//
you're reading...
Klasifikasi

Phylum Mollusca


mollusca

mollusca

Mollusca (dalam bahasa latin, molluscus = lunak) merupakan hewan yang bertubuh lunak.Tubuhnya lunak dilindungi oleh cangkang, meskipun ada juga yang tidak bercangkang.Hewan ini tergolong triploblastik selomata.

Ciri tubuh
Ciri tubuh Mollusca meliputi ukuran, bentuk, struktur, dan fungsi tubuh.

Ukuran dan bentuk tubuh
Ukuran dan bentuk mollusca sangat bervariasi.Misalnya siput yang panjangnya hanya beberapa milimeter dengan bentuk bulat telur.Namun ada yang dengan bentuk torpedo bersayap yang panjangnya lebih dari 18 m seperti cum-cumi raksasa.

Struktur dan fungsi tubuh
Tubuh mollusca terdiri dari tiga bagian utama :
Kaki merupakan penjulur bagian ventral tubuhnya yang berotot.Kaki berfungsi untuk bergerak merayap atau menggali.Pada beberapa molluska kakinya ada yang termodifikasi menjadi tentakel yang berfungsi untuk menangkap mangsa.
Massa viseral adalah bagian tubuh mollusca yang lunak.Massa viseral merupakan kumpulansebagaian besar organ tubuh seperti pencernaan, ekskresi, dan reproduksi.
Mantel membentuk rongga mantel yang berisi cairan.Cairan tersebut merupakan lubang insang, lubang ekskresi, dan anus.Selain itu, mantel dapat mensekresikan bahan penyusun cangkang pada mollusca bercangkang.

Sistem saraf mollusca terdiri dari cincin saraf yang nengelilingi esofagus dengan serabut saraf yang melebar.Sistem pencernaan mollusca lengkap terdiri dari mulut, esofagus, lambung, usus, dan anus.Ada pula yang memiliki rahang dan lidah pada mollusca tertentu.Lidah bergigi yang melengkung kebelakang disebut radula.Radula berfungsi untuk melumat makanan.Mollusca yang hidup di air bernapas dengan insang.Sedangkan yang hidup di darat tidak memiliki insang.Pertukaran udara mollusca dilakukan di rongga mantel berpembuluh darah yang berfungsi sebagai paru-paru.Organ ekskresinya berupa seoasang nefridia yang berperan sebagai ginjal.

Cara hidup dan habitat
Mollusca hidup secar heterotrof dengan memakan ganggang, udang, ikan ataupun sisa-sisa organisme.Habitatnya di air tawar, di laut dan didarat.Beberapa juga ada yang hidup sebagai parasit.

Reproduksi
Mollusca bereproduksi secara seksual dan masing-masing organ seksual saling terpisah pada individu lain.Fertilisasi dilakukan secara internal dan eksternal untuk menghasilkan telur.Telur berkembang menjadi larva dan berkembang lagi menjadi individu dewasa.

Klasifikasi
Mollusca merupakan filum terbesar dari kingdom animalia.Molluska dibedakan menurut tipe kaki, posisi kaki, dan tipe cangkang, yaitu Gastropoda, Pelecypoda, dan Cephalopoda.

Gastropoda

gastropoda

gastropoda

Gastropoda (dalam bahasa latin, gaster = perut, podos = kaki) adalah kelompok hewan yang menggunakan perut sebagai alat gerak atau kakinya.Misalnya, siput air (Lymnaea sp.), remis (Corbicula javanica), dan bekicot (Achatia fulica).Hewan ini memiliki ciri khas berkaki lebar dan pipih pada bagian ventrel tubuhnya.Gastropoda bergerak lambat menggunakan kakinya.

Gastropoda darat terdiri dari sepasang tentakel panjang dan sepasang tentakel pendek.Pada ujung tentakel panjang terdapat mata yang berfungsi untuk mengetahui gelap dan terang.Sedangkan pada tentakel pendek berfungsi sebagai alat peraba dan pembau.Gastropoda akuatik bernapas dengan insang, sedangkan Gastropoda darat bernapas menggunakan rongga mantel.

Pelecypoda

Pelecypoda diidentefikasikan sebagai kerang (Anadara sp.), tiram mutiara (Pinctada margaritifera dan Pinctada mertinsis), kerang raksasa (Tridacna sp.), dan kerang hijau (Mytilus viridis).

pelecypoda

Pelecypoda memiliki ciri khas, yaitu kaki berbentuk pipih seperti kapak.Kaki Pelecypoda dapat dijulurkan dan digunakan untuk melekat atau menggali pasir dan lumpur.Pelecypoda ada yang hidup menetap dan membenamkan diri di dasar perairan.Pelecypoda mampu melekat pada bebatuan, cangkang hewan lain, atau perahu karena mensekresikan zat perekat.
Pelecypoda memiliki dua buah cangkang pipih yang setangkup sehingga disebut juga Bivalvia.Kedua cangkang pada bagian tengah dorsal dihubungkan oleh jaringan ikat (ligamen) yang berfungsi seperti engsel untuk membuka dan menutup cangkang dengan cara mengencangkan dan mengendurkan otot.Cangkang tersusun dari lapisan periostrakum, prismatik, dan nakreas.Pada tiram mutiara, jika di antara mantel dan cangkangnya masuk benda asing seperti pasir, lama-kelamaan akan terbentuk mutiara.Mutiara terbentuk karena benda asing tersebut terbungkus oleh hasil sekresi palisan cangkang nakreas.Pelecypoda tidak memiliki kepala.Mulutnya terdapat pada rongga mantel, dilengkapi dengan labial palpus.
Pelecypoda tidak memiliki rahang atau radula.Maka makanannya berupa hewan kecil seperti protozoa, diatom, dan sejenis lainnya.Insang Pelecypoda berbentuk lembaran sehingga hewan ini disebut juga Lamellibranchiata (dalam bahasa latin, lamella = lembaran, branchia = insang).Lembaran insang dalam rongga mantel menyaring makanan dari air yang masuk kedalam rongga mantel melalui sifon (corong).Sistem saraf Pelecypoda terdiri dari tiga pasang ganglion yang saling berhubungan.Tiga ganglion tersebut adalah ganglion anterior, ganglion pedal, dan ganglion posterior.Reproduksi Pelecypoda terjadi secara seksual.Organ seksual terpisah pada masing-masing individu.Fertilisasi terjadi secara internal maupun eksternal.Pembuahan menghasilkan zigot yang kemudian akan menjadi larva.

Cephalopoda
cephalopoda Cephalopoda (dalam bahasa latin, chepalo = kepala, podos = kaki) merupakan Mollusca yang memiliki kaki di kepala.Anggota Cephalopoda misalnya sotong (Sepia officinalis), cumi-cumi (loligo sp.), dan gurita (Octopus sp.)Hidup Cephalopoda seluruhnya di laut dengan merayap atau berenang di dasar laut.Makananya berupa kepiting atau invertebrata lainnya.Sebagai hewan pemangsa, hampir semua Cephalopoda bergerak cepat dengan berenang.Kebanyakan Cephalopoda memiliki organ pertahanan berupa kantong tinta.Kantong tinta berisikan cairan seperti tinta berwarna coklat atau hitam yang terletak di ventral tubuhnya.Tinta ini akan di keluarkan jika hewan ini merasa terancam dengan cara menyemburkannya.Cephalopoda memiliki kaki berupa tentakel yang berfungsi untuk menangkap mangsanya.Cephalopoda memiliki sistem saraf yang berpusat di kepalanya menyerupai otak.Untuk reproduksi hewan ini berlangsung secara seksual.Cephalopoda memiliki organ reproduksi berumah dua (dioseus).Pembuahan berlangsung secra internal dan menghasilkan telur.

Peran mollusca bagi manusia
Umumnya mollusca menguntungkan bagi manusia, namun ada pula yang merugikan.Peran mollusca yang menguntungkan adalah sebagai berikut :
-Sumber makanan berprotein tinggi, misalnya tiram batu (Aemaea sp.), kerang (Anadara sp.), kerang hijau (Mytilus viridis), Tridacna sp., sotong (Sepia sp.)
cumi-cumi (Loligo sp.), remis (Corbicula javanica), dan bekicot (Achatina fulica).
-Perhiasan, misalnya tiram mutiara (Pinctada margaritifera).
-Hiasan dan kancing, misalnya dari cangkang tiram batu, Nautilus, dan tiram mutiara.
-Bahan baku teraso, misalnya cangkang Tridacna sp.

Mollusca yang merugikan bagi manusia, misalnya bekicot dan keong sawah yang merupakan hama dari tanaman.
Siput air adalah perantara cacing Fasciola hepatica.

Tentang iklan-iklan ini

Diskusi

184 thoughts on “Phylum Mollusca

  1. Makasih ya pak…….

    Jadi bisa ngerjaen tugas kuliah nech!!!!

    Posted by Leny | November 25, 2008, 2:21 pm
  2. Thanks pak!! Berguna bgt buat tugas kami..
    Lam kenal..

    fantasticdreams5

    Posted by Fantasticdreams5 | Januari 9, 2009, 8:11 am
  3. makasih pak,, berguna banget buat tugas sekolah saya..
    membantu presentasi tentang mollusca

    Posted by lynn | Januari 25, 2009, 2:03 am
  4. Pak kalo klasifikasi yang kingdom sgla macem tu ko kagak ada???

    Posted by ietha | Januari 28, 2009, 12:25 pm
  5. Assmlkm…
    bgus bgt blogx pak,,,
    owya,, bs minta d send k email
    saya pak ,, artike lengkap tentang
    filum protozoa ?
    sbelumnya trima kasih..

    Posted by Rizky Aditya | Februari 20, 2009, 12:55 pm
  6. terima kasih jawabannya. w ngerjain tugas jadi gampang dech… :D

    Posted by iqbal01 | Februari 20, 2009, 3:32 pm
  7. makasih baget dah bantin buat tugas nie….

    Posted by poem | Februari 27, 2009, 1:33 pm
  8. Thanks ya pak…b’guna buat membantu presentasi saya tentang mollusca n juga s’lam k’nal..

    Posted by Suryaslimz_ | Maret 2, 2009, 12:45 pm
  9. makasiii…
    jd dapet materi bwt persentasi biologi..
    hhe..

    Posted by gina | Maret 8, 2009, 4:05 am
  10. makasihh pak ilmunyee..
    gila selesaii dah tugas gw..
    makasih banyak ya pak..

    Posted by d.e.s.i.i. | Maret 28, 2009, 12:31 am
  11. sbelumnya saya berterima kasih ya pak atas ilmunya………..
    tapi disini yang saya ingin pertanyakan ……….
    knapa jenis-jenis mollusca yang laen gak dipublikasikan………
    itu aza pak….
    makasih banyak ya pak…………

    Posted by cristianto | April 13, 2009, 11:24 am
  12. maksi pa!!
    bener2 sgt berguna

    Posted by anto | April 14, 2009, 7:55 am
  13. terimaksih buanyak ats web ini saya bisa mengerjakan tugas sekolah saya

    Posted by ve | April 16, 2009, 1:37 am
  14. duh makasih atas ilmunya

    tambah lg dung ilmu tntng molluscanya
    penasaran pengen tau lbh dalam tntang mollusca,
    tambah foram jg gpp hehehe

    Posted by rail | April 25, 2009, 12:03 pm
  15. syukron ya pak artikel bapak sangat membantu saya

    Posted by istiqomah | April 28, 2009, 7:28 am
  16. thanks ya pak, web ini ngebantu aku mengerjakan tugas.

    Posted by Intha | April 28, 2009, 10:51 am
  17. bUAAAAaaaaaaaaaaaaaaaaaaaagussssss…….

    makcih …
    jad K’bantu

    Posted by luthfi | April 28, 2009, 1:00 pm
  18. hahahha… lengkap euy

    Posted by shara | Mei 1, 2009, 8:19 am
  19. pak toloong tampilin jenis – jenis gastrophoda yang lengkap beserta klasifikasinya ya pak makasih………..

    Posted by laras | Mei 7, 2009, 9:40 am
  20. terima kasih infonya pak….buat bahan referensi tugas kami

    Posted by adam | Mei 13, 2009, 1:50 am
  21. aslm

    subhanalllah bagusnya blog ini bermanfaat.

    Posted by dwi | Mei 16, 2009, 7:33 am
  22. muakacih bgt,informasi nie manfaat bgt bwt pra pelajar yg lagi di beri tugas oleh gurunya,khususnya bwt q cndiri!!!!

    Posted by inayah | Mei 31, 2009, 9:58 am
  23. trim’s pak… lebih bayak tulisan yang terkait materi biologi ya…

    Posted by muttaqienbali | Juni 11, 2009, 2:25 am
  24. duuuuh maturnuhun banget nie pk…..
    jdi mudh ngerjain tugasx…..

    Posted by enny | September 30, 2009, 12:12 pm
  25. Pas lagi butuh bgt.

    Posted by Ninda | Oktober 4, 2009, 12:18 pm
  26. Pak ini mah tugas smp loo…
    Tapi thanks yaa pak…

    Posted by Ninda | Oktober 8, 2009, 3:23 am
  27. terima kasih atas banyak informasinya

    Posted by iksan | Oktober 13, 2009, 7:58 am
  28. makacieh banyak y pak,,,,q,bza ngrjaen tugaz di scul ne,,,,

    Posted by arya | Oktober 28, 2009, 3:44 am
  29. allouw,, sir.. boleh minta penjelasan tentang klasifikasi, habitat, dan biologi dari Anadara sp????????????????????????
    makasih, sir….

    Posted by evelyn maria | Oktober 28, 2009, 9:23 am
  30. knp cih biologi tu hrs komplek,,,,,,,,ya wlau skrng Q kuliahx skng d’prodi p.biologi Q pngen gi mn cih blajarx biar cpet bisa………

    Posted by opex | November 12, 2009, 1:44 pm
  31. terima kasih ya Om.. tugas kulh jadi kelar berkat blog anda !
    sekali lagi, trma kasih.. kamsiak… arigatogozaimaz.. thnk’s…matur nuwun sanget

    Posted by yudi | November 14, 2009, 2:24 am
  32. makasih y sir,
    ku skrg udh bs krjin tgs

    Posted by Nizah | November 14, 2009, 1:49 pm
  33. MAKASIH YA PAAAAAKKKKKKKKKKK
    TUGAS SMPKU TERSELESAIKAN SUDAHHHHHHHH……….

    Posted by ERINETTA LOMORIA | Desember 1, 2009, 1:41 pm
  34. Bagus sekali penjelasannya pa… mau nanya boleh ngga Pa….? apa nama hewan jenis mollusca yang tanpa cangkang itu…. makasih ya.

    Posted by Mathias Asoredo | Desember 6, 2009, 6:18 am
  35. kerjain tugas jdi gmpng dech gara2 ada bapa

    Posted by deden | Desember 22, 2009, 9:08 am
  36. TQ YA,PAS AD TUGAS NICH

    Posted by LINDA | Desember 30, 2009, 5:26 am
  37. Makasih ya

    Posted by Ralesi | Januari 7, 2010, 6:08 am
  38. Terima kasih pak

    Posted by Ikram | Januari 17, 2010, 11:16 am
  39. berguna buat tugas biologi

    Posted by siapa aja boleh, koq... | Januari 18, 2010, 9:02 am
  40. tugas kelas 7 (1 SMP) mollusca… wah,, Thanks yo! membantu bgt >_<

    Posted by anggittia | Februari 1, 2010, 10:15 am
  41. makasih… mmbantu bangeets……………

    Posted by giri | Februari 6, 2010, 9:58 am
  42. makasih banget ya pak taz informasinya,,

    kmi jadi bza menyelesaikan tugaz sekolah dech…

    Posted by miftah | Februari 13, 2010, 4:44 am
  43. aku butuh taksonominya nih… ada yang punya?

    Posted by diar | Februari 17, 2010, 2:13 pm
  44. Makasih ya pak
    Luv u
    tha”

    Posted by sb-jy | Februari 18, 2010, 5:34 am
  45. saya juga butuh taksonominya sama perubahaan / metamorfosis nya …. mohon dibantu trima kasih

    Posted by monica | Februari 18, 2010, 1:30 pm
  46. trim’s
    blognya baguuus
    cukup membantu sy!

    Posted by hadak | Februari 25, 2010, 4:02 am
  47. Makasi banyak
    tadinya nyari-nyari sampe bingung, eh nemu blog ini, jadi kebantu banget deh :) makasi banyak

    Posted by Nawang | Februari 25, 2010, 12:01 pm
  48. MAKASI BU PUTRI SUDAH MEMBERI TUGAS KEPADA SAYA SEHINGGA SAYA RAJIN BELAJAR SING MAUN MALAM

    Posted by SEP NURJAMAN | Februari 26, 2010, 6:43 am
  49. sip-sip. makasih pak. kalo gini pr kan bisa beres semua, :)

    Posted by Dico Satryo | Maret 1, 2010, 1:03 pm
  50. MAkAceH eA
    tLaH bUaT iNfOrMAsi EaNG lEngKAp BuAt KAmI
    MoGA taMBAh SeMAngAt AGi…………

    Posted by SIGIT | Maret 2, 2010, 4:59 am
  51. gimana ya sistem pernafasan mollusca???

    Posted by kia | Maret 2, 2010, 8:33 am
  52. thx

    jdi gmpang ngerjain tugas :)

    Posted by Rainier | Maret 4, 2010, 11:52 am
  53. thanks pak atas ilmunyaa

    Posted by niken | Maret 8, 2010, 1:23 am
  54. makasih yaa,, pak,, berkat we bpak, saya jadi mudah dalam menemukan materi persintaseeeee

    Posted by lhya | Maret 9, 2010, 3:02 am
  55. makasih pakk

    Posted by lhya | Maret 9, 2010, 3:03 am
  56. makasih,moga bisa yang spesifik lagy ya pak

    Posted by aldy | Maret 13, 2010, 8:35 am
  57. assalamu’alaikum pak….makasie ya…dengan ni q bisa ngerjain tugas bio deh.makasih banget….

    Posted by yuki-ra | Maret 16, 2010, 7:31 am
  58. info’a kRng bNyak…………..

    Posted by fadasta | Maret 20, 2010, 2:43 am
  59. da CnToh hWan mollusca yg LaIn gUgX nich?????????kLw bIZa LiaTin viDio’a dOnk…cOz Pnting bGt niCh?

    Posted by fadasta | Maret 20, 2010, 2:46 am
  60. makasih yuaaaaaaaaa jd bs ngerjain tgs neee!!!!!!!!!!!!!!

    Posted by intan | Maret 22, 2010, 9:32 am
  61. kalau bisa setiap phylum di masukkan klasifikasi hususX

    Posted by intil | Maret 23, 2010, 2:26 pm
  62. Makacih banyak yach atas materinya, karena berkat itu saya dan teman-teman nak GEOLOGI bs krjakan tgs PALEONTOLOGI
    AnyWay Thanks FOr Info Yach………….

    Posted by Ghina | Maret 27, 2010, 10:24 am
  63. TRIMAKASIH YAAH ATAS MATERINYA YACH!

    Posted by husni X2 | April 9, 2010, 7:51 am
  64. Makasii iah..
    Krn aku dengan mudah mencari dan menjawab tugasku.
    Hmmb..
    kLo bLh tau, bagi dong web ttg ilmu biologi..
    SkLi lagii makasii iiah.. :D

    Posted by Putri a.k.a Ciipud | April 10, 2010, 6:43 am
  65. maksih ya pak..
    jdi bisa kerajakan tugasnya si adik nich… ;)

    Posted by ariefziafirdaus | April 11, 2010, 12:43 pm
  66. mkasih y atas infrmsi_y,,,,,,,,,,,,,
    jdi g dmrahi guru deh,,,,,,,,,,,,,

    Posted by genreva | April 12, 2010, 1:54 pm
  67. makasi yaaa jadi bisa kerjain tugaaas biologi nih. akakak :))

    Posted by Florent Gerny | April 18, 2010, 6:50 am
  68. trims atas blog nya yng keren

    Posted by marshall gilbert | April 18, 2010, 11:11 am
  69. tugazx jadi lebih muda. thankz pak..^_^

    Posted by double I | April 20, 2010, 8:30 am
  70. good evening , 2 filum molusca yang laen juga ditulis donkz . thx. kan ada 5 filum

    Posted by kilil | April 22, 2010, 2:40 pm
  71. b

    oleh atau ga alamat tentang biologi di bab animalia ini

    Posted by kilil | April 22, 2010, 2:55 pm
  72. halo? kok ga d alez sih?

    Posted by kilil | April 22, 2010, 2:56 pm
  73. wah… makasih ya…
    ini saya copas buat tugas sekolah…

    Posted by ELITEUPZ | April 22, 2010, 4:03 pm
  74. makasiii….
    sekarang tugas gw selesai deh….

    Posted by Asep | April 23, 2010, 2:45 pm
  75. Thx bgt infonya…
    Bantu wat Tgaz Bio…

    Posted by Roy | April 27, 2010, 10:15 am
  76. Thx bgt infonya…
    Bantu wat Tgaz Bio…
    from .. SBya SMAn 7.
    thx Sir.

    Posted by Roy | April 27, 2010, 10:16 am
  77. Makasih banyak pak atas semua informasinya…

    Posted by Budi Purnomo | April 28, 2010, 11:42 am
  78. maksih ea pak…kerjaan qu jadi gampang nech…

    Posted by niken ayu | Mei 1, 2010, 4:51 am
  79. assalamu’alaikum….Boleh ty ttng molusca yang termasuk dalam golongan planktonik…wat nambah2 pengetahuan…..makasih…!!!mohon sekalian diberi sampel spesiesnya..

    Posted by nurul | Mei 3, 2010, 7:22 am
  80. apakah mollusca sudah memiliki warna tbh sejak lahir,,,,,,,/?
    dan berapa umumnya ukuran tubh nya?

    Posted by satria | Mei 3, 2010, 9:57 am
  81. Aaaaaa Pusiiiingggggg ~
    Mantab dah nih Artikel nya

    Posted by Poochiiii | Mei 4, 2010, 11:31 am
  82. makasih ya pak.
    akhirnya tugas saya selesai juga.

    Posted by ipul | Mei 4, 2010, 11:52 am
  83. ngak nyangka setipa ngunjungi blog njenengan ,aku merasa terbantu gara-gara isi blognya lemngkap banget 2 jepol dech <3 <3 <3

    Posted by nimas | Mei 4, 2010, 1:09 pm
  84. thanks ya….pak! ilmu ini sangat berguna bagi saya…..:)

    Posted by era | Mei 5, 2010, 7:13 am
  85. mohon izin materinya saya unduh

    Posted by Faisal Yusuf Ananda | Mei 7, 2010, 11:38 am
  86. makasih ya….
    jadi tgas biology wat presentasinya uda lengkap…

    Posted by oman | Mei 9, 2010, 9:19 am
  87. Makasih pak ilmunya, sangat berguna sekali untuk tugas kamu.
    Semoga terus berkembang dan menjadi lebih baik.

    Posted by Reza | Mei 11, 2010, 2:51 am
  88. thank’s ya…. aku jd bisa ngerjain tugas nih…. teruslah berkarya….
    GBU…….

    Posted by agusta | Mei 12, 2010, 2:17 am
  89. kurang lengkap nihh ..
    jadi gaa bisa ngerjain tgasnya nihh

    Posted by felly destika | Mei 12, 2010, 8:55 am
  90. hahahahahahaha……..
    baguus…

    Posted by heru | Mei 14, 2010, 12:28 am
  91. thx informasinya nih.

    Posted by awan | Mei 15, 2010, 11:23 am
  92. maaf sebelumnya.
    menurut buku saya Mollusca terbagi atas 5 kelas yaitu Amphineura, Gastropoda, Pelecypoda, Scaphopoda, dan Cephalopoda.
    mohon balasannya. terima kasih.

    Posted by Andi Dhebby Putri | Mei 16, 2010, 5:21 am
  93. auh makasih ya atas materinya

    Posted by nurfaridah | Mei 17, 2010, 1:36 am
  94. Mkasih… Pak… jdi bisa kerjain tugas kuliah…

    Posted by Dyovan | Mei 19, 2010, 9:23 am
  95. makassih banget !!
    semua tugas biologi saya selesaai degh !
    thank’s :)

    Posted by yumna tamimi sman3 medan | Mei 20, 2010, 2:31 pm
  96. makasi ya pak,pembelajarannya jadi gampang banget………
    Q bsa Ngerjain tugas sekolah

    Posted by i'ah | Mei 21, 2010, 12:21 am
  97. makasi ya pak bsa ngerjain tugas lebih gampang

    Posted by i'ah........... | Mei 21, 2010, 2:41 am
  98. thank you very much sir ..
    so I can do some biology

    Posted by Rizki Fadillah | Mei 23, 2010, 1:51 pm
  99. mkasih y pak….
    lo kyk gni truzz sya bza dpet juara klazz
    hehehehe…,,
    mnta tlong pak ..
    klo bza send k email sya soalx sya prlu
    tentang hewan mollusca ini

    Posted by giena | Juni 3, 2010, 12:35 pm
  100. makasihh yk ..
    jadii bisaa ngerjaen tugas bio nii ..
    :)

    Posted by dedekk L. | Juni 9, 2010, 11:35 am
  101. maksih bgt ya pak , , ,

    Posted by nurul | Juni 17, 2010, 3:59 am
  102. thanks sekali pak tugas bisa selesai dengan cepat….

    Posted by Amirullah | Juni 17, 2010, 7:47 am
  103. thanks sekali pak jadi cepat selesai tugas dari guru

    Posted by Amirullah | Juni 17, 2010, 7:48 am
  104. pak nggak bisa tentang peranan nemathelminthes bagi manusia??
    kalo bisa tolong di catatin ya pak??

    Posted by jessica tania | Juni 23, 2010, 9:44 am
  105. wah2..boleh saya share ke -KASKUS- ???

    Posted by AditAdri | Juli 7, 2010, 6:18 pm
  106. bisa dijelaskan gak pak tentang parameter yang bisa di tolerir jenis gastropoda dan polycypoda. dan gman proses mereka bisa dikatakan sebagai bioindikator perairan

    Posted by fathur roziqin | Juli 28, 2010, 2:33 am
  107. Bagus Q gak ngerti , soalnya q masih smp getoooooooooooh

    Posted by Evana | Agustus 9, 2010, 10:48 am
  108. mw ny proses prkmbngan dan prtumbhan ny di bwt jga

    Posted by vitta | Agustus 27, 2010, 11:13 am
  109. mkch pelajaran nya..bermanfaat bgt…

    Posted by herawati | Oktober 9, 2010, 10:05 am
  110. terimakasih ya pak …..
    saya bisa ngerjain tugas saya dengan baik …. :)
    mudah mudahan tambah bermanfaat ya ilmunya … :)

    Posted by dyan | Oktober 25, 2010, 11:10 am
  111. thankz yach,
    jd bsa kerja tugas ne…..

    Posted by ellano | Oktober 25, 2010, 12:53 pm
  112. makasii banyak buat artikel nya membantu perkuliahan saya.

    Posted by himawari | Oktober 26, 2010, 11:39 am
  113. Makasih ya Bu/Pak …..atas blog nya, saya terbantu dalam menyiaapkan bahan les di sekolah. :-)

    Posted by Jesper Ricardo | November 5, 2010, 8:55 am
  114. terima kasih ya pak atas materinya, aq jadi bisa mnyelesaikan tgs

    Posted by umi | November 7, 2010, 4:14 am
  115. thank’s ya pak gara2 bpak aq n tmen2 dapet 100 nilainya

    Posted by sastra | November 8, 2010, 9:36 am
  116. shipp bnget thu…!!
    mkachie bnget bwat cmhuanya dah mmpermudah cari’ informasi dengan mudah….!!!!

    Posted by apwg | Desember 2, 2010, 6:57 am
  117. jadi lebih tau tentang molusca!!!!!!!
    NHE HE NHE

    Posted by dea aza | Januari 19, 2011, 4:58 am
  118. MakACih BeudhT z pAk… JadI BisA nGrePek uLangAn NIch. . .

    Posted by Jamal | Januari 25, 2011, 1:04 am
  119. thank informasinya,
    pak bisa minta anatomi KERANG KECE ga,?

    Posted by kurniawan | Februari 16, 2011, 2:26 pm
  120. mkasih dri snikta bza tw smua isi tugas2 QTA

    Posted by bella putri ariesta | Februari 19, 2011, 2:29 pm
  121. allhamdulillah dgn ini kmi bza menyelesaikan tgzz kta dgn maksimal thnkz you very much for all

    Posted by tyazzzzz | Februari 19, 2011, 2:35 pm
  122. thanks for all karna tugas ini saya bisa menyelesaikan tugas diskusi saya dengan maksimal dan dapat berjalan dgn lancar thnkzzzz

    Posted by mhiesya | Februari 19, 2011, 2:39 pm
  123. , makace yya guruu
    , semua ini membantu saiia unttukg mengerjakkand tuggas sekullah :))

    Posted by ElyviaRodesta | Februari 27, 2011, 7:13 am
  124. pak ni sumbernya ap ya….

    Posted by evi | Maret 1, 2011, 9:21 am
  125. allhamdulillah akhrnya dwie siap jga pakkk. maksiih bnget ya pakkk…. trma kasih sebesar” nya pak… doa’in ya pak moga saya sukses pakk… doa’in jga cita” saya jd bidan tercapaii … amin ya pakkk…..

    Posted by dwi dinayanti | Maret 7, 2011, 11:08 am
  126. makasih pak infonya. tugas udah selesai deh.

    Posted by desnie | Maret 9, 2011, 1:39 pm
  127. jadi pak
    apakah pntg kali hewan ini untuk kita

    terima kasih

    Posted by Martini | Maret 10, 2011, 5:36 am
  128. makasih GURU. :D

    Posted by Hamba Allah | Maret 14, 2011, 12:10 pm
  129. matur suon nggeh pak ,,,,,,,,
    kulo berkat niki,,,,
    kulo saget ngerja aken tugaz kulo ,,,,,,,,,,

    Posted by thomy | Maret 20, 2011, 10:29 am
  130. Makasih aku jadi dapet bahan persentasi biologi ;)

    Posted by Nadya naditya | Maret 21, 2011, 1:55 am
  131. matur suwunn , kulo dadi saged nggrap tugas bio presentasi…
    matur suwunn sanget inggihh :p

    Posted by surtii | Maret 31, 2011, 5:47 am
  132. Thank’s yach pak
    jadi kebantu dech ngerjain tugas’a
    yang di suruh guru saya
    Biologi emang paling mantap

    Posted by Hetty | April 1, 2011, 7:43 am
  133. pa tolonk jlsin lbh lngkp y,

    Posted by Martini | April 3, 2011, 8:28 am
  134. MAkacih bapakk,, uad blog ny,, ngebantu bgt,,,lam knal aj pak,,

    Posted by shofa nur hanifa | April 4, 2011, 12:18 pm
  135. makasih ya………
    udah bnyak bantu aq……..

    Posted by silvi | April 12, 2011, 7:32 am
  136. mksih ya bli Ketut atas infonya..

    Posted by hendri setyawan | April 13, 2011, 3:08 pm
  137. Terimakasih pak,informasinya sangat membantu

    Posted by Mard | April 14, 2011, 3:21 pm
  138. thanks ya pak saya jadi bisa mempelajari tentang mollusca

    Posted by christian manusia tergantenk | April 19, 2011, 7:47 am
  139. hm tugas alhamdulillah kini bisa teratasi theeeee

    Posted by nurkurnaeni | April 24, 2011, 2:51 pm
  140. makasi ya :D

    Posted by yheni | April 27, 2011, 9:52 am
  141. mksih pak ats infonya… :)
    alhamdulliah tgas bsa terselesaikan..

    Posted by retnofitriarianti | Mei 4, 2011, 9:32 am
  142. bagus banget nih ilmunya!!!!!!

    Posted by soneto | Mei 5, 2011, 4:22 pm
  143. thx bngt pak bwat web nya ….. :) web nya ckp bgs …….

    Posted by adi | Mei 8, 2011, 2:44 am
  144. Makasih yah,,,,, berguna untuk tugas biologi!

    Posted by Iin | Mei 10, 2011, 1:24 pm
  145. alhamdulilahirabbalalamiim,
    thx bgt ya pak,
    kalo gak ada bpak mah mungkin nilai saya 0 ni pak . Hehe :D

    Posted by ady@pratama | Mei 25, 2011, 1:03 am
  146. thank’s buaaaaaaaaaget google ¿¿

    Posted by indra bungsu x.4 | Mei 26, 2011, 1:24 pm
  147. wah…
    selamat..
    terima kasih !! :D
    i’m so glad to learn about this

    Posted by Muhammad Irfan | Juni 4, 2011, 2:36 pm
  148. makasi ia pak

    sehingga saya bisa ambil bahan buat skripsi saya……….

    Posted by agus deemawan | September 21, 2011, 7:22 am
  149. MAKASIH ATAS BANTUANYA, TPI LW BSA SEKALIAN MA ANATOMINYA DOOOONK../////??

    Posted by nur | Oktober 25, 2011, 1:45 am
  150. mau tanya pak kalau kandungan pd cangkang siput tawar app…….?

    Posted by Bgooz Rizkyie | November 16, 2011, 6:08 am
  151. makasihh buat informasinya karena sangat membantuu

    Posted by ryantii puhiri | November 17, 2011, 3:55 am
  152. makasi pak ya,
    ini bermanfaat sekali untuk saya

    Posted by muslimah | November 20, 2011, 1:59 pm
  153. mksih ya pak jdi gampang membuat tugas

    Posted by stevanus | November 28, 2011, 1:24 pm
  154. :)

    Posted by stevanus | November 28, 2011, 1:36 pm
  155. Makasih ya Pak, akhirnya bisah ngerjain Tugas kuliah

    Posted by Eroll Mc | Desember 15, 2011, 11:38 am
  156. makasih om.

    Posted by stela.mar.azz | Januari 20, 2012, 11:37 am
  157. terimakasiihh, pak ..
    ijin copy ya pak .. :)

    Posted by lyn | Februari 3, 2012, 1:09 pm
  158. makasiih yaa
    tugas saya jd selesai … :)

    Posted by Nina Rahayu | Maret 4, 2012, 1:30 pm
  159. sip bgt nih pak tgs lgsg selesai , lanjutkan pak

    Posted by hapes | Maret 5, 2012, 11:57 am
  160. makasih infonya, sangat membantu :D

    Posted by zuhrotul nazilla (@zuhrotulnazilla) | Maret 5, 2012, 1:32 pm
  161. makasih banyak ya pak ya..
    ini sangat membantu tugas saya..
    :)

    Posted by yayang9fyayan | Maret 10, 2012, 12:08 pm
  162. Eksresi nya gak ada . . . .

    Posted by Baguzz uchia hatake | Maret 11, 2012, 12:19 pm
  163. Gamsa…tugas jadi selesai deh :)

    Posted by nur syafarinah (@syafarinah_nur) | Maret 11, 2012, 1:07 pm
  164. thank;s bgt yah;p

    Posted by laura | Maret 12, 2012, 7:52 am
  165. maksih ya pak atas informasi tentang Mollusca

    Posted by Ramdhan | Maret 14, 2012, 2:36 am
  166. Selesai tugas saya pak tentang Mollusca…..

    Posted by Ramadhan | Maret 14, 2012, 2:37 am
  167. ilmunya sangat berguna thanks yaaa

    Posted by Deri | Maret 15, 2012, 7:08 am
  168. pak , saya cari yg phylum enchinodermata sama annelida kok ga ada ya ?

    Posted by clara | Maret 16, 2012, 8:39 am
  169. makasih ya pa srtikel x sudah lumayan lengkap n tidak terlau banyak

    Posted by fitri | April 2, 2012, 5:20 am
  170. trimakasih pak, saya jadi mengetahui informasi tentang molusca.

    Posted by nia | April 7, 2012, 5:53 am
  171. Thankz

    Posted by Aflin | April 14, 2012, 5:37 am
  172. thank jadi dpet materi buat oresentase nihh…………

    Posted by Uccoundt Aebhiefoertz Serenade | April 29, 2012, 1:03 am
  173. thank’s ya pak,,

    Posted by sry | April 29, 2012, 2:32 am
  174. Thank’s yach ^_^

    Posted by lhisa | Mei 5, 2012, 4:55 am
  175. MAKASIH BANYAK! MAKASIH SANGAT SANGAT BANYAK!
    SAYA JADI BISA ULANGAN INSYAALLAH!

    Posted by andi sarah | Mei 6, 2012, 5:32 am
  176. Thanks , jadi bisa ngerjain tugas dech ^.^

    Posted by Adam x4 | Mei 13, 2012, 2:17 pm
  177. .makazih yachhh pak,infox zngat mmbantu…

    Posted by fahiraaa | Mei 22, 2012, 8:15 am
  178. sip dah
    ijin sedot

    Posted by yds_a7x | Mei 30, 2012, 1:06 pm
  179. pak.. tentang filum brachiopoda dong

    Posted by fanny septiani | Juni 9, 2012, 4:19 am
  180. makasih jadi tugas saya sudah selesai nih

    Posted by Kristani Ezra Eka Kamila | April 11, 2013, 12:24 am
  181. apa penjelasan dari organ seksual terpisah pada parasit, bagaimana itu organ seksual terpisah???

    Posted by fiyu' | April 12, 2013, 1:41 pm
  182. makasih banyak, artikel ini sangat membantu

    Posted by Reza | April 23, 2013, 3:36 am
  183. kalo mollusca tidak ada diperairan…apa yang akan terjadi pak…???

    Posted by cendry | Juni 9, 2013, 12:07 pm
  184. Klo Ukuran dan bentuk tubuh Gastropoda gimana……???

    Posted by Gesta | Oktober 4, 2014, 5:23 am

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BLOG ini merupakan bentuk ungkapan TERIMA KASIH, seorang alumni/siswa ( I KETUT DIANA ADHI,S.KOM aka kuncunk, kepada bapak/ibu guru khususnya SMU 1 Melaya, Jembrana, Bali yang telah memberi berbagai ilmu selama saya belajar di sekolah tercinta..Jasa bapak / ibu guru tidak akan saya lupakan
Untuk materi, mohon maaf sebesar besarnya, karena basic saya yang cuma orang IT/ computer science, dan cuma bisa mengumpukan bahan dan materi ajar dan menyajikan dalam sebuah BLOG..
Saya merasa materi yang disajikan banyak kekurangannya, mudah mudahan saran dan kritik pengunjung bisa membuat blog ini berguna bagi pendidikan Indonesia..

Mudah mudahan blog ini bisa menjadi motivasi bagi pendidik untuk lebih bisa memanfatkan media IT demi kemajuan pendidikan Indonesia.

MAJU TERUS PENDIDIKAN INDONESIA

Kunjungi Paket Liburan ke Bali

Statistik

  • 7,958,049 hits
Education Sites Catalog
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 140 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: