//
you're reading...
Sistem Transportasi

Sistem Transportasi/Peredaran Darah pada Manusia


Sistem transportasi manusia

Sistem transportasi manusia

Transportasi ialah proses pengedaran berbagai zat yang diperlukan ke seluruh tubuh dan pengambilan zat-zat yang tidak diperlukan untuk dikeluarkan dari tubuh.
Alat transportasi pada manusia terutama adalah darah. Di dalam tubuh darah beredar dengan bantuan alat peredaran darah yaitu jantung dan pembuluh darah.
Selain peredaran darah, pada manusia terdapat juga peredaran limfe (getah bening) dan yang diedarkan melalui pembuluh limfe.
Pada hewan alat transpornya adalah cairan tubuh, dan pada hewan tingkat tinggi alat transportasinya adalah darah dan bagian-bagiannya. Alat peredaran darah adalah jantung dan pembuluh darah.

1. Darah
Bagian-bagian darah

Sel-sel darah (bagian yg padat)

  • Eritrosit (sel darah merah)
  • Leukosit (sel darah putih)
  • Trombosit (keping darah)
sel-darah

sel-darah

Plasma Darah (bagian yg cair)

  • Serum
  • Fibrinogen

Fungsi Darah
Darah mempunyai fungsi sebagai berikut :
1. Mengedarkan sari makanan ke seluruh tubuh yang dilakukan oleh plasma darah
2. Mengangkut sisa oksidasi dari sel tubuh untuk dikeluarkan dari tubuh yang dilakukan oleh plasma darah, karbon dioksida dikeluarkan melalui paru-paru, urea dikeluarkan melalui ginjal
3. Mengedarkan hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar buntu (endokrin) yang dilakukan oleh plasma darah.
4. Mengangkut oksigen ke seluruh tubuh yang dilakukan oleh sel-sel darah merah
5. Membunuh kuman yang masuk ke dalam tubuh yang dilakukan oleh sel darah putih
6. Menutup luka yang dilakuakn oleh keping-keping darah
7. Menjaga kestabilan suhu tubuh.

2. Jantung

jantung-manusia

jantung-manusia

Jantung manusia dan hewan mamalia terbagi menjadi 4 ruangan yaitu: bilik kanan, bilik kiri, serambi kanan, serambi kiri. Pada dasarnya sistem transportasi pada manusia dan hewan adalah sama.

3. Pembuluh Darah
Ada 3 macam pembuluh darah yaitu: arteri, vena, dan kapiler (yang merupakan pembuluh darah halus)

Pembuluh Nadi

  • Tempat Agak ke dalam
  • Dinding Pembuluh Tebal, kuat, dan elastis
  • Aliran darah Berasal dari jantung
  • Denyut terasa
  • Katup Hanya disatu tempat dekat jantung
  • Bila ada luka Darah memancar keluar

Pembuluh Vena

  1. Dinding Pembuluh Tipis, tidak elastis
  2. Dekat dengan permukaan tubuh (tipis kebiru-biruan)
  3. Aliran darah Menuju jantung
  4. Denyut tidak terasa
  5. Katup Disepanjang pembuluh
  6. Bila ada luka Darah Tidak memancar

1. Sistem peredaran darah tertutup dan peredaran darah ganda

Dalam keadaan normal darah ada didalam pembuluh darah, ujung arteri bersambung dengan kapiler darah dan kapiler darah bertemu dengan vena terkecil (venula) sehingga darah tetap mengalir dalam pembuluh darah walaupun terjadi pertukaran zat, hal ini disebut sistem peredaran darah tertutup.

Peredaran darah ganda pada manusia, terdiri peredaran darah kecil (jantung –paru-paru – kembali ke jantung) dan peredaran darah besar (jantung – seluruh tubuh dan kembali ke jantung). Peredaran ini melewati jantung sebanyak 2 kali.

5. Getah Bening
Disamping darah sebagai alat transpor, juga terdapat cairan getah bening. Terbentuknya cairan ini karena darah keluar melalui dinding kapiler dan melalui ruang antarsel kemudian masuk ke pembuluh halus yang dinamakan pembuluh getah bening (limfe)

Penyakit pada Sistem Transportasi
1. Anemia
• Anemia sel sabit merupakan penyakit menurun tak bisa diobati
• Anemia perniosa, rendahnya jumlah eritrosit karena makan kurang vit B12
2. Talasemia
Sel darah merah abnormal,umur lebih pendek,diasesi dengan transfusi darah
3. Hemofili
Darah sulit/tidak bisa membeku
4. varises
Pelebaran pembuluh vena
5. Atherosklerosis
Penyumbatan pembuluh darah oleh lemak
6. Arteriosklerosis
Penyumpatan pembuluh darah oleh zat kapur
7. leukopeni
jumlah sel darah putih kurang dari normal

Tentang iklan-iklan ini

Diskusi

346 thoughts on “Sistem Transportasi/Peredaran Darah pada Manusia

  1. terima kasih banget dah buat blog ini.
    Saya harap bisa lebih lengkap dalam penyajiaannya. terima kasih..

    Posted by asnite14mrw | November 8, 2008, 5:22 am
  2. thanks banget ….
    dengan ne kaya’y tugas” siip…..

    Posted by arie | November 20, 2008, 7:56 am
  3. terima kasih tuk artikel nya tuk tambahan pengetahuan anakku yg mau uas

    Posted by mia | Desember 3, 2008, 9:35 pm
  4. buagus bangest. ditammbahin llagi ya…….. biar lenngkapp dan lebih luas matterinya………

    Posted by ida | Desember 4, 2008, 2:05 am
  5. kurang lengkap beritanya……mudah-mudahan bisa dilengkapin lagi mengenai getah beningnya.

    Posted by aulia | Desember 4, 2008, 7:33 am
  6. ah bagus banget ini artikelnya nambah wawasan aku hehe

    Posted by dita | Desember 22, 2008, 3:28 am
  7. aah……..bagus banget….
    ngebantu tugas aq….hohohohoh

    Posted by Yulia | Desember 22, 2008, 10:10 am
  8. makasih banget, mumpung lagi ujian praktek hehe

    Posted by kill 24 | Januari 13, 2009, 1:09 pm
  9. Bagus buangeet nih artikelnya sangat membantu tugas saya

    Posted by Yuni hardianti | Januari 14, 2009, 7:49 am
  10. Makasih banget Dgn ada ini bs bantu tugas2 gue supaya tambah lengkap ok…..!!!!

    Posted by Raka | Februari 5, 2009, 12:05 pm
  11. sistem transportasi pada tumbuhannya mana kak?? bgus bloknya tp dilengkapi lagi ia..makasii

    Posted by puteri | Februari 8, 2009, 3:14 pm
  12. terimakasih ilmunya

    Posted by anie(aceh) | Februari 10, 2009, 11:16 am
  13. wah info yang sangat bermanfaat nih … oke banget

    salam kenal

    Posted by mastal | Februari 13, 2009, 11:15 am
  14. terima kasih ilmunya

    Posted by achoey | Maret 18, 2009, 8:45 am
  15. makasi Boss
    berguna Untuk UASBN nih

    Posted by Abah | April 13, 2009, 10:29 am
  16. hmm.. bisa gag buatkan skema peredaran darah besar dan peredaran darah kecil..???

    =)

    Posted by Linanda | April 23, 2009, 11:07 am
  17. organ apa saja kah yang ikut membentuk sistem transportasi ?
    mohon dijawab

    Posted by echaa | Mei 3, 2009, 5:48 am
  18. thanks infonya

    Posted by Elma Ismail | Mei 25, 2009, 7:06 am
  19. sistem peredaran darah yang terbuka sama tertutup harusnya lebih lengkap.
    kaya arteri polmonais, vena cava superior, vena cava inferior, dll.. +gambar+penjelasan,
    itu yang rumitnya.. bagian itu di buku pelajaran saya kurang jelas gituh..hehe..

    Posted by ai | Mei 26, 2009, 5:25 pm
  20. i think is not bad

    Posted by et8liajambi | Mei 27, 2009, 2:36 am
  21. Thanks for giving me a new thing, but just out of couriousity, making about unicellular will get better. Because it seldom published.

    Posted by Sarah | Juli 28, 2009, 1:51 pm
  22. Tulisan Anda berguna untuk bahan Pekerjaan Rumah (PR) anak saya di Kelas V SD.Terima kasih atas tulisannya.

    Posted by nana | Agustus 4, 2009, 2:47 pm
  23. terima kasih infonya

    Posted by sunarno | Agustus 6, 2009, 2:32 am
  24. thanK you nieh yang dah bikin ni tugas………

    membantu banget nih bwat ngerjain tugas….. untung ada blog ini, abis akuw ga punya buku bwat ngerjain nieh tugas….

    thank tou bangettttttt

    Posted by elitatha@ymail.com | Agustus 18, 2009, 12:33 pm
  25. Bagus…Top…lahhhh! tapi tolong lengkapi lagi dong ! Example mekanisme pembekuan darah, etc…..biar lebih afdhal gitchuuuuuuuuuuuuuuuuu

    Posted by Ida R. | Agustus 29, 2009, 1:15 am
  26. bagus untuk mengenal macam macam alat peredaran darah dalam kelas V

    Posted by rere | September 2, 2009, 9:53 am
  27. terimakasiiiih banyaaaaaaaaak :D
    tugasnnya jadi selesai deeeeh..

    Posted by cut shabrina | September 9, 2009, 6:14 pm
  28. wah…bagus sekali tentang penjelasan peredaran darah. aku jadi bisa lebih baik dalam belajar ipa jadi aku bisa mendapatkan peringkat 1 lagi dech…

    Posted by denna anggita | September 10, 2009, 3:55 am
  29. dari gambar-gambar yang tertera sudah bagus tapi alangkah baiknya gambar tersebut warna, sehingga dapat mudah diamati

    Posted by HENDRI | September 12, 2009, 6:35 pm
  30. TQ ud kasih tau

    Posted by Chanzzzz | September 15, 2009, 8:24 am
  31. hehehehhehehehh mantap

    Posted by Chanzzzz | September 15, 2009, 8:26 am
  32. makasih banyak yang sebesar-besarnya buat yang bikin informasi ini,,sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas.

    Posted by ahmadriyani | September 21, 2009, 9:42 am
  33. it’s good.tolong penjelasan yg lebih diperinci.bisa diperbanyak gambarnya?

    Posted by biyanda | September 22, 2009, 7:07 am
  34. okok .
    makasih invonya …
    ngeringanin tugas presentasi nii . ^^

    Posted by iindt | September 27, 2009, 2:32 am
  35. thanks untuk pengetahuan tapi ntar nambah lagi ya. sukses selalu

    Posted by ciptorahardjo | September 27, 2009, 10:18 am
  36. Terima kasih atas infonya,sangat berguna bagi anak saya…

    Posted by Ria | September 29, 2009, 11:22 am
  37. mksih bgt atas artikelnya . byk pengetahuan yg gw dpt bwt ul ipa yg susah bgt besok.

    Posted by jesica levana | September 30, 2009, 9:23 am
  38. goood.
    not bad for children like me

    Posted by biyanda | September 30, 2009, 2:18 pm
  39. krennnnnnnnn jga ngebantu ci sdikit !!!!!!!!!!.

    Posted by adam | Oktober 3, 2009, 8:10 am
  40. bagus nih klo bisa bantu tugas skul.kirim dong skema peredaran darah besar & kecil pada mns dewasa & anak. tq.successsssss

    ss

    Posted by yekti | Oktober 5, 2009, 10:04 am
  41. ku pgn d tmbh lgy y biar luas pengetahuanya !!!
    Oke

    Posted by phejhe | Oktober 5, 2009, 11:16 am
  42. ku pgn d tmbH LGY PENGEThuNY yahhhhh biar luas!!!!!!
    OkE

    Posted by phejhe | Oktober 5, 2009, 11:18 am
  43. ditambah donk isinya!!!

    Posted by lisa | Oktober 8, 2009, 5:47 am
  44. dah bagus tp krg dkt soal kelainan darah kalo bisa

    Posted by imsy | Oktober 11, 2009, 7:33 am
  45. ih bagus banget artikelnya
    artikelnya menambah wawasan hehehehehehehhehehehehehehhehehe
    tambahin artikelnya supaya lebih lenkap

    Posted by felix | Oktober 12, 2009, 2:35 pm
  46. makasih buuuuuuuuuuuuuuuuuuuuanget :). ni bnr2 bntu aku dlm ngrjain tgs. Tp kalo bisa dilengkapin lage soalnya msh da yg krg…
    thnk’s a lot…..

    Posted by adhie abdul | Oktober 13, 2009, 10:35 am
  47. pak otak smpean wonten pinten to,
    kok endak…kulo tanglet Rumuse OKE

    Posted by bagus | Oktober 18, 2009, 3:27 am
  48. waahhhhhhhhhhhhhhhhh ni sanagat bantuin q banget makch yaaaaaaaaa!!!!

    Posted by munzahry | Oktober 19, 2009, 9:02 am
  49. KeRen bGt niCh,,

    Posted by thyta | Oktober 20, 2009, 1:51 pm
  50. thx bosss.
    nilai UTS gw jadi nambaH!!

    Posted by raciL | Oktober 21, 2009, 2:27 am
  51. infone dah lumayan bgus………
    Tp bs dprjlas lg ga’? patofisiologisnya……..

    Posted by ipoet | Oktober 22, 2009, 7:48 am
  52. thank you so much…
    nie bisa jadi bahan proyek akhir saya…
    tq ea… ^_^

    cayo..

    Posted by baypaz | Oktober 22, 2009, 10:13 pm
  53. wah, lumayan buat belajar nih…
    temen2 aku juga ada yg nyari tugas kesini

    Posted by Rez-Q(SMPN4TANGSEL) | Oktober 23, 2009, 12:08 pm
  54. Huffftt….untung ada artikel ini,aku jadi bisa belajar tentang peredaran darah

    Posted by Mustika Anbiyasa | Oktober 23, 2009, 1:17 pm
  55. ihh wouw thanks ia.. quw ska bngd…

    Posted by chenya | Oktober 23, 2009, 3:11 pm
  56. gambar’y d’perbanyak lagi donk.

    jadi ga bosen kalo banyak gambar ya

    Posted by trisna puspita sari | Oktober 24, 2009, 9:06 am
  57. Ziiippp….materinya lengkap…tapi tambah materinya lagi ya…biar aku bisa tambah pengetahuan lagi… :)

    Posted by Raka | Oktober 25, 2009, 12:02 pm
  58. menarik n mudah di pahami

    Posted by latif | Oktober 26, 2009, 7:48 am
  59. I think that cool

    Posted by diahhh | Oktober 30, 2009, 1:23 pm
  60. bagus sekali hanya saja gambarnya lebih detail githu!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Posted by riEzqi | November 3, 2009, 11:44 am
  61. materinya bagus…..

    Posted by mala | November 4, 2009, 4:01 am
  62. INi adalah materi yang lengkap coz materi nya singkat,end jels :)
    :p

    Posted by danz | November 4, 2009, 6:32 am
  63. bagOs cih bOleh LagH…….
    tp Kyk ny pErLu leBih luAz aGi dAh,,,,
    biar TamBh bAgoz,,,,
    tP klo q Yg di sUruh ci mungkn gg bsa….
    gOoed LucK……

    Posted by _putri_veBh...... | November 4, 2009, 8:43 am
  64. semunya sudah mantap,tapi tolong donkvena dalam tubuh lebih lengkap keteranganya secara satur persatu,ok thanx.gbu

    Posted by CANA | November 4, 2009, 3:00 pm
  65. thank …………..
    nie bisa bantu tugas ggu ……..
    perbnyk lgi gech informasi’a

    Posted by iday | November 8, 2009, 4:42 am
  66. bagus sekali untuk kepinteran.biar jadi gampang melajarin nya

    Posted by r.andhaka gilang.p | November 10, 2009, 12:23 pm
  67. :D

    Posted by r.andhaka gilang.p | November 10, 2009, 12:24 pm
  68. bagus saya bisa mengerti tentang hal ini

    Posted by dandy | November 15, 2009, 4:08 am
  69. Woow….! menarik sekali peredaran darah itu tapi ada lagi gak yang lebih lengkap

    Posted by Dika | November 16, 2009, 10:56 am
  70. Thanks ya…
    dengan ini tugas2 w bisa terselesaikan…
    dan menambah wawasan w tentang sistem peredaran darah…

    Posted by dany | November 17, 2009, 3:36 am
  71. makacih y…………..bwt iformasinya………..

    Posted by yessie | November 17, 2009, 4:51 am
  72. makasih ya, sudah mau berbagi ilmu semoga kedepannya bisa lebih baik…

    Posted by zamri | November 17, 2009, 5:14 am
  73. mksie yaw ats informasi’a

    Posted by atik | November 19, 2009, 2:21 am
  74. it’s good for me and for my knowledge

    Posted by JOOOOONY | November 19, 2009, 3:36 am
  75. makasih da kasih tau

    Posted by peot | November 19, 2009, 5:27 am
  76. tanks banyak yaaaa???

    Posted by tekad | November 20, 2009, 2:00 am
  77. penegn nanya dong? yang di maksud mefalwi pembuluh itu apaan sih?

    Posted by desi | November 21, 2009, 1:43 pm
  78. thanx bwt blog ini…
    aq jd bs nyari bahan bwt tugas,,
    salam kenal…

    Posted by fitria nazira | November 23, 2009, 11:10 am
  79. thank’s . . . .
    saya biza ngerjain tugaz

    Posted by putry | November 25, 2009, 7:59 am
  80. thankzzz bwangtzz atz info’a yaw…
    tp ak blm ngrti bwngtzz nich tntg arteri pulmomalis trz tntng arteri” laen’a
    trimzzz taz info’a

    Posted by are_ri | November 26, 2009, 12:22 pm
  81. Makasih ya..

    Lg belajar bwt lomba jadi ada sumbernya

    Posted by Pelajar SMP | November 28, 2009, 1:56 pm
  82. baguuus bgd jd teu ttg kelainan2 pd sitem peredaran darah…. thanks

    Posted by iant | Desember 1, 2009, 1:54 am
  83. thanks y.
    psing w gr2 biologi jd ilang.
    jelasin lg tntng perdaran darah kecil dan bsar y

    Posted by aat | Desember 7, 2009, 6:38 am
  84. thanks y.
    psing w gr2 biologi jd ilang.
    jelasin lbh detail lg tntng perdaran darah kecil dan bsar y

    Posted by aat | Desember 7, 2009, 6:38 am
  85. teng Qyu.
    dah bntu xelesein tgs biologi.

    Posted by aat | Desember 7, 2009, 6:40 am
  86. smoga jah lbih lbih lengkap……………..
    trim….

    Posted by rifky | Desember 8, 2009, 2:59 am
  87. lagi belajar untuk nyari tugas,,,biology,,,

    Posted by Dewi Jaharani | Desember 10, 2009, 2:53 am
  88. Thank’s atas smua pengthuan yg anda……………………………………………

    Posted by reyza | Desember 10, 2009, 8:33 am
  89. Trim’s Bli Adhie Kunxcunx, sangat bermanfaat untuk anak2ku,
    Tambah terus materinya untuk ibadah
    Merdeka!! Merdeka dari kebodohan…Merdeka dari kemiskinan !

    Posted by Dasori | Desember 11, 2009, 2:07 am
  90. thnx baget buat info nya,coba bnyakin gmbr nya.

    Posted by anak SMP | Desember 14, 2009, 1:25 pm
  91. Slam Bwt ank2 SMAN17 spyyy suxes ulgn Biologiny,,khusus utk ank 2 IA REG,,,,,,

    Posted by lodri eka nanda | Desember 17, 2009, 1:10 pm
  92. wooow,,,…. artikelny lgkp,,Mksh yyyy…..(SMAN 17 SIAK,2IPA REG)

    Posted by lodri eka nanda | Desember 17, 2009, 1:12 pm
  93. makasi udah buat blog kyk gn tp kurang lengkap buat tugasku…

    Posted by mariza | Januari 3, 2010, 8:38 am
  94. bagus sekali.tapi tambah gambarnya lagi dong.
    sukses selalu

    Posted by sa'di | Januari 6, 2010, 2:27 am
  95. Bagus bgt. di skul aq masuk materi darah. buat skema peredaran darah kecil n besar yg jelas donk…….!!!!!
    Thx ya.

    Posted by Putu Pradipta Shiva Darashciytha | Januari 9, 2010, 6:21 am
  96. Ass.Wr.Wb
    Makasih artikel nya yaa.. ngomong2, bisa dijelasin lebih detail mengenai urutan2 peredaran darah besar ?
    Termakasih banyaaak :D

    Posted by ~N | Januari 16, 2010, 2:32 pm
  97. dah ngbntu tgz qYu ,,,,
    V deket sran ne, bwt jg donk sistem skeletonnya,
    biar sistem organnya lbih kongkrit hehe..
    big thx

    Posted by ayie | Januari 17, 2010, 2:29 am
  98. Thanx. . .ne mmbntu saya untk lebih mengetahui struktur darah. . .

    Posted by Donna | Januari 20, 2010, 12:01 pm
  99. gambarnya bagus

    Posted by muh | Januari 29, 2010, 6:44 am
  100. buat penyisihan osn biologi smp,makasih banyaak :)

    Posted by lrm | Februari 1, 2010, 12:51 pm
  101. terima kasih ya atas ilmunya ..,,… berguna banget buat tugas-tugas ku :)

    Posted by puan nurrahmah | Februari 3, 2010, 6:29 am
  102. diberi fungsi sel darahnya donk

    Posted by ainun najib | Februari 5, 2010, 7:37 am
  103. Hahaha bagus juga..tpi buat skemanya dong…

    Posted by Arctic | Februari 7, 2010, 1:33 pm
  104. thx ya semoga bisa lebih banyak lagi berita kaya gini

    Posted by john | Februari 13, 2010, 5:44 am
  105. makasi iow .

    akhirx pe.er qw slese jg !!!

    Posted by orangsangar | Februari 16, 2010, 12:49 pm
  106. tp, thanks ya!!!!!

    Posted by dini ctq | Februari 19, 2010, 11:00 am
  107. Wah pak makasih.bisa bantu ulanganku.lengkapi lg

    Posted by Sakdi | Februari 21, 2010, 8:31 am
  108. ini sangat buruk!! orang yang membuat pasti tdk tahu bhs indonesia! saya minta urutan proses peredaran darah manusia..!! dikasihnya malah info ttg darah! GIMANA SIH! gak becus!

    Posted by raden kom | Februari 22, 2010, 12:04 pm
  109. terima kasih atas orang yang telah membuat informasi ini sekarang saya paham tentang peredaran darah manusia dan tugas saya sepertinya akan selesai
    untuk uasbn gituloh :-)

    Posted by freddy | Februari 23, 2010, 9:31 am
  110. kurang jelas deh .. ..

    Posted by yolanda | Februari 23, 2010, 9:50 am
  111. coba buatlah sistem peredaran darah manusia dengan detail!! Bisa gak?!

    Posted by sumargono | Februari 27, 2010, 2:53 am
  112. makasih ilmu pengetahuannya , semoga makin
    banyak lagi ilmu yang ada

    Posted by Kelvin | Maret 6, 2010, 2:58 pm
  113. waaaaaaaaaahhhhhhhhhhh………….
    bagusssssssssssssssssssssssss

    Posted by mario | Maret 7, 2010, 4:04 pm
  114. gara gara ada artikel ini qjadi tau alat peredaran darah

    Makacih yaww

    Posted by Rodli Fadel | Maret 23, 2010, 1:41 pm
  115. yang aga komplit atuh ! ! !

    Posted by boy | Maret 31, 2010, 2:29 pm
  116. makasi,,,,,,,

    Posted by ryant10 | April 1, 2010, 4:41 am
  117. makasih yah’ saya jadi lebih tahu tentang sistem peredaran darah pada manusia….

    Posted by Festy | April 3, 2010, 12:15 pm
  118. bagus sekali atas ringkasan tentang sistem peredaran ini

    Posted by yahya | April 5, 2010, 12:45 pm
  119. baguz bangetz,,tingkatin dan perbarui lg yy

    Posted by yoga | April 8, 2010, 6:38 am
  120. dasar ngota

    Posted by mitra | April 20, 2010, 11:51 am
  121. thx bgt y…..pr w jdi bsa dkerjain dh……………..

    Posted by reza | April 23, 2010, 2:01 am
  122. pak mohon di tambahin lagi donk….biar lebih jelas dan kalau bisa buat sesingkat mukin jadi gampang nyernanya

    Posted by hartini | April 25, 2010, 1:57 pm
  123. hmm,,, maksih ini bntu aq bwt UP IPA

    Posted by larshati | April 26, 2010, 12:29 pm
  124. terimakasih,artikel ini akan saya gunakan sebagai referensi dalam mengerjakan tugas saya…..

    Posted by hesti | Mei 11, 2010, 10:48 am
  125. ilmunya bermamfaat .

    Posted by putra bahagia | Juni 1, 2010, 1:15 pm
  126. Assalamualaikum…
    thanx bgt tas pengetahuan yg gamblang ni…
    mudah dipaham n sgt bantu bljr…
    moga ilmux manfaat……
    amiin……

    Posted by capric | Juni 2, 2010, 1:36 am
  127. makasih bagat ya tas artikelnya. bagus banget neh

    Posted by abdul malik | Juni 2, 2010, 11:05 am
  128. jadi semangat belajar nich

    Posted by afsyah | Juni 3, 2010, 4:18 am
  129. makasih y…….

    Posted by aisah | Juni 7, 2010, 2:09 pm
  130. Ziiippp….materinya lengkap…tapi tambah materinya lagi ya…biar aku bisa tambah pengetahuan lagi…

    Posted by Edi kurniawan | Juli 1, 2010, 1:16 pm
  131. thanks bwt blog niey
    bisa bantu qw nyelesaiin tugas

    Posted by celia | Juli 14, 2010, 1:24 pm
  132. Mas mohon untuk lebih dilengkapkan lagiii,, lebih detail,, agar bisa digunakan segala usia,, tinggal memilah bagiannya sendiri-sendiri

    Posted by saya | Juli 16, 2010, 2:00 pm
  133. wew …. bgus bner nih blog …..

    Posted by Denz | Juli 19, 2010, 10:43 am
  134. bagus buat referensi

    Posted by azam | Juli 20, 2010, 9:26 am
  135. bagus bu guru ngebantu banget tugas saya

    Posted by furqonnudien | Juli 25, 2010, 5:00 am
  136. Thank you atas materinya yaaaaaaaaaaa ………………
    akan aq sampaikan ke anak-anak ……..

    Posted by suroso | Agustus 1, 2010, 11:18 am
  137. dUcH tHaNksSs bngtzZ eA aTs cMw infO.nHa

    gW tMbH pNgTaHuAn nIe kPndt” eAnK dtAiL LgI eA LoK jLsN.nHa

    mIkUm

    Posted by DHEWIE | Agustus 18, 2010, 8:16 am
  138. baguuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuus banget :)
    thanks a lot yaa

    Posted by azizah huwaida | Agustus 23, 2010, 7:04 am
  139. isi nya da bagus,,
    tapi sistem peredaran darah besar ma darah kecil nya kurang lengkap.
    makasih!!!

    Posted by tika | September 16, 2010, 10:53 am
  140. terima kasih saya bisa ngerjain tugas banyak dan susah susah:)

    Posted by sandi ckp oe | September 19, 2010, 11:23 am
  141. thanks bgt dh di blog

    Posted by dede wulan dari | September 29, 2010, 12:27 pm
  142. KAk makasih bangetttt

    Posted by fauzi | September 30, 2010, 2:27 pm
  143. mkacie wad artikelnya…
    cangat membantu sekali….
    kpn2 lgie yaaach…..

    Posted by ajenk | Oktober 2, 2010, 8:21 am
  144. waw….artikelnya mantap bozzzz…
    bissa bantu buatt bikinn tugasss,,,
    makasii iaa bagii eann udda buadd nii artikell,,,,

    Posted by widia | Oktober 2, 2010, 8:22 am
  145. makasih artikelnya…peredaran darah besar n kecil bagaimana?

    Posted by lena | Oktober 4, 2010, 12:15 pm
  146. Pelajaran nea sangat berarti buat kami yang mau bellajar……………
    Thankz be for………..
    GBU

    Posted by Renni E.Sitinjak | Oktober 5, 2010, 12:46 pm
  147. wih padik nihan,,,utak ape kabahni…….hahahahahahah????
    makan ape kabahni sangkan pinta’ nihan.

    Posted by SINABUNG NGEBLOK | Oktober 16, 2010, 6:29 am
  148. makasih atas artikel nya ya… jadi terbantu tapi masih ada kekurngan… mungkin harus lebih lengkap penjelasannya… terima kasih

    Posted by ellen | Oktober 16, 2010, 12:33 pm
  149. ass,wr,wb
    bisa diperjelas pengertiannya dan tolong ada glosariumnya donk >>><<<<<<<

    Posted by rubbi | Oktober 17, 2010, 11:29 am
  150. trima kasih ya karna saya sudh mengerti pa tu sistem tranportasi………….
    dan pa yang dimaksud dgn adaptasi………

    Posted by irvan | Oktober 19, 2010, 7:24 am
  151. kontol lo gw cm mau lo tu tulis yang lengkap

    Posted by bayu | Oktober 21, 2010, 8:48 am
  152. good jobs

    Posted by ad | Oktober 21, 2010, 1:02 pm
  153. thx anyway info’na
    Ni is wehhh

    Posted by wewq | Oktober 23, 2010, 6:55 am
  154. Ass.Wr.Wb…………
    quE mw tNYa nuICH????????????? qu ad tgS driii sCUL,,ap sich orGn yNG Dpt mengNTRkn / yang dapt mersAkn saat drah meNGlir????????????????????????

    Posted by chaca | Oktober 24, 2010, 3:59 am
  155. maksaih kerena itu tugas ku selesai

    Posted by feri | Oktober 26, 2010, 1:19 pm
  156. ………saia sngat terbantu dngan artikel ini
    terima kasih bnyaAk,,,

    Posted by members of natural lovers | Oktober 27, 2010, 3:20 am
  157. …..dngan ini dapat mmbantu tgas makalah n power point saiA,,,,,

    terima kasih,,

    Posted by members of natural lovers | Oktober 27, 2010, 3:22 am
  158. materix kurang memuaskan
    mhon di lengkapkan

    Posted by alai | Oktober 28, 2010, 6:30 am
  159. aduh bagus banget nih artikel ku suka apalagi artikelnya tentang darah itu pelajaran biologi yg ku suka
    vi saran aku ada gambar peredaran darah besar dan kecilnya dong

    Posted by wardani | Oktober 30, 2010, 6:44 am
  160. thank you

    Posted by ibnu abbas | November 2, 2010, 1:38 pm
  161. siip,,,
    tapi tambahin lahi dong biar aku labih tau tentang jantung

    Posted by dwi naxs dentha | November 3, 2010, 6:05 am
  162. terima kasih ya telah bikin aku menggerti peredaran darah

    Posted by TIARA ANANDA PUTRI W | November 3, 2010, 10:57 am
  163. emm.. baguss nih’ . hampiiirr Lengkapp :D

    LIKE :D

    Posted by ayhieResKyAmaLia | November 4, 2010, 1:02 pm
  164. wowwww… artikelnya bermanfaat banget! i like it

    Posted by yenni rahma | November 6, 2010, 6:45 am
  165. thanks ya :)

    Posted by maytieka | November 9, 2010, 11:32 am
  166. Makasih ya Dengan Uraian” tadi pekerjaanku selesai smua…Thx Ya

    Posted by Rahmadi | November 10, 2010, 11:51 am
  167. siip banget nii.
    membantu aku belajar.
    makasih ya ? (Y)

    Posted by Muhammad Fikri Hakim | November 13, 2010, 1:33 pm
  168. gw nyari yg katak kk Ada G

    Posted by Faisol | November 15, 2010, 2:09 am
  169. bgus tu referensi’e,,,!!!!! tp gg da yua dfinisi dr pembuluh kapiler,,?????????

    Posted by Novia Nur Amalia | November 17, 2010, 12:18 pm
  170. thank you…
    tapi..kurang jelas :)

    Posted by niar | November 18, 2010, 2:00 pm
  171. thank ya…udah bantuin

    Posted by andri | November 23, 2010, 1:48 am
  172. thank ya udah bantuin tugas ipa ………

    Posted by ilham | November 23, 2010, 3:20 am
  173. bagus banget , tpi krang lengkap

    Posted by Hinata | November 24, 2010, 3:07 am
  174. terimakasih artikelnya..
    tentang peredaran getah bening dong..

    Posted by blackcatkuroneko | November 25, 2010, 1:14 pm
  175. Makasi

    Posted by Angri ramadhan | November 25, 2010, 10:23 pm
  176. klo bisa pke gambar yan lengkap biar komplit…
    tpi saya ucapkan makasih

    Posted by devi diansyah | November 30, 2010, 2:24 pm
  177. suwun yo……
    smoga glintung kampung saya bisa tambah pinter.
    arema glintung

    Posted by muib | Desember 1, 2010, 2:30 am
  178. eeeennnnaaaaakkkk…
    smoga tmbah sep..!!

    Posted by khozin | Desember 1, 2010, 2:33 am
  179. misi numpang ngutip.thanx infonya,

    Posted by Andre | Desember 12, 2010, 1:36 am
  180. terimakasih ni..
    aku jadi tambah ngerti..
    mohon di perbnyak lagi…. :)

    Posted by alfi isa | Desember 12, 2010, 8:08 am
  181. mkasih yach ud membagi-bagi ilmux…..n mga ajach tambah banyak….penyajianxa…………

    Posted by wayan | Desember 22, 2010, 11:57 am
  182. makasih ya….cukup jelas dan menarik..

    Posted by Dedy | Januari 1, 2011, 1:06 am
  183. woohoo
    thx ya,kerjaan skolah bers jdinya

    Posted by gabriel | Januari 18, 2011, 2:18 pm
  184. aduh ada pr biologi susah banget ya

    Posted by dinda | Januari 19, 2011, 8:29 am
  185. Susah Belajar IPA itu………
    Apalagi Bentar Lagi Olimpiade MIPA 2011

    Posted by Aleta | Januari 22, 2011, 8:37 am
  186. trimakasih banyak atas blog ini….
    smoga untuk kedepannya lebih diperjelas lagi dalam pengembangan materi….

    Posted by LINDA SARI | Januari 27, 2011, 2:38 am
  187. hmmmmmmm ,,,,,
    thankss
    bgttssss…

    coz na sya bsa tao ttang,,
    sistem peredaran darah pada mnusia..

    Posted by novi | Februari 3, 2011, 2:09 pm
  188. manusiakan mempunyai golngan dara A , B , AB, dan O,
    yg mw saya tanyakan tu apakah hewan juga di golongkan seperti itu …..
    makasi………..

    Posted by Anzelo lw melka | Februari 10, 2011, 3:22 am
  189. thx artikel ny ,,

    Posted by pelajar SMP N6 | Februari 12, 2011, 8:26 am
  190. duh……….
    I LOVE YOU IPA !!!!!!

    Posted by alicia cinta IPA | Februari 14, 2011, 12:42 pm
  191. bguz banget bgambarx aqnjadi biza kerjain PR deh!!!! <3

    Posted by alicia cinta IPA | Februari 14, 2011, 12:48 pm
  192. JUST KIDDING!!!!
    ^_^ ….. ^_^

    Posted by alicia cinta IPA | Februari 14, 2011, 12:53 pm
  193. bagus ne, sy sukak
    n makkasi bgt dh ngeblog pelajaran ne…..
    jdinya tugas sy terselesaikan…….. :)

    Posted by pina | Februari 19, 2011, 11:01 pm
  194. tLoNg bUat kN skEma nY dOnK…..
    pLeasE,….

    Posted by cinta | Februari 21, 2011, 10:45 am
  195. makasih yw,nie dah ngabantu tugas kuuu
    thank you

    Posted by nak kelas 9 | Februari 23, 2011, 1:02 pm
  196. trimaksih wat info.a
    tp yg td aku cari kg ada………
    tp tak uph lahhhhh
    bisa mendambah wawasan jg.
    hehehe

    Posted by nessa | Maret 5, 2011, 8:56 am
  197. :D

    Posted by aaas | Maret 7, 2011, 12:07 pm
  198. thanks y…
    Tugas gw jd terbantu deh

    Posted by imansyah | Maret 11, 2011, 1:18 pm
  199. kurang lengkap oom

    Posted by adhy | Maret 17, 2011, 11:30 am
  200. makasih y buk udh ngejelasin smpe detail-detailny,ngebantu bgt dlam tgas ak :D :). Thanks a lot

    Posted by Dinda | Maret 20, 2011, 11:26 pm
  201. makasih y buk udh ngejelasin smpe detail-detailny bntu bgt dlam tgas ak :) :D. Thanks a lot

    Posted by Dinda | Maret 20, 2011, 11:28 pm
  202. wachh,, klo boleh ditmbhin lgi dechh soalx dha yg nggak lengkap tuch,, truzz gambarx lebih jelas aja yachhh,,
    aku juga pux saran:: gmbr tentang sistem peredaran darah/ transportasix yachh???? :)

    Posted by virgi@ni | Maret 24, 2011, 8:56 am
  203. berapa lama darah beredar dari jantung ke seluruh tubuhnhinga kembai ke jantung….? tolong ya,,,

    Posted by cano | Maret 25, 2011, 1:30 pm
  204. makasih yaa .. akkku jdi tau tentang sistem peredaran darah yg lg dpelajari d kelas akku .. tpi ko ga ada penjelasan tentang penyakit”.a ..

    Posted by nonna | April 5, 2011, 12:12 pm
  205. ok lah sip buat UN

    Posted by denta ari permana | April 6, 2011, 1:31 pm
  206. makaci banyak buat iformasinya…………..banyak banget manfaatnya,dan saya disa mempelaarinya dengan mudah…………………………

    Posted by zizi | April 7, 2011, 11:33 am
  207. kutipannya berbobot

    Posted by caca | April 13, 2011, 6:20 am
  208. tks bget yeah….

    Posted by lisda | April 13, 2011, 8:30 am
  209. materinya dah bagus,..tapi tolong dong dilengkapi biar lebih mudah k’lo cari tugas.

    Posted by tusti dyah anggraeni | April 27, 2011, 5:29 am
  210. nice post, tapi maaf sebelumnya.. konsepnya belum terlalu dapet.. menurut saya sih…

    so untuk materi lainnya, usahakan lebih penekanan konsep.. makasih! nice..

    Posted by ryuuzaki L ghifari | Mei 3, 2011, 10:58 am
  211. terimakasihh bnyak blog ini sngt membantu skali,,

    Posted by hiven | Mei 7, 2011, 5:57 am
  212. wah artikelnya sangat berbobot dan sangat membantu dunia pendidikan semoga pendidikan di republik kita semakin maju..

    Posted by PPOB BNI | Mei 8, 2011, 3:38 am
  213. wah mantap banget artikelnya bos dan sangat membantu dunia pendidikan di negeri kita ini.. semoga agan semakin bertambah ilmunya dan semoga artikel – artikel yang akan datang semakin mantap

    Posted by PPOB | Mei 8, 2011, 3:40 am
  214. Thanks ya sudah menambah ilmuku untuk siap UN

    Posted by Ryan Nugraha | Mei 11, 2011, 12:16 pm
  215. iya ni..
    gambarny kurang jelas..
    tpi makasih bgt ya informasinya. .

    Posted by zahra | Mei 13, 2011, 1:53 pm
  216. thanks yaa.. buat ngerjain PR bagus nih!

    Posted by salsa | Mei 23, 2011, 3:51 am
  217. waaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaah ,, mksi bgeeeeeeeeeeeet .. brkat ini w bsa dpt nlai dri gru ipa w …..

    Posted by Che'zz | Juni 8, 2011, 5:25 am
  218. lengkapi lagi dunk…?
    klo bisa,,
    singkat, padat dan tepat serta lengkap
    tq.. :)

    Posted by hynata | Juli 11, 2011, 4:44 am
  219. tolong jawab sekarang plsss……… Peredaran kecil disebut dengan apa?

    Posted by Novietaful | September 12, 2011, 7:19 am
  220. terima kasih ya untuk informasinya, sangat bermanfaat

    Posted by vera | September 16, 2011, 6:58 am
  221. aku suka dengan informasinya yang sangat lengkap..

    Posted by wildan bisyri aziz | Oktober 4, 2011, 12:18 pm
  222. Mteri’a lbih djbrkn lgi dunk,,, biar mdah dphami,,,??

    Posted by Aviana | Oktober 6, 2011, 4:35 am
  223. sangat bagus isinya..
    i like it..

    Posted by Abdullah haris | Oktober 7, 2011, 11:10 pm
  224. dengan adanya blog ini jd lbih mdah ngrjain pr’a,,
    hehehehe^_^

    Posted by Clara Clalu Cayank Dya | Oktober 11, 2011, 10:49 am
  225. iiiii…
    MmbanTu bnGet nUe MAteri na buat tGaz qLiah Saiia..tHank…tHank..thAnkz… :)

    Posted by Diah Virgonizer | Oktober 13, 2011, 1:37 pm
  226. terima kasih atas artikel ini ya kalau ngak ada artikel ini pasti akan di marahin pa aldo

    Posted by jannah indah sajidah | Oktober 16, 2011, 6:04 am
  227. apa kah ini betul?

    Posted by syifaul qalbi | Oktober 19, 2011, 6:30 am
  228. terimakasih…sangat membantuku dalam melaksanakan tugas, sama dengan teman terdahulu tolong dilengkapi yaaa…

    Posted by zaini | Oktober 21, 2011, 11:10 am
  229. gy mNa cRanya bSa faham lw orangnYa ja g pada sRius blajar ,,,,,,,,,

    Posted by vava | Oktober 21, 2011, 1:20 pm
  230. thank’s ea ats info na

    Posted by sofi | Oktober 26, 2011, 12:32 pm
  231. materinya buuagussss .. tpi ditambah lagi yaa .. :-)

    Posted by Ridho Alfian | Oktober 27, 2011, 11:39 am
  232. mkasihh buanget yahhh,,, sngt membntu dalam bikin tugasss

    Posted by Meyina Piliang | Oktober 29, 2011, 5:49 am
  233. dx lengkap koped
    cx mna nih cri yg lain,…

    Posted by ridho | November 4, 2011, 6:38 am
  234. thank’s yea
    tugas gwe jdi terbantu

    Posted by ira | November 7, 2011, 12:50 pm
  235. materinya bagus tapi kurang jelas

    Posted by zaidan | November 9, 2011, 4:26 am
  236. terima kasih dah buat blog ini

    Posted by lisan | November 9, 2011, 4:29 am
  237. aduhh….dah bagus tapi kurang lengkap

    Posted by zaidan | November 9, 2011, 4:30 am
  238. bagus tambah lagi dong infonya

    Posted by exel | November 9, 2011, 4:32 am
  239. dah bagus

    Posted by zaidan | November 9, 2011, 4:33 am
  240. halo dan

    Posted by WISNU | November 9, 2011, 4:37 am
  241. iiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii bagus banget

    Posted by WISNU | November 9, 2011, 4:39 am
  242. materinya bagus sekali

    Posted by farazita | November 9, 2011, 4:39 am
  243. keren keren

    Posted by WISNU | November 9, 2011, 4:40 am
  244. thanks banget =)

    Posted by ramasoip | November 9, 2011, 4:40 am
  245. maaaaakaaaasihhh unntuk bbblllooogg iiinnnii

    Posted by andi | November 9, 2011, 4:40 am
  246. makasih infonya tambah lagi dong biar gampang nyari pelajaran

    Posted by adli | November 9, 2011, 4:41 am
  247. makasih materi nya bagus sekali

    Posted by april | November 9, 2011, 4:41 am
  248. makasih ya materinya bagus:)…….:)

    Posted by afifah | November 9, 2011, 4:43 am
  249. thx,, bwt yg buat blog inii…
    membantu bangedd…. :)

    Posted by detha | November 14, 2011, 2:34 am
  250. makasih………… ngebantu bwt PR

    Posted by ivanvensciedrei | November 15, 2011, 10:27 am
  251. thanks bgt……. dgn materi ini, tugasku selesai….

    Posted by Andrew Rew' Saniang-noch | November 16, 2011, 10:33 am
  252. I say thanks very much……!!!!!

    Posted by Mas Ngudiono | November 16, 2011, 12:12 pm
  253. SY SK DGN BUKU KDPK

    Posted by YANSAR | November 18, 2011, 2:55 pm
  254. kenpa tidak di jelasin dari pengertian eritrosit, leokosit, trombosit ea…..
    dan bentuk dari komponen darah tersebut ??….

    Posted by Rajawali Sang Pahlawan | November 20, 2011, 1:38 am
  255. Thankz

    Posted by Annis indryastari | November 22, 2011, 4:43 am
  256. kereeeeen

    selesai deh tugas ANATOMInya :)

    tengkyuu

    Posted by inka | November 22, 2011, 3:37 pm
  257. terimakasih atas ilmunya. materinya sangat bagus coooy……._______

    Posted by Syaiful Anwar Chusein | November 25, 2011, 11:39 am
  258. bgus bnget?! Bsa tambah ilmu,t0k di ajarin ma siswa sya,thank y0v

    Posted by Ikhsan putra | November 26, 2011, 11:56 am
  259. bagus bget materinya…
    tp yg aku pngen tw skarang..
    gimana proses jalanya pembulu darah kecil..

    Posted by travis | November 27, 2011, 6:03 am
  260. koo ngak di tuliskn 15 orgn pd JANTUNG

    Posted by edwin | November 29, 2011, 9:01 am
  261. aku jadi mengerti tentang peredaran darah

    Posted by fakhri | Desember 1, 2011, 1:52 pm
  262. aku jadi mengerti tetang peredaran

    Posted by fakhri ganteng banget | Desember 1, 2011, 1:56 pm
  263. makassihhh bgt ,,,

    Posted by siska | Desember 4, 2011, 11:14 am
  264. Makasih banyak akhirnya tugasku selesai lho..

    Posted by Astrid Oktavia | Desember 7, 2011, 12:12 pm
  265. hebattt iia internet the

    Posted by tejha ardian | Desember 10, 2011, 1:41 am
  266. mantap untuk belajar

    Posted by www.gretha.web.id | Desember 11, 2011, 12:36 pm
  267. bagus… tapi ada yang kurang…. sistem peredaran darah besar n kecilnya tolong lebih di jabarkan dong……

    Posted by ayu lagi | Desember 11, 2011, 12:50 pm
  268. Mau tanya gan..
    Katup Bikuspidalis dan trikuspidalis terdapat di mna ya ?

    Posted by Andhy | Desember 11, 2011, 3:37 pm
  269. makasih

    Posted by Andhy | Desember 11, 2011, 3:38 pm
  270. terima kasih :)

    Posted by pompeng2 | Desember 12, 2011, 9:53 am
  271. makash kini tugas ku dah selesai q harap makin lengkap blog nya

    Posted by gusmawarni telaumbanua | Desember 13, 2011, 3:53 am
  272. hhhhhhhmmmmmmmmmmmm bisa gak ditambahin perbedaan antara sistem peredaraan ikan a manusia soalya kmari masuk ujian heheheheheh,,,,,

    Posted by gusmawarni telaumbanua | Desember 13, 2011, 3:55 am
  273. Horeeee,,, mkci yh,,, jdi ada bahan bacaan bwt UTS bsook,,,

    Posted by Aaya cvte | Desember 16, 2011, 12:23 pm
  274. Makasih ya atas pengetahuan yg di berikan blog ini. Saya jd tw tentang sistem peredaran darah pada manusia.

    Posted by Ainun Nasution | Desember 23, 2011, 9:46 pm
  275. Thanks,,atas artikelnya, wawasan sy pun bertambah.

    Posted by ERNI RAHMAWATI | Januari 3, 2012, 3:48 am
  276. lengkapin lagi dong , biar ga susah nyari tugas’nyaa ..

    Posted by meta | Januari 7, 2012, 11:46 am
  277. ada gak penyebab sel darah putih?

    Posted by rozivahlepi | Januari 8, 2012, 6:54 am
  278. thank’s ya.

    Posted by Qodria24 | Januari 11, 2012, 11:43 am
  279. Terimakasih tulisan bagus dan cukup lengkap

    Posted by emy | Januari 11, 2012, 11:38 pm
  280. thank’s berkat loe gue jadi bisa mengerjakan soal ulangan dengan baik dan sempurna

    Posted by joses fernando | Januari 13, 2012, 8:43 am
  281. makash buangt dh b’ud blog ini..n tlng di perlengkap ya

    Posted by maream benzela | Januari 17, 2012, 10:48 am
  282. terima kasih buangetzzz
    (jadi bisa bantu saya dalam ngerja’in tugas IPA)dech,.,.,.,

    Posted by aditya | Januari 18, 2012, 5:08 am
  283. thanks banget yah….
    ngebantu banget dalam tugas aku

    Posted by risda | Januari 18, 2012, 5:45 am
  284. Makasih ya Nih Bermanfaat Banget Sekali , Salam Kenal Ya :)

    Posted by Devo Avidianto P | Januari 22, 2012, 2:33 am
  285. bagussss

    Posted by eliyulia | Januari 23, 2012, 8:49 am
  286. thank you dah membantu ku membuat tugas sekolah

    Posted by desi | Januari 29, 2012, 2:47 am
  287. mkasih !
    ini sngat membantu :)

    Posted by Putri Azmia | Februari 3, 2012, 11:54 am
  288. Ini sangat membantu sekali

    Posted by apreado | Februari 5, 2012, 1:59 pm
  289. ngebantu banget buat tugasku, thanks ya….

    Posted by vita | Februari 12, 2012, 2:25 am
  290. gnew yach law bzha lbh lbh rinci lgi

    Posted by yhustus abanith | Februari 14, 2012, 12:32 pm
  291. alahmdulillah nambah lagi pengetahuanny,,

    Posted by cici rahayu n. | Februari 15, 2012, 4:40 am
  292. thank’s … infony sngt bermanfaat…

    Posted by nugraha octa | Februari 17, 2012, 8:50 am
  293. Terimakasih atas ilmunya..
    klau ga ada nie gw pusing..!!

    Posted by Putri Diana | Februari 20, 2012, 10:35 am
  294. ya ya ya

    Posted by Burhan IB | Februari 26, 2012, 2:06 pm
  295. semoga teks tersebut bermanfaat

    Posted by Burhan IB | Februari 26, 2012, 2:08 pm
  296. terimakasih atas ilmunya … materinya bagus sekali …….
    saya bisa memahami …. :)

    Posted by alvia | Maret 5, 2012, 11:19 am
  297. lumayan tapi informasinya lebih di tmbah lagi y??????????? biar tambah ziiiiiiiiiiiip

    Posted by adynda nax l salvador | Maret 8, 2012, 1:38 pm
  298. Saya rasa cukup bagus, tp klw melihat tema di atas sistem peredaran darah, sebaiknya dibuat alur skemanya yg lbih lengkap, tdk hnya jantung-Slruh tubuh-jantung lg tentu ada nama organ & pembuluh darah yg berperan trmks

    Posted by asep s | Maret 9, 2012, 8:23 am
  299. terima kasih, bagus informatif

    Posted by budiono | Maret 9, 2012, 5:58 pm
  300. bingung ………..
    pusing………………

    Posted by vivi | Maret 10, 2012, 9:34 am
  301. Baik sekali

    Posted by Anggresia | Maret 15, 2012, 4:38 am
  302. saya harap kata2x lebih mudah dimengerti

    Posted by aprilia maharani | Maret 28, 2012, 2:19 am
  303. materix dahhhh bagusssss tapi kurangggg lengkap biar tugas-tugas jadi ringan^^!!

    Posted by felisitas_dandi | April 17, 2012, 1:41 pm
  304. thanks berat deh,… tugasq jd enteng

    Posted by danystar | April 23, 2012, 1:29 pm
  305. wahhh kerenn… tapi kalo bisa… masukin power poin ajaaaaaaaaaaaa

    Posted by arta vierra | April 28, 2012, 1:10 pm
  306. makacih bngttt gw bukan dokter tapi sngt berhubungan dngn dzikir

    Posted by petualangsejati | April 29, 2012, 10:58 am
  307. Kok … gak aktif lagi…. uploudnya….sibuk ya Pak ?….jgn bosan dong…..

    Posted by tutsuardana | April 30, 2012, 9:48 am
  308. thank’s bngetz yah udh bikinin nie blog ngebntuin aku bngetz utk UN IPA bsokkk

    Posted by Miftah Sagitarius Gaksukabasabasi | Mei 8, 2012, 10:48 am
  309. (y)

    Posted by delly railfans | Mei 23, 2012, 1:10 pm
  310. Kalahkan Wikipedia Bro.. hahaha top Banget Dah..

    Posted by kenny | Mei 30, 2012, 10:50 am
  311. thanks bantuannya ,
    blognyaa bermanfaat bangett , :)

    Posted by Nisfi Amalia | Juni 2, 2012, 11:54 am
  312. terima kasih …….semoga tetap berkarya biar terus bermanfaat dan dibalas Tuhan Yang Maha Kuasa

    Posted by Enny Sudarwaty | Juni 17, 2012, 7:10 am
  313. Trima kasih ya….. good

    Posted by Yus djary | Agustus 24, 2012, 1:34 am
  314. terimakasih,,,,sangat bermanfaat bagi saya

    Posted by ikhlas | September 5, 2012, 2:48 am
  315. ditingkatkan lagi belajarnya

    Posted by bagas | September 7, 2012, 12:23 pm
  316. ya mana sih peredaran darahnya

    Posted by opik | September 12, 2012, 7:28 am
  317. wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh bikin gue berprestasi dan dapat kerjakan tugas

    Posted by alfrida | September 21, 2012, 8:04 am
  318. HAY

    Posted by WW | September 25, 2012, 4:03 pm
  319. gini saya punya soal gini bantuin ya ini soalnya:

    Darah terdiri dari:
    1. Plasma darah:
    a. ……
    b. ……
    c. ……
    d. …..

    bantuinya

    Posted by ari | Oktober 5, 2012, 8:49 am
  320. terima kasih sudah memberitahukan saya tentang alat peredaran darah manusia :D

    Posted by gita grahita | Oktober 10, 2012, 9:38 am
  321. sii¡¡¡¡¡¡¡¡¡¡ppp luenkap

    Posted by gendes | Oktober 11, 2012, 10:06 am
  322. aassseeeekk
    oleh riyanto

    Posted by Riyanto | Oktober 14, 2012, 12:40 pm
  323. makasih buat informasinya, cukup membantu saya untuk uts…..

    Posted by nida nuraiman | Oktober 22, 2012, 8:46 am
  324. cip

    Posted by aranio creatif | Oktober 29, 2012, 3:35 pm
  325. sakalangkong pak guru…..

    Posted by agus riyadi | November 6, 2012, 8:37 am
  326. terimakasih atas infoxa.. dengaan info ini saya dapat mnyelesaikaan msalah saya

    Posted by fanuella'nag Bilgent | November 6, 2012, 10:38 am
  327. jalur terpendek aliran drah dr kaki ke lengan manusia itu gmn?

    Posted by Chico | November 9, 2012, 1:15 pm
  328. terima kasih atas kerja samanya….

    Posted by luviita | November 11, 2012, 6:56 am
  329. trimakasih atas informasinya smg ilmu yang diberikan semakin bertanbah

    Posted by anindita kumalasari XI IPA 1 | November 14, 2012, 1:12 pm
  330. makasih infonya , cukup membantu.

    Posted by anisa | November 19, 2012, 8:33 am
  331. waduh
    materinya terllu dikit dan gk rinci
    tatp bagus sdah ada gambarnyaa

    makasih yaa

    Posted by atr | November 19, 2012, 8:44 am
  332. atas berkat bntuan krja ny syaucap kan trima ksih
    tpi lengkapin lgi yyy agar gx susah mncari wawasan yang luas ok
    slam simpat

    Posted by ratyh angeliita | November 19, 2012, 1:11 pm
  333. mmmm.
    ko’ sdkit yg kluar ?? :’)

    Posted by awin | November 28, 2012, 3:09 am
  334. Bagus banget infonya, Good..

    Posted by Aji Bani | November 28, 2012, 10:59 am
  335. di lengkapin dunk ^&^……tp matur thankz

    Posted by Suji | Desember 12, 2012, 1:44 am
  336. thankyou 4 ur posting, this was really helped me !

    Posted by mikimmy | Desember 13, 2012, 11:29 pm
  337. thank you untuk ilmunya!!!
    posting lebih detail lagi ya,supaya ilmunya bertambah

    Posted by gadgetsunik.net | Desember 14, 2012, 12:37 pm
  338. makasih ya!!

    Posted by yesaya | Desember 23, 2012, 12:31 pm
  339. materi yang sangat bagus, dan sangat bermanfaat untuk saya. Makasih

    Posted by obat alami stroke | Desember 24, 2012, 6:34 am
  340. Makasih banget ., semua ini penting banget

    Posted by wahyu | Januari 8, 2013, 1:12 pm
  341. terimakasih gan, ini sangat membantu saya dalam mempelajari biologi secara lebih lengkap

    Posted by wahid | Januari 15, 2013, 4:48 am
  342. terima kasih atas hasil yang di tamiplkan pada situs ini, semoga bermanfaat bagi yang baca.

    Posted by dano putra mubarun | Maret 24, 2013, 2:23 pm
  343. Suwuuun

    Posted by Nur khasanah supriatin | April 11, 2013, 10:50 am
  344. makasih ya utk informasinya jd tambah wawasan nih jd tambah pinter deh

    Posted by Q Novura Yinkyank | Mei 6, 2013, 7:13 am
  345. persiapan untuk ujian jadi mudah

    Posted by afnan bisyir | April 3, 2014, 11:55 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BLOG ini merupakan bentuk ungkapan TERIMA KASIH, seorang alumni/siswa ( I KETUT DIANA ADHI,S.KOM aka kuncunk, kepada bapak/ibu guru khususnya SMU 1 Melaya, Jembrana, Bali yang telah memberi berbagai ilmu selama saya belajar di sekolah tercinta..Jasa bapak / ibu guru tidak akan saya lupakan
Untuk materi, mohon maaf sebesar besarnya, karena basic saya yang cuma orang IT/ computer science, dan cuma bisa mengumpukan bahan dan materi ajar dan menyajikan dalam sebuah BLOG..
Saya merasa materi yang disajikan banyak kekurangannya, mudah mudahan saran dan kritik pengunjung bisa membuat blog ini berguna bagi pendidikan Indonesia..

Mudah mudahan blog ini bisa menjadi motivasi bagi pendidik untuk lebih bisa memanfatkan media IT demi kemajuan pendidikan Indonesia.

MAJU TERUS PENDIDIKAN INDONESIA

Kunjungi Paket Liburan ke Bali

Statistik

  • 7,817,995 hits
Education Sites Catalog
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 138 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: