//
you're reading...
Klasifikasi

Mengenal Phylum Platyhelminthes


cacing pita

cacing pita

Platyhelminthes (dalam bahasa yunani, platy = pipih, helminthes = cacing) atau cacing pipih adalah kelompok hewan yang struktur tubuhnya sedah lebih maju dibandingkan porifera dan Coelenterata.Tubuh Platyhelminthes memiliki tiga lapisan sel (triploblastik), yaitu ekstoderm, mesoderm, dan endoderm.

Ciri tubuh
Ciri tubuh Platyhelminthes meliputi ukuran, bentuk, struktur, dan fungsi tubuh.

Ukuran dan bentuk tubuh
Platyhelminthes memiliki ukuran tubuh beragam, dari yang berukuran hampir microskopis hingga yang panjangnya 20 cm.Tubuh Platyhelminthes simetris bilateral dengan bentuk pipih.Diantara hewan simetris bilateral, Platyhelminthes memiliki tubuh yang paling sederhana.

Struktur dan fungsi tubuh
Platyhelminthes tidak memiliki rongga tubuh (selom) sehingga disebut hewan aselomata.Sistem pencernaan terdiri dari mulut, faring, dan usus (tanpa anus).Usus bercabang-cabang ke seluruh tubuhnya.Platyhelminthes tidak memiliki sistem peredaran darah (sirkulasi).Platyhelminthes juga tidak memiliki sistem respirasi dan eksresi.Pernapasan dilakukan secara difusi oleh seluruh sel tubuhnya.Proses ini terjadi karena tubuhnya yang pipih.Sistem eksresi pada kelompok Platyhelminthes tertentu berfungsi untuk menjaga kadar air dalam tubuh.Kelompok Platyhelminthes tertentu memiliki sistem saraf tangga tali.Sistem saraf tangga taki terdiri dari sepasang simpul saraf (ganglia) dengan sepasang tali saraf yang memanjang dan bercabang-cabang melintang seperti tangga.Organ reproduksi jantan (testis) dan organ betina (Ovarium)
Platyhelminthes terdapat dalam satu individu sehingga disebut hewan hemafrodit.Alat reproduksi terdapat pada bagian ventral tubuh.

Cara hidup dan habitat
Platyhelminthes ada yang hidup bebas maupun parasit.Platyhelminthes yang hidup bebas memakan hewan-hewan dan tumbuhan kecil atau zat organik lainnya seperti sisa organisme.Platyhelminthes parasit hidup pada jaringan atau cairan tubuh inangnya.Habitat Platyhelminthes yang hidup bebas adalah di air tawar, laut, dan tempat-tempat yang lembap.Platyhelminthes yang parasit hidup di dalam tubuh inangnya (endoparasit) pada siput air, sapi, babi, atau manusia.

Reproduksi
Reproduksi Platyhelminthes dilakukan secara seksual dan aseksual.Pada reproduksi seksual akan menghasilkan gamet.Fertilisasi ovum oleh sperma terjadi di dalam tubuh (internal).Fertilisasi dapat dilakukan sendiri ataupun dengan pasangan lain.Reproduksi aseksual tidak dilakukan oleh semua Platyhelminthes.Kelompok Platyhelminthes tertentu dapat melakukan reproduksi aseksual dengan cara membelah diri (fragmentasi), kemudian regenerasi potongan tubuh tersebut menjadi individu baru.

Klasifikasi
Jenis Platyhelminthes dikelompokan menjadi tiga kelas, yaitu Turbellaria (cacing rambut getar), Trematoda (cacing isap), dan Cestoda (caing pita).

Turbellaria (cacing rambut getar)

platyhelm_turbellaria_dugesia

platyhelm_turbellaria_dugesia

Turbellaria memiliki ukuran tubuh bersilia dengan ukuran 15 – 18 mm.Silia digunakan untuk bergerak.Pergerakan juga dapat menggunakan otot dengan gerakan seperti gelombang.Pada kalas ini akan dibahas mengenai ciri salah satu contoh Turbellaria, yaitu Dugesia.
Bagian anterior tubuh Dugesia berbentuk segitiga dan memiliki sistem indera berupa sepasang bintik mata serta celah yang disebut aurikel.Bintik mata untuk membedakan keadaan gelap dan terang, sedangkan aurikel berfungsi sebagai indera pembau saat Dugesia mencari makanannya.
Permukaan tubuh bagian ventral Dugesia memiliki silia yang berfungsi untuk pergerakan.Pada bagian tengah tubuhnya terdapat mulut.Melalui mulut, faring dapat dijulurkan keluar untuk menangkap mangsa yang selanjutnya dicerna di dalam usus.
Sistem eksresi Dugesia terdiri dari saluran bercabang-cabang yang disebut protonefridia, memanjang dari pori-pori pada permukaan tubuh bagian dorsal sampai ke sel-sel api dalam tubuhnya.Sel-sel api yang berbentuk seperti bola lampu dan memiliki silia di dalamnya.Pergerakan silia berfungsi untuk menggerakkan air dalam sel menyerupai nyala api sehingga sel tersebut dinamakan sel api.Dugesia merupakan hewan hemafrodit, namun reproduksi seksual tidak dapat dilakukan hanya oleh satu individu.Fertilisasi dilakukan secara silang oleh dua individu Dugesia.Zigot yang terbentuk berkembang tanpa melalui proses periode larva.Sedangkan reproduksi aseksual adalah dengan membelah dirinya dan setiap belahan tubuh akan menjadi individu baru yang dikarenakan oleh daya regenerasinya yang sangat tinggi.

Trematoda (cacing isap)

platyhelm_trematoda_clonorchis

platyhelm_trematoda_clonorchis

Trematoda disebut sebagai cacing isap karena cacing ini memiliki alat pengisap.Alat pengisap terdapat pada mulut di bagian anterior tubuhnya.kegunaan alat isap adalah untuk menempel pada tubuh inangnya.Pasa saat menempel cacing ini mengisap makanan berupa jaringan atau cairan tubuh inangnya.Dengan demikian, Trematoda merupakan hewan parasit.

Trematoda dewasa pada umumnya hidup di dalam hati, usus, paru-paru, ginjal, dan pembuluh darah vertebrata.Trematoda berlindung di dalam tubuh inangnya dengan melapisi permukaan tubuhnya dengan kutikula dan permukaan tubuhnya tidak memiliki silia.Salah satu contoh Trematoda adalah cacing hati (Fasciola hepatica).Cacing hati memiliki daur hidup yang kompleks karena melibatkan sedikitnya dua jenis inang, yaitu inang utama dan inang sebagai perantara.Daur hidup cacing hati terdiri dari fase seksual dan aseksual.Fase seksual terjadi saat cacing hati dewasa berada di dalam tubuh inang utama.Fase aseksual dengan membelah diri terjadi saat larva berada di dalam tubuh inang perantara.

Beberapa jenis cacing hati yang dapat menginfeksi manusia antara lain sebagai berikut :
– Opisthorchis sinensis ( Cacing hati cina )
cacing dewasa hidup pada organ hati manusia.Inang perantaranya adalah siput air dan ikan.
– Schistosoma japonicum
Cacing ini hidup di dalam pembuluh darah pad saluran pencernaan manusia.Manusia merupakan inang utamanya, namun hewan juga dapat terinfeksi seperti tikus, anjing, babi, dan sapi.Inang perantaranya adalah siput amphibi Oncomelania hupensis.Cacing ini menyebabkan penyakit skistosomiasis dengan ciri demam, anemia, disentri, berat badan turun, dan pembengkakan hati.
– Paragonimus westermani
Cacing ini hidup dalam paru-paru manusia.Inang perantaranya adalah udang air tawar.

Cestoda (cacing pita)

taenia_pisiformis

taenia_pisiformis

Cestoda juga disebut sebagai cacing pita karena bentuknya pipih panjang seperti pita.Tubuh Cestoda dilapisi kutikula dan terdiri dari bagian anterior yang disebut skoleks, leher (strobilus), dan rangkaian proglotid.Pada skoleks terdapat alat pengisap.Skoleks pada jenis Cestoda tertentu selain memiliki alat pengisap, juga memiliki kait (rostelum) yang berfungsi untuk melekat pada organ tubuh inangnya.Dibelakang skoleks pada bagian leher terbentuk proglotid.
Setiap proglotid mengandung organ kelamin jantan (testis) dan organ kelamin betina (ovarium).Tiap proglotid dapat terjadi fertilisasi sendiri.Proglotid yang dibuahi terdapat di bagian posterior tubuh cacing.Proglotid dapat melepaskan diri (strobilasi) dan keluar dari tubuh inang utama bersama dengan tinja.

Cestoda bersifat parasit karena menyerap sari makan dari usus halus inangnya.Sari makanan diserap langsung oleh seluruh permukaan tubuhnya karena cacing ini tidak memiliki mulut dan pencernaan (usus).Manusia dapat terinfeksi Cestoda saat memakan daging hewan yang dimasak tidak sempurna.Inang pernatara Cestoda adalah sapi pada Taenia saginata dan babi pada taenia solium.

About these ads

Diskusi

95 thoughts on “Mengenal Phylum Platyhelminthes

  1. Ckckck..
    Sangat membantu ni, hehe..
    Thx a lot!^^

    Posted by citra | Januari 3, 2009, 7:34 am
  2. wuuu… sengat membantu hanya saja.
    Mengapa artikelnya sama persis seperti di Buku Biologi SMA 1 terbitan esis ya?
    Apakah anda termasuk penulis buku tsb, atau menjiplak, mungkin?

    Posted by acyuta | Januari 13, 2009, 4:14 am
  3. Materi saya ambil dari berbagai sumber.
    Tujuannya hanya satu : mengumpulkan materi pelajaran biologi di blog ini.
    kalau mungkin sama, ya bagus berarti. Yang belajar nggak binun, buku 1 lain buku 2 lain.heehe..yang pasti tujuan kita baik

    Posted by gurungeblog | Januari 13, 2009, 4:55 am
  4. ihh………….sebegitunya ya?

    atut aku,…

    Posted by prayoga | April 1, 2009, 6:29 am
  5. atuttttt

    Posted by prayoga | April 1, 2009, 6:30 am
  6. uhm,,
    ini saya rasa sudah cukup lengkap kok.,
    kalo bisa sih di tambahin lagi.

    btw,
    minta ijin copy yah.

    Posted by Nydan | April 2, 2009, 8:42 am
  7. sekali clik lgsg slsai dh tugas” gw
    tntg platyhelmintes, coz lgkap benget dsini, thnx bgt
    yoo..mater nuhun

    Posted by 2QuuL | April 2, 2009, 3:01 pm
  8. tq

    Posted by kiky | April 18, 2009, 5:14 am
  9. very good.:)

    Posted by fuck you | April 21, 2009, 4:33 am
  10. membantu sekali buat tugas skul…
    thx a lot

    Posted by andyka | April 23, 2009, 2:44 pm
  11. Wah, sungguh sangat membantu, karena saya hanya memiliki 1 buku sebagai referensi, artikel anda sangat membantu saya, terima kasih.

    Posted by Haseo | April 24, 2009, 2:51 pm
  12. wah lebih lengkap dari wikipedia, bagus2.. mbantu bngt buat presentasi skolah..

    Posted by manda | April 25, 2009, 5:56 am
  13. walah walah….

    GOOD2…
    !@#$%^&*
    (*&^%$#
    %^&*$#@67

    aku suka itu

    Posted by luthfi | Mei 13, 2009, 11:26 am
  14. Makaaaccciiieeehh
    Ada tugas dr Guru Bio nihh…

    Posted by Risette | Mei 28, 2009, 12:23 pm
  15. kalo bisa sih bikin gambarnya yang bisa gerak jadii belajarrnya bisa lebiih cepet

    sma lebihh ngertiii

    Posted by fira | Juni 9, 2009, 7:50 am
  16. huhuh..

    mkasih bangetz..ea

    tidak bisa membalas dengan ap2..

    xi-xie

    Posted by iean | September 2, 2009, 11:55 am
  17. hm…

    klipingku jadi selese deh…

    bgus”…

    Posted by luvind | Oktober 4, 2009, 10:05 am
  18. artikelnya lengkap banget,,,
    ngebantu tugas banget,,,

    thanks ya buat pak guru,,,

    btw ijin copy yak,,

    Posted by aul | Oktober 7, 2009, 2:02 pm
  19. sering2 aja kasih materi prairan, karna kita diminta buat paper jdi butuh banyak referensi..oke.. semangat fpik_ipb berjaya… thanksss(-_-)

    Posted by fauzi bratasena | Oktober 13, 2009, 7:12 am
  20. thanks udah bantu cah fpik_ipb berjaya.. Amiin….

    Posted by fauzi bratasena | Oktober 13, 2009, 7:14 am
  21. makasi yea…
    sangat membantu..
    ne ge sibuk bwt laporan zoologoi invertebrata..
    ijin mengcopy…

    Posted by asri adelia | Oktober 23, 2009, 4:22 am
  22. Nambahin ajach…………..
    klasifikasinya yang lengkap dung!!!!!!
    menurut devisi DLL……….

    OK thanks…..

    oya copy, gak papa kan????

    Posted by faurel | Oktober 25, 2009, 1:35 pm
  23. Aq punya pertanyaan,mengapa cacing pipih membelah tubuhnya?

    Posted by Rano | Oktober 26, 2009, 7:30 am
  24. dhu bguz bged. eh d copy bwt tgaz y!!!

    Posted by 000 | November 10, 2009, 10:26 am
  25. TOLONG DWONG ADAIN KLASIFIKASI CACING PASIR, CACING KIPAS DAN SPONS

    Posted by YUNI | November 29, 2009, 9:15 am
  26. em….mci bingung anatomi cacing pita q?
    anatominya ma penjelasannya……………………

    Posted by sasa | Desember 2, 2009, 9:08 am
  27. eph..tapi sangat membantu… maksi..lo

    Posted by sasa | Desember 2, 2009, 9:08 am
  28. ini sangat membatu saya dalam belajar dan menambah penggetauan saya

    Posted by yally | Desember 29, 2009, 6:44 am
  29. Thx yach u/ info nya ……….
    btw ,,,
    ne info kog sama yg kaya’ di esis yahhh ????
    tapi gak pa2 kog, yang namanya info ya tetap berguna ^_^

    Posted by ika | Januari 2, 2010, 2:00 pm
  30. Okey….cukup bagus dan lengkap!!!!!
    Kalau bisa ditambahin ge, supaya lengkap????
    Saya minta izin Untuk mengcopy.
    Terima Kasih…….

    Posted by faska | Februari 12, 2010, 5:25 am
  31. thanks a lot,
    lengkappp bgtttttttt…
    Tugaz jd gmpang cuy!!!! :-)

    Posted by icha | Februari 28, 2010, 11:47 am
  32. good!!!!
    tapi gambarnya kurang banyak

    Posted by iin | Maret 4, 2010, 12:57 pm
  33. wah…
    makasih banget yahhhh

    Posted by rizal uchul | Maret 7, 2010, 11:30 am
  34. good like…

    Posted by anas | Maret 8, 2010, 9:40 am
  35. thx ya.. ini sangat membantu,

    Posted by Gede Putra | Maret 9, 2010, 2:26 pm
  36. waduh kalau bisa cacingnya yang warna warni biar seru diliatnya

    Posted by liamina | Maret 10, 2010, 9:02 am
  37. makasih iaa.. ini ngebantu banget. ^^

    Posted by c1La | Maret 14, 2010, 7:30 am
  38. mm.. mau tanya. Bentuk larva Platyhelminthes apa ci? ciri”nya, dan kalo bisa dikasih gambarnya ia.. hehee :D

    Posted by c1La | Maret 14, 2010, 7:34 am
  39. mksh yah………ni sngt membntu bngt.

    Posted by ayu | Maret 16, 2010, 5:21 am
  40. wah…. bagus banget,thx…yaw

    Posted by tian kireina | Maret 22, 2010, 8:39 am
  41. Terima kasih banyak untuk informasinya.
    Ini sangat membantu.

    Posted by Agung | Maret 23, 2010, 12:23 pm
  42. Mirip sama dibuku lumayan buat bahan untuk presentasi.Terima kasih.

    Posted by Sinvensilus | Maret 27, 2010, 10:01 am
  43. You know what? … you really doing a nice job dude !!

    Posted by Mukhlis | Maret 28, 2010, 5:34 am
  44. hahaha

    terima kasih….

    sangat membantu….

    ^_^

    Posted by nina | Maret 29, 2010, 9:06 am
  45. thks ya….
    sangat membantu nih…
    maaf lho kalo ngopy..

    Posted by cimpu | Maret 29, 2010, 2:37 pm
  46. makasih yah,bermanfaat banget . .
    ini bisa membantu saya dalam mempelajari materi praktikum besok . .
    kalo ada posting terbaru,kasih tau yah . .

    Posted by tari | Maret 30, 2010, 11:30 am
  47. tHanks wAtt bNtuan r! nEEEEE…..
    tLah m’watt qUe lbH thU ttn9″PLATYHELMINTHES AnD NEMATHELMINTHES”…..
    jd lBh m9gUacA!!!!!!…….

    Posted by shella | Maret 31, 2010, 10:22 am
  48. aduuuu. . . .

    bantuin tugas tugas aku

    jadi cepet selesai na

    Thaaaaaannnnkkkssss banget

    Posted by Emelia Husni | April 4, 2010, 1:10 pm
  49. wowww,blog ini sangat membantu saya dalam pelajaran tentang kingdom animalia.
    terimakasih….. ^.^
    semoga makin baik lagi……….

    Posted by wanda | April 6, 2010, 3:05 pm
  50. beh, ngebantu bget ………

    Posted by adhy | April 7, 2010, 9:35 am
  51. makasi banyak Pak…………:)

    Posted by dodi | April 11, 2010, 3:53 am
  52. jdi cpet slesei tgas gw……..
    wkowkowkokwkowko…….

    Posted by brama | April 12, 2010, 12:08 pm
  53. artikel-artikel dari blog ni sangat membantu saya dalam menyelesaikan laporan-laporan saya

    makasih ^_^

    Posted by Nuhal | April 13, 2010, 4:51 pm
  54. makasih banget nie…sudah cukup lengkap untuk memenuhi tgs biologi q….

    Posted by rida | April 16, 2010, 4:27 am
  55. THanks yah Brow yang Bikin ini WEB…

    gua Sangat Terima kasih soalny sangat membantu buawat LAporan yYang Gua BUat….thanks baget…

    Posted by Abrar | April 22, 2010, 1:06 pm
  56. Mnt tlong jlasin lagi dong kpd Yang Terhormat. Atas dasar apa filum platyhelminthes dikelompokan???
    Terima Kasih.
    Ijin Copas jg.

    Posted by Rana Ida Sugatri | April 22, 2010, 1:24 pm
  57. makasih ea ats cacing pipihnya. lain kali di perbanyak lagi jwbn nya……….

    Posted by tari | April 25, 2010, 11:40 am
  58. mana perannya…?????

    Posted by herfa.langit | April 26, 2010, 8:48 am
  59. thx atas info.a :))

    Posted by mii ya | April 26, 2010, 8:54 am
  60. Bgussss

    Posted by tegar | April 28, 2010, 11:40 am
  61. makasih,,
    dh bantu ngasih informasi yaah,,

    huh,lega

    gk di marahin guru deh,,

    Posted by kiki | Mei 14, 2010, 9:37 am
  62. wahh jadi selesai nie tugassss
    sangat membantuuu

    Posted by gupy | Mei 16, 2010, 5:50 am
  63. makasih bwt referensinya……….

    Posted by fatika | Oktober 16, 2010, 6:56 am
  64. addoooow, aq ud trbntu nue. tp, krng lngkp.

    Posted by roria | Oktober 24, 2010, 8:49 am
  65. dah cukup lengkap……… cuman bsa ditambahkan nilai ekonomis n manfaatx g??? (kalaU ada)… ^_<

    Posted by mhia | Oktober 27, 2010, 3:05 am
  66. Makasih banget artikelnya! :D

    Posted by Indira | Februari 13, 2011, 6:46 am
  67. yang cacing pita termasuk jenis cacing pipih??

    Posted by eklesia | Februari 19, 2011, 3:56 am
  68. hhhmmmhhh…. membantu banget untuk buwat tugaszz…

    Posted by Eva | Februari 28, 2011, 12:02 pm
  69. Sip lah …
    Like This !!

    Posted by Desanti | Maret 15, 2011, 2:58 pm
  70. trima kassih sudah membantuu..

    Posted by miranti kusuma dewi | April 6, 2011, 2:28 pm
  71. materinya cukup membantu,hehe
    thanks yaa…
    ringkas bgd, jd ga bingung bljrnya.. ^_^

    Posted by dessy | April 13, 2011, 1:26 am
  72. ringkasannya cukup membantu saya untuk memahami materi ini,soalnya saya kurang faham waktu dijelaskan guru saya….
    sekali lagi trima kasih,,, ^_^

    Posted by Rizka | April 13, 2011, 1:39 am
  73. sangat membantu sekali, apa lagi saya sedang ada ulangan tentang Animalia…..
    lanjutkan bapak atau ibu, karena dgn artikel2 ini bisa memberikan pengetahuan yang lebih kepada anak murid….. :D

    Posted by Okta_SMAMSA | Mei 1, 2011, 1:34 pm
  74. materinya bagus, lengkap n mdah di mngrti. Klo bsa, tmbahin mteri bwt biologi molekuler . .

    Posted by sofyan al-Lomboqy | Mei 11, 2011, 11:11 am
  75. terimakasih sudah sangat membantu saya dalam belajar biology :D

    Posted by safira | Juni 7, 2011, 1:07 pm
  76. thnksnya tugas ku ini dh ketemu :)

    Posted by muhammad danny waskito | November 27, 2011, 2:55 am
  77. makasih ya :) isinya lengkap lho!
    two thumbs up buat pemilik blog hehehe

    Posted by Icha | Januari 3, 2012, 11:36 pm
  78. terimakasih pak guru. hehe :D
    makasih banget, saya jadi gampang buat makalah. boleh saya copypaste ?

    Posted by ste.mar.az | Januari 21, 2012, 10:48 am
  79. waaa terimakasih sangat membantu :)

    Posted by karimanadiah | Februari 7, 2012, 12:56 pm
  80. wuh…membantu banget

    Posted by v_kranzs | Februari 27, 2012, 9:26 am
  81. thanks ya……
    udah bntu tugas biologiku

    Posted by vita | Maret 13, 2012, 5:30 am
  82. thank you………..

    Posted by wullan_cimut | Maret 17, 2012, 1:57 am
  83. eeemmmmm…………….biasa aja yang kya gitu cieh saya paham kan saya juara kelas……

    Posted by heny | Maret 18, 2012, 7:56 am
  84. saya sangat terimakasih,, :)

    Posted by yola | Maret 19, 2012, 12:59 pm
  85. makasi blognya , sangat berguna sekali :)

    Posted by Yasmin Andhiya | Maret 21, 2012, 3:57 am
  86. thanks thanks for the people who made this blog!!!!!!

    ask your permission to copy this for my task!!!! (>_O)d

    Posted by reevina | Maret 25, 2012, 5:46 am
  87. terima ksih ats bantuan y
    materi y ckup membantu saya …
    skali lgi terima kasih…

    Posted by bilqis | April 17, 2012, 12:45 pm
  88. ngeri bnget nie cacing….

    Posted by bedul | Juli 24, 2012, 7:14 am
  89. ciri2 kurang lengkap…..

    Posted by brian | September 26, 2012, 9:21 am
  90. sanggt mebantu tugas qw

    Posted by m nur solikin | April 9, 2013, 11:46 am
  91. manfaat nya d ksih tau juga dong….???

    Posted by siti dahlia s | Mei 9, 2013, 1:54 pm
  92. kok tidak ada metabolit dan aktivitasnya????

    Posted by anggreni | Mei 12, 2013, 4:30 pm
  93. Aku sangat terbantu:)

    Posted by Zatun | Juni 7, 2013, 1:27 pm
  94. thanks buat blognya

    Posted by Ouf | Maret 2, 2014, 3:17 pm
  95. Thanks a lot, artikelnya membantu banget. ;)

    Posted by Fadila Nazian | April 4, 2014, 1:08 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BLOG ini merupakan bentuk ungkapan TERIMA KASIH, seorang alumni/siswa ( I KETUT DIANA ADHI,S.KOM aka kuncunk, kepada bapak/ibu guru khususnya SMU 1 Melaya, Jembrana, Bali yang telah memberi berbagai ilmu selama saya belajar di sekolah tercinta..Jasa bapak / ibu guru tidak akan saya lupakan
Untuk materi, mohon maaf sebesar besarnya, karena basic saya yang cuma orang IT/ computer science, dan cuma bisa mengumpukan bahan dan materi ajar dan menyajikan dalam sebuah BLOG..
Saya merasa materi yang disajikan banyak kekurangannya, mudah mudahan saran dan kritik pengunjung bisa membuat blog ini berguna bagi pendidikan Indonesia..

Mudah mudahan blog ini bisa menjadi motivasi bagi pendidik untuk lebih bisa memanfatkan media IT demi kemajuan pendidikan Indonesia.

MAJU TERUS PENDIDIKAN INDONESIA

Kunjungi Paket Liburan ke Bali

Statistik

  • 7,662,345 hits
Education Sites Catalog
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 136 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: