//
you're reading...
Sistem reproduksi

Sistem Reproduksi Pada Manusia – Pria


Sistem reproduksi pria meliputi organ-organ reproduksi, spermatogenesis dan hormon pada pria.
Organ Reproduksi
Organ reproduksi pria terdiri atas organ reproduksi dalam dan organ reproduksi luar.

Organ Reproduksi Dalam
Organ reproduksi dalam pria terdiri atas testis, saluran pengeluaran dan kelenjar asesoris.
Testis
Testis (gonad jantan) berbentuk oval dan terletak didalam kantung pelir (skrotum). Testis berjumlah sepasang (testes = jamak). Testis terdapat di bagian tubuh sebelah kiri dan kanan. Testis kiri dan kanan dibatasi oleh suatu sekat yang terdiri dari serat jaringan ikat dan otot polos.
Fungsi testis secara umum merupakan alat untuk memproduksi sperma dan hormon kelamin jantan yang disebut testoteron.
Saluran Pengeluaran
Saluran pengeluaran pada organ reproduksi dalam pria terdiri dari epididimis, vas deferens, saluran ejakulasi dan uretra.
Epididimis
Epididimis merupakan saluran berkelok-kelok di dalam skrotum yang keluar dari testis. Epididimis berjumlah sepasang di sebelah kanan dan kiri. Epididimis berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara sperma sampai sperma menjadi matang dan bergerak menuju vas deferens.
Vas deferens
Vas deferens atau saluran sperma (duktus deferens) merupakan saluran lurus yang mengarah ke atas dan merupakan lanjutan dari epididimis. Vas deferens tidak menempel pada testis dan ujung salurannya terdapat di dalam kelenjar prostat. Vas deferens berfungsi sebagai saluran tempat jalannya sperma dari epididimis menuju kantung semen atau kantung mani (vesikula seminalis).
Saluran ejakulasi
Saluran ejakulasi merupakan saluran pendek yang menghubungkan kantung semen dengan uretra. Saluran ini berfungsi untuk mengeluarkan sperma agar masuk ke dalam uretra.
Uretra
Uretra merupakan saluran akhir reproduksi yang terdapat di dalam penis. Uretra berfungsi sebagai saluran kelamin yang berasal dari kantung semen dan saluran untuk membuang urin dari kantung kemih.
Kelenjar Asesoris
Selama sperma melalui saluran pengeluaran, terjadi penambahan berbagai getah kelamin yang dihasilkan oleh kelenjar asesoris. Getah-getah ini berfungsi untuk mempertahankan kelangsungan hidup dan pergerakakan sperma. Kelenjar asesoris merupakan kelenjar kelamin yang terdiri dari vesikula seminalis, kelenjar prostat dan kelenjar Cowper.
Vesikula seminalis
Vesikula seminalis atau kantung semen (kantung mani) merupakan kelenjar berlekuk-lekuk yang terletak di belakang kantung kemih. Dinding vesikula seminalis menghasilkan zat makanan yang merupakan sumber makanan bagi sperma.
Kelenjar prostat
Kelenjar prostat melingkari bagian atas uretra dan terletak di bagian bawah kantung kemih. Kelenjar prostat menghasilkan getah yang mengandung kolesterol, garam dan fosfolipid yang berperan untuk kelangsungan hidup sperma.
Kelenjar Cowper
Kelenjar Cowper (kelenjar bulbouretra) merupakan kelenjar yang salurannya langsung menuju uretra. Kelenjar Cowper menghasilkan getah yang bersifat alkali (basa).
Organ Reproduksi Luar
Organ reproduksi luar pria terdiri dari penis dan skrotum.
Penis
Penis terdiri dari tiga rongga yang berisi jaringan spons. Dua rongga yang terletak di bagian atas berupa jaringan spons korpus kavernosa. Satu rongga lagi berada di bagian bawah yang berupa jaringan spons korpus spongiosum yang membungkus uretra. Uretra pada penis dikelilingi oleh jaringan erektil yang rongga-rongganya banyak mengandung pembuluh darah dan ujung-ujung saraf perasa. Bila ada suatu rangsangan, rongga tersebut akan terisi penuh oleh darah sehingga penis menjadi tegang dan mengembang (ereksi).

Skrotum
Skrotum (kantung pelir) merupakan kantung yang di dalamnya berisi testis. Skrotum berjumlah sepasang, yaitu skrotum kanan dan skrotum kiri. Di antara skrotum kanan dan skrotum kiri dibatasi oleh sekat yang berupa jaringan ikat dan otot polos (otot dartos). Otot dartos berfungsi untuk menggerakan skrotum sehingga dapat mengerut dan mengendur. Di dalam skrotum juga tedapat serat-serat otot yang berasal dari penerusan otot lurik dinding perut yang disebut otot kremaster. Otot ini bertindak sebagai pengatur suhu lingkungan testis agar kondisinya stabil. Proses pembentukan sperma (spermatogenesis) membutuhkan suhu yang stabil, yaitu beberapa derajat lebih rendah daripada suhu tubuh.

Spermatogenesis
Spermatogenesis terjadi di dalam di dalam testis, tepatnya pada tubulus seminiferus. Spermatogenesis mencakup pematangan sel epitel germinal dengan melalui proses pembelahan dan diferensiasi sel, yang mana bertujuan untuk membentu sperma fungsional. Pematangan sel terjadi di tubulus seminiferus yang kemudian disimpan di epididimis.
Dinding tubulus seminiferus tersusun dari jaringan ikat dan jaringan epitelium germinal (jaringan epitelium benih) yang berfungsi pada saat spermatogenesis. Pintalan-pintalan tubulus seminiferus terdapat di dalam ruang-ruang testis (lobulus testis). Satu testis umumnya mengandung sekitar 250 lobulus testis. Tubulus seminiferus terdiri dari sejumlah besar sel epitel germinal (sel epitel benih) yang disebut spermatogonia (spermatogonium = tunggal). Spermatogonia terletak di dua sampai tiga lapisan luar sel-sel epitel tubulus seminiferus. Spermatogonia terus-menerus membelah untuk memperbanyak diri, sebagian dari spermatogonia berdiferensiasi melalui tahap-tahap perkembangan tertentu untuk membentuk sperma.
Pada tahap pertama spermatogenesis, spermatogonia yang bersifat diploid (2n atau mengandung 23 kromosom berpasangan), berkumpul di tepi membran epitel germinal yang disebut spermatogonia tipe A. Spermatogenia tipe A membelah secara mitosis menjadi spermatogonia tipe B. Kemudian, setelah beberapa kali membelah, sel-sel ini akhirnya menjadi spermatosit primer yang masih bersifat diploid. Setelah melewati beberapa minggu, setiap spermatosit primer membelah secara meiosis membentuk dua buah spermatosit sekunder yang bersifat haploid. Spermatosit sekunder kemudian membelah lagi secara meiosis membentuk empat buah spermatid. Spermatid merupakan calon sperma yang belum memiliki ekor dan bersifat haploid (n atau mengandung 23 kromosom yang tidak berpasangan). Setiap spermatid akan berdiferensiasi menjadi spermatozoa (sperma). Proses perubahan spermatid menjadi sperma disebut spermiasi.
Ketika spermatid dibentuk pertama kali, spermatid memiliki bentuk seperti sel-sel epitel. Namun, setelah spermatid mulai memanjang menjadi sperma, akan terlihat bentuk yang terdiri dari kepala dan ekor.
Kepala sperma terdiri dari sel berinti tebal dengan hanya sedikit sitoplasma. Pada bagian membran permukaan di ujung kepala sperma terdapat selubung tebal yang disebut akrosom. Akrosom mengandung enzim hialuronidase dan proteinase yang berfungsi untuk menembus lapisan pelindung ovum.
Pada ekor sperma terdapat badan sperma yang terletak di bagian tengah sperma. Badan sperma banyak mengandung mitokondria yang berfungsi sebagai penghasil energi untuk pergerakan sperma.
Semua tahap spermatogenesis terjadi karena adanya pengaruh sel-sel sertoli yang memiliki fungsi khusus untuk menyediakan makanan dan mengatur proses spermatogenesis.

Hormon pada Pria
Proses spermatogenesis distimulasi oleh sejumlah hormon, yaitu testoteron, LH (Luteinizing Hormone), FSH (Follicle Stimulating Hormone), estrogen dan hormon pertumbuhan.
Testoteron
Testoteron disekresi oleh sel-sel Leydig yang terdapat di antara tubulus seminiferus. Hormon ini penting bagi tahap pembelahan sel-sel germinal untuk membentuk sperma, terutama pembelahan meiosis untuk membentuk spermatosit sekunder.
LH (Luteinizing Hormone)
LH disekresi oleh kelenjar hipofisis anterior. LH berfungsi menstimulasi sel-sel Leydig untuk mensekresi testoteron
FSH (Follicle Stimulating Hormone)
FSH juga disekresi oleh sel-sel kelenjar hipofisis anterior dan berfungsi menstimulasi sel-sel sertoli. Tanpa stimulasi ini, pengubahan spermatid menjadi sperma (spermiasi) tidak akan terjadi.
Estrogen
Estrogen dibentuk oleh sel-sel sertoli ketika distimulasi oleh FSH. Sel-sel sertoli juga mensekresi suatu protein pengikat androgen yang mengikat testoteron dan estrogen serta membawa keduanya ke dalam cairan pada tubulus seminiferus. Kedua hormon ini tersedia untuk pematangan sperma.
Hormon Pertumbuhan
Hormon pertumbuhan diperlukan untuk mengatur fungsi metabolisme testis. Hormon pertumbuhan secara khusus meningkatkan pembelahan awal pada spermatogenesis.

Gangguan pada Sistem Reproduksi Pria

Hipogonadisme
Hipogonadisme adalah penurunan fungsi testis yang disebabkan oleh gangguan interaksi hormon, seperti hormon androgen dan testoteron. Gangguan ini menyebabkan infertilitas, impotensi dan tidak adanya tanda-tanda kepriaan. Penanganan dapat dilakukan dengan terapi hormon.
Kriptorkidisme
Kriptorkidisme adalah kegagalan dari satu atau kedua testis untuk turun dari rongga abdomen ke dalam skrotum pada waktu bayi. Hal tersebut dapat ditangani dengan pemberian hormon human chorionic gonadotropin untuk merangsang terstoteron. Jika belum turun juga, dilakukan pembedahan.
Uretritis
Uretritis adalah peradangan uretra dengan gejala rasa gatal pada penis dan sering buang air kecil. Organisme yang paling sering menyebabkan uretritis adalah Chlamydia trachomatis, Ureplasma urealyticum atau virus herpes.
Prostatitis
Prostatitis adalah peradangan prostat. Penyebabnya dapat berupa bakteri, seperti Escherichia coli maupun bukan bakteri.
Epididimitis
Epididimitis adalah infeksi yang sering terjadi pada saluran reproduksi pria. Organisme penyebab epididimitis adalah E. coli dan Chlamydia.
Orkitis
Orkitis adalah peradangan pada testis yang disebabkan oleh virus parotitis. Jika terjadi pada pria dewasa dapat menyebabkan infertilitas.

About these ads

Diskusi

135 pemikiran pada “Sistem Reproduksi Pada Manusia – Pria

  1. me nanya donk… klo bs djwb yh,,,

    hm… bnr ga ci kuda laut itu bs dipake sbg obat kuat???

    Makasih….

    Posted by mizz | November 21, 2008, 3:23 am
  2. kalau buat bakteri da gak?

    Posted by GiE | Desember 1, 2008, 12:27 pm
  3. saya ngopi yang ini juga ya, sama yg wanita

    Posted by Fadelislam | Desember 11, 2008, 12:53 pm
  4. sebelumnya saya tertarik dengan topik ini karena sodara saya punya masalah dengan skrotumnya. begini: waktu dia masih bayi,dokter memvonis ada tumor di skrotumnya sehingga skrotumnya harus diangkat dan sekarang dia hanya mempunyai satu skrotum. yang ingin saya tanyakan:apakah dengan satu skrotum ini dia masih bisa menjalankan fungsi-fungsi seksual seperti orang normal lainnya??apakah ada efek ke produksi sperma nantinya??apakah nantinya dia masih berpotensi untuk punya anak??masih bisa ereksikah??tolong jawabannya y….
    saya sangat mengharapkan jawaban dari para ahli dibidang ini. atas jawabannya terimakasih

    Posted by naruto | Desember 16, 2008, 11:31 am
  5. wah.. bisa untuk bahan kuliah ne

    Posted by Dhe Kucing_Kabur | Februari 3, 2009, 8:27 am
  6. kalo testis gak bisa turun salah satu itu termasuk kriptorkidisme? soalnya yang satu letaknya sejajar dg mr.p

    Posted by arif | Februari 19, 2009, 1:04 pm
  7. wah…
    thanx y, guna banget ne bwt bahan kuliah psikologi perilaku seksualQ

    Posted by reiko | Februari 20, 2009, 3:52 am
  8. waduhh thx bgt yahh
    ngbntu bgt buat tugas
    di copy ya

    Posted by ganteng hehe | Februari 23, 2009, 2:48 pm
  9. wah,thanks ya ,berkat anda tugas saya telah selesai.

    Posted by wan | Maret 1, 2009, 7:48 am
  10. ok terimakasih kedepan akan lebih jeles dan bermafaat buat anak bangsa.

    Posted by ABDUL ROZI DANA | Maret 2, 2009, 4:09 pm
  11. FSH-LH pada betina apakah funsinya sama ma jantan?

    Posted by hartono | Maret 21, 2009, 3:42 am
  12. wah………………………..makasih ya atas informasina ……….si aq jd bs ngerjain dan nyelesein tugas dari guru

    thank’sssssssssssssssssssssssssssssssssss yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    Posted by Dimas | Maret 24, 2009, 7:24 am
  13. mau nanya hormon apa saja yg berkontraksi pada otot polos ???
    sebutkan dan jelaskan !!

    tak tunggu ya jawabanya

    makasih……..

    Posted by heni H.A | Maret 30, 2009, 3:30 am
  14. oia tak tgu jwabanya secepatnya….

    Posted by heni H.A | Maret 30, 2009, 3:31 am
  15. isinya sangat bermanfaat, ini memang sedang saya cari untuk materi sistem reproduksi manusia.
    thanks

    Posted by iqqi | Mei 20, 2009, 11:57 am
  16. THANKS bwt ne yaw

    Posted by prince | Mei 24, 2009, 8:53 am
  17. thanks ya buat infonya…
    silakan berkunjung ke rasyid14.wordpress.com/
    sama -sama mengembangkan pendidikan melalui dunia blog, cek i dot …
    tuker link ya, biar bisa saling sharing

    Posted by catatan aneh gammachan | Mei 29, 2009, 9:19 am
  18. bsa di jlsin scra detai gx Yg bgian Hormon’na?
    coz q adha tgaz negh…
    help me plizzzzzzzzzzzz………..

    Posted by gue_nech... | Juni 2, 2009, 1:44 pm
  19. saya pria umur 29 th yang mempunyai payudara seperti wanita mulai dari umur 15 th, apa nama obat yg bisa sembuhin masalah ini, apakah hrs operasi? dan disebabkan apa ini bisa terjadi, makasih

    Posted by edy | Juni 2, 2009, 5:22 pm
  20. thanks, gue jadi bisa nyelesein laporan guwe.

    Posted by han | Juni 8, 2009, 7:14 am
  21. Sebelumnya thanks infonya yang berguna bgt bagi semua orang,,,

    Saya mau tanya, umumnya testis laki2 terdapat sepasang (kiri-kanan). Jika hanya terdapat satu, apakh akan terjadi kelainan dalam hal reproduksi? Apakah efek yang akan terjadi?

    Posted by afir | Juni 27, 2009, 6:33 pm
  22. apa kah demam itu

    Posted by samsul | Agustus 25, 2009, 3:07 pm
  23. sebelumnya saya tertarik dengan topik ini karena sodara saya punya masalah dengan skrotumnya. begini: waktu dia masih bayi,dokter memvonis ada tumor di skrotumnya sehingga skrotumnya harus diangkat dan sekarang dia hanya mempunyai satu skrotum. yang ingin saya tanyakan:apakah dengan satu skrotum ini dia masih bisa menjalankan fungsi-fungsi seksual seperti orang normal lainnya??apakah ada efek ke produksi sperma nantinya??apakah nantinya dia masih berpotensi untuk punya anak??masih bisa ereksikah??tolong jawabannya y….
    saya sangat mengharapkan jawaban dari para ahli dibidang ini. atas jawabannya terimakasih

    Posted by dvgfhfb | Agustus 30, 2009, 5:30 am
  24. aduch…enk bgt ya law bljr lwt internet,,,

    Posted by vy2 | Agustus 30, 2009, 2:28 pm
  25. dengan ini tugas saya jd bagus deh…..

    makasih ya…..

    Posted by djoey_krenzz... | September 2, 2009, 9:21 am
  26. Sip Mantap em=ang ,.,

    emang wajib kudu musti ni ilmu di Ambil HIkmaHnya
    PeNting buAt nNAmbah2 ilmu aturan sekalian juga donk akibat2 dari
    penYalhgunaannya,,,.,ma Resolusi nya Biar tambah mantep

    satu lagi sekalian donk ajarin saya Buat blog di wordpress,.,
    Kirim ke email saya aja ya,.,

    yoi tHanks Full

    Posted by Faris | September 3, 2009, 6:55 am
  27. uugh krend ………
    gwe bisa siapln tugas gwe………..
    thanks ia…………

    Posted by ivan | September 7, 2009, 8:44 am
  28. EMANG guru itu sudah seharusnya nge blog…high tech dikit dong..

    Posted by saff | September 25, 2009, 8:04 am
  29. WAHHHHHH THANKS BGT YUA INFORMASINYA QU BS TAU TNTNG SMUANYA NEYH JG WAT TUGAZZZZ DR GURU MAKHLUM ANAK PONDOK SUKA KETINGGALAN INFORMASI

    Posted by OXTA | Oktober 6, 2009, 6:31 am
  30. makasih Buanyak……………………
    lagi di kel;asnih .Tugas jadi selesai

    Posted by sabila | Oktober 10, 2009, 3:00 am
  31. Ma cacih ya……….lain kali maeri yang lain terutama pelajaran IPA SMK

    Posted by uajng | Oktober 20, 2009, 1:40 am
  32. tengkyu yaH,,
    bsa slsay dee nie tUgas,,,
    Lok da info ge,,bagi2 yaH!!
    hi2….

    Posted by Moemoe | Oktober 20, 2009, 11:09 am
  33. makasih yach^^
    bantu tugas banged nih
    sekali lagi makasih

    Posted by Bajingan_Tampan | Oktober 20, 2009, 11:46 am
  34. ap perbdan tlng sejati dgn tlng melayang……

    Posted by paizar | Oktober 24, 2009, 3:36 pm
  35. Ular cobra ditambah kacang ketoprak mantep banget oyyyyyyyyy. ah

    Posted by mohammad mughni | Oktober 29, 2009, 2:47 am
  36. makasih banyak y

    Posted by alvina | Oktober 29, 2009, 4:52 am
  37. wah mantapp !

    Posted by milla | November 11, 2009, 1:34 pm
  38. tolong dijelaskan posisi testis bagian kanan lebih turun daripada yang kanan apakah ini bermasalah..?

    Posted by denys | Desember 1, 2009, 3:27 pm
  39. proses spermatogenesis,, bisa di jelaskan ndak?

    Posted by depi | Desember 10, 2009, 12:22 pm
  40. THANKS

    Posted by ika | Desember 18, 2009, 3:35 pm
  41. enak nich wat ngjain tgas kuliah

    Posted by Dj Bjeh | Januari 3, 2010, 2:26 am
  42. Pa bnr kalau seorang cwo memakan kecambah dpt mengakibtkan bau sperma yg tdak enk??????????
    heeeeheeeeeheeeeeheeeee,,,,,,,,

    Posted by dwi | Januari 5, 2010, 3:53 am
  43. waaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaah bagus jga nih buat tugas biologi ku…..

    Posted by the aziz n roll | Januari 16, 2010, 7:04 am
  44. Pak guru, kita dwld repro wanita & pria, untuk ngebantu adik-adik yang lagi nyusun papernya. tks buanyak…..GBU

    Posted by kangtik | Januari 24, 2010, 8:02 pm
  45. aqu ambil ea… bwt tugas ne… hihi…

    Posted by rithy | Februari 22, 2010, 11:22 am
  46. baguz jg, lmyan lngkap…….

    Posted by rio | April 13, 2010, 1:16 pm
  47. ass sebelumnya lam kenal saya salah satu mahasiswa perguruan tinggi swasta di lampung sedang menemmpuh studi pada fakultas keguruan saya mengutip dari artikel anda untuk keperluan tugas matakuliah terimakasih ya pak guru.

    Posted by mardi hamzah | April 26, 2010, 2:42 pm
  48. thanks bwt info ny… Q jg ikut ngopi ya…

    Posted by REE | April 30, 2010, 4:22 am
  49. klo bisa ditambah denga literatur y………………
    nti jadi artikel yang ilegal klo g’ da literaturnya……
    oke………..!

    Posted by diana | Mei 2, 2010, 5:14 am
  50. Maksh b.a yuah!!!
    BerKtT NEe bz naMbAh pGlaMn unieYy

    Posted by UnieE | Mei 5, 2010, 2:28 am
  51. bisa luwih lengkap maning ora john.,..,.,.,,.,.?

    Posted by akbar ismail | Mei 13, 2010, 3:52 am
  52. mAkAciCh eA
    iLmu Q jDi b’tAmbAcH
    cCCciIIIIiiihHHHHhhhhuUuUUUuUuUuUuUu

    Posted by dHiE_nHa | Mei 17, 2010, 6:55 am
  53. Keren2. .
    Tp serem jg ea kaLo bcra msLh pnykit pada sstem reproduksi. .

    Posted by Cii hafsah cweet | Mei 27, 2010, 8:14 am
  54. TQ,,,,SENENGNYA DA DIBANTU,,,,,,,,JD DA MTERI WAD UJIND BECUG,,,,

    Posted by BELLA | Juni 27, 2010, 12:01 pm
  55. baaaaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh Mantabbbb ,, lebih bgus ada Videonya,,,,, ^,^

    Posted by Robby | Juli 22, 2010, 12:51 pm
  56. waduh tugas segini banyak suruh ditulis dibuku biar cepet cara nya gimana

    Posted by wahyu | Juli 26, 2010, 7:54 am
  57. thanks ya, anda telah membantu saya
    huekekeke

    Posted by murid teladan | Juli 27, 2010, 10:08 am
  58. sebelumnya saya tertarik dengan topik ini karena sodara saya punya masalah dengan skrotumnya. begini: waktu dia masih bayi,dokter memvonis ada tumor di skrotumnya sehingga skrotumnya harus diangkat dan sekarang dia hanya mempunyai satu skrotum. yang ingin saya tanyakan:apakah dengan satu skrotum ini dia masih bisa menjalankan fungsi-fungsi seksual seperti orang normal lainnya??apakah ada efek ke produksi sperma nantinya??apakah nantinya dia masih berpotensi untuk punya anak??masih bisa ereksikah??tolong jawabannya y….
    saya sangat mengharapkan jawaban dari para ahli dibidang ini. atas jawabannya terimakasih

    Posted by bisrah astria | Juli 30, 2010, 2:08 pm
  59. hmmm britanya bisa lbh lengkap lagi gugg?????????

    yg lbh akurat gitu,…

    Posted by pebri puspita | Agustus 5, 2010, 8:12 am
  60. thankzz iaa!!!!

    Posted by Maulia Sari. K | September 2, 2010, 10:57 am
  61. mkasihh beudd yahh,,
    infox,,bantuu bkin tugas c,,, :D

    Posted by masiverr sjatii,, | September 19, 2010, 8:20 am
  62. emh

    bnyak coment2 nya

    saya mah ikut2 ja lah
    hehehe

    Posted by meja komputer | September 20, 2010, 7:12 am
  63. Permisi mas kunchunx,saya izin copy 3 bahan,
    -Sistem reproduksi manusia pria
    -Sistem reproduksi manusia wanita
    dan
    -Sistem Ekskresi pada manusia untuk bahan pengajaran

    Mohon diizinkan,terima kasih atas perhatianya

    Posted by Samuel | September 22, 2010, 6:24 pm
  64. Thanks for making this web-blog.
    please make another else about biology ;)

    cheeLary

    Posted by Claresta Indah fis | September 24, 2010, 12:01 pm
  65. hmm apa benar tanpa laki juga bisa mandul? olong jelaskan

    Posted by indah | September 26, 2010, 10:37 pm
  66. Assalamuallaikum… ku mw tanya, adakah pengaruh yang timbul pada seorang laki-laki yang hanya memiliki 1 buah testis…???????????

    Posted by lian | September 28, 2010, 12:44 pm
  67. Assalamuallaikum……. ku mw tanya lagi, aku pernah baca buku, katanya proses terbentuknya jenis kelamin (laki-laki atau perempuan) itu ditentukan oleh seorang laki-laki(suami). Yang ingin saya tanyakan bagaimana caranya sehingga kita bisa tau sel kelamin apa yang terbentuk,terhadap janin..???????? Tq….

    Posted by lian | September 28, 2010, 12:52 pm
  68. apa sih yang di maksud dengan bertaqwa itu *maaf sebagian teks hilang*!!!!!!!!!!!!!!!!

    Posted by sabilla | Oktober 3, 2010, 4:55 am
  69. apa yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa?

    Posted by sabilla | Oktober 3, 2010, 4:56 am
  70. tolonggggggggggggggggggggg!

    tolonggggggggggggggggggggg!

    tolonggggggggggggggggggggg!

    Posted by sabilla | Oktober 3, 2010, 4:57 am
  71. thanks…….bgt…!! ne bntu bgt buat prepartion exam q bsok.

    Posted by hanif | Oktober 12, 2010, 12:09 pm
  72. tlong djlskan apa itu hormon androgen?
    klu bz djwb skrng.

    Posted by faza | Oktober 15, 2010, 8:05 am
  73. aku copy ya,,
    thx

    Posted by ria | Oktober 23, 2010, 3:20 am
  74. saya mau nanya apakah orang yang mengalami impotensi itu tidak dapat mempunyai anak seumur hidup ????????? Trim’s

    Posted by dina sevria purba | November 8, 2010, 2:16 am
  75. terimakasih bro.. apa juga yang menyebabkan testis kiri dan kanan tidak sama ukurannya?.

    Posted by noval | November 20, 2010, 6:41 am
  76. ehm , aku pernah baca
    di perpustakaan lengkap
    di balaraja , katanya walau pun
    skrotumnya hanya satu tapi skrotum
    yg satunya lagi masih bisa di gunakan.
    so , jangan bersedih…
    kalo skrotumnya gak ada sama sekali
    tuh baru gak bisa!

    Posted by luna lovegood | Desember 7, 2010, 1:05 pm
  77. thanx …akhirnya …tugasnya sls

    Posted by sarry | Maret 4, 2011, 7:39 am
  78. emmm guys maw nanya ..apakah ada gejala yg disebabkan oleh rapuh x selaput darah pada cew , thanks

    Posted by anis sundari | Maret 14, 2011, 2:12 am
  79. aku ngopi yang ini yaa ,. sama yang wanita juga ,.
    buat keperluan tugas ku ,.
    thx :D

    Posted by nia | Maret 29, 2011, 11:43 am
  80. thanks bngt ngebntu bngt ….

    Posted by fitri | April 2, 2011, 9:31 am
  81. klo bisa dksih daftar acuannya biar ilmiah

    Posted by anonim | Mei 8, 2011, 1:21 pm
  82. klau bisa bt cwek ad jg ok

    Posted by atrhi | Mei 10, 2011, 11:11 am
  83. mksih blognya ea??membantu saya bangettt…

    Posted by santi cup cup | Juli 19, 2011, 4:19 pm
  84. mkch bngeeeeett eaaa ….!!!
    nee,, sngatt mmbntuu bwt aqhuu …!!!
    tgass qhu,, cLcae cmuaa …!!
    thank’z very much ..!! :D

    Posted by santi fadillah sari | Juli 22, 2011, 5:20 am
  85. aku copy ya yg pria n wanita .. cz tugasnya ttg sistem reproduksi pria dn wanita…
    mkasih sebelumnya.. :)

    Posted by novitasariprasetyakarisma | Juli 29, 2011, 4:54 am
  86. mkasih ya…..
    pkerjaan skolah saya bisa terbantu….
    tp law bisa tambahkan gambar juga….

    Posted by anjas ganteng cuy | Agustus 4, 2011, 4:03 am
  87. hmmm…

    Posted by Erick fresco | Agustus 9, 2011, 7:02 am
  88. lengkap dan jelas.. tx buat share ilmunya

    Posted by lorent | September 9, 2011, 12:16 pm
  89. thnx postingan’a… so, aq mo ngopi ea…

    Posted by widiat | September 11, 2011, 9:01 am
  90. thanks yahhh

    Posted by ronaldo | September 21, 2011, 5:40 am
  91. bgmana dengan orang yg secara fisik 80%pria tp 20% agak feminim apakah terpi dgn hormon jg atau giamana?

    Posted by toto | September 24, 2011, 1:17 am
  92. ijin copas yah

    Posted by reza | September 25, 2011, 10:24 am
  93. makaciii ea infonya jdi bsa ngerjain, tgas dri dosen qqq

    Posted by liya | September 29, 2011, 1:16 am
  94. makasihh saya mengambil ini untuk tugas saya

    Posted by ummy | Oktober 2, 2011, 4:23 am
  95. huh matatih jadi tugas qw cpt selesai dah tak copy ea

    Posted by taufani | Oktober 2, 2011, 11:00 am
  96. thank you yha gan atas informasi nya…………

    Posted by deby | Oktober 14, 2011, 11:59 pm
  97. bagus artikelnya . gue ngerasa kebantu banget sama artikelnya . terima kasih (y) .

    Posted by emeser | Oktober 17, 2011, 1:04 pm
  98. makasiee yahh atas informasii di atass:)

    Posted by han rae jin | Oktober 23, 2011, 11:38 am
  99. sangat bermanfaat, numpang copas yah…. salam persahabatan,,,

    Posted by lena annajla | Oktober 24, 2011, 12:39 pm
  100. kalau kantong kemih itu apa pengertian nya?
    tlng di jwb ya…

    Posted by veronica alba | November 1, 2011, 7:25 am
  101. kalau kantong seperma itu apa pengertian nya?
    tlng di jwb ya…

    Posted by veronica alba | November 1, 2011, 7:26 am
  102. emmmmm dng ini zy bisa lbh tau dan banyak blajaar mmbwt zy lbh mexukai pljrn yg berbau bau alat reproduksi yang bisa mmbwt zy resiko sex itu sendiri

    Posted by putry | November 4, 2011, 6:15 am
  103. makasi atas infonya. mau nanya donk kelenjar pada sperma itu apa ya ??

    Posted by WitriCarielda | November 8, 2011, 1:53 pm
  104. hhmm bagus tuh buat tambhan pngethuan, biar tau tntang ksehtan ???

    Posted by syahrial | Desember 17, 2011, 9:02 am
  105. makasih udah kasih tau semua jawabannya jadi prku udah siapni

    Posted by bhara | Desember 23, 2011, 12:00 am
  106. dokumen ini dpt saya gunakan untuk tambah meteri ajar saya

    Posted by indah | Maret 17, 2012, 4:24 pm
  107. bawasanya allah menciptakan manusia saling berpasang2 makanya lewat reproduksi manusia berkembang

    Posted by diki kurniawan | Maret 29, 2012, 7:38 am
  108. Aku juga Ngopi Artikel ini ya……..bwt tugas!!!!

    Posted by Mis....... | April 12, 2012, 12:29 am
  109. kren euuuuyyyy…..thanks yaa. ku jadi tambah wawasan ne.beda banget belajar di kelas yag super ngantuk… lewat internei kren…..

    Posted by atikah | Mei 9, 2012, 1:44 pm
  110. kren……………………………………………..thanks yaaaaaa…………

    Posted by atikah | Mei 9, 2012, 1:46 pm
  111. apa perbedaan vas deferens dan epididimis

    Posted by yolita | Mei 15, 2012, 3:02 am
  112. sangat ngebantu,,,, :) :D

    Posted by olahragainfo | Mei 16, 2012, 12:50 pm
  113. Bagus.. kami memang sangat membutuhkan pelajaran seperti ini…. karena ini membuat kami lebih bergairah untuk melakkannya… hahaha…

    Posted by Eendhaa... Smanza... | Mei 26, 2012, 11:37 am
  114. thanks ini dapat membantu saya……….

    Posted by fathur | Mei 29, 2012, 3:41 am
  115. Thank’z atas infox.

    Posted by Sartika mansyur | Juni 5, 2012, 11:35 am
  116. Thank’z ats infox buat ulangan besok.

    Posted by Sartika mansyur | Juni 5, 2012, 11:39 am
  117. tanks yh

    Posted by als | Agustus 7, 2012, 12:55 pm
  118. mau tanya disana kok ga dijelaskan anus ?
    di buku saya ada tapi fungsinya gx jelas :(

    Posted by Dex Sinta Dwi Rahayu | Agustus 17, 2012, 12:57 pm
  119. thanks banget ya , its a good info

    Posted by TARMO | Agustus 24, 2012, 12:47 pm
  120. thanks untuk informasinya

    Posted by agus nurdin adi putra | Agustus 31, 2012, 6:30 am
  121. terima kasih atas info`a..

    Posted by rwangazma | September 2, 2012, 11:54 am
  122. makasih ya infonya

    Posted by wilson | September 12, 2012, 12:40 pm
  123. Thanks you so much , Sir <3
    Akhirnya saya mulai paham dengan pelajaran Biologi Reproduksi ini berkat membaca ini :)
    Semoga banyak yang dikunjungi blog ini , ini sangat bermanfaat bagi orang yang ingin mengetahui lebih jelas ttg Ilmu pengetahuan ttg REPRODUKSI ^^

    Posted by Baekhyun | September 14, 2012, 9:26 am
  124. Thank’s infonya, nambah” informasi buat ulangan.

    Posted by Munia fitrianti | September 17, 2012, 2:10 pm
  125. terima kasih atas materinya, semoga bermanfaat untuk anak-anak pada khususnya dan dunia pendidikan pada umunya

    Posted by Ahmad Isnaini | September 26, 2012, 10:06 am
  126. aku mau nanya..??
    fungsi dari saluran sperma pada laki-laki itu apa ??
    thankzz..

    Posted by Aldo | Oktober 23, 2012, 11:37 am
  127. Laki-laki yang tidak bisa punya anak, apa yang sebabnya, apakah mungkin juga termasuk kelainan pada alat reproduksi..? Kasi solusi dong, pengen nih!

    Posted by Saifur Rijal | November 1, 2012, 9:30 am
  128. tlong jlaskan mngpa pria bs ejakulasi dini

    Posted by putuscinta | November 15, 2012, 1:55 am
  129. Hmm MhaChAchI tAZ InfOnyA….!

    Posted by Okha labetubun | Maret 20, 2013, 5:37 am
  130. bisa dijelaskan lebih detail gak mengenai tubulus seminiferous ??? makasih sebelumnya ..

    Posted by santy | Maret 23, 2013, 1:19 am
  131. saya mau tnya dong apa si maksud dengan parametrium….??

    saya tunggu jawaban nya iia….

    Posted by andrinakxtc | April 12, 2013, 12:52 pm
  132. Thanks bngt atas informasinya ya???? Wlaupun buku hilang,, tp msh bsa blajar… Smoga nsok gk remiddi….. Bismillah

    Posted by Bella | Mei 5, 2013, 2:12 pm
  133. Makasiih yaa,,,,
    atas informasinya , saya dapat menyelesaikan tugas saya,,,,,,,,,,,,,,,,,
    Makasiiihhhh,,,,,,,,,

    Posted by Dinda | Maret 20, 2014, 9:25 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BLOG ini merupakan bentuk ungkapan TERIMA KASIH, seorang alumni/siswa ( I KETUT DIANA ADHI,S.KOM aka kuncunk, kepada bapak/ibu guru khususnya SMU 1 Melaya, Jembrana, Bali yang telah memberi berbagai ilmu selama saya belajar di sekolah tercinta..Jasa bapak / ibu guru tidak akan saya lupakan
Untuk materi, mohon maaf sebesar besarnya, karena basic saya yang cuma orang IT/ computer science, dan cuma bisa mengumpukan bahan dan materi ajar dan menyajikan dalam sebuah BLOG..
Saya merasa materi yang disajikan banyak kekurangannya, mudah mudahan saran dan kritik pengunjung bisa membuat blog ini berguna bagi pendidikan Indonesia..

Mudah mudahan blog ini bisa menjadi motivasi bagi pendidik untuk lebih bisa memanfatkan media IT demi kemajuan pendidikan Indonesia.

MAJU TERUS PENDIDIKAN INDONESIA

Kunjungi Paket Liburan ke Bali

Statistik

  • 7,526,837 hits
Education Sites Catalog
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 131 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: