//
you're reading...
Sistem reproduksi

Sistem Reproduksi Vertebrata


Reproduksi seksual pada vertebrata diawali dengan perkawinan yang diikuti dengan terjadinya fertilisasi. Fertilisasi tersebut kemudian menghasilkan zigot yang akan berkembang menjadi embrio.

Fertilisasi pada vertebrata dapat terjadi secara eksternal atau secara internal.

Fertilisasi eksternal merupakan penyatuan sperma dan ovum di luar tubuh hewan betina, yakni berlangsung dalam suatu media cair, misalnya air. Contohnya pada ikan (pisces) dan amfibi (katak).

Fertilisasi internal merupakan penyatuan sperma dan ovum yang terjadi di dalam tubuh hewan betina. Hal ini dapat terjadi karena adanya peristiwa kopulasi, yaitu masuknya alat kelamin jantan ke dalam alat kelamin betina. Fertilisasi internal terjadi pada hewan yang hidup di darat (terestrial), misalnya hewan dari kelompok reptil, aves dan

Mamalia.
Setelah fertilisasi internal, ada tiga cara perkembangan embrio dan kelahiran keturunannya, yaitu dengan cara ovipar, vivipar dan ovovivipar.

Ovipar (Bertelur)

Ovipar merupakan embrio yang berkembang dalam telur dan dilindungi oleh cangkang. Embrio mendapat makanan dari cadangan makanan yang ada di dalam telur. Telur dikeluarkan dari tubuh induk betina lalu dierami hingga menetas menjadi anak. Ovipar terjadi pada burung dan beberapa jenis reptil.

Vivipar (Beranak)

Vivipar merupakan embrio yang berkembang dan mendapatkan makanan dari dalam uterus (rahim) induk betina. Setelah anak siap untuk dilahirkan, anak akan dikeluarkan dari vagina induk betinanya. Contoh hewan vivipar adalah kelompok mamalia (hewan yang menyusui), misalnya kelinci dan kucing.

Ovovivipar (Bertelur dan Beranak)

Ovovivipar merupakan embrio yang berkembang di dalam telur, tetapi telur tersebut masih tersimpan di dalam tubuh induk betina. Embrio mendapat makanan dari cadangan makanan yang berada di dalam telur. Setelah cukup umur, telur akan pecah di dalam tubuh induknya dan anak akan keluar dari vagina induk betinanya. Contoh hewan ovovivipar adalah kelompok reptil (kadal) dan ikan hiu.

1.Reproduksi Ikan

Ikan merupakan kelompok hewan ovipar, ikan betina dan ikan jantan tidak memiliki alat kelamin luar. Ikan betina tidak mengeluarkan telur yang bercangkang, namun mengeluarkan ovum yang tidak akan berkembang lebih lanjut apabila tidak dibuahi oleh sperma. Ovum tersebut dikeluarkan dari ovarium melalui oviduk dan dikeluarkan melalui kloaka. Saat akan bertelur, ikan betina mencari tempat yang rimbun olehtumbuhan air atau diantara bebatuan di dalam air.

Bersamaan dengan itu, ikan jantan juga mengeluarkan sperma dar testis yang disalurkan melalui saluran urogenital (saluran kemih sekaligus saluran sperma) dan keluar melalui kloaka, sehingga terjadifertilisasi di dalam air (fertilisasi eksternal). Peristiwa ini terus berlangsung sampai ratusan ovum yang dibuahi melekat pada tumbuhan air atau pada celah-celah batu.
Telur-telur yang telah dibuahi tampak seperti bulatan-bulatan kecil berwarna putih. Telur-telur ini akan menetas dalam waktu 24 – 40 jam.

Anak ikan yang baru menetas akan mendapat makanan pertamanya dari sisa kuning telurnya, yang tampak seperti gumpalan di dalam perutnya yang masih jernih. Dari sedemikian banyaknya anak ikan, hanya beberapa saja yang dapat bertahan hidup.

2.Reproduksi Amfibi (Amphibia)

Kelompok amfibi, misalnya katak, merupakan jenis hewan ovipar. Katak jantan dan katak betina tidak memiliki alat kelamin luar. Pembuahan katak terjadi di luar tubuh. Pada saat kawin, katak jantan dan katak betina akan melakukan ampleksus, yaitu katak jantan akan menempel pada punggung katak betina dan menekan perut katak betina. Kemudian katak betina akan mengeluarkan ovum ke dalam air. Setiap ovum yang dikeluarkan diselaputi oleh selaput telur (membran vitelin). Sebelumnya, ovum katak yang telah matang dan berjumlah sepasang ditampung oleh suatu corong. Perjalanan ovum dilanjutkan melalui oviduk.

Dekat pangkal oviduk pada katak betina dewasa, terdapat saluran yang menggembung yang disebut kantung telur (uterus). Oviduk katak betina terpisah dengan ureter. Oviduk nya berkelok-kelok dan bermuara di kloaka.

Segera setelah katak betina mengeluarkan ovum, katak jantan juga akan menyusul mengeluarkan sperma. Sperma dihasilkan oleh testis yang berjumlah sepasang dan disalurkan ke dalam vas deferens. Vas deferens katak jantan bersatu dengan ureter. Dari vas deferens sperma lalu bermura di kloaka. Setelah terjadi fertilisasi eksternal, ovum akan diselimuti cairan kental sehingga kelompok telur tersebut berbentuk gumpalan telur.
Gumpalan telur yang telah dibuahi kemudian berkembang menjadi berudu. Berudu awal yang keluar dari gumpalan telur bernapas dengan insang dan melekat pada tumbuhan air dengan alat hisap.

Makanannya berupa fitoplankton sehingga berudu tahap awal merupakan herbivora. Berudu awal kemudian berkembang dari herbivora menjadi karnivora atau insektivora (pemakan serangga). Bersamaan dengan itu mulai terbentuk lubang hidung dan paru-paru, serta celah-celah insang mulai tertutup. Selanjutnya celah insang digantikan dengan anggota gerak depan.

Setelah 3 bulan sejak terjadi fertilisasi, mulailah terjadi metamorfosis. Anggota gerak depan menjadi sempurna. Anak katak mulai berani mucul ke permukaan air, sehingga paru-parunya mulai berfungsi. Pada saat itu, anak katak bernapas dengan dua organ, yaitu insang dan paru-paru. Kelak fungsi insang berkurang dan menghilang, sedangkan ekor makin memendek hingga akhirnya lenyap. Pada saat itulah metamorfosis katak selesai.

3.Reproduksi Reptil (Reptilia)

Kelompok reptil seperti kadal, ular dan kura-kura merupakan hewan-hewan yang fertilisasinya terjadi di dalam tubuh (fertilisasi internal). Umumnya reptil bersifat ovipar, namun ada juga reptil yang bersifat ovovivipar, seperti ular garter dan kadal. Telur ular garter atau kadal akan menetas di dalam tubuh induk betinanya. Namun makanannya diperoleh dari cadangan makanan yang ada dalam telur. Reptil betina menghasilkan ovum di dalam ovarium. Ovum kemudian bergerak di sepanjang oviduk menuju kloaka. Reptil jantan menghasilkan sperma di dalam testis. Sperma bergerak di sepanjang saluran yang langsung berhubungan dengan testis, yaitu epididimis. Dari epididimis sperma bergerak menuju vas deferens dan berakhir di hemipenis. Hemipenis merupakan dua penis yang dihubungkan oleh satu testis yang dapat dibolak-balik seperti jari-jari pada sarung tangan karet. Pada saat kelompok hewan reptil mengadakan kopulasi, hanya satu hemipenis saja yang dimasukkan ke dalam saluran kelamin betina.

Ovum reptil betina yang telah dibuahi sperma akan melalui oviduk dan pada saat melalui oviduk, ovum yang telah dibuahi akan dikelilingi oleh cangkang yang tahan air. Hal ini akan mengatasi persoalan setelah telur diletakkan dalam lingkungan basah. Pada kebanyakan jenis reptil, telur ditanam dalam tempat yang hangat dan ditinggalkan oleh induknya. Dalam telur terdapat persediaan kuning telur yang berlimpah.

Hewan reptil seperti kadal, iguana laut, beberapa ular dan kura-kura serta berbagai jenis buaya melewatkan sebagian besar hidupnya di dalam air. Namun mereka akan kembali ke daratan ketika meletakkan telurnya.

4.Reproduksi Burung (Aves)
Kelompok burung merupakan hewan ovipar. Walaupun kelompok buruk tidak memiliki alat kelamin luar, fertilisasi tetap terjadi di dalam tubuh. Hal ini dilakukan dengan cara saling menempelkan kloaka.

Pada burung betina hanya ada satu ovarium, yaitu ovarium kiri. Ovarium kanan tidak tumbuh sempurna dan tetap kecil yang disebut rudimenter. Ovarium dilekati oleh suatu corong penerima ovum yang dilanjutkan oleh oviduk. Ujung oviduk membesar menjadi uterus yang bermuara pada kloaka. Pada burung jantan terdapat sepasang testis yang berhimpit dengan ureter dan bermuara di kloaka.

Fertilisasi akan berlangsung di daerah ujung oviduk pada saat sperma masuk ke dalam oviduk. Ovum yang telah dibuahi akan bergerak mendekati kloaka. Saat perjalanan menuju kloaka di daerah oviduk, ovum yang telah dibuahi sperma akan dikelilingi oleh materi cangkang berupa zat kapur.

Telur dapat menetas apabila dierami oleh induknya. Suhu tubuh induk akan membantu pertumbuhan embrio menjadi anak burung. Anak burung menetas dengan memecah kulit telur dengan menggunakan paruhnya. Anak burung yang baru menetas masih tertutup matanya dan belum dapat mencari makan sendiri, serta perlu dibesarkan dalam sarang.

5.Reproduksi Mamalia (Mammalia)

Semua jenis mamalia, misalnya sapi, kambing dan marmut merupakan hewan vivipar (kecuali Platypus). Mamalia jantan dan betina memiliki alat kelamin luar, sehingga pembuahannya bersifat internal. Sebelum terjadi pembuahan internal, mamalia jantan mengawini mamalia betina dengan cara memasukkan alat kelamin jantan (penis) ke dalam liang alat kelamin betina (vagina).
Ovarium menghasilkan ovum yang kemudian bergerak di sepanjang oviduk menuju uterus. Setelah uterus, terdapat serviks (liang rahim) yang berakhir pada vagina.

Testis berisi sperma, berjumlah sepasang dan terletak dalam skrotum. Sperma yang dihasilkan testis disalurkan melalui vas deferens yang bersatu dengan ureter. Pada pangkal ureter juga bermuara saluran prostat dari kelenjar prostat. Kelenjar prostat menghasilkan cairan yang merupakan media tempat hidup sperma.

Sperma yang telah masuk ke dalam serviks akan bergerak menuju uterus dan oviduk untuk mencari ovum. Ovum yang telah dibuahi sperma akan membentuk zigot yang selanjutnya akan menempel pada dinding uterus. Zigot akan berkembang menjadi embrio dan fetus. Selama proses pertumbuhan dan perkembangan zigot menjadi fetus, zigot membutuhkan banyak zat makanan dan oksigen yang diperoleh dari uterus induk dengan perantara plasenta (ari-ari) dan tali pusar.

About these ads

Diskusi

115 thoughts on “Sistem Reproduksi Vertebrata

  1. subhanallah.alhamdulillah.semua yang ana butuhkan ada di sini…ana mau pake untuk presentasi kuliah biologi di kelas biologi pertanian teknologi pertanian
    UGM. jazakumullah khoir….

    Posted by naser | November 27, 2008, 1:21 pm
  2. Makasih buat yang uda bikin blog…PR biologiku jadi gampil. tapi gambarnya kurang…, tolong kalo ada bsa ditambahkan.

    Posted by afifah | Desember 17, 2008, 8:38 am
  3. hemmmmmmm keren

    makasih p guru

    Posted by Mivta | Desember 20, 2008, 12:21 pm
  4. makasih banget nih bisa banyak memberikan kontribusi dalam pendidikan indonesia lewat blog ini.

    Posted by rohim | Januari 14, 2009, 12:16 pm
  5. alhmdulillah
    yang sy butuhkan dpat jg
    makasi ya,,,,,,,,,

    Posted by dilah | Februari 2, 2009, 9:22 am
  6. syukur, saya sudah anda tolong
    karena tugas tugas saya sangatlah rumit

    Posted by may | Februari 6, 2009, 9:05 am
  7. saya mau tanya, bagaimana cara reproduksi tikus?

    Posted by may | Februari 6, 2009, 9:15 am
  8. addu..
    kok materi ny sma persis kyk d buku plajaran saya…

    BIOLOGI klas 2
    terbitan ESIS.

    Posted by tilang | Februari 26, 2009, 12:56 pm
  9. kok gax ada power point nya??
    tolong donk..
    uda kepepet banget waktunya..
    mau dipake tanggal 3 april nie..
    tolong ya…

    Posted by ariek | Maret 31, 2009, 2:43 am
  10. makasih infonya

    Posted by rubyta | April 17, 2009, 12:04 pm
  11. makasih infonya buat ppt bio nih

    Posted by rubyta | April 17, 2009, 12:05 pm
  12. gla…thk brat…..
    Cttn bio q dh pnuh ni…..

    Posted by rino | Juni 9, 2009, 12:59 am
  13. wahh… lengkap bgt
    jadi yakin neh lanjutin skripsi nya
    tx
    slm sukses

    Posted by dhyna | Juli 21, 2009, 6:25 am
  14. thx bgd bwt smua’y tugas”y jd slesai dh…

    Posted by rida | Juli 29, 2009, 9:19 am
  15. haturnuhun

    Posted by lalu | Agustus 3, 2009, 6:59 am
  16. halo nama saya rudi

    menurut saya kurang lengkap informasinya

    Posted by rudi | Agustus 31, 2009, 5:29 am
  17. terima kasih atas blog nya. aku terbantu atas blog ini.

    Posted by murid | September 8, 2009, 2:08 pm
  18. thanks a lot……….

    Posted by ngewaiiiii..... | September 24, 2009, 3:41 am
  19. makasih ya ibu guru atas ini !!!!!!!!!!!!!

    Posted by syafar smk kehutanan angkatan 1 | September 26, 2009, 8:34 am
  20. haaaaaaaaa lumayan…

    Posted by F!na.. | September 28, 2009, 3:32 am
  21. mana nih sistem reproduksi pada tumbuhannya?? kasi dounk artikelnya…
    hahaha… biar aq bx krjaiin tugasku,,,

    Posted by JH^^ | September 28, 2009, 10:26 am
  22. kok dsini gx ada reproduksi ikan alogator?????// ~.~

    Posted by sam | Oktober 3, 2009, 2:33 am
  23. thank’s ya yg udah bikin blog ini,,jdi ga susah ngerjain tugas dech……

    Posted by oppie | Oktober 3, 2009, 6:16 am
  24. kini a bisa memngetahui cara reproduksi reptil ,aves , mamalia…….tnk’s tuk semua.

    Posted by robinashari | Oktober 6, 2009, 6:55 am
  25. thx ya,
    ini dah bantu aq u/ presentasi bio.
    tapi sayang reproduksi mamalianya kurang lengkap

    Posted by Devina | Oktober 20, 2009, 9:42 am
  26. makasih infonya, tugas sekolah jadi lebih ringan…

    Posted by dian | Oktober 21, 2009, 10:52 am
  27. alhamdulillah,….. makasih banyak!!!!
    semoga anda mendapatkan pahala atas ni smua,,,… matur suwun…

    Posted by fandhi | Oktober 26, 2009, 1:17 pm
  28. assalamualaikum …..saya mau tanya apa yang menyebabkan fertilisasi eksternal terjadi didalam air???
    please ditunggu ya jawabannya buat tugas di kampus ni….
    thanks a lot before….

    Posted by evi riyanti | Oktober 30, 2009, 8:01 am
  29. berudu yang siap menetas agak lebih besar daripada telur yang dibuahi. apa yang dapat menerangkan hal ini……
    di tunggu balasannya sekarang

    Posted by sakerius | November 7, 2009, 1:56 pm
  30. mmm…

    Lumayan juga sih..

    Tapi aqu rada2 bingung..

    Hehe..

    Thanks ya tugasku dah selesai jadie..

    Tapi stress juga kalo tiap hri aqu hrs ol..

    Terbitin buku aja deh..

    sorry ya kebanyakan

    Posted by fabiana | November 17, 2009, 10:53 am
  31. alhamdulillah..
    semua yang saya butuhkan untuk kliping ada di sini…!!

    Posted by Lia | November 17, 2009, 12:42 pm
  32. SaYa mo tanya tentang perkembangbiakan scr konjugasi pd hewan

    Posted by Anggi Cute | November 18, 2009, 2:31 am
  33. Asalamualaikum…. terimakasih banyak atas semuanya….
    semoga mendapat pahala atas segala yg diberikan….

    Posted by iwan | November 18, 2009, 3:03 am
  34. bagus,,,, TP bs ditambah dgn dasar- dasar perkembangannya g’,,,? lg butuh nih,,,
    Oia,,, q mnt dajari cara penulisan BLog spt ini dunk,,,pengen jg bagi” ilmu ma tmn” yg laen cma,,, Q kurang bs,,,Please klw bs Dajari lwt emailq biar lgsg Q tw carax,,,Thnks,,,

    Posted by riskamaniz | Desember 12, 2009, 1:28 pm
  35. punya gak video dan animasi tentang sistem reproduksinya?

    Posted by asri | Desember 16, 2009, 3:45 am
  36. alhamdulillah. . ,
    makasih ya, tugas fitri dah siap. …

    Posted by fitri | Januari 5, 2010, 9:38 am
  37. terimakasih tugas yang diberikan oleh guru saya ada disini……. :D

    Posted by astri | Januari 13, 2010, 10:37 am
  38. maksih y tgs2 biologi aq jd lbh mudah di cari

    Posted by Ada dech | Januari 30, 2010, 11:19 am
  39. Sebenarnya buaya ovipar atau ovovivipar? please help me to answer

    Posted by kiki | Februari 13, 2010, 2:04 am
  40. SHALLOMM…………..

    bisa lebih banyak atau lbh dlmlg g ilmunya????????

    thx n gbu

    Posted by grace prichilia | Maret 2, 2010, 9:01 am
  41. SHALLOMM…………..

    bisa lebih banyak atau lbh dlm lg g ilmunya????????

    thx n gbu

    Posted by grace prichilia | Maret 2, 2010, 9:02 am
  42. tulisannya bagus… dan di lrngkapi lagi gambar-gambar dari setiap kelas ya……!!!makasih

    Posted by noni | Maret 12, 2010, 2:28 am
  43. Alhamdulillah,infonya berguna bgt pas lg kepepet bgt.thanx

    Posted by Arie pranandari | Maret 15, 2010, 4:18 am
  44. makasih pak guru.., krna ini mmberikan sdikit referensi tuk diskusiku besok pgi.

    Posted by mustaqim | Maret 25, 2010, 5:16 pm
  45. Oh makasi pak thax

    Posted by adibmahdy | April 3, 2010, 11:29 pm
  46. Makacciiiiihhh ya ……. Berguna bgt ….. !

    Posted by rima | April 12, 2010, 2:57 pm
  47. OK BGT…. GOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOD…. SANGAT MEMBANTU SAYA.. SALAM HORMAT DAI SAYA.. (SAMSUDIN)

    Posted by samsudin | April 28, 2010, 6:26 am
  48. thanks…skrg gw dapat ap yg gw cari…
    benar2 lengkap

    Posted by anha | April 30, 2010, 2:07 am
  49. saya bangga dengan dunia pendidikan sekarang sekarang ,tapi sayangya biaya pendidikan sangat -sangat mahal .
    HIDUP DUNIA PENDIDIKAN OKE OKE ……..OKE……………………………..TINGKATKAN PRESTASI ,MURAHKAN BIAYA PENDIDIUKAN ,BIAR ANAK BANGSA MENJADI PINTAR …………………………………………..

    Posted by lusiana | Mei 1, 2010, 1:59 am
  50. wah………
    gila kern banget ya …..
    semua nya lengkap disi ….
    thanks ya buat info nya

    Posted by lia pertiwi | Mei 8, 2010, 9:35 am
  51. sangat membantu saya :)

    Posted by Shinta Nurmaraya Febrianti | Mei 10, 2010, 12:40 pm
  52. assmualaikum.. trimakasih.. setelah membaca blog ini bisa menjawab pertanyaan siswa seputar reproduksi ikan hiu.

    Posted by utami | Mei 14, 2010, 2:24 am
  53. wahh…
    matur nuwun kanggem infonipun,,,
    tugas biologi kawulo saged lancar menika

    Posted by manly | Mei 17, 2010, 12:38 pm
  54. .jd siiap peer awq ….
    makasii iia ……
    pii gambar na mana ?
    d tambah iia …
    siip L

    Posted by sarah | Mei 17, 2010, 12:52 pm
  55. .siiap smua pr awq …..
    .pii d tambah ia gambar na ….

    Posted by sarah | Mei 17, 2010, 12:54 pm
  56. menurut saya data data ini blum lngkap skali.
    krena , msih sdikit bgt yg di informasi kan .
    jd , klo bisa informasi nya di tambah lagi .
    thanks ya buat info nya .

    Posted by lia pertiwi | Mei 21, 2010, 9:53 am
  57. tq berat, jadi tahu jawaban yang bener untuk anakku

    Posted by chris fendy | Mei 23, 2010, 2:37 pm
  58. mas emangnya reptil punya kloaka, terus alat reproduksi reptil betina itu apa namanya ya …? :-)

    Posted by wayan ahmad fauzi | Mei 27, 2010, 3:16 am
  59. berguna banget…thanks buat adminnya

    Posted by Riko | September 21, 2010, 12:49 pm
  60. helooo

    Posted by hai | Oktober 4, 2010, 1:29 pm
  61. waaaHhh…makasih ya infonya,
    bantu buat besk neh,,,
    jd siap UTS dechh..

    Posted by zahrahMasyitha | Oktober 9, 2010, 1:24 am
  62. mmmakkkassssiiiiiiiihhhhhhhhhhhh ttttttttttttuuuuuuuuuuuuugggggggggggggggaaaaaaaaaaaasssssssssssss sssssssssssaaaaaaaaaaaaaayyyyyyyyyyaaaaaaaa ttttttttttteeeeeeeeelllllllllllaaaaaaahhhhhhhhhhhhhhh
    sssssssssssssssssssseeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeelllllllllllllllllllleeeeeeeeeeeeeeeessssssssssssaaaaaaaaaaaaaiiiiiiiiiiiiiiii

    Posted by amelia | Oktober 9, 2010, 7:57 am
  63. Terimakasih. infonya….

    Posted by Drs. Jonson Sihotang | Oktober 15, 2010, 7:47 pm
  64. syukurrrrrrrrrrr mencari bahan pelajaran jadi mudah…………….
    kalau begitu untuk lulus smp gampang dehhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

    Posted by wahyu | Oktober 21, 2010, 11:33 am
  65. his gratitude for the knowledge I can learn about the reproductive system more deeply. and I admire what God created this earth and all that nothing is wasted. thank u very much

    Posted by solihan | Oktober 23, 2010, 6:36 am
  66. Alhamdulillah… Buat referensi tugas biologi dasar besok. Bisa tolong ditambahin ya? masalah reproduksi seksual dan aseksual beserta contoh hewan yang bereproduksi demikian?? Trims,..

    Posted by Suci R Hanis | Oktober 24, 2010, 10:12 am
  67. mkasih yh…..brkat ne semua tgas makalah Q bsa tuntas dech

    Posted by nurhaimin | Oktober 28, 2010, 2:39 am
  68. thx banget infonya..

    Posted by mailanti | November 9, 2010, 8:40 am
  69. alhmdllah tgsx da di sni smua…mksh ya..

    Posted by anwar | November 22, 2010, 6:47 am
  70. Thanks blog.y ..
    sangat membantu saya..

    Posted by Nova Rina Malle | Januari 9, 2011, 4:13 am
  71. thanks bangetttt….
    akhirnya tugas q selesai… ^_^

    Posted by anno | Februari 2, 2011, 5:19 am
  72. . .mksh xg udd bwdd bLog ini. . .tgz biology’q sdkit ke bntu . .kaLo bza semua tentang vertebrata d tambah donk. . .

    Posted by diah siwi | April 6, 2011, 6:05 am
  73. makasih….. :)

    Posted by endah | April 21, 2011, 9:30 am
  74. alhamdulilah yihii trims ya ;D akhirnya ketemu juga reproduksi pisces biologi kelas X @sman 1 cibinong u,u

    Posted by haditaa | Mei 2, 2011, 8:51 am
  75. thankyaa :)

    Posted by hadita1708 | Mei 6, 2011, 2:21 pm
  76. makasih banget ya, sangat membantu untuk presentasi saya

    Posted by unknown | Mei 9, 2011, 10:30 am
  77. alhamdulillah gan…
    tq yah… dpt juga tuhh izin copa yah!
    ^_^

    Posted by andika | Mei 10, 2011, 1:39 pm
  78. makasi :D

    Posted by hadita | Mei 13, 2011, 8:28 am
  79. yayaya

    Posted by tommy | Agustus 14, 2011, 12:06 pm
  80. bagus nih tpi bisa kah lebih lengkap lagi!!!

    Posted by dede | Agustus 19, 2011, 12:05 pm
  81. emm..ada gak perbedaan reproduksi vetebrata dlm bentuk tabel??
    btuh banget nih buat tgs bio..XP

    Posted by mima luv hyukk | Agustus 21, 2011, 1:19 pm
  82. sistem reproduksi pada hewan sekaligus terdapat pada sitem reproduksi pada tumbuhan ituu apa sih?? :o

    Posted by Viio Cii OLiin | September 4, 2011, 4:47 pm
  83. Apa nama alat kelamin hewan mamalia betina

    Posted by Apaaja | September 5, 2011, 12:35 pm
  84. thanks berkat ini q bs ngerjain tgs q

    Posted by yenyen | September 6, 2011, 9:58 am
  85. Trimakasih banyak atas infox, akhirx soal2 ipa anak saya terjawabkan, dan saya pun jadi tahu juga.

    Posted by Nurbaya | September 8, 2011, 1:53 pm
  86. makasih udah dibantu

    Posted by Aling | September 25, 2011, 2:04 pm
  87. thanks infonya tapi tolong gambarnya kurang.. udah bagus ko tapinya :D

    Posted by nurul lailatul indriyani | Oktober 15, 2011, 11:48 pm
  88. Thanks atas plajaran yang anda berikan kepada saya…… :D

    Posted by Randhi Nugraha | Oktober 17, 2011, 9:13 am
  89. KK aku kelas enam udh ada Tugas Ini !!!!.. waduh…

    Posted by Rticky Van Mpurise | November 1, 2011, 11:51 am
  90. subhanAllah….blognya sangat bagus,, dan sangat membantu saya,,
    jika boleh memberi saran,,jika materi guru diintegrasikan dengan ayat ayat al qur’an pasti lebih dan tambah bagus,,

    Posted by zakiyah | November 5, 2011, 12:31 am
  91. contohnya kurang satu nihhh…

    Posted by jurlya | November 10, 2011, 2:02 pm
  92. alhamdulillah ya…..
    ada semua :)

    Posted by tarlita | November 10, 2011, 2:05 pm
  93. kurang lengkapppp 3:)

    Posted by yunno | November 10, 2011, 2:07 pm
  94. alhamdulillah, meteri buat bikin makalah sistem reproduksi ada disini,makasih ya………..

    Posted by Eris Riswulan | November 23, 2011, 1:28 pm
  95. sayang’e kurang lengkap now

    Posted by dukun cabol | November 25, 2011, 3:52 am
  96. saya mau nanya , apa jenis buaya yang mengalami ovovivipar , tolong sebutkan ??????

    Posted by helda apriliyanti | Desember 3, 2011, 10:27 pm
  97. Alhamdulilah.semua ada dsni :)

    Posted by Irelta aurelia | Desember 6, 2011, 2:51 am
  98. masih kurang lengkap Bro..

    Posted by Arifin Kapota | Desember 13, 2011, 10:42 am
  99. mna gmbr2 nya

    Posted by fernando | Januari 22, 2012, 9:28 am
  100. permissi mau tanya.. tentang alat reproduksi pada ikan..
    Ovum dikeluarkan dari ovarium melalui oviduk dan dikeluarkan melalui kloaka.
    tetapi salah seorang guru saya mengatakan bahwa saluran urogenital adalah tempat keluarnya ovum.
    bagaimana yang benar?

    Posted by Astalitha Lorel Tania | Januari 24, 2012, 6:02 am
  101. terima kasih . tapi lbih bgus kalau ad daftar pustakanya

    Posted by ilham wahyu hidaat | Februari 8, 2012, 2:17 pm
  102. terima kasih utk penjelasannya,,,,,,

    Posted by Megawati Saroinsong | Februari 15, 2012, 3:10 am
  103. Artikelnya kurang lengkap, bisa engga kalo di lengkapi lagy,:)

    Posted by Nisa | Maret 8, 2012, 10:21 am
  104. ni pelajaran kls brp ya?

    Posted by ara | Maret 13, 2012, 12:58 pm
  105. assalamualaikum pa .. sistem peredaran darah untuk mollusca appa ??
    dii tunggu jawaban .. makasih :)

    Posted by Rahmi.rismayanthi | Maret 20, 2012, 9:00 am
  106. thx broww ane jadi bisa buat kliiping ipa ^_^

    Posted by Rahma Yulius | Maret 20, 2012, 12:42 pm
  107. mkasih…
    artikek seperti ini sangat membantu..

    Posted by Adiechandra Maulana | Maret 28, 2012, 5:45 pm
  108. master ipa tolong aq donk

    sebutkn bberpa bintang atau hewan yang trmasuk dalam kategori
    a.ovipar
    b.ovovivipar
    c.vivipar

    Posted by annisa | Mei 15, 2012, 1:15 pm
  109. wah, sama seperti yang ada di buku Esis, tappi top lahhh

    Posted by dwawisnu | Juni 14, 2012, 3:15 pm
  110. makasih y..

    Posted by wenny | Juni 26, 2012, 12:11 pm
  111. thanks Tugas Aku jadi beres . (n_n)

    Posted by Galih Maula | Agustus 26, 2012, 12:36 pm
  112. hai namaku indri
    aku suka belajar IPA
    tapi agak payah
    aku ingin belajar dengan ibu guru.
    aku mau tanya
    apa itu ciri-ciri mahkluk hidup ?

    Posted by indri isdarwanti | September 21, 2012, 1:06 am
  113. :-)

    Posted by indri isdarwanti | September 21, 2012, 1:08 am
  114. wow keren!

    Posted by salsabila zahra chinanti | September 25, 2012, 3:32 am
  115. BEBERAPA SIKLUS DALAM SISTEM REPRODUKSI PERLU DI TAMBAHKAN ( MENGGUNAKAN SKEMA ). CONTOHNYA ” SIKLUS MENSTRUASI”

    Posted by Ahmid M Latimpagi | Oktober 1, 2012, 2:01 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BLOG ini merupakan bentuk ungkapan TERIMA KASIH, seorang alumni/siswa ( I KETUT DIANA ADHI,S.KOM aka kuncunk, kepada bapak/ibu guru khususnya SMU 1 Melaya, Jembrana, Bali yang telah memberi berbagai ilmu selama saya belajar di sekolah tercinta..Jasa bapak / ibu guru tidak akan saya lupakan
Untuk materi, mohon maaf sebesar besarnya, karena basic saya yang cuma orang IT/ computer science, dan cuma bisa mengumpukan bahan dan materi ajar dan menyajikan dalam sebuah BLOG..
Saya merasa materi yang disajikan banyak kekurangannya, mudah mudahan saran dan kritik pengunjung bisa membuat blog ini berguna bagi pendidikan Indonesia..

Mudah mudahan blog ini bisa menjadi motivasi bagi pendidik untuk lebih bisa memanfatkan media IT demi kemajuan pendidikan Indonesia.

MAJU TERUS PENDIDIKAN INDONESIA

Kunjungi Paket Liburan ke Bali

Statistik

  • 7,663,268 hits
Education Sites Catalog
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 136 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: