//
you're reading...
Klasifikasi

Mengenal Seluk Beluk Phylum Echinodermata


Bintang Laut

Bintang Laut

Echinodermata (dalam bahasa yunani, echino = landak, derma = kulit) adalah kelompok hewan triopoblastik selomata yang memilki ciri khas adanya rangka dalam (endoskeleton) berduri yang menembus kulit.

Ciri tubuh
Ciri tubuh Echinodermata meliputi ukuran, bentuk, struktur, dan fungsi tubuh

Ukuran dan bentuk tubuh
Bentuk tubuh Echinodermata ada yang seperti bintang, bulat, pipih, bulat memanjang, dan seperti tumbuhan.
Tubuh terdiri dari bagian oral (yang memiliki mulut) dan Aboral (yang tidak memiliki mulut).

Struktur dan fungsi tubuh
Permukaan Echinodermata umumnya berduri, baik itu pendek tumpul atau runcing panjang.Duri berpangkal pada suatu lempeng kalsium karbonat yang disebut testa.Sistem saluran air dalam rongga tubuhnya disebut ambulakral.Ambulakral berfungsi untuk mengatur pergerakan bagian yang menjulur keluar tubuh, yaitu kaki ambulakral atau kaki tabung ambulakral.Kaki ambulakral memiliki alat isap.sistem pencernaan terdiri dari mulut, esofagus, lambung, usus, dan anus.Sistem ekskresi tidak ada.Pertukaran gas terjadi melalui insang kecil yang merupakan pemanjangan kulit.Sistem sirkulasi belum berkembang baik.Echinodermata melakukan respirasi dan makan pada selom.Sistem saraf Echinodermata terdiri dari cincin pusat saraf dan cabang saraf.Echinodermata tidak memiliki otak.Untuk reproduksi Echinodermata ada yang bersifat hermafrodit dan dioseus.

Cara hidup dan habitat
Echinodermata merupakan hewan yang hidup bebas.Makanannya adalah kerang, plankton, dan organisme yang mati.Habitatnya di dasar air laut, di daerah pantai hingga laut dalam.

Reproduksi
Echinodermata bersifat dioseus bersaluran reproduksi sederhana.Fertilisasi berlangsung secara eksternal.Zigot berkembang menjadi larva yang simetris bilateral bersilia.Hewan ini juga dapat beregenerasi.

Klasifikasi
Echinodermata dikelompokkan menjadi lima kelas, yaitu Asteroidea, Ophiuroidea, Echinoidea, Holothuroidea, dan Crinoidea.

Asteroidea
Asteroidea merupakan spesies Echinodermata yang paling banyak jumlahnya, yaitu sekitar 1.600 spesies.Asteroidea juga sering disebut bintang laut.Contoh spesies ini adalah Acanthaster sp., Linckia sp., dan Pentaceros sp.Tubuh Asteroidea memiliki duri tumpul dan pendek.Duri tersebut ada yang termodifikasi menjadi bentuk seperti catut yang disebut Pediselaria.Fungsi pediselaria adalah untuk menangkap makanan serta melindungi permukaan tubuh dari kotoran.Pada bagian tubuh dengan mulut disebut bagian oral, sedangkan bagian tubuh dengan lubang anus disebut aboral.Pada hewan ini, kaki ambulakral selain untuk bergerak juga merupakan alat pengisap sehingga dapat melekat kuat pada suatu dasar.
Sistem ambulakral Asteroidea terdiri dari :
– Medreporit adalah lempengan berpori pada permukaan cakram pusat dibagian dorsal tubuh.
– Saluran cincin terdapat di rongga tubuh cakram pusat
– Saluran radial merupakan cabang saluran cincin ke setiap lengan
– Kaki ambulakral merupakan juluran saluran radial yang keluar.

Anggota Asteroidea memiliki kemampuan regenerasi yang sangat besar.Setiap bagian lengannya dapat beregenerasi dan bagian cakram pusat yang rusak dapat diganti.Asteroidea merupakan hewan dioseus, organ kelamin berpasangan pada setiap lengan, dan fertilisasi terjadi di luar tubuh.

Ophiuroidea
Ophiuroidea terdiri dari 2.000 spesies, contohnya adalah bintang ular (Ophiothrix).Ophiuroidea (dalam bahasa yunani, ophio = ular) berbentuk seperti asteroidea, namun lengannya lebih langsing dan fleksibel.Cakram pusatnya kecil dan pipih dengan permukaan aboral (dorsal) yang halus atau berduri tumpul.Ophiuroidea tidak memiliki pediselaria.Cakram pusat berbatasan dengan lengan-lengannya.
Hewan ini pun juga dapat beregenerasi.

Echinoidea

bulu-babi

bulu-babi

Echinoidea berbentuk bola atau pipih, tanpa lengan.Echinoidea yang berbentuk bola misalnya bulu babi (diadema saxatile) dan landak laut (Arabcia punctulata).Permukaan tubuh hewan ini berduri panjang.Echinoidea memilki alat pencernaan khas, yaitu tembolok kompleks yang disebut lentera aristoteles.Fungsi dari tembolok tersebut adalah untuk menggiling makanannya yang berupa ganggang atau sisa-sisa organisme.Echinoidea yang bertubuh pipih misalnya dolar pasir (Echinarachnius parma).Permukaan sisi oral tubuhnya pipih, sedangkan sisi aboralnya agak cembung.Tubuhnya tertutupi oleh duri yang halus dan rapat.Durinya berfungsi untuk bergerak, menggali, dan melindungi permukaan tubuhnya dari kotoran.Kaki ambulakral hanya terdapat di sisi oral yang berfungsi utuk mengangkut makanan.

Holothuroidea
Holothuroidea dikenal dengan nama timun laut atau teripang.Contoh hewan ini adalah Cucumaria sp., Holothuria sp., dan Bohadschia argus.Hewan ini tidak berlengan dan anus terdapat pada kutub yang berlawanan dari tubuhnya.Daerah ambulakral dan inter-ambulakral tersusun berselang-seling di sepanjang tubuhnya.Alur ambulakral tertutup, madreporit terdapat di rongga tubuhnya.Sebagian kaki ambulakral termodifikasi menjadi tentakel oral.Sistem respirasinya disebut pohon respirasi, karena sistem tersebut terdiri dari dua saluran utama yang bercabang pada rongga tubuhnya.Keluar dan masuknya air melalui anus.

Crinoidea
Hewan ini berbentuk seperti tumbuhan.Crinoidea terdiri dari kelompok yang tubuhnya bertangkai dan tidak bertangkai.Kelompok yang bertangkai dikenal sebagai lili laut, sedangkan yang tidak bertangkai dikenal sebagai bintang laut berbulu.Contoh lili laut adalah Metacrinus rotundus dan untuk bintang laut berbulu adalah Oxycomanthus benneffit dan Ptilometra australis.Lili laut menetap di kedalaman 100 m atau lebih.Sedangkan yang berbulu hidup di daerah pasang surut sampai laut dalam.Kedua kelompok tersebut memiliki oral yang menghadap ke atas.Lengannya yang berjumlah banyak mkengelilingi bagian kaliks (dasar tubuh).Pada kaliks terdapat mulut dan anus.Jumlah lengan kelipatan lima dan mengandung cabang-cabang kecil yang disebut pinula.Sistem ambulakral tidak memiliki madreporit dan ampula.Crinoidea adalah pemakan cairan, misalnya zooplankton atau partikel makanan.

Peran Echinodermata bagi Manusia
Echinodermata dimanfaatkan oleh manusia sebagai berikut.
– Makanan.Misalnya telur landak laut yang banyak dikonsumsi di Jepang dan keripik timun laut yang banyak dijual di Sidoarjo. Jawa Timur.
– Bahan penelitian mengenai fertilisasi dan perkembangan awal.Para ilmuwan biologi sering mengggunakan gamet dan embrio landak laut.
Namun, bintang laut sering dianggap merugikan oleh pembudidaya tiram mutiara dan kerang laut karena merupakan predator hewan-hewan budidaya tersebut.

About these ads

Diskusi

77 thoughts on “Mengenal Seluk Beluk Phylum Echinodermata

  1. pngn tau tentang bintang seribu yang merusak karang. Punya info gak pak?

    Posted by adel | November 13, 2008, 5:54 am
  2. bulu babi,,,bulu babi,,,bulu babi,,,

    Pnjang bgt durinya……

    Posted by innezzz | Januari 14, 2009, 3:04 pm
  3. cipp…

    Posted by ela | Februari 9, 2009, 12:38 pm
  4. wew ada yang laene gag

    Posted by tania | Februari 15, 2009, 9:00 am
  5. kalo boleh tau..peran dari masing-masing kelasnya apa ya?

    Posted by vany | Maret 28, 2009, 10:34 am
  6. bagus nih…
    tapi gambarnya kurang…

    Posted by alita | April 7, 2009, 10:32 am
  7. met siang…. oh iya, aku mau minta tolong donk….
    klo ada literatur atau bahan2 tentang bintang laut berduri (Acanthaster planci) kirim file nya ke email aku yach….
    yoedha_toea@yahoo.com

    Thank’s…..

    Posted by yudha | April 9, 2009, 4:26 am
  8. bagus sich, tapi lengkap lage kalok ditambah sama daur hidupnya.

    Posted by Sunny | April 12, 2009, 12:27 pm
  9. oche bgt nech…
    n klu bisa lebih lengkap lagi yach….

    Posted by gian | April 21, 2009, 4:49 am
  10. Met sOre…….Sya mau tanya nih!!!!Chordadorsalis(Notokord) itu msuk kelompok mana ya????Vertebrata atau Invertebrata….Aku mau pnjelasannya yang lengkap donk!!!!!!Makasih ya!!!!

    Posted by andri | April 22, 2009, 10:50 am
  11. bu/pak,
    makasih ya….

    Posted by kazu | April 29, 2009, 12:01 pm
  12. trima kasih banyak atas info”nya….
    amat sangat berguna…

    Posted by sarah | Mei 16, 2009, 4:24 am
  13. Ada yang tau bagaimana bintang laut membersihkan sela-sela durinya?

    Posted by Rainy Wijaya | Mei 22, 2009, 2:43 am
  14. landak laut itu beracun ga sih? trus klo beracun, racunnya mematikan pa ga?

    Posted by Inoru | Agustus 17, 2009, 5:17 am
  15. azzik,gua bsa ngrjaen tugaz dh,,,,
    thankz bgt y pak,,,

    Posted by arya | Oktober 28, 2009, 3:51 am
  16. ok banget rangkumannya !!

    Posted by ittha | Desember 15, 2009, 4:28 am
  17. pengen tahu lebih dalam tentang echinodrmata tapi disini kurang lengkap………….

    Posted by aditya | Desember 15, 2009, 7:12 am
  18. bguzz bgt artikelnya,,cuman, klo bleh usul, nma spesiesnya tolong digarisbawahi atau ditulis miring biar sesuai kaedah pnulisan nama ilmiah spesies. lebih bgus lagi kalau contoh salah satu dari spesies dari masing- masing kelas itu ada gambarnya. jadi saat baca ciri- ciri hewan holothuroidea truz disampingnya ada gambar salah satu spesiesnya jadi lebih mudah mengingatnya karena ada visualnya sebagai gambar pembanding

    thanksss

    Posted by dina | Desember 26, 2009, 6:56 am
  19. itu bukan bulu babi tapi landak laut, bulu babi durinya gak kaya gitu

    Posted by renita | Desember 27, 2009, 4:11 am
  20. informasi yg sangat berguna!
    terima kasuh :)

    Posted by anna | Januari 18, 2010, 10:56 am
  21. bgussss bget…tapi krang bnyak..

    Posted by Kevin Bentanio | Januari 22, 2010, 11:52 am
  22. alhmdlillh bs ngerjain tugass..
    thank’s a lott!!

    Posted by rahmaa | Februari 14, 2010, 6:58 am
  23. Makasih lhO bOzzz

    Posted by ganang | Februari 21, 2010, 4:51 am
  24. yang jelas mengenai spicies yang satu ini sangat menyenangkan untuk diketahui lebih dalam ………..

    Posted by ichal | Maret 2, 2010, 1:11 pm
  25. thanks…………..

    Posted by adi | Maret 2, 2010, 3:17 pm
  26. thanks buanget dah…………..

    Posted by ULFA | Maret 16, 2010, 10:02 am
  27. asteroidanya tambahin info yglebih banyak dunkkk…..butuh bget ne….

    Posted by last | Maret 24, 2010, 5:34 am
  28. Kl ble tau, manfaat Crinoidea sama Echinoidea???

    Posted by Ricka | Maret 26, 2010, 3:16 am
  29. arigato pak tgz ku bisa selesai!!!!!!!!!!!!! banzai!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Posted by himawari mizuho | Maret 26, 2010, 2:34 pm
  30. SIP,,,,,,,,

    Posted by ARIZMI | Maret 28, 2010, 3:11 pm
  31. terimakasih atas infonya .

    Posted by riana | Maret 29, 2010, 8:45 am
  32. bguz bgt, tp lox icha plus poer point’a uga…..

    Posted by pritha | Maret 30, 2010, 11:58 am
  33. “thx.blog ini sangat mmembantu:)

    Posted by neny | April 3, 2010, 5:41 am
  34. lapisan tubuh darii echidonermata knp g di tuliskan… ????
    saya butuh bgt dg itu…

    Posted by utie | April 10, 2010, 11:39 am
  35. makasih ya pak, krna blog bpak aku bisa ngerjain tugas biologi aku…

    Posted by rizka | April 11, 2010, 3:33 am
  36. boleh tau ngak..
    peranan dari Echinodermata dalam ekosistem tumbu karang…??
    aku butuh infonya… trims…. :)

    Posted by ariefziafirdaus | April 11, 2010, 3:17 pm
  37. o……..
    wao!

    Posted by azzam | April 23, 2010, 6:06 am
  38. bguss

    Posted by herfa.langit | April 26, 2010, 8:27 am
  39. ada gk gambar yg ada fungsi dr bagian tubuh filum Echinodermata gk, please send to my E-mail Kyokuzhaku@gmail.com please yaa tugas nihhhhhh………….!!!!!!!!!
    Thankz

    Posted by [Nuts]"Komentar" | Mei 5, 2010, 8:49 am
  40. tanks.,.,.sd mmbatu.,tuk mexelesaikn tugas

    Posted by SANYAR | Mei 7, 2010, 3:10 am
  41. mohon izin untuk diunduh, terima kasih

    Posted by Faisal Yusuf Ananda | Mei 7, 2010, 11:58 am
  42. ciri reproduksinya apa?

    Posted by aienie | Mei 15, 2010, 5:01 am
  43. bagus. tapi harus di lengkapi dengan lebih banyak contoh spesiesnya………..

    Posted by yanto seran, adonara | November 7, 2010, 7:53 am
  44. .pengen tau lbiih bnyak lgi pak

    Posted by kiki odoy | Desember 29, 2010, 5:29 am
  45. thnx yahhh utk infonya,,

    Posted by lourine T | Januari 23, 2011, 3:08 pm
  46. thankz,,…za ni3 membantu bnget,,….

    Posted by w@rd4 | Januari 24, 2011, 11:01 am
  47. makasih banyak ya, saya lagi bnyak tugas n dpat infrmasi lengkap dari kamu makasih ya.

    Posted by Lusy yana | Februari 20, 2011, 7:17 am
  48. Ada data nggak kekayaan laut Indonesia non ikan yang kecolongan juga, diambil sama negara asing??

    Posted by oepik | Februari 21, 2011, 4:51 am
  49. THANK BANGET EA BRO

    Posted by HIL | Maret 26, 2011, 1:40 am
  50. Sangad berguna untk lab aver.quu. . .

    Posted by Nelva | April 4, 2011, 11:23 pm
  51. makasih banget yah….

    Posted by shiro | April 20, 2011, 1:27 am
  52. thanks.. sangat berguna

    Posted by McSoto | April 27, 2011, 2:47 pm
  53. Terimakasih :)

    Posted by Ghibran | Mei 23, 2011, 10:21 am
  54. boleh nanya???

    kalo identifikasi echinodermata khususnya Holothuroidea ada nggak,
    soalnya aQ lagi butuh banget identifikasinya……..

    kalo ada, aku mohon bantuannya yach,,,,,,
    sebelumnya trims banget..

    aku tunggu di ald.muchtar@yahoo.com

    Posted by Muchtar | Oktober 6, 2011, 1:18 pm
  55. bagus bu :)

    Posted by dorademon | November 27, 2011, 8:34 am
  56. Duri babi itu di makan aja,,,,,,,,
    enak lhoooooo………..

    Posted by Anwar rumbaru | Desember 30, 2011, 1:56 am
  57. Udh cukup bgus… Tlng d prbnyk lg gmbrnya. Bila perlu cth gmbr spesies yg trdpt dlm stiap klsnya. Thx! Jcbu us all :)

    Posted by Vani | Januari 4, 2012, 12:12 am
  58. thanks ya. berguna dan bermanfaat banget..

    Posted by ria | Januari 16, 2012, 9:35 am
  59. woooooow……… mkasih infomya

    Posted by egiliana atika putri | Februari 24, 2012, 5:37 am
  60. hmm, lumayan lengkap :)
    makasi . . .

    Posted by velin | Februari 24, 2012, 8:03 am
  61. akkkkhh makasieh banget
    smoga bermanfaat bwat semuamuanya

    ipeh

    Posted by ipeh | Maret 1, 2012, 1:33 pm
  62. pengen tau ciri ciri dari setiap contoh” kelasnya?

    Posted by andball | Maret 16, 2012, 7:22 am
  63. Makazih bnyak atas bantuan’a

    Posted by anto | Maret 23, 2012, 3:38 am
  64. Makasih ya atas informasinya, karena informasinya aku bisa nyeselesakan tugas makalah

    Posted by Rahma | April 10, 2012, 11:42 am
  65. mantap

    Posted by chai rani | April 16, 2012, 5:52 am
  66. daur hidupnya gimana

    Posted by ikbal | April 30, 2012, 11:44 am
  67. lbh bgs klu gmna cra budidayanya dan gmna cara kita mengkonsumsi.,,,,,,,,….

    Posted by Jack Zao | Mei 4, 2012, 2:21 am
  68. aku mau nanya nieh pak / bu guru ada gak aspek ekologi ,struktur komunitas dari masing masing fhylum invertebrata ini
    soalnya aku punya tugas akhir buat laporan biologi

    Posted by MuhAbdul | Mei 11, 2012, 1:02 pm
  69. waw maksaih banyak ni
    atas infonya
    brguna sekali ni bagi saya n para pelajar yg lain
    sekali lagi maksih :)

    Posted by Bima Rasyid Al | Mei 29, 2012, 4:45 pm
  70. terimakasih :)

    Posted by lintangdiasti | Oktober 2, 2012, 4:46 pm
  71. Dalam uraian materinya kurang teratur sehingga dalam pnalaranx lmyan sulit,,,tp ok pha bila di prbaxk model gambar dr msing2 filumx….

    Posted by teti haryati | Desember 27, 2012, 1:17 pm
  72. bagaaimana fase muda pada asteroidea?
    dan bagaimana mekanisme melepas dan melekat asteroidea?

    Posted by fenny | April 29, 2013, 2:16 pm
  73. reproduksi secara dioseus itu apa y? bisa tolong dijelaskan?

    Posted by sani | Mei 1, 2013, 5:20 pm
  74. tolong di beri pnjelasan tentang peranan dan daur hidup masing2 kelas ya pak/bu,.
    cpet.ant ya btuh bnget zoal.na,.
    .

    Posted by yunita anjar n. | Mei 9, 2013, 2:50 am
  75. LENGKAP makasi ya ilmu yang bermanfaat ^^

    Posted by merisa | Mei 22, 2013, 3:28 pm
  76. sayang sekali barusan ulangan ada soal sistem ambulakral nyesel jdnya

    Posted by ilmi venus queen | Mei 30, 2013, 2:22 am
  77. bermanfaat….
    Terima kasih post.annya

    Posted by Muvie | Maret 2, 2014, 11:34 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BLOG ini merupakan bentuk ungkapan TERIMA KASIH, seorang alumni/siswa ( I KETUT DIANA ADHI,S.KOM aka kuncunk, kepada bapak/ibu guru khususnya SMU 1 Melaya, Jembrana, Bali yang telah memberi berbagai ilmu selama saya belajar di sekolah tercinta..Jasa bapak / ibu guru tidak akan saya lupakan
Untuk materi, mohon maaf sebesar besarnya, karena basic saya yang cuma orang IT/ computer science, dan cuma bisa mengumpukan bahan dan materi ajar dan menyajikan dalam sebuah BLOG..
Saya merasa materi yang disajikan banyak kekurangannya, mudah mudahan saran dan kritik pengunjung bisa membuat blog ini berguna bagi pendidikan Indonesia..

Mudah mudahan blog ini bisa menjadi motivasi bagi pendidik untuk lebih bisa memanfatkan media IT demi kemajuan pendidikan Indonesia.

MAJU TERUS PENDIDIKAN INDONESIA

Kunjungi Paket Liburan ke Bali

Statistik

  • 7,748,271 hits
Education Sites Catalog
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 136 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: