blogya ini sangat membantu

    Posted by alyssa | September 19, 2009, 4:01 am
  24. ny bGus, coZ da pKe’ bljR…. jDkan g rpOt….!!!!!!! he…he….he

    Posted by nana | September 22, 2009, 12:33 am
  25. saya mau tanya, gimana sih cara mencari jumlah bakteri dalam 1 jam?

    Posted by charlie alvionita | September 26, 2009, 4:01 am
  26. bagi saya apa yg tertera diatas kurang. alangkah baikx di lengkapi

    Posted by rama irawan | September 28, 2009, 12:36 pm
  27. maaf??? bisa tolong ditambahkan siklus hidup bakteri???

    virus kan ada siklus hidupnya, kenpa bakteri tidak dijelaskan??
    saya sudah mencari di seluruh web dan blog yang ada namun sejauh yang saya cari belum da yang menjelaskan …

    Posted by Matta | September 30, 2009, 12:53 pm
  28. yaya…
    lumayan jelas…..

    Posted by fifi | Oktober 1, 2009, 7:29 am
  29. isinya samaaaa banget sama buku paket saya…

    Posted by .iin | Oktober 1, 2009, 11:53 am
  30. aku mau tanya apa perbedaan bakteri abiotik

    Posted by faosal | Oktober 2, 2009, 2:34 am
  31. aku mau tanya kalo apa yang dimaksud dengan bakteri abiotik

    Posted by faosal | Oktober 2, 2009, 2:37 am
  32. matturrrrrrrr nuwun yo………………….

    Posted by ela | Oktober 4, 2009, 4:17 am
  33. . kalo ciri.ciri , peranan nd manfaat bakteri rhizobium leguminosarum apa ?

    Posted by lelly naraswary | Oktober 5, 2009, 12:03 pm
  34. membantu bangedt!!makacii eaa…

    Posted by adeL M.J | Oktober 7, 2009, 1:05 pm
  35. Sungguh agung ciptaanNYA,bakteri sekecil itu dg sel2 membentuknya,sungguh luar biasa untuk dipelajari…SUNGGUH TUHAN MAHA AGUNG

    Posted by lanee | Oktober 8, 2009, 11:34 am
  36. Mengapa bakteri i2 aDa d mAna2 ? ? ?

    TloNg donk’penJeLaSanX…………………………….

    Posted by Cha_Cha | Oktober 11, 2009, 10:37 am
  37. kebetuln aku adda pel gini nech….
    jadi aku bisa tahu lebih detail about bacteria.

    thx for all

    Posted by abel | Oktober 11, 2009, 2:51 pm
  38. Thanks y materix, ckup membantu dlm kerja tugas biologiQ

    Posted by hadi abdurrahman | Oktober 12, 2009, 10:00 am
  39. duh…………………………………………..
    bgus skaleeeeeeeeeeeeeeee……………………….
    hhe………….
    menambah ilmu q nieeeeeeeeeeeeeee………………..
    google mank pling top markotopppppppppppppp……….
    wkwkwkwkwkwkwkwkwkwk……………………………
    thx,yachhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh………………

    Posted by novita | Oktober 14, 2009, 11:42 am
  40. wadauw,google.
    skg gw jd tw ttg bakteri..
    loe mank hbat..
    hhe..
    gggggggggggggggggggoooooooooooooooooooooooooooodddddddddddddddddddddddddddddd…………………

    Posted by irenne | Oktober 14, 2009, 11:47 am
  41. bakteri pada nodul akar bentuknya kayak apa ya

    Posted by YOSHI | Oktober 15, 2009, 6:03 am
  42. bentuk bakteri rhizobium gimana sih

    Posted by Yanie | Oktober 15, 2009, 6:06 am
  43. tolong kasih contoh – contoh nya dong yg bentuk – bentuk bakteri

    Posted by d | Oktober 15, 2009, 7:59 am
  44. kasih referensinya dunk…
    lam kenal quw puput… UPH’08

    Posted by getsemanny monica puput | Oktober 17, 2009, 1:02 pm
  45. hado
    akko mau cariie tugas tentang BAKTERI eunx
    SADDAP buagedt tugasnya

    iuuuuuuuuuuuu …………… ahhhhhhhhhhhhhh ……………. geboyyyyyyyyyyyyyy mank

    Posted by wini | Oktober 20, 2009, 2:16 am
  46. Pa bnar Bordetella pertusis disebabkan krn hbgn antra bakteri n penyakit?
    so, pa alsnnya?

    Posted by ANGGRAINI P.D | Oktober 20, 2009, 10:57 am
  47. maksih yak tugsku jd cpet slesai,,, top bgt deh…???//

    Posted by diah | Oktober 20, 2009, 9:03 pm
  48. bakteri keren jga…
    thanks ilmunya..

    doain akuw masuk IPA… huahahaha

    Posted by banyaktanya89 | Oktober 22, 2009, 2:16 pm
  49. tx bged ea tgas qh d skul jd ringan dhe …
    hehehe

    Posted by lhya | Oktober 25, 2009, 9:42 am
  50. thanks bangett yahh :)
    bagus buat nambah ilmu!

    Posted by inda | Oktober 25, 2009, 1:48 pm
  51. makasih bgt
    infonya sangat membantu

    Posted by fareza | Oktober 26, 2009, 11:33 am
  52. makasih banyak ya …, tugas ku jadi selesai nih …, (0v0)

    Posted by endarien | Oktober 28, 2009, 12:26 pm
  53. hey smart blog

    Posted by nn | November 1, 2009, 12:09 pm
  54. 4da y9 Tt9 pR0t1sTa 9ax?

    Posted by M3yhT4 | November 1, 2009, 12:12 pm
  55. Tq YAh….
    tGas q SleSE….
    ^^V

    Posted by DcHa | November 4, 2009, 9:25 am
  56. thanx dgn niie gwbsa ngrjaentd tgghas drii ckhollakh

    Posted by nurrul | November 6, 2009, 2:59 am
  57. tolong dong munculin materi tentang bakteri yang lebih lengkap

    Posted by aminnudin | November 10, 2009, 9:11 am
  58. hahahahaha…………….
    akhirx tgs seles jg……….

    buat anak2 smk jangan online trus
    khususnya dhany,hendrik,erens,marcopolo,brian,reno……………………
    nanti lutut kering lg……………

    Posted by boy | November 11, 2009, 4:07 am
  59. Wah,tulsn na bgus bnget…:)

    Posted by Saharudinbocem | November 11, 2009, 11:06 am
  60. wah penjelasantentang bakteri ini sangat bagus! tapi kalau penjelasannya lebih lengkap dan terperici itu lebih wah lagi.

    Posted by fauzan | November 14, 2009, 12:13 pm
  61. thanks ia….
    buad infonya….

    Posted by lionita | November 15, 2009, 7:18 am
  62. terimakasih ya… lumayan buat nambah2 bahan laporan praktikum saya…
    makasih…

    Posted by Tio merauke | November 15, 2009, 12:28 pm
  63. Hy. .
    Ehm. .
    CntoH Dr oR6aN2 bkTeri pA Ge y. .slaen rib0s0m

    Posted by RasYa | November 17, 2009, 7:39 am
  64. makasih tapi blum semua tugas aku selesai.
    apa ada lampiran yang berisi soal2 mengenai bakteri ya??? mohon di jawab….

    Posted by andy | November 17, 2009, 11:51 am
  65. Trim`s banget yeah,,
    tugas-tugas sekolah Jadi Nga` bKn Pusing 7 keliling lg..
    skali lg tRim`s ,,, Cayooo..^_^

    Posted by MIftAHUl JannAh | November 18, 2009, 12:34 am
  66. Mksiih yaahh..

    Posted by Phiifitrah | November 18, 2009, 2:10 am
  67. makasih, qm sekarang msh mengerjakan makalah mengenai ciri & bentuk bakteri,,

    Posted by Nur | November 22, 2009, 10:19 pm
  68. makacih yaahh…sekarang tugasku udah beres nich…!!!(oyong)

    Posted by nurul or oyong | November 25, 2009, 9:18 am
  69. thx z dah membantu q dlm pembuatan tugaz………….

    Posted by heboh banget | November 27, 2009, 2:45 am
  70. wowww….
    lengkap bangett..
    thankss yahh..
    tgass akuu jdi selesai dehhh berat bantuan kaliann…
    thankss guyss…
    pengetahuann kuu jdi tambahh banyakk…:))

    Posted by tasya indri | November 29, 2009, 2:06 pm
  71. makasih tgs q jd slsi dan jelas dngn keteranganx

    Posted by ijon ganteng | November 30, 2009, 9:47 am
  72. makasih ya wad ilmunya!

    Posted by Yal.. | Desember 1, 2009, 11:17 am
  73. numpang lewat yh ..
    nyarii tugass niee .. :p

    Posted by eriza | Desember 2, 2009, 12:12 pm
  74. bagaimana cara perkembangbiakan bakteri L. bulgaricus??
    thx b4

    Posted by orryza | Desember 4, 2009, 10:10 am
  75. thanks so much bwat artikelnya jd krang q bsa nyelesain tgas” q.!!!!!!!

    Posted by boy | Desember 9, 2009, 7:48 am
  76. kalau bisa dibuat kolom tanya jawab. ^^

    Posted by takagi | Desember 10, 2009, 12:19 pm
  77. Makasih ya ilmunya

    Posted by novriadi | Januari 13, 2010, 8:55 am
  78. makasih bgt yah,,dah ngebantu tugas aku. mg makin sukses deh,,,

    Posted by ika murtini | Februari 18, 2010, 4:59 am
  79. tengkyu infonya

    Posted by j1e108048 | Maret 6, 2010, 10:58 am
  80. makasi atas infonya…

    Posted by uthy | Maret 16, 2010, 2:34 pm
  81. makasih iaa ^_^

    Posted by Mely | Maret 27, 2010, 4:57 am
  82. makasih banyak ya……….. tugas saya jadi kelar nih.
    he………….he……….he…. sekali lagi thank

    Posted by GANI | Maret 28, 2010, 12:00 pm
  83. Duh untung penjelasanx lengkap cos nie sngat mmbntu sy…..

    Posted by unhie | April 21, 2010, 3:45 am
  84. bakteri kalo di injak bisa mati gak

    Posted by bagus ganteng | Mei 5, 2010, 11:13 am
  85. teknik pewarnaan bakteri gram dalam praktek perlu adanya penyiapan umur kultur yang tepat dan waktu perwarnaan perludiperhatikan supaya pewarnan gram berhasil

    Posted by dede juanda | Mei 14, 2010, 9:06 am
  86. apa pengertian dari bakteri dan sebutkan klasifikasi.

    Posted by lina | Mei 17, 2010, 1:52 pm
  87. minta soal juga yaa

    Posted by izmi | Mei 28, 2010, 12:07 pm
  88. yang dimaksud bakteri gram positif n negatif tu apa sh?

    Posted by uput afikasari | Juni 7, 2010, 2:40 am
  89. buagus bangueth !!!!!!!!!!!!!!!!!!!! ilmu ini berguna banget bagi anak pelajar saperti saya ! n bisa ta,bah pengetahuan tentang ilmu baru ! sring-sering aja mostingin ilmu2 kayak beginian pasti kan bisa bermanfaat bagi orang lain ! skali lagi makasih yaaw ! cayo !!!!!

    Posted by bahry | Juni 17, 2010, 1:17 am
  90. hmm. . . gua mau tanya,,.. .
    bakteri pngikat nitrogen yg hidup bersimbiosis dengan polong polongan??
    di jwb yua ..

    Posted by Riri Rikma Ratri | Juni 27, 2010, 5:43 am
  91. ada ciri-ciri khusus nyamuk gak!
    ?????????

    Posted by priska riska | Juli 19, 2010, 1:13 pm
  92. aq mau nanya..
    bakteri termasuk dalam golongan apa,hewan atau tumbuhan..???

    Posted by inna | Juli 21, 2010, 9:21 am
  93. aku mau nanya,,kalau bakteri itu termasuk ke dalam hewan apa tumbuhan??soalnya aku dapat tugas dari sekolah,,

    Posted by Rina | Juli 30, 2010, 6:57 am
  94. Thanks infonya

    Posted by crocodilusdaratensis | Agustus 1, 2010, 1:33 am
  95. makasih.,,,,bgs bgtt..

    Posted by FIFI | September 4, 2010, 7:14 am
  96. mkasih ea sgt membantu tugas biology quw . . . .:D

    Posted by hanif | September 19, 2010, 8:27 am
  97. bisa dijelasin ga fungsi dari setiap strktur bakteri?? thx

    Posted by dwi | September 19, 2010, 3:39 pm
  98. thx ya atas informasi x . . .
    sekarang aq udah selesai ngerjain pr biologi q . . .
    hehehehehe

    Posted by suzan | September 22, 2010, 1:41 pm
  99. terima kasih sangat tas penjelasannye, now,krja rumeh sye finish,, thx a lot

    Posted by tam sebastian | September 24, 2010, 3:38 am
  100. exelent……tingkiuw bgt blog_y bantuin ak bwt ngisi tugas….

    Posted by sona | September 27, 2010, 6:44 am
  101. bagus sekali

    Posted by stefanus bintang | September 28, 2010, 11:59 am
  102. thank’z each,pr q clecai dech,,,^_^

    Posted by minda | September 30, 2010, 12:18 pm
  103. klo yang lainnya da gk … bakteri yg menguntungkan

    Posted by sya'bani | September 30, 2010, 12:26 pm
  104. tolong perjelas pnyakit apa saja yg ditimbulkan oleh bakteri

    Posted by winenz | Oktober 3, 2010, 7:01 am
  105. hmmmmmmmm……….
    txta blajar biologi nie asyik jja yupzzz…..

    tq ataz infox ttg bakteri yach,,,
    cx tanpa ada info ene,because nie bntu aq bnget lho………’

    Posted by rahma_doank | Oktober 9, 2010, 9:18 am
  106. trimakasih banyak y,…wo lengkap banget,…

    Posted by viano | Oktober 10, 2010, 7:34 am
  107. trim atas infonya..
    ngebantu banget!!!!!

    Posted by giovani anggasta | Oktober 10, 2010, 10:46 am
  108. mkcih wat helpnya,,,,
    so,,,,tgazqyu ciap dddd…………………..

    Posted by nova amelia | Oktober 11, 2010, 3:05 am
  109. thanks ya catatan nya . Catatan ini sangat membantu saya untuk menghadapi ulangan harian

    Posted by arfan | Oktober 12, 2010, 1:04 pm
  110. thanks ia . tugas jdi aga ringen dh gag puyenk . hhe

    Posted by sinura | Oktober 14, 2010, 9:29 am
  111. eh hti2 yach am bkteri
    cox nya myebab kand penyakt

    Posted by kartini | Oktober 14, 2010, 11:43 am
  112. 1. Apakah hasil reproduksi aseksual & seksual berbeda?

    2. faktor apa saja yg membuat bakteri tidak berkembang biak 20 menit sekali?

    kalo bisa dijawab hari ini ya om.. kirim ke agus_dewanto95@yahoo.com

    Posted by Agus | Oktober 14, 2010, 11:53 am
  113. mantap lengkap ……………….

    Posted by rani | Oktober 14, 2010, 1:31 pm
  114. horeeee….
    tmbahan buat tugass aqu…

    Posted by nocaz | Oktober 15, 2010, 4:39 am
  115. Gmn cara membuat hasil mutan dari penggabungan bakteri sehingga menghasilkan bakteri baru atau antibiotik yang mampu membunuh virus,,.,.

    N,,
    Anti bodi tubuh itu terdiri apa saja dan gmn cara bwt duplikat anti bodi ?????? {thanks}

    Posted by kids | Oktober 19, 2010, 11:55 am
  116. Terima kasih blog ini sangat membantu saya.

    Posted by Rizki Riyanti | Oktober 19, 2010, 3:38 pm
  117. makasih atas infonya…. :)

    Posted by Wirda | Oktober 20, 2010, 12:59 am
  118. maksih banyak… artikelx sangat mmbantu sy …
    numpang copy paste yhhh … :)

    Posted by icha | Oktober 21, 2010, 5:19 am
  119. thanks yach informasinya,..

    Posted by iin aulia febrina | Oktober 23, 2010, 10:42 am
  120. bakteri itu termasuk tumbuhan atau hewan
    atau tidak termasuk kedua2 nya..
    trims ilmunya..

    Posted by supiyanto hadi subroto | Oktober 26, 2010, 3:58 am
  121. fungsinyaje kwn

    Posted by russel | Oktober 27, 2010, 1:51 pm
  122. thanks bro, bntu bngt wat bahan ujian

    Posted by maulida | Oktober 31, 2010, 7:26 am
  123. kurngg bnykk info ny hahahaaa

    Posted by putrii_o22 | Oktober 31, 2010, 11:48 am
  124. mkch iia wlau gag hfl..:-*

    Posted by vhe | November 1, 2010, 6:01 am
  125. weh.weh…weh …. google emang the best ….!!!!! thenx uu .

    Posted by iezthae | November 2, 2010, 7:38 am
  126. eh! kamunya, mksh ya udh bkn blog ini sehingga aku bia ngerjain tuga :)

    Posted by amelia weber | November 2, 2010, 7:42 am
  127. terima kasih infonya..

    bermanfaat sekali..

    tolong dibahas juga tentang bakteri e coli ya,
    mulai struktur sampai reproduksinya..

    terima kasih =D

    Posted by LeeLLii | November 2, 2010, 10:13 am
  128. thankz yea zmua tgas qoe bza tjwab zmua…..
    klo kgak kna mrah plus bkin tgas 2x lpatt

    Posted by suchi wulandari minannisa | November 2, 2010, 1:02 pm
  129. lebih patogen mana antara bakteri gram positif dengan bakteri gram negatif

    Posted by erny toyibatun | November 3, 2010, 9:16 am
  130. makasih ya google……… berkat lo tugas ku jd berkurang

    Posted by dheniiex puri silvia | November 3, 2010, 12:27 pm
  131. syalommm
    thanks atas ilmux
    akhirx aq bsa mnjwab soal dri bpak guruq

    Posted by ayat pomalingo al-falah | November 8, 2010, 5:36 am
  132. oke banget……………………
    tugas selesai

    Posted by gius | November 8, 2010, 7:38 am
  133. infonya beneran sangat keren!!!!! >< inilah yang aku perluin,
    wess satu blog ini aja, udah mewakilin semuanya,,
    ^^ terimakasih sebanyak sebanyaknya,,,
    moga anda mendapat pahala sebagai amal jariyah ^^
    iri saya,, -_-
    cccckcckkk

    Posted by dini | November 8, 2010, 11:10 am
  134. suka ma yang beginian………………………….

    Posted by gius | November 9, 2010, 3:41 am
  135. lanjutkan………………………….

    Posted by gius | November 9, 2010, 3:51 am
  136. adu seneng banget rasa nya bisa lihat baktry yg sesuguh x………

    Posted by serty | November 12, 2010, 3:39 am
  137. makasi makasi

    Posted by fyerma | November 15, 2010, 5:39 am
  138. bermanfaat banget…
    aku mhon doanya ya….. smoga nnti stelah kenaikan kelas XI, aku dapat masuk ke jurusan IPA amin…………..
    please aku mohon doa n dukungannya ya… :)

    Posted by meida prefik | November 16, 2010, 10:30 am
  139. bagaimana cara pembelahan virus

    Posted by ahmad yani | November 24, 2010, 3:20 am
  140. tolong di buat daftar pustaka nya mas…biar kami lebih memahami……thank banget ya atas kerja sama terima kasih

    Posted by yusuf | Desember 4, 2010, 1:05 pm
  141. mksih yyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy.

    Posted by meli | Desember 4, 2010, 2:36 pm
  142. apa yah obat untuk menghilangkn penyakit virus

    Posted by dewi | Desember 11, 2010, 12:57 pm
  143. so goooooooooooooooooddddddddddddddddddddd

    Posted by puput | Desember 26, 2010, 11:28 am
  144. Makasih Yahhh… Guru Ngeblok…
    Jadi’a Tugas Aq da Syap
    Thanks ea…

    Posted by Sally | Januari 19, 2011, 8:13 am
  145. Thank BngeT TazZz InFo x :-)

    Posted by Di'az 'kapensis' | Januari 22, 2011, 9:54 pm
  146. Wahhhh BrguNa BngeT,,Thank TazZz InFo x :-)

    Posted by Di'az 'kapensis' | Januari 22, 2011, 9:56 pm
  147. alhamdulilah. . . . . . . .tgas q jdi cpet selesai ne…….? makash dwnyak yah….

    Posted by deni | Februari 3, 2011, 9:03 am
  148. trimakash atas infony… Saya jd memahami apa yang namany bakteri.

    Posted by zhie onk czr | Februari 13, 2011, 11:32 am
  149. thx ea tugas gue dach lzee neeech..,,

    Posted by vita | Maret 10, 2011, 6:01 am
  150. apa arti konjugasi

    Posted by arta prima | April 18, 2011, 7:20 am
  151. thanks bangett yahh :)
    bagus buat nambah ilmu!wadauw,google.
    skg gw jd tw ttg bakteri..
    loe mank hbat..
    hhe..

    Posted by Abdul Aziz Muslim | April 19, 2011, 8:02 am
  152. wah……infonya penting banget nih…bisa nambah pengetahuan tentang kesehatan kita….kedepan dilengkapi yah….

    Posted by Teguh Satria | Juni 1, 2011, 2:27 am
  153. terimakasih atas ilmu pengetahuan nya mudah-mudahan bermanfaat amiin

    Posted by aa | Juni 6, 2011, 7:00 am
  154. tugas didapat ^_^

    Posted by Frizky Setya Budi Utami II | Agustus 2, 2011, 8:32 am
  155. makachi bisa nambah ilmu neee

    Posted by Faiqotul Hikmah | Agustus 20, 2011, 4:14 am
  156. trims…………..
    bt lbh lengkappp ag ya…!!!!!!

    Posted by nur | Agustus 25, 2011, 4:49 am
  157. seneng banget bisa tahu banyak bgt tntg bakteri,.,.,

    Posted by dyah putri | Agustus 27, 2011, 2:00 pm
  158. gila tugas gw langsung selese klau kyk gini thanks banget yach!

    Posted by kevin | September 7, 2011, 7:08 am
  159. klo bakteri heterotrof & autotrof contohnya bakteri apa?
    trims atas infonya.. :)

    Posted by intan lestari :) | September 9, 2011, 5:40 am
  160. alhamdulillah yaaa…subhanallah…
    sesuatu sekali manfaatnya…
    makasiih banyak….

    Posted by vanny | September 19, 2011, 3:10 pm
  161. terimakasih banyak kaerena adanya penjelasan adri atas saya mendapat nilai 95 di sekolah SMA N 21 MEDAN TERIMASIH BANYAK SEKALI LAGI

    Posted by jacky gunawan manurung | September 21, 2011, 2:22 pm
  162. terima kasih karena ada penjelasan di atas by: ANAK SMA N 21 MEDAN

    Posted by jacky gunawan manurung | September 21, 2011, 2:24 pm
  163. .mkazii tuuk infox tpi kalau biza lebih lengkap lagii. . .

    Posted by Merlyn | September 25, 2011, 1:43 pm
  164. DAVID MENANYAKAN TNTANG BAKTERI OM

    Posted by DAVID | September 26, 2011, 10:54 am
  165. hmmmm .. krna goegle .. gue tau , sma bakteri !!! ashikk nyari plajaran lain lbih enten9 .. hhee*

    Posted by efha agrina pongoh | September 30, 2011, 8:10 am
  166. makasiihh..
    tpi msh ada bakteri lain yang belum saya dapat perananx…

    kalau bakteri clostridium pasteurianum apa perananx??

    maaf mrepotkan,, :)

    Posted by MarLyn (^____^) | Oktober 2, 2011, 11:52 am
  167. aku minta gambar beserta nama2 bakterinya

    Posted by otniel norman | Oktober 4, 2011, 12:03 pm
  168. thanks tugas aku jadi selesai

    Posted by dina andriani | Oktober 4, 2011, 1:35 pm
  169. struktur bakteri biogeokimia itu apa ya??????

    Posted by iqbal | Oktober 5, 2011, 12:12 am
  170. HM…….. lumayan bisa jg di ambil dari situs ne bwat plajaran yang baek…………… :D :D :D :)

    Posted by Yahya | Oktober 5, 2011, 11:36 am
  171. Bnar2 Membantu,,
    saat ulangan nanti..
    thx.. ya..

    Posted by Lydia Muanizz | Oktober 7, 2011, 2:13 am
  172. makasi atas informasinya….:D

    Posted by sudarsana | Oktober 9, 2011, 2:03 am
  173. thanks bangett…..
    ilmu q jadi bertambah deh….jadi lebih tau tentang bakteri…..

    Posted by aii adjahlahh | Oktober 9, 2011, 7:06 am
  174. thnks y………
    :)

    Posted by Nadya Annisa | Oktober 9, 2011, 8:20 am
  175. matur nuwun sanget …., Gusti mberkahi.

    Posted by djoko supardjiyono | Oktober 10, 2011, 1:59 am
  176. Kurang lengkap. . .
    Nggk da cra bakteri memperoleh makanan nya. . . .

    Posted by Rizal | Oktober 11, 2011, 3:30 pm
  177. bagaimana bakteri mendapatkan energi dalam hidupnya?/

    Posted by amay | Oktober 12, 2011, 2:26 pm
  178. Bagus Blog nya..
    Nambah* ilmu..
    Thank’z.. :-)

    Posted by Andrian Putra | Oktober 13, 2011, 10:34 pm
  179. blog seperti ini sangat membantu mecerdaskan anak negeri ini……… dan terima kasih untuk pengelola…..semoga apa yg telah anda perbuat mendapat pahala dari Allah…….amien…

    Posted by deni asballah | Oktober 16, 2011, 12:25 pm
  180. makasjh Yach atas infonya. . . . . . Akhirnya tugasku slesai juga. GOOD JOB!

    Posted by Inda Happingfun | Oktober 19, 2011, 7:57 am
  181. kak tlong donk sebutin masing2 tipe dari bentuk bakteri baik yg kokus, basil n spiral nya, sperti mono, dipolo, tetra itu tipe2 nya apa saja ?
    mkasihh sbelum nya ^^

    Posted by nana | Oktober 19, 2011, 10:28 am
  182. i like it…thx

    Posted by si non | Oktober 23, 2011, 1:23 pm
  183. makasih banyak :D . pr saya bisa selesai . :D

    Posted by Andrew | Oktober 23, 2011, 2:30 pm
  184. mkcii yahh Paman Google.
    tugas skolah kuh jaddi tuntass degh kalo bgniih..

    Posted by nurul hamiifa sragih | Oktober 26, 2011, 10:47 am
  185. wahhhhhhh ¿ bgus nih buat tugaz biologi………màksiH ye???? salam buat pacar qu”mala” dan seluruH warga ngroto,gubug,grobogan,semarang,jawa tengahh

    Posted by joko"yaspià" | Oktober 28, 2011, 7:35 am
  186. apa sih contoh bakteri bentuk kokobasil itu?

    Posted by deni hardian | Oktober 28, 2011, 8:41 am
  187. apa sih contoh bakteri bentuk kokobasil itu?

    Posted by deni hardian | Oktober 28, 2011, 8:43 am
  188. mksh ya, tgas aku selesaiii

    Posted by Jack'x Smillez Okirade | Oktober 30, 2011, 4:50 am
  189. tugas gua dapat nilai bagus, karna ada ini nih :D
    terima kasih

    Posted by Surya Nur Azwar S | November 2, 2011, 10:16 am
  190. makasih atas info mengenai bakteri dan macam” cara bereproduksi…

    bermanfaat banget deh pokoknya.. terima kasih … :)

    Posted by Muhammad Andyk Maulana | November 3, 2011, 8:42 am
  191. tolong lebih memperdetailkan lagi tentang keuntungan bakteri

    Posted by Yunni | November 4, 2011, 11:52 am
  192. aku mau menimpan bakteri nama nya bakteri silanase, gmna cara nya?
    dan tahan berapa lama?

    Posted by yusuf | November 5, 2011, 1:47 am
  193. terima kasih buat yang bikin ini, lumayan,,buat tugas power point saya. he..he..

    Posted by hanah | November 6, 2011, 8:27 am
  194. 5kcih ya,,,,
    thanks mbh goegle,,,,,
    sorry gak bawa sesuatu untukmu…hahaha

    Posted by yassirli ey-D | November 7, 2011, 7:03 am
  195. ADUUUU, ternyata seru bngetz yeh ikutan di sini………!!

    cpayang mau no hp ku 081912195701

    Posted by putri nur azizah | November 8, 2011, 9:46 am
  196. Sorry…..nie numpang nyari tugasss???????????

    Posted by Ledytha Ibrohiem El Yusuf | November 13, 2011, 5:42 am
  197. EEEEEMMM MKSH INFORMASINYA,LNGKAP BNGT INFRMASINYA

    Posted by RARA | November 13, 2011, 5:48 am
  198. Thanks yaa :)

    Posted by khusna | November 14, 2011, 11:14 pm
  199. Pusing tentang masalah bakteri nich

    Posted by Fitri | November 18, 2011, 11:48 am
  200. kok gag ada manfat bakteri bentuk spiral towwwwww …………………………………

    Posted by adatya | November 20, 2011, 10:31 am
  201. saia mau tanya apa interaksi mikroba dengan manusia khususnya di dalam ilmu kedokteran contohnya pada __-ibu hamil,dll

    Posted by Eva Niz | November 21, 2011, 9:21 am
  202. Mau taxa. .
    .di bagian tubuh mana yah yg dapat memberi bentuk bagi bakteri?

    Posted by Azka | November 22, 2011, 12:34 pm
  203. Al-hamdulillah yah,, dngan adan.y google sya lebih mudah mencari tugas2.. Tanpa ke toko buku lagi.. Asyik eee

    Posted by SulfianiLatif | November 26, 2011, 12:10 pm
  204. sip, makacih

    Posted by Saleh | November 28, 2011, 2:11 am
  205. oea aqu mau thu ne yg menyebabkan jerawat nama bakterinya apa???

    Posted by soleh | November 29, 2011, 2:31 am
  206. wah keren aku suka macam ayam goreng!!! Jernih sekali

    Posted by charlie Leonardo | November 29, 2011, 3:04 am
  207. hebat aku suka saya bisa belajar tentang bakteri di ayam goreng

    Posted by Charlie Leonardo | November 29, 2011, 3:09 am
  208. Thank You udah berbagi ilmunyaa ….

    Posted by Shelyn | November 29, 2011, 1:06 pm
  209. trimkasih ,, saya sudah mengerti tentang bakteri .. :)

    Posted by Aq Lachh Chiqa | Desember 4, 2011, 1:49 pm
  210. bisa buat belajar semesteran. .thank you

    Posted by utox | Desember 5, 2011, 9:05 am
  211. kalo Laactobacillus Lactis gunanya apa mas…? bales dong om

    Posted by GivariSevenfold | Desember 8, 2011, 12:17 pm
  212. Thanks bwat google ulangan saya nilai y kren menghapal y d’ google gtch

    Posted by Masmen | Desember 9, 2011, 3:17 pm
  213. isinya sangat bagus sebagai bahan pedoman kami guru2 biologi

    Posted by syahril, S.Pd | Desember 19, 2011, 4:42 am
  214. thanx pr ku jadi bisa ter selesaikan

    Posted by yunita | Januari 15, 2012, 5:23 am
  215. wawawwawwachh,,

    Posted by Riny Claluchayankk CHe'chamoet | Februari 5, 2012, 9:30 am
  216. bagus untuk saya belajar

    Posted by rika | Februari 13, 2012, 11:26 am
  217. salut deh sama google…..
    mencerdaskas dunia

    Posted by tentrem setiawan | Februari 27, 2012, 9:33 am
  218. terima kasih banyak atas infonya.
    doakan saya agar besok jum’at presentasi saya berjalan dengan lancar. :)

    Posted by Ervinda Arieska | Februari 29, 2012, 9:32 am
  219. pingin di jlas kn pengertian and cara perkembangan bakteri secara rinci
    by

    Posted by syukur efendy | Maret 8, 2012, 6:51 am
  220. jelasi tentang bakteri acetobacter scra lengkap dan menditail y ,,,, :)

    Posted by rutami | Maret 16, 2012, 2:24 am
  221. cara ngeliat bakteri langsung gimana caranya ,,???????? tanpa liat pake microsoft ,,,,,,?????????

    Posted by radafikcasa | Maret 22, 2012, 3:22 am
  222. gimana caranya kita liat bakteri tanpa pake microsoft ????????

    Posted by radafikcasa | Maret 22, 2012, 3:24 am
  223. suwun ngGEh kulo maksud sakni ki

    Posted by kurniawan | April 21, 2012, 5:48 am
  224. bakteri yang menyebabkan penyakit letra apa?

    Posted by nur kholifah | April 23, 2012, 12:58 pm
  225. mhn bantuan penjelasan mengenai karakteristik dari bakteri fotosintesis dan kalo gak salah dapat memproduksi porfirin jg ya…….bs di jelaskan pula proses terbentuknya atau dihasilkannya porfirin oleh bakteri fotosintersis…..^_^

    Posted by qisthy wulandari | Mei 17, 2012, 12:00 pm
  226. aku mau tanya gimana kalo aku mau ternak bakteri penghasil enzim amilase .

    Posted by muhammad taufan | Juli 14, 2012, 12:14 am
  227. makasih banget yaa nee tugas jadi kelarr

    Posted by rofi | Juli 31, 2012, 10:58 am
  228. tengs kakaks

    Posted by RachmaOktharie ◕ ‿ ◕ (@ritaritariX) | Agustus 4, 2012, 11:51 pm
  229. mohon jelas kan serta tampilkan gambar tentang carta perkembangbiakkan bakteri

    Posted by zulha | September 13, 2012, 12:57 pm
  230. about proteobacteria and cyanobacteria
    please

    Posted by Amane | September 16, 2012, 12:42 am
  231. thanks yoo

    Posted by itikaf | September 20, 2012, 6:42 am
  232. terimakasih.,sangat membantu

    Posted by sari | September 24, 2012, 10:22 am
  233. apa pengertian monobasil ?

    Posted by ika | September 24, 2012, 1:39 pm
  234. numpang lewat ntuk ngerjain tugas….
    =)

    Posted by Yudi Solin | September 25, 2012, 12:38 pm
  235. aku mau tnyak niiii,,,
    mengapa bakteri berada dimna mana…? dan cara mencegah bakteri itu bagaimana..?

    Posted by Risno Hendra SantaiiBroo | September 25, 2012, 4:01 pm
  236. knp tdk bsa d’copy ??

    Posted by Soghi Rhatuu Mappakaya | Oktober 3, 2012, 9:26 am
  237. thanx yy mbah google
    krna mu tgas saya jdie bsa cpett clesai.

    Posted by Tina ajha | Oktober 13, 2012, 2:33 am
  238. MakasiH udah share. .
    Oya, gambAr jenis bAkteri berdasarkan letak dan jumlah flagelnya ad jg g y d stu..?

    Posted by Decha riiana | Oktober 14, 2012, 3:48 am
  239. good saiens ^^

    Posted by Johana Desi Kusumawati | Oktober 14, 2012, 12:42 pm
  240. wah terimakasih banyak ^^

    Posted by Septyan W. | Oktober 17, 2012, 2:05 pm
  241. aku juga numpang ambil yach,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    Posted by jinna | Oktober 21, 2012, 1:58 pm
  242. makasih yach,,,,,,

    Posted by rina | Oktober 21, 2012, 1:59 pm
  243. mkasih bnyakk..sangat membantu:)

    Posted by qiqisarah | Oktober 22, 2012, 1:05 pm
  244. yang kokobasil mana ya??

    Posted by ayu | Oktober 23, 2012, 10:40 am
  245. terima kasih banget, mau tanya ni apakah bactero antracis itu bisa d gunakan dalm persenjataan perang sbagai senjata bioogis?

    Posted by ridwan abdullah | Oktober 24, 2012, 1:30 pm
  246. thNKS Ya

    Posted by anna | Oktober 30, 2012, 3:35 pm
  247. bgai mana cara bakteri berkembak biak

    tolong komentar

    Posted by Badai S'laluIngin Ilusitrix | November 3, 2012, 2:04 pm
  248. Benar-benar membantu . . .

    Posted by Mr-X | November 12, 2012, 12:15 pm
  249. artikelnya bagus banget…..
    buatin yang lain dong..

    Posted by thomson andrew | November 13, 2012, 6:13 am
  250. munculin dong , bakteri yang menguntungkan dan bakteri yang merugikan :D buat tugas nihh..

    Posted by diina | November 21, 2012, 5:55 am
  251. mksihh yaa,, udh bntuinn kta but nyarii tugas

    dono kasino indro

    Posted by pongo, kabur ,pikun | November 26, 2012, 8:35 am
  252. Bakteri yg kyak sosis itu apa’an namanya ?

    Posted by andi aksa | November 27, 2012, 11:46 am
  253. bakteri yang menguntungkan bagi manusia apa ?
    butuh jawaban nihh… buat tgs

    Posted by andi aksa | November 27, 2012, 11:51 am
  254. bakteri pengurai phospat apa aja?

    Posted by sidiq yudhi | Desember 30, 2012, 6:15 am
  255. terima kasih kerana dpt menbantu sya

    Posted by saifulmlkno | Desember 30, 2012, 7:46 am
  256. thanks ea

    Posted by Ira Yordania Azzura Elyzhabeth | Maret 25, 2013, 11:24 am
  257. bakteri itu berklorofil gak,jika ada kasih contoh dong .. :)

    Posted by Nadya Intan Permata Sarii | April 17, 2013, 4:20 am
  258. tq..with this i can do my work……:D

    Posted by yoyo | April 26, 2013, 4:49 am
  259. Ilmu ipa yang sangat menarik

    Posted by ViperGoy Blog | Juli 8, 2013, 4:56 pm
  260. sangat membantu, terima kasih banyak!

    Posted by andraaa | November 19, 2013, 8:41 pm
  261. Thanks… Bermanfaat banget infonya

    Posted by Vero | November 21, 2013, 4:43 pm
  262. Terimakasih , artikelnya sangat bermanfaat !

    Posted by Cosme Salsinha | Januari 4, 2014, 10:25 am
  263. makasih infonya sangat bermanfaat sekali…….

    Posted by eko | Maret 6, 2014, 9:23 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BLOG ini merupakan bentuk ungkapan TERIMA KASIH, seorang alumni/siswa ( I KETUT DIANA ADHI,S.KOM aka kuncunk, kepada bapak/ibu guru khususnya SMU 1 Melaya, Jembrana, Bali yang telah memberi berbagai ilmu selama saya belajar di sekolah tercinta..Jasa bapak / ibu guru tidak akan saya lupakan
Untuk materi, mohon maaf sebesar besarnya, karena basic saya yang cuma orang IT/ computer science, dan cuma bisa mengumpukan bahan dan materi ajar dan menyajikan dalam sebuah BLOG..
Saya merasa materi yang disajikan banyak kekurangannya, mudah mudahan saran dan kritik pengunjung bisa membuat blog ini berguna bagi pendidikan Indonesia..

Mudah mudahan blog ini bisa menjadi motivasi bagi pendidik untuk lebih bisa memanfatkan media IT demi kemajuan pendidikan Indonesia.

MAJU TERUS PENDIDIKAN INDONESIA

Kunjungi Paket Liburan ke Bali

Statistik

  • 7,664,345 hits
Education Sites Catalog
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 136 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: