//
you're reading...
Klasifikasi

Mengenal Vertebrata


amphibia-skeleVertebrata merupakan kelompok hewan yang memiliki tulang belakang.Dalam sistem klasifikasi, vertebrata merupakan subfilum dari filum Chordata.
Chordata meliputi hewan-hewan yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
> Memiliki notokord, yaitu kerangka berbentuk batangan keras tetapi lentur.Notokord terletak di antara saluran pencernaan dan tali saraf, memanjang sepanjang tubuh membentuk sumbu kerangka.
> Memiliki tali saraf tunggal, berlubang terletak dorsal terhadap notokord, dan memiliki ujung anterior yang membesar berupa otak.
> Memiliki ekor yang memanjang ke arah posterior terhadap anus.
> Memiliki celah faring

Filum Chordata terdiri dari tiga subfilum, yaitu Urochordata, Cephalochordata, dan vertebrata.Urochordata dan Cephalochordata tergolong invertebrata.Berikut bagan dari subfilum Chordata.

Ciri tubuh
Ciri tubuh meliputi ukuran, bentuk, struktur, dan fungsi tubuh.

Ukuran dan bentuk tubuh
Semua hewan yang tergolong vertebrata memiliki rangkaian tulang kecil (vertebra) yang memanjang pada bagian dorsal dari kepala hingga ekor.Rangkaian vertebra yang disebut tulang punggung ini membentuk sumbu kerangka menggantikan notokord.Tulang punggung berfungsi sebagai penyokong tubuh serta melindungi tali saraf.Selain adanya tulang punggung, kesamaan ciri lain pada vertebrata adalah :
– Tubuh terdiri atas kepala, badan, dua pasang anggota badan, dan ekor pada sebagian vertebrata.
– Kulit tersusun atas dua bagian yaitu epidermis dan dermis dan menghasilkan rambut, sisik, bulu, kelenjar atau horn
– Endoskeleton tersusun dari tulang atau tulang rawan
– Faring bercelah, yang merupakan tempat insang pada ikan namun pada hewan darat hanya terdapat pada tingkat embrio
– Otot melekat pada endoskeleton untuk bergerak
– Sistem pencernaan memiliki kelenjar pencernaan, hati, dan pankreas
– Jantung beruang 2 hingga 4
– Darah menandung sel darah putih dan sel darah merah berhemoglobin
– Rongga tubuh mengandung sistem viseral
– Ginjal sepasang dengan saluran untuk mengeluarkan zat sisa
– Gonad sepasang pada betina dan jantan

Habitat
Vertebrata hidup diberbagai habitat baik darat dan laut.

Klasifikasi
Vertebrata dibedakan menjadi dua kelompok berdasarkan ada dan tidak adanya rahang.Vertebrata dengan mulut tidak berahang dikelompokkan dalam superkelas Agnatha, sedangkan yang memiliki rahang termasuk dalam superkelas Gnathostomata.

Superkelas Agnatha
Hewan yang tergolong agnatha berbadan panjang dan ramping seperti belut serta tidak memiliki rahang.Contoh di kelas ini adalah Cephalospidomorphi (lamprey) dan Kelas Mycini (hagfish).
Lamprey hidup diperairan tawar dan laut.Hewan ini mengambil makanan dengan cara mengaitkan mulutnya yang bergigi ke sisi tubuh ikan dan menghisap darahnya.Larvanya memakan partikel di air.Larva lamprey hidup di perairan tawar.
Hagfish hanya hidup di air laut.Hewan ini tidak memiliki tahapan larva.Mulut hagfish tidak bergigi, namun memiliki tentakel peraba.
Makanannya adalah ikan mati yang kemudian di hisap darahnya dan cacing laut.

Superkelas Gnathostomata
Hewan ini memiliki rahang bersendi yang dapat digerakkan ke atas dan ke bawah.Hewan ini di golongkan  menjadi enam kelas yaitu :

Kelas Chonrichthyes
Hewan yang tergolong kelas ini memiliki kerangka yang tersusun dari tulang rawan.Pada sebagian besar kelompok ikan ini, beberapa bagian kerangka diperkuat oleh butiran berkalsium.Ciri khas lainnya pada Chonrichthyes adalah :
– mulut yang berahang kuat terletak di bagian bawah tubuh
– celah insang berjumlah lima, meskipun ada yang berjumlah tiga, enam, atau tujuh celah insang
– kulit ulet dan kasar bergigi karena adanya sisik gelakoid
– adanya sepasang pendekep (klasper) pada hewan jantan yang berfungsi untuk menyalurkan sperma ke kloaka betina
– usus pendek dan lebar berisi membran ulir untuk menyerap makanan lebih lama
– hati berukuran sangat besar untuk membantu pencernaan makanan
– fertilisasi terjadi secara internal
– bersifat ovipar, yaitu mengeluarkan telur hasil fertilisasi, atau ovovivipar yaitu membawa telur hasil fertilisasi di dalam saluran telur selama perkembangannya hingga menetas
Ikan bertulang rawan sebagian besar hidup di laut.Hewan yang bertulang rawan di antaranya termasuk hiu, ikan pari, dan chimaera.
Hiu bertubuh langsing.Bagian atas sirip ekornya lebih panjang daripada bagian bawah.Hiu tidak memiliki kantung udara.Ikan pari berbadan pipih atas bawah.Tubuh pipihnya berperan untuk menyembunyikan diri di dasar perairan dan untuk menggali pasir guna mencari makanan berupa hewan lunak dan udang-udangan.Beberapa jenis ikan pari memiliki duri pada ekornya yang seperti pecut dan berfungsi untuk melindungi dari serangan musuh.Jenis lainnya juga ada yang memiliki sengatan listrik.

Kelas Osteichthyes
Kelompok Osteichthyes ini memiliki kerangka yang tersusun dari tulang keras yang mengandung matriks kalsium fosfat.
Ciri-ciri lainya adalah :
– mulut terdapat di bagian depan tubuh
– celah insang satu di masing-masing sisi kepala
– sirip ekor memiliki panjang yang sama pada bagian atas dan bawah
– kulit licin karena sekresi mukus oleh kelenjar pada kulit
– adanya gelembung renang sehingga tidak tenggelam saat tidak bergerak
– sistem gurat sisi terdapat pada sisi tubuh
– usus panjang dan ramping menggulung
– fertilisasi terjadi di luar
– mengeluarkan telurnya atau bersifat ovipar

ikan-gurami

ikan-gurami

Kelompok ikan ini hidup di laut dan dihampir setiap habitat air tawar.Osteichthyes mencakup subkelas Actinopterygii (yunani, aktin = berkas, pteryg = sirip) dan subkelas Sarcopterygii (Yunani, sarkodes = berdaging).Actinopterygii memiliki sirip yang ditunjang oleh duri panjang yang lentur sehingga disebut kelompok ikan bersirip duri.Contoh ikan bersirip duri adalah ikan mas (cyprinus carpio), ikan cupang (Betta splendens), ikan gurami (Osphronemus gouramy), ikan badut (Premnas biaculeatus), ikan kakap merah (Lutjanus bitaeniatus), dan ikan louhan (Cichlasoma sp.).
Sarcopterygii memiliki sirip dada dan sirip pelvis yang berotot.Sirip ini digunakan untuk berjalan d dasar perairan atau darat.Ikan yang termasuk kelompok ini adalah ikan bersirip lobus dan ikan paru-paru (lungfish).Contoh ikan bersirip lobus adalah coelancanth dengan nama spesies Latimeria chalumnae.Ikan paru-paru hidup di rawa dan kolam.Ikan paru-paru akan naik kepermukaan untuk bernapas.
JIka perairan mengering saat musim kemarau, ikan paru-paru bersarang dalam lumpur.

Kelas Amphibia

katak hijau

katak hijau

Kelas Amphibia umumnya hidup di dua tempat, yaitu darat dan air selama metamorfosisnya.
Sebagian besar Amphibia memiliki ciri-ciri khusus lainnya, yaitu :
– berkulit licin tidak bersisik
– menggunakan energi lingkungannya untuk mengatur suhu tubuhnya sehingga tergolong hewan eksoterm
– fertilisasi secara eksternal di air tau tempat lembab
– menghasilkan telur (bersifat ovipar) yang tidak bercangkang

Tidak semua jenis Amphibia hidup di dua tempat kehidupan.Beberapa jenis katak, salamander, dan caecilian ada yang hanya hidup di air dan ada yang hanya di darat.Namun habitatnya secara keseluruhan dekat dengan air dan tempat yang lembap seperti rawa dan hutan hujan tropis.Amphibia terdiri dari tiga ordo, yaitu Anura, Urodela, dan Apoda.

Anura
Anura memiliki ciri tidak berekor saat dewasa.Kaki belakangnya yang lebih panjang daripada kaki depan digunakan untuk melompat.
Lidahnya besar, lengket, dan dapat dijulurkan untuk menangkap mangsanya.Bagi yang jantan memiliki kantong udara di kerongkongannya yang dapat mengeluarkan suara untuk menarik betina saat musim kawin.Contoh hewan ini adalah katak hijau (Rana signata), katak pohon (Rachoporus sp.) dan kodok atau bangkong (bufo sp.)

Urodela
Urodela merupakan kelompok amphibia yang memiliki ekor saat larva, muda dan dewasa.Tubuhnya berbentuk silinder memanjang serta memiliki kaki depat yang sama ukurannya dengan kaki belakang.Beberapa jenis ini hidup di air dan ada yang di darat.Hewan yang tegolong kelompok ini adalah salamander.

Apoda
Apoda yang disebut juga sesilian merupakan amphibia tak berkaki.Bentuk tubuhnya seperti cacing tanah atau belut.Larva sesilian sangat menyerupai sesilian dewasa.Sesilian hidup terutama bersarang dalam lubang di tanah.

Kelas reptilia

buaya

buaya

Reptilia (dalam bahasa latin, reptil = melata) memiliki kulit bersisik yang terbuat dari zat tanduk (keratin).Sisik berfungsi mencegah kekeringan.Ciri lain yang dimiliki oleh sebagian besar reptil adalah :
– anggota tubuh berjari lima
– bernapas dengan paru-paru
– jantung beruang tiga tau empat
– menggunakan energi lingkungan untuk mengatur suhu tubuhnya sehingga tergolong hewan eksoterm
– fertilisasi secara internal
– menghasilkan telur sehingga tergolong ovipar dengan telur amniotik bercangkang

Reptil hidup hidup di air dan darat.Reptilia mencakup tiga ordo besar yaitu Chelonia atau Testudines, Squamata atau Lepidosauria, dan Crocodilia.Chelonia adalah reptilia yang memiliki cangkang.Cangkang bagian atas disebut karapaks, sedangkan bagian bawahnya disebut plastron.Cangkang merupakan bagian dari tulang belakang dan modifikasi tulang rusuk yang berfungsi sebagai pelindung dari pemangsanya.Chelonia yang hidup di laut adalah penyu hijau (Chelonia mydas) dan penyu belimbing (Dermochelys coriacea) yang memiliki kaki berbentuk dayung untuk berenang.Cangkang chelonia lebih tipis dibandingkan Chelonia darat.Contoh chelonia darat adalah kura-kura paua (Chelodina novaeguineae).Chelonia termasuk hewan berumur panjang hingga mencapai 200 tahun.
Squamata adalah reptilia yang umumnya memiliki kulit bersisik.Reptil yang termasuk golongan ini adalah kadal dan ular.Kadal memiliki sisik yang licin dan berbentuk membulat.tubuhnya kebanyakan berkaki empat, bertubuh kecil, dan memiliki ekor.Contoh hewan kadal bertubuh kecil misalnya, kadal kebun (Mabuya multifasciata), cecak dinding (Cosymbotus paltyurus) dan bunglon kebun (Bronchocela jubata), hingga kadal yang bertubuh besar seperti biawak komodo (Varanus komodoensis).
Ular tidak memiliki kaki dan bertubuh panjang serta memiliki sisik.Tulang rahang ular bersambungan secara longgar sehingga memungkinkan menelan mangsa yang lebih daripada tubuhnya.Gigi di mulut ular memiliki fungsi untuk mengunyah, melainkan untuk memegang mangsanya agar tidak mudah lepas.Ular berbisa memiliki sepasang gigi berlubang dan tajam untuk menyuntikkan bisa ke mangsanya.Lidahnya dapat dijulurkan untuk mengipas bau ke arah organ penciumannya.Ular memiliki kepekaan terhadap getaran yang berperan untuk mencari mangsanya.Ular tertentu memiliki kepekaan terhadap suhu mangsanya.Sebagian jenis ulat bersifat ovovivipar, yaitu telur menetas di dalam tubuh induk.Contohnya adalah ular sendok (Naja sumatrana), ular kobra (Ophiophagus hannah), dan ular sanca (Phyton sp.).
Crocodilia memiliki sisik tebal dari keratin dan diperkuat dengan lempengan tulang ysng disebut skuta sebgai pelindung.Sisik rontok satu persatu tidak seperti ular.Buaya memiliki ekor tebal berotot.Kaki depannya berjari lima, sedangkan kaki belakang berjari emapat sebagian berselaput untuk berenang.Lubang hidung terletak di ujung moncongnya yang memungkinkan untuk bernapas saat di dalam air.jantungnya beruang empat namun memiliki pori di antara bilik kiri dan kanan.Contoh spesies buaya adalah buaya muara ( Crocodylus porosus ).

Kelas Aves

burung-pipit

burung-pipit

Aves atau burung memiliki bulu yang terbuat dari keratin.Bulu yang membentuk sayap berperan untuk terbang.selain bulu, ciri-ciri lainnya pada burung adalah :
– berparuh dari bahan keratin
– tidak bergigi
– struktur tulang menyerupai sarang lebah sehingga kerangnya kuat namun ringan
– memiliki empedal untuk menghacurkan makanan
– lambung berotot besar
– bernapas dengan paru-paru
– jantung beruang empat
– memiliki kantung udara
– indera penglihatan sangat tajam
– fertilisasi terjadi secara internal
– bertelur sehingga tergolong hewan ovipar dengan ciri telur bercangkang dan kuning telur besar
– mengerami telurnya dan merawat anaknya

Aves hidup di darat.Kelompok ini dibedakan menjadi dua berdasarkan kemampuan terbangnya, yaitu karinata dan ratita.
Burung yang tergolong karinata memiliki taju dada (carina).Taju dada berfungsi menyokong otot dadanya yang besar.Otot dada memberikan kekuatan terbang.Pada pinguin contohnya pinguin gentoo (Pygoscelis papua), yang merupakan karinata yang tidak terbang, otot dadanya digunakan untuk berenang  di laut mencari makanan.Hampir 60% spesies burung karinata tercakup dalam ordo passeriformes atau burung bertengger.Brung bertengger memiliki jari kaki yang dapat mencengkeram dahan pohon.Contoh burung ini adalah burng layang-layang besar (Hirundapus giganteus), burung merpati (Columbia livia), burung pipit (Anthus sp.), burung dara, dan berbagai burung pengicau.Burung layang-layang adalah burung yang paling cepat terbangnya yakni terbangnya mencapai 170 km/jam.
Ayam (gallus gallus domesticus) juga tergolong karinata.
burung yang tergolong ratita tidak memiliki taju dada pada tulang dadanya.Otot dadanya juga tidak sebesar burung karinata.Burung unta (Struthio camelus), kiwi (Apteryx australis), dan emu (Dromaius novaehollandiae) adalah contoh burung ratita.

Kelas mammalia

kangguru

kangguru

kelompok mammalia semuanya menghasilkan susu sebagai makanan anaknya.Susu dihasilkanoleh kelenjar (mammae) yang terdapat  di daerah perut atau dada.Mammalia disebut juga hewan menyusui karena menyusui anaknya.Selain memiliki kelenjar susu, Mammalia juga berambut serta memiliki tiga tulang telinga tengah.Ketiga ciri ini tidak dimiliki oleh vertebrata lainnya.Pada paus dan lumba-lumba, rambut ada pada tahap tertentu perkembangan embrionya.Rambut mammalia tersusun dari protein yang disebut keratin.Rambut mammalia berfungsi tertentu, yaitu sebagai insulasi yang memperlambat pertukaran panas dengan lingkungan, segabai indera peraba antara lain pada kumis, sebagai pelindung dari gesekan maupun sinar matahari, sebagai penyamar atau pertahanan untuk melindungi dari mangsa, dan sebagai penciri kelamin.
Tiga tulang telinga tengah yang dimiliki mammalia terdiri atas tulang martil, tulang landasan, dan tulang sanggurdi.Ketiga tulang tengah berperan dalam pendengaran, yaitu meneruskan getaran suara dari membran timpani (gendang telinga) ke telinga dalam.
Ciri-ciri lain yang dimiliki sebagian besar mammalia adalah :
– geligi dengan berbagai ukuran dan bentuk
– rahang bawah tersusun dari satu tulang
– bernapas dengan paru-paru
– jantung beruang empat
– diafragma di antara rongga perut dan rongga dada untuk membantu pernapasan
– otak yang lebih berkembang dibandingkan vertebrata lain
– menggunakan energi metabolismenya untuk menjaga suhu tubuh tetap konstan sehingga digolongkan sebagai hewan endoterm dan homeoterm
– fertilisasi terjadi secara internal atau di dalam tubuh betina
– melahirkan anaknya sehingga termasuk hewan vivipar

Mammalia hidup diberbagai habitat di darat dan di perairan.Ada jga mammalia yang hidup di daerah yang cukup ekstrem misalnya di kutub dan digurun.Beberapa jenis ada yang menyelam untuk mencari makanan di perairan.Kelompok mammalia tertentu ada yang merupakan hewan arboreal yang hidup di pohon-pohon dalam hutan.
Meskipun ciri-ciri yang dimilii hampir sama, namun ada juga mammalia terkecil antara lain untuk spesies dari kelompok kelelawar kecil, yaitu Craseonycteris thonglongyai yang beratnya hanya tiga gram.Untuk mammalia yang terbesar adalah paus biru (Balaenoptera musculus) yang panjangnya dapat mencapai 27 meter dan berat 190 ton.Struktur tubuh mammalia sesuai dengan cara hidupnya, yaitu ada yang terbang, berenang, meluncur, berlari, melompat, atau menggali.Mammalia dibagi menjadi tiga kelompok utama, yaitu Mammalia bertelur (prototheria), mammalia berkantung (metatheria), dan mammalia berplasenta (eutheria).

Kelompok Prototheria bertelur sehingga tergolong ovipar.Embrio berkembang di dalam telur dengan menggunakan kuning telur sebagai sumber makanannya.Setelah menetas hewan ini akan menghisap susu dari rambut induknya, karena induk ini tidak memiliki puting susu.Hewan ini digolongkan sebagai ordo Monotremata, contohnya adalah platipus (Ornithorhynchus anatinus) dan echidna.

Kelompok Metatheria melahirkan anaknya saat embrio masih pada tahap awal sehingga masa kehamilannya singkat.Contohnya kanguru merah, anaknya yang masih berukuran sebesar lebah madu dilahirkan 33 hari setelah fertilisasi.Anak dalam tahap embrio tersebut dapat merangkak masuk ke dalam kantung induknya yang disebut marsupium.Di dalam masupium embrio menyusu pada puting susu dan mengalami perkembangan selanjutunya.Hewan ini digolongkan sebagai ordo Marsupialia atau hewan berkantung, contohnya adalah kanguru (Macropus sp.), koala (Phascolarctos cinereus), dan opposum (Pucadelphys andinus).

Kelompok Eutheria melahirkan anaknya yang telah menyelesaikan perkembangan embrioniknya di dalam rahim (uterus).Embrio memperoleh nutrisi dari induknya melalui plasenta sehingga kelompok hewan ini disebut mammalia berplasenta.Sebagian besar ordo dalam mammalia tergolong Mammalia berplasenta.Berikut Ordo-ordo utama Mammalia Eutheria :

- Ordo Insectivora adalah kelompok mammalia pemakan serangga.Tikus mondok dan landak adalah contoh hewan pemakan serangga.
Ordo Chiroptera adalah kelompok Mammalia yang memiliki selaput kulit membentang dari kaki depan, badan, dan kaki belakang.Struktur sayap untuk terbang ini merupakan modifikasi dari kaki depan yang ditunjang oleh empat jari.Sebagian besar hewan ini adalah hewan nokturnal, yaitu mencari makanan pada malam hari.Selain sebagai pemakan serangga, beberapa jenis memakan buah-buahan dan vertebrata kecil seperti katak, tikus, dan burung.Jenis lain yaitu kelelawar vampir menghisap darah mammalia lain
Ordo Lagomorpha mencakup mammalia yang memiliki gigi seri seperti pahat, misalnya kelinci.Kaki belakang hewan ini lebih panjang daripada kaki depan.Struktur kaki ini berfungsi untuk melompat.
Ordo Perissodactyla mencakup mammalia berkuku pada jari yang berjumlah ganjil pada kakinya.Jika jari kakinya lebih dari satu jari tengahnya lebih besar daripada jari lain.Hewan ini merupakan pemakan tumbuhan atau herbivora.Contoh hewan ini adalah kuda (Equus caballus) yang berkuku satu, tapir (Tapirus indicus) dan badak sumatra (Dicerorhinus sumatrensis) yang berkuku tiga.
Ordo Artiodactyla mencakup mammalia berkuku pada jari yang berjumlah genap masing-masing kakinya.Hewan ini juga herbivora.Contohnya adalah kambing, domba (Ovis aries), babi (Sus sp.), rusa sambar (Cervus unicolor), dan jerapah (Giraffa camelopardalis).
- Ordo Sirenia adalah mammalia herbivora akuatik yang memiliki tungkai depan mirip sirip.Kelompok mammalia ini tidak memiliki kaki belakang.Ekor besar dan pipih horizontal yang juga berperan seperti dayung untuk berenang.Sirenia merupakan mammalia bertubuh besar tidak berambut.Rambut kasar hanya terdapat di bibirnya.Contoh sirenia adalah duyung atau dugong (Dugong dugong).
- Ordo Proboscidea memiliki tubuh besar berotot serta belalai berotot.Hewan yang termasuk kelompok ini adalah gajah sumatera (Elephas maximus).Belalai gajah berfungsi seperti anggota badan kelima untuk mengambil makanan dan minum.Kulitnya longgar dan tebal.Gajah jantan memiliki gigi seri atas memanjang sebagai gading.
- Ordo Cetacea hidup di laut dengan tubuh berbentuk ikan, kaki depan mirip dayung dan tidak ada kaki belakang.Tubuhnya tidak berambut dan memiliki lapisan tebal lemak sebagai insulasi.Lumba-lumba hidung botol (Tursiops aduncus), paus biru (Balaenoptera musculus), dan paus pembunuh (Orcinus orca) adalah mammalia yang termasuk Cetacea.
- Ordo Cornivora adalah kelompok mammalia yang memiliki dan kuku yang tajam dan runcing untuk menangkap dan memakan mangsanya.Kelompok ini disebut juga pemakan daging.Mammalia yang termasuk carnivora adalah anjing (Canislupus familiaris), Kucing (Felis silvestris), harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae), singa (Panthera leo) dan anjing laut (Caniformia pinniped).
Ordo Rodentia memiliki gigi seri seperti pahat.Gigi serinya berjumlah sepasang di atas dan sepasang di bawah.Ggi seri tidak berakar sehingga tumbuh terus-menerus.Contoh rodentia adalah tupai, berang-berang, tikus,landak, dan mencit.
Ordo Primata memiliki ibu jari yang dapat disentuhkan ke jari lain, mata menghadap ke depan, korteks serebal berkembang baik.Kelompok primata adalah beruk (Macaca sp.), orang utan (pongo pygmaeus), dan lutung jawa (Trachypithecus auratus).Manuasi (homo sapiens) digolongkan dalam primata.

Peran Vertebrata bagi manusia
Vertebrata dimanfaat manusia dalam berbagai hal, misalnya sebagai berikut :
– Sumber bahan makanan, misalnya daging, telur ayam, dan susu sapi
– Sebagai bahan baku industri tekstil, misalnya pemanfaatan rambut domba untuk dijadikan wol
– Sebagai objek penelitian, misalnya hewan mammalia
– Sebagai hewan peliharaan, misalnya anjing, kucing, kelinci atau burung.
Namum, beberapa jenis vertebrata ada yang merugikan manusia misalnya tikus.Tikus dapat menjadi hama tanaman pertanian.

About these ads

Diskusi

86 thoughts on “Mengenal Vertebrata

  1. jadi ingat masa sekolah dulu. salam kenal pak guru, keep blogging!

    Posted by joe | November 13, 2008, 7:28 am
  2. Siip pak Guru. . Bagaimana kalau nampilin soal-soal UN Biologi biar pada dapat nilai 10 tul nggak pak Guru. Sekarang lebih mudah buat soal-soal UN 2009 karena ada kisi-kisinya, silaken mampir di blog-ku.. thx

    Posted by biosains | Desember 21, 2008, 6:50 am
  3. berikan tambahan pembagian sub kelas, ordo, dan pembagian-pembagian yang lebih lengkap dari setiap kelas diatas…………………

    Posted by victor | April 16, 2009, 11:17 am
  4. wah hebbbbattt !!
    lengkap banget lebih dari yang di ajarin guru !
    jadi aku banyakk tau !
    makasih ya pak guru !!

    aku suka biologi !! =D

    Posted by rosa | April 20, 2009, 8:34 am
  5. Salam kenal Pak , bagus blog nya….

    Bapak saya ibu linda .. apakah boleh minta ijin ngeposting gambar ikan gurami ? untuk gambar cerita dongeng …..

    Terimaksih Pak. Saya sekalian mau belajar gimana supaya kunjungan rame.

    Sukses untuk Bapak , plis berkarya terus.

    Posted by lindataway | April 25, 2009, 2:40 pm
  6. copy y pak…????

    Posted by tiwi | April 29, 2009, 12:19 pm
  7. inih kan semua sama persis dengan di buku biologi saya,,mending baca buku biologi saya..ngapain cpe” buka internet nyari.. –“

    Posted by wanty | Mei 5, 2009, 12:06 pm
  8. terima kasih

    Posted by aris wikradani | Mei 14, 2009, 7:19 am
  9. bgus da jdi ktemu arti notokord am letaknya..=)

    Posted by novi | Mei 26, 2009, 2:40 pm
  10. jadi inget masa sekolah dulu,,xixiixixixix
    sekarang dah gg pinter lagih !
    lam kenal

    Posted by inuel | Mei 31, 2009, 2:10 pm
  11. Assalamualaikum…
    pak/bu guru makasih ya artikelnya…

    Posted by reza | Juni 1, 2009, 9:37 am
  12. Thanks.
    sangat membantu dalam menyelsaikan tugas :)

    Posted by thhia. | Juni 4, 2009, 11:46 am
  13. lumayan membantu, cukup jelas.thx, maju terus.

    Posted by ria | Juni 16, 2009, 12:09 pm
  14. Pak, saya minta izin untuk ambil tulisan ini jadi tugas IPA anak saya ya..tks.

    Posted by indri | Juli 26, 2009, 3:20 pm
  15. wow
    lengkap banget memang lebih lengkap dari ajaran guru
    tapi apa g bisa menambahkan lebih banyak tentang mamalia yg hidup di air?
    aku butuh bgt nichhhhh
    cari dimana y? ;-)

    Posted by thitha | Agustus 20, 2009, 11:28 am
  16. membantu banget nih pak, bisa ditularin ama siswa-siswa yang lain, thanks

    Posted by m.rozali | Oktober 15, 2009, 4:23 am
  17. asik ada tambahan ilmu nih

    Posted by m.rozali | Oktober 15, 2009, 4:24 am
  18. malam pa guru….
    tapi kalau bisa ciri-ciri tiap kelas di beri keterangan gambarnya agar lebih mantap! trims

    Posted by eddie | November 4, 2009, 4:24 pm
  19. gw mw jadi peneliti aja dech bcok becar hihihihihihi…..

    Posted by veronica osman | November 5, 2009, 1:48 pm
  20. Waaawwww….keren banget isi blognya…
    jadi nambah ne pengetahuanku…
    makace banyak…..

    Posted by Mia | November 17, 2009, 2:28 am
  21. wahhhhhhh ada tambahan buat materi TA teNkyuuuuuu

    Posted by sakde | Desember 9, 2009, 1:43 pm
  22. bgus bgt ne…..
    py untuk kelas ikan ditambah g ya,,,,

    Posted by dhitia | Desember 27, 2009, 1:21 pm
  23. makasih ya …………..? informasinya sangat mbantu gue dalam melengkapi buku kerja yang lagi gue bikin. Thank’ BGT!

    Posted by zurnidas | Desember 30, 2009, 3:30 pm
  24. i like biologi

    Posted by laras | Januari 10, 2010, 3:47 am
  25. thank’s dah bantu banget neh………….

    Posted by neutron | Februari 1, 2010, 4:17 am
  26. LENGKAP sekali!!!!!!!!!!
    jadi bisa bkin presentasi saya dengan baik
    thx pak!!!!!!
    dari tade susa cari ternyata ad yang informasinya sebanyak ini
    hehe ^^
    THX!!!!!!!!!
    GBUU!!!!!
    buat lg yang banyak ya pak!!!!!!!!!!!

    Posted by Putranto Gozali | Februari 1, 2010, 1:53 pm
  27. Kasih tau dong ciri” hewan yang lainnya jangan cuman 4 ajah!

    Posted by Denny | Februari 18, 2010, 5:53 pm
  28. Mkashx dgan dax ciri2 vebrata

    Posted by nasir | Februari 20, 2010, 6:54 am
  29. ciri-ciri khusus sama ciri-ciri vertebrata kok gak ada sih ?

    Posted by karlina dwi putri | Februari 24, 2010, 3:22 am
  30. Lg cari pngertian Ovipar malah nyangkut k kls 5 kingdom nie…^^

    Posted by Chicilya Arth Hamilton | April 6, 2010, 11:09 am
  31. siiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiipp

    Posted by kancleng | April 21, 2010, 3:11 am
  32. akyu jadi tahu dech tentang biologi….

    Posted by kancleng | April 21, 2010, 3:13 am
  33. TLg Postingin juga tentang manfaat masing-masing dari sub phylum CHORDATa ini…. terutama untuk UROCHORDATA & HEMICHORDATA…. pleassseee,….. ^o^

    Posted by RYNI | April 21, 2010, 1:25 pm
  34. trima ksih pak ini sgat mmbantu bgi kmi siswa yg bnyak tugas””’

    Posted by andhyl'' na bugis -makassar | April 22, 2010, 12:30 pm
  35. saya anak universitas negeri medan jurusan Biologi: bapak memang hebat

    Posted by agung | Mei 12, 2010, 2:10 pm
  36. bagus benerrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr

    Posted by embi 'gdisz imuetzz' | Mei 21, 2010, 4:03 am
  37. tengkiu ya Pak Guru, berkat Anda saya jadi bisa cepat mencari tugas untuk besook..haha

    isinya sudah bagus kok Pak, saya jadi semakin cinta dengan biologi..

    POKOKNYA BIOLOGI JAYA FOREVER DAH..

    Posted by uchiik | Mei 23, 2010, 7:54 am
  38. tanks y pak.
    membantu saya dalam mengumpulkan materi.

    Posted by ayub | Mei 28, 2010, 5:50 am
  39. makasih pak, artikel tentang vertebratanya bagus. Jadi tambah ilmu nih !

    Posted by muwahhid | Juni 19, 2010, 3:37 am
  40. makasih pak guru…….

    Posted by Ami adni | Juni 27, 2010, 1:00 am
  41. pak tolong donk ditambah materinya tentang “perkembangan sistem kelenjar pd hewan vertebrata” sy ada tugas nih pak.. tks

    Posted by Eddie | Juli 9, 2010, 1:29 pm
  42. asik ada IPA

    Posted by afdi | Juli 18, 2010, 2:39 am
  43. data yang anda sajikan kurang lengkap/detail

    Posted by Mbah_Sugriwo | November 22, 2010, 12:47 pm
  44. Ini Sangat membantu dalam menyelesaikan tugas,, :)

    Posted by Munif | Februari 15, 2011, 12:06 pm
  45. sayang,,makasih ya artikelnya…….
    mmmuuuuaaaacccchhh…………….

    Posted by scotydent | Maret 3, 2011, 1:25 am
  46. numpang copy ya Pak. Trims infonya …

    Posted by ardian | Maret 21, 2011, 9:39 am
  47. tolong tentang chordata yang kumplit…
    buat tugas aku…

    hehehehehehehehe

    Posted by anis | Maret 21, 2011, 2:38 pm
  48. waww!!!! artikel nya buagus en lengkap,,, tpi ttep saja sya tidak suka dengan pelajaran bologi….

    Posted by hacker kecil | April 12, 2011, 10:20 pm
  49. sangat berguna!!.
    teruslah menjadi produsen hal yg berguna

    Posted by Al-Kautsar | April 14, 2011, 2:37 pm
  50. Terima kasih pak guru!!! blonya bermanfaat sekali. Untuk referensi tugas biologi saya… :)

    Posted by Tiwi triple s | April 19, 2011, 3:09 pm
  51. ga lengkap yang insectivora a,a presentasi udah buntung nih !

    Posted by gimay1708 | Mei 6, 2011, 2:38 pm
  52. pa aves nya kok ga da bntuk kakinya?

    Posted by trias yulianti | Mei 8, 2011, 1:28 pm
  53. terima kasih atas bantuan info nya ya, sukses..

    Posted by ona hybrid theory | Mei 12, 2011, 9:16 am
  54. makasih pak guru…atas materinya…..membantu saya untuk menambah referensi tugas akhir saya ^_^

    Posted by fikri | Mei 26, 2011, 9:11 am
  55. maksi pa guru… dah berbagi hehe

    Posted by yan | Juni 15, 2011, 2:33 am
  56. Terima kasih…..Sangat membantu saya..appreciate

    Posted by Thomas | Juli 10, 2011, 2:13 am
  57. saya lagi nyari ciri-ciri spesifik hewan darat, laut dan udara, mohon dimuat dong

    Posted by nardi | Juli 26, 2011, 1:31 am
  58. wah informasi na lengkap bgt ni,,, laen kali tak kunjungi lagi ahhhhh………….. makasi ya bpak n ibu yang sudah mbuat blog ini…. sukron kasiron

    Posted by Zaenal Mifta Muhammadan Alghazali | September 19, 2011, 11:11 am
  59. udah bagus bloknya, namun masih ada yang kurang didalam blok bpk tdak di cantumkan sumber buku.

    Posted by wawanpopilo | Oktober 22, 2011, 9:26 am
  60. saya suka dengan blok bpk, tpi saya sedikit mengomentari dari blog bpk. di dalam blog bpk kurang disertai dengan sumber buku.

    Posted by wawanpopilo | Oktober 22, 2011, 9:30 am
  61. lengkap bngt infonya yg aku cari da smua,,mksh y pak atas infonya,,

    Posted by arin nuriani | Oktober 29, 2011, 1:58 pm
  62. permisiii izin ngopy ilmunya yaaaa

    Posted by cnoel_cowmel | Oktober 30, 2011, 11:19 am
  63. izin ngopy yaa,,

    Posted by Cnoel Cowmel SiAurelia Aurita | Oktober 30, 2011, 11:41 am
  64. untung aja ada blog nii,,
    jadi tugas aku selesai,,
    makasih yhaa pak..
    salam kenal…….

    Posted by elia nadha | November 5, 2011, 5:23 am
  65. masih agak kurang lengkap pak…

    Posted by S Chimonkz Nuraeni | November 15, 2011, 11:27 pm
  66. bkin peta konsep ny d0ng

    Posted by susy | November 16, 2011, 4:32 am
  67. terimakasih atas ilmunya pak/bu^^ saya minta bahannya buat jadi tugas ya pak/bu^^

    Posted by MultiHinami | November 30, 2011, 3:51 pm
  68. ciri ciri hewan vertibrata

    Posted by rio riz pector abiz | Desember 4, 2011, 1:24 am
  69. thank’s bapak….

    Posted by adinda | Desember 28, 2011, 3:27 am
  70. ko nga ada kelas piscesnya??

    Posted by iqbal | Januari 19, 2012, 10:26 am
  71. yah kok gk ada kelompok pisces siiii ,,,,,,,,,,,,,,, tpi bgus jga dech bsa ngebantu bgt :)

    Posted by raafiq ahmad | Februari 15, 2012, 12:10 pm
  72. oooooooooooooobegitu sy kira begini

    Posted by dedi | Februari 15, 2012, 12:33 pm
  73. terima kasih pak guru blognya :) bermanfaat sekali :) jadi bisa tau deh :D

    Posted by nabila denis | Februari 18, 2012, 2:18 pm
  74. thanks ya
    data data nya sangat berguna

    Posted by veronika agustina | Februari 28, 2012, 1:55 am
  75. terima kasih ya pak, blognya sangat bermanfaat untuk menjawab kesulitan soal-soal yang saya hadapi!!!

    Posted by ani | Maret 1, 2012, 3:58 pm
  76. mantepppppppppppppppp teeeeeeeeeenaaaaaaaaannnnnnnnnnnn

    Posted by Dhyman_Kushiminaru | Maret 12, 2012, 12:56 pm
  77. waww lengkap kali nih, aku izin copas ya pak :)..untuk tugas disekolah :)

    Posted by Audi iduA | Maret 21, 2012, 10:47 am
  78. Ihk lengkap bngettttt,,

    Posted by Sri | April 3, 2012, 9:18 am
  79. terima kasih pak guru ^^
    tugas saya lancar nih ^^

    Posted by ItaM ≧◔◡◔≦ (@ItaMyeol) | Mei 21, 2012, 2:26 pm
  80. amazing pak guru,,,,,,,,

    Posted by Farhan Iqbal Aji | Mei 21, 2012, 2:46 pm
  81. terima kasih atas artikelnya

    Posted by jamil | Mei 22, 2012, 8:35 am
  82. Thankz pak… ini untuk penjelasan tugas biologi saya…TQ..TQ

    Posted by ASR | Mei 23, 2012, 2:35 pm
  83. terima kasih pak guru, buat referensi dan jawaban soal-soal mapel buat anak di rumah.

    Posted by saiful anwar r.arif | Agustus 2, 2012, 9:35 am
  84. terimakasih banyak pak sungguh bermanfaat

    Posted by eneng yuningsih | September 23, 2012, 1:46 pm
  85. Maksih ..

    Posted by yola | Oktober 18, 2012, 8:08 am
  86. perfect daaahhhh….
    thanks banget ya buat artikel nya…

    Posted by ami | Maret 29, 2013, 5:18 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BLOG ini merupakan bentuk ungkapan TERIMA KASIH, seorang alumni/siswa ( I KETUT DIANA ADHI,S.KOM aka kuncunk, kepada bapak/ibu guru khususnya SMU 1 Melaya, Jembrana, Bali yang telah memberi berbagai ilmu selama saya belajar di sekolah tercinta..Jasa bapak / ibu guru tidak akan saya lupakan
Untuk materi, mohon maaf sebesar besarnya, karena basic saya yang cuma orang IT/ computer science, dan cuma bisa mengumpukan bahan dan materi ajar dan menyajikan dalam sebuah BLOG..
Saya merasa materi yang disajikan banyak kekurangannya, mudah mudahan saran dan kritik pengunjung bisa membuat blog ini berguna bagi pendidikan Indonesia..

Mudah mudahan blog ini bisa menjadi motivasi bagi pendidik untuk lebih bisa memanfatkan media IT demi kemajuan pendidikan Indonesia.

MAJU TERUS PENDIDIKAN INDONESIA

Kunjungi Paket Liburan ke Bali

Statistik

  • 7,664,316 hits
Education Sites Catalog
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 136 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: