//
you're reading...
Sistem Pernafasan

Sistem Pernafasan pada Manusia


Alat-alat pernapasan berfungsi memasukkan udara yang mengandung oksigen dan mengeluarkan udara yang mengandung karbon dioksida dan uap air.
Tujuan proses pernapasan yaitu untuk memperoleh energi. Pada peristiwa bernapas terjadi pelepasan energi

Sistem Pernapasan pada Manusia terdiri atas

o hidung
o faring
o trakea
o bronkus
o bronkiouls
o paru-paru

Rongga Hidung
Pada permukaan rongga hidung terdapat rambut-rambut halus dan selaput lendir yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam rongga hidung.

Pangkal Tenggorok
Pangkal tenggorok disusun oleh beberapa tulang rawan yang membentuk jakun. Pangkal tenggorok dapat ditutup oleh katup pangkal tenggorok (epiglotis). Pada waktu menelan makanan, katup tersebut menutup pangkal tenggorok dan pada waktu bernapas katu membuka. Pada pangkal tenggorok terdapat selaput suara yang akan bergetar bila ada udara dari paru-paru, misalnya pada waktu kita bicara.

Batang tenggorok
Batang tenggorok (trakea) terletak di sebelah depan kerongkongan. Di dalam rongga dada, batang tenggorok bercabang menjadi dua cabang tenggorok (bronkus). Di dalam paru-paru, cabang tenggorok bercabang-cabang lagi menjadi saluran yang sangat kecil disebut bronkiolus. Ujung bronkiolus berupa gelembung kecil yang disebut gelembung paru-paru (alveolus).

Paru-paru
Paru-paru terletak di dalam rongga dada. Rongga dada dan perut dibatasi oleh siuatu sekat disebut diafragma. Paru-paru ada dua buah yaitu paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Paru-paru kanan terdiri atas tiga gelambir (lobus) yaitu gelambir atas, gelambir tengah dan gelambir bawah. Sedangkan paru-paru kiri terdiri atas dua gelambir yaitu gelambir atas dan gelambir bawah. Paru-paru diselimuti oleh suatu selaput paru-paru (pleura).
Alveolus dalam paru-paru jumlahnya sangat banyak, lebih kurang 300 juta alveolus. Luas permukaan seluruh alveolus diperkirakan 100 kali lebih besar daripada permukaan tubuh. Alveolus dikekelingi pembuluh-pembuluh kapiler darah.
Pertukaran Gas dalam Alveolus
Oksigen yang diperlukan untuk oksidasi diambil dari udara yang kita hirup pada waktu kita bernapas. Pada waktu bernapas udara masuk melalu saluran pernapasan dan akhirnyan masuk ke dalam alveolus. Oksigen yang terdapat dalam alveolus berdifusi menembus dinding sel alveolus. Akhirnya masuk ke dalam pembuluh darah dan diikat oleh hemoglobin yang terdapat dalam darah menjadi oksihemoglobin. Selanjutnya diedarkan oleh darah ke seluruh tubuh.
Oksigennya dilepaskan ke dalam sel-sel tubuh sehingga oksihemoglobin kembali menjadi hemoglobin. Karbondioksida yang dihasilkan dari pernapasan diangkut oleh darah melalui pembuluh darah yang akhirnya sampai pada alveolus Dari alveolus karbon dioksida dikeluarkan melalui saluran pernapasan pada waktu kita mengeluarkan napas.
Dengan demikian dalam alveolus terjadi pertukaran gas yaitu oksigen masuk dan karnbondioksida keluar.

Proses Pernapasan
Bernapas meliputi dua proses yaitu menarik napas atau memasukkan udara pernapasan dan mengeluarkan napas atau mengeluarkan udara pernapasan. Menarik napas disebut inspirasi dan mengeluarkan napas disebut ekspirasi.
Pada waktu menarik napas, otot diafragma berkontraksi. Semula kedudukan diafragma melengkung keatas sekarang menjadi lurus sehingga rongga dada menjadi mengembang. Hal ini disebut pernapasan perut. Bersamaan dengan kontraksi otot diafragma, otot-otot tulang rusuk juga berkontraksi sehingga rongga dada mengembang. Hal ini disebut pernapasan dada.
Akibat mengembangnya rongga dada, maka tekanan dalam rongga dada menjadi berkurang, sehingga udara dari luar masuk melalui hidung selanjutnya melalui saluran pernapasan akhirnya udara masuk ke dalam paru-paru, sehingga paru-paru mengembang.
Pengeluaran napas disebabkan karena melemasnya otot diafragma dan otot-otot rusuk dan juga dibantu dengan berkontraksinya otot perut. Diafragma menjadi melengkung ke atas, tulang-tulang rusuk turun ke bawah dan bergerak ke arah dalam, akibatnya rongga dada mengecil sehingga tekanan dalam rongga dada naik. Dengan naiknya tekanan dalam rongga dada, maka udara dari dalam paru-paru keluar melewati saluran pernapasan.

Kapasitas Paru-paru
Udara yang keluar masuk paru-paru pada waktu melakukan pernapasan biasa disebut udara pernapasan (udara tidal). Volume udara pernapasan pada orang dewasa lebih kurang 500 nl. Setelah kita melakukan inspirasi biasa, kita masih bisa menarik napas sedalam-dalamnya. Udara yang dapat masuk setelah mengadakan inspirasi biasa disebut udara komplementer, volumenya lebih kurang 1500 ml.
Setelah kita melakukan ekspirasi biasa, kita masih bisa menghembuskan napas sekuat-kuatnya. Udara yang dapat dikeluarkan setelah ekspirasi biasa disebut udara suplementer, volumenya lebih kurang 1500 ml.
Walaupun kita mengeluarkan napas dari paru-paru dengan sekuat-kuatnya ternyata dalam paru-paru masih ada udara disebut udara residu. Volume udara residu lebih kurang 1500 ml. Jumlah volume udara pernapasan, udara komplementer, dan udara suplementer disebut kapasitas vital paru-paru.

About these ads

Diskusi

168 thoughts on “Sistem Pernafasan pada Manusia

  1. JeLaSiN jg dUnK mAcaM pEnYaKItNyA………
    CePeTan !!!!

    Posted by ady | Desember 3, 2008, 12:42 am
  2. kurang lengkap bahasannya
    contoh belum ada contoh penyakit saluran pernapasan atas dan bawah??

    Posted by Dyah Listiyaningsih | Desember 10, 2008, 11:32 am
  3. buat donk secara lengkap n lebih detail

    Posted by atler | Desember 13, 2008, 6:37 am
  4. Tolong Jelaskan yang lengkap dan detail apa itu sebenarnya tidal, komplimenter dan suplimenter

    Terima Kasih

    Posted by SN1PER Lover | Februari 4, 2009, 2:07 pm
  5. benar,itu,benar,benar,benar
    benar sekali
    setuju saya,,,

    Posted by orangjael | Februari 14, 2009, 4:22 am
  6. ada penjelasan lain gak tentang silia dalam batang tenggorok?fungsinya buat apa?

    Posted by eima | Februari 25, 2009, 11:44 am
  7. Eih ketinggalan thanks buat infonya…ini sangat berguna buat tugas aku…!!

    Posted by eima | Februari 25, 2009, 11:45 am
  8. silia pada trakea tumbuh di bagian mana? trus bentuk saluran trakea yang beruas-ruas seperti cincin, apakah ada fungsi khusus?

    Posted by Jeffri | Maret 3, 2009, 1:49 pm
  9. apa seh perbedaannya pernapasan pada manusia dan burung?????
    tolong di jawab yaaa….. c ne bt tugas..

    Posted by uyi | Maret 8, 2009, 5:34 am
  10. Tolong jelaskan istilah2 dalam sistem pernafasan yyy!!! Kirim ke mumuskokon@ymail.com yaaa!!!

    Posted by Mumus | Juni 17, 2009, 4:57 am
  11. Bagaimana sech jalannya pernafasan yang terjadi pada manusia?

    Posted by itje | Juli 22, 2009, 12:13 pm
  12. apakah dia fragma itu

    Posted by cici | Agustus 25, 2009, 11:16 am
  13. sebenernya apa nama penyakit yg disebabkan oleh duodenum tolong kiriim jawabannya sekarang aku tunggu lo????^_^

    Posted by cici | Agustus 25, 2009, 11:20 am
  14. Terminoloy dalam anatomi dan fisiologi tu maksudna gimana sich???
    ku tau dikit sich tapi gak menyeluruh,aq pengen tau lebih detailna lagi….
    tolong dijawab ya,Thank so much….

    Posted by Rolis | September 14, 2009, 11:30 am
  15. cukup bagus bwt dipelajari. thx

    Posted by dhe | September 22, 2009, 1:23 pm
  16. mksh atas infonya . bnyk membantu untuk PR ! :)

    Posted by dittongss :) | Oktober 5, 2009, 11:55 am
  17. Thanks bwat situs Guru Neblog, infonya sngt ngebantu untuk tugas.
    1x lagi Thanks Yea.

    Posted by Naufal | Oktober 7, 2009, 6:46 am
  18. yaahh krang lngkap nie…. q btuh bgt wat tgas ….. tlong jlasin dund apa perbdaan udara inspirasi dan udara ekspirasi… makacihh

    Posted by maya khairun nisa | Oktober 7, 2009, 1:36 pm
  19. Tolong dong makalah sistem pernafasannya dan prensentasi sitem pernafasan yang detai dan mudah didapat!

    Posted by muhammad Alham | Oktober 13, 2009, 1:32 pm
  20. keren :)
    sangat mmbantu…
    trima kasih

    Posted by shinta | Oktober 16, 2009, 12:09 pm
  21. wah dah bgs penjelasannya n kalau bisa lebih detail lagi donk kalo perlu dengan gambarnya biar letak2nya kita tw jga..
    ok

    Posted by will | Oktober 16, 2009, 1:43 pm
  22. BaguuS… Sgt mmbntu gw dlm ngerjaain tugas..thanks Ya,,
    Tpi,, penjelasanx KrG DetaiL Nc ..

    Posted by desy | Oktober 28, 2009, 4:15 am
  23. boleh tanya g??? ,
    knp kalo kita bernapas di dpn kaca, kacaitu akan ada embunnya???
    ,,,jawab yaaaaa….!!!!!! makasih! :)

    Posted by Vidya | Oktober 29, 2009, 7:14 am
  24. @ vidya : karna kita mengeluarkan karbondioksida dan uap air .

    Posted by adit | November 8, 2009, 10:28 am
  25. aq boleh bertanya gak….???
    kenapa klo kt bernapas hrs melalui hidung…??? padahal melalui mulut pun bisa…..!!!???
    jwb yachhhhhhhh…!!!!

    Posted by iqbal manjavanis | November 9, 2009, 7:59 am
  26. tambah materinya dong om…………….

    Posted by ukie | November 15, 2009, 8:05 am
  27. Apa yang dimaksut Time Cycle At Constant Volume

    Posted by widesta | November 19, 2009, 2:02 am
  28. Tolong donk, knpa pernapasan laki-laki dan perempuan berbeda?
    apakah perbedaanya pada volume udara pernapasannya atau pada kecepatan pernapasannya?

    trus, apakah pada saat kita tidur kecepatan pernapasan dan volume udara pernapasan kita sama?

    di jelasin ya’????
    Thank’s fur U’r Help!!

    Posted by Dolfanweik Hukom | November 27, 2009, 9:15 pm
  29. nu nglembo ra ??????????

    Posted by teguh | Desember 1, 2009, 8:06 am
  30. jere sapa kowgh……………………
    aja nglombo lah,dosa lho….

    Posted by kampleng | Desember 1, 2009, 8:09 am
  31. lumayan lengkap. tapi kok penjelasan masing2 hal cuma seciprit yah???

    Posted by suci | Desember 13, 2009, 12:51 pm
  32. Thank bEud atS info’y cz m’mbntU Bgt bwt sy pNyuluhan d mAsyrakat..

    Posted by Widha | Desember 14, 2009, 8:36 am
  33. nilai normal pernafasan

    Posted by gemini | Desember 27, 2009, 9:21 am
  34. penjelasannya sangat baik untuk untuk di mengerti akan tetapi kurang begitu detail untuk dipahami..

    Posted by ipin hopling | Desember 29, 2009, 3:36 am
  35. thanX inf0nha,sgt mmbntU u/ mgrjakan pe.er, saya jg mw nanya” knp kecepatan bernapas orang yg ber0lahraga lbh cpt drpd 0rang yg sdang bristrahat/tdk melakukan aktftas?” t0l0ng jelazkan,5khacie sbelum’nha

    Posted by bhagUs | Januari 22, 2010, 2:31 pm
  36. bags bang…t!!! cmn nggak’ lengakap1 makasih ya.??

    Posted by jasmine | Januari 27, 2010, 1:08 am
  37. mas, gmana caranya buat halaman facebook seperti yang ada d atas ?
    mohon bantuannya ……….!

    Posted by SYARIF | Februari 14, 2010, 4:14 am
  38. Bisa minta kurva kapasitas paru-paru ga…???

    Posted by yohana | Februari 14, 2010, 6:36 am
  39. thanks for info ny ya!!!!!!

    Posted by agnes | Februari 17, 2010, 3:31 am
  40. bagus banget, lebih bagus lagi klo keterangan gambar pake bahasa indonesia & ada flash’nya…

    Posted by Amrih Susanti | Februari 18, 2010, 1:33 am
  41. bsa ga d’buat dgn gambar bagian2nya….,

    Posted by hidayat cool | Februari 18, 2010, 9:56 am
  42. HMMMMMMMMMMMMMMMMM
    MUANTAB UGAK CIEHHHHH,,,,
    PI KEK NA GK LENGKAP DECH

    Posted by NUR AJAH | April 14, 2010, 10:39 am
  43. ndak ad yg lain kh penjelasan nya

    Posted by azis | Juni 18, 2010, 7:00 am
  44. Diafragma : sekat antara rongga dada dengan rongga perut

    Posted by naila | Juli 22, 2010, 2:38 am
  45. embun itu dari uap airnya…kita bernafas menghirup oksigen mengeluarkan karbondioksida dan air

    Posted by naila | Juli 22, 2010, 2:44 am
  46. di sumber yang lain,jumlah alveolus bisa mencapai 600 juta, kalo di bentangkan…luasnya bisa sampai seluas lapangan tenis.
    taukah kamuuuu??? saat kita istirahat kita bernafas setiap menitnya 12-15 kali dengan volume oksigen setiap menghirup 0,5 liter jadi klo di itung2 sehari 24 jam…oksigen yang kita butuhkan 10800 liter….waaaaaksss!! untung oksigen sampe sekarang gratis kita dapet….coooba seandainya oksigen harus kita beli kayak beli minyak tanah…tiap hari kita musti keluarin uang buaaaaaannnyyyakkkk

    Posted by naila | Juli 22, 2010, 2:50 am
  47. fungsi gelambir pada paru2 apa yaaa????…hayoooh jawab :D

    Posted by naila | Juli 22, 2010, 2:52 am
  48. penyakit pernafasan…exp : asma ato sesak nafas : tersumbatnya saluran pernafasan…pemicunya biasanya debu, hewan2 berbulu termasuk kecoa…hiiiii
    trus ada juga kanker paru2, biasanya karena doyan ngerokok truuuusss ada juga emphysema, penyakit paru2 ang membengkan karena pembuluh darahnya terisi udara

    Posted by naila | Juli 22, 2010, 3:13 am
  49. kNp tidak ada Nama2 istilah kedokterannya
    coba sebutkan sebanyak2nya . . . ?

    Posted by faridha Rahmawati | Juli 29, 2010, 11:59 am
  50. jelasin donk apa fungsi-fungsinya

    Posted by andri | Agustus 3, 2010, 8:39 am
  51. bagus bisa nambah pengetahuan%$^*

    Posted by inda faturohma | Agustus 3, 2010, 12:07 pm
  52. thanks pr ku udah selesai karena bacaannya sesuai dengan pr aku

    Posted by inda faturohma | Agustus 3, 2010, 12:14 pm
  53. mau tanya…
    gelembung pembau apaan sih,,,…????

    Posted by beauty | Agustus 12, 2010, 10:36 am
  54. APA YANG DI MAKSUD SISTEM PERNAFASAN MANUSIA?

    Posted by WAHDANIYATUL UMAH | Agustus 28, 2010, 6:29 am
  55. klu bz lebih detail ea!!

    Posted by tika dwi | Agustus 30, 2010, 6:38 am
  56. jelasin tentang contoh ganguan pada pernafasan donk???????????

    Posted by ellen | September 9, 2010, 8:58 am
  57. apa tanda tanda adanya penyakit dalam pernapasan…..
    tolong di balas yach…………….

    Posted by indah | September 26, 2010, 10:34 pm
  58. Tolong yach Guru NgeBlog saya mau tanya soal nich………
    Yang diperlukan dalam pernapasan adalah zat…

    Posted by Putri | September 27, 2010, 11:16 am
  59. tlong jlazin lbih jlaz yuaa,, spaya kami para pelajar n smuanya dpat mengerti lbih jlaz thanks,,
    tntang sistem parnafasan pada manusia…

    Posted by yohanna silalahi | September 28, 2010, 10:41 am
  60. tolong jelasin tentang pengukuran CO2 dalam sistem pernapasan donk…
    thanks…

    Posted by lili | September 29, 2010, 3:00 am
  61. thanks…
    sngt mmbntu tuk ngrjain pr

    Posted by lia | Oktober 6, 2010, 8:19 am
  62. pd mnta jlasin emg u swma ngrti bkin’a ap??

    cm 1 kata untuk pembuat web ini,,
    good job!!!

    @vidya:khan kalau kita bernpas menghasilkn uap air+CO2..
    jd,itu alesan’a.

    Posted by enrica | Oktober 8, 2010, 3:26 am
  63. cukup membantu untuk Tugas saya!Thank You

    Posted by jasmin | Oktober 14, 2010, 3:28 am
  64. kereenn..
    tapi masii kurang lengkap,
    bahas lebih mendetail duunnk !

    Posted by micha | Oktober 22, 2010, 2:30 am
  65. Nama vaksinnya juga, ya!

    Posted by gr4354 | Oktober 24, 2010, 7:24 am
  66. penyakit nya JUGa dong????
    JaWAB ya………….!!!!! :D

    Posted by giovani | November 8, 2010, 11:42 am
  67. aku boleh nanyak ng2k..???

    sistem pernapasan pada bayi, orang dewasa, dan orang tua kan berbeda..

    nah…jadi, dimana letak perbedaan tersebut..

    trimakasih…

    Posted by endi | November 11, 2010, 4:29 pm
  68. bgmana cr memahi pernapasan lwt praktikum?

    Posted by evi | November 19, 2010, 5:34 am
  69. wah, mnrut saya uda lengkap…terimakash, sangat amat membantu…

    Posted by bangun | Februari 5, 2011, 11:11 am
  70. buat vidya : seperti djelaskn diatas, qta brnafas untk mndptkn energi dan mngluarkan CO2 (karbondioksida) dan H2O (uap air)..
    jd ko kta brnafas ddpan kaca trz ada uap.na brti itw adalah H2O…

    Posted by bangun | Februari 5, 2011, 11:15 am
  71. apa saja mcm pnykitnya???????????????

    Posted by devi | Februari 28, 2011, 6:39 am
  72. thank’s ya……

    Posted by ASTRIAN THE RELIC | Maret 13, 2011, 10:48 am
  73. udah bagus penjelasannya…tapi kayaknya ad yg salah dech.
    udara residu itu 1000cc jd kapasitas vital paru 3500cc

    Posted by cah_ayyu | Maret 19, 2011, 9:13 pm
  74. penjelasannya cukup memuaskan , tapi kurang begitu detail…………
    hho

    Posted by arkun blitar | Mei 15, 2011, 1:49 am
  75. makasih bro0 sangat membantu sekali

    Posted by dhimasdwu | Mei 26, 2011, 11:09 pm
  76. contohny juga donk supaya kita mengerti klo d baca sory gue nih bocah tapi ada koment y gini harus lengkap dan padat y ingat itu

    Posted by Mulki Muhammad | Juli 18, 2011, 11:08 am
  77. thx bgt nieh infonya,untung dehh buat tugas ipa ku.

    Posted by Phoebe Beatrice II | Agustus 1, 2011, 1:08 am
  78. ow jadi mudeng klo gini ha,ha,ha aku memang suka bercanda koq ha,ha,ha……stt belajar yang serius yaw klo enggak jadi bloon lho ha,ha,ha ^_^

    Posted by natasya pearl | Agustus 9, 2011, 12:12 pm
  79. mm bagus jugaa .. :D

    Posted by fathur | Agustus 27, 2011, 5:47 am
  80. em tgas ku kok gg tkmu” iia…

    Posted by Angelica Sang Malaikat Kecil | September 8, 2011, 12:08 pm
  81. sip. bagus isi teorinya. lengkap. apalagi, ini pelajaran yang sangat berguna bagi saya. terima kasih infonya. saya bisa belajar lagi dengan sungguh-sungguh.. :)

    Posted by Abiyyukesna Adisuksma | September 9, 2011, 2:07 pm
  82. Makasih Dengan Gini Ku gak usah susah susah ngetik tugas tinggal COPY PASTE aja dari sini Skali Lagi Saya Ucapkan Terima Kasih

    Posted by wildan nur ikhsan | September 21, 2011, 11:11 am
  83. jelek bngetz deh

    Posted by dewi | September 26, 2011, 8:48 am
  84. ngebantu banget pak/ibu guru ^^
    mudah2an saya gak remidial biologi lagi haha..

    Posted by diah | September 30, 2011, 9:45 pm
  85. Materi yang ditampilkan sangat baik , karena mudah dimengerti

    Posted by Yus Kalape | Oktober 12, 2011, 1:17 pm
  86. mksih info ny ,..
    mmbntu bnget ntuk bljar :D

    Posted by thalita aman | Oktober 13, 2011, 7:59 am
  87. thenk you…………..? berkat jawaban ini saya bisa mengerjakan soal yang di berikan ibu guru saya di sekolah

    Posted by nurfadillah | Oktober 14, 2011, 5:35 am
  88. Informsí nyà udah bgus.
    Tpi lbi bgus gé klw ad pnjelasan tntng pnykit ny jga..oky..

    Posted by Hanifal hafizy | Oktober 16, 2011, 12:15 pm
  89. cara mencegah peeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeenyakitnya

    Posted by BhinEka Nusa Kauh | Oktober 17, 2011, 12:08 pm
  90. tolong dund, ada brpa gelambir paru2 yg knan…?
    blzzz yuaph…!!!
    please…:) gw mhon….sblumnya thank’s

    Posted by Silfia Fitrianissa | Oktober 19, 2011, 12:43 pm
  91. nama lain pertukaran o2 & co2 apa?……..
    difusi ya,,,, apa yang lain,,,,,,,
    hehehehehe

    Posted by Jo | Oktober 24, 2011, 3:37 pm
  92. cukup bagus, cuma sayang kurang contoh soal dan pembahasan soalnya.

    Posted by amirul | Oktober 26, 2011, 6:53 am
  93. BETUL1…BETUL…BET1`UL

    Posted by asep muhammad ramdan | Oktober 30, 2011, 12:51 am
  94. apa yang disebut dengan trakea

    Posted by delia | November 3, 2011, 11:15 am
  95. apa yang disebut faring

    Posted by lia | November 3, 2011, 11:20 am
  96. makasih udah bantu aku buat tugass… :D

    Posted by aia | November 4, 2011, 1:00 pm
  97. mkasih,,, aq copas proses prnapasan bwt tgas explaination,,,
    mksih,,, ini sngt mmbntu!?!?!?

    Posted by teteh | November 7, 2011, 11:55 am
  98. penjelasan seperti itu sudah sering aku temui jadi lok bisa lebih di detailkan heeeeee?

    Posted by habibah | November 14, 2011, 6:08 am
  99. sekalian dong pengertian residu, suplementer, komplementer, udara vital, udara total sma jumlah kapasitasnya

    Posted by niiwiiky | November 16, 2011, 9:35 am
  100. penyakitnya boleh di mention ga?
    buat tugas kelas 8 nih -,-

    Posted by AltairDEagle | November 22, 2011, 12:56 pm
  101. Apakah frekunsi bernpas mnusia itu prlu d prhtikan ?

    Posted by Fira malya hayatie humairah | November 25, 2011, 2:46 pm
  102. ini sangat membantu tugas saya sbg plajar ..
    thx for info .., :)

    Posted by pudja | November 30, 2011, 9:58 am
  103. perbedaan udara residu dan udara ridal itu apa ?

    Posted by qwerty | Desember 5, 2011, 10:58 am
  104. boleh tanya apa itu pernafasan tidal ?

    Posted by kezia prasetyo | Desember 5, 2011, 2:01 pm
  105. please give me answer !

    Posted by kezia prasetyo | Desember 5, 2011, 2:03 pm
  106. Tolong jelaskan proses inspirasi dan ekspirasi normal dan faktor yang mempengaruhi gerakan pernafasan.
    thanks before :-)

    Posted by Ina Cliquers Tekdinkdink | Desember 7, 2011, 12:11 pm
  107. tolong donk,, ttg pernafasan di pelajaran smp kelas 2??

    Posted by agkhu fatinn farhana | Desember 14, 2011, 9:08 am
  108. kurang lengkap penjelasannya

    Posted by leann danielli | Desember 28, 2011, 8:30 am
  109. lebih lenkap lg ya!!!! ^_^ :D

    Posted by leann danielli | Desember 28, 2011, 8:31 am
  110. aku banyak pr nih… :p

    Posted by leann danielli | Desember 28, 2011, 8:32 am
  111. keren ????????????

    Posted by ratu | Januari 11, 2012, 11:42 am
  112. fungsi trakea apa sih? makasih :)

    Posted by arini | Januari 12, 2012, 8:24 am
  113. kelainan2 pada sistem pernafasanya 5na ?
    kok blum di jelasin…
    harusnya tw di lengkapin sekalian
    gtttt

    Posted by arkabandi | Januari 14, 2012, 10:27 am
  114. pleass donk jlasin yg lebh lengkp lagi

    Posted by yuni indah | Januari 18, 2012, 6:52 am
  115. cukup lengkap,,,
    thanks :)

    Posted by masyira | Januari 20, 2012, 12:28 pm
  116. saya ingin tahu bagaimana proses pernapasan bagi orang yang sedang sakratulmaut,,,?
    jelaskan menurut anda..!

    Posted by chyka | Januari 24, 2012, 3:51 am
  117. bagaimana proses pernapasan pada porifera…?

    Posted by thantye | Januari 24, 2012, 3:56 am
  118. bgus bngt

    Posted by satria | Januari 29, 2012, 8:42 am
  119. membantu banget,,,

    Posted by muhammad risal | Februari 1, 2012, 2:31 pm
  120. thankss bgt…nc udh bisa membantu aku untk bs mengisi tuas2 dri sekolah…:)

    Posted by bella | Februari 2, 2012, 3:40 pm
  121. apa perbedaan pernapsan dengan manusia

    Posted by fifi ayu fitrianti | Februari 8, 2012, 6:30 am
  122. aduh,,,,,,,,,,,,,,
    enak jga ea bljar ndheg
    internet…………………….
    hehehehehe,,,,,,………………..

    Posted by Ainur Ridho | Februari 8, 2012, 7:52 am
  123. Penjelasannya kurang lengkap.

    Posted by Vira | Februari 13, 2012, 11:05 am
  124. kurangg lengkappp pembahasan ny :(

    Posted by adinda aulia putri | Februari 13, 2012, 12:11 pm
  125. thx,info.naa

    Posted by nickD'luck | Februari 20, 2012, 8:24 am
  126. Thanks ya…
    ada g’ hal2 yg mnarik dri sistem respirasi manusia??

    Posted by Jois | Februari 20, 2012, 11:24 pm
  127. hm, mw.nya sich ad mcam2 penyakit.y….. eheheh
    but anyway, thanks for this…. eheheh

    Posted by ani_unyuuu | Februari 27, 2012, 2:51 am
  128. Kyk ny msh ada kekurangan ny, gangguan pada sistem pernapasan tdk di sebutkan.

    Posted by OKA | Maret 1, 2012, 2:45 pm
  129. bsa jelasin proses2 respirasi, dan proses pengangkutan CO2?

    Posted by Rais | Maret 3, 2012, 9:46 pm
  130. waawa bagus sekali itu bisa tambah pintar
    gxz

    Posted by habil cayang kalian | Maret 6, 2012, 11:50 am
  131. tolong donk jelasin fungsi bronkus,,bronkeolus,,dan alveolus
    thank you

    Posted by Adelia Evelyn Calista | Maret 23, 2012, 12:25 am
  132. Makasih banyak…. ^_^

    Posted by Daffa Anak Painan | April 2, 2012, 10:50 am
  133. apa yang di maksud dengan

    pernapasan

    Posted by umam | April 10, 2012, 12:52 pm
  134. saya ingin mendownlod video alat pernafasan ini

    Posted by musidi | Juli 3, 2012, 12:50 pm
  135. adakah video yang dapat didownloud???????????

    Posted by musidi | Juli 3, 2012, 12:55 pm
  136. klu bisa animasinya pake bhs indonesia aja agar mdh dipahami…

    Posted by Aty | Juli 9, 2012, 10:00 am
  137. kasih tau lebih lenkap donk..! cepetan saya ada tugas nie..

    Posted by alvi restiawati | Juli 19, 2012, 12:34 am
  138. o…begini fungsi-fungsi alat pernapasan:D
    klo gatau cari dong he..he..he..;-

    Posted by vini shiva | Juli 27, 2012, 5:18 am
  139. ehhh ini tuh kelas brp coba ;)

    Posted by abisar | Juli 29, 2012, 3:00 pm
  140. semoga dapat menambah hazanah pengetahuan anak2 dan pendidik di sekolah kami

    Posted by musidi | Agustus 10, 2012, 11:27 am
  141. izin copy y. . .

    Posted by triari nizuar | Agustus 18, 2012, 1:33 am
  142. mengapa pernapasan sering terganggu

    Posted by wahyu | Agustus 30, 2012, 4:17 am
  143. tolong jelaskan tentang penyakit-penyakitnya :)

    Posted by trisna paramytha | September 15, 2012, 11:28 am
  144. thanks bung ‘_’)b

    Posted by Laras | September 19, 2012, 12:41 am
  145. Bhn nya kurang lengkap anak anak bingung

    Posted by erica | September 24, 2012, 7:22 am
  146. apa tu…

    Posted by sri winda utari | September 25, 2012, 8:36 am
  147. emmmz,,mkasih ats smw info2 nya,,ini dpt mmbantu sya dlm mnyelesaikn tugas2 skolah,khususny ipa

    Posted by silvia andesta | September 26, 2012, 11:58 am
  148. gx ada conton nya
    pernapasan pd manusia

    Posted by Gdr-irfan Dorkscuppu | September 27, 2012, 8:41 am
  149. Bagaimana ini, aku lagi cari jawaban tapi tidak lengkap, carikan materi kls 5 sd materi alat peredaran darah!

    Posted by Arsya | September 27, 2012, 12:36 pm
  150. good ckp mmbantu saya,,,

    Posted by tatik | September 30, 2012, 2:52 am
  151. kurang lengkap nich pembahasannya , dx ada kya jenis2 kelainannya, penyebab kelainan, dan cara pencegahan kelainan itu . . . . kasih tauna lbih lengkap donk sya lg bnyak tugas . . . . .

    Posted by Renatalia Marselinda | September 30, 2012, 11:48 am
  152. smua tgas ku terasa ringan Berkat Penjelasan In. . .

    Posted by ayhu | September 30, 2012, 1:58 pm
  153. Cara kerjanya gimana aja….cepetan gue lagi ada tugas nie…….

    Posted by Reyhan | Oktober 3, 2012, 1:41 pm
  154. pelajaran smp kls 8 tuh.,

    Posted by choelifatussa"adah | Oktober 5, 2012, 12:44 pm
  155. kalo cari udara vital tu gimana

    Posted by titania afel oberon | Oktober 15, 2012, 11:12 am
  156. jelasin juga dong kapAn pernafasan perut dan dada terjadi…..

    Posted by rhieyya | Oktober 16, 2012, 2:40 am
  157. paru-paru kanan 3gelambir, pernafasan perut dan dada terjadi secara bersamaan. hanya saja terkadang ada yg lebih menonjol, apakah kt memakai pernafasan dada atau perut. thnks!

    Posted by widhah raihanah | Oktober 24, 2012, 1:06 pm
  158. jalasin donk cara bernafas nya

    Posted by syafiq | Oktober 31, 2012, 5:31 am
  159. paru” mana yg lebih besar”
    dh jelas kan”

    Posted by roeland yuswandi molang | November 19, 2012, 4:19 pm
  160. gann !! mna ne arti udara koplementer ama suplementer ??
    Pleassee !!
    Btuhhhhhh !!!!!!!
    #

    Posted by babi | November 21, 2012, 11:48 am
  161. Really Cool!!I love this!

    Posted by Benny | November 30, 2012, 9:22 am
  162. membantu sih.. tapi tolong kasih soalnya sekarang juga ya,, n hanya itu aja kan yg termasuk sistem pernapasan??

    Posted by anggi | Desember 3, 2012, 8:34 am
  163. apakah yang di maksud udara tidal
    ” ” ” ” ” residu
    ” ” ” ” ” komplementer
    ” ” ” ” ” suplementer
    kapasitas votal paru – paru
    kapasitas total paru – paru
    tOlong cepat jawab ya,,,,,

    Posted by ALvian Andika Pratama | Desember 9, 2012, 11:53 am
  164. thanks

    Posted by chainitaa | Februari 12, 2013, 6:17 am
  165. wah, bagus banget terimakasih ya…..

    Posted by susan | Mei 10, 2013, 10:19 am
  166. jelaskan proses pernapasan pada manusia?

    Posted by viandra aurora | Agustus 22, 2013, 5:15 am
  167. taks infonya.jangan lupa kita bersyukur atas ciptaan Alloh .Alhamdulillah

    Posted by nurmani | Agustus 29, 2013, 3:43 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BLOG ini merupakan bentuk ungkapan TERIMA KASIH, seorang alumni/siswa ( I KETUT DIANA ADHI,S.KOM aka kuncunk, kepada bapak/ibu guru khususnya SMU 1 Melaya, Jembrana, Bali yang telah memberi berbagai ilmu selama saya belajar di sekolah tercinta..Jasa bapak / ibu guru tidak akan saya lupakan
Untuk materi, mohon maaf sebesar besarnya, karena basic saya yang cuma orang IT/ computer science, dan cuma bisa mengumpukan bahan dan materi ajar dan menyajikan dalam sebuah BLOG..
Saya merasa materi yang disajikan banyak kekurangannya, mudah mudahan saran dan kritik pengunjung bisa membuat blog ini berguna bagi pendidikan Indonesia..

Mudah mudahan blog ini bisa menjadi motivasi bagi pendidik untuk lebih bisa memanfatkan media IT demi kemajuan pendidikan Indonesia.

MAJU TERUS PENDIDIKAN INDONESIA

Kunjungi Paket Liburan ke Bali

Statistik

  • 7,662,730 hits
Education Sites Catalog
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 136 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: