//
you're reading...
Pewarisan Sifat

Mengenal DNA dan RNA


dna

dna

DNA
DNA (deoxyribonucleic acid) atau asam deoksiribosa nukleat (ADN) merupakan tempat penyimpanan informasi genetik.

Struktur DNA
Pada tahun 1953, Frances Crick dan James Watson menemukan model molekul DNA sebagai suatu struktur heliks beruntai ganda, atau yang lebih dikenal dengan heliks ganda Watson-Crick.DNA merupakan makromolekul polinukleotida yang tersusun atas polimer nukleotida yang berulang-ulang, tersusun rangkap, membentuk DNA haliks ganda dan berpilin ke kanan.Setiap nukleotida terdiri dari tiga gugus molekul, yaitu :
– Gula 5 karbon (2-deoksiribosa)
– basa nitrogen yang terdiri golongan purin yaitu adenin (Adenin = A) dan guanin (guanini = G), serta golongan pirimidin, yaitu sitosin (cytosine = C) dan timin (thymine = T)
– gugus fosfat

Berikut susunan struktur kimia komponen penyusun DNA :
Baik purin ataupun pirimidin yang berkaitan dengan deoksiribosa membentuk suatu molekul yang dinamakan nukleosida atau deoksiribonukleosida yang merupakan prekursor elementer untuk sintesis DNA.Prekursor merupakan suatu unsur awal pembentukan senyawa deoksiribonukleosida yang berkaitan dengan gugus fosfat.DNA tersusun dari empat jenis monomer nukleotida.
Keempat basa nitrogen nukleotida di dalam DNA tidak berjumlah sama rata.Akan tetapi, pada setiap molekul DNA, jumlah adenin (A) selalu sama dengan jumlah timin (T).Demikian pula jumlah guanin (G) dengan sitisin(C) selalu sama.Fenomena ini dinamakan ketentuan Chargaff.Adenin (A) selalu berpasangan dengan timin (T) dan membentuk dua ikatan hidrogen (A=T), sedagkan sitosin (C) selalu berpasangan dengan guanin (G) dan membentuk 3 ikatan hirogen (C = G).

Stabilitas DNA heliks ganda ditentukan oleh susunan basa dan ikatan hidrogen yang terbentuk sepanjang rantai tersebut.karean perubahan jumlah hidrogen ini, tidak mengehrankan bahwa ikatan C=G memerlukan tenaga yang lebih besar untuk memisahkannya.
DNA merupakan makromolekul yang struktur primernya adalah polinukleotida rantai rangkap berpilin.Sturktur ini diibaratkan sebagai sebuah tangga.Anak tangganya adalah susunan basa nitrogen, dengan ikatan A-T dan G-C.Kedua “tulang punggung tangganya” adalah gula ribosa.Antara mononukleotida satu dengan yang lainnya berhubungan secara kimia melalui ikatan fosfodiester.
DNA heliks ganda yang panjangnya juga memiliki suatu polaritas.Polaritas heliks ganda berlawanan orientasi satu sama lain.Kedua rantai polinukleotida DNA yang membentuk heliks ganda berjajar secara antipararel.Jika digambarkan sebagai berikut :

Replikasi DNA
Replikasi adalah peristiwa sintesis DNA.Saat suatu sel membelah secara mitosis, tiap-tiap sel hasila pembelahan mengandung DNA penuh dan identik seperti induknya.Dengan demikian, DNA harus secara tepat direplikasi sebelum pembelahan dimulai.Replikasi DNA dapat terjadi dengan adanya sintesis rantai nukleotida baru dari rantai nukleotida lama.Proses komplementasi pasangan basa menghasilkan suatu molekul DNA baru yang sama dengan molekul DNA lama sebagai cetakan.Kemungkinan terjadinya replikasi dapat melalui tiga model.
Model pertama adalah model konservatif, yaitu dua rantai DNA lama tetap tidak berubah, berfungsi sebagai cetakan untuk dua dua rantai DNA baru.
Model kedua disebut model semikonservatif, yaitu dua rantai DNA lama terpisah dan rantai baru disintesis dengan prinsip komplementasi pada masing-masing rantai DNA lama tersebut.Model ketiga adalah model dispersif, yaitu beberapa bagian dari kedua rantai DNA lama digunakan sebgai cetakan untuk sintesis rantai DNA baru.

Berikut adalah gambaran replikasi yang terjadi terhadap DNA :
Dari ketiga model replikasi tersebut, model semikonservatif merupakan model yang tepat untuk proses replikasi DNA.Replikasi DNA semikonservatif ini berlaku bagi organisme prokariot maupun eukariot.Perbedaan replikasi antara organisme prokariot dengan eukariot adalah dalam hal jenis dan jumlah enzim yang terlibat, serta kecepatan dan kompleksitas replkasi DNA.Pada organisme eukariot, peristiwa replikasi terjadi sebelum pembelahan mitosis, tepatnya pada fase sintsis dalam siklus pembelahan sel.

RNA

rna

rna

RNA ( ribonucleic acid ) atau asam ribonukleat merupakan makromolekul yang berfungsi sebagai penyimpan dan penyalur informasi genetik.RNA sebagai penyimpan informasi genetik misalnya pada materi genetik virus, terutama golongan retrovirus.RNA sebagai penyalur informasi genetik misalnya pada proses translasi untuk sintesis protein.RNA juga dapat berfungsi sebagai enzim ( ribozim ) yang dapat mengkalis formasi RNA-nya sendiri atau molekul RNA lain.

Struktur RNA
RNA merupakan rantai tungga polinukleotida.Setiap ribonukleotida terdiri dari tiga gugus molekul, yaitu :
– 5 karbon
– basa nitrogen yang terdiri dari golongan purin (yang sama dengan DNA) dan golongan pirimidin yang berbeda yaitu sitosin (C) dan Urasil (U)
– gugus fosfat

Purin dan pirimidin yang berkaitan dengan ribosa membentuk suatu molekul yang dinamakan nukleosida atau ribonukleosida, yang merupakan prekursor dasar untuk sintesis DNA.Ribonukleosida yang berkaitan dengan gugus fosfat membentuk suatu nukleotida atau ribonukleotida.RNA merupakan hasil transkripsi dari suatu fragmen DNA, sehingga RNA merupakan polimer yang jauh lebih pendek dibandingkan DNA.

Tipe RNA
RNA terdiri dari tiga tipe, yaitu mRNA ( messenger RNA ) atau RNAd ( RNA duta ), tRNA ( transfer RNA ) atau RNAt ( RNA transfer ), dan rRNA ( ribosomal RNA ) atau RNAr ( RNA ribosomal ).

RNAd
RNAd merupakan RNA yang urutan basanya komplementer dengan salah satu urutan basa rantai DNA.RNAd membawa pesan atau kode genetik (kodon) dari kromosom (di dalam inti sel) ke ribosom (di sitoplasma).Kode genetik RNAd tersebut kemudian menjadi cetakan utnuk menetukan spesifitas urutan asam amino pada rantai polipeptida.RNAd berupa rantai tunggal yang relatif panjang.Berikut gambarnya :

RNAr
RNAr merupakan komponen struktural yang utama di dalam ribosom.Setiap subunit ribosom terdiri dari 30 – 46% molekul RNAr dan 70 – 80% protein.

RNAt
RNAt merupakan RNA yang membawa asam amino satu per satu ke ribosom.Pada salah satu ujung RNAt terdapat tiga rangkaian baa pendek ( disebut antikodon ).Suatu asam amino akan melekat pada ujung RNAt yang berseberangan dengan ujung antikodon.Pelekatan ini merupakan cara berfungsinya RNAt, yaitu membawa asam amino spesifik yang nantinya berguna dalam sintesis protein yaitu pengurutan asam amino sesuai urutan kodonnya pada RNAd.

Perbedaan antara DNA dan RNA
Berdasarkan penjelasan sebelumnya kita dapat menyimpulkan beberapa perbedaan antara DNA dengan RNA sebagai berikut :
komponen :
Gula pada DNA deoksiribosa , sedangkan RNA adalah ribosa
Basa nitrogen : – purin — DNA adalah Adenin dan Guanin, pada RNA adalah Adenin dan Guanin
– Pirimidin — DNA adalah Timin dan sitosin, pada RNA adalah Urasil dan sitosin
Bentuk : — DNA berbentuk rantai panjang , ganda, dan berpilin (double heliks)
— RNA berbentuk rantai pendek, tunggal, dan tidak berpilin
Letak : — DNA terletak di dalam nukleus, kloroplas, mitokondria
— RNA terletak di dalam nukleus, sitoplasma, kloroplas, mitokondria
Kadar : — DNA tetap
— RNA tidak tetap

Tentang iklan-iklan ini

Diskusi

52 thoughts on “Mengenal DNA dan RNA

  1. woi aku ga tau apa tuh beda nya RNA and DNA kaci tau duuuuuuuuuuuuuuun awas law ga………..
    masuk nerakaaaaaaaaaaaaaa hahahaahahah

    Posted by neta | November 20, 2008, 8:33 am
  2. mengapa DNA itu strukturnya berpilin? kok g linear aja? apa fungsinya pake berpilin segala? kan pas transkripsi strukturnya akan berupah menjadi linear….

    Posted by RNA | Desember 11, 2008, 4:32 pm
  3. mwo tanya dunk..

    adenin kan selalu berpasangan dengan timin melalui 2 ikatan hidrogen.
    nah kenapa y..adenin gak bisa berpasangan dengan adenin,,kan sama-sama mempunyai 2 ikatan hidrogen juga..??

    Posted by liani | Januari 6, 2009, 10:06 am
  4. tentang isolasi DNA dan fungsi reagen2 yang terkait didalamnya? Tau ga pak?

    Posted by Gene21 | Januari 28, 2009, 4:20 am
  5. tahu nama situs khusus untuk bahan -bahan dan soal biologi SMA pak ?

    Posted by yuliana | Januari 29, 2009, 3:30 am
  6. bisa dicoba jardiknas.org atau e-dukasi.net.
    Materi blog ini juga banyak saya ambil dari sana..thx

    Posted by gurungeblog | Januari 30, 2009, 1:07 am
  7. ,sorry bgt ne, gw bener-bener ga ngerti sama yang namanya kodon and anti kodon, bisa ga kasih tw sejelas-jelasnya, please kirim ke e-mail gw, mg_xii@yahoo.co.id

    Posted by mega | Februari 16, 2009, 2:19 am
  8. lumayan bikin mumet

    Posted by erik | Maret 4, 2009, 1:32 am
  9. kepalq pening, dapat tugas “JIKA AKU MENJADI RNA”gimana ya jika manusia jadi rna???

    Posted by nh5 | Maret 17, 2009, 8:28 am
  10. tolong berikan contoh soal n jawabannya donk, tentang genetika polimer,,matornuwon.

    Posted by udy_tanbu | Maret 19, 2009, 1:30 pm
  11. tau tidak mengenai jumlah ragam RNAt???????

    Posted by murni | Maret 26, 2009, 5:53 am
  12. makasih, q lg ngerjain tugas ade aq

    Posted by Tasrun | April 2, 2009, 5:44 am
  13. Bapak atau Ibu guru…. Saya minta tulisannya ya… Buat tugas Biologi saya….. Hehhe……. Thanks… Maampir ke blog saya ya….

    Posted by willycar | April 9, 2009, 5:20 am
  14. Mn sich yang lebih dulu muncul antara DNA dan RNa/thank;S

    Posted by diyan permana | April 25, 2009, 4:04 am
  15. Bpk/Ibu guru..tulisannya saya jadikan referansi untuk tugas kuliah saya yah…?
    terimaksih

    Posted by khilma | April 28, 2009, 2:45 am
  16. bisa pak..
    ini kan materi ajar..
    saya juga ambil ambil dari beberapa sumber

    Posted by gurungeblog | April 28, 2009, 3:02 am
  17. Thank y .. Q bs nylsain tgs q ..

    Posted by Casta | September 1, 2009, 4:03 pm
  18. virus apa aja yg tergolong dan dan rna?
    bentuk strukturnya gmn?
    n cth yang di infeksi apa aja?

    Posted by FAishal | September 9, 2009, 3:15 pm
  19. bapak/ibu guru. . .
    apakah pernyataan “pada setiap molekul DNA,jumlah adenin (A) selalu sama dengan jumlah timin (T).Demikian pula jumlah guanin (G) dengan sitosin(C) selalu sama” itu sudah terbukti kebenaran’x scr ilmiah??

    krn skrg ni saya sdng dberi tgs dosen untuk membuat tulisan ilmiah mngenai ‘jumlah A yg tdk sama dgn T dan G yg tdk sm dgn C’

    mohon bantuan’x. . . .
    terimakasih

    Posted by sonya | September 25, 2009, 8:48 am
  20. kdang w PLJRan bio ga ngerti….
    pa lg pas pLJRan RNA n DNA suka pusing….

    tp w hrus tetap smngat….

    Posted by mey | Oktober 8, 2009, 7:52 am
  21. mengapa kadar DNAtetapsedangkang RNA tidak?????kaci tau dong.makaci

    Posted by elly | Oktober 19, 2009, 11:57 am
  22. maaf kalau boleh tahu apa sih bedanya dna untai tunggal dengan dna sirkuler

    Posted by siwi azura | Oktober 20, 2009, 7:23 am
  23. wetzzzz susahNyami ni materi,,,,,,,,dende…..

    Posted by mhald | November 5, 2009, 7:25 am
  24. tolong kahhhhhhhhhhhhhhhhh kasi tau saya fungsi DNA dan RNA Serta nuk leus kahhhhhhhhhhhhh

    Posted by alfaro canafaro | November 17, 2009, 12:43 pm
  25. maksaiiiiiiiii dah bantu buat bahan laporan,,,,,,,,,n_n

    Posted by linhofa | Desember 2, 2009, 7:54 pm
  26. tolong dibuatkan soal – soal latihan masing2 topik

    Posted by budi ernawan | Januari 27, 2010, 3:30 am
  27. mKasiH Ya…
    aku Jd biSa nGerJain TugaS dR dOseN aKU neH………

    Posted by moNic | April 19, 2010, 1:39 am
  28. saya ingin bertanya, bagaimanakah virus yang hanya mengandung RNA melakukan siklus litik terutama dalam replikasi DNA ?
    terima kasih…

    Posted by jesslyn | September 14, 2010, 3:18 pm
  29. artikelnya saya copy ya mas, buat bahan pembelajaran di kampus saya

    Posted by fitrah | Oktober 23, 2010, 8:09 pm
  30. tolong yaaah kacitau ada berapa asam amino yang udah di kenal..ndtolong di jelasin yahhhh????

    Posted by meyke | November 2, 2010, 2:42 am
  31. maksih atas informasinya yang sangat berharga. sangat membantu saya dalam menyelesaikan tugas biologi sel…….
    thanks banget……..
    Ilmunya OK bangetssssss…..

    Posted by Halija | Desember 19, 2010, 9:26 am
  32. Puciiink leeeCh da tugas di curu menjlaskan tentang DNA n RNA
    tlooooonk doooonk

    Posted by Rana | April 11, 2011, 11:20 am
  33. bleh nnya ng’???????????
    jika di dlam sel akan disusun protein yg terdiri dari asam aminomitionin,isoleusin, fenil alanin,valin, arginin, histidin, lisin, tripofan,sistein, prolin, maka bagaimana urutan basa nitrogen pada RNA duta, RNA transport, dan bagaimana urutan pasangan basa nitrogen pada DNA yg mlkukan sintesis protein tsb………………..
    please jwb dunk…………………

    Posted by phyta keynes | Oktober 1, 2011, 1:31 pm
  34. makasih infony

    Posted by luf tewin | Oktober 4, 2011, 11:07 am
  35. Mw tanya doonk…
    bsa nggak RNA itu Disebut sebagai DNA, dan sebaliknya???

    Posted by NIta | Oktober 28, 2011, 9:32 am
  36. mw nanya bagaimana mutasi akan mempengaruhi mutasi gen,reseptor reseptor tidak akan mengikatkan diri pada laktosa

    Posted by elok | November 7, 2011, 6:42 am
  37. apa fungsi DNA dan RNA dalam sintesis protein?

    Posted by cheznhy | November 30, 2011, 12:41 am
  38. ada animasinya gak..?
    kadang’ skrng presentasi harus ad animasi biar audience gak kabur..

    Posted by adhisajana | Desember 5, 2011, 5:10 am
  39. pebedaan DNA dan RNA …
    RNA sangat mirif dengan DNA tetapi bedanya dalam beberapa rincian struktur pentingnya.dalam sel RNA befungsi tunggal sedangkan DNA biasanya double: RNA neugleuda mengandung ribosa sedangkan DNA mengandung deogsiribosa (sejanis ribosa yg tdk memiliki satu atom oksigen) dan RNA memiliki dasar dari pada urasil timin yg hadis dlm DNA..

    Posted by muhammad padli | Desember 14, 2011, 4:59 am
  40. Manstap pak bro materi2 nya

    Posted by Estrada | Januari 9, 2012, 2:13 am
  41. bapak/ibu guru… terima kasih
    saya bisa menyelesaikan tugas saya….

    Posted by sri | Maret 2, 2012, 2:16 pm
  42. TNKS..ea, sgt mmbntu sy untk sdkit lebih thu tntg dna dan rna,,

    Posted by mega | Maret 29, 2012, 12:18 pm
  43. Apakah…. antar DNA dan RNA memliki cara kerja yang sama? dan Bagaimana sistematis cara kerja keduanya? tolong di jelaskan!

    Posted by MeillisaJvKaya | Mei 12, 2012, 10:35 am
  44. hy…
    aku mu nanya nih perbedaan RNA dan DNA selain itu apa ya ?

    dan pemeriksaan selain cara ini apa lagi ad ga ?
    makasih

    Posted by Ratu | Juni 13, 2012, 3:05 pm
  45. apa siii bedanya DNA n RNA, dan kenapa lok mau mengenal golongan darah tu qt memakai DNA….

    Posted by UUNK | September 4, 2012, 4:14 am
  46. thanks infonya,,,:)

    Posted by IsMainy Dendesasak Tulen | Oktober 4, 2012, 1:37 am
  47. minta bantuan untuk lebih jelas dan singkat tentang sifat RNAnya saja.

    Posted by Nur Saadah | November 11, 2012, 5:55 am
  48. mkshh…yah..
    tas penjelasannya..
    skrg aQ dpt deh jwabannya… ^__^..hehe

    Posted by haMii Qu | Januari 3, 2013, 12:43 pm
  49. ciri-ciri dna nya adalah ???

    Posted by inna | Januari 7, 2013, 11:47 am
  50. mengapa hanya protein yangd gunakan menjadi DNA dan RNA???

    Posted by doony | Agustus 22, 2013, 3:19 pm
  51. Sedikitnya ada 4 ribu penyakit genetik yg diketahui.sebagian besarjarang terjadi.beberapa penyakit disebabkan oleh perubahan/mutasi dlm gentunggal.suatu keadaan yg mebabkan masalah pernapasan danpencernaan(cysticfibrosis)hemofilia.

    Posted by Moh mujtahid sulthony | Agustus 24, 2013, 3:17 am
  52. DNA bentuknya berpilin itu untuk memudahkan masuk dalam bentuk sel yang kecil, bayangkan kalo tidak berpilin tentu tidak bisa menjadi bentuk DNA, karena DNA tuh panjang banget ukurannya dan harus bisa menjdai bentuk sel yang kecil.. sama halnya bentuk kabel yang panjang, ga mungkin membawa kabel yg sebegitu panjangnya mesti digulung biar menjadi kompleks

    Posted by zaa | Maret 4, 2014, 5:15 am

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BLOG ini merupakan bentuk ungkapan TERIMA KASIH, seorang alumni/siswa ( I KETUT DIANA ADHI,S.KOM aka kuncunk, kepada bapak/ibu guru khususnya SMU 1 Melaya, Jembrana, Bali yang telah memberi berbagai ilmu selama saya belajar di sekolah tercinta..Jasa bapak / ibu guru tidak akan saya lupakan
Untuk materi, mohon maaf sebesar besarnya, karena basic saya yang cuma orang IT/ computer science, dan cuma bisa mengumpukan bahan dan materi ajar dan menyajikan dalam sebuah BLOG..
Saya merasa materi yang disajikan banyak kekurangannya, mudah mudahan saran dan kritik pengunjung bisa membuat blog ini berguna bagi pendidikan Indonesia..

Mudah mudahan blog ini bisa menjadi motivasi bagi pendidik untuk lebih bisa memanfatkan media IT demi kemajuan pendidikan Indonesia.

MAJU TERUS PENDIDIKAN INDONESIA

Kunjungi Paket Liburan ke Bali

Statistik

  • 7,958,506 hits
Education Sites Catalog
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 140 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: