//
you're reading...
Umum

Ciri-Ciri Makhluk Hidup


bernafas

Mengapa batu disebut makhluk tak hidup, sedangkan pohon disebut makhluk hidup? Ingatkah kamu bahwa hanya makhluk hidup yang mempunyai ciri-ciri hidup. Ciri-ciri hidup tersebut adalah bernapas, bergerak, makan, mengeluarkan zat sisa, tumbuh, berkembangbiak, peka terhadap rangsang dan beradaptasi.

Bernapas
Ciri utama makhluk dikatakan hidup yaitu bernapas. Ketika bernapas makhluk hidup menghirup oksigen (O2) dan menghembuskan karbon dioksida (CO2). Oksigen diperlukan untuk proses oksidasi zat makanan yang menghasilkan energi dan karbon dioksida. Energi berguna untuk menjalankan kegiatan hidup.

Reaksi oksidasinya sebagai berikut :
Zat makanan + oksigen —> energi + uap air + karbon dioksida.

Bergerak
Ada dua macam gerak yaitu gerak aktif dan gerak pasif. Gerak aktif adalah gerak berpindah tempat misalnya dengan kaki, sayap dan sirip. Gerak pasif misalnya ditunjukkan oleh tumbuhan. Tumbuhan tidak dapat berpindah tempat, tetapi menggerakkan sebagaian tubuhnya.

Contohnya gerak daun menguncup, gerak batang menghadap cahaya, gerak akar mendekati sumber air serta gerak mekarnya bunga.

Peka terhadap Rangsang
mimosa_pudica Makhluk hidup peka terhadap perubahan yang terjadi disekitarnya. Alat pengenal lingkungan pada manusia dan hewan berupa indra. Indra peka terhadap rangsang. Rangsang dapat berupa cahaya, bunyi, bau, rasa atau sentuhan. Dengan adanya indra yang peka terhadap rangsang-rangsang tersebut, manusia dan hewan mempunyai kemampuan melihat, mendengar, mencium, mengecap rasa dan menyentuh/meraba.

Tumbuhan tidak mempunyai alat indra, tetapi peka terhadap rangsang. Misalnya tumbuhan putri malu menguncupkan daunnya jika disentuh dan pertumbuhan batang kearah cahaya matahari.
Makan

makan

Makanan diperlukan oleh makhluk hidup sebagai sumber energi, untuk pertumbuhan dan mengganti sel-sel yang rusak. Tumbuhan hijau memperoleh makanan dengan memproduksi sendiri. Tumbuhan hijau sebagai produsen mengolah zat-zat anorganik menjadi zat organic melalui proses fotosintesis.
Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan oleh tumbuhan hijau dengan bantuan cahaya.

Tumbuhan tak berhijau daun, hewan dan manusia tidak dapat membuat makanan sendiri. Mereka memanfaatkan makanan dari hasil fotosintesis tumbuhan hijau dan sumber lain dari hewan dan alam.

Mengeluarkan Zat Sisa

bernafas

bernafas

Dalam proses penyerapan makanan, terbentuklah zat sisa yang merupakan zat yang tidak terserap oleh tubuh. Zat-zat itu disebut zat sisa oksidasi biologis, misalnya air dan karbon dioksida.Berdasarkan aktivitas tubuh dan hasilnya, pengeluaran zat-zat sisa dibedakan atas : Ekskresi, Respirasi, Defekasi.
Ekskresi, merupakan pengeluaran zat-zat sisa yang dilakukan oleh kulit dan ginjal. Kulit akan mengeluarkan zat sisa yang dinamakan keringat karena adanya kelenjar keringat di bawah kulit. Ginjal akan menyaring darah dan mengeluarkan zat sisa yang disebut urine.
Respirasi, merupakan pengeluaran CO2 sebagai zat sisa proses respirasi yang dikeluarkan melalui hidung.
Defekasi, merupakan pengeluaran zat sisa pencernaan makanan yang berupa tinja (feses) melalui anus.

Tumbuh
Makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan meliputi perubahan ukuran tubuh, yaitu luas, tinggi dan berat. Perkembangan adalah perubahan menjadi dewasa.

Berkembang Biak
Makhluk hidup berkembang biak untuk menghasilkan keturunan. Cara perkembangbiakan makhluk hidup berbeda-beda. Hewan berkembang biak antara lain dengan melahirkan, bertelur, bertelur-melahirkan, bertunas, fragmentasi atau membelah diri. Tumbuhan berkembang biak secara alami dan buatan.
Perkembangbiakan alami pada tumbuhan yaitu dengan biji (kawin) dan dengan tidak kawin, misalnya membelah diri, spora, tunas, umbi, geragih dan akar tinggal. Perkembangbikan tumbuhan secara buatan, misalnya stek, cangkok, runduk dan kultur jaringan.

Beradaptasi
Makhluk hidup mampu beradaptasi dengan lingkungan. Macam-macam adaptasi makhluk hidup adalah adaptasi morfologi, adaptasi tingkah laku, dan adaptasi fisiologi.
Adaptasi morfologi adalah penyesuaian terhadap lingkungan yang berhubungan dengan bentuk tubuh atau alat tubuh. Contoh pada katak dan itik terdapat selapu renang pada kakinya untuk berenang.
Adaptasi tingkah laku adalah penyesuaian terhadap lingkungan dalam bentuk tingkah laku. Contoh : hewan bermigrasi ke lain tempat yang banyak sumber makanan.
Adaptasi fisiologi adalah penyesuaian terhadap lingkungan dalam bentuk tingkah laku. Contoh : berkeringat saat cuaca panas.

Dari ciri-ciri tersebut diatas ada perbedaan ciri hidup yang dimiliki antara hewan/manusia dengan tumbuhan, anatara lain :

Hewan/Manusia
1.Bergerak : Melakukan gerak pindah tempat.
2.Cara memperoleh makanan: Tidak dapat membuat makanan sendiri (heterotrof) . Bahan yg dimakan berupa zat organik.
3.Pertumbuhan: Hanya sampai batas usia tertentu

Tumbuhan
1.Bergerak :Tidak dapat berpindah tempat sendiri.
2.Cara memperoleh makanan: Dapat membuat makanan sendiri (autotrof), Bahan yang diperlukan untuk membuat makanan berupa zat anorganik
3.Pertumbuhan : .Tumbuh terus menerus sampai mati.

Tentang iklan-iklan ini

Diskusi

164 thoughts on “Ciri-Ciri Makhluk Hidup

  1. wow..
    artikel nya sangat membantu untuk siswa kelas 9 SMP seperti saya..
    ditambah ringkasannya yang singkat..
    membuat saya tidak malas belajar

    Posted by uttari | November 21, 2008, 3:25 pm
  2. wah, kebetulan saya sedang cari artikel untuk tugas anak saya nih tentang ciri-ciri makhluk hidup khususnya tumbuhan hijau…. terimaksih ya…

    Posted by Yani | Desember 5, 2008, 12:55 pm
  3. Tanks bermanfaat banget artikelnya buat tugas

    Posted by Aristo Meidian | Desember 14, 2008, 4:20 am
  4. Bermanfaat banget artikelnya tanks banget

    Posted by Aristo Meidian | Desember 14, 2008, 4:20 am
  5. makasi yah…..
    kalo ga da ne artikel, saya ga tau besok masi idup ato enggak
    makasi,
    makasi,
    makasi,
    makasi,
    makasi,
    makasi,

    Posted by farizh | Januari 21, 2009, 1:46 pm
  6. kebetulan lagi nyari tugas jadi bermanfaat banget

    Posted by nadhira | Februari 26, 2009, 8:50 am
  7. Manthap!

    Posted by Jamaludin El Matar El Shimpay Al outrio | Maret 2, 2009, 1:29 pm
  8. makasih ya,tugas ku cepet kelar deh makasih bgt !!!!!!!!yuhuuuuuuuuuuuuuuuuu

    Posted by dwie smart. | Maret 4, 2009, 1:28 pm
  9. dengan adanya artikel ini saya lebih tau artiuntuk apa kita hidup.

    Posted by rehans | Maret 31, 2009, 3:32 am
  10. saya ucapkan terima kasih ya, dengan membaca artikel ini bisa memperkaya pengetahuan….poko’e sip dech semoga mandapat imbalan dari Allah amin…selamat berkarya oke!

    Posted by Hamdan | April 9, 2009, 12:22 pm
  11. makasih banget yaaaaa…..

    Posted by lutfi Anshori | Juni 5, 2009, 2:30 pm
  12. wah.., ketemu jga artikel tntang makkluk hidup

    Posted by nadya annisa | Agustus 27, 2009, 2:39 pm
  13. ya ampuuuun…
    siapapun yang buat…
    makasih bangeeeet~~~

    arigato
    xie-xie
    thank you
    makasih
    sankyuu
    apa lage tuuh…

    Posted by fei | September 15, 2009, 8:08 am
  14. baguss banget……
    tp klu bsa pke gmbr y….

    Posted by elly | Oktober 2, 2009, 10:26 am
  15. tHankS b9t y0wwww aRtiKel nyA…. tp cyng g’ lEngkap ikit b9ttttt

    Posted by chi chin | Oktober 9, 2009, 6:08 am
  16. wAw kErEn BuAnGeT CiE,gUA BSa tAu cIrI 2 MaKhLuK HiDuP
    geToE
    MMMMMAAAAKKKKAAAACCCCIIIIHHHH

    Posted by rusty | Oktober 20, 2009, 5:49 am
  17. thanks ea atas ilmu nya,gua bisa tau tentang ciri ciri makhluk hidup tugas dri guru q jga jdi slesai thanks ea,LUPH U FULL HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAAHAHHAHAHAHAHHHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA
    HIDUP MBAH SURIP

    Posted by WATIJAH | Oktober 20, 2009, 6:00 am
  18. artikel ciri ciri makhluk hidup ini sangat bagussss
    mkasih ya……….

    Posted by zyzy | Oktober 22, 2009, 4:39 am
  19. artikel nya MANTAP
    coyyyyyyyyyyyy……….

    Posted by zyzy | Oktober 22, 2009, 4:43 am
  20. thanks, very nice article

    Posted by yulia | Oktober 28, 2009, 2:52 am
  21. thanks banget ya dgn artikelnya
    tapi msh krng lho
    mhn di tmbhn lgi ok?

    Posted by clark ken | November 7, 2009, 6:11 am
  22. good job…….

    Posted by Ya' Ismail Ahbar | November 14, 2009, 3:14 am
  23. saya senang belajar ilmu biologi tapi ga cepat paham. apa resepnya?

    Posted by rifai | November 14, 2009, 9:30 pm
  24. great!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Posted by silent | November 15, 2009, 12:20 pm
  25. mkaci,,,
    akhir’y aQ ktemu artikel’y…
    biez’y gru’y ngeribetin

    Posted by Adinda | November 23, 2009, 2:03 pm
  26. ok, dech!
    thank’z ea????

    Posted by Novi Andina | November 30, 2009, 11:34 am
  27. makacih yau, udah nagasih contoh

    Posted by fadila rahma | Desember 2, 2009, 10:25 am
  28. trims datanya

    Posted by aa | Desember 3, 2009, 11:36 am
  29. makasi tapi kurang detail nie

    Posted by sarah | Desember 4, 2009, 3:40 am
  30. tapi makasi baget ,,,
    uda bantu aq
    trims
    trims

    Posted by sarah | Desember 4, 2009, 3:42 am
  31. artikelnya bagus,.. jadi bahan tulisan saya…
    terimakasih..

    Posted by lia | Desember 5, 2009, 5:00 am
  32. makasih buanget ya…
    atas artikelnya.
    masalahnya besok ada presentasi ne… thans jiddan ya…

    Posted by marsudi setiaatmadja | Desember 9, 2009, 10:35 am
  33. kebetulan lagi banyak tugas di kampus

    Posted by ipan | Desember 12, 2009, 12:08 pm
  34. mAtuRSuwUN inGKAng kuuaTAH ATAs baNTUANipun…

    Posted by frida.A | Desember 16, 2009, 5:42 am
  35. Bguz 3x

    Posted by Aldini fitri | Januari 19, 2010, 11:02 pm
  36. thanx bgt..bgt..
    artikel ini ngebantu ak bgt.. untuk nyelesaiin tugas dri bu guru

    Posted by Diandra | Februari 3, 2010, 7:24 am
  37. thankzzzz bgt yyyyyy.bwt artikel’a.artikel’a manttttttttttttttpppppppppppppp

    Posted by reza | Februari 8, 2010, 2:34 am
  38. Ini apa apaan? Tidak semua makhluk hidup dapat Ekskresi! Monera? Protista? dan Juga tidak peka pada rangsangnya! Itu semua hanya tentang TUMBUH-TUMBUHAN, HEWAN dan FUNGI!

    Posted by Funky Bunny | Februari 28, 2010, 6:54 am
  39. Bagus banget, kebetulan lagi mau ulangan IPA tentang ciri-ciri makhluk hidup. Ngehafalnya gampan karena dibuat ringkas.

    Posted by M. Ibrahim. Z | Maret 4, 2010, 7:45 am
  40. bagus banget blognya!
    khusus untuk saya yg mencari blog-blog tentang makhluk hidup!

    Posted by niluhlokikasadana | April 5, 2010, 2:22 am
  41. tank,,,,,,,,,,,,, tugas q slsai krna ini

    Posted by ratna | April 21, 2010, 6:45 am
  42. bagussbnget nih blog]

    Posted by ulin | Juli 26, 2010, 1:09 pm
  43. eehh,, pngen nanya dong,
    kalau ciri fisiologis selain bergerak, nutrisi, respirasi,reproduksi, tumbuh dan berkembang, adaptasi, eksresi, iritabilitas sama regulasi apa lagi…?????????????????????

    pliiisss, ksih tau donnng.,…
    tugas dari guru niiii

    Posted by nina | Juli 30, 2010, 9:02 am
  44. Pliiisssssss,,,, bls ke e-mail q dong…

    q butuh bgt jawabannya,,

    pliiisssssssssssssssssssssss !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    pr d’skolah niiii

    emai : nhacyute@ymail.com

    Posted by nina | Juli 31, 2010, 2:48 pm
  45. Artikelnya bagus……mudah dipahami.thank.

    Posted by retno | Agustus 24, 2010, 3:09 am
  46. artikelnya bagus banget ,,
    i like it ..

    Posted by muthia | Agustus 28, 2010, 12:11 pm
  47. makasih sekali….

    Posted by ritna dewi herlambang | September 20, 2010, 4:03 am
  48. seneng dech akhirnya artikel anakku bisa terselesaikan juga tx uuuuuuuuuuu

    Posted by Tuti | September 22, 2010, 9:09 am
  49. subhanallah,,,,,
    mksih ea….. Artikelnya bgus, bantu rin bgt bwt tgs kuliah cr materi biologi klz 9…
    thanx god….

    Posted by ririn_nadhi | September 24, 2010, 3:08 am
  50. wah kebetulan nih……pas ada tugas bikin laporan praktikum IPA…bisa untuk nambah2 nilai ne…..tq y….

    Posted by yuni | Oktober 5, 2010, 7:28 pm
  51. isi nya mendidik banget
    tank’s……….

    Posted by reka | Oktober 6, 2010, 6:41 am
  52. hmmmpp !!!
    assiiikkk …
    akku bisa ngerjain smua tugas eanx guru-guru kasiih ke akku ….
    trima kasih …..

    Posted by sonia adelia indriani | Oktober 21, 2010, 6:30 am
  53. iiaaa … bneeerr tuuhh kattaaa soniaa ….

    betul betul betull ……..

    makasssssssiiiihhhhhh …………..

    Posted by nida ayu andarini | Oktober 21, 2010, 6:32 am
  54. anak2 skrng kita harus belajar dan banyak membaca,nanti dapat mencapai cita2 kalian.

    Posted by rika | Oktober 23, 2010, 6:56 am
  55. wwwwwaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhh,,,,,,
    Dengan adanya ini saya jadi ggampang buat ngerjain PR…
    mkasih yya….

    Posted by Shidqy | Oktober 24, 2010, 12:32 pm
  56. makasih buanyakkkkkkkkkkkkkkkk
    atas informasinya

    Posted by puma reginka | Oktober 25, 2010, 12:33 pm
  57. alhamdulillah ..
    dngan ada’a artikel ini, sya bisa memahami dan bisa mengumpulkan tugas buat besok ..
    thank’s iia

    Posted by noviita | November 5, 2010, 2:25 pm
  58. makasih banyak atas informasi nya ya …….
    klo g ada ne pasti pengetahuan ku g kan bertambah
    thanks………..

    Posted by mulyani rahmah | November 8, 2010, 12:39 am
  59. wow….ini sangat membantu sekali tp bagian beradaptasi kurang lengkap

    Posted by caca imudz | November 8, 2010, 7:21 am
  60. sangat membantu,terus nulis ya

    Posted by dian shanti p | November 29, 2010, 9:29 am
  61. makasii bangett T______________________T

    Posted by monica | Januari 12, 2011, 10:11 am
  62. thx karena udah nge-post artikel ini,membantu saya mengerjakan tugas biologi saya,terima kasih ya :)

    Posted by Gracia | Februari 17, 2011, 3:36 pm
  63. thanks

    Posted by prida rikha | Maret 11, 2011, 8:48 am
  64. makasih atas artikelnya yaa, akhirnya ketemu juga artikel ttg jenis-jenis adaptasi… =D

    Posted by kyara | April 20, 2011, 10:50 am
  65. Terima kasih. Bagus dan lengkap.

    Posted by Putu Ayu Andriyani | Mei 1, 2011, 8:59 am
  66. Thankyou sangat membantu sekali ini :)

    Posted by mayno | Juli 17, 2011, 1:48 am
  67. arti bernapas dari artikel ini SALAH!
    ciri itu berarti semua yang terdapat pada makhluk hidup, tapi contoh dengan tumbuhan ia tidak menghirup O2 dan mengeluarkan CO2 tetapi sebaliknya..
    dan bagaimana dengan ragi? ia jamur (makhluk hidup) tapi selalu bekerja dalam ruang hampa udara sehingga iya tidak dapat dikatakan bernapas.
    jadi ciri makhluk hidup iyalah “respirasi” sebagai pengganti ciri makhluk hidup “bernapas” yang berarti suatu proses pengolahan zat yang terdapat di sekitarnya (saat irob / non-irob) untuk diolah menjadi energi..
    terima kasih:D mohon di rekap!

    Posted by Ria Octaviani | Juli 20, 2011, 9:25 am
  68. thanks ya,,,
    makasih bnyak dh pkoknya…………… :)))))

    Posted by Dufii | Juli 22, 2011, 8:00 am
  69. Thank’s You for you make an articels for me hope it can be usefull 0_0
    Good bless you 0_0

    Posted by icha | Agustus 7, 2011, 2:03 pm
  70. artikelnya bagus bgt ! 1000 jempol utk yg nge.share ini or pembuatnya..
    ..maacì bgt..

    Posted by Uut karisa dewi | Agustus 21, 2011, 12:45 pm
  71. wah thanks banget ya, bagus nih.. singkat padat dan jelas. lumayan buat bantuin tugas2 gua.. thanks yaa, keep posting gan!

    Posted by uripcutemmarharaki | September 14, 2011, 1:21 pm
  72. terimakasih., saya bisa lebih tenang mengerjakan soal ujiannya

    Posted by banguki28@yahoo.com | Oktober 3, 2011, 12:42 am
  73. Artikelnya sangat membantu. Trims.

    Posted by yanes pranata | Oktober 3, 2011, 12:19 pm
  74. Makasih artikelnya sangat membantu saya.

    Posted by ANA CHIYARATUL AMANAH, S. Pd. SD. | Oktober 8, 2011, 2:10 am
  75. thanks gan artikel nya…tpi dikit bget…plit lo

    Posted by ajangcubby | Oktober 10, 2011, 12:16 pm
  76. aku jadi lebih bnyk tw tentang ciri-ciri makhuk hidup …. thank you =D

    Posted by afiyatullatifah | Oktober 30, 2011, 2:13 pm
  77. saya anak SMP kelas 7 sedang belajar ini, ingin tau lebih banyak makanya saya cari disini. Arigato gozaimase……..

    Posted by Nisha SMPN 2 Bjm | Oktober 31, 2011, 8:24 am
  78. hMmmm…
    g0od _ g0od _ go0d

    bisa nambah bahan untuk penGumpuLan Tugas aku.
    thank’s ya…
    d tambahin Lgi ya…:)

    Posted by Lindrawati | November 2, 2011, 11:38 am
  79. thanks….thanks…and…thanks…

    Posted by GABY | November 2, 2011, 12:16 pm
  80. Artikelnya bagus dan lengakap dan dapat membantu sya dalam menghadapi ULUM

    Posted by Sar Purwaningrum | November 14, 2011, 12:04 pm
  81. Artikelnya bagus skli,..
    Good luck

    Posted by Lidia Gabriella | November 18, 2011, 1:33 am
  82. makasi………..tanpa makan q tak bisa hidup………..
    tugas q juga cepat kelar……….makan makan makan makan,,,,,,,,,,,,,,,,

    Posted by Mr Fauzi,UISB......... | November 22, 2011, 1:15 pm
  83. biasa aja mnrt gue :-P

    Posted by Siti Nurjannah | November 30, 2011, 2:44 am
  84. terimakasih

    Posted by tanto | Desember 5, 2011, 3:53 am
  85. ini sangat membantu saya mengerjakan tugas
    TERIMAKASI BANYAK

    Posted by adi | Desember 9, 2011, 1:21 am
  86. Bagus banget •°♡..τεŋgĸÿυ..♡°• :) yah.

    Posted by Rona ariska | Desember 11, 2011, 1:05 am
  87. kasih tau lebih jelas

    Posted by farazita | Desember 21, 2011, 3:47 am
  88. ma ksh ats artikelx n bxk memberi ilmu kpd z….

    Posted by Zem | Desember 30, 2011, 3:02 am
  89. Kenapa rangkaian ciri2 makhluk hidup itu panajang sekali ?

    Posted by Puja | Desember 30, 2011, 9:53 am
  90. Thank’s bnget yah,,,???
    Akhrnya, dgn ad’x ini saya bsa dngn mdah mncri tgas Biologi, aplagi sya sdh klas 9 SMP, jdi hrus sllu brsha agr tdk kewalahan untk UNAS. :)

    Posted by Dina | Januari 16, 2012, 9:10 pm
  91. Makasih gan

    Posted by Music Mancret | Januari 17, 2012, 3:40 am
  92. thank’s
    tugas jd terselesaikan :D

    Posted by Yum ;D | Januari 20, 2012, 6:25 am
  93. thanks banget, ngebantu banget untuk membuat tugas presentasi IPA kelas 7

    ringkas banget.. makin irit waktu untuk mengerjakan tugas, makin banyak waktu main :D hehe

    Posted by nerisa fedria | Januari 20, 2012, 9:31 am
  94. Makasih Nih Artikel Nya Bermanfaat Untuk Saya , Salam kenal Ya

    Posted by Devo Avidianto P | Januari 21, 2012, 7:34 am
  95. artikelnya baguss..
    tp kurrang lengkkap ..!!!
    mkasihh ya.. :)

    Posted by dinda nur rachma | Januari 31, 2012, 11:36 am
  96. terima kasih banget

    Posted by Fikri Dwi Arniawan | Februari 5, 2012, 11:01 am
  97. terima kasih ya atas artikelnya,bagus untuk kelas 7

    Posted by andial | Februari 9, 2012, 1:47 am
  98. akhir’a ketemu jga tugas ipa

    Posted by gherry gusman | Februari 11, 2012, 12:18 pm
  99. waww makasih,,ringkasan nya sinkat,padat dan mudah dimengerti :)

    Posted by iya angylwesz | Februari 15, 2012, 12:45 pm
  100. WOWWWWWWW
    FERRRRRYYYYYY GGGGOOOOODDDDDDD
    TERIMA KASIH ATAS INFORMASINYANYA

    Posted by IQBAL KERENZ CLALU | Februari 15, 2012, 1:24 pm
  101. Wow……..
    Bgs bgt:)

    Posted by DiniFitriRamadani | Februari 22, 2012, 12:09 pm
  102. Ringkasannya sangat baik dan sangat mudah d pahami

    Posted by Adi pro | Maret 1, 2012, 1:07 pm
  103. Thanks infonya bagus skali sbagai referensi

    Posted by Biologi SMP | Maret 4, 2012, 6:16 am
  104. trim’s banyak membantu

    Posted by dian chery | Maret 5, 2012, 8:56 am
  105. pengertiannya mana mas??, nanti dibuat yah biar jelas.

    Posted by faisal | Maret 7, 2012, 9:37 am
  106. thanks krna text di ats aku jdi bsa mngerjkan tgas ku dgn dah…….
    thanks

    Posted by junius nugrahari sahlan | Maret 15, 2012, 5:10 am
  107. Mantap, terima kasih atas informasinya…

    Posted by Hendra Yulisman | Maret 29, 2012, 2:55 am
  108. waw…………untung ada ,,,ihhh lebih gampang mencari di internet dari pada dibuku lebih pusing…makasih ya udah bantu mencari :)

    Posted by lovie zahra syafhira | Maret 31, 2012, 2:38 am
  109. waw…………lebih gampang mencari di internet ya dari pada dibuku pusinggggg………thanks ya…..udan bantu nyari :)

    Posted by lovie zahra syafhira | Maret 31, 2012, 2:41 am
  110. 25. Makasih bgtz ea…
    ngebntu bgtz…………….

    Posted by dinda | April 25, 2012, 4:10 am
  111. Ringkas dan Padat, I like… Terus Berkarya yah..! =D

    Posted by Hisyam Ahmad | April 29, 2012, 12:11 pm
  112. sangat membantu untuk membuat pr

    Posted by surya diki di bali | Mei 15, 2012, 2:10 am
  113. artikel nya sangat mendukung pembelajaran

    Posted by shabinbin | Mei 21, 2012, 2:11 am
  114. mantap…

    Posted by sera | Mei 21, 2012, 6:50 pm
  115. wahhh….. makasih bngt yah . untung ada artikel ini kebetulan aku lg nyari tentang ciri-ciri makhluk hidup..

    Posted by senny karenina | Juni 12, 2012, 12:50 pm
  116. saangat berguna…saangaat berguna…,terimakasih

    Posted by puan nahya alisa | Juli 12, 2012, 6:11 am
  117. bagus banget……………………

    Posted by supriyadi,S.Pd | Juli 18, 2012, 1:22 am
  118. Thanks and sudah saya share ke siswa2 di MIN, Mapel Sains ttg ciri-ciri makhluk hidup… Salam sukses…

    Posted by safrizal (@safrizal_za) | Juli 24, 2012, 4:44 am
  119. thanks so much 4 ur article….,,can help me to teach our student…

    Posted by R.kartika dewi -July 25,2011 | Juli 25, 2012, 2:21 am
  120. Sistem pada pernapasan manusia

    Posted by Ignasius Ferdianto | Juli 26, 2012, 7:11 am
  121. terimakasih untuk informasinya

    Posted by Kim Yuki | Juli 27, 2012, 11:36 am
  122. klo ciri-ciri ilmu sains apa ya?

    Posted by nanda | Juli 28, 2012, 9:05 am
  123. makasih yah dengan artikel ini saya lebih gampang menyelesaikan tugas-tugas

    Posted by anita fitryani | Agustus 5, 2012, 2:05 pm
  124. emang reproduksi gak termasuk ciri2 makhluk hidup ya????….

    Posted by mutia ramadhanti | Agustus 13, 2012, 2:18 am
  125. makasih ya ,, saya suka artikel nya dan tugas saya selesai .. :)

    Posted by rhyka chypluks | September 5, 2012, 9:42 am
  126. maksih buat informsihnya semoga aku dpat nilai yg bgus

    Posted by adhy | September 6, 2012, 9:49 am
  127. Terimakasih infonya. Kebetulan lagi banyak tugas tentang ini :D

    Posted by Zaidan Anka | September 6, 2012, 12:42 pm
  128. thanks

    Posted by Levina | September 11, 2012, 11:08 am
  129. wahh bagussss… ini pelajaran las 7 kann??? izin copy yahhhh

    Posted by Gisela Rilina Manengkey | September 13, 2012, 7:15 am
  130. Ringkasan Mudah Di Mengerti

    Posted by ghilman | September 16, 2012, 9:03 am
  131. Sangat membantu :)

    Posted by Kezy Clauia Dohona | September 19, 2012, 4:35 am
  132. terima kasih
    sangat bermanfaat

    Posted by iga | September 20, 2012, 11:47 am
  133. trimakasih infonya…..artikel ini sangat bermanfaat bagi saya…sekali lagi trima kasih..

    Posted by Rahmi Nafi Imama | September 21, 2012, 12:00 pm
  134. Thank’s yah …
    gue jd dpet isian untk homework gue ….

    thank’s yah thank’s ……

    Posted by jewel chuby | September 23, 2012, 6:54 am
  135. thank you:)* lagi ninggalin bekas luka yang sepi!!!!

    Posted by Guntur Danny Praditha | September 28, 2012, 1:04 am
  136. saya sangat berterima kasih karna tugas BIOLOGI saya sudah dapat terbantu

    Posted by michael felix | September 28, 2012, 8:40 am
  137. makasih…tugas jadi selesai…

    Posted by ridho | September 30, 2012, 1:12 pm
  138. makasi banyak untuk infox,

    Posted by emma rachma | Oktober 6, 2012, 5:07 am
  139. This article add the knowledge of the students hand out, thanks……

    Posted by ndari | Oktober 6, 2012, 10:28 am
  140. sangat bermanfaat… trimksh :)

    Posted by Hilma Mardiah | Oktober 7, 2012, 1:20 pm
  141. sangat bermanfaat… trimakasih :)

    Posted by Hilma Mardiah | Oktober 7, 2012, 1:21 pm
  142. trimakasi udah bantu aku ngerjain tugas BIOLAGI

    Posted by zuniar wahyu tryandana | Oktober 11, 2012, 12:46 am
  143. semua bisa lebih muda….:):D

    Posted by ruri anita lessy | Oktober 12, 2012, 1:43 am
  144. aku mau lihat gambar ciri makluk hidup

    Posted by calvin andos | Oktober 16, 2012, 3:09 pm
  145. saya adalah anak smp 30 negeri medan . kecamatan asam kumbang
    saya ada tugas mencari foto ciri makluk hidup hari kamis di kumpul
    bantu saya donk plizzzz
    terima kasih semua

    Posted by calvin andos | Oktober 16, 2012, 3:29 pm
  146. buat tugas kuliah jadi simpel, wkwkwk makasih

    Posted by ala | Oktober 18, 2012, 12:15 am
  147. thanxxx
    remember

    Posted by nada | Oktober 25, 2012, 8:07 am
  148. yaaaaaaaaaaaaaaaaaaa ALLAH
    arigato…………….
    xie xie
    thank you
    khamza hanida
    terima kasih
    ni sngt brgn bngt but tgs q

    Posted by divani | Oktober 26, 2012, 9:45 am
  149. makasi ,,, akhirnya tugas power point ku selesai,,,makaciii

    Posted by sha fa | Oktober 30, 2012, 11:32 am
  150. makasih bwt inform nya,klog ada,mungkin bsk saya dah di $ur64

    Posted by ardhanaaaa | November 26, 2012, 1:42 pm
  151. makasih pak guru yha ilmu nya,ijin copy paste

    Posted by yudha ardianto | Desember 10, 2012, 4:21 pm
  152. ijinin copy artikelnya dong! untuk pr biar tak di marahi guru berwajah ganas! :) B)

    Posted by I GD DJ Daniel Laksamana Murdayana | Februari 24, 2013, 4:08 am
  153. ini mah kelas 7 kan, kan aku kelas 7

    Posted by Josua | April 2, 2013, 9:32 am
  154. thanks,,……………

    Posted by putriwindasari_07 (@putriwindasari_) | April 3, 2013, 11:19 pm
  155. terimikasih ya :D
    Post nya mantap
    UP UP UP

    Posted by fajri | April 8, 2013, 12:35 pm
  156. Oooooowwwwwww Bagus Banget Singkat lg artikelnya [[319363454801819]]

    Posted by DEMON Wiliam | April 16, 2013, 1:35 pm
  157. makasih makasih

    Posted by sherly | Juni 7, 2013, 4:57 am
  158. Terimakasih atas artikelnya ^^ sangat membantu sekali! :D

    Posted by alifias1sifriliani | Juli 27, 2013, 11:58 am
  159. makasih atas artikelnya,dengan ini dpt menyelesaikan tugasku…

    Posted by dhian | Agustus 17, 2013, 11:22 am
  160. Tugas Biologi dari guru jadi uda selesai nich karena ada blog ini thankssss banget yaaaaa…….. :)

    Posted by Safina Rahayu Utami | Agustus 26, 2013, 1:28 pm
  161. untung ada artikel yang kaya begini, kalo gk ada entah gw masih idup atau enggak tuh ( dimarahin ) :D

    Posted by Muhammad Yusuf Alfarizki | Agustus 29, 2013, 2:59 pm
  162. Thanks you

    Posted by Evanta | September 1, 2013, 1:35 pm
  163. makasih yah,,artikel ini sangat membantu.. tapi daftar pustaka dari artikel ini apa yah??

    Posted by kurniawati | September 11, 2013, 12:42 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BLOG ini merupakan bentuk ungkapan TERIMA KASIH, seorang alumni/siswa ( I KETUT DIANA ADHI,S.KOM aka kuncunk, kepada bapak/ibu guru khususnya SMU 1 Melaya, Jembrana, Bali yang telah memberi berbagai ilmu selama saya belajar di sekolah tercinta..Jasa bapak / ibu guru tidak akan saya lupakan
Untuk materi, mohon maaf sebesar besarnya, karena basic saya yang cuma orang IT/ computer science, dan cuma bisa mengumpukan bahan dan materi ajar dan menyajikan dalam sebuah BLOG..
Saya merasa materi yang disajikan banyak kekurangannya, mudah mudahan saran dan kritik pengunjung bisa membuat blog ini berguna bagi pendidikan Indonesia..

Mudah mudahan blog ini bisa menjadi motivasi bagi pendidik untuk lebih bisa memanfatkan media IT demi kemajuan pendidikan Indonesia.

MAJU TERUS PENDIDIKAN INDONESIA

Kunjungi Paket Liburan ke Bali

Statistik

  • 7,870,523 hits
Education Sites Catalog
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 138 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: