//
you're reading...
Klasifikasi

Mengenal Phylum Coelenterata (Cnidaria)


coelenterata

coelenterata

Karang yang ada di pantai tebentuk dari kerangka luar tubuh salah satu jenis coelenterata.Coelenterata (dalam bahasa yunani, coelenteron = rongga) adalah invertebrata yang memiliki rongga tubuh.Rongga tubuh tersebut berfungsi sebagai alat pencernaan (gastrovaskuler).Coeleanterata disebut juga Cnidaria (dalam bahasa yunani, cnido = penyengat) karena sesuai dengan cirinya yang memiliki sel penyengat.Sel penyengat terletak pada tentakel yang terdapat disekitar mulutnya.
Coelenterata memiliki struktur tubuh yang lebih kompleks.Sel-sel Coelenterata sudah terorganisasi membentuk jaringan dan fungsi dikoordinasi oleh saraf sederhana.

Ciri tubuh
Ciri tubuh Coelenterata meliputi ukurang, bentuk, struktur, dan fungsi tubuh.

Ukuran dan bentuk tubuh
Ukuran tubuh Coelenterata beraneka ragam.Ada yang penjangnya beberapa milimeter, misal Hydra dan ada yang mencapai diameter 2 m, misalnya Cyanea.Tubuh Coelenterata simetris radial dengan bentuk berupa medusa atau polip.Medusa berbentuk seperti lonceng atau payung yang dikelilingi oleh “lengan-lengan” (tentakel).Polip berbentuk seperti tabung atau seperti medusa yang memanjang.

Struktur dan fungsi tubuh
Coelenterata merupakan hewan diploblastik karena tubuhnya memiliki dua lapisan sel, yaitu ektoderm (epidermis) dan endoderm (lapisan dalam atau gastrodermis).Ektoderm berfungsi sebagai pelindung sedang endoderm berfungsi untuk pencernaan.Sel-sel gastrodermis berbatasan dengan coelenteron atau gastrosol.Gastrosol adalah pencernaan yang berbentuk kantong.Makanan yang masuk ke dalam gastrosol akan dicerna dengan bantuan enzim yang dikeluarkan oleh sel-sel gastrodermis.Pencernaan di dalam gastrosol disebut sebagai pencernaan ekstraseluler.Hasil pencernaan dalam gasrosol akan ditelan oleh sel-sel gastrodermis untuk kemudian dicerna lebih lanjut dalam vakuola makanan.Pencernaan di dalam sel gastrodermis disebut pencernaan intraseluler.Sari makanan kemudian diedarkan ke bagian tubuh lainnya secara difusi.Begitu pula untuk pengambilan oksigen dan pembuangan karbondioksida secara difusi.Coelenterata memiliki sistem saraf sederhana yang tersebar benrbentuk jala yang berfungsi mengendalikan gerakan dalam merespon rangsangan.
Sistem saraf terdapat pada mesoglea.Mesoglea adalah lapisan bukan sel yang terdapat diantara lapisan epidermis dan gastrodermis.Gastrodermis tersusun dari bahan gelatin.
Tubuh Coelenterata yang berbentuk polip, terdiri dari bagian kaki, tubuh, dan mulut.Mulut dikelilingi oleh tentakel.Coelenterata yang berbetuk medusa tidak memiliki bagian kaki.Mulut berfungsi untuk menelan makanan dan mengeluarkan sisa makanan
karena Coelenterata tidak memiliki anus.Tentakel berfungsi untuk menangkap mangsa dan memasukan makanan ke dalam mulut.Pada permukaan tentakel terdapat sel-sel yang disebut knidosit (knidosista) atau knidoblas.Setiap knidosit mengandung kapsul penyengat yang disebut nematokis (nematosista).

Cara hidup
Coelenterata hidup bebas secara heterotrof dengan memangsa plankton dan hewan kecil di air.Mangsa menempel pada knodosit dan ditangkap oleh tentakel untuk dimasukkan kedalam mulut.Habitat Coelenterata seluruhnya hidup di air, baik di laut maupun di air tawar.Sebagaian besar hidup dilaut secara soliter atau berkoloni. Ada yang melekat pada bebatuan atau benda lain di dasar perairan dan tidak dapat berpindah untuk bentuk polip, sedangkan bentuk medusa dapat bergerak bebas melayang di air.

Reproduksi
Reproduksi Coelenterata terjadi secara aseksual dan seksual.Reproduksi aseksual dilakukan dengan pembentukan tunas.Pembentukan tunas selalu terjadi pada Coelenterata yang berbentuk polip.Tunas tumbuh di dekat kaki polip dan akan tetap melekat pada tubuh induknya sehingga membentuk koloni. Reproduksi seksual dilakukan dengan pembentukan gamet (ovum dengan sperma).Gamet dihasilakan oleh seluruh Coelenterata bentuk medusa dan beberapa Coelenterata bentuk polip.Contoh Coelenterata berbentuk polip yang membentuk gamet adalah hydra.

Klasifikasi
Coelenterata dibedakan dalam tiga kelas berdasarkan bentuk yang dominan dalam siklus hidupnya, yaitu Hydrozoa, Scypozoa, dan Anthozoa.

Hydrozoa
obeliaHydrozoa (dalam bahasa yunani, hydro = air, zoa = hewan) sebagian besar memiliki pergiliran bentuk polip dan medusa dalam siklus hidupnya.Hydrozoa dapat hidup soliter.Contoh Hydrozoa adalah Hydra, Obelia, dan Physalia.
Untuk Obelia merupakan Hydrozoa yang hidupnya berkoloni di laut.Obelia memiliki bentuk polip dan medusa dalam siklus hidupnya.

Scyphozoa
Scyphozoa (dalam bahasa yunani, scypho = mangkuk, zoa = hewan) memiliki bentuk dominan berupa medusa dalam siklus hidupnya.Medusa Scyphozoa dikenal dengan ubur-ubur.Medusa umumnya berukuran 2 – 40 cm.Reproduksi dilakukan secara aseksual dan seksual.Polip yang berukuran kecil menghasilkan medusa secara aseksual.Contoh Scyphozoa adalah Cyanea dan Chrysaora fruttescens.

Anthozoa
Anthozoa (dalam bahasa yunani, anthus = bunga, zoa = hewan) memiliki banyak tentakel yang berwarna-warni seperti bunga.Anthozoa tidak memiliki bentuk medusa,hanya bentuk polip.Polip Anthozoa berukuran lebih besar dari dua kelas Coelenterata lainnya.Hidupnya di laut dangkal secara berkoloni.Anthozoa bereproduksi secara aseksual dengan tunas dan fragmentasi, serta reproduksi seksual menghasilkan gamet.
Contoh Anthozoa adalah Tubastrea (koral atau karang), Acropora, Urticina (Anemon laut), dan turbinaria.Koral hidup di air jernih dan dangkal karena koral bersimbiosis dengan ganggang.Ganggang memberikan makanan dan membantu pembentukan rangka pada koral.Sedangkan koral memberikan buangan yang merupakan makanan bagi ganggang serta perlindungan bagi ganggang dari herbivora.Rangka koral tersusun dari zat kapur.Rangka koloni dari polip koral inilah yang membentuk karang pantai (terumbu karang) atau atol (pulau karang).

Peranan Coelenterata dalam Kehidupan Manusia

terumbu-karang

terumbu-karang

Coelenterata terutama kelas Anthozoa yaitu koral atau karang merupakan komponen utama pembentuk ekosistem terumbu karang.Ekosistem terumbu karang merupakan tempat hidup beragam jenis hewan dan ganggang.Keanekaragaman organisme terumbu karang yang paling tingg terdapat di Asia Tenggara, dari Filipina dan Indonesia hinggaq Great Barier Reef di Australia.Dua puluh lima persen ikan yang dikonsumsi manusia juga hidup pada ekosistem ini.Selain itu, terumbu karang sanga indah sehingga dapat di jadikan objek wisata. Karang di pantai sangat bermanfaat sebagai penahan ombak untuk mencengah pengikisan pantai.

About these ads

Diskusi

141 thoughts on “Mengenal Phylum Coelenterata (Cnidaria)

  1. Kok BIsa tau tentang biologi sebanyak ini?

    Posted by Modafa | Januari 8, 2009, 8:52 am
  2. Tulisan yang sangat bagus sekali!!!, benar-benar membantu saya… Matur nuwun.

    Posted by Rika | Januari 21, 2009, 10:58 am
  3. Matur Nuwun pak/bu Guru…q jdi makin cinta m Biologi niy…

    Posted by SRA | Februari 22, 2009, 8:25 am
  4. sangat baguzzZzZ,,,

    n’ sangat m’bantu…

    tugaz kliahQu jd cepat slesai,,..

    thankz yach pak/bu guru…

    Posted by V-THR33 | Maret 4, 2009, 5:03 am
  5. ADUH INI MAH NGETIK ULANG DARI BUKU ESIS!

    Posted by indah | Maret 10, 2009, 8:36 am
  6. adduuuhhh leganya.. makasih ya.. aku jadi bisa ngerjain makalah tepat waktu

    Posted by fina | Maret 14, 2009, 4:17 am
  7. thanks pisan yaaaaa

    Posted by fina | Maret 14, 2009, 4:18 am
  8. cari materi yg lebih banyak y…………

    Posted by yoghiepratama | Maret 25, 2009, 6:11 am
  9. hatur nuhun pisan euy..^^..besok ulangan nee,mana gag punya buku.he2

    Posted by echi | Maret 30, 2009, 3:37 pm
  10. kurang jelas lho materinya

    Posted by QaQa_cuniLLL | April 1, 2009, 2:48 am
  11. sumber tulisan dari mana saja mas, kok tidak dicantumkan.Makasih

    Posted by aryo | April 3, 2009, 4:10 am
  12. thx yo mas…..trus hal yang menarik dari coelenterata itu apa ya mas…?jwab yach…

    Posted by Yonny_Cobain | April 6, 2009, 4:28 am
  13. MANTAP!…..mayan buat ngebantu ulangan biologi^^

    Posted by pinky | April 6, 2009, 10:33 am
  14. Thanks banged…

    Cause udah ngeringanin tugas biologiku…

    Hehehehe…. MAKASIH BANYAK!! ^_________^

    Posted by AZURA | April 10, 2009, 12:39 pm
  15. THANK YOU ………… for your helping, teacher ….

    Posted by dirman | April 12, 2009, 12:48 pm
  16. Wah..mksh data2’a.

    jdi siap bwt ulangan bsk!!!

    xiexie..

    Posted by Haruhi | April 16, 2009, 3:38 pm
  17. wiewwwwwww,,,,,,,,,,
    dasYAttt,,,,,,,,
    tHAnkkzzz

    Posted by AngelA | April 25, 2009, 3:19 am
  18. Sumbernya lumayan banyak mas…
    ada kopi paste, ada ketikan sendiri..
    dari buku-buku…tp intinya ini semua ringkasan pelajaran untuk membantu siswa dan teman teman…

    Posted by gurungeblog | April 28, 2009, 3:10 am
  19. wah, terima kaih sekali saya sedang mencari tentang “coelenterata”. dan di sini lengkap sekali,
    sekali lagi terima kasih….

    Posted by pelajar SMA | April 28, 2009, 8:56 am
  20. Makasih, coz udh ngebantu bwt tgas gwe……

    Posted by Hendra | April 29, 2009, 9:34 am
  21. Thx y 4 info…bntu bget bwt mkalah aq…:)

    Posted by tiwi | April 29, 2009, 11:03 am
  22. ampuunnnn dde….

    thanks a lot yyaa…

    akhirnya dapet juga bahan buat presentasi
    lengkap buangett…

    bu endang…

    kasih nilai bagus buat presentasiku yaaaa…

    uda oke nii bahannya…

    =)

    Posted by indah'pp' fabianski | Mei 2, 2009, 4:03 am
  23. tq yach q jdi mkiens ceneng nie biologi wk…wk…wk…. salam bwt pak sigit d smp sanjose denpasar klu kasi togas tuw jng byak2 ya pak ttd natalia 7e

    Posted by QuEnZzZ BeE | Agustus 26, 2009, 11:34 am
  24. tq yach q jdi mkiens ceneng nie biologi wk…wk…wk…. salam bwt pak sigit d smp sanjose denpasar klu kasi togas tuw jng byak2 ya pak……………………………….wka…………wka…………..wka…………

    Posted by QuEnZzZ BeE | Agustus 26, 2009, 11:35 am
  25. thanks ya mr… lengkaph bget info’na,

    Posted by lucy | September 13, 2009, 4:14 am
  26. trim ,,,info banyak yg kluar pd wktu ujian !!!

    Posted by lucy | September 13, 2009, 4:16 am
  27. goooooood….
    lengkap!!

    Posted by rizka | September 27, 2009, 1:05 pm
  28. Bahan/materi sprt ini,sgt pntng bagi saya..
    Krn telah mmbntu saya,tuk lbh mengenal phylum coelenterata.
    Dan,menambah pengetahuan..
    Tentunya bermanfaat bg kita sma..
    Trmksh bnyk..

    Posted by Pandu erlangga dewanto | Oktober 9, 2009, 11:38 am
  29. Mantabb!!!!! makasih tugas saya jadi selesai nihhh..

    Posted by Kanda | Oktober 23, 2009, 12:11 am
  30. Tlg di jelaskan tentang kelas pda coelenterata,sub kelas,family,genus n species

    Posted by Flora | November 1, 2009, 2:26 pm
  31. kga ngRti c cBner’a…hehehehe…

    Posted by feby | November 2, 2009, 2:33 pm
  32. masih ada yang kurang neh…..cara mengedarkan makanan gx jelas,,

    Posted by bita | November 4, 2009, 4:20 am
  33. terimakasih datanya y
    sudah sejak kapan merintis buat blog
    n apakah blog ini udah di ad sense
    mohon jawaban trims

    Posted by rendy | November 28, 2009, 12:18 pm
  34. bagus sekali tapi gambarnya kurang

    Posted by asnardin | November 30, 2009, 5:01 am
  35. kurang lengkap soalnya gambar dari kelas lain itu tidak ada.makasi

    Posted by asnardin | November 30, 2009, 5:02 am
  36. bagussssssss
    jadi ngerjain PR
    trimss

    Posted by yudiss | Desember 1, 2009, 1:28 pm
  37. kalau bisa taru dong dengan gambar struktur morfologinya

    Posted by asnardin | Desember 2, 2009, 12:38 pm
  38. thank bxk bwt blogx..
    maju trus…

    Posted by yandrist undana-kip biologi | Desember 5, 2009, 4:00 am
  39. MakaCuiH… Yo…

    Posted by Riyan Hidayat Tulloh | Januari 27, 2010, 4:03 am
  40. pusing euy… kurang buANyaK MaS PnJlaSan’y…
    TApi TeriMaKaSi…
    ManTAaaaaB….

    Posted by ade khaerul umam | Januari 28, 2010, 3:50 am
  41. MakACIh EUy…

    Posted by Riyan Hidayat Tulloh | Januari 28, 2010, 3:52 am
  42. Cihhuuyyy…….thanx yaw …..ini sangat-sangat membantu!!!!!^_^

    Posted by gabriella fritzie tan | Januari 28, 2010, 9:10 am
  43. biasa zha!!!!!!!!!!!!!!!!

    Posted by ananda | Februari 3, 2010, 12:15 pm
  44. thanks bgt ya…?/

    Posted by Amri | Februari 10, 2010, 2:30 am
  45. thanks y..

    Posted by indra wahyu | Februari 18, 2010, 1:43 am
  46. ini bukannya yang ada di buku kelas X SMA ya bu ?

    Posted by lacuz | Februari 21, 2010, 2:43 pm
  47. tq nee.. besog bwat presentasi.. ngebantu banget.

    Posted by Febry | Februari 23, 2010, 10:51 am
  48. kren… makasih banyak ia :D
    bnr2 membantu ^^

    Posted by ibam | Februari 27, 2010, 5:37 pm
  49. UDAH ADA SEPERTI NA DIBUKU ESIS TUK KELAS 1 SMA

    Posted by YEN | Maret 3, 2010, 2:39 pm
  50. Like This

    Posted by Jidat | Maret 3, 2010, 2:41 pm
  51. thank’s
    udah bisa bantuin tugas aq….

    Posted by nella | Maret 6, 2010, 9:24 am
  52. haha…berkat ini smuwa tugas biologi kku keLar dengan niLai baik… TiinQ BEGETE yaa

    Posted by yashinta | Maret 9, 2010, 8:17 am
  53. anda kurang lengkap membuatnya

    Posted by irma putri | Maret 16, 2010, 5:15 am
  54. Mtr nwun

    Posted by Ricky priyatmoko | Maret 17, 2010, 6:26 am
  55. bagus!

    bisa bantu biologi saya

    Posted by ruchii | Maret 17, 2010, 12:30 pm
  56. CONTOH DARI ANTHOZOA MANA?DAN FUNGSI?

    Posted by Ve | Maret 18, 2010, 8:37 am
  57. thank you very much!!!

    Posted by Lisa Choi | Maret 20, 2010, 4:32 am
  58. makasih banyak untuk materiny.
    sangat membantu saya.
    legany……

    Posted by Andraena | Maret 21, 2010, 1:09 pm
  59. thx…yah,dah bantu aku cari klasifikasi tentang coelonterata ini.
    cuma di sini yang paling lengkap ((ada gambarnya) banyak lagi.

    Posted by tian kireina | Maret 22, 2010, 8:29 am
  60. peranan yang gua cari mana …
    kagak ada sama sekali dah …

    yangg jelas dong ???

    Posted by divi debo lintar | Maret 25, 2010, 4:47 am
  61. mantab………… ahirnya tugasku selesai jga…. ha……ha…ha…. ! thank you

    Posted by eky | Maret 28, 2010, 4:46 am
  62. makasih dah buat yang ngeblog akhirnya tugas gua kelar hehehe

    Posted by yoga | Maret 29, 2010, 9:36 am
  63. kq g ada habitatnya??

    Posted by fikri | Maret 29, 2010, 10:38 am
  64. lngkap abis…
    presentasi bio d.kelas udah g mslh lagi…
    mkasih ya

    Posted by dhella | Maret 30, 2010, 2:40 am
  65. gambarnya dong bos. saya perlu daur hidupnya

    Posted by allan | Maret 30, 2010, 12:25 pm
  66. makasih berkat ini bsa copy,paste,edit…. makasih

    Posted by rany monica | Maret 31, 2010, 10:01 am
  67. gila benar-benar membantu bisa lulus deh gw ulangan >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
    thank`s ya buat semuanya>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

    Posted by ryan | April 3, 2010, 9:06 am
  68. thk Y atas tambahan ilmunya..keponakan saya bikin tugas jd mudah..!!

    Posted by efendi-batiek18@yahoo.com | April 4, 2010, 4:34 am
  69. thank. sangat membantu saya. lagi ada tgs nyari ini

    Posted by brenda | April 6, 2010, 1:30 pm
  70. wah,, tgas kuh bklan cpat clsey nap… !!
    hempts,,..

    Posted by icha cynk kmuh cllallo | April 12, 2010, 7:14 am
  71. mkci suda mringankan tugas saiia ^_^

    Posted by Nanadh | April 13, 2010, 8:49 am
  72. ThanK lHo…? inFo’a lEngKapP…

    Posted by jenita | April 17, 2010, 3:27 am
  73. Trmkasih bwt ilmunya, tapi tolong contohnya dilengkapi sama gambar masing2 contoh yang dimaksud…… Good job

    Posted by Masni | April 19, 2010, 1:42 am
  74. terima kasih ya…
    berkat adanya ini sy lebih muda ngerjain tgs biologi gue…

    Posted by Aldi | April 21, 2010, 12:52 pm
  75. kreeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeennnnn,,,,

    Posted by herfa.langit | April 26, 2010, 8:39 am
  76. makasih ya, ngebantu banget bwt ngrjain tugas :)

    Posted by puji | April 26, 2010, 10:42 am
  77. Sangat bgus dan sangat berguna…

    Posted by tegar | April 28, 2010, 11:33 am
  78. tolong muat juga artikel spesies dri cnidari hususnya symphilia

    Posted by intil juniarta | Mei 2, 2010, 6:18 pm
  79. keren” sekali buka udah details
    i like that
    tenggggggggs
    semoga kelompok ku bisa menerimanyy

    Posted by eka siregar | Mei 3, 2010, 1:38 pm
  80. thanks a lot……… :))

    Posted by nayla | Mei 4, 2010, 9:34 am
  81. Ada 3 Prinsip yang tidak di pahami oleh guru-guru dalam klasifikasi organisme, termasuk klasifikasi Coelenterata yaitu :
    1. Suatu alternatif klasfikasi yang di munculkan oleh taksonom mempunyai dasar/alasan yang sudah di setujui oleh para ahli
    2. klasifikasi bersifat dinamis berkembang terus sesuai dengan perkembangan IPTEK, sehingga klasifikasi yang kita jadikan rujukan harus Uptudate artinya di update terus sesuai dengan perkembangan. Dengan kata lain guru juga punya tanggung jawab memberikan klasifikasi yang uptudate
    3. klasifikasi bersifat aplikatif, artinya siapa pun bisa memunculkan alternatif klasifikasi, tapi harus di publikasikan dulu, atau kita semua juga dapat memunculkan taxon baru, misal species baru.

    Posted by edi junaedi | Mei 11, 2010, 8:40 am
  82. thank,,, smgt.

    Posted by fat | September 21, 2010, 9:56 am
  83. kurang jelas, karena tidak ada ciri – ciri coelenterta.

    Posted by rangga | November 10, 2010, 12:33 pm
  84. kurang jelas, karena tidak ada ciri – ciri Coelenterata

    Posted by rangga | November 10, 2010, 12:37 pm
  85. thanks banget yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa tas ilmu na lanjutkannnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn

    Posted by meliandani | Desember 20, 2010, 7:33 am
  86. mana sistem respirasi analidanya??????

    Posted by nario | Januari 29, 2011, 7:20 am
  87. thanks ya,,, tugas saya udah lengkap

    Posted by yoga fernando | Maret 1, 2011, 3:23 am
  88. thanks ya udah bantuin dalam blajar

    Posted by yoga fernando | Maret 1, 2011, 3:25 am
  89. terima kasih, sangat-sangat membantu tugas saya. CC:

    Posted by fichuL | Maret 17, 2011, 7:32 am
  90. Sipp,,,, artikelnya lengkap untuk tugas BIOLOGI!!!!!!!!!!

    Posted by Hary | Maret 21, 2011, 7:30 am
  91. Terima kasih tulisannya, perbanyak lagi materi yg lain

    Posted by akbar | Maret 22, 2011, 2:47 pm
  92. Tq buat artikel coelenterata, buat bahan belajar ulangan bsk nih :(
    Semoga bisa :D anw ditunggu penambahan materinya :D

    Posted by shikisashimi | Maret 27, 2011, 5:07 pm
  93. thanx ya info nya
    ^.^

    Posted by eryk rizla sidauruk | Maret 31, 2011, 1:37 pm
  94. teerimakasih atas ilmu prngrtahuannya … sebelumnya minta maaf….ini hanya saran.kalau bisa, di tambahin glosariumnya untuk istilah-istilah asing. misalnya 1. diplobastik,gastrosol etc. Agar yang awam pun lebih mengerti dan lebih tertarik dengan tulisan anda. mungkin kedepannya mereka kalau kuliah akan memilih biologi,karena tertarik dengan tulisan anda. sekali lagi saya mohon maaf, saya tidak ada maksud apa-apa. terima kasih.

    Posted by yadi | April 3, 2011, 2:17 pm
  95. keren banget guru. semua disajikan dengan lengkap, sangat berguna dan membantu :D
    lebih lengkap dari lks sama catetan saya looh hehehe

    Posted by Kenty Yuning Mentari | April 4, 2011, 2:35 pm
  96. hebat……… makasih tulisannya keren jadi bisa kerja tugas deh,,,,,,!!!!!!!!

    Posted by A. dwi | April 7, 2011, 11:12 am
  97. sangat menarik……………………………..

    Posted by rusdiyansyah | April 7, 2011, 2:38 pm
  98. thankz,.matUr nuhUn pisan..nie bwat bkal ku UN..esog hari..

    Posted by aniezt | April 17, 2011, 1:57 pm
  99. saya senang….. terimakasih banyak ya….

    Posted by ganti anisa | April 21, 2011, 7:50 am
  100. k’ yg lbh spesific dnk ttg prbdaan stktur tubuh antr scyphozoa n anthozoa

    Posted by kafie cetia | April 23, 2011, 1:17 pm
  101. menabjubkan,banyak membantu saya dalam pembuatan tugas.tapi,saya mau tanya:bagaimana anthozoa melindungi pantai dari abrasi??????

    Posted by nurhafizah | Mei 13, 2011, 9:40 am
  102. waah..akhirnyaaa!
    dapet materi animaliaaa..
    disave page nya, nyatet ulang biar apal..hihi
    guruku..i lov u.

    Posted by sarisilawin | Mei 29, 2011, 1:48 pm
  103. maaf…tapi kl boleh tau bernafasnya pk apaya

    Posted by budi | Agustus 2, 2011, 8:42 am
  104. Coelenterata tuh memiliki alat kelamin p ngk?
    tolong jelaskan ya…..

    Posted by Rizalosta Sembrono | Oktober 3, 2011, 5:02 pm
  105. wah..thanks atas infonya…..

    Posted by IkCha | Oktober 8, 2011, 3:10 am
  106. good to read….
    thanks

    Posted by David Siadari | Oktober 24, 2011, 3:40 pm
  107. terimaksih….pa guru tlong cantumin klasifikasi dari tiap spesiesnya ya

    Posted by Lia Sari | Oktober 29, 2011, 8:49 am
  108. Tulisanny akurat n ‘nggenah’…
    Makasih Bapak/Ibu Guru..
    Tinggal copas.. XD

    Posted by Theodora Natasha | November 1, 2011, 1:04 pm
  109. makasih uda bantu.

    Posted by Herwin | November 7, 2011, 11:59 am
  110. asyik…..
    tgs sya kuliah sya dpt jg ne….
    mksh y buat yg tlh membuat artikel ne n berbgi ilmu na…
    semga wawasan anda semkn luas lg…

    Posted by sri muliani | November 28, 2011, 5:10 am
  111. pusing cari materi sangat banyak………………………….

    hmmmmmm,,,,,,…?

    Posted by Rini indria darma | Februari 8, 2012, 7:14 am
  112. very good. sangat embantu bagi yang ingin belajar biologi

    Posted by lili | Februari 15, 2012, 1:29 am
  113. mukucuh yach…
    keren beudzz.. blog nyach.
    aQ cuka duech.. :)

    Posted by Chuby Cutezzz | Februari 22, 2012, 3:37 am
  114. makasih.
    (:

    banyak membantu, nih.
    gatau mau bilang apa, selain makasih.

    Posted by Laras Putri | Februari 26, 2012, 4:31 am
  115. Thanks article ini membantu saya :) makasih

    Posted by Deewinsha | Februari 28, 2012, 1:57 am
  116. sangat membantu tugas saya.. haha

    Posted by Bagas Denny B. | Maret 14, 2012, 12:35 pm
  117. aku ndagh menemukan jawaban yg q cari

    Posted by nhur | Maret 16, 2012, 1:29 pm
  118. Thx..Udah bantuu tugaaasss saya

    Posted by LESMERY sma N 1 KH | Maret 19, 2012, 12:26 pm
  119. Waah. . .ajib nieh inf0.nya

    Posted by Tin | Maret 20, 2012, 8:09 am
  120. bagus nipengetahuanya.. :D :D :D ^_^

    Posted by Dimas Nurbiansyah | Maret 20, 2012, 1:00 pm
  121. wah saya sangat suka dengan biologi ,kurasa ini lah yang di sebut dengan jatuh cinta dengan kekasihku biologi..
    I LOVE BIOLOGI

    Posted by FRASETYO | Maret 26, 2012, 7:15 am
  122. lumayan lah………….
    bisa buat nambahin referensi. hehe…………….

    Posted by fatimatuz zahroh | Maret 27, 2012, 2:12 pm
  123. Makasi ya?Untung aja dapat jawaban nya.. Ini sama kyk ppt yg ibu guru ku kasih tdi.. Jdi bsa belajar dri sini juga..
    krena bu nya gak mau ksi ppt nya.. maksi ya? :D

    Posted by Vero Nica | Maret 28, 2012, 2:02 pm
  124. MENGAPA COELENTERATA JGA DISEBUT KNIDARIA?

    Posted by ARIF | Maret 29, 2012, 9:02 am
  125. bagus seech tk sumber pelajaran…he he he

    Posted by rima annizha | Maret 31, 2012, 3:40 am
  126. sangat menarik

    Posted by budi | April 7, 2012, 2:49 pm
  127. thanx yah…
    jadi bisa ngerjain tugas biologiku nih……….

    Posted by white angel | April 8, 2012, 11:36 am
  128. thanks ia ka
    dah dibantu….. lengkap bgt

    Posted by Zachaarys | April 16, 2012, 7:51 am
  129. Thanks ya , Berkat ne Blog jadi bisa jawab pertanyaan guru di di sekolah

    Posted by Andy Thigant Bree Shilitongga | April 21, 2012, 3:53 am
  130. waaa gua harus belajar buat osn ipa waaa!! thanks udah mau bantuin-_-

    Posted by widy | April 26, 2012, 1:05 pm
  131. thanksssssssssssss bangat,…………………..

    Posted by manuel marques | Mei 27, 2012, 7:54 am
  132. Nice share! makasih :D

    Posted by Ryn | Juni 6, 2012, 4:38 pm
  133. makasih ya…,:)

    Posted by melly | September 14, 2012, 8:49 am
  134. mksh atas infonya y :)

    Posted by cahyo | November 4, 2012, 12:24 pm
  135. like this..
    thanks for this..

    Posted by Mimi | Januari 13, 2013, 11:45 am
  136. thanks you biar cepet nyelesain tugad ipa gue

    Posted by muti'ah | Maret 20, 2013, 11:16 pm
  137. thanks

    Posted by muti'ah | Maret 20, 2013, 11:22 pm
  138. ada gk ya coelenterata yang hidup di habitat ekstrim?

    Posted by Hilmi | April 5, 2013, 3:01 am
  139. Mkasihh yaa .. Sangat mmbantu buat bLajar !! :)

    Posted by Syahrie BarbiecLassNineF | April 21, 2013, 2:24 pm
  140. bAguSSS cEkaLii :D LenGkaP

    Posted by jefri | Mei 9, 2013, 6:16 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BLOG ini merupakan bentuk ungkapan TERIMA KASIH, seorang alumni/siswa ( I KETUT DIANA ADHI,S.KOM aka kuncunk, kepada bapak/ibu guru khususnya SMU 1 Melaya, Jembrana, Bali yang telah memberi berbagai ilmu selama saya belajar di sekolah tercinta..Jasa bapak / ibu guru tidak akan saya lupakan
Untuk materi, mohon maaf sebesar besarnya, karena basic saya yang cuma orang IT/ computer science, dan cuma bisa mengumpukan bahan dan materi ajar dan menyajikan dalam sebuah BLOG..
Saya merasa materi yang disajikan banyak kekurangannya, mudah mudahan saran dan kritik pengunjung bisa membuat blog ini berguna bagi pendidikan Indonesia..

Mudah mudahan blog ini bisa menjadi motivasi bagi pendidik untuk lebih bisa memanfatkan media IT demi kemajuan pendidikan Indonesia.

MAJU TERUS PENDIDIKAN INDONESIA

Kunjungi Paket Liburan ke Bali

Statistik

  • 7,663,963 hits
Education Sites Catalog
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 136 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: