//
you're reading...
Sistem Pernafasan

Sistem Pernapasan Hewan


Burung
Burung mempunyai saluran pernapasan yang terdir atas lubang hidung, trakea, bronkus dan paru-apru. Pada bagian bawah trakea terdapat alat suara disebut siring. Burung mempunyai alat bantu pernapasan yang disebut pundi-pundi udara yang berhubungan dengan paru-paru. Fungsi pundi-pundi udara antara lain untuk membantu pernapasan dan membantu membesarkan rongga siring sehingga dapat memperkeras suara. Proses pernapasan pada burung terjadi sebagai berikut. Jika otot tulang rusuk berkontaksi, tulang rusuk bergerak ke arah depan dan tulang dada bergerak ke bawah. Rongga dada menjadi besar dan tekanannya menurun. Hal ini menyebabkan udara masuk ke dalam paru-paru dan selanjutnya masuk ke dalam pundi-pundi udara. Pada waktu otot tulang rusuk mengendur, tulang rusak bergerak ke arah belakang dan tulang dada bergerak ke arah atas. Rongga dada mengecil dan tekanannya menjadi besar, mengakibatkan udara keluar dari paru-paru. Demikian juga udara dari pundi-pundi udara keluar melalui paru-apru. Pengambilan oksigen oleh paru-paru terjadi pada waktu inspirasi dan ekspirasi. Pertukaran gas hanya terjadi di dalam paru-paru.

Reptil
Reptil bernapas dengan paru-paru. Pengambilan oksigen dan pengeluaran karbondioksida terjadi di dalam paru-paru. Keluar masuknya udara dari dan keluar paru-paru karena adanya gerakan-gerakan dari tulang rusuk. Saluran pernapasan terdiri dari lubang hidung, trakea, bronkus dan paru-paru.

Katak
Katak dalam daur hidupnya mengalami metamorfosis atau perubahan bentuk. Pada waktu muda berupa berudu dan setelah dewasa hidup di darat. Mula-nula berudu bernapas dengan insang luar yang terdapat di bagian belakang kepala. Insang tersebut selalu bergetar yang mengakibatkan air di sekitar insang selalu berganti. Oksigen yang terlarut dalam air berdifusi di dalam pembuluh kapiler darah yang terdapat dalam insang.
Setelah beberapa waktu insang luar ini akan berubah menjadi insang dalam dengan cara terbentuknya lipatan kulit dari arah depan ke belakang sehingga menutupi insang luar. Katak dewasa hidup di darat, pernapasannya dengan paru-paru. Selain dengan paru-paru, oksigen dapat berdifusi dalam rongga mulut yaitu melalui selaput rongga mulut dan juga melalui kulit.

Ikan
Ikan mas bernapas dengan insang yang terdapat pada sisi kiri dan kanan kepala. Masing-masing mempunyai empat buah insang yang ditutup oleh tutup insang (operkulum). Proses pernapasan pada ikan adalah dengan cara membuka dan menutup mulut secara bergantian dengan membuka dan menutup tutup insang. Pada waktu mulut membuka, air masuk ke dalam rongga mulut sedangkan tutup insang menutup. Oksigen yang terlarut dalam air masuk berdifusi ke dalam pembuluh kapiler darah yang terdapat dalam insang. Dan pada waktu menutup, tutup insang membuka dan air dari rongga mulut keluar melalui insang. Bersamaan dengan keluarnya air melalui insang, karbondioksida dikeluarkan. Pertukaran oksigen dan karbondioksida terjadi pada lembaran insang.
Serangga mempunyai sitem pernapasan yang disebut sistem trakea. Oksigen yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh untuk oksidasi tidak diedarkan oleh darah tetapi diedarkan oleh trakea yang bercabang-cabang ke seluruh tubuh. Cabang kecil trakea yang menembus jaringan tubuh disebut trakeolus. Masuknya udara untuk pernapasan tidak melalui mulut melainkan melalui stigma (spirakel).
Proses pernapasan pada serangga terjadi sebagai berikut. Dengan adanya kontraksi otot-otot tubuh, maka tubuh serangga menjadi mengembang dan mengempis secara teratur. Pada waktu tubuh serangga mengembang, udara masuk melalui stigma, selanjutnya masuk ke dalam trakea, kemudian ke dalam trakeolus dan akhirnya masuk ke dalam sel-sel tubuh. Oksigen berdifusi ke dalam sel-sel tubuh. Karbondioksida hasil pernapasan dikeluarkan melalui sistem trakea juga yang akhirnya dikeluarkan melalui stigma pada waktu tubuh serangga mengempis.

Cacing tanah
Cacing tanah tidak mempunyai alat pernapasan khusus. Kulitnya banyak mengandung kelenjar lendir, sehingga kulit tubuhnya menjadi basah dan lembab. Oksigen yang diperlukan oleh tubuhnya masuk melalui seluruh permukaan tubuh secara difusi. Pengeluaran karbon dioksida juga melalu permukaan tubuh.

Protozoa
Protozoa tidak mempunyai alat pernapasan khusus untuk memperoleh oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida. Oksigen masuk ke dalam sel malalui selaput plasma secara difusi. Demikian juga karbon dioksida dari dalam sel deikeluarkan melalui selaput plasma.

Tentang iklan-iklan ini

Diskusi

115 thoughts on “Sistem Pernapasan Hewan

  1. makasih pak atas isi blognya..alhamdulillah bisa membantu sya menyelesaikan tugas sekolah..
    bpk kenal ga dgn PAK RUDY HILKYA (pengajar SMAN2 PALANGKARAYA..)
    beliau pemenang lomba e-learning thn kemaren..bpk dgn beliau punya hobby yg sama..sma2 suka nge blog..

    Posted by mutiaradara | Februari 8, 2009, 8:49 am
  2. q mw tanya klo sistempernafasan pada reptil itu gimana?????????????

    Posted by ficha | Februari 16, 2009, 12:28 pm
  3. Aq mt tnya klo sistem pernapasan hewan,khususx pda coelenterata

    Posted by Shashy | Februari 24, 2009, 10:12 am
  4. aq mw tx ttg sistem pernapasan pada katak. klo dalam sistem pernapasan manusia, udara yang masuk akan disaring oleh bulu hidung, kalo pada ikan udara akan disaring oleh gerigi insang, klo pd katak???????????????????????

    Posted by anggy mboeik | Februari 25, 2009, 6:28 am
  5. makasi ya pak atas materi tentang sistem pernafasannya. Saya sangat terbantu atas materi ini.

    Posted by upw | Maret 6, 2009, 6:14 am
  6. makasih .bisaaaa!!!!!

    Posted by dwie caem | Maret 9, 2009, 1:22 am
  7. Q mnta sistem pernapasan pada serangga Bsa Ga…?? yang lengkap Ya………….!!!!!!!!!!!!!!!!

    Posted by Sumarno | Maret 17, 2009, 2:51 pm
  8. thanks…

    Posted by palupi | April 19, 2009, 4:30 pm
  9. makasih bnget yaaaa……………………………………

    Posted by david | Mei 7, 2009, 3:20 am
  10. terima kasih banyak

    Posted by achmad suyuthi | Mei 9, 2009, 6:18 pm
  11. kenapa ko ngga ada penjelasan tentang pernapasan kera,semut,buaya,,,

    Posted by ryan | Juli 23, 2009, 10:40 am
  12. q minta sistem peredaran darah pada katak,,,…bisa ga?????
    tolong yaaa???n yg lngkap,,..
    thnk’s before,,…
    ^_^

    Posted by dita | September 18, 2009, 10:58 pm
  13. minta sistem pernafasan pada hewan yang tidak bertulang belakang

    Posted by aidil | September 24, 2009, 3:05 pm
  14. makasih pak sudah bantuin saya mengerjakan tugas

    Posted by harum artika | Oktober 12, 2009, 9:31 am
  15. mkaasiH iaa aTass penjeLasann.a !.
    dnggan adaa.a pnjLasaan inii saiaa bisaa mnyeLesaiiakan tugaas
    skaLii Laggi mkaasii iaa penjeLassan.a !. :)

    Posted by amah | November 15, 2009, 1:15 pm
  16. makasi…..pak, dah buatin………..minta sistem pernafasan pada hewan yang tidak bertulang belakang

    Posted by yudix | November 26, 2009, 2:29 pm
  17. asLAMUALAIKUM…MATursUWUN..

    Posted by frida.A | Desember 16, 2009, 6:03 am
  18. apa alat pernafasan pada belalang

    Posted by reza | Januari 5, 2010, 1:21 pm
  19. `oooK lahhhhhhh kalaou beg! beg! beg! etu etu etu etu etu

    Posted by reza | Januari 5, 2010, 1:26 pm
  20. eh komentarrrr dari anggi salah ituuuuuuuuuuuuuuuuuuu!!!!!!!!!!!!!!!!

    Posted by reza | Januari 5, 2010, 1:27 pm
  21. knp tdk ada pembahasan alat pernafasan khusus ikan aza???????????

    Posted by marly | Januari 8, 2010, 1:57 pm
  22. udah cukup bagus blognya cuman masih banyak lagi deh yang belum ditulis disini –
    porifera . gak ada tuh –

    MAKASIH -

    Posted by Lindawati | Januari 19, 2010, 8:32 am
  23. mau tnya pernapasan laba2 dongggg…..!!!!!

    Posted by dandy | Februari 4, 2010, 1:45 pm
  24. trims yach…, q dah tau cmwane wes

    Posted by fitria | Februari 6, 2010, 3:40 am
  25. nice info nih, terimakasih om

    Posted by sofyan baskoro | Februari 15, 2010, 3:02 pm
  26. thx eaa atas info naa..
    bermanfaat banget buat tugas skulaa q…
    bleh a copy kan…??
    heheheee… :)

    Posted by epick | Februari 16, 2010, 7:20 am
  27. bagus, web ini dapat untuk referensi. Blih, bagaimana cara mendownload video interaktifnya.
    terimakssih, Anda benar-benar murid yang baik! Sungguh bangga para guru SMU tempat Anda belajar dulu. Sukses.

    Posted by suprihationo | Februari 16, 2010, 10:26 am
  28. makasih pak,dengan adanya isi blog ini saya bisa megerjakan tugas :)

    Posted by safiera | Februari 24, 2010, 11:24 am
  29. Makasih yg sebanyak”nya ….

    Posted by Fandhi | Februari 25, 2010, 11:50 am
  30. boleh g’ tulis secara lengkp alt pernafasan pada burung,(yang terpenting mengenai sirink pada burung)

    Posted by mardiani safitri | Februari 28, 2010, 9:10 am
  31. Makasi pak .
    atas site nya .
    aq jd bsa ngrjakn ulangan deh .

    Posted by habsy | Maret 3, 2010, 4:12 am
  32. makasii bget atazz info.a…. tapii agak kurang lengkap…… bisa kirim ke email saia ga,..,,??? saia ad tugazz drii skola….. gimn….?? kalo bisa kirim ke email saia ya…. thanks banyak2…… :-))

    Posted by nadiia suka bacca.. | Maret 7, 2010, 12:15 am
  33. oce ….. oce???? thanks buat blog nya bisa bantuq buat laporan?????

    Posted by sari | Maret 14, 2010, 11:11 am
  34. trimakasih atas informasinya.
    tolong ditambah lagi sama gambarnya biar jelas

    Posted by randy | Maret 21, 2010, 9:54 am
  35. Q mau tanya..
    kenapa gerak tutup insang yang lebih pelan ketika suhu air dingin ?
    tolong di jawab segera ya…

    Posted by wattik | Maret 22, 2010, 7:03 am
  36. thanks berat

    Posted by ekofuji | April 4, 2010, 12:30 pm
  37. kurang lengkap informasinya!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Posted by aldo andhanu | April 6, 2010, 9:53 am
  38. pa bsa engga qlo ikan lengkap dengan fungsi dan struktur organnya

    makasih juga pak sudah bantuin mencarikan tugas saya

    Posted by TRIA | April 8, 2010, 8:59 am
  39. Mksh bnyk pk, ats infonya., Læn kLi kLo ad hL2 yg pnting Lg, tLis y pK.,

    Posted by vhita-cLiez | April 11, 2010, 3:45 pm
  40. kalau alat pernafasan pada hewan serangga apaan?

    Posted by fahra | Mei 15, 2010, 10:18 pm
  41. pa mengapa katak menapas dengan paru – paru / insang ???/

    Posted by indah | Juli 14, 2010, 5:54 am
  42. Ada gak gambar hewan yg pake bhs indo Haha <3 <3 <3 <3

    Posted by Amalia Cahyani | Juli 17, 2010, 1:34 am
  43. pak aqu mau tanya, stigma pada serangga itu apa sich?

    Posted by vira dinda | Juli 21, 2010, 3:21 pm
  44. makasih banget atas info nya….

    Posted by syifa | Juli 22, 2010, 2:05 am
  45. diana adhi…osis thn 99 / 00 ? thanks infonya coz q plu bgt u anak q.adik kls mu

    Posted by ranti | Juli 26, 2010, 5:45 am
  46. malas kerjain PR karna terlalu banyak soalnya …….. hEEee!!! lama lama jadia stres….

    Posted by love | Juli 27, 2010, 6:17 am
  47. kok gak da ya pernapasan burung tapi gak papa yg pentin kita tahu pernapasan

    Posted by vera | Juli 27, 2010, 9:30 am
  48. makasih udh bantu q
    tp q minta utk pernapasan manusia.

    Posted by harvestha marvella | Agustus 1, 2010, 10:49 am
  49. pak kl sejenis serangnga itu bernafas debgan apa

    kura kura juga bernapaS DENGAN APA ??

    Posted by muh ilyas | Agustus 4, 2010, 2:39 am
  50. terimakasih atas tulisannya….

    Posted by yufe | Agustus 4, 2010, 4:41 am
  51. kenapa pernafasan hewan itu banyak ?

    Posted by ladyna | Agustus 20, 2010, 2:26 am
  52. peermulaan bagus

    Posted by devita | Agustus 20, 2010, 2:29 am
  53. ADUH LAMA LAMA GW BISA GILA BELAJAR IPA NYATET MULU ! IPA GILA

    Posted by ladyna | Agustus 20, 2010, 2:30 am
  54. kalo laba laba sama amoeba apa ya organ pernapasannya????

    Posted by dhita | Agustus 29, 2010, 11:12 pm
  55. Terimakasih informasinya….

    Posted by Ratri Kurosaki | September 6, 2010, 11:30 pm
  56. Mohon ijin copy pak.. terima kasih.

    Posted by Yana Mulyana | September 26, 2010, 6:40 am
  57. apakah ada ikan menpunyai dua pernapasan insang dan paru-paru???

    Posted by alvian hendra | Oktober 11, 2010, 10:51 am
  58. thx ea,,berkat anda sya bsa mnyelesaikn tgas” skul sya,,,:)
    kamshamnida

    Posted by elisabeth bobby | Oktober 17, 2010, 11:36 am
  59. yait yait

    Posted by Endino | Oktober 17, 2010, 12:20 pm
  60. Oke banget

    Posted by Nepa | Oktober 26, 2010, 8:55 am
  61. Pak, kok serangga gak ada sih?

    Posted by Nathasya | November 14, 2010, 11:36 am
  62. makaci yyy……..!!!
    atas sumua informasinya

    Posted by alifia | Desember 2, 2010, 7:59 am
  63. saya mw alat perbafasan hewan di lengkapi dengan gambar,,trims ya

    Posted by fira imouth | Desember 12, 2010, 1:56 pm
  64. thanks atas pelajarannya ,ini membantu tugas biologiku loh………….

    Posted by mishel.abedata | Januari 15, 2011, 12:05 am
  65. i like it

    Posted by cantik | Januari 17, 2011, 8:46 am
  66. makasih yach telah membantu menyelesaikan tugas sekolah,dgn isi blognya aq bisa menyelesaikan tugas….!!!!

    komentar oleh ™agus™-januari 21,2011@12:08

    Posted by ™agus™ | Januari 21, 2011, 4:09 am
  67. sayang sekali kok yang invertebrae sedikit sekali??

    Posted by the Manihot utilishima | Januari 21, 2011, 3:47 pm
  68. wah bagus banget nih artikel

    Posted by sintia kusumawati | Januari 25, 2011, 10:40 am
  69. minta pernafasan reptil ,karena yg tertera di atas krng lngkap boooosss

    Posted by melly | Maret 4, 2011, 6:45 am
  70. tx, ne mateRi gWe bngeT

    Posted by Naning | Maret 19, 2011, 1:05 pm
  71. makasih byak pak atas blognya, yang sngat membantu saya dalam menyelesaikan tgas kuliah sya,,

    Posted by Mutiara Rahma | Maret 30, 2011, 4:51 am
  72. Mkcih y atz pnjelasanya

    Posted by Qie | Mei 11, 2011, 11:59 am
  73. sep

    Posted by Aufar | Mei 18, 2011, 2:02 pm
  74. hai………………………………………..
    q annisya

    Posted by anissa khoiruna | Juli 16, 2011, 11:58 am
  75. aku mau sistem pernafasan hewan sungai,..
    bisa..??

    Posted by tangguh | Juli 17, 2011, 1:58 pm
  76. Untung ada.. Jadi tugas dari guru gampang.. Thax yaaah….

    Posted by Savitry.wulandari | Juli 21, 2011, 2:10 am
  77. Trima kasih untuk blognya Pak…. sangat membantu sekali sewaktu saya mencari bahan untuk anak saya………….
    Thank u…….

    Posted by Alfa | Juli 27, 2011, 2:23 am
  78. :D alat pernafasan hewan apa lagi yang bisa untuk materi ipa q ?

    Posted by Aurel Lia Aggripina | Juli 28, 2011, 9:20 am
  79. wahh thx bgt yhh….is so perfect

    Posted by Phoebe Beatrice II | Agustus 1, 2011, 12:04 pm
  80. waww is so good

    Posted by Phoebe Beatrice II | Agustus 1, 2011, 12:59 pm
  81. thx thx thx thx

    Posted by icha | Agustus 3, 2011, 1:17 pm
  82. thx thx thx

    Posted by icha | Agustus 3, 2011, 1:20 pm
  83. yalah

    Posted by Ubodoh | September 8, 2011, 10:07 am
  84. boleh minta alat pernapasan amoeba gax ? sekalian sama cara bernapasnya …………
    thnx before ya

    Posted by Nada | September 10, 2011, 7:10 am
  85. Tuhan mempunyai banyak cara yang diberikan pada ciptaannya supaya bisa menyesuaikan diri di dunia ini… : )
    Thx yaa buat infonya : )

    Posted by Winndy Warouw | Oktober 5, 2011, 8:33 am
  86. trimakasih banyakkkkk alhamdulillah……. trim….trim…..trim..;

    Posted by roslinda | Oktober 29, 2011, 2:48 pm
  87. maksih,,,
    brkat ini tgas saya jadi slesai,,,

    Posted by yuli siee lolypop | November 4, 2011, 6:28 am
  88. atur nuhun

    Posted by rahima azka | Desember 5, 2011, 9:27 am
  89. pak,tlong d jlazkan tentang gut dan lungs pada katak itu berfungsi sebagai pha????………………………………………

    Posted by sssuuuusssiii | Januari 12, 2012, 3:35 am
  90. bp lw bleh nanya gimna cra penjelasan tentang pernapasan katak untuk lebih jelasnya ?

    Posted by thary | Februari 7, 2012, 6:02 am
  91. thank’s yaa pak atas infonya ?
    bisa menambah pengetahuan lagi dehh…
    makasih banyak,

    Posted by Siska Yulistina | Februari 12, 2012, 12:37 pm
  92. makasih bgt atas blognya qw bsa terbantu

    Posted by sigit mukti wibowo | Februari 16, 2012, 9:59 pm
  93. Woy gw mau nanya…….?
    Sistem pernapasan dan pencernaan pada ikan mas…?
    Yang lengkap yah.

    Posted by Fiqih | Februari 24, 2012, 6:59 pm
  94. Saya senang dengan pnjelsan di atas,,dngan pnjlasan trsbut saya bisa mndapat nilai yg mmbuat saya puas,,Sekali lagi Trima kasih :)

    Posted by Irawati Mewar | Februari 28, 2012, 1:26 am
  95. Mudah2an dgn membaca ini aq mnjadi tahu ternyata sistem pernpasan pda hewan tidak semua sma,,

    Posted by Imron khusaini | Maret 2, 2012, 6:00 pm
  96. sip deh

    Posted by pay zhiem | Maret 20, 2012, 9:21 am
  97. thX Ya pAK….

    Posted by April naq farmasi | Maret 26, 2012, 11:46 pm
  98. minta proses pernapasan

    Posted by mila | Mei 3, 2012, 11:14 am
  99. kok sistem pernapasan serangga nggak ada yah? :B

    Posted by wenda lestari | Mei 5, 2012, 11:34 am
  100. kalo pernapasan serangga gmana?

    Posted by alfian_cool125@yahoo.com | Juni 1, 2012, 7:28 am
  101. Terima kasih sudah membantu sya untuk mengerjakan tugas saya ini..
    Thanks you

    Posted by Chiara mars | Juli 8, 2012, 1:20 pm
  102. kok gk ada yg mengapa lele dapat berenang di lumpur?

    Posted by elena-cutez | Juli 22, 2012, 5:48 am
  103. aku minta sistem pernapasan buat capung
    thanks :)

    Posted by candy | Juli 25, 2012, 1:50 pm
  104. Salam kenal. Sy hoby blogging juga lho….tapi masih amatiran….heheh

    Posted by Asih Pujiariani | Juli 26, 2012, 12:13 pm
  105. kalau pernafasan ikan apa ya

    Posted by rizal | Juli 30, 2012, 2:10 pm
  106. pak kalo ika lele alat pernapasanx sama nggak sma ikan mas??

    Posted by Divani Nagh Ayumi | Juli 31, 2012, 9:41 am
  107. apaan cma dkt ga bnyk cop

    Posted by brian | Agustus 5, 2012, 2:18 pm
  108. alat pernapasan buaya apa sih dan alat pernapasan lainnya terus organ pernapasan dan ciri ciri tolong dijawab

    Posted by muhammad rizky ramadhan luhulima | Agustus 7, 2012, 1:07 pm
  109. thank sudah membantu

    Posted by wuri | Agustus 27, 2012, 1:03 pm
  110. terimakasih ya pak atas pemberitahuannya

    Posted by Maman Sulaeman | Agustus 28, 2012, 6:58 am
  111. thanks ya udh bantu

    Posted by farrel dustin | September 5, 2012, 4:02 pm
  112. q tanya apa sih ciri-ciri organ pernafasan insang???????

    Posted by wulan | September 6, 2012, 12:25 am
  113. dimanakah alat pernafasan mamalia aku tidak bisa mengerjakan tugas tanpa alat pernafasan mamalia……
    . besok besok kalau mau masukin agi yang lengkaap yaaaaaaaa…..

    Posted by olgakinyis | Oktober 1, 2012, 12:42 pm
  114. yoi..mudah mudahan bermanfaat..salam ..

    Posted by gurungeblog | November 14, 2012, 10:15 am

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BLOG ini merupakan bentuk ungkapan TERIMA KASIH, seorang alumni/siswa ( I KETUT DIANA ADHI,S.KOM aka kuncunk, kepada bapak/ibu guru khususnya SMU 1 Melaya, Jembrana, Bali yang telah memberi berbagai ilmu selama saya belajar di sekolah tercinta..Jasa bapak / ibu guru tidak akan saya lupakan
Untuk materi, mohon maaf sebesar besarnya, karena basic saya yang cuma orang IT/ computer science, dan cuma bisa mengumpukan bahan dan materi ajar dan menyajikan dalam sebuah BLOG..
Saya merasa materi yang disajikan banyak kekurangannya, mudah mudahan saran dan kritik pengunjung bisa membuat blog ini berguna bagi pendidikan Indonesia..

Mudah mudahan blog ini bisa menjadi motivasi bagi pendidik untuk lebih bisa memanfatkan media IT demi kemajuan pendidikan Indonesia.

MAJU TERUS PENDIDIKAN INDONESIA

Kunjungi Paket Liburan ke Bali

Statistik

  • 7,952,495 hits
Education Sites Catalog
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 140 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: