//
you're reading...
Klasifikasi

Mengenal Seluk Beluk Phylum Annelida


worm_lumbricus

worm_lumbricus

Annelida (dalam bahasa latin, annulus = cincin) atau cacing gelang adalah kelompok cacing dengan tubuh bersegmen.
Berbeda dengan Platyhelminthes dan Nemathelminthes, Annelida merupakan hewan tripoblastik yang sudah memiliki rongga tubuh sejati (hewan selomata).Namun Annelida merupakan hewan yang struktur tubuhnya paling sederhana.

Ciri tubuh
Ciri tubuh annelida meliputi ukuran, bentuk, struktur, dan fungsi tubuh.

Ukuran dan bentuk tubuh
Annelida memiliki panjang tubuh sekitar 1 mm hingga 3 m.Contoh annelida yang panjangnya 3 m adalah cacing tanah Australia.Bentuk tubuhnya simetris bilateral dan bersegmen menyerupai cincin.

Struktur dan fungsi tubuh
Annelida memiliki segmen di bagian luar dan dalam tubuhnya.Antara satu segmen dengan segmen lainya terdapat sekat yang disebut septa.Pembuluh darah, sistem ekskresi, dan sistem saraf di antara satu segmen dengan segmen lainnya saling berhubungan menembus septa.
Rongga tubuh Annelida berisi cairan yang berperan dalam pergerakkan annelida dan sekaligus melibatkan kontraksi otot.
Ototnya terdiri dari otot melingkar (sirkuler) dan otot memanjang (longitudinal).
Sistem pencernaan annelida sudah lengkap, terdiri dari mulut, faring, esofagus (kerongkongan), usus, dan anus.Cacing ini sudah memiliki pembuluh darah sehingga memiliki sistem peredaran darah tertutup.Darahnya mengandung hemoglobin, sehingga berwarna merah.Pembuluh darah yang melingkari esofagus berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh.
Sistem saraf annelida adalah sistem saraf tangga tali.Ganglia otak terletak di depan faring pada anterior.Ekskresi dilakukan oleh organ ekskresi yang terdiri dari nefridia, nefrostom, dan nefrotor.Nefridia ( tunggal – nefridium ) merupaka organ ekskresi yang terdiri dari saluran.Nefrostom merupakan corong bersilia dalam tubuh.Nefrotor merupaka npori permukaan tubuh tempat kotoran keluar.Terdapat sepasang organ ekskresi tiap segmen tubuhnya.

Cara hidup dan habitat
Sebagian besar annelida hidup dengan bebas dan ada sebagian yang parasit dengan menempel pada vertebrata, termasuk manusia.Habitat annelida umumnya berada di dasar laut dan perairan tawar, dan juga ada yang segaian hidup di tanah atau tempat-tempat lembap.Annelida hidup diberbagai tempat dengan membuat liang sendiri.

Reproduksi
Annelida umumnya bereproduksi secara seksual dengan pembantukan gamet.Namun ada juga yang bereproduksi secara fregmentasi, yang kemudian beregenerasi.Organ seksual annelida ada yang menjadi satu dengan individu (hermafrodit) dan ada yang terpisah pada individu lain (gonokoris).

Klasifikasi
Annelida dibagi menjadi tiga kelas, yaitu Polychaeta (cacing berambut banyak), Oligochaeta (cacing berambut sedikit), dan Hirudinea.

Polychaeta

polychaeta

polychaeta

Polychaeta (dalam bahasa yunani, poly = banyak, chaetae = rambut kaku) merupakan annelida berambut banyak.Tubuh Polychaeta dibedakan menjadi daerah kepala (prostomium) dengan mata, antena, dan sensor palpus.
Polychaeta memiliki sepasang struktur seperti dayung yang disebut parapodia (tunggal = parapodium) pada setiap segmen tubuhnya.Fungsi parapodia adalah sebagai alat gerak dan mengandung pembuluh darah halus sehingga dapat berfungsi juga seperti insang untuk bernapas.Setiap parapodium memiliki rambut kaku yang disebut seta yang tersusun dari kitin.
Contoh Polychaeta yang sesil adalah cacing kipas (Sabellastarte indica) yang berwarna cerah.Sedangkan yang bergerak bebas adalah Nereis virens, Marphysa sanguinea, Eunice viridis(cacing palolo), dan Lysidice oele(cacing wawo).

Oligochaeta

cacing-tanah

cacing-tanah

Oligochaeta (dalam bahasa yunani, oligo = sedikit, chaetae = rambut kaku) yang merupakan annelida berambut sedikit.Oligochaeta tidak memiliki parapodia, namun memiliki seta pada tubuhnya yang bersegmen.Contoh Oligochaeta yang paling terkenal adalah cacing tanah.Jenis cacing tanah antara lain adalah cacing tanah Amerika (Lumbricus terrestris), cacing tanah Asia (Pheretima), cacing merah (Tubifex), dan cacing tanah raksasa Australia (Digaster longmani).Cacing ini memakan oarganisme hidup yang ada di dalam tanah dengan cara menggali tanah.Kemampuannya yang dapat menggali bermanfaat dalam menggemburkan tanah.Manfaat lain dari cacing ini adalah digunakan untuk bahan kosmetik, obat, dan campuran makan berprotein tinggi bagi hewan ternak.

Hirudinea
Hirudinea merupakan kelas annelida yang jenisnya sedikit.Hewan ini tidak memiliki arapodium maupun seta pada segmen tubuhnya.Panjang Hirudinea bervariasi dari 1 – 30 cm.Tubuhnya pipih dengan ujung anterior dan posterior yang meruncing.
Pada anterior dan posterior terdapat alat pengisap yang digunakan untuk menempel dan bergerak.Sebagian besar Hirudinea adalah hewan ektoparasit pada permukaan tubuh inangnya.Inangnya adalah vertebrata dan termasuk manusia.Hirudinea parasit hidup denga mengisap darah inangnya, sedangkan Hirudinea bebas hidup dengan memangsa invertebrata kecil seperti siput.Contoh Hirudinea parasit adalah Haemadipsa (pacet) dan hirudo (lintah).
Saat merobek atau membuat lubang, lintah mengeluarkan zat anestetik (penghilang sakit), sehingga korbannya tidak akan menyadari adanya gigitan.Setelah ada lubang, lintah akan mengeluarkan zat anti pembekuan darah yaitu hirudin.Dengan zat tersebut lintah dapat mengisap darah sebanyak mungkin.

About these ads

Diskusi

93 thoughts on “Mengenal Seluk Beluk Phylum Annelida

  1. keren yach,,,,,,,,,,,

    Posted by nieha | November 15, 2008, 11:18 am
  2. bagus

    Posted by Adyza | November 19, 2008, 11:37 am
  3. Bagus, cz kami akan mbuat makalah tentang anelida.
    Thank sdh membantu saya…

    Posted by Nando fernandez | Desember 1, 2008, 7:55 am
  4. Mantap banget,thank jadi g’ ribet lage…

    Posted by Jie | Januari 11, 2009, 8:19 am
  5. wah…wah…wahh..membantu banget..apalagi kalo gie byk tugas n d suruh presentasi ma guru biologi tersayang…hohoho…makasih..^^

    Posted by Asa | Januari 12, 2009, 10:40 am
  6. isi pengetahuanya membantu yach…

    Posted by lisda | Januari 12, 2009, 1:00 pm
  7. Minta materi tambahan buat melengkapi tgs kulap…materi tentang phyllun annelida.thank b4.

    Posted by kha_muse | Januari 25, 2009, 9:53 am
  8. tambahin tentang evolusi annelida donk..
    kurang detail…

    Posted by zaoldyeck | Februari 14, 2009, 11:07 am
  9. bagus banget,, ngedidik kita semua..

    Posted by rima | Februari 27, 2009, 6:03 am
  10. makasihh jadi ngg susah nyari tugas :D

    Posted by sherin | Maret 9, 2009, 10:27 am
  11. waw . makasih , sangat membantuuu ..

    Posted by nungky amalia imran | Maret 11, 2009, 12:48 pm
  12. Seeep

    Posted by Rand'Z | Maret 17, 2009, 12:38 pm
  13. Bgs dh..Ckp membantu buat presentasi Bio..

    Posted by Frenny | Maret 18, 2009, 9:59 am
  14. Wah, konten-nya bagus2 nih. Trim’s ya,.

    Posted by Rinaldi | Maret 24, 2009, 2:59 pm
  15. MAKACIH ya……..

    ni udh ngbantu tga aQ bgt….
    thank’s so much

    Posted by sherry | Maret 26, 2009, 5:04 am
  16. wew… seep lah.. bagus membantu neh… thx ya.. doalnya di blog laen g da yg lengkap

    Posted by death hilman | Maret 28, 2009, 12:56 pm
  17. wew… seep lah.. bagus membantu neh… thx ya.. doalnya di blog laen g da yg lengkap

    Posted by death hilman | Maret 28, 2009, 12:56 pm
  18. lGKpn LG dOnK..dGN pHYlum2 Yg LæN..kerEN BgET

    Posted by Bendoel 666 | April 28, 2009, 2:14 am
  19. Maaf… kalau mengutip dari buku atau sumber lainnya, alangkah baiknya jika dicantumkan sumbernya. Thanks…

    Posted by avni | Mei 7, 2009, 6:41 am
  20. pak /bu,jika cacing tanah banyak mengandung protein tinggi,asam amino yang cukup.ini bukanya baik untuk bahan makan tambahan untuk anak balita,seperti di buatkan vitamin atau makanan tambahan dari sumber utamanya cacaing tanah,karena dapat merangsang pertumbuhan anak secara optimal,dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat, tapi tolong dipikirkan juga dalam pemakaian setiap hari apa bagus untuk lambung,bukanya bagi penderita tukak lambung ini sangat tidak di perbolehkan n membuat semakin parah pada penderita tukak lambung.
    Pak/bu nama saya siska ayu anggraini ,saya lulusan SMU TAHUN INI TAPI SAYA TIDAK PUNYA BIAYA UNTUK MELANJUTKAN K UNIVERSITAS,SAYA INGIN KULIA DI KEDOKTERAN UMUM DAN SAYA INGIN MENJADI ILMUAN, SAYA MLAI SMP INGIN MENGIKUTI KARYA ILMIAH TAPI SEKOLAH SAYA TIDAK PUNYA BIAYA.SAYA INGIN KULIA D KEDOKTERAN UMUM SAMBIL NIKAH DENGAN ANAK YANG YANG BERNMA anggi bawono danur wendo yang rumahnya ada di banyuwangi,jalio blok AA/4.DIA JUGA SAMA ANAK NEGRI YANG PANDAI DI BIDANG TEKNIK ELEKTRO, N OTOMOTIF TAPI DIA TIDAK PUNYA PEKERJAAN TETAP ALIAS TERLANTAR SEPERTI SAYA N TIDAK ASDA YANG MEMBANTU.SAYA SELALU MENAGIS PADA ALLAH AGAR KEKASIH SAYA ADA YANG NGEBANTU,SAYA INGIN DIA MENJADI SEORANG MANAGER.HOBY SAYA EXPERIMENT DENGAN PERALATAN SEADANYA,N SPORT.

    Posted by siska ayu anggraini | Juli 20, 2009, 8:42 am
  21. keren, thx dah di bntu..

    Posted by veny | September 8, 2009, 11:49 am
  22. wew…. keterangannya lengkap ajibbb…
    aku jd ngga susah lg…
    thx 4 all..~mega.agem~
    +nidjiholic4ever+

    Posted by Sophia Mega S. | September 16, 2009, 3:02 pm
  23. makasih sensei …
    ngebantu banget, sukses dah..

    Posted by ichi | Oktober 16, 2009, 1:53 am
  24. thanks yah makalah anda sanggat membantu kami dalam membuat tugas………:-)

    Posted by BIOLOGI D | November 5, 2009, 5:59 am
  25. Assalamualaikum, tolong di sebutkan kelas dan spesies yang parasit pada manusia yang termasuk phylum annelida
    Terima kasih

    Posted by sukma | November 10, 2009, 11:52 pm
  26. kurang lengkap, ga da peranannya!!!!

    Posted by ririn | November 14, 2009, 3:16 am
  27. karakteristik Digaster longmani gag ada ya? agy cri ne susah beudz. .

    Posted by mbemm | November 24, 2009, 12:13 am
  28. waw…ngebantu banget,
    tapi…. da bagian yg agak kurang lngkap!!tpi sukses y”

    Posted by paulina | Desember 1, 2009, 3:31 am
  29. bagus sih.. tapi bakalan lebih bagus lagi low dilengkapi dengan fungsi bagian organ2 tubuhnya…

    Posted by ain | Desember 14, 2009, 5:01 am
  30. wahhhhh,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, bagUuuuuuuuuus bangeeeeeeeeet akhirnya aja juga jawaban yah ….

    Posted by Mita sulFiana | Januari 5, 2010, 4:15 pm
  31. wah bagus sekali, sangat membantu, makasih ya mas udah buat beginian

    Posted by dimas | Januari 6, 2010, 4:03 pm
  32. Makasih membantu bnget nihh TOP!!

    Posted by Annonymous | Januari 13, 2010, 12:24 pm
  33. thx…
    ngebantu banget buat presentasi besok
    *_<

    :+: calon dokter :+:

    Posted by calon dokter | Januari 31, 2010, 1:30 pm
  34. mana sistem pencernaannya

    Posted by caca | Februari 8, 2010, 12:42 pm
  35. makasih yaa :) infonoya bisa ditambahin buat makalahku nih hehe :)))

    Posted by eggyryuniar | Februari 14, 2010, 4:43 am
  36. wow..
    makasih yaa infonya guna banget buat presentasi..
    arigato ! ^.^

    .38.

    Posted by Black Ash | Februari 21, 2010, 9:35 am
  37. bisa g yang lebih detail lagi,tapi makasih kq

    Posted by naela | Februari 25, 2010, 9:05 am
  38. keterangannya sama ky yang ada di buku aku deh lengkap bgd

    Posted by santi | Maret 4, 2010, 1:48 pm
  39. keren baget ,atas komentarnya

    Posted by iratama | Maret 12, 2010, 1:22 pm
  40. bgus-bagus..
    ditambahin lg y??biar lengkap

    Posted by achika | Maret 20, 2010, 3:22 pm
  41. wahhh,,, thanks yakkk….
    ngebantu banget

    Posted by pipit | Maret 22, 2010, 8:20 pm
  42. apkh smua klasifikasi anellida parasit

    Posted by tari | Maret 23, 2010, 6:34 am
  43. thank you so much,
    artikel ini sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas. once again thanks..

    Posted by djr_luph | Maret 28, 2010, 7:35 am
  44. bagus.tapi kurang banyak dan lengkap
    tolong di perlengkap yaa

    Posted by ina | Maret 28, 2010, 7:59 am
  45. makasih ya atas data2-a.Saya jd g` repot nyari bahan buat tugas kliping biologi.
    yg kayak gini nih mesti di banyakin.Selain berguna jg m`buat org senang…
    wahed kaman,…jazakumullahh khairan…..

    Posted by meutia ihdina | Maret 29, 2010, 9:29 am
  46. .mkacii iia,
    .qu jd teu lbihh dalem tentang phikum annelida..
    .mbantu qu jua tiih wad ngrjaend tgazs bio..

    Posted by niea | Maret 31, 2010, 9:42 am
  47. gila lengkap guru ngeblog memang paling bagus buat pelajaran biologi
    [
    [

    [x;x,
    [
    [
    [ [[[ [ [ [ [[ [ [ [[ [ [ [ [ [ [[

    Posted by ryan | April 3, 2010, 9:36 am
  48. lumayan, tapi gak ada peranannya. Tq

    Posted by feri | April 9, 2010, 6:03 am
  49. wow!
    keren abiz….
    lenkap, jelaz…
    nyari tugas jadi gampang…
    thanks :Dv

    Posted by yuli | April 10, 2010, 3:49 am
  50. THX dah bantu

    Posted by Rma | April 12, 2010, 11:53 am
  51. Wah bener-bener membantu tugas biologi g nih di skull. Tq bgt, moga tambah sukses

    Posted by Stevanus | April 13, 2010, 12:04 pm
  52. bagus banget,sgt mbantu buat nyelesaiin tgas bio q….
    thanks

    Posted by arini g.t | April 15, 2010, 1:48 pm
  53. arigato gozaimatsu senpai

    Posted by hmba allah | April 20, 2010, 12:43 am
  54. maksih banyak ya , dgn blog ini dapat membantu saya mengerjakan tugas tentang filum annelida . dan saya bisa jadi tau banyak tentang annelida ..
    ^^,

    Posted by adzqiia | April 26, 2010, 2:11 pm
  55. Ya trimakasih atas informasinya,,,,,,,,,,

    Posted by Azis | April 27, 2010, 2:14 pm
  56. jadi memahami biologi

    Posted by sueb | April 28, 2010, 12:12 am
  57. wahhh-wahhh tugasQ selesaiiii,,,,, thanks

    Posted by seelaa | April 30, 2010, 2:12 am
  58. takns ya uda bsa bnyu slesaikn tugas ku/./…

    Posted by meky | Mei 3, 2010, 1:50 am
  59. wah ngerjain tugas jadi lebih mudah

    Posted by adit | Mei 3, 2010, 8:40 am
  60. bguz bgt,,, n sngd mmbntu,,, thx bgt ya,,,

    Posted by MEYLINDA | Mei 3, 2010, 12:41 pm
  61. pa/ bu kokon, parapodia, nefridium, dan larva tracofor itu apa siyh???? terus apa fungsi klitelium pada cacing tanah, bagaimana daur hidup nya dan bagaimana cara memutuskan daur hidupnya???? toLong d jawab ya!!!

    Posted by riska | Mei 5, 2010, 7:49 am
  62. klasifikasinya mana?
    mulai dari kingdom ampe spesiesnya!!!!!!

    Posted by icha | Mei 9, 2010, 10:51 am
  63. klasifikasinya mana?
    mulai dari kingdom ampe spesiesnya!!!!!!dan jenis2nya…..

    Posted by icha | Mei 9, 2010, 10:51 am
  64. saluuuuuuuuuuut gwe ama loe…..!!!!!

    Posted by dekha | Mei 12, 2010, 3:31 am
  65. suwon yo blokmu iki wes mbantu aku ngerjakno tugasku

    Posted by egygya | Mei 12, 2010, 11:50 am
  66. Tapi,ada yang kurang yaitu peranannya bagi kehidupan manusia baik yang positf maupun negatif….

    Posted by egygya | Mei 12, 2010, 11:53 am
  67. terima kasih jadi ngga usah susah2 nyari

    Posted by irma suryani | Mei 22, 2010, 7:22 am
  68. siiip.. bagus bgt yah. cz mau buat lpran dkmpul besok. ternate

    Posted by echo | Desember 9, 2010, 12:01 am
  69. huffttt….. ternyata banyak banget yang harus dijelaskan secara lebih ditail lagi…

    Posted by novita | Februari 28, 2011, 11:45 am
  70. kerenn…
    bs membantu tugas biologi saya..
    makasii…. :D

    Posted by anita dwi nurcahya | Maret 9, 2011, 8:26 pm
  71. mkcih,,, aq terbantu bt ngerjain tgas dari bu guru biologi q,,,,
    syukron kasiron

    Posted by a'yun | Maret 10, 2011, 2:26 pm
  72. pa cieh artinya sensor palpus?????????

    Posted by city | Maret 24, 2011, 2:12 am
  73. bner bget tuch sgat bntu siswa knyak kmi nich…….yg blum bnyak pglaman gtu.buat kk yg uda bkin media stus nich bner2 kreatip buagetsssssssss so mju trus’y klw bsa tlong lbih dtil lgi;yo….he he he thaks dr siswa smansamapin alias gal!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!””’……….heeeeeeeee

    Posted by mhega | April 4, 2011, 5:03 am
  74. thx,,sangat membantu :)

    Posted by Queena Queenz | Juli 5, 2011, 12:38 pm
  75. wah terima kasih artikelnya. SANGAT membantu! ^^
    saya ijin copy ya buat presentasi… semoga anda mendapat balasan dari yg di atas.. :))))))

    Posted by luna_96 | Januari 22, 2012, 5:16 am
  76. Like this ,
    Bener2 membantu banget buat tugas saya ..
    Makasih, makasih yoo :)

    Posted by tiarasusiL | Februari 20, 2012, 8:14 am
  77. very good ..

    Posted by udud aphan shiie | Maret 9, 2012, 9:08 am
  78. cukup jelas untuk mengerjakan makalah saya. thanks..

    Posted by poetri | Maret 12, 2012, 12:08 pm
  79. Bagus Banget Isinya,,
    tetap menjadi yg terbaik,, :)

    Posted by Baiq Isti Hijriani | Maret 14, 2012, 12:29 pm
  80. nais inpoh…salam biologist

    Posted by Karis | Maret 20, 2012, 8:53 am
  81. siklus hidup ??????

    Posted by caca | Maret 30, 2012, 2:15 am
  82. Membantu bgt nih,, makasih ud dibuatin Materi tntang annelida ^^

    Posted by Dedes | April 4, 2012, 4:08 am
  83. thanks bgt y….. lngkap bgt kak…. dan sangat ngebantu aku… skali lg thanks y…. :D

    Posted by anita | April 9, 2012, 7:37 am
  84. Manfaat masing2 ang gota kelasnya mana

    Posted by Eis dahlia | April 13, 2012, 10:51 am
  85. gak ada skema daur hidup cacing tanah nya yhc … :( pdhl aku di srh sma guru buat mncri skema daur hidup cacing tanah ( lumbricus terrestris)…

    Posted by Uul | April 20, 2012, 1:19 am
  86. guru ngeblog is the best :) thanks for posted this :)

    Posted by muna syahidah (@munasya) | April 22, 2012, 7:13 am
  87. wah ini lengkap banget nihh, ngebantu banget buat tugas . . kira-kira kalo ada sumbernya tolong dicantumin dong hehehe
    makasih

    Posted by idiw | Mei 6, 2012, 2:51 pm
  88. thank’ you very much :)

    Posted by Lhisa | Mei 25, 2012, 10:26 am
  89. baaggggguuuuusssss…..!!!!!!!

    Posted by anx | Mei 30, 2012, 5:25 am
  90. . Yang paling aku nggak suka!! ;(

    Posted by Fikratin Nabiela | Juli 2, 2012, 1:52 am
  91. Sekarang Annelida memiliki 2 kelas.
    Polychaeta dan Clitellata (Hirudinoidea, Oligochaeta)
    Hirudinoidea dan Oligochaeta turun menjadi subkelas

    Posted by Muhammad Romadhoni | Juli 13, 2012, 7:19 am
  92. kayak nya kurang lengkap, gabar nyadi tambah ya

    Posted by febian | November 20, 2012, 7:47 am
  93. syukron :))

    Posted by (: orang sukses :) | Mei 7, 2013, 2:36 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BLOG ini merupakan bentuk ungkapan TERIMA KASIH, seorang alumni/siswa ( I KETUT DIANA ADHI,S.KOM aka kuncunk, kepada bapak/ibu guru khususnya SMU 1 Melaya, Jembrana, Bali yang telah memberi berbagai ilmu selama saya belajar di sekolah tercinta..Jasa bapak / ibu guru tidak akan saya lupakan
Untuk materi, mohon maaf sebesar besarnya, karena basic saya yang cuma orang IT/ computer science, dan cuma bisa mengumpukan bahan dan materi ajar dan menyajikan dalam sebuah BLOG..
Saya merasa materi yang disajikan banyak kekurangannya, mudah mudahan saran dan kritik pengunjung bisa membuat blog ini berguna bagi pendidikan Indonesia..

Mudah mudahan blog ini bisa menjadi motivasi bagi pendidik untuk lebih bisa memanfatkan media IT demi kemajuan pendidikan Indonesia.

MAJU TERUS PENDIDIKAN INDONESIA

Kunjungi Paket Liburan ke Bali

Statistik

  • 7,661,722 hits
Education Sites Catalog
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 136 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: