//
you're reading...
Klasifikasi

Mengenal Phylum Nemathelminthes


f67-2Nemathelminthes (dalam bahasa yunani, nema = benang, helminthes = cacing) disebut sebagai cacing gilig karan tubuhnya berbentuk bulat panjang atau seperti benang.Berbeda dengan Platyhelminthes yang belum memiliki rongga tubuh, Nemathelminthes sudah memiliki rongga tubuh meskipun bukan rongga tubuh sejati.Oleh karena memiliki rongga tubuh semu, Nemathelminthes disebut sebagai hewan Pseudoselomata.

Ciri tubuh
Ciri tubuh Nemathelminthes meliputi ukuran, bentuk, struktur, dan fungsi tubuh.

Ukuran dan bentuk tubuh
Ukuran tubuh Nemathelminthes umunya mikroskopis, meskipun ada yang panjang nya sampai 1 meter.Individu betina berukuran lebih besar daripada individu jantan.Tubuh berbentuk bulat panjang atau seperti benang dengan ujung-ujung yang meruncing.

Struktur dan fungsi tubuh
Permukaan tubuh Nemathelminthes dilapisi kutikula untuk melindungi diri.Kutikula ini lebih kuat pada cacing parasit yang hidup di inang daripada yang hidup bebas.Kutikula berfungsi untuk melindungi dari dari enzim pencernaan inang.
Nemathelminthes memiliki sistem percenaan yang lengkap terdiri dari mulut, faring, usus, dan anus.Mulut terdapat pada ujung anterior, sedangkan anus terdapat pada ujung posterior. Beberapa Nemathelminthes memiliki kait pada mulutnya.
Nemathelminthes tidak memiliki pembuluh darah. Makanan diedarkan keseluruh tubuh melalui cairan pada pseudoselom.
Nemathelminthes tidak memiliki sistem respirasi, pernapasan dilakukan secara difusi melalui permukaan tubuh.Organ reproduksi jantan dan betina terpisah dalam individu berbeda.

Cara hidup dan habitat
Nemathelminthes hidup bebas atau parasit pada manusia, hewan, dan tumbuhan.Nemathelminthes yang hidup bebas berperan sebagai pengurai sampah organik, sedangkan yang parasit memperoleh makanan berupa sari makanan dan darah dari tubuh inangnya.
Habitat cacing ini berada di tanah becek dan di dasar perairan tawar atau laut.Nemathelminthes parasit hidup dalam inangnya.

Reproduksi
Nemathelminthes umumnya melakukan reproduksi secara seksual.Sistem reproduksi bersifat gonokoris, yaitu organ kelamin jantan dan betina terpisah pada individu yang berbeda.Fertilisasi terjadi secara internal.Telur hasil fertilisasi dapat membentuk kista dan kista dapat bertahan hidup pada lingkungan yang tidak menguntungkan.

Klasifikasi
Nemathelminthes dibagi menjadi dua kelas, yaitu Nematoda dan Nematophora.Pada uraian berikut akan dibahas beberapa spesies dari nematoda yang merupakan parasit bagi manusia.

Ascaris lumbricoides (cacing perut)

ascaris2

ascaris2

Cacing ini hidup di dalam usus halus manusia sehingga sering kali disebut cacing perut.Ascaris lumbricoides merupakan hewan dioseus, yaitu hewan dengan jenis kelamin berbeda, bukan hemafrodit.Ascaris lumbricoides hanya berkembang biak secara seksual.Ascaris lumbricoides jantan memiliki sepasang alat berbentuk kait yang menyembul dari anus disebut spikula.Spikula berfungsi untuk membuka pori kelamin cacing bretina dan memindahkan sperma saat kawin.
Infeksi cacing ini menyebabkan penyakit askariasis atau cacingan, umumnya pada anak-anak.Infeksi ini terjadi pada saat mengkonsumsi makanan tau minuman yang tercemar telur ascaris.

Ancylostoma duodenale (cacing tambang)
Cacing ini dinamakan cacing tambang karena ditemukan di pertambangan daerah tropis.Cacing tambang dapat hidup sebagai parasit dengan menyerap darah dan cairan tubuh pada usus halus manusia.Cacing ini memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dari cacing perut.Cacing tambang Ancylostoma memiliki ujung anterior melengkung membentuk kapsul mulut dengan 1 -4 pasang kait kitin atau gigi pada sisi ventralnya.Kait kitin berfungsi untuk menempel pada usus inangnnya.Pada ujung posterior cacing tambang jantan terdapat bursa kopulasi.Alat ini digunakan untuk menangkap dan memegang cacing betina saat kawin.Cacing betina memiliki vulva (organ kelamin luar) yang terdapat didekat bagian tengah tubuhnya.

Oxyuris vermicularis (cacing kremi)

enterobius-vermicularis

enterobius-vermicularis

Cacing ini disebut cacing kremi karena ukurannya yang sangat kecil. sekitar 10 -15 mm. Cacing kremi hidup di dalam usus besar manusia.Cacing kremi tidak menyebabkan penyakit yang berbahaya namun cukup mengganggu.Infeksi cacing kremi tidak memerlukan perantara.Telur cacing dapat tertelan bila kita memakan makanan yang terkontaminasi telur cacing ini.
Pengulangan daur infeksi cacing kremi secara autoinfeksi, yaitu dilakukan ole penderita sendiri.Cacing ini bertelur pada anus penderita dan menyebabkan rasa gatal.Jika penderita sering menggaruk pada bagian anus dan tidak menjaga kebersihan tangan, maka infeksi cacing kremi akan terjadi kembali.

Wuchereria bancrofti (cacing rambut)

Cacing rambut dinamakan pula cacing filaria.Tempat hidupnya di dalam pembuluh limfa.Cacing ini menyebabkan penyakit kaki gajah ( elefantiasis ), yaitu pembengkakan tubuh.Pembengkakan terjadi karena akumulasi cairan dalam pembuluh limfa yang tersumbat oleh cacing filaria dalam jumlah banyak.Cacing filaria masuk ke dalam tubuh melalui gigitan nyamuk Culex yang banyak terdapat di daerah tropis.

Trichinella spiralis
Cacing ini hidup pada otot manusia dan menyebabkan penyakit trikhinosis atau kerusakan otot.Manusia yang terinfeksi cacing ini karena memakan daging yang tidak dimasak dengan baik.

About these ads

Diskusi

107 thoughts on “Mengenal Phylum Nemathelminthes

  1. makasih byk infonya… ;)

    Posted by astri | Januari 31, 2009, 2:27 pm
  2. Thankz for the information..

    Posted by Genjik | Februari 19, 2009, 2:56 am
  3. Trims,, atas informasinya.. ini sangat membantu saya dalam menyelesaikan presentasi,,

    Posted by Andi | Februari 23, 2009, 2:07 pm
  4. maturnuwun yaaaa…..

    pasti adek saya seneng pr-nya dah ketemu di blog ini. hehehe

    thank you

    Posted by ion | Maret 5, 2009, 10:52 am
  5. maatci byagk iia . akir.na ku dpt bhan jua boad ngerjaind makalah . . .

    Posted by Dina | Maret 18, 2009, 12:47 pm
  6. Minta istilah dlm nemathelminthes donk? Tx b4.

    Posted by Ayundha | Maret 19, 2009, 5:30 am
  7. makasih ya…. infonya!!!

    Posted by de_imout | Maret 30, 2009, 8:13 am
  8. terima kasih!! sudah membantu saya mengerjakan presentasi biologi!!

    Posted by Meidina | Maret 30, 2009, 9:41 am
  9. aduh..
    makasih infonya..
    tugasku kelar dheh..
    terus berkarya ya..
    alhamdulillah…kelar…

    sering maen nngomen blog ku..
    hiyanumzaza.blogspot.com

    Posted by hiyanumz | Maret 31, 2009, 12:53 pm
  10. wihiw.. nice blog! keren banget.. banyak tentang biologinya!
    tfs!

    Posted by Kenta | Maret 31, 2009, 1:05 pm
  11. Thank’s atas infonya yach!

    Posted by Ayu | April 14, 2009, 12:26 pm
  12. tahx a lot for this…
    maju trus..

    Posted by andyka | April 24, 2009, 2:57 pm
  13. makacieh ya…….. berguna banget bwt nyelesein tugas bio ku

    Posted by floren | Mei 14, 2009, 1:53 pm
  14. Thanks,, for the information .. This is very helpful in completing my presentation,,

    Posted by gloria | September 5, 2009, 3:24 am
  15. waaaah……
    cacing nya sereeeeem buanget…..
    atuth……
    pi ket tntng struktur tbuhnya kurng lengkp….
    lengkapi dunx…..

    Posted by lina | September 8, 2009, 7:04 am
  16. hohoho….
    cacingnya cntik2,, N mut2….
    mkasih y dh bntuin Q buat tgaz Nematoda…hihi…

    Posted by Ana | September 8, 2009, 7:07 am
  17. matur nuwonm sanget yo
    wdah ngasih info nya
    lek iso di lengkapi meneh info ne

    Posted by qisse | September 8, 2009, 7:11 am
  18. thx 4 invonya…
    buad kliping jadi gamapna deh.. :D

    Posted by nggieta | September 29, 2009, 7:13 am
  19. hohohohohoho…thx atas info’y….

    Posted by rizqina riziera | Oktober 14, 2009, 10:58 am
  20. mana nehhhhhhhhhhhhhhhhhhh anggota nematophora kq kagak dejelasinnnnnnnnnnnnnnnnnn…….?????????????????????

    Posted by sri | November 4, 2009, 4:16 am
  21. kalo g salah, Nemathelminthes dibagi dalam 5 kelas, knp cma 2 ? Tapi gpp, mdh2an bisa di tambah lagi infonya…ThX yupZ..

    Posted by VeRniT_agg | November 11, 2009, 2:42 am
  22. kuraaaang leengkap tp it is goooooooood

    Posted by dewwwwwwi | November 20, 2009, 7:21 am
  23. Wich keren bangetzz blog x!!!

    lain kali lebih lengkap ya!!!

    he…he…he….

    Posted by imutez | Desember 9, 2009, 11:53 am
  24. makasii banyaaggg :)

    Posted by azalia | Desember 10, 2009, 1:50 pm
  25. tq a lot…
    akhir.na tugas dri bu guru ktmu jwaban.na…

    Posted by rini | Desember 15, 2009, 12:56 pm
  26. haha, sneng bgd ada ini sangad membantu saya dalam mengerjakan tgas2 biologi. dan isinya juga sangad lengkap pokonya makisih bgd deh atas informasinya :D

    Posted by dorra | Desember 16, 2009, 6:28 am
  27. makasiihhh buat infonya

    Posted by arifin | Januari 29, 2010, 7:53 am
  28. nematophoranya mana???????

    Posted by retno | Februari 4, 2010, 10:55 am
  29. Makacie ea. . . Udda bntuin au nylesain tgas bio au. . . Tp da yg kurang kyag na. . Dstu koq pngertian ma cntoh nematophora gag ada eaw. . . ? ? Tlong dkasi dunk. . . Thanx b4. . .

    Posted by Pratama putri | Februari 7, 2010, 8:13 pm
  30. Permisi, saya mau tanya tentang Angiostrongylus cantonensis
    Ada yang punya info?

    Posted by Randy | Februari 14, 2010, 3:20 pm
  31. sangat lengkap & ganas,tapi kurang buanyak.

    Posted by angga | Februari 23, 2010, 7:02 am
  32. Thanx you very much for this information…its very important for me…

    Posted by Alfin | Februari 26, 2010, 8:34 am
  33. terima kasih. akhirnya semua hal tentang cacing saya temukan disini

    Posted by Beta Belladona | Februari 28, 2010, 11:24 pm
  34. suksma bget nggihh………
    mmbntu sngatt..

    Posted by satriya | Maret 3, 2010, 1:54 am
  35. ..kimplit bgt eunk…! :)

    Posted by lia | Maret 4, 2010, 9:31 am
  36. thanxs tas informasinya ….
    dagh bantuin aku ngerjaen tugazku,,

    Posted by sii`etha | Maret 9, 2010, 7:35 am
  37. MAKASIH GAMBARNYA,JADI TAMBAH TAHU DAN PAHAM.

    Posted by waryono smaker | Maret 17, 2010, 4:05 am
  38. thanks ya,, atas informasinya .. ini sangat membantu dalam tugas saya..

    Posted by pajjarr | Maret 22, 2010, 4:48 am
  39. Terima Kasih atas infonya yang sangat membantu saya.
    semoga sukses dan maju terus!!!!!

    Posted by Tunggul | Maret 24, 2010, 5:39 pm
  40. kok gag ada peran bagi manusianya.??

    Posted by chika | Maret 25, 2010, 6:46 am
  41. Terimakasih infonya :D

    Posted by Iman | April 4, 2010, 11:12 pm
  42. duh kq susah ya cari ciri-ciri nematophora

    Posted by mutiara pearl bukater | April 6, 2010, 12:20 pm
  43. bagus banget informasinya gue sekarang tambah pintar ae

    Posted by hendra | April 9, 2010, 12:00 pm
  44. makasih banget infonya..
    tugas-tugas jadi cepet kelar nya..

    Posted by zahra | April 10, 2010, 9:00 am
  45. Thanks so much sir. . . .!

    Posted by Wei | April 15, 2010, 7:12 am
  46. law da info bru ditambahin lgi yaaa…

    Posted by rida | April 16, 2010, 4:47 am
  47. tHnkz…..
    tO iNforM….
    sO TuGAzZzZZ_qYu dHa kElAr……

    I LIKE U….

    Posted by vivi | April 18, 2010, 5:05 am
  48. sayang ibu claluu…..huftt!!!!!…

    Posted by dhedy sayng ibu | April 20, 2010, 9:58 am
  49. bagus!
    ini pelajar malaysia nih..
    memangnya, belajar guna bahasa ibunda rasa lebih dekat dgn apa yang dibelajar
    berbanding gne bahasa asing… huhu

    Posted by zarakhi | April 21, 2010, 8:17 am
  50. trimssssssssssssssssssssssssss yeaaaaaaaaaaaa!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Posted by sifa | April 22, 2010, 3:04 am
  51. T4nx’s y…
    wat info’a…
    ckrg udah clear dech t9s Q…

    Posted by zulia | April 29, 2010, 8:48 am
  52. Nematophoranya mana om??

    Posted by apusian | Mei 1, 2010, 4:28 am
  53. woow..!! nice info gan…

    Posted by Yama ヤマ | Mei 9, 2010, 11:51 am
  54. Thankyou,,,,,,blog ini menyelamatkan hidupku dari guru killer,,,,

    Posted by aig | Mei 24, 2010, 1:55 am
  55. thaks berat!

    Posted by josef | Desember 16, 2010, 2:45 pm
  56. Makasi info.a. . .
    ^`^

    Posted by Nisa | Januari 26, 2011, 12:45 pm
  57. makasih bnyak ya kak infonya tugasku jd kebntu

    Posted by Ardian | Februari 21, 2011, 1:36 pm
  58. makacih za infonya…
    bahan presentasiku bertambah

    Posted by icha chaqie | Februari 22, 2011, 12:27 pm
  59. makacieh ea dah bnyk ngsh pngetahuan,,,,,,,,,,,,,,skarang w bza diskusi deh,,,,,,,,makasih ea,,ni sangatd brgna bght bwt kta cmua,,,,,,,,,,,,,

    Posted by ie-lha | Februari 27, 2011, 11:44 am
  60. ,gambar ea krng lengkp,lngkapin dunggggg,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    phi lucu bght cute2 Cacing ea,,,,,,,,,,,,,,ikh,,,,,,,,,,,,,jjddi ggemmezzz bbghhttttt,,,,,,,,,,,,,,,

    Posted by ila n ami | Februari 27, 2011, 12:17 pm
  61. thanks gan

    Posted by akhew | Maret 2, 2011, 1:51 am
  62. makasih bget atas infonya ..
    untung ada ini kalo gag di mrahin guru biologinya. .

    Posted by rizki perdana | Maret 25, 2011, 5:02 am
  63. wuih keren bgt infonya makasih yak

    Posted by rezky estrada | April 3, 2011, 7:25 am
  64. makasii bgd info.a….
    aku jd selesai ngerjain tugas bio, persentasi…
    tapi gambarnya kurang tuh…..:)

    Posted by eva maharani | April 4, 2011, 11:54 am
  65. MAKASIH YA :) :) :) :)

    Posted by FIQH | April 4, 2011, 12:51 pm
  66. koq gambar pd tulisanya gx kliatn sh??
    Jd susah nh cari gmbr yg bguz

    Posted by heni | April 18, 2011, 3:21 am
  67. Boleh nanya gak?
    apa manfaat serta dampak dari filum Platyhelmintes ama Nemathelmintes..??

    Posted by Ucii | Mei 3, 2011, 12:18 pm
  68. thengs bagt kk dah bantu
    tgs persentase saya..
    :-)

    Posted by fadiel | Mei 5, 2011, 8:17 am
  69. makasi banyak atas info.a berguna bgt untuk tugasq :D

    Posted by Hinata Sang Grusut Sejati | Juni 18, 2011, 4:52 pm
  70. Makasihhh bangetz buat postingannya…. :-)

    Posted by Rinay Lastareta | Agustus 16, 2011, 9:47 am
  71. good…

    Posted by Delatifah Rohili | Oktober 22, 2011, 11:48 pm
  72. makasih!!!

    Posted by zakky bima | November 16, 2011, 1:54 pm
  73. selalu salut dech ma guru ngeblog semua lingkup Biologi ad pembahasannya…… trimakasih yah…. semoga kontribusinya dihitung Pahala ollehnya..amiin… terus maju yah!!!!!!!!………

    Posted by NUR.. | Januari 2, 2012, 9:55 pm
  74. kk kalo sistem ekskresinya apa ya?

    Posted by nico | Januari 26, 2012, 2:53 pm
  75. disgusting but awesome

    Posted by bob | Januari 30, 2012, 4:43 am
  76. trimakasih banyak atas info y,,ini sangat membantu sya dlam menyelesaikan tgas sya….:)

    Posted by isnha liebe | Februari 22, 2012, 7:49 am
  77. terimakasih infonya :)

    Posted by bnk | Februari 23, 2012, 1:39 pm
  78. terimakasih banyak ,, :D

    Posted by Nadia Kamila | Februari 29, 2012, 1:01 am
  79. Aduh bnyak tgas biologi. 15 ne.

    Posted by Yusri diyani,x2 b.J | Maret 2, 2012, 9:31 am
  80. sangat membantu. :)

    Posted by intan | Maret 5, 2012, 8:33 am
  81. thank you

    Posted by bilqis | Maret 5, 2012, 11:48 am
  82. Terimakasih atas infonya :)

    Posted by Farras | Maret 8, 2012, 12:31 am
  83. makasih y infonya sangat membantu ^_^

    Posted by anita | Maret 11, 2012, 2:24 am
  84. makasih banyak ya infonyaaa…
    sangat membantu buat tugas biologi

    Posted by Bhiya | Maret 16, 2012, 12:03 pm
  85. nakazih atas pembelajaran ini akhirnya saya bisa selesaikan tugas biologiq,,,,,

    Posted by sultan | Maret 16, 2012, 7:41 pm
  86. makasih yaa atas artikelnya,, jadi selesai deh bikin presentasi hehe :D

    Posted by defiw | Maret 21, 2012, 3:20 am
  87. makasih, ini sangat membantu saya untuk mengerjakan tugas…:)

    Posted by rahmiyanthi | Maret 22, 2012, 11:18 am
  88. Thankyou so much! Lengkap bangeet :D

    Posted by Rene | April 1, 2012, 7:53 am
  89. makasih banyak. . atas semua ilmunya,. . .

    Posted by vero | April 1, 2012, 10:57 am
  90. trim’s y ,,,,, atas informasi ny ,,,,,,,,

    Posted by santi yashasii | April 3, 2012, 1:41 pm
  91. jijik buangetttzzzz……
    klu gag dipksa tgs, gag akan lhat dechhh…..

    Posted by ZarRa | April 5, 2012, 3:15 am
  92. thank you, for information …

    Posted by devin | April 8, 2012, 11:07 am
  93. thank you so much :) really help me to finish all my task :)

    Posted by muna syahidah (@munasya) | April 20, 2012, 1:29 pm
  94. terimakasih atas informasinya,ini membuat saya lebih mudah dlam mncari informasi dlam tugas kelompok saya :)

    Posted by yis nax Adias "TSC" MAN 1 SUMEDANG | April 22, 2012, 5:00 am
  95. makasih bgt buat infonya^^

    Posted by Icesparkyu KyuyoungShipper | April 22, 2012, 6:13 am
  96. makasih ya

    Posted by manda | April 30, 2012, 4:54 am
  97. mkzh bngt ia..
    atz informazi’a..
    jdi gmpanx nie wt tgaz biologi’a..
    thankz bngt.. :D

    Posted by oleh: LiLiz | Mei 4, 2012, 3:30 am
  98. mengapa Kutikula pada cacing parasit yang hidup di inang lebih kuat daripada yang hidup bebas

    Posted by dikz | Mei 8, 2012, 10:00 am
  99. makasih yaa makasih banget..
    akhirnya tugasku selesai..
    terus berkarya

    Posted by Emy Pavita Sari | Mei 19, 2012, 8:23 am
  100. terima kasih yaa :)

    Posted by uhkty | Mei 21, 2012, 12:56 pm
  101. mau tnya mengapa cacing bertina lebih bsar dari pada cacing jantan

    Posted by Jenifer Dafitanny Porayaw | Juni 1, 2012, 9:05 am
  102. makasih atas infonya… bermanfaat bangeeettttt
    by feby 19 februari 1997

    Posted by febi | Juni 6, 2012, 5:54 am
  103. trima ksh sangat membantu

    Posted by satrio | Desember 5, 2012, 11:18 am
  104. Maaf, tapi gambar itu bukan gambar treponema pallidum ya ?

    Posted by Prasetio Wardoyo | Maret 22, 2013, 1:23 pm
  105. minta jawaban sistem pernafasan nemathelminthes

    Posted by diego | Mei 10, 2013, 12:21 am
  106. terimakasih
    saya sangat terbantu (y)

    Posted by Aini | Maret 31, 2014, 11:46 am
  107. wow bagus buanget nih lain kali lebih lenkap ya hehehehe

    Posted by ida | Mei 1, 2014, 11:25 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BLOG ini merupakan bentuk ungkapan TERIMA KASIH, seorang alumni/siswa ( I KETUT DIANA ADHI,S.KOM aka kuncunk, kepada bapak/ibu guru khususnya SMU 1 Melaya, Jembrana, Bali yang telah memberi berbagai ilmu selama saya belajar di sekolah tercinta..Jasa bapak / ibu guru tidak akan saya lupakan
Untuk materi, mohon maaf sebesar besarnya, karena basic saya yang cuma orang IT/ computer science, dan cuma bisa mengumpukan bahan dan materi ajar dan menyajikan dalam sebuah BLOG..
Saya merasa materi yang disajikan banyak kekurangannya, mudah mudahan saran dan kritik pengunjung bisa membuat blog ini berguna bagi pendidikan Indonesia..

Mudah mudahan blog ini bisa menjadi motivasi bagi pendidik untuk lebih bisa memanfatkan media IT demi kemajuan pendidikan Indonesia.

MAJU TERUS PENDIDIKAN INDONESIA

Kunjungi Paket Liburan ke Bali

Statistik

  • 7,663,268 hits
Education Sites Catalog
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 136 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: