//
you're reading...
Sistem Koordinasi dan Indera

Sistem Koordinasi dan Alat Indera Manusia.


Sistem Saraf
Sistem saraf merupakan sistem koordinasi (pengaturan tubuh) berupa penghantaran impul saraf ke susunan saraf pusat, pemrosesan impul saraf dan perintah untuk memberi tanggapan rangsangan.
Unit terkecil pelaksanaan kerja sistem saraf adalah sel saraf atau neuron

Cara Kerja Sitem Saraf
Pada sistem saraf ada bagian-bagian yang disebut :
a. Reseptor : alat untuk menerima rangsang biasanya berupa alat indra
b. Efektor : alat untuk menanggapi rangsang berupa otot dan kelenjar
c. Sel Saraf Sensoris : serabut saraf yang membawa rangsang ke otak
d. Sel saraf Motorik : serabut saraf yang membawa rangsang dari otak
e. Sel Saraf Konektor : sel saraf motorik atau sel saraf satu dengan sel saraf lain.

Skema terjadinya gerak sadar
Rangsang -reseptor – sel saraf sensorik – otak-sel saraf motorik-efektor- tanggapan

-Sistem Hormon
Hormon merupakan salah satu sistem koordinasi di dalam tubuh dengan menggunakan cairan yang diedarkan oleh pembuluh darah. Dengan menggunakan hormon rangsang lebih lambat diberi tanggapan. Satu kelebihan koordinasi menggunakan hormon yaitu dengan sedikit saja hormon mampu mempengaruhi organ-organ yang menjadi sasarnnya.
-Hipofisa (Pituitary)
Kelenjar ini merupakan kelenjar yang paling banyak menghasilkan jenis-jenis hormon.
Letaknya di otak
Macam hormon yang dihasilkan :
1) Somatotropin: berfungsi mempercepat pertumbuhan
2) Prolaktin : berfungsi mengantar kegiatan kelenjar susu
3) Tireotropin: mempengaruhi aktivitas kelenjar tiroid
4) Adnecorticotropin : mempengaruhi aktivitas kelenjar anak ginjal bagian kortek
5) Gonadotropin: mempengaruhi aktivitas ovarium atau testis
6) Vasopresin: mengatur penyempitan pembuluh darah
7) Oksitosin : mengatur kontraksi otot uterus pada saat melahirkan.
– Kelenjar gondok (kelenjar tiroid)
Hormon yang dihasilkan yaitu tiroksin dan berfungsi mengatur pertumbuhan dan metabolisme. Letak kelenjar di sekitar jakun.
– Kelenjar anak gondok (kelenjar paratiroid)
Terletak di dekat kelenjar gondok. Hormon yang dihasilkan yaitu parathormon dengan fungsi mempertahankan kadar kalsium dan fosfor dalam darah.
– Kelenjar anak ginjal (kelenjar adrenal)
Terletak menempel pada bagian atas ginjal. Bagian kulit menghasilkan kortison yang berfungsi mengatur metabolisme dan mengatur keseimbangan air dan garam.

Sedang bagian sumsum (medulla) menghasilan adrenalin (epinefrin) yang berfungsi mempengaruhi denyut jantung, mengatur otot-otot kandung kencing juga mengatur kadar gula darah dengan cara mengubah glikogen menjadi glukosa.

- Kelenjar Pankreas
Kelenjar pankreas bagian pulau-pulau Langerhans menghasilkan hormon insulin. Fungsi hormon ini mengatur kadar gula darah dengan cara mengubah glukosa menjadi glikogen.

- Kelenjar kelamin
Pada laki-laki
Terletak dibagian testis. Hormon yang dihasilkan yang terpenting yaitu testosteron yang berfungsi mempertahankan proses pembentukan sperma dan menumbuhkan cirri-ciri kelainan sekunder
Pada wanita
Terletak pada ovarium. Hormon yang dihasilkan :
1) Estrogen, untuk mempertahankan pembentukan ovum dan cirri-ciri kelainan sekunder
2) Progesteron, mengatur pembentukan plasenta dan produksi air susu.

Indera Manusia

Indera berperan sebagai reseptor, yaitu bagian tubuh yang berfungsi sebagai penerima rangsangan. Ada lima macam indera yaitu :
• Mata, sebagai penerima rangsang cahaya (fotoreseptor)
• Telinga, sebagai penerima rangsang getaran bunyi (fonoreseptor) dan tempat beradanya indera keseimbangan 9statoreseptor)
• Hidung, sebagai penerima rangsang bau berupa gas (kemoreseptor)
• Lidah, sebagai penerima rangsang zat yang terlarut (kemoreseptor)
• Kulit, sebagai penerima rangsang sentuhan (tangoreseptor)

Tiap indera akan berfungsi dengan sempurna apabila :
1. Indera tersebut secara anatomi tidak ada kelainan
2. Bagian untuk penerima rangsang bekerja dengan baik
3. Saraf-saraf yang membawa rangsang dari dan ke otak bekerja dengan baik
4. Pusat pengolahan rangsang di otak bekerja dengan baik.

Mata
– Letak mata didalam rongga mata yang dilapisi/beralaskan lapisan lemak
– Mata merupakan penglihatan untuk menerima rangsang cahaya
– Bagian mata yang peka terhadap cahaya adalah bagian bintik kuning yang terdapat pada lapisan retina.
– Kita dapat melihat benda setelah rangsang cahaya diterima retina tepat pada bintik kuning, kemudian rangsangan diteruskan oleh urat saraf otak ke pusat penglihatan di otak
-
Telinga
– Telinga adalah tempat beradanya indera pendengaran yang memiliki saraf pendengaran
– Telinga terbagi menjadi tiga bagian yaitu telinga luar, telinga tengah dan telinga dalam.
– Pada bagian rumah siput tersebut terdapat ujung saraf yang berhubungan dengan pusat pendengaran
– Didalam telinga juga terdapat alat keseimbangan yang terletak pada tiga saluran setengah lingkaran.
-
Kulit
– kulit berfungsi sebagai indera perasa dan peraba
– kulit peka terhadap rangsang yang berupa panas, dingin, tekanan, sentuhan dan sakit/nyeri

Lidah
– Lidah berfungsi sebagai indera pengecap
– Indera pengecap tersebut terletak pada bagian permukaan atas terbagi menjadi beberapa daerah yang peka terhadap rasa yang berbeda-beda (manis, pahit, asin dan masam)
– Permukaan lidah juga dapat merasakan panas, dingin, kasar, halus dan nyeri.
-
-Hidung
– Hidung berfungsi sebagai indera pembau
– Ujung-ujung saraf pembau terletak pada selaput lender rongga hidung bagian atas, kerang hidung atas dan permukaan atas kerang hidung yang tengah.
– Pada ujungs araf pembau terdapat selaput lender yang berfungsi sebagai pelembab
– Bau yang busuk pada rongga hidung waktu kita menarik napas ditangkap oleh ujung saraf kemudian dibawa ke pusat pembau di otak sehingga kita dapat menerima rangsang bau.

Kelainan dan Penyakit Indera

➔ Miopi atau rabun jauh
Yaitu kelainan pada mata dimana bayangan yang dibentuk oleh lensa jatuh didepan retina. Kelainan ini terjadi karena lensa mata terlalu cembung atau garis tengash mata panjang. Kelainan ini dapat ditolong dengan menggunakan lensa negatif
➔ Hypermetropi atau rabun dekat
Yaitu kelainan mata dimana bayangan yang dibentuk oleh lensa jatuh dibelakang retina. Kelainan ini terjadi karena lensa mata terlalu pipih atau garis tengah mata pendek. Kelainan ini dapat ditolong dengan menggunakan lensa positif.

➔ Presbiopi
Yaitu kelainan pada mata karena tidak elastisnya lensa mata untuk berakomodasi. Penderita kelainan ini biasanya menggunakan lensa ganda yaitu lensa positif dan lensa negative.
➔ Rabun Senja
Kelainan pada mata karena defisiensi vitamin A. Akibatnya penderita kesulitan melihat benda saat terjadi perubahan dari terang ke gelap atau saat senja
➔ Katarak
Yaitu mengaburnya lensa mata, yang dapat disebabkan oleh kekurangan vitamin B atau juga factor usia.

About these ads

Diskusi

150 thoughts on “Sistem Koordinasi dan Alat Indera Manusia.

  1. Wah jadi inget pelajaran Biologi. Trims infonya….

    Posted by mamas86 | November 4, 2008, 2:34 am
  2. Jadi berasa muda lagi….
    – emangnya sekarang udah tua ??? -

    Posted by aldohas | November 4, 2008, 7:39 am
  3. Tua Masalah Perasaan saja

    Posted by gurungeblog | November 4, 2008, 7:57 am
  4. coba di lampirkan kelainan pada semua alat indra jangan hanya pada alat indra mata

    Posted by jepang | November 17, 2008, 6:54 am
  5. keren bgt informasinya……….
    jd enak belajar biologi………..

    Posted by sukma | Desember 29, 2008, 12:25 pm
  6. bisa minta tlg ksh materi yang lebih lengkap tentang kalenjar adrenal?

    klo bisa secepatnya y…mksh…

    Posted by ully | Januari 22, 2009, 8:34 am
  7. kenapa jd kangen yyyyy….
    padahal guruku gualak bangt….

    Posted by RAGIL AR | Februari 9, 2009, 2:59 am
  8. Mantap dah krn menambah pengetahuan pembaca…but q mo nanya soal klainan pd mata..untuk miopi & hypermetropi merupakan klainan bawaan y? Klo iya brarti gak ada alternatif pengobatan lain selain operasi (sayatan untuk hilangkn lapisan yg menebal di sekitar retina )…mohon pnjelasan…apakah ada alternatif pncegahan agar mines / plus ny bisa brkurang atau tidak brtambah?
    Terima kasih sebelumnya… Oya salam manis jg tuk smua pengunjung blog.

    Posted by Vich | Februari 9, 2009, 11:32 am
  9. menurut saya sih tidak, kelainan mata ini tidak diturunkan, tetapi dapat disebabkan karena kebiasaan yang salah.

    Posted by gurungeblog | Februari 10, 2009, 3:05 am
  10. Ga twu jga….

    Q bkn DOKTER !!!!

    Posted by Wulan | Februari 20, 2009, 10:51 pm
  11. Terima kasih atas power point nya, semoga kebaikan anda mendapat balasan yang berlipat dari Tuhan, aamiin. Mohon ijin untuk menggunakannya dalam pembelajaran bersama anak didik saya, terima kasih.

    Posted by MIFTAHUL HUDA | Februari 26, 2009, 3:47 am
  12. makacih bgt wad info’na

    Posted by fety | April 8, 2009, 5:29 pm
  13. siap!! nambah refferensi lumayanla~ ^^

    Posted by enjangg | April 9, 2009, 3:11 pm
  14. tolong donk…

    sedikit lebih lengkap masalh pembahsan fisiologi sistem saraf pusatnya?

    alna butuuh banget langkah cepat menguasai fisiologi about sistem saraf pusat n perifer.
    tapi thanks uda memberi sedikit banyak about that..

    thanks u a lot of

    Posted by raisa | April 18, 2009, 2:11 pm
  15. huuuuuuu….
    kurang detail
    aQ butuh info lebih lagi
    tp yg ni dah bgus c
    trims

    Posted by phee | Mei 7, 2009, 6:56 am
  16. referensi yang ada kurang lengkap

    Posted by Nesscera | Mei 17, 2009, 8:56 am
  17. Terima kasih artikelnya,
    mohon artikel yang berkaitan dengan syaraf/kelainan jiwa,
    Thanks.

    Posted by abd muis djufri | Juli 16, 2009, 2:39 am
  18. kok kelenjar thymus nya gak ada

    Posted by ardath | Agustus 25, 2009, 6:40 am
  19. wau mksh bbbbbbbbbbbuuuuuuuuuuuaaaaaaaaaannnnnnnnnnnggggggggggeeeeeeeeeeeeeeeetttttttt yaw

    Posted by rega | Agustus 28, 2009, 11:47 am
  20. thanks ya atas penjelasannya….

    Posted by asty | September 1, 2009, 5:28 am
  21. EMMMMMMMMMMMMMMMM……………
    EMANG KURANG LENGKAP YA….
    KURANG PANJANG ARTIKELNYA AQ BUTUH ARTIKEL YANG LEBIH PANJANG LAGI………

    Posted by ADHIT | September 1, 2009, 1:22 pm
  22. harusnyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa deatilnya di perbanyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaak dan diperjelas lebih lengkap.

    Posted by m.fadhil | September 4, 2009, 12:32 pm
  23. makisih y!!!!!!!!

    Posted by john | September 9, 2009, 5:49 am
  24. wahh. . . .
    Bguzz infrmasi’a lengkp tp msh b yg krg

    Posted by septia | September 10, 2009, 1:19 pm
  25. wahh. . . .
    Bguzz infrmasi’a lengkp tp msh ada yg krg

    Posted by septia | September 10, 2009, 1:20 pm
  26. gambar yg di samping sistem koordinasi manusi itu peta konsep apa bukan??

    Posted by arin | September 17, 2009, 7:01 am
  27. kurang lengkap infonyA……

    Posted by MitAmdhan | Oktober 1, 2009, 8:40 am
  28. WAH MAKACIH YOW ATAS INFORMASINYA.ENTAH APA JADINYA AQ TANPA INFORMASI INI,MUNGKIN BESOK Q DAH DIHUKUM MA BU GURU

    Posted by KIA | Oktober 1, 2009, 11:32 am
  29. mksh y

    Posted by anna | Oktober 7, 2009, 10:33 am
  30. plajaran nya sangat baex wat aku..

    Posted by isti n rie | Oktober 14, 2009, 9:45 am
  31. kurang lengkap tapi udah gooooooooooood banget thanks

    Posted by noor | Oktober 18, 2009, 7:27 am
  32. Oke, yg pertama Thanks buad yg nyusun laporan ini…
    karna loe udah ngebantu banget tegas gue….
    Yg ke dua, Menrut gue… lengkap baget deh sama apa yg gue cari….

    Posted by Saskia | Oktober 18, 2009, 9:35 am
  33. Data yg kamu masukan sdh bgus tp ada yg blm lengkap
    yaitu tentang kelainan dan penyakit yg menyerang alat indra
    kenapa hanya mata yg di masukan… sedangkan yg lainya
    masih banyak…… sorry…

    Posted by Ipan | Oktober 18, 2009, 12:06 pm
  34. kok g dikasihin pengertian alat inderanya sih ???

    Posted by ai | Oktober 22, 2009, 7:40 am
  35. bwt materi x sich udh lengkap s’mua,, tp gmbr x d’ tambain donk!! TQ

    Posted by dezhye | Oktober 28, 2009, 11:24 am
  36. kurang lengkap tuh bagian kelainan pada alat indra…masa cuma kelainan pada mata doank..yg laen enggak..!

    Posted by elsha | Oktober 31, 2009, 7:58 am
  37. makasih ya? buat semuanya……. ”sekarang tugas aku dah seesai deh!!!!

    Posted by ifazz cklinov | November 1, 2009, 6:32 am
  38. Bwat materi d skul che..dah lengkap,,tpi gambarnya dikit bgd..??? TQ

    Posted by radinadw | November 1, 2009, 8:16 am
  39. penyKT Pd HIDUNG?

    Posted by rara | November 5, 2009, 9:57 am
  40. Thanks u Tulisannya

    Posted by ari gunawan | November 7, 2009, 9:27 am
  41. koq gangguan nya cma dkit , tambh lge donk?

    Posted by ikki | November 8, 2009, 9:21 am
  42. appa sich yang di maksud neuron ittu…………….???????????????

    Posted by anie | November 9, 2009, 7:51 am
  43. wah…wah….tolong dong tambahin..penyakit-penyakit yg menyerang indera peraba….

    Posted by enizz | November 11, 2009, 8:51 am
  44. the best study for me….

    SMA N.6 Tanjungpinang

    Posted by Erna Susanti | November 15, 2009, 1:15 pm
  45. tolong tampilkan peta konsep reseptor dan respirasi donk

    Posted by suharni | November 16, 2009, 2:49 am
  46. Tq iiah …
    sya jd gampang ngerjain tugas dr skola neech …
    ^^~
    skaliy lg Tq bgt iiah ….
    thanks for your information .. ^^

    hehehe … so bhs inggris gw … ^^~

    Posted by [N]etherDrake | November 17, 2009, 8:11 am
  47. aku di suruh sma guru buat bikin kliping yang berjudul sistem koordinasi , apkah ada yang mau bantu akuu ? ,

    Posted by nisa | November 22, 2009, 6:07 am
  48. wah…seru bangetz belajar biologi,apalagi cita2 gue jd ilmuwan. jangan males2 bwt belajar biologi lho yach!!!!!!!!!!!!!situs ini dapat memebantu kt utk menemukan wawasan baru tentg dunia biologi

    Posted by angGeonD' | November 30, 2009, 12:05 pm
  49. bisa minta tlg keterangan kulit lebih lengkap

    Posted by hhh | Desember 2, 2009, 7:47 am
  50. Aq jd mudah ngerjain PR…

    Posted by Anton | Desember 5, 2009, 4:37 am
  51. duchh.. mo ulangan, kiraeen guu ada gambar’a, ternyata cma pengertian’a doanqq, susah twuu ‘gpalin’a ….

    Posted by clarisa | Desember 13, 2009, 11:33 pm
  52. aslkm…….
    bisa gag ya??????????? info tentang alat indranya lebih lengkap…..

    Posted by yanti | Januari 28, 2010, 10:09 am
  53. Wahh ,,,
    Baguss yh Beritaany ..
    Bzaa Bt TugaZz niHg ..

    Posted by DiNni | Maret 7, 2010, 7:30 am
  54. APAKAH SISITEM KOORDINASI SAMA DENGAN SISTEM SARAF?

    Posted by IMA | Maret 14, 2010, 11:18 am
  55. mantab bro….
    nie cukup lengkap

    Posted by mohammad arfianto | April 4, 2010, 11:25 am
  56. thx ya buat artikelnya…… perbanyak blog yg bermanfaat sprty ini lagy y sir………

    Posted by riyan xi ipa 3 dwisma | April 12, 2010, 4:18 am
  57. Mohon ijin, download, ya…….
    Trims..

    Posted by Etty | April 28, 2010, 4:25 am
  58. gambar dilengkapi per topik… tambah keren.. tanks bgt.

    Posted by randy | April 29, 2010, 2:09 am
  59. laporannya sudah bagus, tapi sayangnya kurang banyak……!!

    Posted by abdul celeng | Mei 3, 2010, 11:47 am
  60. ManntuuBbb BaNgEt Wad GuE Yg MaO PreSenTaSe NaNtI..

    BiAsa KeRjaanNya AnAk IpA CoY..

    Posted by Aditya T.F | Mei 8, 2010, 2:15 am
  61. MATERIX YANG LENGKAP DONK………………….

    Posted by LEA | Mei 11, 2010, 8:41 am
  62. wah thanks bgt ya,,,, h_n

    Posted by fikri | Mei 17, 2010, 11:03 pm
  63. ko jenis kelainan alat indera yg dijelaskan hax u/ indera mata aja pdhal msh bxk alat indera yang lain bukan……… sory………

    Posted by yuliana | Mei 29, 2010, 6:24 am
  64. ga jelas banget dan kurang lengkap

    Posted by gecha | Juni 15, 2010, 2:01 am
  65. numpang coppas ya, thx

    Posted by anna | Juni 30, 2010, 7:47 am
  66. nice blog

    Posted by agus_wazza_10 | Juli 18, 2010, 12:11 pm
  67. wahhh jd lbih tau nii…..
    thx ya infonya

    Posted by reanna | Juli 20, 2010, 6:59 am
  68. Kenapa dsni g ad klainan pda alat indra msnia,yg ad cuma mata aj

    Posted by Eka Ardi nax bl | Agustus 19, 2010, 4:43 am
  69. ad g yang husu bwat pnyakit sistem koordinasi???

    Posted by tami | Agustus 24, 2010, 10:38 am
  70. ad g yang khusus bwat pnyakit sistem koordinasi???

    Posted by tami | Agustus 24, 2010, 10:39 am
  71. lenkapin lagi donggggg !!!

    Posted by padil | Agustus 30, 2010, 9:36 am
  72. thanks yaa bwt artikel.a
    lengkap abizzzzzzzzz

    Posted by litwina | Agustus 31, 2010, 8:11 am
  73. seru …. ung but jd lbth baik gi tuk k depan nya

    Posted by fitri | September 24, 2010, 3:12 am
  74. sipp..mkasih..
    klo bisa tolong cantumkan penyakit sistem koordinasi/sistem saraf yaa…
    mkasih

    Posted by aaam | September 26, 2010, 5:14 am
  75. thanx y buat informasinya,jd inget wktu dimarahin guru ipa. . . . . .

    Posted by ayu imoetz | September 28, 2010, 7:45 am
  76. kurang jelasssss………info’a :-(

    Posted by andi | Oktober 2, 2010, 7:35 am
  77. salam sukses buat pak guru, semangat-semangat. terus memberi pencerahan buat anak bangsa yang sedang terpuruk dalam kelamnya nafsu angkara.

    Posted by Ojrat Mugiyono | Oktober 5, 2010, 5:34 am
  78. hormatku padamu guru

    Posted by Ojrat Mugiyono | Oktober 5, 2010, 5:37 am
  79. cccccccccaaaaaaaaaacccccccccaaaaaaaaaaddddddddd

    Posted by febrian | Oktober 9, 2010, 8:07 am
  80. CCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCC
    UUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPP
    UUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU
    !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Posted by orang gila baru | Oktober 9, 2010, 8:09 am
  81. minta Ijin buat ambil artikel ya pak..makasih banyak buat Infonya..jd saya bisa belajar dr bapak.

    Posted by lena | Oktober 9, 2010, 6:28 pm
  82. makasih ya bisa mbantu untuk ngajar di kelas

    Posted by anik | Oktober 11, 2010, 12:50 am
  83. wach bkal da mit, nie pasti berguna tnx :)

    Posted by Durrotul Humairoh | Oktober 11, 2010, 7:06 am
  84. lailaaahhhh kurang lengkap kali tuhhhh :p

    Posted by audrey | Oktober 12, 2010, 5:52 am
  85. INI ADALAH BAGIAN MANUSIA YANG DIBUAT UNTUK MANUSIA INI BAGUS UNTUK KEMJUAN SEBUAH NGARA

    Posted by ZULFIQAR | Oktober 12, 2010, 7:20 am
  86. Thank buad artikel niech…………… Coz, Qu banyag thugaz thentang bhab nech, so…………bizha chepad ngebandtuind nyelesaikan thugaz Qu……………………………….

    Posted by Nie_Lha | Oktober 12, 2010, 8:05 am
  87. gambar alat indera manusianya mana?

    Posted by nur aziza | Oktober 31, 2010, 7:40 pm
  88. penjelasannya sih menarik tapi gambar kurang jelas jadi kita nggak terl;alu memahami

    Posted by r4d1t | November 12, 2010, 11:10 pm
  89. hebat.

    Posted by alexandro ari | November 15, 2010, 5:29 am
  90. materinya bisa di tambah

    Posted by rafles | November 17, 2010, 10:02 am
  91. aneh!!!!!!!!
    gje!!!!!!
    ms ak tny a jwb na z………!!!!!!!!!???????
    kurang lengkap jg bagian indera na karena hrs ada penjelasan yg bgs!!!!!!!!
    >.<

    Posted by rara | November 28, 2010, 7:23 am
  92. wach,,,,jdi bSa tmBAh pgThuAn bRu nh

    Posted by fitri | Desember 9, 2010, 9:02 am
  93. saya jdi ingat pembelajaran biologi.saya jd smakin twu pha itu sisten koordinasi tmk ea udah bnyak bantuu

    Posted by alifia zein | Januari 24, 2011, 1:51 pm
  94. harus di perbanyak dan di perlengkap

    Posted by rio | Maret 11, 2011, 3:23 pm
  95. keren, tapi kurang panjang

    Posted by cicit | Maret 18, 2011, 4:50 am
  96. kalo ad materi mengenai cara kerja sistem saraf,,dtmbahkan sceptny ya..
    thx

    Posted by rizky XI ipa 1 dcutra | April 14, 2011, 10:10 am
  97. thx buat artikelnya.. tp kurang lengkap tuu,,khususnya materi mengenai cara kerja sistem saraf.. and sebaiknya materi yang ada dilengkapi dengan gambar..

    Posted by rizky XI ipa 1 dcutra | April 14, 2011, 10:12 am
  98. akhirnya aku bs cr tugas yang aku inginkan untuk bekal ku nanti……..he3x

    Posted by DESI RATNA SARI | Mei 11, 2011, 1:04 pm
  99. semoga apa yang aku dapatkan saat ini bermanfaat dan aq ingin buangkan apa yang tidak berguna pada saat ini!!!!!!!!

    Posted by DESI RATNA SARI SEPEDA(sebelas IPA dua) | Mei 11, 2011, 1:10 pm
  100. buat mekanisme alat indra dong. ada tugas nih

    Posted by ashari | Mei 23, 2011, 10:40 am
  101. Mksh atas artikel nya ??
    Krna dirimu tugas2 saya selesai semua.
    Mksh banyak..!

    Posted by Nanda | Mei 23, 2011, 1:55 pm
  102. lumayan buat ngisi ulangan biologi besok, thanx ea?

    Posted by dio | Mei 25, 2011, 12:02 pm
  103. wah lumayan buat ngisi ulangan besok

    Posted by dio | Mei 25, 2011, 12:03 pm
  104. whhaa,kreen!!! Cuman lebih keren lg klau!!!!? Di lengkapi denghan pertanyaan nya;,,supaya kita membacanya tdk bosan…

    Posted by zhamsir xi ia | Mei 31, 2011, 2:50 pm
  105. terimaksih saya dapat belajar dan mengajar dengan bantuan materi ini

    Posted by dedi junaedi | September 7, 2011, 2:04 am
  106. makasi buat infonya :)
    Sangat membantu :)

    Posted by Putri | September 10, 2011, 1:57 am
  107. makasih atas infonya, jadi bisa d pakek buat catetan kecil… hahah :D

    Posted by Marin | September 11, 2011, 4:32 pm
  108. thank`s bget ea ataz ilmunya ini amat berharga

    Posted by Dhimazt Siieecowok Brengsex | September 12, 2011, 11:37 am
  109. makasih INFOnya sanngggaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaatttt membantuuuuuuuuu

    Posted by Agustia nita darliana | September 21, 2011, 11:05 am
  110. Penjelasanx simpel tp kurang jelas………………
    tp thx ud.

    Posted by gun | Oktober 2, 2011, 12:32 am
  111. materi sistem saraf tersebut kurang jelas lebih baik di buat dengan gambar agar lebih menarik

    Posted by zulkifly sinambela | Oktober 4, 2011, 8:30 am
  112. Qhu menyukaii biologi.
    .jddi enak deeh.
    Pljari, pljaran biologi.

    Posted by Anthi | Oktober 7, 2011, 6:33 am
  113. gambarnya diperbanyak

    Posted by abdul | Oktober 10, 2011, 4:52 am
  114. trimakasih infonya

    Posted by abdul | Oktober 11, 2011, 2:00 am
  115. thanks z….wat artikelnya…tpi ada yang kurang tuu…klo bza d’lengkapi gambar2 z….

    Posted by fatimah | Oktober 11, 2011, 12:56 pm
  116. ternyata msh banyak yg blm saya tau,,,makasih ya,,,

    Posted by baiq mutiya ooolaQy (@baiqmutia) | Oktober 19, 2011, 2:22 am
  117. makasih < udah membantu :*

    berkat semua ini saya bisa tau :)

    Posted by kisna | Oktober 19, 2011, 10:14 am
  118. kerennn tpi tugas aq gkk ada jwb.an n.a d ctuuw

    Posted by ainaya annisa | Oktober 19, 2011, 11:41 am
  119. lebih banyak lagi donk……………….info kelainanny………………………………………………? tak tungu………………………………………………………………..sekarang (GPL) GAK pake lama

    Posted by rewssa | Oktober 22, 2011, 5:25 am
  120. saya suka dngan artikel nya jdi smngat bljar biologi

    Posted by sifa noer pertiwi | Oktober 26, 2011, 12:18 pm
  121. Lidah gak punya ujung saraf ya ,,,,,??????
    Kok disitu gak ditulis????????

    Posted by rama.... | Oktober 30, 2011, 12:50 am
  122. eeeemmmmzzzzz,,,,,,jd semangat belajar biologinyaa,,,,,

    Posted by chillya chibi | Oktober 31, 2011, 2:44 am
  123. thanks bgt bwt lporan.x.,.,.,.,ni smakin bwt qw lbih tw dn fham tntang pngertian sistem koordinasi pd mnusia.,.,.

    Posted by pi-pink | November 1, 2011, 12:30 pm
  124. Selamat, semoga tulisan semacam ini dpat lebih meningkatkan rasa cinta anak didik kita terhadap pelajaran biologi, dan terutama lebih meningkatkan kompetensinya, sukses ! ( Dari guru IPA SMPN 1 Omben Sampang Jawa Timur ).

    Posted by mjurysampang | November 2, 2011, 2:47 pm
  125. bagus, tapi kayanya yang sistem indra pada manusianya terlalu sedikit, kurang lengkap gitu..

    Posted by Diieadjeng | November 6, 2011, 2:02 am
  126. Hehehe buat nambah pokok plajaran ulangan

    Posted by ISNAINI KAMARUL RAHMAN =Muhammad sholeh patih | November 6, 2011, 10:01 am
  127. trims ea.brkt grungeblog q jdi tw

    Posted by aha golden love | November 7, 2011, 11:54 am
  128. mach kurang lengkap nich

    Posted by naga | November 9, 2011, 2:10 pm
  129. Jadi bertambah wawasan nih

    Posted by Ratih Bintang Gemini | November 23, 2011, 7:58 am
  130. mm….ngebantuu banget nih,,
    mksih :)

    Posted by annisa | November 26, 2011, 9:29 am
  131. :)

    Posted by shella | November 28, 2011, 9:42 am
  132. membantu bnget nii informasinya . .
    Jdi enk ngerjain tgasny .

    Posted by Añà ÀGùstìñ Hàràhàp | November 30, 2011, 7:41 am
  133. makasih y jdi bisa ngrjain pr …
    tapi mnrut aku ini juga msh lum lengkap….

    Posted by fajar | Desember 4, 2011, 8:02 am
  134. Trimsss.. :)
    Buat tugas nya jadii gampangg dehhh !!!

    Posted by Cikal Fiarsi Nahir (@Cikfi_Fiarsic) | Desember 5, 2011, 1:29 am
  135. Thankss..

    Buat tugass jadi lebihh mudahh.. ;)

    Posted by Cikal Fiarsi Nahir (@Cikfi_Fiarsic) | Desember 5, 2011, 1:30 am
  136. hiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii aq tringat masa lalu aq…so swetz

    Posted by sinta | Desember 14, 2011, 11:51 am
  137. mantap banget informasinya deh…

    Posted by dealer pulsa elektrik | Februari 15, 2012, 6:55 am
  138. Jka spt ne,aq sangat g susah utk mencari tgas Biologi nich?

    Posted by Iyut Destrina Gar | Maret 8, 2012, 10:59 pm
  139. please jawab donk. pasangan indra yang tepat dengan letak reseptor
    setahu ku penglihatan tuh ama rentina, pengecap ama lidah (papila) sekarang pertanyaan ku kalo pendengaran, penciuman, ma peraba apa dan apakah peryataan ku tadi benar? please bales. thanks

    Posted by hanifah | Maret 18, 2012, 12:10 am
  140. bagus buanget … tx pak udah ijinkan saya mampir … sangat membantu ….

    Posted by irene sri mulyanti | Maret 30, 2012, 2:52 pm
  141. makacih ea..????

    Posted by Fina XI IPA | April 26, 2012, 8:01 am
  142. thanx ijin copy buat bahan tugas :)

    Posted by mene | April 27, 2012, 8:08 am
  143. Mantap

    Posted by Nurhamni hamni | Mei 15, 2012, 8:16 am
  144. izin copast buat tgs bio…

    Posted by amira widya | Mei 19, 2012, 1:09 pm
  145. Pda cerewet amat,
    tpi thank ya info’y

    Posted by Iis parjo | Agustus 29, 2012, 1:30 pm
  146. hhhmmm,,,,,
    Aq snang bngt bljar biologi,,
    pha lg gru nya baek and cntik…
    hehehehehehe..,.,.,

    Posted by sri rahayu monica | September 3, 2012, 12:47 pm
  147. i like this

    Posted by nikolas | September 27, 2012, 12:49 pm
  148. makasi atas informasinya thank

    Posted by khoeruddinyogi pratama | Oktober 3, 2012, 7:51 am
  149. maksih atas informasinya,tolong kasih teks yang lengkap.

    Posted by vinsentia | November 7, 2012, 12:08 am
  150. thanks ya… mantap

    Posted by bambang hartono sinaga | Juni 9, 2013, 9:03 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BLOG ini merupakan bentuk ungkapan TERIMA KASIH, seorang alumni/siswa ( I KETUT DIANA ADHI,S.KOM aka kuncunk, kepada bapak/ibu guru khususnya SMU 1 Melaya, Jembrana, Bali yang telah memberi berbagai ilmu selama saya belajar di sekolah tercinta..Jasa bapak / ibu guru tidak akan saya lupakan
Untuk materi, mohon maaf sebesar besarnya, karena basic saya yang cuma orang IT/ computer science, dan cuma bisa mengumpukan bahan dan materi ajar dan menyajikan dalam sebuah BLOG..
Saya merasa materi yang disajikan banyak kekurangannya, mudah mudahan saran dan kritik pengunjung bisa membuat blog ini berguna bagi pendidikan Indonesia..

Mudah mudahan blog ini bisa menjadi motivasi bagi pendidik untuk lebih bisa memanfatkan media IT demi kemajuan pendidikan Indonesia.

MAJU TERUS PENDIDIKAN INDONESIA

Kunjungi Paket Liburan ke Bali

Statistik

  • 7,664,461 hits
Education Sites Catalog
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 136 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: