//
you're reading...
Klasifikasi

Mengenal Seluk Beluk Phylum Porifera


porifera

porifera

Porifera dalam bahasa latin , porus artinya pori, sedangkan fer artinya membawa.Porifera adalah hewan multiseluler atau metazoa yang paling sederhana.Karena hewan ini memiliki ciri yaitu tubuhnya berpori seperti busa tau spons sehinggaporifera disebut juga sebagai hewan spons.

Ciri Tubuh
Ciri tubuh Porifera meliputi ukuran, bentuk, struktur dan fungsi tubuh.

Ukuran dan bentuk
Ukuran porifera sangat beragam.Beberapa jenis porifera ada yang berukuran sebesar butiran beras,
sedangkan jenis yang lainnya bisa memiliki tinggi dan diameter hingga 2 meter.
Tubuh porifera pada umumnya asimetris atau tidak beraturan meskipun ada yang simetris radial.
Bentuknya ada yang seperti tabung, vas bunga, mangkuk, atau bercabang seperti tumbuhan.
Tubuhnya memiliki lubang-lubang kecil atau pori(ostium).Warna tubuh bervariasi, ada yang berwarna pucat,
dan ada yang berwarna cerah, seperti merah, jingga, kuning bahkan ungu.

Struktur dan fungsi tubuh

struktur tubuh-porifera

struktur tubuh-porifera

Tubuh porifera belum membentuk jaringan dan organ sehingga porifera dikelompokkan dalam protozoa.
Permukaan luar tubuhnya tersusun dari sel-sel berbentuk pipih dan berdiding tebal yang disebut pinakosit.
Pinakosit berfungsi sebagai pelindung.Diantara pinakosit terdapat pori-pori yang membentuk saluran air yang bermuara di spongosol atau rongga tubuh.Spongosol dilapisi oleh sel “berleher” yang memiliki flagelum, yang disebut koanosit.Flagelum yang bergerak pada koanosit berfungsi untuk membentuk aliran air saru arah sehingga air yang mengandung makanan dan oksigen masuk melalui pori ke spongosol.Di spongosol makanan ditelan secara fagositosis dan oksigen diserap secara difusi oleh koanosit.Sisa pembuangan dikeluarkan melalui lubang yang disebut oskulum.
Zat makanan dan oksigen selalin digunakan oleh koanosit, sebagian juga ditransfer secara difusi ke sel-sel yang selalu bergerak seperti amoeba, yaitu amoebosit (sel amoeboid).Fungsinya pun sama yaitu mengedarkan makan dan oksigen keseluruh sel-sel tubuh lainnya.

Cara hidup dan Habitat
Porifera hidup secara heterotof.Makananya adalah bakteri dan plankton.Makanan yang masuk kedalam tubuhnya berbentuk cairan.Pencernaan dilakukan secara intraseluler di dalam koanosit dan amoebosit.Habitat porifera umumnya di laut, mulai dari tepi pantai hingga laut dengan kedalaman 5 km.Sekitar 150 jenis porifera hidup di ait tawar, misalnya Haliciona dari kelas Demospongia.Porifera yang telah dewasa tidak dapat berpindah tempat (sesil), hidupnya menempel pada batu atau benda lainya di dasar laut.Karena porifera yang bercirikan tidak dapat berpindah tempat, kadang porifera dianggap sebagai tumbuhan.

Reproduksi
Porifera melakukan reproduksi secara aseksual maupun seksual.Reproduksi secara aseksual terjadi dengan pembentukan tunas dan gemmule.Gemmule disebut juga tunas internal.Gemmule dihasilkan hanya menjelang musim dingin di dalam tubuh porifera yang hidup di air tawar.Porifera dapat membentuk individu baru dengan regenerasi.Reproduksi seksual dilakukan dengan pembentukan gamet (antara sperma dan ovum).Ovum dan sperma dihasilkan oleh koanosit.Sebagian besar Porifera menghasilkan ovum dan juga sperma pada individu yang sama sehingga porifera bersifat Hemafrodit.

Klasifikasi porifera
Berdasarkan bahan penyusun rangkanya, porifera diklasifikasikan menjadi tiga kelas, yaitu Hexactinellida atau Hyalospongiae, Demospongiae, dan Calcarea (Calcisspongiae).

Hexactinellida (Hyalospongiae)
Hexactinellida (dalam bahasa yunani, hexa = enam) atau Hyalospongiae (dalam bahasa yunani, hyalo = kaca/transparan, spongia = spons) memiliki spikula yang tersusun dari silika.Ujung spikula berjumlah enam seperti bintang.Tubuhnya kebanyakan berwarna pucat dengan bentuk vas bunga atau mangkuk.Tinggi tubuhnya rata-rata 10-30 cm dengan saluran tipe sikonoid.Hewan ini hidup soliter di laut pada kedalaman 200 – 1.000 m.Contoh Hexactinellida adalah Euplectella.

Demospongiae

Niphates digitalis

Demospongiae ( dalam bahasa yunani, demo = tebal, spongia = spons) memiliki rangka yang tersusun dari serabut spongin.
Tubuhnya berwarna cerah karena mengandung pigmen yang terdapat pada amoebosit.Fungsi warna diduga untuk melindungi tubuhnya dari sinar matahari.Bentuk tubuhnya tidak beraturan dan bercabang.Tinggi dan diameternya ada yang mencapai lebih dari 1 meter.Seluruh Demospongiae memiliki saluran air tipe Leukonoid.Habitat Demospongiae umumnya di laut dalam maupun dangkal, meskipun ada yang di air tawar.Demospongiae adalah satu-satunya kelompok porifera yang anggotanya ada yang hidup di air tawar.Demospongiae merupakan kelas terbesar yang mencakup 90% dari seluruh jenis porifera.
Contoh Demospongiae adalah spongia, hippospongia dan Niphates digitalis.

Calcarea (Calcisspongiae)
Calcarea (dalam latin, calcare = kapur) atau Calcispongiae (dalam latin, calci = kapur, spongia = spons) memiliki rangka yang tersusun dari kalsium karbonat.Tubuhnya kebanyakan berwarna pucat dengan bentuk seperti vas bunga, dompet, kendi, atau silinder.Tinggi tubuh kurang dari 10 cm.Struktur tubuh ada yang memiliki saluran air askonoid, sikonoid, atau leukonoid.
Calcarea hidup di laut dangkal, contohnya sycon, Clathrina, dan Leucettusa lancifer.
Berikut bentuk tipe saluran air dari porifera : askonoid, sikonoid, dan leukonoid

Peran Porifera dalam Kehidupan Manusia
Beberapa jenis porifera seperti spongia dan hippospongia dapat digunakan sebagai spons mandi dan alat gosok.Namun, spons mandi yang banyak digunakan umumnya adalah spons buatan, bukan berasal dari kerangka porifera.Zat kimia yang dikeluarkannya memiliki potensi obat penyakit kanker dan penyakit lainnya.

About these ads

Diskusi

130 thoughts on “Mengenal Seluk Beluk Phylum Porifera

  1. terimakasih, tulisan anda bagus dan memberi bayak pengetahuan luas dan sangat membantu menyelesaikan tugas anak saya, dan mudah – mudahan sangat bermanfaat bagi kita semua.

    Posted by nunung.w | November 20, 2008, 12:43 pm
  2. Terima kasih, akan lebih baik lagi kalau ada banyak org yang lebih peduli pada lingkungan.

    Posted by maro | Januari 10, 2009, 4:15 am
  3. makasih ya pak, saya bisa dapat bahan presentasi untuk pelajaran sekolah.
    pak.ada yg mw saya tanyakan.
    apa yang terjadi dengan ekosistem laut apabila porifera punah?
    apakah sama atau beda porifera dgn terumbu karang?

    Posted by muthi | Februari 11, 2009, 7:52 am
  4. Makasih ya pak,,
    Ini sangat berguna untuk tugas sekolah saya,,
    Saya minta ijin untuk copy..
    Sekali lagi, terima kasih..

    Posted by Natasha | Februari 13, 2009, 3:37 pm
  5. wah ini sama yak dibuku aku
    aku nyari peran nya
    disitu kan ada kata” zat kimia
    nah zat kimia disitu apa ych
    aku bingung
    dibuku aku gak ada
    alnya buku aku sama yak artikel ini

    Posted by akane | Februari 22, 2009, 10:05 am
  6. thanx pak.
    minta copy ya. . .

    bwat tugas bologi nih

    makasi bgt pak

    Posted by hendra522 | Februari 22, 2009, 11:12 am
  7. makacii ya pak/bu..
    tulisannya bgs bgt….
    sgt membantu dlm mengerjakan tgas biologi..

    Posted by Iffah | Februari 28, 2009, 4:13 am
  8. ka sukses ya.. ni blog piunya ka alba bukan? ni asih… sukses ya ka

    Posted by asih | Maret 24, 2009, 1:14 pm
  9. makasih y,,,coba ja ada sstem ekskresinya…
    biar lebih lengkap…….hehehe

    Posted by dyan | Maret 31, 2009, 9:51 am
  10. Makasih banyak ya pak..

    ngebantu banget buat ulangan biologi

    minta copy yaa..

    Posted by Anthi | Maret 31, 2009, 11:15 am
  11. thanx lumayan ngebantu ne blog na……………

    Posted by avriel | April 1, 2009, 4:25 am
  12. Lagi dapet tugas Biologi mengenai Porifera.

    Posted by Pras | April 6, 2009, 9:43 am
  13. eh… maaf, isinya kok sama persis ama biologi SMA klas 1 punya Diah Aryulina terbitan Esis ya???

    Posted by Aiz | April 12, 2009, 11:50 am
  14. makaciii yaaa…
    lagi dapet tugas ne tentang porifera
    sistem ekskresinya mana???
    mau dunkzz
    alnya itu yang jadi tugas utama tu
    mau yaaaaa
    pliiiizzzz

    Posted by cutezz | April 17, 2009, 3:40 pm
  15. saya mau minta izin ngopy y

    Posted by uthe | Juni 6, 2009, 5:02 am
  16. wah singkat banget tapi penjelasannya coba di jelasin mekanisme mendapatkan makanan pada porifera

    Posted by saipul bahri | Juni 18, 2009, 2:54 am
  17. thank pak yea
    tas artikel nya ne

    Posted by aldy | Juli 16, 2009, 12:27 pm
  18. trmakasih bnyak ya situs ini sngat brmanfaat bagi saya,,izin copy yaa…

    Posted by Zaonk | Juli 27, 2009, 6:46 am
  19. terima kasih banyak pak, saya izin copy ya pak..
    saya jadikan literatur untuk tugas biodiversitas hewan.
    jazakallahu khairan.

    Posted by syifa khusnuzon | Oktober 2, 2009, 3:25 am
  20. TNX banget, kebetulan banet lagi gw nyariin tengtang Porifera..

    respect..

    Posted by Ze LOPCE | Oktober 14, 2009, 2:30 pm
  21. alhamdulillah tugas ku terbantu…

    Posted by agung075 | Oktober 22, 2009, 1:42 pm
  22. ada g yang ngebahas tiap spesiesnya secara rinci? aku butuuuuh banget

    Posted by Diar | Oktober 26, 2009, 5:33 am
  23. makasih banyak ya.

    Posted by doni | November 27, 2009, 1:42 pm
  24. saya mintaijin copi pak?

    Posted by vici | Desember 10, 2009, 7:51 am
  25. makasih ya….
    tp aku nyari masalh beras… bukan ini…

    Posted by hadi winata | Desember 15, 2009, 4:47 am
  26. Tararengkyou!!!

    Posted by Riyan Hidayat Tulloh | Januari 28, 2010, 3:33 am
  27. wah… kalo boleh tolong diperbanyak gambar-gambar tentang porifera yah,,, cos tiap artikel yg aq dapat gbrnya cuman ini’2 doank!!! mkch,,,

    Posted by taufiq | Februari 23, 2010, 1:00 pm
  28. thanks atas tulisan anda….sy yakin akan banyak org yg akan membacanya!!!
    n banyak manfaat yg mereka peroleh dr tulisan anda khususnya saya

    Posted by azhies | Maret 2, 2010, 12:51 pm
  29. maksih banyak yah…..

    Posted by vincent | Maret 2, 2010, 12:53 pm
  30. mhon maaf, sayangnya penjelasannya kurang lengkap dan tdk ada contohnya

    Posted by rinn | Maret 3, 2010, 11:14 am
  31. huuuuffffffff…………….

    berkat ada tulisan ini tugas-tugas akhirnya bisa diselesaikan juga…..

    terima kasih…..

    Posted by nola | Maret 5, 2010, 5:34 am
  32. saya mau tanya PORIFERA itu bernafas dengan apa .. mohon di jwb dengan cepat..!!!!!!

    Posted by anas | Maret 8, 2010, 9:45 am
  33. ok berita@ keren tu….

    Posted by dede | Maret 9, 2010, 4:43 am
  34. makasih banyak pak kebetulan lagi butuh tapi kenapa engga bisa di copy ya?

    Posted by Jethro Thomas | Maret 14, 2010, 3:30 am
  35. Makasi pak.. Lengkap sekali dan sangat tepat dengan apa yang saya butuhkan..
    terima kasih bnyk pak..
    saya dari surabaya dan dari SMA swasta..
    Tuhan memberkati..

    Posted by Daniel | Maret 17, 2010, 2:51 am
  36. trimakasih atas informasi tentang materi ini…………………………

    Posted by khaerudin | Maret 18, 2010, 2:37 am
  37. Terima kasih Pak atau IBu Guru karena telah mempostingkan filum porifera ini.

    Posted by Unknown | Maret 19, 2010, 10:06 am
  38. makash y pak ats penjelasan tentang porifera.
    itu sngt membantu saya mengerjakan tugas saya.
    saya jg izin copy.
    Trimakasih banyak.

    Posted by Andraena | Maret 21, 2010, 12:58 pm
  39. arigato banget buat ne tulisan..

    Posted by ophie | Maret 25, 2010, 1:18 pm
  40. Terima KAsih pak / IBu Guru karena telah mempostingkan filum porifera. Karena dengan begini Tugas saya pun dapat mendapatkan hasil yang maksimal Saya Ucapkan THank YOu So Much…

    Pak/IBu Guru… mohon minta izin mw Copy + Paste hasil postingan bapak/ibu guru mohon minta maaf, karena jika tidak saya akan dipersalahkan oleh teman2 ama guru bidang studi saya. Mohon Dimaklumi ya….

    TRIMS

    Posted by Adrian SMANPHAT | Maret 27, 2010, 12:40 pm
  41. alhamdulillah tugas ku terbantu…

    Posted by harbi | Maret 29, 2010, 12:31 pm
  42. saya mnta izin ngcopy ya.. :)

    Posted by dewiq way | Maret 29, 2010, 2:33 pm
  43. ada gak yg lebih detail lg..????
    aku perlu ni…,

    Posted by danni | Maret 31, 2010, 2:33 pm
  44. thanks pak karya anda sangat membantu sekali dalam penyelesaian tugas biologi saya GBU

    Posted by Lamria | April 1, 2010, 8:44 am
  45. wah suksma yach…………

    Posted by ita | April 2, 2010, 4:47 am
  46. makash buat penjelasan2 tentang ilmu biolgi krna skrg saya bs mnyelesaikan tugas,tp kok gak bsa telusuri gambar?????????????

    Posted by sheuchen | April 8, 2010, 2:38 am
  47. Saya senag karena informasi ini cukup berguna baqi murid saya dan saya sendiri. Bisa nggak beri contoh gambar masing-masing kelas

    Posted by shintamrabawani | April 9, 2010, 2:08 am
  48. klasifikasinya saya kurang puas
    rasanya kurang lengkap
    tapi saya berterimakasih karna informasi ini sangat penting buat saya

    Posted by ani | April 9, 2010, 6:24 am
  49. peranan porifera dalam kehidupan kurang lengkap, bermutu, atau berkualitas
    tolong di jelaskan dan dilengkapi

    Posted by gustiwan | April 9, 2010, 1:10 pm
  50. ini kurang lengkap tolong lebih diperinci lagi

    Posted by natashya | April 10, 2010, 7:39 am
  51. Thank`s sngat membantu saya…..

    Posted by jemry | April 12, 2010, 4:37 am
  52. THank’S bNgaT…

    Posted by avenged | April 13, 2010, 11:27 am
  53. mkasi buanget………………
    ne bantu saya nylesai.in tuagas skula…………….
    ehmmm, klo tmbah lengkap lgi mlah lebih bgussss……..
    sekali lagi makasih………………..

    Posted by ratna | April 13, 2010, 12:46 pm
  54. thank’s udah bantuin saya dalam kerja tgzz,,,,but krng lengkap ada yang bahas jenisnya secara terperinci

    Posted by ichank | April 14, 2010, 1:48 am
  55. maksih banget….coalnya ini sangat membantu saya…?

    Posted by meny | April 14, 2010, 10:04 am
  56. thank’s udah membantu saya unt ngerjain tugas tapi alat gerak porifera kok g’ ada se……. tolong dilengkapi lagi ???

    Posted by ame | April 15, 2010, 7:03 am
  57. aLhamduLiLLah. ..
    makasieh bgd. ..
    artikeL nii bner” bntu agku. ..^^

    Posted by Mytha | April 15, 2010, 12:47 pm
  58. bagus sih tapi tambahkan gambar spesies dan struktur tubuhnya sekaligus penjelasannya juga

    Posted by leo | April 16, 2010, 9:46 am
  59. mau tanya,
    zat kimia apa yg terdapat pada porifera yang bisa menjadi obat kanker?
    mohon dijawab,
    thx before.

    Posted by Risa | April 17, 2010, 11:08 am
  60. thanks banget yaaah dah bantuin tugas biologi akuuuuuuu. akakak :D

    Posted by Florent Gerny | April 18, 2010, 5:45 am
  61. maksih…
    tulisanx ngbantu bgt u/ mid aku

    Posted by puput | April 18, 2010, 12:10 pm
  62. thanks ya dah mo bantu tugas yg telah di berikan oleh guru

    Posted by elsa mutia | April 21, 2010, 1:36 am
  63. makacih yach pak,

    Posted by yhanie | April 21, 2010, 1:37 am
  64. makasih ya pak,,,,
    ini sangat membantu untuk tugas di sekolah aku , dan juga untuk teman_teman ku . sekali lagi saya ucapkan terimakasih.

    Posted by mei | April 21, 2010, 1:40 am
  65. terima kasih…
    berkat bapak saya jadi terbantu..
    ijin copy ya..

    Posted by rudy duliandi | April 21, 2010, 12:34 pm
  66. makasih bwt tulisannya

    aq jdi bisa ngerjain makalah q

    Posted by Rony pengen sendiri | April 21, 2010, 1:41 pm
  67. wah terima kasih atas ilmunya..
    sangat membantu saya untuk mengerjakan tugas dan juga memperluas pengetahuan..

    Posted by laras | April 22, 2010, 10:28 am
  68. Thx ya……..
    Atas informasinya

    Posted by conrad | April 22, 2010, 11:28 am
  69. Mudah2an tugasnya akan cepat selesai

    Posted by Aini | Mei 1, 2010, 3:06 pm
  70. wah…lumayan lengkap isinya…bisa bwt nambah” ilmu nih…..>>

    Posted by febri | Mei 3, 2010, 2:06 pm
  71. coba ada sistem eksresinya…??

    Posted by febri | Mei 3, 2010, 2:07 pm
  72. i like it
    coz gambar nya berwarna
    add pnya FB q ya…
    SANG MALAIKAT PALSU…..

    Posted by dimas | Mei 14, 2010, 4:20 am
  73. AQ TRIMAKSIH ..

    Posted by aat faride | Mei 14, 2010, 4:28 am
  74. ADD FB q yaw…..heheheheh….
    sang malaikat palsu..{dmust_ilfil@yahoo.com}

    Posted by die_must | Mei 14, 2010, 4:30 am
  75. tkz, yah pak… nmpang copy klasifikasinya yah???

    Posted by rara | Mei 14, 2010, 12:43 pm
  76. situs yg sgt brmanfaat bgi kita smua yg ingin memperdalam ilmu ipa
    …trimakasih…

    Posted by rahimah | Mei 28, 2010, 5:11 am
  77. Makasih pak informasinya, tugas biologi jadi selesai

    Posted by Siapa | Mei 30, 2010, 1:33 pm
  78. as. Bapak/ibu koq nggak ada penjelasan utk alat pernapasan nya ?????????????????

    Posted by w.r | Mei 30, 2010, 2:41 pm
  79. ya ampun ngebantu tugas saya banget dalam mengerjakan tugas biologi..
    mudah-mudahan makin maju dan makin banyak yang bisa kita ambil dari sini..
    sekali lagi thanks banget yaaaa…..

    Posted by desi | Mei 31, 2010, 3:42 am
  80. Aku sering ngeliat ada semacam bunga terompet, tapi banyak, kecil2 pula… didasar laut kedalaman 3 meter,… itu spons bukan seh????

    Posted by Luqman | Juni 10, 2010, 7:12 am
  81. as. terimakasih bnyak atas tulisan anda, saya sangat mersa terbntu dlam menyelesaikan tgas kul saya,
    terimakasih , , ,

    Posted by nurul | Juni 17, 2010, 3:46 am
  82. terima kasih..
    bisa membantu saya UAS besok

    Posted by rengga eko pradipta | Juni 30, 2010, 2:26 pm
  83. makasih bnayak atasan bantuannya, saya dengan ini bisa mengerjakan tugas kuliah saya…..

    Posted by qod2as | September 20, 2010, 3:28 pm
  84. saya mempunyai tugas tentang demospongiae tapi tidak ada penjelasan yang konkrit dan lengkap,mengenai demospongiae. jadi pusinggggggggg……………….

    Posted by ervina | Oktober 4, 2010, 1:34 am
  85. thank you

    Posted by ella | Oktober 14, 2010, 1:27 pm
  86. terima kasih ya udah membantu dalam belajar seja melalui web ini

    Posted by ella | Oktober 14, 2010, 1:28 pm
  87. Sangat….. membantu

    Posted by Hilman Raissa | November 20, 2010, 5:14 am
  88. thanks bget eaw.,
    membantu sya buat nyusun tgas2 sya.,
    thanks…,

    Posted by nea smatag | Januari 11, 2011, 9:04 am
  89. makasih sangat membantu.. tp gak dijelasin y kan gak punya sistem saraf, nah terus gimana dia bisa hidup? sarafnya pake apa?

    Posted by Uyunk | Januari 17, 2011, 2:29 pm
  90. ada ga ya, situs yg menjelaskan contoh2 dari porifera secara detail? saya sangat membutuhkannya

    Posted by irene | Februari 15, 2011, 2:36 pm
  91. assalamu’alaikum,,,
    ma’aph saya minta izin mau copy materi ini buad tugasz… makaciie sblumnya…

    Posted by dhedex shaza | Februari 24, 2011, 2:07 am
  92. terima kasih
    tulisan anda membantu tugas sekolah saya

    Posted by intan | Maret 15, 2011, 7:51 am
  93. wah keren boz .

    Posted by chronicles willz | Maret 15, 2011, 10:41 pm
  94. isinya bagus… tapi tolong dilengkapi lagi yaa biar wawasan kami tentang demospongia brtmbah!

    Posted by fatmawati | Maret 19, 2011, 5:28 am
  95. materi yang disampaikan cocok dengan tugas saya thanks.

    Posted by fatmawati | Maret 19, 2011, 5:38 am
  96. danke schion
    buat tugas bagus sekali ini, lengkap

    Posted by urdun | April 2, 2011, 11:27 pm
  97. Makasii bxk..
    Mmbntu sekali bwt bhan prsntsiq..:)

    Posted by Liina candra | April 15, 2011, 6:39 am
  98. trimakasih….aku izin copy ya

    Posted by aisyah | April 26, 2011, 12:15 pm
  99. bagoes,,,,

    Posted by minar | Mei 13, 2011, 10:10 am
  100. Terima kasih banyak atas materi yang disajikan…
    Sangat membantu… :)

    Posted by Ghibran | Mei 22, 2011, 8:21 pm
  101. trima kasih banyak,,bagi ibu or bapak yang telah memberi informasi ini. karena dengan ini kami bisa mengetahui tentang fylum porifera..

    Posted by khatty khatmiaty | Juni 2, 2011, 3:24 am
  102. thx for your blog

    now i can learn from your blog to problem of biology as porrifera, coelenterata,plathyhelminthes and nematoda

    Posted by raihan | Juni 28, 2011, 5:23 am
  103. lmayanlah,bwt tugas prtanyaan bio mnggu dpan

    Posted by Steven | Juli 14, 2011, 5:40 am
  104. bagussekali tulisannya..

    saya minta ijin copy ya..
    :)

    makasih.

    Posted by tereyza | Oktober 12, 2011, 8:45 am
  105. Terima Kasih ya pak/bu atas tulisanyaa, sangat membantu saya. sekali lagi terima kasih

    Posted by sebut saja rizki | Oktober 31, 2011, 10:52 am
  106. makasih yah! berkat ini tugas sekolahku selesai deh

    Posted by ajeng | November 3, 2011, 10:24 pm
  107. saya mau mengucapkn terima kasih banyak, karna artikel ini sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas biologi :)

    Posted by luthfi dwiyana | November 3, 2011, 11:21 pm
  108. bagust…bagust
    cukup membantu saya dalam mengerjakan tugas :)

    Posted by Triya | Februari 15, 2012, 5:39 am
  109. Trima Kasih atas Informasinya
    membantu tugas biologi!

    Posted by agustinus | Februari 19, 2012, 5:59 am
  110. trimakasih datanya. :)

    Posted by aryanta | Februari 24, 2012, 6:15 am
  111. txuuuuu yachhhh…

    Posted by icha | Februari 28, 2012, 2:22 am
  112. daur hidupxa mana?

    Posted by ABF | Maret 1, 2012, 1:58 pm
  113. termakasih infonya, tapi apa sama antara struktur luar dan dalamnya?

    Posted by zuhrotul nazilla (@zuhrotulnazilla) | Maret 2, 2012, 1:33 pm
  114. terima kasih pak sudah membatu saya untuk menjawab soal yg dari tadi tdk ketemu temu akhirnya ketemu

    Posted by affrizal | Maret 2, 2012, 2:11 pm
  115. terimakasih banyak atas tulisannya, sangat membantu:D

    Posted by M Naufal Rachman | Maret 20, 2012, 3:23 am
  116. mksih yach inie sangat membantu sea dalam mengerjakan tugas…………………..
    thanks…

    Posted by anhy | Maret 28, 2012, 4:17 am
  117. terimakasih ya gan/sis, Saya lg dapat tugas biologi mengenai porifera, alhamdulillah terbantu

    Posted by Prahma Yudi | Maret 28, 2012, 1:41 pm
  118. terimakasih banyak ya pak… saya jadi bisa menyelesaikan tugas presentasi saya…
    saya izin copy juga pak..

    Posted by wizara s. | April 1, 2012, 8:04 am
  119. izin copy paste yaa ka buat tugas biologi ^_^

    Posted by indrian maulidah (@indrian407) | April 2, 2012, 7:14 am
  120. pengertian pinakosit itu apa.?

    Posted by lia | April 2, 2012, 1:15 pm
  121. mantappp !

    Posted by cancer | April 6, 2012, 5:05 am
  122. Makasih banyak Bapak/Ibu ngebantu saya buat presentasi :)

    Posted by Anatassya | April 15, 2012, 3:25 am
  123. Trimakasih ya ..
    ini sangat berguna untuk tugas biologi saya..
    ^_^

    Posted by HyLmiiy BenqstyLe | April 24, 2012, 12:57 pm
  124. tx share artikelnya….

    Posted by hendrysianturi | Juli 30, 2012, 2:10 pm
  125. makasi banyak ya bapak guru,,,,,
    saya mohon ijin copas untuk buat karya ilmiah tentang porifera,,,
    terimakasi,,,

    Posted by diah | Oktober 1, 2012, 11:13 am
  126. HELLO

    Posted by YOMANK | Oktober 18, 2012, 3:06 am
  127. makasii banyak ya….
    udah kasih bahan pembelaajaran buat presentasi :)

    Posted by mila pertiwi | Maret 30, 2013, 10:48 am
  128. makasi yaach atas bantuan nya

    Posted by yully | Mei 21, 2013, 11:31 pm
  129. terimakasih pak, klasifikasi avertebrata ini sanggat membatu saya..

    Posted by Akira | Agustus 6, 2013, 3:39 pm
  130. makasih pa,,,,,,,,,,saya terbantu ktka mmbaca ini

    Posted by tarfah | Februari 25, 2014, 8:53 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BLOG ini merupakan bentuk ungkapan TERIMA KASIH, seorang alumni/siswa ( I KETUT DIANA ADHI,S.KOM aka kuncunk, kepada bapak/ibu guru khususnya SMU 1 Melaya, Jembrana, Bali yang telah memberi berbagai ilmu selama saya belajar di sekolah tercinta..Jasa bapak / ibu guru tidak akan saya lupakan
Untuk materi, mohon maaf sebesar besarnya, karena basic saya yang cuma orang IT/ computer science, dan cuma bisa mengumpukan bahan dan materi ajar dan menyajikan dalam sebuah BLOG..
Saya merasa materi yang disajikan banyak kekurangannya, mudah mudahan saran dan kritik pengunjung bisa membuat blog ini berguna bagi pendidikan Indonesia..

Mudah mudahan blog ini bisa menjadi motivasi bagi pendidik untuk lebih bisa memanfatkan media IT demi kemajuan pendidikan Indonesia.

MAJU TERUS PENDIDIKAN INDONESIA

Kunjungi Paket Liburan ke Bali

Statistik

  • 7,663,624 hits
Education Sites Catalog
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 136 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: